Cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat

Pelaksanaan shalat Tarawih menjadi salah satu ciri khas bulan suci Ramadan. Mengingat pandemi masih berada di cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat kita, Kementerian Agama sejak awal mengimbau umat Muslim agar melaksanakan ibadah tarawih di rumah. Lantas, seperti apa tata cara shalat tarawih 11 rakaat yang benar? Shalat Tarawih, Berapa Rakaat yang Paling Baik?

Dalam praktiknya, setiap orang memiliki perbedaan perihal rakaat tarawih yang ia lakukan. Ada yang cukup 11 rakaat, ada juga yang 23 rakaat. Sebenarnya berapa rakaat yang paling afdol dilaksanakan? "Semuanya tidak masalah, sama-sama baiknya," jawab Dosen Aqidah dan Filsafat Islam sekaligus Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Surakarta, Dr Syamsul Bakri, mengutip laman Kompas.

Artikel terkait: Hukum dan tata cara shalat gerhana matahari yang perlu diketahui! Pelaksanaan shalat tarawih 11 rakaat didasarkan pada beberapa hadis nabi. Pertama, hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas: "Aku berdiri di samping Rasulullah; kemudian Rasulullah meletakkan tangan kanannya di kepalaku dan dipegangnya telinga kananku dan ditelitinya, lalu Rasulullah shalat dua rakaat kemudian dua rakaat lagi, lalu dua rakaat lagi, dan kemudian dua rakaat, selanjutnya Rasulullah shalat witir, kemudian Rasulullah tiduran menyamping sampai bilal menyerukan azan.

Maka bangunlah Rasulullah dan shalat dua rakaat singkat-singkat, kemudian pergi melaksanakan shalat subuh," (HR. Muslim). Kedua, hadis yang diriwayatkan dari Abu Salamah: "Diriwayatkan dari Abu Salamah Ibn ‘Abdul Rahman bahwa Abu Salamah bertanya kepada Aisyah r.a bagaimana cara shalat Rasulullah SAW di bulan Ramadan.

Aisyah menjawab "Baik di bulan Ramadan ataupun di luar bulan Ramadan, Rasulullah selalu melakukan shalat (malam) tidak lebih dari sebelas rakaat.

Rasulullah melaksanakan shalat empat rakaat; dan jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Kemudian shalat lagi empat rekaat, dan jangan ditanyakan tentang baik dan panjangnya shalat yang beliau lakukan. Lalu beliau shalat (witir) tiga rakaat," (HR Bukhari). Lanjut Syamsul, shalat tarawih 23 rakaat pun ada landasan hukumnya. Pertama, sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas.

Ia meriwayatkan bahwa Rasulullah shalat tarawih di bulan Ramadan sendirian sebanyak 20 rakaat. (HR Baihaqi dan Thabrani). Artikel terkait: Terapkan sejak dini, ini 6 cara mengajarkan anak sholat Kedua, hadis yang diriwayat oleh Ibnu Hajar, "Rasulullah shalat bersama kaum muslimin sebanyak 20 rakaat di suatu malam Ramadan." Lalu, dalam sejarah Islam, Khalifah Umar bin Khattab menyelenggarakan shalat tarawih dan witir 23 rakaat. Hal ini dapat dilihat di dalam kitab al-Muwaththa’ Yazid bin Huzaifah yang berkata: "Kaum muslimin pada masa Umar bin Khattab melakukan shalat tarawih (dan witir) di bulan Ramadan sebanyak 23 rakaat." Hal ini kemudian berlanjut pada masa khalifah Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib dan menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Dengan kata lain, seberapa banyak umat Muslim melaksanakan shalat tarawih adalah kebaikan asalkan bukan dilakukan berdasarkan nafsu. Perbedaan pendapat antar umat Muslim adalah hal yang wajar dan alangkah baiknya bila saling menghargai.

Tata Cara Shalat Tarawih 11 Rakaat Kemudian dilanjutkan dengan gerakan shalat seperti biasanya. Setelah membaca surat Al-Fatihah di rakaat pertama, dilanjutkan dengan membaca satu surat cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat surat-surat berikut secara berurutan.

Antara lain At- Takaatsur, Al-‘Ashr, Al-Humazah, Al-Fiil, Quraisy, Al-Maa’uun, Al-‘Kautsar, Al-Kaafiruun, An-Nashr dan Al-Lahab. Sedangkan setiap rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlash.

Namun, Anda juga bisa memilih surat yang sudah dikuasai untuk dibaca, mengingat tidak ada aturan baku dalam Al Quran maupun hadis untuk urutan membaca surat dalam shalat tarawih. Adapun 8 rakaat shalat tarawih ada yang dibagi menjadi empat bagian dengan pelaksanaan dua rakaat salam. Namun, ada juga yang sekaligus empat rakaat dengan jeda istirahat setiap usai 4 rakaat. Artikel terkait: Tata Cara Shalat Ied di Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha Usai shalat tarawih, lalu melakukan shalat witir sebagai penutup.

Dalam pelaksanaannya, minimal dilakukan 1 rakaat. Jika berwitir dengan tiga rakaat, bisa dilakukan dengan dua rakaat salam, lalu ditambah 1 rakaat salam. Akan tetapi, boleh pula shalat witir dilakukan dengan tiga rakaat langsung salam. Cara ini dilakukan dengan sekali tasyahud dan bukan dua kali tasyahud seperti shalat magrib.

Dalam tata cara shalat cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat ini, terdapat bacaan doa qunut untuk menyempurnakan shalat secara keseluruhan. Berikut bacaan qunut witir sesuai hadis riwayat Abu Daud nomor 1425, An Nasai nomor 1745, At Tirmidz nomor 464. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadis ini shahih. Al Hasan bin Ali radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Rasulullah shallallahualaihi wa sallam pernah mengajari beberapa kalimat yang saya ucapkan dalam shalat witir yaitu: Allahummahdinii fiiman hadait, wa’aafinii fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a’thoit, waqinii syarro maa qadhoit, fainnaka taqdhi walaa yuqdho ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarokta robbanaa wata’aalait.

Artinya: Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong.

Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi. • Kehamilan • Tips Kehamilan • Trimester Pertama • Trimester Kedua • Trimester Ketiga • Melahirkan • Menyusui • Tumbuh Kembang • Bayi • Balita • Prasekolah • Praremaja • Usia Sekolah • Parenting • Pernikahan • Berita Terkini • Seks • Keluarga • Kesehatan • Penyakit • Info Sehat • Vaksinasi • Kebugaran • Gaya Hidup • Keuangan • Travel • Fashion • Hiburan • Kecantikan • Kebudayaan • Lainnya • TAP Komuniti • Beriklan Dengan Kami • Hubungi Kami • Jadilah Kontributor Kami Tag Kesehatan Jakarta - Salat tarawih adalah ibadah sunnah muakkad yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Dikutip dari buku Panduan Shalat Bersama Quraish Shihab, Kumpulan Tulisan Tanya Jawab Quraish Shihab, salat tarawih bisa dilakukan di rumah. "Pelaksanaan salat tarawih di rumah sah, walaupun mampu ke masjid.

Nabi Muhammad SAW setelah hari ketiga Ramadhan melakukan salat tarawih di rumahnya. Beliau khawatir umatnya menduga salat tarawih hukumnya wajib," tulis buku tersebut.

Salat tarawih di rumah telah dijelaskan Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya مَا زَالَ بِكُمُ الَّذِى رَأَيْتُ مِنْ صَنِيعِكُمْ ، حَتَّى خَشِيتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمْ ، وَلَوْ كُتِبَ عَلَيْكُمْ مَا قُمْتُمْ بِهِ فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ ، إِلاَّ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوبَةَ Artinya: "Kalian masih melakukan apa yang aku lihat dari sikap kalian.

Aku khawatir shalat ini akan diwajibkan bagi kalian. Kalau shalat tarawih diwajibkan, kalian tidak bisa melaksanakan.

Hendaknya kalian shalat di rumah-rumah kalian karena sesungguhnya shalat seseorang yang terbaik adalah di rumahnya kecuali shalat fardhu." (HR Bukhari).

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha Latin, Arab, dan Artinya Ulama senior tersebut juga menjelaskan, salat tarawih di rumah jadi pilihan jika tidak merasa tenang saat melakukan ibadah di masjid atau musholla. Misal saat imam salat terlalu lama atau cepat hingga mengakibatkan makmum tidak fokus saat beribadah.

Salat tarawih juga jadi pilihan bagi masyarakat pekerja yang biasanya selesai beraktivitas di malam hari. Dalam kondisi apa pun, salat tarawih sebaiknya tetap dilakukan sesuai hukumnya sebagai ibadah sunnah muakkad. Pelaksanaan salat tarawih sekaligus untuk meraih cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat ibadah ini, seperti dijelaskan dalam hadits berikut مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ Artinya: "Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR.

Bukhari) Imam Nawawi dalan bukunya yang berjudul Al Minhaj Syarh Shahih Muslim menjelaskan, qiyam Ramadhan adalah salat tarawih.

Salat tarawih dapat menggugurkan dosa, asal dilakukan bukan karena riya. Untuk meraih keutamaan tersebut, salat tarawih harus dilaksanakan sesuai tata cara yang ditetapkan.

Termasuk ketika salat di rumah. Jika salat dilaksanakan 11 rakaat maka ibadah terdiri atas 8 rakaat salat tarawih dan 3 witir. Sholat bisa dilaksanakan dua atau empat rakaat lalu salam sesuai hadits berikut 1. Salat tarawih 8 rakaat dengan dua rakaat salam عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ صَلاَةِ اللَّيْلِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى » Artinya: Dari Ibnu 'Umar RA, ada seseorang bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengenai shalat malam, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, "Shalat malam itu dua rakaat salam, dua rakaat salam.

Jika salah seorang dari kalian khawatir masuk Shubuh, lakukanlah shalat satu rakaat berarti engkau jadikan witir pada shalat yang telah dilakukan." (HR Bukhari). 2. Salat tarawih 8 rakaat dengan empat rakaat salam يُصَلِّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ، ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ Artinya: "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan shalat empat rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya.

Kemudian beliau melaksanakan shalat empat rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya." (HR Bukhari). Baca juga: Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir, Lengkap Beserta Tata Caranya Tata cara salat tarawih di rumah A.

Salat tarawih di rumah formasi 2-2-2-2-3 1. Membaca niat salat tarawih 2 rakaat 2. Takbiratul ihram 3. Membaca Al Fatihah 4. Membaca salah satu surat dalam Al Quran 5. Rukuk 6. I'tidal 7. Sujud pertama 8. Duduk di antara dua sujud 9. Sujud kedua 10. Bangkit melaksanakan rakaat kedua 11. Duduk tasyahud lalu salam. Salat tarawih diulang hingga berjumlah 8 rakaat dengan tiga kali salam.

Rangkaian ibadah diakhiri dengan salat witir tiga rakaat. B. Salat tarawih di rumah formasi 4-4-3 1. Membaca niat salat tarawih 4 rakaat 2. Takbiratul ihram 3. Membaca Al Fatihah 4. Dilanjutkan dengan membaca salah satu surat dalam Al Quran 5. Rukuk 6. I'tidal 7. Sujud pertama 8.

Duduk di antara dua sujud 9. Sujud kedua 10. Bangkit untuk melaksanakan rakaat kedua, ketiga, hingga keempat 11. Pelaksanaan salat tarawih diakhiri dengan tasyahud dan salam.

Salat tarawih formasi 4-4-3 diulang hingga delapan rakaat. Formasi ini tidak cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat tahap tasyahud awal, layaknya salat wajib empat rakaat. Rangkaian ibadah diakhiri dengan salat witir tiga rakaat. Sebagai catatan, niat salat tarawih di rumah tidak sama bergantung dari metode yang dipilih.

Berikut bacaan lengkapnya 1. Niat salat tarawih di rumah empat rakaat sendirian اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ َارْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً ِللهِ تَعَالَى Arab latin: Ushalli sunnatat tarawiihi arba'ata rakaatin mustaqbilal qiblati adaan lillahi ta'ala Artinya: "Saya berniat salat sunah Cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT." 2. Niat salat tarawih di rumah dua rakaat sendirian اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى Arab latin: Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adāan lillāhi cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat Artinya: "Aku berniat salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT." 3.

Niat salat tarawih di rumah empat rakaat bagi imam اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ َارْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى Arab latinnya: Ushalli sunnatat Tarāwīhi arbaata rakaatin mustaqbilal qiblati adā'an imaman lillāhi ta'ālā. Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT." 4. Niat salat tarawih di rumah empat rakaat bagi makmum اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ َارْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى Arab latinnya: Ushalli sunnatat tarawiihi arba'ata rakaatin mustaqbilal qiblati adaan makmuman lillahi ta'ala Artinya: "Saya berniat salat sunah Tarawih empat rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT." 5.

Niat salat tarawih di rumah dua rakaat bagi imam اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى Arab latinnya: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an imāman lillāhi ta'ālā. Artinya: "Aku berniat salat sunah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT." 6. Niat salat tarawih di rumah dua rakaat bagi makmum اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى Arab latinnya: Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an ma'mūman lillāhi ta'ālā.

Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT." Semoga tulisan tata cara salat tarawih di rumah ini bisa membantu detikers makin rajin beribadah saat bulan Ramadhan 2022/1443 H. Saksikan Kultum Ustaz Nasaruddin Umar: Perbedaan Zikir, Tafakur dan Tadzakkur [Gambas:Video 20detik] (row/erd)
Sholat tarawih merupakan sholat sunnah muakkad yang dapat dikerjakan secara berjamaah ataupun secara sendiri-sendiri (munfarid) di rumah.

Selain itu, jumlah rakaat shalat tarawih juga cukup beragam mulai dari yang paling sedikit yakni 8 rakaat, 20 rakaat hingga 36 rakaat sholat. Lalu bagaimana dengan ketentuan tata cara sholat tarawih 11 rakaat? Secara umum banyak orang yang keliru dalam menyebutkan jumlah rakaat sholat tarawih sepertihalnya menyebut tarawih dilakukan 11 rakaat, ataupun 23 rakaat.

Pasalnya dikutip lewat Fiqh Islam (Sulaiman Rasjid) (2019: 150-151)Nabi Muhammad SAW sendiri sering mengerjakan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat dan sahabatnya Khalifah Ummar bin Khattab kerap mengerjakan tarawih sebanyak 20 rakaat yang dikerjakan dengan jumlah rakaat yang genap, yakni dua rakaat salam ataupun 4 rakaat salam.

Penyebutan jumlah rakaat tarawih sebanyak 11 rakaat dan 23 rakaat tersebut sebenarnya kurang tepat. Pasalnya sholat tarawih memiliki jumlah rakaat yang genap. Adapun dalam prakteknya, 11 rakaat sholat tersebut terdiri dari dua macam sholat, yakni sholat tarawih yang memiliki jumlah rakaat genap dan sholat witir yang memiliki jumlah rakaat yang ganjil. Oleh sebab itu, ketika kita hendak mencari panduan tata cara sholat tarawih 11 rakaat, maka sebenarnya kita tidak hanya akan mengerjakan sholat tarawih saja namun juga turut mengerjakan sholat witir.

Adapun ketentuan sholatnya ialah mengerjakan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat, dan sholat witir sebanyak 3 rakaat. Jika ingin mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat, maka tata cara sholat tadi dapat dilakukan sebanyak 4 kali salam.

Kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan sholat witir sebanyak 3 rakaat, yang dapat dikerjakan dengan 3 rakaat sekaligus seperti sholat magrib, dapat pula dikerjakan dengan dua rakaat terlebih dulu, kemudian dilanjut dengan 1 rakaat.

Jakarta - Sholat tarawih termasuk dalam ibadah di malam hari bulan Ramadan yang hukumnya sunnah muakkad. Cara sholat tarawih menurut Ustaz Syaifurrahman El-Fati dalam buku Panduan Shalat Praktis & Lengkap, dapat dikerjakan sendiri di rumah. Hal ini dilandasi dari salah satu keterangan hadits Rasulullah SAW. Beliau mengerjakan sholat tarawih di rumah karena mengkhawatirkan umat muslim lainnya menganggap sholat tarawih sebagai sholat fardhu.

مَا زَالَ بِكُمُ الَّذِى رَأَيْتُ مِنْ صَنِيعِكُمْ ، حَتَّى خَشِيتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمْ ، وَلَوْ كُتِبَ عَلَيْكُمْ مَا قُمْتُمْ بِهِ فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ ، إِلاَّ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوبَةَ Artinya: "Kalian masih melakukan apa yang aku lihat dari sikap kalian. Aku khawatir sholat ini akan diwajibkan bagi kalian.

Kalau sholat tarawih diwajibkan, kalian tidak bisa melaksanakan.

Hendaknya kalian shalat di rumah-rumah kalian karena sesungguhnya sholat seseorang yang terbaik adalah di rumahnya kecuali sholat fardhu." (HR Bukhari). Baca juga: Kapan Batas Waktu Salat Tarawih Boleh Dilaksanakan? Untuk pengerjaan jumlah rakaatnya, terdapat sejumlah perbedaan pendapat di kalangan ulama. Meski demikian, Ibnu Taimiyah dalam Fataawaa Ibnu Taimiyyah mengatakan, semua pendapat soal jumlah rakaat sholat tarawih tersebut baik dan bagus. Imam Ahmad juga menambahkan, sebetulnya sholat qiyam atau sholat malam di bulan Ramadhan tidak ditentukan rakaatnya.

Namun, dalam salah satu hadits yang diriwayatkan dari istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, Rasulullah SAW pernah mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan 3 rakaat sholat witir yang kemudian menjadi 11 rakaat sholat.

Dikutip dari buku Tuntunan Salat Sunnah Tarawih oleh Shabri Shaleh Anwar, sholat tarawih dapat dikerjakan dengan setiap 2 rakaat lalu salam atau setiap 4 rakaat lalu salam tanpa tasyahud awal.

Salah satunya seperti yang dicontohkan Rasulullah berikut. عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ صَلاَةِ اللَّيْلِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى » Artinya: Dari Ibnu cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat RA, ada seseorang bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai shalat malam, Rasulullah SAW menjawab, "Sholat malam itu dua rakaat salam, dua rakaat salam.

Jika salah seorang dari kalian khawatir masuk Shubuh, lakukanlah sholat satu rakaat berarti engkau jadikan witir pada shalat yang telah dilakukan." (HR Bukhari). Bagaimana cara sholat tarawih 8 dan 11 rakaat di rumah sendiri? A.

Cara sholat tarawih 8 rakaat dengan 2 rakaat salam 1. Membaca niat salat tarawih اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى Bacaan latin: Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adāan lillāhi ta'ālā Artinya: "Aku berniat salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT." 2.

Takbiratul ihram 3. Baca ta'awudz dan Surat Al-Fatihah 4. Lanjutkan dengan membaca salah satu surat pendek Al Quran 5. Rukuk 6.

Iktidal 7. Sujud pertama 8. Duduk di antara dua sujud 9. Sujud kedua 10. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua 11.

Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama 12. Salam pada rakaat kedua 13. Ulangi gerakan yang sama hingga tiga kali atau 8 rakaat 14. Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesai sholat tarawih Baca juga: Niat Salat Witir 1 dan 3 Rakaat Sendiri di Rumah, Lengkap Artinya B.

Cara sholat tarawih 11 rakaat yang dilanjutkan dengan witir 1. Usai mengerjakan sholat tarawih 8 rakaat, kemudian bangkit lagi dengan sholat witir 3 rakaat 2. Membaca niat 3. Takbiratul Ihram 4. Membaca surat Al-Fatihah 5. Membaca surat pendek 6. Rukuk 7. Iktidal (membaca doa qunut pada rakaat terakhir) 8. Sujud 9. Takhiyat akhir 10. Salam Setelah salam, biasanya cara sholat tarawih 11 rakaat diikuti dengan sholat witir ditutup dengan membaca doa setelah sholat witir.

Bacaan doanya dapat disesuaikan dengan keterangan dalam hadits Rasulullah SAW. Saksikan juga kultum: Akhlak Dalam Bertutur Santun [Gambas:Video 20detik] (rah/erd)
Alhamdulillah, Marhaban ya Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Bagaimana tidak? bulan suci yang penuh berkah ini hanya datang satu tahun sekali.

Banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk umat muslim lakukan di bulan suci tersebut. Salah satunya adalah sholat tarawih. Yuk simak bersama-sama bagaimana tata cara sholat tarawih 11 rakaat dirumah dan hukum amalannya! Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang sering dilakukan Rasulullah SAW. Mengutip dari Fiqh Islam oleh Sulaiman Rasjid (2019: 151)dalam sebuah hadist disebutkan bahwasanya Rasulullah kerap melaksanakan sholat tarawih sebanyak 8 rakaat sebelum kemudian mengerjakan sholat witir.

Adapun bunyi hadist tersebut ialah sebagai berikut: “Dari Jabir, ‘Sesunguhnya Nabi Muhamad SAW telah sholat bersama-sama mereka delapan rakaat, kemudian beliau sholat witir.” (Diketengahkan oleh Ibnu Hibban) Saat ini sendiri banyak masyarakat yang sering menyebut bahwa umat muslim setidaknya harus mengerjakan 11 rakaat sholat tarawih di bulan Ramadhan. Namun sebenarnya hal tersebut kurang tepat, sebab bilangan rakaat tarawih tidaklah ganjil. Adapun maksud dari 11 rakaat sholat tarawih tersebut ialah sholatnya terdiri dari 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir.

Mengutip dari cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat yang sama yakni dalam Fiqh Islam (2019: 149)pada dasarnya sholat tarawih dapat dikerjakan secara berjamaah di masjid ataupun di rumah. Oleh sebab itu, pengamalan sholat tarawih di rumah tersebut hukumnya adalah mubah atau boleh.

Selain itu sebenarnya tata cara sholat tarawih 11 rakaat di rumah juga cukup mudah lho!

Misalnya saja seperti berikut: 4. Selanjutnya cara solatnya bisa dilakukan seperti sholat sunah lainnya, yaitu 2 rakaat lalu salam atau 4 rakaat lalu salam. Pengulanngan solat dihitung sesuai dengan jumlah rakaat yang anda inginkan. Contoh : 2 rakaat setiap sholat maka 4 kali pengulangan, atau 4 rakaat setiap sholat maka 2 kali pengulangan.
Bagaimana cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat?

Dream - Melaksanakan cara sholat tarawih hukumnya sunnah mu'akad, artinya amalan sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Jika tidak dapat melakukannya secara berjamaah di masjid, Sahabat Dream bisa mengerjakan cara sholat tarawih di rumah berjamaah bersama keluarga. Super Luas, Inilah Potret Rumah Roy Marten yang Pernah Jadi Aktor Termahal Pada Masanya!

Meskipun sholat tarawih berjamaah lebih utama daripada sendirian, namun daripada tidak melaksanakannya sama sekali, maka boleh dikerjakan sendiri di rumah. Sholat tarawih yang dikerjakan di rumah boleh dikerjakan sebanyak 11 rakaat sudah termasuk witirnya. Lantas bagaimana melaksanakan cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat?

Dalam artikel kali ini Dream akan mengulas tentang cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat, baik sendiri maupun berjamaah dengan keluarga. Cara Sholat Tarawih di Rumah 11 Rakaat Cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat juga dilakukan dengan dua rakaat sekali salam. Cara sholat tawarih di rumah 11 rakaat diawali dengan bacaan niat. Meskipun sebenarnya tidak perlu dilafalkan, dengan bacaan niat seseorang akan lebih mantap dalam mengerjakan sholat tarawih.

• Membaca niat. Ushallii sunnatat-tarawiihi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillaahi ta'alaa. 10 Nama Barang Nyeleneh di Online Shop Ini Bikin Mikir-Mikir Belinya! Artinya: " Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala" • Takbiratul Ihram dengan mengucap Allahu Akbar sambil mengangkat kedua tangan sampai samping telinga, kemudian disedekapkan di atas perut.

• Sunah membaca doa Iftitah. • Membaca Surat Al-Fatihah. • Membaca Surat pendek. • Ruku' • I'tidal • Sujud • Duduk di antara dua sujud. • Sujud kedua. • Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua. • Membaca Surat Al-Fatihah.

• Membaca Surat Alquran. • Ruku' • I'tidal • Sujud • Duduk di antara dua sujud. • Sujud Kedua. • Duduk cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat akhir.

• Membaca tasyahud akhir. • Mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri. Cara cara sholat tarawih di rumah 11 rakaat tarawih di rumah 11 rakaat di atas dilakukan sampai selesai 8 rakaat, kemudian ditambah sholat witir 3 rakaat. 7 Potret Terbaru Tessa Kaunang Usai Sulam Bibir, Parasnya Jadi Sorotan! Berikut tata cara sholat witir 3 rakaat dengan 1 kali salam: Membaca niat sholat witir 3 rakaat sekali salam.

Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman/imaman) lillaahi ta'alaa. Artinya: " Saya berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat (ma'muman/imaman) karena Allah ta'alaa.” Sholat witir 3 rakaat dengan satu kali salam ini bacaannya sama dengan sholat fardhu pada umumnya. Pada rakaat pertama, usai membaca surat Al Fatihah disunnahkan membaca surat Al A'la. Pada rakaat kedua usai membaca surat Al Fatihah disunahkan membaca surat Al Kafirun.

Pada rakaat ketiga setelah surat Al Fatihah membaca surat tiga surat sekaligus yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. 10 Potret Rumah DJ Katty Butterfly yang Jarang Terekspos, Ternyata Jauh dari Kesan Mewah! • Diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT sebagaimana sabda Rasulullah SAW: " Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR.

Bukhari Muslim). • Melaksanakan sholat tarawih berjamaah lebih baik daripada sendiri-sendiri. • Sholat tarawih yang dikerjakan secara berjamaah akan mendatangkan pahala yang setara dengan sholat semalam suntuk. • Memperkuat tali silaturahmi antar umat Islam. • Dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. 10 Potret Kebun Binatang Pribadi Alshad Ahmad, Kandang Khusus Harimaunya Ngeri Banget! • Sholat witir adalah tambahan sholat selain sholat fardhu yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan setiap hari.

• Sholat witir dicintai Allah SWT karena jumlahnya ganjil. • Sholat witir dilakukan pada penghujung malam, karena itulah banyak malaikat yang menyaksikan dan berdoa bagi orang-orang yang sedang beribadah. • Sholat witir selalu dikerjakan oleh Rasulullah dan termasuk wasiat beliau sebelum meninggal dunia. • Sholat witir menjadi penyempurna dari sholat malam. • Sholat witir termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Editor's Pick • MasyaAllah, Pilot Ini Tunaikan Sholat di Kokpit Saat Terbang • Doa Selesai Haid, Langkah-langkah Mandi Wajib dan Etika Perempuan Saat Datang Bulan • Elon Musk, Kisah Lahirnya Orang Terkaya di Planet Bumi • Elon Musk, Dari Sindrom Asperger Jadi Pengusaha Roket SpaceX • Elon Musk, Dibalik Ambisi Membeli Twitter Rp 635 Triliun

Cara Shalat Tarawih 11 Rakaat Sendiri di Rumah dan Bacaan Niat Doa Sholat Tarawih dan Witir




2022 charcuterie-iller.com