Vaksin moderna di batam

SuaraBatam.id - Pemerintah mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat umum sebagai penerima vaksin Moderna dosis pertama, dan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama Moderna dijadwalkan akan berlangsung Jumat (27/8/2021) mendatang di Vihara Maiterya, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau.

Berbeda dengan vaksin moderna di batam vaksinasi massal pada umumnya, penerima dosis Moderna dosis pertama ini, diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website, vaksin moderna di batam saat ini mulai diterima lapisan masyarakat Batam melalui aplikasi pesan singkat. "Memang benar sudah dibuka untuk umum. Jadi tidak hanya untuk booster nakes saja.

Tapi melalui aplikasi terlebih dahulu, karena ini penyelenggara nya Pemerintah Daerah bekerjasama dengan pihak ketiga," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi melalui sambungan telepon, Rabu (25/8/2021). Dokter Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mendapatkan suntikan vaksin Moderna di Banda Aceh, Aceh, Senin (9/8/2021).

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra Namun, Didi menegaskan bahwa pihak ketiga ini menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi. Baca Juga: Merasa Punya Wewenang, ASN Stasiun Karantina Ikan Minta Jatah Uang Upeti Barang Ekspor Apabila saat ini semua mengandalkan Pemko Batam, maka target akan sulit tercapai. Untuk itu guna mencapai target 100 pihak ketiga ini membantu menyukseskan.

"Siapa saja pelaksananya yang penting target bisa tercapai. Tujuan mereka sama dengan pusat, jadi kami dukung saja. Kalau untuk stok vaksin mereka minta langsung ke provinsi. Jadi tak ada masalah untuk itu," bebernya. Baca Juga: Temukan Pipa Air SPAM Batam yang Bocor, Segera Lapor ke Aduan Resmi 150155 "Target kita segitu untuk saat ini.

Kita lihat nanti pendaftaran melalui aplikasi sampai hari pelaksanaan," terangnya. Namun demikian, Tjetjep juga mengingatkan mengenai efek samping vaksin Moderna, yang lebih dari dua vaksin sebelumya Sinovac dan AstraZeneca. Dimana para penerima, akan mengalami gejala demam dan sakit kepala, maksimal selama dua hari setelah menerima suntikan. "Semua jenis vaksin memiliki side effect masing-masing. Jadi tidak perlu takut, ini yang harus diketahui dulu oleh masyarakat kita," tegasnya.

Ia menjelaskan, sebelumnya vaksin Moderna merupakan booster dosis ketiga untuk tenaga medis. Dan berdasarkan proses pemberian dosis booster hingga saat ini, seluruh tenaga medis tidak menunjukkan gejala apapun. "Sampai sekarang para nakes kita di Kepri juga baik-baik saja setelah menerima vaksin Moderna," ungkap Tjetjep.

Adapun kuota vaksin Moderna yang diberikan untuk Batam saat ini diakuinya berjumlah 446 vital, dan akan segera ditambah dalam waktu dekat ini. Sementara stok vaksin Moderna di Provinsi Kepri berjumlah 7.500 vial. "Kedepannya kita tetap akan menerima Moderna dan di khususkan bagi yang belum pernah menerima," tegasnya.

Kontributor : Partahi Fernando W. Sirait BATAM, KOMPAS.com – Pemerintah mulai membuka pendaftaran bagi masyarakat umum sebagai penerima vaksin Moderna dosis pertama, dan pelaksanaan vaksinasi dosis pertama Moderna dijadwalkan akan berlangsung Jumat (27/8/2021) mendatang di Vihara Maiterya, Batam Center, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Vaksin moderna di batam dengan penyelenggaraan vaksinasi massal pada umumnya, penerima vaksin Moderna dosis pertama ini, diminta untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui website http://vaksinmaitreya.org/?moderna1, yang saat ini mulai diterima lapisan masyarakat Batam melalui aplikasi pesan singkat.

Baca juga: Masyarakat Riau Dapat Memperoleh Vaksin Moderna, Ini Syaratnya "Memang benar sudah dibuka untuk umum. Jadi tidak hanya untuk booster nakes saja. Tapi melalui aplikasi terlebih dahulu, karena ini penyelenggara nya Pemerintah Daerah bekerja sama dengan pihak ketiga," jelas Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi melalui telepon, Kamis (26/8/2021). Ia mengatakan untuk yang ingin mendaftar, tidaklah sulit, mengingat diwebsite nantinya akan dipandu untuk mengisi data identitas.

Dan di website tersebut juga akan ada penjelasan secara rinci hingga dinyatakan valid untuk menerima dosis vaksin suntikan pertama jenis Moderna. Baca juga: Pemkot Surabaya Gelar Vaksinasi Pakai Moderna vaksin moderna di batam Masyarakat Umum, Begini Cara Daftarnya Lokasi vaksinasi "Nantinya masyarakat yang telah terdaftar, tinggal datang saja ke lokasi vaksinasi, karena identitasnya otomatis sudah terdaftar sesuai dengan nomor antrian yang didapat dari wibesite tersebut," ungkap Didi.

"Dan untuk lokasi vaksinasi hanya di Vihara Maiterya, Batam Center," kata Didi menambahkan. Namun, Didi menegaskan bahwa pihak ketiga ini menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

Apabila saat ini semua mengandalkan Pemkot Batam, maka target akan sulit tercapai. Baca juga: Wonogiri Dapat 28.000 Vial Vaksin Moderna, Prioritas untuk Relawan dan Pelaku UMKM Untuk itu guna mencapai target 100 pihak ketiga ini membantu menyukseskan.

"Siapa saja pelaksananya yang penting target bisa tercapai. Tujuan mereka sama dengan pusat, jadi kami dukung saja.

Kalau untuk stok vaksin mereka minta langsung ke provinsi. Jadi tak ada masalah untuk itu," papar Didi. Senada diungkapkan Wakil Ketua Harian Tim Gugus Covid-19 Kepri, Tjetjep Yudiana yang mengatakan bahwa mengenai kuota vaksin Moderna langsung diberikan kepada pihak penyelenggara. Dalam hal ini, Tjetjep juga menargetkan 35 ribu masyarakat Batam menjadi penerima vaksin Moderna.

"Target kita segitu untuk saat ini. Kita lihat nanti pendaftaran melalui aplikasi sampai hari pelaksanaan," kata Tjetjep. Namun demikian, Tjetjep juga mengingatkan mengenai efek samping vaksin Moderna, yang lebih dari dua vaksin sebelumya Sinovac dan AstraZeneca.

Dimana para penerima, akan mengalami gejala demam dan sakit kepala, maksimal selama dua hari setelah menerima suntikan. "Semua jenis vaksin memiliki side effect masing-masing. Jadi tidak perlu takut, ini yang harus diketahui dulu oleh masyarakat kita," terang Tjetjep.

Tjetjep Melanjutkan, sebelumnya vaksin Moderna merupakan booster dosis ketiga untuk tenaga medis. Dan berdasarkan proses pemberian dosis booster hingga saat ini, seluruh tenaga medis tidak menunjukkan gejala apapun.

"Sampai sekarang para nakes kita di Kepri juga baik-baik saja setelah menerima vaksin Moderna," ungkap Tjetjep. Adapun kuota vaksin Moderna yang diberikan untuk Batam saat ini diakuinya berjumlah 446 vital, dan akan segera ditambah dalam waktu dekat ini.

Sementara stok vaksin Moderna di Provinsi Kepri berjumlah 7.500 vial. "Kedepannya kami tetap akan menerima Moderna dan di khususkan bagi yang belum pernah menerima," pungkas Tjetjep. Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya.

Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi. Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi. Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa. Kita peduli, pandemi berakhir! Bawa Pasien yang Terbaring Lemah, Ambulans di Samarinda Salip Mobil Presiden Jokowi https://regional.kompas.com/read/2021/08/26/152704978/bawa-pasien-yang-terbaring-lemah-ambulans-di-samarinda-salip-mobil-presiden https://asset.kompas.com/crops/LKJPsAvM-nO411mEJyzIShxCCXs=/0x0:0x0/195x98/data/photo/2021/08/25/612620c6af2c0.jpg
tirto.id - Vaksinasi booster (vaksin dosis ketiga) bisa diikuti oleh masyarakat di Kota Batam, Kepri, pada tanggal 11 dan 12 Februari 2022.

Kegiatan vaksinasi booster pada hari Jumat dan Sabtu tersebut digelar oleh dua pihak berbeda. Lokasi vaksinasi booster pada 11 Februari 2022 adalah Maha Vihara Duta Maitreya, Sungai Panas, Kota Batam.

Vaksinasi dosis ketiga di lokasi ini digelar atas kerja sama Maha Vihara Duta Maitreya, BIN Kepri, Dinkes Kota Batam, dan PMSTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia). Pendaftaran untuk mengikuti vaksinasi booster di Maha Vihara Duta Maitreya dibuka secara online. Sementara itu, vaksin booster yang akan digunakan adalah jenis Pfizer. Adapun lokasi vaksinasi booster di Kota Batam pada Sabtu, 12 Februari 2022 berada di Vihara Budhi Bhakti - (Pekong Keng Windsor).

Vihara di Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam itu menggelar kegiatan vaksinasi booster bersama Bimas Buddha Kemenag Kota Batam, Permabudhi, dan Dinkes Kota Batam. Vaksin dosis ketiga yang akan digunakan di Vihara Budhi Bhakti Batam juga jenis Pfizer.

Pendaftaran untuk mengikuti vaksinasi ini juga dibuka secara online sejak 8 Februari 2022. Link Daftar Vaksin Booster Batam 11 Februari & Syarat Pendaftaran bagi para calon peserta vaksinasi booster di Maha Vihara Duta Maitreya, Kota Batam, bisa dilakukan melalui situs www.vaksinmaitreya.org.

Melalui situs vaksin moderna di batam, masyarakat di Kota Batam bisa mendaftar secara online dengan memasukkan sejumlah data, yakni Nomor KTP, nomor ponsel aktif, nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, pilihan jam vaksinasi dan lain sebagainya. Jika sudah mengisi semua kolom data yang diminta, klik tombol "KIRIM." Untuk pilihan jadwal vaksinasi pada 11 Februari 2022, tersedia dua opsi, yaitu pukul 11.30-12.00 WIB atau pukul 15.00-16.00 WIB.

Sesuai informasi dari situs di atas, syarat peserta vaksinasi booster di Maha Vihara Duta Maitreya adalah sebagai berikut: • Usia minimal 18 tahun per tanggal 11 Februari 2022. • Tidak punya riwayat alergi berat seperti sesak napas, bengkak, urtikaria seluruh badan atau reaksi lain. • Tidak mengidap penyakit autoimun seperti asma, lupus. • Tidak sedang mendapatkan pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, kelainan darah, defisiensi imun dan penerima produk darah/transfusi.

• Tidak sedang mendapat pengobatan immunosupressant seperti kortikosteroid dan kemoterapi. • Tidak memiliki penyakit jantung berat dalam keadaan sesak. • Bagi yang punya kondisi kesehatan khusus wajib membawa surat keterangan dokter yang biasa menangani dan dinyatakan bisa menerima vaksinasi. Link Daftar Vaksin Booster Batam 12 Februari & Syarat Merujuk pengumuman di laman Kemenag Kepri, pendaftaran vaksinasi booster pada 12 Februari 2022 yang bakal berlangsung di Vihara Budhi Bhakti (Pekong Keng Windsor) bisa dilakukan melalui tautan di bawah ini: vaksinpermabudhi.org/vaksin-booster Melalui link di atas, calon peserta vaksinasi booster bisa mendaftar dengan mengisikan sejumlah data yang diminta, seperti Nomor KTP, alamat lengkap, nomor ponsel aktif, nama sesuai KTP, tanggal lahir, pilihan jam vaksinasi dan lain sebagainya.

Tersedia 3 pilihan jam vaksinasi di Vihara Budhi Bhakti pada Sabtu, 12 Februari 2022. Ketiganya adalah jam 10.00-11.00 WIB, lalu pukul 11.00-12.00 WIB, serta 12.30-14.00 WIB. Bimas Buddha Kemenag Batam, Kodo Eko Prayogo menjelaskan untuk vaksinasi dosis 3 ini diperuntukkan bagi peserta yang sudah berusia di atas 18 tahun dan sudah dosis 2 di atas 6 bulan.

Link pendaftaran, sudah mulai di buka sejak Selasa, 8 Februari 2022. Selain terdaftar dahulu via online, kata Koko, setiap peserta wajib membawa fotokopi KTP dan menunjukkan sertifikat vaksin (dosis 1 dan 2) saat mendatangi lokasi vaksinasi booster di Vihara Budhi Bhakti. "Jika waktu mendaftar dan mengalami gangguan atau error link mohon info ke panitia di nomor 081382702795, terbuka untuk umum dan semua agama," ujar Koko dalam siaran resmi Kemenag Kepri.

Adapun persyaratan umum untuk mendaftar vaksinasi booster di Vihara Budhi Bhakti pada 12 Februari 2022 sama dengan yang berlaku di Maha Vihara Duta Maitreya. Batam, Batamnews - Masyarakat umum di Kota Batam sudah mulai bisa menerima vaksin Covid-19 jenis Moderna. Diketahui vaksin Moderna sebelumnya diberikan kepada tenaga kesehatan untuk booster, dosis ketiga. Untuk umum, penyuntikkan vaksin tersebut khusus dosis pertama.

Vaksinasi diselenggarakan pihak ketiga, dalam hal ini Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Batam yang bermitra dengan pemerintah. Pendaftaran vaksin moderna di batam mendapat vaksin Moderna sudah mulai beredar di pesan-pesan WhatsApp.
Vaksin Moderna adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 atau COVID-19. Vaksin Moderna atau mRNA-1273 dikembangkan sejak Vaksin moderna di batam 2020 oleh Moderna and Vaccine Research Center at the National Institute of Allergy and Infectious Disease (NIAID) di Amerika.

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA ( messenger RNA). Vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Protein tersebut merupakan bagian dari permukaan virus Corona. Spike protein akan memicu sistem imun untuk menghasilkan antibodi yang bisa melindungi tubuh saat terinfeksi virus Corona.

Vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat untuk mencegah infeksi COVID-19 pada orang dewasa usia di atas 18 tahun. Dari uji klinis yang sudah dilakukan, vaksin ini menunjukkan nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap COVID-19, sebesar 94,1%. Merek dagang vaksin Moderna: - Apa Itu Vaksin Moderna Golongan Obat resep Kategori Vaksin COVID-19 Manfaat Mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 Digunakan oleh Dewasa Vaksin Moderna untuk ibu hamil dan menyusui Vaksin Moderna dapat diberikan kepada ibu hamil dan menyusui.Untuk ibu hamiil, pemberiannya dapat dimulai dari usia kehamilan di atas 12 minggu dan paling lambat usia kehamilan 33 minggu.

Bentuk obat Suntik Peringatan Sebelum Menerima Vaksin Moderna Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menerima vaksin Moderna, di antaranya: • Beri tahu dokter tentang vaksin moderna di batam alergi yang Anda miliki. Vaksin Moderna tidak boleh diberikan kepada orang yang alergi terhadap kandungan di dalam vaksin ini. • Vaksin Moderna diperuntukkan bagi orang dewasa sehat yang berusia di atas 18 tahun. Belum diketahui efektivitas dan keamanan vaksin ini untuk anak usia di bawah 18 tahun.

• Vaksin Moderna tidak dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang sedang demam atau menderita COVID-19. • Beri tahu dokter jika Anda menderita sistem imun lemah atau sedang menggunakan obat imunosupresan. • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang sedang menderita kelainan darah, penyakit jantung, penyakit autoimun, diabetes, kanker, HIV/AIDS, TBC, penyakit paru, vaksin moderna di batam ginjal, radang sendi, atau penyakit saluran pencernaan.

• Beri tahu dokter jika Anda sedang menjalani cuci darah atau baru saja menjalani transplantasi organ. • Beri tahu dokter jika Anda telah menerima vaksin COVID-19 lain. • Vaksin Moderna dapat diberikan kepada ibu hamil dan menyusui. Untuk ibu hamil, pemberiannya dapat dimulai pada usia kehamilan di atas 12 minggu dan paling lambat pada usia 33 minggu, dibawah pengawasan dokter.

• Beri tahu dokter tentang obat-obatan yang sedang Anda digunakan, termasuk suplemen dan produk herbal. • Segera temui dokter jika Anda mengalami reaksi alergisetelah menerima vaksin Moderna. Dosis dan Jadwal Pemberian Vaksin Moderna Vaksin Moderna akan diberikan langsung oleh dokter.

Dosisnya adalah 0,5 ml. Penyuntikan dilakukan sebanyak 2 kali dengan jarak 28 hari. Vaksin ini akan disuntikkan ke dalam otot (intramuskular/IM). Di Indonesia, vaksin Moderna juga sudah digunakan sebagai vaksin booster atau vaksin COVID-19 dosis ketiga, tetapi hanya pada kelompok tertentu.

Cara Pemberian Vaksin Moderna Vaksin Moderna akan diberikan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter. Vaksin akan disuntikkan ke dalam otot (intramuskular/IM). Area kulit yang akan disuntikkan vaksin harus dibersihkan dengan alcohol swab sebelum dan sesudah penyuntikan. Alat suntik sekali pakai yang sudah selesai digunakan akan dibuang ke dalam safety box tanpa ditutup kembali jarumnya. Untuk mengantisipasi terjadinya kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) yang serius, penerima vaksin akan diminta untuk tetap tinggal di tempat layanan vaksinasi selama 30 menit sesudah divaksin.

KIPI adalah keluhan atau kondisi medis yang bisa terjadi setelah vaksinasi, termasuk efek samping dan reaksi alergi terhadap vaksin. Interaksi Vaksin Moderna dengan Obat Lain Belum diketahui secara pasti efek interaksi yang bisa terjadi jika vaksin Moderna digunakan bersama obat-obatan lain. Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan obat-obat yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh (imunosupresan), suplemen, atau produk herbal tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Vaksin Moderna Beberapa efek samping yang bisa terjadi setelah menerima vaksin Moderna adalah: • Nyeri, bengkak, atau kemerahan di area bekas suntikan • Rasa lelah • Sakit kepala • Nyeri otot • Nyeri sendi • Menggigil • Mual dan muntah • Demam Untuk meredakan gejala efek samping vaksin tersebut, Anda bisa mengonsumsi obat pereda demam dan nyeri, seperi paracetamol atau ibuprofen. Namun, lakukanlah pemeriksaan ke dokter jika keluhan tersebut tidak kunjung reda atau semakin berat.

Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi setelah vaksinasi.
Salah seorang warga saat divaksin. batampos – Sejumlah warga mengeluh karena tak kunjung mendapatkan vaksinasi dosis kedua untuk vaksin vaksin moderna di batam Moderna. Padahal, masa yang ditentukan untuk mendapatkan dosis kedua sudah lewat.

Ruslan Kasbulatov, mantan pimpinan DPRD Batam yang mendapatkan vaksinasiasi vaksin moderna di batam pertama tiga bulan lalu di daerah Sengkuang mempertanyakan ketersediaan vaksin Moderna di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas di Batam.

“Saya vaksin pertama mendapatkan Moderna sudah lebih dari tiga bulan. Dan sesuai ketentuan sudah seharusnya mendapatkan dosis kedua. Sayangnya, vaksin Moderna untuk dosis kedua tak ada,” katanya.

Mantan anggota DPRD Kepri itu tak hanya ke Puskesmas, tetapi juga ke sejumlah pihak yang bisa menyelenggarakan vaksinasi. “Saya sudah ke Polsek, ya sama saja. Kata mereka Moderna lagi tidak tersedia,” katanya. Menurut Ruslan, dengan terkendalanya vaksinasi dosis kedua Moderna, maka warga yang mendapatkan vaksinasi Moderna dosis pertama akan tetap terkendala jika hendak keluar Batam.

Apalagi sudah keluar ketentuan bahwa hanya warga yang mendapatkan vaksinasi lengkap yang bisa melakukan perjalanan keluar daerah tanpa tes Covid-19. “Jadi seolah-olah terkesan ada diskriminasi. Kami yang tak mendapatkan vaksinasi dosis kedua Moderna tetap harus melakukan tes Covid-19. Padahal kami ingin sekali divaksin dosis kedua,” katanya.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan provinsi Vaksin moderna di batam itu berharap pemerintah daerah bisa menyediakan vaksin ini. “Ini menjadi tugas pemerintah bagaimana warganya mendapatkan dosis kedua. Jadi jangan kami dibiarkan begitu saja,” katanya. Anggota komisi IV DPRD Kota Batam, Aman mengatakan bahwa warga penerima vaksi Moderna dosis pertama harus mendapatkan vaksinasi dosis kedua. Juga dengan vaksin Moderna.

Kalau memang tak ada di Puskesmas, ini menjadi tanggungjawab pemerintah. “Sudah ditanya ke semua puskesmas belum. Kalau memang di sana tak ada Moderna, maka ini harus menjadi tanggungjawab pemerintah. Jangan dibiarkan warga tak mendapatkan vaksinasi kedua,’ katanya. Menurut Aman, warga yang ingin mendapatkan vaksin dosis kedua harus dilayani sesuai dengan target dan anjuaran pemerintah.

“Dan kasihan mereka jadi terkendala kalau mau keluar kota,” katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi belum bisa dimintai keterangan terkait hal ini.

Dihubungi melalui telepon selular, yang bersangkutan tidak merespon. (*) Reporter: ALFIAN LUMBAN GAOL

Penjelasan Lengkap Kementerian Kesehatan soal Kombinasi Vaksin Booster, Lihat di Sini!




2022 charcuterie-iller.com