Cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami

Pada awalnya flu atau influenza pernah dianggap sebagai penyakit yang mematikan karena mampu menewaskan 250.000-500.000 orang setiap tahunnya. Pada kurun waktu 1979-2001 penyakit musiman ini tercatat telah menyebabkan 3.300-49.000 kasus kematian di Amerika Serikat. Sekarang tidak perlu khawatir lagi, flu kini dapat diobati secara alami tanpa menggunakan obat dan bila perlu minum obat flu juga telah banyak tersedia di warung atau apotek.

Meski begitu, bila Anda mengalami gejala flu yang tidak biasa maka segera periksa ke dokter. Beberapa penyakit flu seperti flu babi, flu burung dan flu Singapura atau yang terbaru virus corona (Covid-19) membutuhkan pengobatan khusus. Baca juga: Sejarah Singkat Tentang Mengerikannya Virus Influenza (Flu) Gejala Flu Penyakit flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat menular melalui udara, berhubungan langsung dengan cairan/lendir, memegang benda yang tercemar virus.

Setelah seseorang terinfeksi virus flu maka dalam kurun waktu satu hingga tujuh hari gejalanya akan mulai dirasakan seperti demam tinggi antara 38,8-40 ºC. Selain demam, beberapa gejala flu berikut ini juga akan dirasakan: • Nyeri otot dan tubuh. • Timbul radang tenggorokan. • Tidak nafsu makan. • Sakit kepala. • Pusing hingga mual. • Lemah, lesu dan letih. • Batuk. • Pilek. • Bersin-bersin. • Hidung tersumbat. • Gangguan pernapasan yang terasa berat. Penyakit flu dapat mulai mereda setelah tujuh hari, pada beberapa orang dengan kekebalan tubuh yang baik dapat langsung sembuh total namun bagi sebagian orang akan tetap merasakan gejala hingga berminggu-minggu.

Pada kondisi yang buruk, penyakit flu dapat menyebabkan radang paru-paru ( pneumonia) dan harus mendapatkan penanganan khusus seperti rawat inap di rumah sakit. Cara Menyembuhkan Flu dalam Semalam Harap diketahui bahwa penyakit flu dengan pilek tidaklah sama walau sama-sama disebabkan oleh virus namun keduanya dapat menimbulkan gejala yang berbeda.

Meski begitu, bagi Anda yang mengalami pilek dan hidung tersumbat tetap dapat mengikuti cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami berikut ini: 1. Mandi Air Hangat Mandi air hangat untuk menyembuhkan sakit flu. (Img: healthaio.com) Saat sakit flu melanda pasti keinginan untuk mandi akan begitu cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami.

Anda dapat mandi menggunakan air hangat, selain tidak membuat badan menggigil, mandi dengan air panas dapat membantu melegakan sinus yang meradang. Salin itu mandi atau berendam dengan air hangat dapat mengurangi gejala batuk, pilek dan juga alergi. Setelah selesai mandi, Anda dapat menggunakan alat pelembab udara atau humidifer untuk membantu gejala batuk dan pilek menjadi semakin ringan. 3. Perbanyak Minum Air Putih Minum air putih untuk meredakan gejala flu. (img: healthline.com) Kondisi flu yang tidak bisa dihindarkan adalah keluarnya ingus pada area belakang tenggorokan.

Minum cukup banyak air putih dapat membantu mengurangi lendir sehingga ingus tidak banyak keluar. Fungsi memperbanyak minum air putih ketika flu adalah untuk melembabkan selaput lendir. Selain minum air putih, Anda dapat mencoba “ramuan alami” dari teh hangat yang dicampur dengan madu. 3. Waktu Istirahat yang Cukup Perbanyak waktu istirahat untuk mengembalikan stamina tubuh saat flu.

(Img: medicalnewstoday.com) Jika biasanya Anda banyak menghabiskan waktu untuk begadang, mulailah untuk istirahat lebih awal untuk mengembalikan stamina tubuh agar flu dapat sembuh dalam semalam. Hindari untuk keluar di malam hari apa lagi ketika cuaca sedang hujan dan perbanyak waktu untuk menyendiri agar penyakit flu tidak menular ke orang lain.

Selain dari ketiga cara di atas, sebaiknya bagi Anda yang mempunyai kebiasaan merokok dan minum minuman keras sebaiknya berhenti terlebih dahulu. Sebagai gantinya, Anda dapat menghisap permen Lozenges atau permen pelega tenggorokan yang mempunyai kandungan menthol untuk membantu meredakan gejala hidung tersumbat, nyeri tenggorokan serta mengurangi batuk.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS live-in 24 jam. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang! Baca juga: • 3 Cara Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit • 10 Penyebab Orang Mudah Terserang Penyakit, Kamu Yang Mana? • 5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Fit di Musim Hujan, Yuk Lakukan!

Insan Medika adalah salah satu Perusahaan Penyedia Layanan Home Care Live-In terbaik di Indonesia sekaligus salah satu perintis Home Care berbasis digital pertama di Indonesia.

Menghadirkan layanan Home Care Live-In 24 Jam yang melayani seluruh kota besar di Indonesia, mulai dari Perawat Anak, Perawat Lansia, Perawat Orang Sakit hingga Perawat Medis atau ICU. Merdeka.com - Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh setiap orang. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti sakit tenggorokan, hidung mampet, sariawan, hingga sakit kepala. Kondisi ini rentan dialami oleh setiap orang saat musim hujan tiba.

Di samping itu, flu juga menjadi salah satu penyakit yang mudah menular ke orang lain. Banyak orang mengira bahwa flu sama dengan batuk pilek lainnya, padahal kondisi ini lebih parah dari pilek biasa. Hal ini karena gejala flu dapat menyerang secara mendadak, sedangkan gejala pilek biasa cenderung lebih ringan. Dilansir dari Medical News Today, seseorang rentan tertular flu saat tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara melalui penderita ketika bersin atau batuk.

Tidak hanya itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan bersin dari penderita juga meningkatkan risiko terkena penyakit flu. BACA JUGA: 8 Manfaat Rendaman Bawang Putih, Bantu Redakan Flu Manfaat Bawang Merah untuk Bayi, Benarkah Ampuh Atasi Flu? ©Shutterstock Cara mengobati flu pertama dengan minum teh hijau.

Masyarakat Tiongkok sejak dulu sudah menggunakan teh hijau sebagai obat tradisional untuk meredakan penyakit flu. Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami dan mencegah infeksi flu. Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin minum teh memiliki sistem imun tubuh yang baik. Sehingga dengan mengonsumsi teh herbal secara teratur berfungsi efektif melawan bakteri dan virus penyebab penyakit flu.

BACA JUGA: 6 Cara Menyembuhkan Flu dengan Perawatan Rumahan, Mudah dan Ampuh Manfaat Bawang Merah Untuk Flu, Ini Kata Dokter Larutkan dua sendok madu ke dalam segelas air hangat, kemudian minum setiap pagi dan malam hari.

Lakukan cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami ini secara rutin dan teratur hingga flu dan batu reda. Namun, cara ini tidak untuk bayi atau anak kecil yang berusia di bawah 1 tahun karena dapat meningkatan risiko penyakit botulisme Bawang Putih ©Pixabay Cara mengobati flu berikutnya dengan mengonsumsi bawang putih.

Sejak dulu bawang putih dipercaya dapat mengobati penyakit flu. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat mencegah penyakit pilek atau flu. Selain itu, kandungan minyak allicin juga memiliki efek anti virus yang mampu berfungsi efektif meredakan flu.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi bawang putih mentah-mentah. Hal ini karena bawang putih mentah dapat mengatasi flu dengan mudah dan baik. Namun, Anda juga dapat memasaknya dengan beragam campuran, seperti tumis kangkung atau buncis.

Air Putih Hangat Minum air putih hangat juga menjadi salah satu cara mengobati flu yang efektif. Air hangat membantu menjaga hidung, tenggorokan, dan mulut agar tetap lembab. Sehingga hal ini berfungsi menyingkirkan lendir dan dahak yang menumpuk. Seseorang yang kekurangan air putih juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Dengan cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami air putih secara teratur, hal ini secara efektif dapat meredakan flu dan mencegah dehidrasi. Jahe ©Cukzy Sejak dulu jahe sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya untuk mengobati flu. Selain itu kandungan jahe juga dapat menghangatkan tubuh, melemaskan otot pernapasan, hingga menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Masyarakat Indonesia biasa mengolah jahe menjadi minuman atau wedang jahe. Minuman ini banyak tersedia di berbagai jenis warung makan. Mengonsumsi ekstrak jahe secara rutin dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun Mint ©2019 Merdeka.com/Pixabay Cara mengobati flu lainnya ialah menggunakan daun mint. Ekstrak daun mint sejak dulu sudah dikenal efektif membantu mengatasi penyakit flu.

Hal ini karena daun mint memberi efek hangat yang dapat mengencerkan lendir dalam hidung dan membuat saluran pernapasan lebih lega. Mengonsumsi ekstrak daun mint sangat dianjurkan untuk mereka yang sedang mengalami penyakit flu. Selain itu, efek daun mint juga dapat mengatasi penyakit lainnya seperti sakit tenggorokan dan demam. [jen] 1 5 Makanan yang Tanpa Diduga Bisa Menyebabkan Gigi Menjadi Retak 2 Cantiknya Via Vallen saat Tunangan, Ini Potretnya Banyak yang Patah Hati 3 7 Potret Via Vallen saat Dilamar Chevra, Berkebaya Terlihat Amat Cantik dan Anggun 4 Potret Gading Marten Rayakan Ultah ke-40 Bareng Gisel dan Gempi, Netizen Doakan Rujuk 5 Potret Ira Wibowo Saat Nyekar ke Makam Sang Paman di Jerman Bareng Keluarga Selengkapnya
KOMPAS.com – Influenza atau flu adalah penyakit yang hampir semua orang mungkin pernah mengalaminya.

Saking umumnya, flu bahkan sering kali mungkin diabaikan karena dianggap tidak berbahaya. Padahal tidak demikian juga. Flu yang tidak ditangani bisa juga berkembang menjadi penyakit serius bagi sebagian orang. Baca juga: 6 Bahaya Flu yang Tak Layak Disepelekan Cara mengatasi flu Untuk kebanyakan orang, flu mewakili beberapa hari perasaan menderita. Badan pegal-pegal, demam, sakit kepala, batuk, pilek, sakit tenggorokan, badan menggigil, dan kelelahan adalah gejala umum flu.

Obat antivirus yang diresepkan dokter biasanya dapat meredakan gejala flu ini bila diminum segera setelah seseorang merasa sakit.

Namun, dalam banyak kasus, pengobatan rumah yang sederhana mungkin sudah cukup untuk dapat meredakan gejala flu ringan hingga sedang. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi flu secara alami yang dapat dilakukan: 1. Perbanyak minum Berita Terkait 9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 9 Cara Mengobati Infeksi Mata Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 16 Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 11 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami dan dengan Bantuan Obat Berita Terkait 9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 9 Cara Mengobati Infeksi Mata Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 16 Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 11 Cara Mengeluarkan Dahak Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal Secara Alami dan dengan Bantuan Obat 3 Penyebab Anoreksia Nervosa, Gangguan Makan Serius yang Perlu Diwaspadai https://health.kompas.com/read/2021/03/16/160800468/3-penyebab-anoreksia-nervosa-gangguan-makan-serius-yang-perlu-diwaspadai https://asset.kompas.com/crops/3nnaVuqIf_yFJtoznH-xQFBrz0c=/37x0:993x637/195x98/data/photo/2021/03/15/604f1d913e735.jpg Merdeka.com - Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh setiap orang.

Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala, seperti sakit tenggorokan, hidung mampet, sariawan, hingga sakit kepala. Kondisi ini rentan dialami oleh setiap orang saat musim hujan tiba. Di samping itu, flu juga menjadi salah satu penyakit yang mudah menular ke orang lain.

Banyak orang mengira bahwa flu sama dengan batuk pilek lainnya, padahal kondisi ini lebih parah dari pilek biasa. Hal ini karena gejala flu dapat menyerang secara mendadak, sedangkan gejala pilek biasa cenderung lebih ringan. Dilansir dari Medical News Today, seseorang rentan tertular flu saat tidak sengaja menghirup percikan air liur di udara melalui penderita ketika bersin atau batuk. Tidak hanya itu, menyentuh mulut atau hidung setelah memegang benda yang terkena percikan bersin dari penderita juga meningkatkan risiko terkena penyakit flu.

Seseorang yang menderita penyakit flu sebaiknya segera diatasi, sebab apabila kondisi ini terjadi secara terus-menerus bisa menjadi gejala penyakit komplikasi serius. Lantas, bagaimana cara mengobati flu secara alami?

Simak penjelasan mengobati flu yang dilansir dari Healthline berikut ini. ©2020 Pixabay Cara mengobati flu yang pertama ialah dengan mengonsumsi bawang putih. Sejak dulu bawang putih dipercaya dapat mengobati penyakit flu. Hal ini karena bawang putih memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat mencegah penyakit pilek atau flu. Selain itu, kandungan minyak allicin juga memiliki efek anti virus yang mampu berfungsi efektif meredakan flu.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mengonsumsi bawang putih mentah-mentah. Hal ini karena bawang putih mentah dapat mengatasi flu dengan mudah dan baik. Namun, Anda juga dapat memasaknya dengan beragam cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami, seperti tumis kangkung atau buncis. Minum Air Putih Hangat Minum air putih hangat juga menjadi salah satu cara mengobati flu yang efektif.

Air hangat membantu menjaga hidung, tenggorokan, dan mulut agar tetap lembab. Sehingga hal ini berfungsi menyingkirkan lendir dan dahak yang menumpuk.

Seseorang yang kekurangan air putih juga dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya. Dengan minum air putih secara teratur, hal ini secara efektif dapat meredakan flu dan mencegah dehidrasi.

Madu ©2018 Merdeka.com/Pixabay Madu memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya mengobati flu. Hal ini karena madu memiliki efek antimikroba yang berfungsi efektif dalam melawan bakteri dan virus penyebab flu. Sehingga mengonsumsi madu secara teratur sangat dianjurkan untuk penderita. BACA JUGA: 6 Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami dan Ampuh, Wajib Dicoba 8 Manfaat Keladi Tikus untuk Kesehatan, Herbal Alternatif yang Baik Atasi Kanker Larutkan dua sendok madu ke dalam segelas air hangat, kemudian minum setiap pagi dan malam hari.

Lakukan cara ini secara rutin dan teratur hingga flu dan batu reda. Namun, cara ini tidak untuk bayi atau anak kecil yang berusia di bawah 1 tahun karena dapat meningkatan risiko penyakit botulisme. Minum Teh ©2019 Merdeka.com/Pixabay Cara mengobati flu berikutnya ialah minum teh hijau. Masyarakat Tiongkok sejak dulu sudah menggunakan teh hijau sebagai obat tradisional untuk meredakan penyakit flu.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi flu. Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang rutin minum teh memiliki sistem imun tubuh yang baik.

Sehingga dengan mengonsumsi teh herbal secara teratur berfungsi efektif melawan bakteri dan virus penyebab penyakit flu. Jahe ©2018 Merdeka.com/Pixabay Sejak dulu jahe sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya untuk mengobati flu.

Selain itu kandungan jahe juga dapat menghangatkan tubuh, melemaskan otot pernapasan, hingga menguatkan sistem kekebalan tubuh. Masyarakat Indonesia biasa mengolah jahe menjadi minuman atau wedang jahe.

Minuman ini banyak tersedia di berbagai jenis warung makan. Mengonsumsi ekstrak jahe secara rutin dipercaya efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. BACA JUGA: 12 Khasiat Kayu Secang Bagi Kesehatan Tubuh, Dapat Mencegah Tumor 10 Manfaat Bawang Putih Rebus Bagi Tubuh, Ampuh Turunkan Kolesterol Salah satu jenis olahan masakan yang mampu mengobati flu ialah sup ayam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sup ayam dapat meredakan penyakit flu. Hal ini karena tambahan vitamin dan karbohidratnya dapat membantu meningkatkan energi dan menguatkan daya tahan tubuh manusia. Minyak Esensial ©Shutterstock Cara mengobati flu lainnya ialah mengoleskan minyak esensial. Beberapa minyak esensial, seperti minyak kayu manis, pepermint, kayu putih, hingga minyak lemon dapat membantu melawan bakteri dan virus yang menyebabkan flu.

Selain itu, mengoleskan minyak esensial juga dapat memperlambat atau menghentikan laju penggandaan virus. 1 5 Makanan yang Tanpa Diduga Bisa Menyebabkan Gigi Menjadi Retak 2 Cantiknya Via Vallen saat Tunangan, Ini Potretnya Banyak yang Cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami Hati 3 7 Potret Via Vallen saat Dilamar Chevra, Berkebaya Terlihat Amat Cantik dan Anggun 4 Potret Gading Marten Rayakan Ultah ke-40 Bareng Gisel dan Gempi, Netizen Doakan Rujuk 5 Potret Ira Wibowo Saat Nyekar ke Makam Sang Paman di Jerman Bareng Keluarga Selengkapnya
• • Fashion • Trends • How To's • Shopping • News • Hair & Beauty • Trends • How To's • Spa • Clinic • News • Sex & Relationship • Sex Guru • Relationship Advice • Life & Health • Career & Money Tips • Health Tips • News • Food & Travel • Food Review • Recipe • Travel Guide • A Chat With • Brides • Promotions • (Baca juga: Waspada 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan!) Flu yang bisa diatasi dengan cepat takkan membuat kita terganggu, apalagi jika pekerjaan sedang sibuk-sibuknya, tentu kondisi flu ini sama sekali membuat tidak nyaman.

Gejalanya meliputi pilek, batuk, hidung tersumbat dan gatal, sakit kepala, radang tenggorokan, dan paling menyebalkan ialah bersin-bersin. Agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan adanya flu ini, maka simak apa saja cara cepat untuk membuatnya sembuh. Yuk cari tahu! 1. Banyak Minum Air Putih (Jika flu, kamu harus banyak minum air putih agar membantu melembabkan selaput lendir. Foto: Dok. Andrea Piacquadio/Pexels) Ketika flu menyerang, ini adalah hal utama yang harus kamu lakukan, yaitu banyak-banyak minum air putih.

Biasanya saat flu sangat sering sekali keluar lendir dari area belakang tenggorokan sehingga dengan banyak minum air putih ini dapat membantu melembapkan selaput lendir tersebut supaya tidak banyak keluar. Terkadang tenggorokan juga terasa sangat kering dan sakit, membuatmu tidak nyaman sama sekali. Maka dengan minum air putih ini dapat membantu redakan gejala tersebut. Air putih juga sangat sehat, asalkan yang diminum adalah air putih biasa dan bukan air dingin dari kulkas. 2. Istirahat Cukup (Istirahat yang cukup dapat memulihkan flu secara perlahan.

Foto: Dok. Ketut Subiyanto/Pexels) Saat gejala awal flu mulai menyerang, maka lakukan cara menyembuhkan flu dalam semalam yakni hindari yang namanya begadang. Jangan memaksakan diri karena akan semakin membuat kondisi tubuhmu jadi semakin drop. Ada baiknya istirahat di awal waktu dengan benar dan jangan begadang dulu.

Apalagi dalam keadaan kepala yang sakit maka akan semakin sulit untuk berpikir dengan jernih. Istirahat cukup dapat membantu proses pemulihan daru flu menjadi lebih cepat. 3. Posisikan Sandaran Lebih Tinggi Saat Tidur Hidung tersumbat membuat segalanya menjadi tidak menyenangkan, sebab kamu akan kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu posisi tidur kepala harus lebih tinggi dari badan. Kalau perlu kamu bisa menumpuk beberapa bantal supaya posisinya jauh lebih baik.

Hal ini dapat melegakan saluran pernapasan sehingga kamu tidak lagi terganggu dengan yang namanya hidung tersumbat. Buat posisi senyaman mungkin dan jangan terlalu kaku agar badan tidak semakin pegal. (Baca juga: Cara Ampuh Mencegah Penyakit Flu Saat Musim Pancaroba) 4.

Mengkonsumsi Makanan Tertentu Makanan tertentu yang dimaksud di sini ialah yang baik untuk mengatasi flu. Di antaranya seperti pisang, wortel, lobak, bawang, cabai, teh dan banyak lagi lainnya. Bahkan banyak orang-orang yang makan sup ayam dalam keadaan hangat saat mereka mulai terserang flu. Hal ini dikarenakan sup ayam dalam kondisi hangat sangat baik untuk tubuh dan membuatnya lebih nyaman.

Beberapa bahan di atas juga mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang bagus untuk mengatasi peradangan, memecah lendir, hingga bagus untuk melawan infeksi. 5. Coba Mandi dengan Air Hangat Cara terbaik untuk mengatasi gejala flu lainnya ialah dengan mandi air hangat. Menghirup uap yang terdapat pada air hangat bisa melegakan hidung tersumbat, setidaknya bisa sedikit meringankan. Bahkan bisa juga membuat badan lebih rileks dan tidak kaku. Namun, tentu saja kamu harus memperhatikan kondisi tubuh juga.

Apabila ada demam atau lemas, sebaiknya mandi air hangat ini tak perlu dilakukan. Kamu bisa mencoba cara lain seperti kompres dan semacamnya. 6. Konsumsi Obat Flu Kalau cara-cara di atas sudah dilakukan dan kamu hendak istirahat, maka jangan lupa untuk konsumsi obat flu terlebih dahulu. Beberapa flu memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi jangka waktunya tentu cukup lama.

Sementara dengan bantuan obat yang tepat proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat. Gunakan obat yang benar-benar cocok untukmu. Perhatikan dulu kandungan dalam obat tersebut agar tidak salah pilih dan kamu bisa cepat sembuh.

(Baca juga: 7 Obat Rumahan Saat Anak Sakit Flu) Menjaga diri dari segala macam virus sekalipun itu hanya flu biasa tentu sangat penting. Namun, jika memang sulit karena pekerjaanmu menuntut untuk interaksi dengan orang banyak, maka pelajari juga cara cepat menyembuhkan flu dalam semalam agar tahu apa yang dilakukan saat itu terjadi. (Penulis: Ellyza Aurelia Purwadi)
Buka Tutup • Pilek atau common cold adalah peradangan pada mukosa hidung yang dapat disebabkan oleh paparan polusi, kelelahan, atau minum minuman dingin.

• Flu disebabkan oleh virus yang berbeda dengan pilek biasa ( common cold) dan gejala flu pun biasanya lebih berat. • Pilek atau flu dapat diatasi dengan minum obat dekongestan, ekspektoran, atau obat penekan batuk, tergantung apakah Anda mengalami batuk berdahak atau batuk kering. • Cara menyembuhkan pilek atau flu secara alami adalah dengan menambah asupan vitamin C, istirahat yang cukup, dan memperbanyak asupan cairan. • Jika gejala pilek atau flu tak kunjung mereda atau bahkan memburuk, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

• Klik untuk mendapatkan obat batuk dan flu ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD. Pilek dan flu merupakan penyakit yang dapat mengganggu aktivitas, terutama pada musim pancaroba saat ini yang ditambah dengan banyaknya polusi udara di lingkungan. Siapa saja yang diserang penyakit ini tentu ingin cepat-cepat sembuh agar dapat beraktifitas seperti sedia kala. Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui cara menyembuhkan pilek atau flu dengan cepat.

Apakah pilek itu sama dengan flu? Pilek atau common cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami, yang dalam bahasa medis disebut rinitis, adalah peradangan pada mukosa hidung. Pilek sangat dipengaruhi oleh perubahan musim, polusi oleh asap, debu dan bulu binatang, kelelahan, dan minuman dingin. Pilek sering kali muncul dengan gejala yang sama dengan flu. Namun, kedua kondisi ini sebenarnya berbeda. Flu disebabkan oleh virus yang berbeda dengan pilek biasa ( common cold) dan gejala flu pun biasanya lebih berat.

Maka dari itu, flu merupakan gejala pilek dalam bentuk yang lebih berat. Gejala pilek dan flu biasanya mulai muncul seketika setelah daya tahan tubuh menurun. Jika sistem imun sedang tidak prima, virus akan lebih mudah menyerang dan menginfeksi tubuh.

Tanda dan gejala pilek umumnya berupa: • Hidung yang berair • Hidung tersumbat • Lendir berlebihan • Tenggorokan terasa sakit • Batuk • Tubuh terasa nyeri • Suhu tubuh meningkat Baca selengkapnya: 7 Penyebab Pilek Beserta Ciri Khasnya Masing-Masing Cara cepat menyembuhkan pilek dan flu Virus flu dapat bertahan dalam tubuh selama berhari-hari.

Akan tetapi, dalam 12 jam pertama, virus flu akan lebih mudah menyebar dan dapat menginfeksi tubuh orang lain. Maka dari itu, diperlukan cara menyembuhkan pilek atau flu agar tidak berlarut-larut.

Berikut beberapa tips menyembuhkan flu dengan cepat: 1. Minum obat dekongestan Dekongestan adalah obat pelega pernapasan. Jenis obat ini bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di hidung dan menjaga agar rongga hidung tetap terbuka. Contoh obat dekongestan yang dijual bebas di apotek antara lain phenylephrine dan pseudoephedrine. Pesan Sekarang 2. Minum obat ekspektoran Ekspektoran adalah obat pengencer lendir atau biasa disebut dengan obat batuk berdahak.

Pasalnya, obat ini dapat membantu membersihkan rongga sinus dengan cara mengencerkan lendir, kemudian mengeluarkan dahak yang tertahan di dalam saluran pernapasan. Contoh obat ekspektoran yang cara menyembuhkan flu dalam semalam secara alami Anda temukan di apotek adalah guaifenesin dan Mucinex. Baca selengkapnya: 3 Obat Batuk Berdahak Paling Manjur Sesuai Kondisi 3.

Minum obat penekan batuk Terkadang, gejala flu hadir disertai dengan batuk. Nah, Anda dapat mengatasinya dengan minum obat penekan batuk. Jenis obat ini dapat membantu mengurangi gejala batuk. Namun, beda dengan tipe ekspektoran, obat penekan batuk hanya digunakan untuk mengatasi batuk kering, ya.

Contoh obat penekan batuk yang bisa Anda pilih adalah dextromethorphan. Baca selengkapnya: Obat Batuk Kering yang Harus Anda Pilih 4. Konsumsi asupan vitamin C tambahan Vitamin C sudah sejak lama diketahui dapat mencegah pilek. Bukan cuma itu, jenis vitamin ini juga dapat mempersingkat serangan pilek, lho.

Saat terkena pilek atau flu, cobalah tambahkan asupan vitamin C sehari-hari Anda. Hal ini bisa diperoleh dengan berbagai cara, mulai dari minum jus jeruk, makan buah mengandung vitamin C seperti stroberi dan kiwi, dan makan sayuran berdaun hijau. Bila perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang dijual bebas di apotek. Namun, pastikan jangan sampai berlebihan karena kelebihan vitamin C juga tidak baik bagi kesehatan.

Baca selengkapnya: 7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh 5. Istirahat cukup Istirahat cukup adalah salah satu kunci menyembuhkan pilek dengan cepat, lho! Ambil jeda sejenak untuk beristirahat supaya proses pemulihan berjalan maksimal. Luangkan waktu untuk tidur siang dan pastikan tidur malam Anda cukup selama minimal 8 jam. Dengan cara ini, tubuh akan memiliki cukup energi untuk menang melawan vitus dan penyakit. Jika mengalami hidung tersumbat atau hidung meler karena pilek atau flu, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.

Hal ini dapat membantu mengeringkan rongga hidung sehingga tidur Anda jadi lebih nyenyak. 6. Jaga tubuh tetap hangat Selama beristirahat di rumah, selimuti tubuh Anda agar tetap hangat. Selain membuat tubuh terasa lebih nyaman, suhu hangat saat berselimut dapat membantu mengoptimalkan masa penyembuhan dari flu atau pilek.

7. Bersihkan hidung dengan benar Hidung terasa penuh dengan lendir? Segera bersihkan dengan cara yang benar. Akan tetapi, hati-hati jangan sampai terlalu keras atau terlalu sering, ya.

Bukannya membersihkan rongga hidung dan membuang lendir yang berlebihan, hal tersebut malah bisa membuat lendir terperangkap di dalam rongga sinus dan berisiko memicu peradangan.

Begini cara membersitkan hidung yang benar: Tutup satu lubang hidung menggunakan jari, kemudian bersitkan lubang hidung lainnya secara perlahan. Ulangi cara yang sama untuk lubang hidung sebelahnya. Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan penyakit.

8. Gunakan larutan irigasi salin Selain dengan cara manual menggunakan tangan, membersihkan rongga hidung juga dapat dilakukan dengan menggunakan larutan irigasi salin. Larutan ini terbuat dari setengah sendok teh garam yang dicampur dengan segelas air.

Cara menggunakannya begini.

Miringkan kepala Anda, lalu tuang larutan irigasi salin pada salah satu lubang hidung. Larutan tadi akan keluar melalui lubang hidung satunya. Ulangi cara yang sama untuk lubang hidung sebelahnya, ya. Hati-hati saat melakukan cara ini. Bila masih bingung, Anda dapat menanyakannya pada dokter atau apoteker. 9. Minum banyak cairan Berkeringat di bawah selimut memang bisa membantu mengatasi demam dan membuat tubuh jadi lebih baik.

Akan tetapi, cairan keringat yang keluar juga dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dan memicu dehidrasi. Kalau dibiarkan, hal ini malah bisa memperparah gejala pilek. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air, seperti semangka atau sup sayuran, agar tubuh tidak dehidrasi.

10. Perawatan uap Panas yang berasal dari uap dapat melonggarkan lendir, sedangkan kelembapan yang berasal dari air dapat membantu melegakan rongga hidung yang kering.

Perawatan uap ini tidak harus dilakukan di rumah sakit, kok! Ya, Anda bisa melakukan perawatan uap sendiri di rumah. Caranya, tuang air mendidih ke dalam mangkuk atau wadah tertentu.

Posisikan wajah di atas wadah agar terkena uap dan hirup uapnya secara perlahan. 11. Mandi air hangat Mandi air hangat sedikit banyak bisa membantu menyembuhkan flu dan pilek. Pasalnya, hangatnya air dapat melegakan sekaligus memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Alhasil, proses pemulihan bisa jadi lebih cepat dan meredakan flu atau pilek yang dirasakan. Baca juga: 6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan 12. Minum minuman panas Saat terkena flu atau pilek, cobalah minum minuman panas. Mirip seperti mandi air hangat, minum cairan panas seperti teh hangat atau air hangat bisa membantu membersihkan rongga hidung dan meringankan gejala sakit tenggorokan.

Minuman panas yang baik untuk menyembuhkan pilek antara lain teh hangat, campuran lemon, madu dan air hangat, serta sup ayam hangat 13. Periksa ke dokter Apabila pilek dan flu tidak sembuh dengan cepat atau gejala yang muncul bertambah berat, itu artinya Anda perlu segera periksa ke dokter. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang manjur untuk meringankan gejala pilek dan flu yang Anda alami.

Baca juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur Pilek dan flu merupakan penyakit yang mudah menular, bahkan sejak 12 jam pertama. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan flu atau pilek dengan cepat agar aktivitas tetap berjalan lancar. Bila Anda sudah melakukan berbagai cara mengobati flu atau pilek di rumah tetapi gejalanya tak juga mereda, segera konsultasikan ke dokter, ya.

Jespersen L, et al. (2015) Effect of Lactobacillus paracasei subsp. paracasei, L. casei 431 on immune response to influenza vaccination and upper respiratory tract infections in healthy adult volunteers: A randomized, double-blind, placebo-controlled, parallel-group study.

( https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25926507) Pasioti, Maria & Maggina, Paraskevi & Megremis, Spyridon & Papadopoulos, Nikolaos.

(2014). The Common Cold: Potential for Future Prevention or Cure. Current allergy and asthma reports. 14. 413. 10.1007/s11882-013-0413-5. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/259700972_The_Common_Cold_Potential_for_Future_Prevention_or_Cure) Supiyaphun, Pakpoom & Kerekhanjananarong, Virachai & Chusakul, Supinda & Cutchavaree, Amnuay. (2003). Treatment of the common cold.

Journal of the Medical Association of Thailand = Chotmaihet thangphaet. 86 Suppl 2. S362-72. ResearchGate. ( https://www.researchgate.net/publication/10604492_Treatment_of_the_common_cold) Ajukan pertanyaan dengan promosi dan dapatkan jawabannya dalam 60 menit 40.000 HealthCoins Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 60 menit dan Anda akan menerima pemberitahuan secepatnya melalui email Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam waktu 60 menit, kami akan mengembalikan 20.000 HealthCoins dan pertanyaan Anda akan diturunkan ke Pertanyaan Reguler.

Pertanyaan Anda akan dijawab dalam waktu 24 jam sebagai gantinya. Jika pertanyaan Anda tidak terjawab dalam 24 jam, kami akan mengembalikan semua HealthCoins. (gratis) Pertanyaan Anda akan diprioritaskan bagi dokter, perawat, dan apoteker yang terverifikasi dalam waktu 2 hari agar Anda bisa mendapatkan jawaban yang lebih banyak Standar Pemeriksaan Konten HonestDocs Konten ini ditulis atau ditinjau oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk mengirimkan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terbaru, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial lengkap di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Buka di app

Cara Mengatasi Batuk Pilek Tanpa Obat Di Rumah - Tips Cepat Sembuh Dokter Bertualang (part 1)




2022 charcuterie-iller.com