Perbedaan tunangan dan lamaran

perbedaan tunangan dan lamaran

Bagi pasangan yang sudah menjalani hubungan serius, mereka biasanya dihadapkan pada suatu tradisi yang dinamakan tunangan atau lamaran. Lho, bukannya kedua acara ini berbeda, ya? Banyak masyarakat Indonesia saat ini menganggap kalau tunangan sama dengan lamaran, begitu juga sebaliknya. Ada yang mengucapkan atau membuat hiasan " happy engagement day" tanpa tahu kalau keduanya mungkin memiliki makna dan prosesi yang berbeda.

velasquezjewelers.com Secara bahasa, keduanya memiliki arti yang terdengar serupa tapi nggak sama. Tunangan atau bertunangan adalah bersepakat menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan orang banyak. Sedangkan lamar atau melamar adalah meminta atau meminang seseorang untuk menjadi pengantinnya.

Baik tunangan maupun lamaran, keduanya sama-sama menyematkan cincin di jari manis perempuan, kadang juga di jari kedua calon pengantin. Karena persamaan ini, banyak yang mengira kalau tunangan dan lamaran adalah hal yang sama.

bridalguide.com Beberapa kalangan menganggap kalau keduanya berbeda perbedaan tunangan dan lamaran perbedaannya pun beragam. Sebagian ada yang mengatakan kalau ikatan atau janji dari pertunangan nggak sekuat daripada lamaran, sehingga banyak yang menyarankan untuk melewatkan tunangan dan langsung melamar.

perbedaan tunangan dan lamaran

Sebab dalam lamaran, ada upacara adat yang harus dituruti serta hantaran penuh makna yang perlu dibawa. Sedangkan tunangan hanya momentum penyematan cincin di jari manis kiri pasangan di hadapan orangtua kedua belah pihak.

Pertunangan ini dianggap sebagai perubahan status hubungan dari pacaran menjadi lebih serius. Namun setelah tunangan ini, perlu dilakukan proses lamaran. propandpose.com.au Nah, sebagian orang lain justru menganggap sebaliknya, Bela. Dalam masa pra-nikah, kedua pasangan terlebih dahulu melakukan proses lamaran yang berarti pertemuan orangtua kedua belah pihak.

Di mana pada momen ini, orangtua laki-laki akan menanyakan kesiapan perempuan dan calon besan. Setelah melakukan proses lamaran dan mencapai kesepakatan, barulah dilakukan proses pertunangan. Jalan acaranya pun diselimuti tradisi suatu daerah, penyerahan hantaran dan pemasangan cincin. Jadi, apa perbedaan tunangan dan lamaran?

Perbedaan tunangan dan lamaran ada pada dirimu dan pasanganmu. BACA JUGA : 12 Inspirasi Model Cincin Tunangan Berdasarkan Zodiakmu Banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami apa perbedaan dari tunangan dengan lamaran. Kali ini Woop akan menjelaskan apa perbedaan tunangan dan lamaran. Jadi yang buat yang lagi merencanakan pernikahan, wajib banget nih baca tulisan yang satu ini. Perbedaan Tunangan dan Lamaran Tunangan Tunangan Tunangan atau bertunangan adalah bersepakat menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan orang banyak.

perbedaan tunangan dan lamaran

Hal ini bisa dilakukan hanya berdua dengan pasanganmu atau disaksikan oleh beberapa kerabat dan keluarga. Baca Juga: Rekomendasi Harga Gedung Pernikahan Dari yang Termurah Hingga Termahal Tunangan juga biasa diartikan meningkatnya status dari pacaran menjadi lebih serius. Biasanya di perbedaan tunangan dan lamaran tunangan dilakukan penyematan cincin dari pihak lelaki ke pihak perempuan. Walaupun ada yang berpendapat bahwa perbedaan tunangan dan lamaran lamaran tingkatannya lebih tinggi ikatannya dan lebih serius ketimbang tunangan, tapi ada juga yang berpendapat sebaliknya.

Tunangan yang diartikan sebagai sepakat sebagai suami istri justru dilakukan mendekati hari pernikahan. Lamaran Lamaran Dari katanya saja bisa kita simpulkan bahwa lamaran atau melamar adalah menanyakan kesediaan sang wanita untuk menjadi pasangan hidup sang pria.

Biasanya prosesi lamaran dilakukan dengan mempertemukan keluarga inti dari masing-masing mempelai. Di Indonesia sendiri, prosesi lamaran begitu rumit dan kebanyakan menggunakan perbedaan tunangan dan lamaran istiadat yang begitun sakral. Nggak jarang juga pemuka agama dan pemuka adat hadir pada prosesi ini, makanya banyak yang menyebutkan bahwa lamaran lebih kuat ikatannya ketimbang tunangan. Apa lagi, biasanya di prosesi lamaran, mempelai pria akan membawa syarat, seperti cincin pernikahan dan seserahan.

Namun ada yang berpendapat sebaliknya, menurut beberapa orang, lamaran hanyalah prosesi dimana masih menanyakan keseriusan pihak wanitanya saja.

Kesimpulan
Buat para pasangan yang telah menjalin hubungan dan serius melangkah ke jenjang pernikahan, biasanya ada momen-momen yang cukup mendebarkan seperti lamaran dan tunangan. Selain tradisi daerah masing-masing, prosesi lamaran dan tunangan seolah menjadi fase yang tidak kalah penting daripada pernikahannya sendiri. Terlepas dari nilai kesakralannya, tidak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa lamaran sama dengan tunangan, sehingga cukup dilaksanakan sekali saja.

Ketika ada saudara atau teman yang lamaran, sering kali hiasan dindingnya ditampilkan dengan konsep modern bertuliskan ‘ happy engagement day’. Baca juga: Legenda Ebu Gogo, Makhluk Mirip Manusia dalam Mitologi Flores Lamaran bisa untuk memastikan kesiapan calon pasangan (foto: pixabay) Ada banyak tradisi lamaran di Indonesia yang menyesuaikan adat daerah.

Ada juga yang mengusung konsep modern yang lebih sederhana dan praktis, tapi tetap berkesan. Tidak sedikit juga yang memilih konsep islami yang sakral, tapi tetap berusaha menyisipkan beberapa unsur tradisi kedua pihak keluarga calon mempelai. Pada umumnya, ada beberapa hantaran yang dibawa pada saat lamaran.

Pada momen tertentu, upacara adat juga diadakan untuk menghargai tradisi atau budaya nenek moyang. Yang jelas, dalam prosesi lamaran ada pertemuan antar kedua orangtua pasangan. Dalam momen itulah, orangtua pihak laki-laki menanyakan tentang kesediaan dan kesiapan pihak perempuan beserta calon besan untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Ketika lamaran selesai dan didapat persetujuan, maka dilanjutkan ke tunangan atau malah langsung menentukan tanggal pernikahan.

Dalam lamaran ada kemungkinan diterima atau ditolak (foto: pixabay) Saat lamaran, pihak laki-laki pada bersama keluarganya berkunjung ke rumah keluarga perempuan untuk memastikan kesediaan dan kesiapan untuk melangsungkan pernikahan.

Sebagian pasangan sudah saling kenal akrab antar keluarga masing-masing sebelum lamaran, tapi sebagian yang lain masih belum mengenal.

Selain meminta persetujuan, lamaran juga bisa menjadi momen untuk saling mengetahui seluk beluk keluarga pasangan. Dalam Islam, lamaran disebut dengan khitbah. Pelaksanaannya bisa secara langsung oleh pihak laki-laki atau melalui perantara.

perbedaan tunangan dan lamaran

Yang penting bisa mendapat kepastian tentang jawaban pihak yang dilamar. Dalam sebuah lamaran ada kemungkinan diterima atau ditolak karena berbagai alasan. Jawabannya bisa didapatkan langsung atau melalui pertimbangan beberapa waktu. Jika perempuan bersedia menerima lamaran, maka posisinya sudah terikat dan tidak boleh menerima lamaran laki-laki lain. Tunangan jadi tanda hubungan yang lebih serius untuk berkomitmen (foto: pixabay) Dalam momen tunangan biasanya ditandai dengan penyematan sebuah cincin di jari manis sambil disaksikan orangtua dari kedua pihak.

Tunangan dianggap menjadi simbol sebuah komitmen atau ikatan sebelum resmi menikah.

perbedaan tunangan dan lamaran

Ada beberapa perbedaan pendapat tentang tunangan. Sebagian orang menganggapnya perlu dilaksanakan setelah lamaran, tapi sebagian lainnya berpendapat harus tunangan dulu sebelum lamaran. Pada intinya, tunangan dianggap menjadi batu loncatan bagi keluarga untuk saling mengenal dan memahami.

Apalagi setelah melingkarnya cincin di jari manis masing-masing, maka pihak keluarga pun bisa saling mendukung komitmen yang telah dibuat. Baca juga: Tan Jin Sing, Sosok Berjasa Dibalik Penemuan Candi Borobudur Sebagian masyarakat Indonesia memilih tidak melangsungkan tunangan (foto: pixabay) Tunangan memang dianggap penting sebelum menikah, karena bisa menunjukkan komitmen pasangan. Dalam jeda waktu sebelum menikah juga bisa untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Meskipun sudah bertunangan dan sudah ada komitmen atau ikatan antar keluarga, tapi tetap belum sah sebagaimana pasangan perbedaan tunangan dan lamaran istri yang menikah. Bisa dibilang kalau ikatan pertunangan tidak lebih kuat atau lebih sakral dari lamaran. Apalagi jika misalnya keluarga ingin yang lebih sederhana dan hemat, maka lamaran saja cukup. Di Indonesia yang sebagian besar beragama Islam juga banyak yang memilih untuk tidak melangsungkan proses tunangan, tapi langsung lamaran ( khitbah) dan memastikan tanggal pernikahan.

Lamaran dan tunangan sama-sama mematangkan persiapan menuju pernikahan (foto: pixabay) Lamaran berarti pernyataan untuk memastikan kesediaan seseorang untuk menjadi pendamping dalam pernikahan.

perbedaan tunangan dan lamaran

Pada umumnya yang melakukan adalah pihak laki-laki ke kekeluarga perempuan. Tunangan merupakan suatu tanda ikatan sebuah hubungan yang telah siap untuk berkomitmen, dalam hal ini adalah pernikahan.

Sebagian orang menganggap tunangan tidak wajib dilakukan. Jika tujuannya adalah menjaga komitmen atau keseriusan, maka kedua pihak keluarga calon perlu mempertimbangkan apakah perlu melangsungkan lamaran dan tunangan atau salah satu saja. Yang umum di Indonesia adalah lamaran saja, dan lanjut ke pernikahan. Ketika pasangan sama-sama sudah dewasa, maka komitmen menjadi tanggung jawab pribadi. Baik lamaran maupun tungangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun prosesnya sederhana dan singkat, tapi tetap bisa bahagia di kehidupan pernikahan nanti.

Apa Perbedaan Lamaran dan Tunangan? Siapa yang tidak pernah mendengar kata lamaran atau tunangan? Tentu sebagian dari kita sering mendengarnya. Namun, tidak semua orang tahu apa perbedaan antara lamaran dan tunangan.

perbedaan tunangan dan lamaran

Dalam hubungan serius antara pria dan wanita, istilah seperti lamaran dan tunangan sering digunakan. Tapi selalu saja muncul pertanyaan mengenai apa Perbedaan Lamaran dan Tunangan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita bahas di artikel ini.

Ringkasan Konten • Perbedaan Lamaran dan Tunangan • 1. Kesamaan antara Lamaran dan Tunangan • 2.

perbedaan tunangan dan lamaran

Perbedaan antara Lamaran dan Tunangan • 3. Fungsi Lamaran dan Tunangan • 4. Apakah Acara Lamaran dan Tunangan harus Diadakan? • 5. Lamaran dan Tunangan Penting atau Tidak? • Kesimpulan Perbedaan Lamaran dan Tunangan Mayoritas orang melihat lamaran dan tunangan sebagai hal yang sama. Meskipun sebenarnya ada banyak perbedaan mendasar. 1. Kesamaan antara Lamaran dan Tunangan Apakah Anda sedang menjalin hubungan serius dengan pasangan Anda?

Atau bahkan Anda sedang ingin menjalankan lamaran atau tunangan? Lamaran dan tunangan adalah langkah bagi pasangan untuk terikat. Umumnya pada tahap ini kedua belah pihak mulai memandapkan diri untuk masuk ke jenjang pernikahan. Sebelum kita masuk ke perbedaan lamaran dan tunangan, mari kita lihat dulu persamaannya. Satu hal mendasar kesamaan yang dimiliki oleh lamaran dan tunangan adalah bahwa ada cincin. Cincin adalah simbol untuk mengikat diri bersama. Perbedaan tunangan dan lamaran cincin pertunangan dan lamaran berbeda?

Tidak ada perbedaan antara cincin pertunangan dan lamaran. Umumnya, baik lamaran atau tunangan dipandang sebagai langkah menuju keseriusan. Baik pihak pria maupun wanita cenderung akan segera melamar atau bertunangan setelah mereka menjalin hubungan cukup lama. Baca juga: Hukum Tunangan dalam Islam 2. Perbedaan antara Lamaran dan Tunangan Setelah melihat persamaan lamaran dan tunangan, kini saatnya untuk menemukan Perbedaan Lamaran dan Tunangan.

Apa perbedaan antara perbedaan tunangan dan lamaran dan tunangan? itu adalah pertanyaan yang sering sekali muncul Ada beberapa versi yang tersebar tentang lamaran dan tunangan. Namun, mayoritas setuju bahwa lamaran dilakukan sebelum tunangan. Lamaran adalah suatu kondisi ketika pihak laki-laki menyatakan siap dan serius kepda pihak perempuan. Biasanya disertai dengan cincin. Jika pihak perempuan menerima lamaran pihak laki-laki, mereka berdua memakai cincin sebagai simbol ikatan mereka.

Lamaran biasanya dilakukan lebih tertutup antara kedua belah pihak tanpa melibatkan anggota keluarga besar. Umumnya, kedua pihak akan memperkenalkan keluarga masing-masing setelah proses acara lamaran. Sebenarnya tunangan hampir sama dengan lamaran pernikahan. Namun secara umum, acara yang diselenggarakan lebih sulit karena melibatkan keluarga kedua belah pihak.

Seringkali pesta pertunangan melibatkan ritual tradisional pasangan. Pada acara pertunangan, pihak laki-laki meminta restu dari pihak keluarga pihak perempuan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang selanjutnya, yaitu pernikahan. Selain itu, jika keluarga pihak perempuan telah memberikan restu, maka pertemuan selanjutnya akan dilanjutkan dengan memberikan hari dan tanggal pernikahan. Selama proses lamaran, pihak pria dapat memberikan cincin atau kalung.

Ini adalah ikon jika keduanya sudah saling terikat. Biasanya, jarak antara proses lamaran atau tunangan dengan hari pernikahan tidak terlalu jauh. Mungkin sekitar 2 bulan sampai satu tahun. Ini menunjukkan betapa seriusnya proses tunangan. Maka dari itu, perbedaan antara lamaran dan tunangan ada dalam prosesnya. Lamaran akan dilakukan antar individu sedangkan tunangan melibatkan keluarga besar. Lamaran biasanya dilakukan sebelum tunangan. Ada proses lamaran dan tunangan tidak menjamin hubungan akan berjalan lancar hingga menikah.

Lamaran dan tunangan hanyalah tahap di mana kedua belah pihak merasa siap untuk menikah. Adapun kendala di luar persiapan mental ini, maka dari itu pasangan harus selalu berjaga-jaga. Baca juga: Hukum Cincin Tunangan Dalam Islam 3.

Fungsi Lamaran dan Tunangan Setelah mengetahui Perbedaan Lamaran dan Tunangan dan juga persamaanya, mari kita bahas fungsi lamaran dan juga tunangan. Lamaran dan tunangan pada umumnya berperan dalam mengikat kedua belah pihak. Ikatan ini lebih serius dari pacaran. Pada umumnya pasangan yang telah melamar dan bertunangan adalah pasangan yang berniat untuk membawa hubungannya ke jenjang pernikahan.

Kedua belah pihak yang telah melamar dan tunangan harus memakai cincin yang diterimanya. Karena itu mengandung filosofi. Jika cincin itu dipakai oleh kedua calon pengantin, kedua pihak akan menjadi sama-sama terikat satu sama lain. Dan jika hanya salah satu pihak yang memakai cincin, maka hanya pihak yang memakai cincin yang terikat dan sedangkan pihak lainnya dianggap bebas. Karena itu, keduanya harus memakai cincin.

Ini merupakan bentuk keadilan bagi kedua belah pihak yang melakukan proses lamaran. Lamaran dan tunangan terkadang tidak lepas dari dorongan baik orang tua maupun keluarga.

Jika ada pasangan di Indonesia yang sudah lama berpacaran, biasanya mereka diminta segera perbedaan tunangan dan lamaran. Oleh karena itu, pasangan muda yang karena satu dan lain hal tidak dapat menikah, tetapi serius, biasanya memilih lamaran dan tunangan sebagai jalan keluar.

Setidaknya agar orang tua dan keluarga tidak terlibat lagi. Beberapa pasangan memilih untuk melamar dan bertunangan karena mereka menginginkan hubungan yang berkomitmen.

Yang lain mengambilnya karena jika sudah melakukan lamaran dan tunangan pasangannya tidak akan berpaling. Baca juga: perbedaan tunangan dan lamaran Tata Cara Tunangan dalam Islam 4. Apakah Acara Lamaran dan Tunangan harus Diadakan? Argumen untuk melaksanakan lamaran dan tunangan tergantung pada orangnya. Namun, melaksanakan lamaran dan tunangan harus dilakukan secara sadar dan disepakati antara kedua belah pihak.

Padahal, tidak ada kewajiban bagi pasangan untuk melamar dan bertunangan. Semua opsi tergantung pada orang yang menjalankannya. Beberapa pasangan bahkan menemukan kesetiaan dari kedua belah pihak cukup tanpa perlu lamaran dan tunangan. Tentu, proses lamaran dan tunangan membutuhkan uang. Biaya tunangan biasanya lebih tinggi daripada proses lamaran. Biaya ini menjadi lebih besar lagi ketika acara tunangan dilakukan dengan upacara adat tertentu.

Beberapa orang umumnya hanya memilih salah satu dari lamaran atau tunangan. Selain perannya yang hampir mirip, ini membantu menekan biaya. Dalam masyarakat Jawa, tunangan merupakan suatu hal yang perlu dilakukan karena sangat erat kaitannya dengan penentuan hari pernikahan.

Juga acara adat yang diadakan cukup sulit. Dan lamaran tersebut dianggap kurang penting, sehingga jarang dilakukan karena sudah disatukan. Sebuah hubungan yang sampai ke jenjang pernikahan bukan hanya karena lamaran dan tunangan. Kepercayaan, ketulusan dan komunikasi antara banyak pihak bisa menjadi faktor yang lebih berharga. Baca juga: 9 Tips Pernikahan Bahagia dan Harmonis 5. Lamaran dan Tunangan Penting atau Tidak? Arti pentingnya lamaran dan tunangan tergantung pada Anda dan pasangan.

Jika Anda dan pasangan merasa perlu, lakukanlah. Tetapi jika dianggap tidak perlu, itu tidak perlu dilakukan kecuali dalam tradisi yang Anda ikuti. Pikirkan semua faktor yang akan mempengaruhi proses lamaran dan tunangan. Sebelum melakukan ini, pastikan Anda telah mempercayai pasangan yang telah Anda pilih untuk melangkah ke level yang lebih serius.

perbedaan tunangan dan lamaran

Bagi anda yang masih bingung mengenai Perbedaan Lamaran dan Tunangan, bisa lihat video dibawah ini Baca juga: Persyaratan dan Biaya Nikah di KUA Kesimpulan Bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius, semoga tulisan saya membantu.

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan, semoga berhasil! Begitu banyak informasi tentang perbedaan lamaran dan tunangan. Bagi Anda yang ingin bertunangan atau melamar, silahkan cari tahu tentang syarat tunangan, prosedur tunangan dan anggaran tunangan. Semoga artikel Perbedaan Lamaran dan Tunangan dapat menjelaskan kepada Anda apa itu lamaran dan tunangan.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak boleh menikahkan seorang wanita janda (ayim) sebelum persetujuannya dan tidak boleh menikahkan seorang perempuan (al bikr) sebelum memiliki izinnya." Lalu sahabat bertanya, "Bagaimana bentuk izinnya ya Rasulullah?" Rasulullah perbedaan tunangan dan lamaran.

menjawab, "Izinnya adalah diamnya." (H.R. Bukhari dan Muslim)
Sebelum pernikahan, biasanya ada beberapa proses yang perlu dilakukan oleh pasangan seperti tunangan dan lamaran.

Namun sebenarnya, apa sih yang menjadi perbedaan lamaran dan tunangan? Apakah kedua proses sebelum menikah ini sama atau sebenarnya berbeda? Meskipun ritual yang dilakukan pada lamaran dan tunangan ini sama, yakni menukarkan cincin ke jari manis masing-masing pasangan, ternyata lamaran dan tunangan ini merupakan proses yang berbeda, lho.

perbedaan tunangan dan lamaran

Mau tahu seperti apa perbedaannya? 2 Kesimpulan Mengenal Perbedaan dari Lamaran dan Tunangan Lamaran, tunangan mungkin kelihatannya sih sama, ya! Namun ternyata kedua hal ini mempunyai beberapa perbedaan. Berikut adalah uraian mengenai perbedaan antara keduanya 1.

Definisi Dimulai dari pengertian lamaran dan tunangan terlebih dahulu, ya! Bertunangan adalah komitmen formal dua orang untuk menyatukan hidup pasangan ke jenjang yang lebih serius. Tunangan adalah janji bersama dari dua orang untuk menikah dan melakukan persiapan untuk menikah. Dengan melangsungkan pertunangan, maka pasangan sama-sama berkomitmen untuk membawa satu langkah lebih maju tentang keinginan pasangan untuk menikah.

Sementara lamaran adalah sebuah acara yang lebih bersifat adat, meminta pasangan untuk menikah di hadapan orang tua dan kerabat. Lamaran juga sebuah proses yang membawa hubungan antara Anda dan pasangan ke jenjang yang lebih serius lagi. 2. Proses Prosesi tukar cincin pada antar calon pengantin Perbedaan tunangan dan lamaran tahu perbedaan dari pengertian lamaran dan tunangan bukan?

perbedaan tunangan dan lamaran

Selanjutnya perbedaan itu bisa dilihat dari proses atau rangkaian acaranya. Sekalipun tunangan dan lamaran sama-sama memberikan cincin ke kedua jari manis pasangan, tetap saja ada perbedaan dari prosesnya. Pada umumnya, proses dari tunangan hanya saling bertukar cincin saja.

Sementara acara lamaran tidak hanya memberikan cincin, namun juga membawa seserahan atau mahar untuk calon mempelai wanita. Kalau diurutkan proses sebelum menikah dimulai dari bertunangan baru lamaran. Lebih dari 80% pasangan merayakan pernikahan mereka dalam waktu kurang satu tahun setelah bertunangan. Bagi banyak pasangan dan keluarga, tunangan adalah tanda awal untuk memulai persiapan pernikahan.

Sementara adapula pasangan yang melewatkan proses tunangan dan langsung ke tahap lamaran. Untuk proses lamaran sendiri bisa 1 hari sebelum menikah atau maksimal 5 bulan menjelang pernikahan, berbeda dengan tunangan yang bisa 1 atau bahkan 3 tahun untuk dilanjutkan ke pernikahan. 3.

Sejarah Jika dilihat dari akar sejarahnya, tunangan ini dimulai sejak tahun 2000 SM. Di Mesir Kuno, orang-orang mengukir tumbuhan sebagai cincin, karena diyakini bahwa bentuk lingkaran melambangkan keabadian. Dengan cara ini, cincin untuk acara pertunangan melambangkan keabadian cinta. Orang percaya bahwa pembuluh darah di jari manis di tangan kiri mengalir langsung ke jantung seseorang yang memakainya.

Perbedaan tunangan dan lamaran tahun 860 A.D, Paus Nicholas I mewajibkan pasangan yang ada di Romawi untuk mengenakan cincin emas untuk melambangkan kebersamaan pasangan sebelum pernikahan. Jadi, pertunangan berdasarkan sejarah memang sangat identik dengan acara tukar cincin. Sementara lamaran ini merupakan prosesi yang dilihat dari sejarahnya mengacu pada istilah khitbah dalam agama Islam. Lamaran lebih ke mengajak seseorang atau meminta kesediaannya untuk menikah. Lamaran tidak harus bertukar cincin karena yang terpenting adalah keseriusan mengajak ke pernikahan.

Lamaran sendiri prosesinya lebih ke adat tradisional masing-masing daerah. Jika biasanya orang yang melamar adalah laki-laki, maka ada beberapa daerah yang berbeda seperti Trenggalek, Lamongan dan Minang, di mana perempuannya yang melamar. Pada prosesi lamaran ini, harus perbedaan tunangan dan lamaran seserahan yang wajib diberikan dan ada beberapa adat yang menentukan jumlah atau nominal seserahan yang harus diberikan kepada pasangan.

Kesimpulan Dari beberapa penjelasan di atas, tentu sudah bisa dipahami apa yang menjadi perbedaan lamaran dan tunangan bukan? Lamaran adalah proses satu langkah lebih maju jika dibandingkan dengan tunangan. Tergantung pada kesepakatan pasangan, ada yang langsung menikah dan melewati pertunangan, namun adapula yang menggunakan proses pertunangan terlebih dahulu.




2022 charcuterie-iller.com