Niat shalat sunnah taubat

Merdeka.com - Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya taat menjalankan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Ini semua agar manusia hidup berjalan secara teratur, baik, dan benar, serta tidak terjerumus ke dalam perbuatan dosa. Meski begitu, manusia juga bukan makhluk yang sempurna.

Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa selama hidupnya. Entah itu dosa kecil atau pun dosa besar, manusia seperti kesulitan untuk lepas dari perbuatan dosa. Lalu, bagaimana jika kita sudah terlanjur terjerumus ke dalam dosa? Sesuai denganQS. Az Zumar: 53, ingatlah bahwa Allah SWT Maha Pengampun bagi siapa saja yang ingin bertaubat kepada-Nya. โ€œ Katakanlah: โ€œHai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.

Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.โ€ ( QS. Az Zumar: 53). Jadi, jika kita terlanjur melakukan dosa, segeralah bertaubat dan kembali kepada Allah SWT. Anda bisa bertaubat dengan melaksanakan sholat taubat.

Rasulullah SAW juga menyarankan untuk melaksanakan sholat taubat ketika benar-benar ingin bertaubat. Amalan sunnah ini bisa melebur dosa-dosa yang telah lalu, dan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. BACA JUGA: Acara Lamaran Ini Pakai Konsep 'Super Deal 2 Miliar', Calon Pengantin Pria Deg-Degan Fungsi Proxy yang Wajib Diketahui, Berikut Cara Kerja dan Niat shalat sunnah taubat Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bacaan niat sholat taubat beserta tata caranya.

Dalam artikel kali ini, berikut Merdeka.com rangkum bacaan niat sholat taubat dan tata cara pelaksanaan sholat taubat. Bacaan Niat Sholat Taubat Sholat taubat merupakan sholat yang disunnahkan berdasarkan kesepakatan empat madzhab.

Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Bakr Ash Shiddiq, di mana Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda yang artinya, โ€œ Tidaklah seorang hamba melakukan dosa kemudian ia bersuci dengan baik, kemudian berdiri untuk melakukan shalat dua rakaโ€™at kemudian meminta ampun kepada Allah, kecuali Allah akan mengampuninya.โ€ Kemudian beliau membaca ayat ini: โ€œDan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?

Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.โ€ (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah). Sebelum melafalkan bacaan niat sholat taubat.

Pastikan bahwa niat sholat taubat datang dari hati. Seseorang yang hendak melaksanakan sholat taubat harus menghadirkan keinginan untuk bertaubat dari dalam hati mereka. Bacaan niat sholat taubat ini cukup diucapkan dalam hati. BACA JUGA: Pamit dari Buku Harian Seorang Istri, Ini 4 Potret Callista Arum dan Para Pemain Dituding Kerap Tinggalkan Anak, Begini Jawaban Rachel Vennya Berikut adalah bacaan niat sholat taubat ketika hendak melaksanakan sholat taubat.

Ushalli Sunnatat Taubata Rakโ€™ataini Lillahi Taโ€™ala Artinya niat sholat taubat: " Saya niat sholat sunah tobat dua rakaat karena Allah." Tata Cara Sholat Taubat Pada dasarnya, tata cara sholat taubat sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat dapat Anda lakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Namun, Anda juga boleh melaksanakannya sebanyak empat rakaat atau enam rakaat. Dalam melaksanakan sholat taubat juga lebih baik dilakukan secara sendirian karena sholat sunnah ini termasuk sholat nafilah, yang tidak disyariatkan untuk dilakukan secara berjemaah.

Disebutkan juga, ketika hendak melaksanakan sholat taubat dianjurkan didahului dengan bersuci dengan baik. Disunnahkan juga untuk melakukan mandi besar terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat taubat. Dilansir dari Liputan6.com, berikut adalah tata cara sholat taubat: BACA JUGA: Cocok untuk Liburan, Kawah Papandayan Tawarkan Panorama Sisa Letusan Masa Silam 6 Manfaat Yoga untuk Kecantikan, Tingkatkan Kesehatan Kulit dan Cegah Rambut Rontok 1.

Dahulukan dengan membaca niat sholat taubat. 2. Lalu, takbiratul ihram. 3. Membaca doa iftitah. 4. Membaca Al-Fatihah. 5. Membaca surat dari Alquran. 6. Rukuk (membaca tasbih saat rukuk sebanyak tiga kali). 7. Iโ€™tidal (membaca doa Iโ€™tidal). 8. Sujud (membaca tasbih saat sujud sebanyak tiga kali). 9. Duduk di antara dua sujud (membaca dia โ€˜robbighfirlii warhamniiโ€ฆโ€™) 10.

Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali). 11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai yang ke 10. 12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir). 13.

Salam. 14. Berdoa untuk memohon ampunan. BACA JUGA: Curi Perhatian di TUC 2022, Intip Pesona Atlet Jepang Chiharu Shida di Luar Lapangan Berawal dari Magang, Refal Hady Ceritakan Awal Mula Terjun di Dunia Akting " Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan berdiri sendiri dan aku bertobat kepada-Nya." Bacaan ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati.

Kemudian baca doa sholat taubat seperti yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam berikut: Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana 'abduka, wa niat shalat sunnah taubat ala ahdika wawa'dika mastatha'tu, audzubka min syarrima shana'tu, abu'u laka bini'matika alayya wa abu'u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta Artinya: " Ya Allah Engkau adalah Tuhanku.

Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janji-Mu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau." 1 10 Momen Keseruan Ayu Ting Ting Wisata di Yogyakarta, Penampilannya Mencuri Perhatian 2 Potret Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Pulang Kampung ke Malang, Seru Banget 3 Kisah Kapolda Metro Saat Ditelepon Sang Ibu 'Kalau Sudah Tinggi Pangkat Saya Pulang' 4 7 Cara yang Bisa Buat Pria Jadi Lebih Tangguh Ketika di Atas Ranjang 5 Menengok Peternakan Sang Jenderal Mantan Pangkostrad, Santai Beri Makan Sapi Selengkapnya JAKARTA, iNews.id - Sholat taubat merupakan salah satu amalan niat shalat sunnah taubat yang dilakukan untuk memohon ampun dan bertaubat kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Sebab, sudah menjadi kodrat manusia tidak luput dari salah dan dosa. Sholat taubat di kategorikan sebagai sholat mutlak, yaitu sholat yang tidak ditentukan secara pasti waktu pelaksanaanya, sehingga bisa dilakukan dalam waktu kapan pun baik pada siang hari atau pun malam hari, terkecuali di waktu-waktu terlarang seperti setelah ashar. BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Tahajud Lengkap Beserta Artinya Namun para ulama mengatakan sholat taubat paling baik dilakukan pada sepertiga malam terakhir atau selama waktu sholat tahajud dilakukan.

Anjuran melaksanakan sholat taubat ini diriwayatkan Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabat Abu Bakar As-Shidiq bahwa Rasulullah Saw bersabda: BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Artinya Lengkap ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูู„ู ูŠูุฐู’ู†ูุจู ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู…ู ููŽูŠูŽุชูŽุทูŽู‡ู‘ูŽุฑูุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูุตูŽู„ู‘ููŠ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุบูŽููŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู Artinya: โ€œTidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.โ€
Jakarta - Sholat taubat bisa dilakukan setiap hari untuk meminta ampun atas segala dosa yang sengaja dan tidak sengaja dilakukan.

Bagaimana tata cara sholat taubat? Sholat taubat adalah sholat yang dilakukan untuk meraih ampunan atas dosa atau kesalahan yang telah diperbuat. Seperti namanya, sholat ini merupakan cara kita tobat kepada Allah SWT. Tobat sesuai yang tertulis dalam kamus besar Bahasa Indonesia artinya sadar dan menyesal akan dosa (perbuatan yang salah atau jahat) dan berniat akan memperbaiki tingkah laku dan perbuatan.

Jadi saat kamu menyadari melakukan kesalahan, lakukanlan sholat taubat nasuha seperti disampaikan Allah SWT dalam niat shalat sunnah taubat At-Tahrim ayat 8.

Baca juga: Sholat Taubat: Tata Cara, Niat, dan Kapan Waktu Pelaksanaannya "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS At Niat shalat sunnah taubat ayat 8). Sholat taubat ini dilakukan sebagai cara kita sebagai manusia memohon ampun kepada Allah SWT. Dalam hadits riwayat Abu Daud, seperti dilansir buku Buku Panduan Sholat Lengkap (Wajib & Sunah) oleh Saiful Hadi El Sutha, Rasulullah SAW pun bersabda, ketika kita berbuat dosa dan mengejarkan sholat lalu memohon ampun, niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan.

Dalam sabdanya, Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan Surat Ali Imran ayat 135. "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. (QS Ali Imran ayat 135). Bagaimana tata cara sholat taubat? Kapan waktunya?

Berikut penjelasan lengkapnya: - Waktu Sholat Taubat Sholat tersebut bisa dilakukan kapan saja saat kamu merasa sudah melakukan dosa. Namun mayoritas dilakukan pada tengah malam setelah sholat Isya dan disertai setelah tidur.

Kamu bisa melanjutkan dengan sholat tahajud setelah sholat taubat di sepertiga malam. Kamu juga perlu tahu ada waktu-waktu yang terlarang untuk sholat taubat.

Waktu yang sebaiknya tidak dilakukan sholat taubat di antaranya: antara Sholat Ashar sampai matahari terbenam dan saat matahari terlihat di tengah-tengah persis hingga condong. - Niat Sholat Taubat ุฃูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุจูŽุฉูุฑูƒุนุชูŠู† ู…ุณุชู‚ุจู„ ุงู„ู‚ุจู„ุฉ ู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ "Usholli sunnatat taubati rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahitaala." Artinya: "Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT." - Tata Cara Sholat Taubat Sholat taubat dilakukan dua rakaat. Berikut urutannya: 1.

Membaca niat 2. Takbirotul Ihram 3. Membaca doa Istiftah/iftitah 4. Membaca surat Al Fatihah 5. Membaca surat dari Alquran 6. Rukuk 7. I'tidal (Membaca doa i'tidal) 8. Sujud 9. Duduk di antara dua sujud 10. Sujud kedua 11. Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10. 12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir) 13. Salam 14. Berdoa mohon ampunan. MOST POPULAR โ€ข Model Ini Mengaku Membayar Anaknya Agar Tak Mengganggu Sesi Bercintanya โ€ข Potret Istri Turah Parthayana yang Dituduh Selingkuh dan Bawa Kabur Uang โ€ข Foto Influencer yang Jual Kentut Sampai Keringat Kaki, Kini Jadi Miliuner โ€ข 5 Gaya Via Vallen Tunangan dengan Chevra Yolandi, Cantik Berkebaya & Sanggul โ€ข 5 Barang Rusak yang Dirilis Balenciaga, Terbaru Sneakers Kotor Rp 17 Juta โ€ข 8 Penampilan Terkini Tika Panggabean, Tubuh Ramping Setelah Turun BB 25 kg โ€ข Pangeran Albert Dikabarkan Bayar Istri Rp 179 M Demi Tampil di Acara Publik โ€ข Amber Heard Sebut Kate Moss Pernah Didorong dari Tangga oleh Johnny Depp โ€ข Ibu-ibu Ini Viral Bergaya Seperti Putri Remajanya, Percaya Diri Pakai Crop Top โ€ข Viral Pernikahan Beda Usia di Sulsel, Kakek 69 Tahun Nikahi Wanita 19 Tahun Sholat niat shalat sunnah taubat adalah shalat sunnah dalam rangka bertaubat kepada Allah.

Bagaimana tata cara, niat sholat taubat, doa, bacaan dan keutamaannya? Berikut ini pembahasannya. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa.

Dosa-dosa kecil bisa dihapus dengan istighfar. Dosa-dosa besar, tidak cukup hanya dengan istighfar. Perlu taubatan nasuha. Salah satu bentuknya adalah dengan sholat taubat. Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Niat shalat sunnah taubat menjelaskan, sholat ini termasuk sholat sunnah karena ada hadits dalam kitab Sunan Abu Dawud dan Sunan Tirmidzi yang menerangkan tentang sholat ini. Daftar Isi โ€ข Keutamaan Sholat Taubat โ€ข 1.

Diampuni Allah โ€ข 2. Dicintai Allah โ€ข 3. Didoakan malaikat โ€ข 4. Dimasukkan ke dalam surga โ€ข Tata Cara Sholat Taubat โ€ข Niat Sholat Taubat โ€ข Doa Sholat Taubat โ€ข 1. Sayyidul Istighfar โ€ข 2. Istighfar Nabi Adam โ€ข 3. Istighfar Rasulullah โ€ข 4.

Istighfar Pendek Keutamaan Sholat Taubat Seperti namanya, sholat sunnah ini dikerjakan dalam rangka meminta ampunan dan bertaubat kepada Allah. Sholat taubat memiliki keutamaan yang luar biasa, antara lain sebagai berikut: 1.

Diampuni Allah Keutamaan sholat taubat yang pertama, orang yang mengerjakan sholat ini akan mendapatkan ampunan dari Allah Subhanahu wa Taโ€™ala. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam: ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุฌูู„ู ูŠูุฐู’ู†ูุจู ุฐูŽู†ู’ุจู‹ุง ุซูู…ูŽู‘ ูŠูŽู‚ููˆู…ู ููŽูŠูŽุชูŽุทูŽู‡ูŽู‘ุฑู ุซูู…ูŽู‘ ูŠูุตูŽู„ูู‘ู‰ ุซูู…ูŽู‘ ูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุบูŽููŽุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽู‡ู ยป. ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุฑูŽุฃูŽ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุขูŠูŽุฉูŽ (ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุฅูุฐูŽุง ููŽุนูŽู„ููˆุง ููŽุงุญูุดูŽุฉู‹ ุฃูŽูˆู’ ุธูŽู„ูŽู…ููˆุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽู‡ูู…ู’ ุฐูŽูƒูŽุฑููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ููŽุงุณู’ุชูŽุบู’ููŽุฑููˆุง ู„ูุฐูู†ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุตูุฑูู‘ูˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุง ููŽุนูŽู„ููˆุง ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ โ€œTiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia diampuni olehNya.โ€ Niat shalat sunnah taubat beliau membaca ayat (QS.

Ali Imran: 135, yang artinya)โ€œDan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.โ€ (HR.

Tirmidzi dan Ibnu Majah; hasan) ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽุถูŽู‘ุฃูŽ ููŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ูˆูุถููˆุกูŽู‡ู ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู…ูŽ ููŽุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุฑู’ุจูŽุนุงู‹ โ€“ ุดูŽูƒูŽู‘ ุณูŽู‡ู’ู„ูŒ โ€“ ูŠูุญู’ุณูู†ู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุฐูู‘ูƒู’ุฑูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุฎูุดููˆุนูŽ ุซูู…ูŽู‘ ุงุณู’ุชูŽุบู’ููŽุฑูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ุบูŽููŽุฑูŽ ู„ูŽู‡ู โ€œBarangsiapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu mendirikan sholat dua rakaat atau empat rakaat, ia menyempurnakan dzikir dan khusyuโ€™ kemudian memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, maka Allah mengampuninya.โ€ (HR.

Ahmad; hasan) 2. Dicintai Allah Allah mencintai hamba-Nya yang bertaubat. Mengerjakan niat shalat sunnah taubat ini merupakan bentuk kesungguhan seorang hamba untuk benar-benar bertaubat dari dosa dan maksiat. ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ุชูŽู‘ูˆูŽู‘ุงุจููŠู†ูŽ ูˆูŽูŠูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุทูŽู‡ูู‘ุฑููŠู†ูŽ โ€œSesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.โ€ (QS.

Al Baqarah: 222) 3. Didoakan malaikat Orang yang bertaubat akan didoakan oleh para malaikat. Mereka memohonkan ampunan kepada Allah untuk orang yang bertaubat. ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽุญู’ู…ูู„ููˆู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุฑู’ุดูŽ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุญูŽูˆู’ู„ูŽู‡ู ูŠูุณูŽุจูู‘ุญููˆู†ูŽ ุจูุญูŽู…ู’ุฏู ุฑูŽุจูู‘ู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูู‡ู ูˆูŽูŠูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑููˆู†ูŽ ู„ูู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ูˆูŽุณูุนู’ุชูŽ ูƒูู„ูŽู‘ ุดูŽูŠู’ุกู ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽุฉู‹ ูˆูŽุนูู„ู’ู…ู‹ุง ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ูู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุชูŽุงุจููˆุง โ€œ(Malaikat-malaikat) yang memikul โ€˜Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): โ€œYa Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.โ€ (QS.

Ghafir: 7) 4. Dimasukkan ke dalam surga Pada akhirnya, orang yang bertaubat, mereka akan dimasukkan Allah ke dalam surga-Nya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Taโ€™ala: ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุชููˆุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽูˆู’ุจูŽุฉู‹ ู†ูŽู‘ุตููˆุญู‹ุง ุนูŽุณูŽู‰ูฐ ุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’ ุฃูŽู† ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุนูŽู†ูƒูู…ู’ ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุชููƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูุฏู’ุฎูู„ูŽูƒูู…ู’ ุฌูŽู†ูŽู‘ุงุชู ุชูŽุฌู’ุฑููŠ ู…ูู† ุชูŽุญู’ุชูู‡ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑู โ€œHai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).

Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.โ€ (QS. At-Tahrim: 8) Baca juga: Shalat Istikharah Tata Cara Sholat Taubat Tidak semua kitab fiqih membahas sholat taubat.

Bahkan Fiqih Empat Madzhab yang ditulis Syaikh Abdurrahman Al Juzairi tidak membahas sholat sunnah ini. Sedangkan dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu dan Fiqih Sunnah ada pembahasan sholat sunnah ini.

Bagaimana tata cara sholat taubat? Sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah di atas, sholat ini minimal dikerjakan dua rakaat.

Setelah sholat kemudian memperbanyak istighfar, memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa Taโ€™ala. Berikut ini tata cara sholat taubat secara praktis: โ€ข Niat sholat taubat โ€ข Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah โ€ข Membaca surat Al Fatihah โ€ข Membaca surat dari Al Qurโ€™an โ€ข Rukuโ€™ dengan tumaโ€™ninah โ€ข Iโ€™tidal dengan tumaโ€™ninah โ€ข Sujud dengan tumaโ€™ninah โ€ข Duduk di antara dua sujud dengan tumaโ€™ninah โ€ข Sujud kedua dengan tumaโ€™ninah โ€ข Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua โ€ข Membaca surat Al Fatihah โ€ข Membaca surat dari Al Qurโ€™an โ€ข Rukuโ€™ dengan tumaโ€™ninah โ€ข Iโ€™tidal dengan tumaโ€™ninah โ€ข Sujud dengan tumaโ€™ninah โ€ข Duduk di antara dua sujud dengan tumaโ€™ninah โ€ข Sujud kedua dengan tumaโ€™ninah โ€ข Tahiyat akhir dengan tumaโ€™ninah โ€ข Salam Lalu memperbanyak membaca istighfar dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu Taโ€™ala.

Untuk bacaan masing-masing gerakan sholat, bisa dibaca di artikel Bacaan Sholat. Niat Sholat Taubat Seluruh ulama sepakat bahwa niat tempatnya di hati. Dalam Fiqih Manhaji dijelaskan, untuk keabsahan sholat, niat harus diiringi dengan takbiratul ihram. Caranya, hati harus awas bahwa akan mengerjakan sholat ketika melafadzkan takbir, sambil mengingat sholat apa dan fardlu atau sunnah. Dalam hal ini tidak disyaratkan melafadzkan niat secara lisan.

Syaikh Wahbah Az Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menjelaskan, jumhur ulama mensunnahkan melafadzkan niat karena bisa membantu hati menghadirkan niat. Namun menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafadzkan niat karena Rasulullah tidak mengajarkannya.

Bagi yang melafadzkan niat, berikut ini niat sholat taubat: ุฃูุตูŽู„ูู‘ูŠู’ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุจูŽุฉู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ (Ushollii sunnatat taubati rokโ€™ataini lillaahi taโ€™aalaa) Artinya: Aku niat sholat sunnah taubat dua rakaโ€™at karena Allah Taโ€™ala Baca juga: Sholat Dhuha Doa Sholat Taubat Usai sholat taubat, disunnah memperbanyak membaca istighfar.

Memohon ampun kepada Allah atas segala dosa. Bertaubat dari segala maksiat. Berikut ini beberapa contoh istighfar yang bisa dibaca sebagai doa sholat taubat: 1. Sayyidul Istighfar Istighfar ini merupakan istighfar terbaik. Rasulullah menyebutnya sayyidul istighfar. Imam Bukhari menyebutnya istighfar yang paling utama.

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจูู‘ูŠู’ ุŒ ู„ูŽุง ุฅูู„ูฐู€ู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูˆูŽุนู’ุฏููƒูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุตูŽู†ูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุจููˆู’ุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูู†ูุนู’ู…ุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆู’ุกู ุจูุฐูŽู†ู’ุจููŠู’ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ Artinya: Ya Allรขh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan selain Engkau.

Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku.

Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau. 2. Istighfar Nabi Adam Berikut ini adalah istighfar dan doa taubat Nabi Adam dan Hawa yang diabadikan Allah dalam Surat Al Aโ€™raf ayat 23: ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู†ูŽู†ูŽู‘ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†ูŽ Artinya: Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.

Baca juga: Sholat Tahajud 3. Istighfar Rasulullah Istighfar ini sering dibaca Rasulullah. Bahkan dalam riwayat Tirmidzi dan Abu Daud, Umar bin Khattab menghitung dalam sebuah majlis Rasulullah mengucapkan istighfar ini seratus kali. ุฑูŽุจูู‘ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ูˆูŽุชูุจู’ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุชูŽูˆูŽู‘ุงุจู ุฑูŽุญููŠู’ู…ูŒ Artinya: Ya Allah ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan maha penyayang.

4. Istighfar Pendek Berikut ini adalah istighfar pendek yang paling umum diucapkan. Jika kesulitan istighfar lainnya, setelah sholat taubat bisa memperbanyak istighfar ini. ุฃูŽุณู’ุชูŽุบู’ููุฑู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ู Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung.

Demikian tata cara, niat sholat taubat, doa dan keutamaan sholat sunnah ini. Semoga bermanfaat. Wallahu aโ€™lam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah] Maaf sebelumnya.

Hanya sedikit berbagi ilmu, Jika benar maka semata-mata dari allah SWT Tapi jika salah maka semata-mata dari diri pribadi saya.

Mohon di maafkan. Sesungguhya allah itu maha pengampun, maha pengasih dan penyayang kepada siapa saja yang mau taubat. Maka tidak ada dosa yang tidak bisa mendapat ampun walaupun Dosa itu seluas bumi dan langit Karena allah maha pengampun dan tidak diragukan lagi, selama yang berdosa itu bertaubat, kecuali Dosa syirik/menyekutukan allah. Sedangkan persoalan dosa yang berkaitan dengan sesama, maka wajib bagi niat shalat sunnah taubat yang merasa melakukan dosa kepada orang lain wajib untuk meminta maaf kepada yang pernah didzolimi.

Dan allah akan mengampuni dosa setiap manusia kepada manusia lain jika manusia tersebut niat shalat sunnah taubat maaf dan memaafkan satu sama lain. Maka dari itu, jagalah lisan kita perbuatan kita agar tidak menyakiti dan menyinggung perasaan orang lain. Dan jika ada seseorang yang sampai sakit hati, dan sampi tidak ridhlo atas perkataan dan perbuatan kita maka ampunan juga akan sulit, niat shalat sunnah taubat kita belum minta maaf kpd yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat.
Bagaimana cara Solat Taubat dan Doa Taubat? Ini adalah panduan lengkap untuk melakukan Solat Sunat Taubat dan doa taubat nasuha.

Anda akan dibimbing secara langkah demi langkah sehingga selesai dan panduan ini diringkaskan agar mudah difahami.

Apa yang penting: Panduan cara Solat Taubat ini juga dipermudahkan dengan ejaan Rumi dan juga audio untuk membantu sesiapa yang mengalami kesukaran membaca tulisan arab.

Tanpa buang masa, mari kita mulakan. Syarat Taubat Solat sunat taubat ini dilakukan sesudah seseorang itu menginsafi kesalahan dirinya sendiri lantas memohon keampunan daripada Allah. Antara syarat-syarat taubat adalah: โ€ข Benar-benar menyesal terhadap perbuatan atau dosa yang lalu โ€ข Meninggalkan perbuatan yang membawa dosa tersebut โ€ข Bercita-cita tidak akan melakukan perbuatan dosa itu lagi Tetapi apabila kita melakukan perbuatan dosa terhadap manusia seperti mencuri, mengumpat, memukul dan sebagainya.

โ€ฆ maka hendaklah ditambah lagi satu syarat, iaitu memulangkan semula barang yang dicuri dan memohon maaf atas kesalahan yang telah dilakukan. Waktu Solat Taubat Solat sunat taubat boleh dikerjakan pada bila-bila masa sahaja, kecuali waktu yang diharamkan solat. Walau bagaimana pun, solat ini lebih afdhal (digalakkan) dilakukan selepas tengah malam sewaktu Qiamullai (bangun pada 2/3 malam untuk beribadat kepada Allah) Cuma, apabila kita berasa bersalah dan mahu kembali kepada Allah, maka lebih baik kembali yang dimulai dengan amalan serta-merta.

Dan amal yang paling baik bagi umat manusia tidak lain tidak bukan adalah solat. Bagaimana cara mengerjakan Solat Taubat? Cara Solat Taubat dari segi pergerakan adalah sama seperti solat-solat sunat yang lain. Bacaan dalam solat ini tidaklah ditentukan. Oleh itu, bolehlah dibaca mana-mana surah yang disukai.

Di bawah panduan melakukan solat sunat taubat secara langkah demi langkah: Rakaat Pertama 1. Solat Dimulakan dengan takbiratul ihram.

Semasa mengangkat takbir, bacakan niat solat taubat dalam hati. Sahaja aku solat sunat taubat dua rakaat kerana Allah Taala 2.

Kemudian, bacalah doa Iftitah. Hukum membaca Iftitah adalah sunat haiโ€™ah. Solat tetap sah jika doa ini ditinggalkan. Jika dibaca, mendapat pahala.

doa iftitah Allaahu Akbaru Kabiiraa-walhamdu Lillaahi Katsiiran, Wa Subhaanallaahi Bukrataw-waโ€™ashiila. Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas-samaawaati Wal Ardha Haniifam-muslimaw-wamaa Anaa Minal Musyrikiina. Inna Solaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil โ€˜Aalamiina.

Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin 3. Seterusnya bacalah surah al-Fatihah. Surah al-Fatihah adalah sebahagian daripada niat shalat sunnah taubat solat.

Oleh itu ia wajib dibacakan dalam solat. Bismillฤhir-raแธฅmฤnir-raแธฅฤซm. Al-แธฅamdu lillฤhi rabbil-โ€˜ฤlamฤซn. Ar-raแธฅmฤnir-raแธฅฤซm.

Mฤliki yaumid-dฤซn. Iyyฤka naโ€˜budu wa iyyฤka nastaโ€˜ฤซn. Ihdinaแนฃ-แนฃirฤแนญal-mustaqฤซm. Sirฤแนญallaลผฤซna anโ€˜amta โ€˜alaihim, ghairil-magแธลซbi โ€˜alaihim wa laแธ-แธฤllฤซn 4.

Kemudian, baca Surah al-Ikhlas Selesai baca al-Fatihah, maka bacalah pula ayat niat shalat sunnah taubat surah al-Quran seperti surah al-ikhlas. Qul huwallahu ahad. Allahus-samad. Lam yalid wa lam yuulad. Wa lam yakul lahuu kufuwan ahad Maksudnya: Katalah (wahai Muhammad): โ€œ(Tuhanku) ialah Allah Yang Maha Esa. Allah Yang menjadi tumpuan sekalian makhluk untuk memohon sebarang hajat. Ia tiada beranak, dan Ia pula tidak diperanakkan. Dan tidak ada sesiapapun yang serupa denganNya.โ€ Pemilihan surah adalah bebas.

Anda juga baca surah-surah yang lain. 5. Selesai membaca surah, teruskan dengan rukuk dan sujud sehingga selesai rakaat pertama. 7. Baca surah al-Fatihah. Seperti rakaat pertama, sekali lagi pada rakaat kedua dibacakan surah al-Fatihah. surah al fatihah Bismillฤhir-raแธฅmฤnir-raแธฅฤซm. Al-แธฅamdu lillฤhi rabbil-โ€˜ฤlamฤซn. Ar-raแธฅmฤnir-raแธฅฤซm.

Mฤliki yaumid-dฤซn. Iyyฤka naโ€˜budu wa iyyฤka nastaโ€˜ฤซn. Ihdinaแนฃ-แนฃirฤแนญal-mustaqฤซm. Sirฤแนญallaลผฤซna anโ€˜amta โ€˜alaihim, ghairil-magแธลซbi โ€˜alaihim wa laแธ-แธฤllฤซn 8. Selepas itu, baca Surah an-Nas Qul aโ€™uzu birabbin-nas. Malikin-nas. Ilahin-nas. Min syarril-waswasil-khannas. Allazii yuwaswisu fi sudurin-nas. Minal jinnati wan-nas. Maksudnya: Katakanlah (wahai Muhammad): โ€œAku berlindung kepada (Allah) Pemulihara sekalian manusia. Yang Menguasai sekalian manusia. Tuhan yang berhak disembah oleh sekalian manusia.

Dari kejahatan pembisik penghasut yang timbul tenggelam. Yang melemparkan bisikan dan hasutannya ke dalam hati manusia. (Iaitu pembisik dan penghasut) dari kalangan jin dan manusiaโ€ Pemilihan surah adalah bebas. Anda juga baca surah-surah yang lain. 9. Solat diteruskan dengan rukuk dan sujud.

Bacaan Doa Dalam Sujud Akhir Semasa sujud akhir (sebelum bangun untuk tahiyat), ucapkanlah sebagaimana berikut sebanyak 40 kali: Laa ilaaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minazzolimin Maksudnya: Tiada Tuhan melainkan Engkau, Ya Allah! Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku daripada golongan orang-orang yang zalim. Bacaan di atas adalah Doa Nabi Yunus.

Bacaan ini tidak wajib & tidak mengapa jika tidak dilakukan 10. Kemudian bangun dari sujud dan terus lakukan tahiyyat akhir sehinggalah selesai rakaat kedua Bacaan Istighfar Selepas Salam Sesudah salam, perbanyakkan istigfar dan memohon keampunan kepada Allah (sambil menyesali dosa-dosa yang dilakukan) Maka ucapkanlah istigfar berulang kali: Astagfirullah Hal โ€˜Azim Allazi Laa ilaaHa illa Huwalhayyu-Qoyyum Wa AtuuBu ilaih Maksudnya: Aku memohon keampunan daripada Allah, Tuhan Yang Maha Agung, tiada Tuhan melainkan Allah.

Dia hidup, berdiri dengan sendirinya, dan aku memohon keampunan daripadaNya. Amalan ini sesuai dengan firman Allah: Dan mereka itu apabila melakukan perbuatan keji atau menzalimi diri mereka, maka mereka mengingati Allah lalu beristighfar ke atas dosa-dosa mereka. Dan siapakah yang mengampunkan dosa selain Allah.

Serta mereka tidak berterusan terhadap apa yang telah mereka lakukan dalam keadaan mereka mengetahui. โ€” Surah Ali Imraan: 135 Istighfar boleh sahaja dilakukan dengan mengucapkan lafaz โ€˜โ€™Astaghfirullahโ€™โ€™, ataupun istighfar dalam ertikata lain adalah bertaubat kepada Allah Niat shalat sunnah taubat Iaitu seseorang itu benar-benar menyesal terhadap maksiat yang dilakukan, berhenti dari melakukannya, serta berazam untuk tidak mengulanginya kembali buat selamanya.

Sebagai tambahan: Boleh juga diamalkan zikir taubat ini selepas solat atau bila-bila masa sahaja. Akhir sekali adalah doa taubat. Bagaimana untuk doa solat taubat? Berdoalah mengikut luahan hati mengharapkan keampunan dan keredhaan Allah. Namun jika anda buntu, anda boleh membaca doa khusus di bawah ini untuk memohon keampunan Allah.

Doa ini juga boleh dibaca terus jika anda tidak dapat melakukan solat, seperti sedang haid atau lain-lain keuzuran. 1. Doa Taubat Antara doa taubat ringkas yang boleh dibaca adalah seperti berikut: https://akuislam.com/wp-content/uploads/2018/10/Doa-Taubat.mp3 Allahumma inni Zholamtu Nafsi Zull-man Katsiran Walaa Yagh-Firu ZunuuBa illa Anta, Fagh-firli Min indika Magfirotan innaka Antal Rgho-fuu Rur-rahim.

Maksudnya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri dengan kezaliman yang besar. Dan tiada siapa yang akan mengampuni dosa-dosaku melainkan Engkau. Maka ampunilah aku dengan keampunan yang besar daripada sisiMu. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.

https://akuislam.com/wp-content/uploads/2018/10/penghulu-istighfar-1.mp3 Allaahumma Annta Rabbii Laa iLaaHa ilLaa AnnTa Kholaq-tanii Wa Anaa โ€˜Abduka Wa Anaa โ€˜Ala โ€˜Ahdika Wawaโ€™ Dika Maas-Tatha-Tu โ€˜A-Uudzu-Bika Min Syarrimaa Sonaโ€™-tu, Abuu-U-Laka Biniโ€™matika Alayya, Wa Abuu-U BiDzanmmBi, Fagh-Fir-Lii Fa-innahu Laa Yagh-Firudz-DzunuuBa ilLaa Annta. Maksudnya: Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tidak ada Tuhan kecuali Engkau, Engkau telah menciptakan aku dan aku adalah hambaMu, dan hamba pasti menuruti ketentuan-ketentuanMu, janji-janjiMu sesuai kemampuanku.

Aku meminta penjagaanMu dari buruknya segala perbuatanku, aku mengakui segala nikmat yang Engkau berikan dan mengakui adanya dosa-dosa yang aku lakukan. Tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali engkau. Penutup: Allah Itu Maha Penerima Taubat Yakinlah bahawa Allah niat shalat sunnah taubat Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.

InsyaAllah, setiap dosa-dosa kita, kecil atau besar, pasti akan diampunkan oleh Allah. Semoga panduan ini dapat membantu kita dalam melakukan solat sunat taubat dengan sebaik mungkin. Semoga Allah SWT menerima taubat kita dan membersihkan jiwa-jiwa kita daripada kegelapan dosa dan maksiat. InsyaaAllah.
Mengetahui tata cara sholat taubat dan niat shalat taubat adalah hal yang perlu diketahui.

Mengutip dari buku Pedoman dan Tuntunan Shalat Lengkap karangan Abu Masyhad, para ulama telah sepakat bahwa bertaubat atau menyesali perbuatan dosa adalah wajib hukumnya. Untuk itu, harus segera dilakukan. Salah satu cara memohon ampunan taubat dari Allah SWT yakni dengan melakukan shalat sunnah taubat. Seperti ibadah lainnya, ada juga tata cara sholat taubat sesuai sunnah Rasul agar sempurna pelaksanannya. Lalu, apa bacaan niat shalat taubat dan bagaimana pula cara melakukannya?

Artikel Terkait: Tata Cara Mendirikan Shalat Tasbih dan Manfaatnya bagi Umat Muslim Manusia Itu Tempatnya Salah dan Khilaf Image: Freepik Salah ataupun dosa memang sudah menjadi hal yang lumrah bagi manusia. Seperti makanan yang setiap hari dikonsumsi, salah maupun dosa tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Apakah itu dosa terhadap Allah SWT, dosa terhadap sesama manusia, atau mungkin dosa terhadap lingkungan sekitarnya. Semua hal itu pernah dilakukan niat shalat sunnah taubat manusia. Itulah mengapa tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Bahkan, seorang Nabi sekalipun pernah melakukan kesalahan, walaupun kesalahan tersebut adalah sebuah pembelajaran bagi umatnya.

Perintah Bertaubat bagi Manusia Para ulama telah satu pendapat bahwa apabila seorang hamba melakukan perbuatan dosa ataupun kesalahan, maka hendaklah ia bertaubat. Taubat yang dilakukan haruslah taubat nasuha, yaitu taubat yang murni dan tulus memohon ampunan kepada Allah SWT. Dalam bertaubat juga harus meliputi beberapa hal berikut: 2. Surah At-Tahrim Ayat 8 ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ุชููˆุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽูˆู’ุจูŽุฉู‹ ู†ูŽุตููˆุญู‹ุง ุนูŽุณูŽู‰ูฐ ุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠููƒูŽููู‘ุฑูŽ ุนูŽู†ู’ูƒูู…ู’ ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุงุชููƒูู…ู’ ูˆูŽูŠูุฏู’ุฎูู„ูŽูƒูู…ู’ ุฌูŽู†ูŽู‘ุงุชู ุชูŽุฌู’ุฑููŠ ู…ูู†ู’ ุชูŽุญู’ุชูู‡ูŽุง ุงู„ู’ุฃูŽู†ู’ู‡ูŽุงุฑู Artinya: โ€œHai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya).

Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.โ€ (QS. At-Tahrim: 8) Image: Freepik 3.

Hadits Riwayat Muslim Rasulullah Muhammad SAW bersabda: ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุบูŽุฑูู‘ ุจู’ู†ู ูŠูŽุณูŽุงุฑู ุงูŽู„ู’ู…ูุฒูŽู†ููŠูู‘ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠูŽุง ุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุชููˆุจููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ููŽุฅูู†ูู‘ูŠ ุฃูŽุชููˆุจู ูููŠ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูุงุฆูŽุฉูŽ ู…ูŽุฑูŽู‘ุฉู Artinya: Dari Al Aghar bin Yasar al Muzaniy ra., bahwasanya Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€˜Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, karena aku bertaubat seratus kali dalam sehari.โ€™ (HR.

Muslim, Nomor 2702) Bebas Bosan, Ajak Si Kecil Lakukan Aktivitas Seru Ini di Rumah 4. Hadits Riwayat Tirmidzi ุนูŽู†ู’ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูŠูŽู‚ู’ุจูŽู„ู ุชูŽูˆู’ุจูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏู ู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุบูŽุฑู’ุบูุฑ Artinya: Dari Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam, bersabda: โ€œSesungguhnya Allah akan menerima taubat seorang hamba selama nyawanya belum sampai ke tenggorokan.โ€ (HR.

Tirmidzi nomor 3847 dan Imam Tirmidzi serta Ibnu Hibban menghasankannya) Artikel Terkait: Mantapkan Hati dengan Shalat Istikharah, Ini Niat, Tata Cara, dan Bacaan Doanya Shalat Sunnah Taubat Selain menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, maka kita dianjurkan untuk menyempurnakan taubat dengan melakukan shalat sunnah Taubat. Berikut ini niat dan tata cara melakukannya.

1. Niat Shalat Taubat ุฃูุตูŽู„ูู‘ูŠู’ ุณูู†ูŽู‘ุฉูŽ ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุจูŽุฉู ุฑูŽูƒู’ุนูŽุชูŽูŠู’ู†ู ู„ูู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ Ushollii sunnatat taubati rokโ€™ataini lillaahi taโ€™aalaa Artinya: โ€œAku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Taโ€™ala. โ€œ Image: Freepik 2. Tata Cara Melakukan Sholat Sunnah Taubat Melakukan shalat sunnah taubat hampir dengan cara melakukan shalat fardhu (wajib) atau shalat sunnah lainnya.

Yang membedakannya hanyalah niat dan doa. Shalat taubat terdiri dari dua niat shalat sunnah taubat dengan satu kali salam. Namun, sholat ini juga boleh dikerjakan dalam dua rakaat, empat rakaat, dan enam rakaat.

Sebelum melakukan shalat sunnah Taubat pastikan tubuh Anda suci dari hadast besar serta hadast kecil. Selain itu, menutup aurat dengan sempurna. Adapun tata cara melakukan sholat sunnah Taubat adalah seperti berikut ini. Rakaat Pertama: โ€ข Mengucapkan niat (boleh diucapkan di dalam hati dan dilisankan) โ€ข Takbiratul ihram โ€ข Membaca doa iftitah (sunnah) โ€ข Membaca Al-Fatihah โ€ข Kemudian Membaca surat pendek pilihan Al Qurโ€™an โ€ข Rukuk โ€ข Iโ€™tidal โ€ข Sujud โ€ข Duduk di antara dua sujud โ€ข Sujud kedua โ€ข Berdiri untuk melanjutkan rakaat kedua Rakaat Kedua: โ€ข FMembaca Al-Fatihah โ€ข Membaca surat pendek pilihan Al Quran โ€ข Rukuk โ€ข Iโ€™tidal โ€ข Sujud โ€ข Duduk di antara dua sujud โ€ข Sujud kedua โ€ข Tasyahud Akhir โ€ข Mengucapkan Salam โ€ข Berdoa untuk memohon ampunan Image: Freepik 3.

Doa Shalat Sunnah Taubat Setelah selesai melakukan shalat Taubat, dilanjutkan dengan membaca doa-doa khusus memohon ampunan kepada Allah SWT. Berikut ini lafal doa shalat Taubat: ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจูู‘ูŠู’ ุŒ ู„ูŽุง ุฅูู„ูฐู€ู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูˆูŽุนู’ุฏููƒูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุตูŽู†ูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุจููˆู’ุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูู†ูุนู’ู…ุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆู’ุกู ุจูุฐูŽู†ู’ุจููŠู’ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ Artinya: โ€œYa Allรขh, Engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan selain Engkau.

Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk niat shalat sunnah taubat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.โ€ ุฑูŽุจูŽู‘ู†ูŽุง ุธูŽู„ูŽู…ู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ููุณูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ู„ูŽู†ูŽุง ูˆูŽุชูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ู†ูŽุง ู„ูŽู†ูŽูƒููˆู†ูŽู†ูŽู‘ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุงุณูุฑููŠู†ูŽ Artinya: โ€œYa Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri.

Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.โ€ niat shalat sunnah taubat ุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠ ูˆูŽุชูุจู’ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุชูŽูˆูŽู‘ุงุจู ุฑูŽุญููŠู’ู…ูŒ Artinya: โ€œYa Allah ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan maha penyayang.โ€ Kemudian ditutup dengan membaca: ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ู„ูŽุง ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูˆูŽุนู’ุฏููƒูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชู.

ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ู…ูŽุง ุตูŽู†ูŽุนู’ุชู. ุฃูŽุจููˆู’ุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูู†ูุนู’ู…ูŽุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ. ูˆูŽุฃูŽุจููˆู’ุกู ุจูุฐูŽู†ู’ุจููŠู’. ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ููŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐู‘ูู†ููˆู’ุจูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ุชูŽ Allรขhumma anta rabbรฎ, lรข ilรขha illรข anta khalaqtanรฎ. Wa anรข โ€˜abduka, wa anรข โ€˜alรข โ€˜ahdika wa waโ€˜dika mastathaโ€˜tu. Aโ€˜รปdzu bika min syarri mรข shanaโ€˜tu. Abรปโ€™u laka biniโ€˜matika โ€˜alayya. Wa abรปโ€™u bidzanbรฎ. Faghfirlรฎ. Fa innahรป lรข yaghfirudz dzunรปba illรข anta. Artinya: โ€œWaai Tuhanku, Engkau Tuhanku.

Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Niat shalat sunnah taubat berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,โ€ (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-โ€˜Aidrus, Jakarta).

4. Waktu Pelaksanaan Shalat Sunnah Taubat Image: Freepik Shalat sunnah taubat sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam.

Namun, ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa shalat sunnah Taubat akan lebih baik dilakukan pada saat sepertiga malam atau waktu tahajjud. Meskipun shalat taubat boleh dilakukan di waktu siang ataupun malam, tetapi shalat taubat tidak boleh dilakukan pada waktu-waktu niat shalat sunnah taubat diharamkan untuk shalat, yaitu: โ€ข Ketika terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah โ€ข Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong โ€ข Mulai dari sholat Asar hingga matahari tenggelam โ€ข Menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

Artikel Terkait: Batas Waktu Melaksanakan Shalat Tahajud Menurut Syariat Islam Itulah niat, tata cara, doa, dan waktu pelaksanaan shalat sunnah taubat. Bertaubat sebaiknya jangan ditunda-tunda selagi kita masih diberi kesempatan untuk melakukannya. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita, ya!

Baca Juga: Hukum dan tata cara shalat gerhana matahari yang perlu diketahui! 3 Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib dan Panduan Lengkap untuk Melaksanakannya Tak Pernah Ditinggalkan Rasul, Begini Panduan Lengkap Shalat Qobliyah Subuh โ€ข Kehamilan โ€ข Tips Kehamilan โ€ข Trimester Pertama โ€ข Trimester Kedua โ€ข Trimester Ketiga โ€ข Melahirkan โ€ข Menyusui โ€ข Tumbuh Kembang โ€ข Bayi โ€ข Balita โ€ข Prasekolah โ€ข Praremaja โ€ข Usia Sekolah โ€ข Parenting โ€ข Pernikahan โ€ข Berita Terkini โ€ข Seks โ€ข Keluarga โ€ข Kesehatan โ€ข Penyakit โ€ข Info Sehat โ€ข Vaksinasi โ€ข Kebugaran โ€ข Gaya Hidup โ€ข Keuangan โ€ข Travel โ€ข Fashion โ€ข Hiburan โ€ข Niat shalat sunnah taubat โ€ข Kebudayaan โ€ข Lainnya โ€ข TAP Komuniti โ€ข Beriklan Dengan Kami โ€ข Hubungi Kami โ€ข Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha! Lengkap Dengan Niat, Doa dan Waktunya




2022 charcuterie-iller.com