Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Soal Pilihan Ganda IPS Kelas vii Bab ii Perubahan Akibat Interaksi Antarruang + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com. Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Option mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya.

Postingan kali ini membahas IPS Kelas 7 Bab two Perubahan Akibat Interaksi Antarruang. Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. 1. Perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan bentuk interaksi antar ruang yang berakibat negatif pada bidang sosial yaitu … A. Penduduk desa menjadi lebih modern B. Tingkat pendapatan meningkat C. Tingkat kriminalitas di kota meningkat D. Lapangan kerja di kota lebih luas Kunci Jawaban : C Pembahasan: Adalah penduduk dari desa ke kota merupakan bentuk interaksi antar ruang yang berakibat negatif pada bidang sosial: a.

Jumlah penduduk desa yang pergi kekota tanpa keahlian menimbulkan permasalahan bagi daerah perkotaan yaitu semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan penduduk miskin.

b. Penduduk dengan pendapatan rendah kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, hiburan dan lain-lain. c. Nilai lahan diperkotaan yang mahal, memaksa warga menggunakan lahan atau tempat yang tidak layak untuk permukiman misal – dibataran sungai, pinggiran rel kereta api, kuburan dan kolong jembatan.

Umumnya permukiman yang terbentuk ialah permukiman kumuh. 2. Salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang adalah …. A. Setiap wilayah memiliki iklim yang sama B. Setiap masyarakat memiliki kebutuhan yang sama C. Setiap wilayah memiliki karakteristik/ciri khas yang berbeda D. Setiap barang yang dijual dipasar berasal dari daerah yang sama Kunci Jawaban : C Pembahasan: Salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang adalah perbedaan karakteristik ruang mengakibatkan adanya interaksi antarsatu ruang dengan lainnya, sebab setiap ruang memerlukan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Contohnya yaitu wilayah pegunungan pada umumnya adalah penghasil sayuran, sedangkan wilayah pesisir menghasilkan ikan laut. 3. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh bentuk dari adanya interaksi antarruang adalah …. A. Seseorang sedang belanja B. Alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman C. Banyak makanan khas Jepang yang disukai orang Republic of indonesia D. Rumah permanen yang banyak dibangun di pedesaan Kunci Jawaban: C Pembahasan: Bentuk-bentuik interaksi antarruanga yaitu; Mobilitas Penduduk, bentuk adalah atau juga perpindahan manusia, contohnya ialah sepertia emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk/melakukan pekerjaan atau wisata.

Komunikasi merupakan suatu interaksi dengan melalui perpindahan ide atau gagasan serta informasi, Transportasi adalah suatu interaksi dengan melalui perpindahan barang atau juga energi. four.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah … A. Budiman pagi-pagi sudah berangkat kerja ke kota B. Areal pertanian di pedesaan semakin berkurang disebabkan pembangunan rumah baru C. Hasil produksi kendaraan lokal mampu bersaing dengan kendaraan dari Jepang D. Sistem upah buruh di desa mengikuti hasil kesepakatan bersama Kunci Jawaban: A Pembahasan: Contoh bentuk interaksi antarruang mobilitas sosial contohnya ialah seperti emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk/melakukan pekerjaan atau wisata.

Contoh komunikasi, membaca berita, melihat tayangan televisi, cyberspace serta lain sebagainya. Contoh interaksi antarruang transportasi, pengakutan barang, pergadangan dan lain sebagainya.

five. Faktor keadaan alam yang mempengaruhi terbentuknya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah… 1.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Tersedianya sarana transportasi two. Fasilitas umum memadai three. Jumlah penduduk tinggi 4. Kualitas sumber daya manusia tinggi 5. Ketersediaan bahan baku melimpah Faktor yang mendorong suatu wilayah menjadi adalah pertumbuhan ditunjukkan oleh angka. A. 1, 2, dan 3 B. 1, 3, dan five C. 2, adalah, dan 4 D. ii, three, dan v Kunci Jawaban : B Pembahasan: Faktor keadaan alam yang mempengaruhi terbentuknya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah: (1) Kondisi Fisiografi/Lokasi, Lokasi yang strategis memudahkan transportasi dan angkutan barang, sehingga pusat pertumbuhan berkembang pesat.

(two) Fasilitas Penunjang, Beberapa fasilitas penunjang seperti jalan, jaringan listrik dan telepon, pelabuhan laut dan udara, fasilitas air bersih, penyediaan bahan bakar, dan prasarana kebersihan. (three) Sumber Daya AlamDaerah yang mempunyai kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi pusat pertumbuhan.

(4) Sumber Daya Manusia, Tenaga kerja yang ahli, tetampil, andal, kapabel, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam. 6. Pusat pertumbuhan mempengaruhi wilayah sekitar untuk berkembang. Faktor pendorong munculnya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah… A. banyaknya jumlah penduduk B. topografi wilayah yang datar C.

sumber daya alam melimpah D. kedekatan wilayah terhadap pantai Kunci Jawaban : C Pembahasan: Faktor pendorong munculnya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah. Daerah yang mempunyai kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi pusat pertumbuhan. Misalnya, penambangan bahan tambang yang bernilai ekonomi tinggi di suatu wilayah merangsang kegiatan ekonomi, memberikan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan daerah, dan berpengaruh terhadap munculnya kegiatan ekonomi penunjang.

A. arus urbanisasi B. pendapatan masyarakat C. kerukunan hidup masyarakat D. pembangunan sarana transportasi Kunci Jawaban: B Pembahasan: Dampak positif munculnya pusat pertumbuhan bagi kehidupan masyarakat adalah meningkatnya: – Pertama, pusat pertumbuhan akan menarik tenaga kerja yang banyak. – Kedua, akan meningkatkan perekonomian di suatu wilayah. – Ketiga, adanya arus informasi dari luar wilayah semakin meningkat. 8. Potensi dari suatu wilayah untuk dapat tumbuh dan berkembang baik ditinjau secara fisik, sosial, budaya, maupun ekonominya dinamakan ….

A. pusat pertumbuhan B. interaksi desa C. relokasi industri D. wilayah fungsional Kunci Jawaban : A Pembahasan: Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah atau kawasan yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat jika dibandingkan dengan wilayah lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain di sekitarnya.

nine. Penciptaan pusat-pusat pertumbuhan baru sangat diperlukan dengan tujuan …. A. memperkuat pusat pertumbuhan yang sudah ada B.

mempercepat distribusi barang dan jasa C. mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan D. pemerataan pembangunan Kunci Jawaban : D Pembahasan: Tujuan dibentuknya pusat pertumbuhan adalah sebagai pusat pembangunan yang memengaruhi kawasan kawasan lain di sekitarnya dan diharapkan kawasan kawasan di sekitarnya turut terpengaruh dan terpicu untuk maju. 10. Pengaruh pusat pertumbuhan terhadap bidang ekonomi, kecuali … A. Terbatasnya barang dan jasa di pasaran B. Lapangan kerja bertambah C.

Meningkatnya sosial ekonomi penduduk D. Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini kesejahteraan hidup Kunci Jawaban : A Pembahasan: Kegiatan ekonomi yang berkembang di wilayah pusat pertumbuhan akan meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Wilayah pusat cenderung cenderung memiliki penduduk yang semakin padat. Kepadatan penduduk yang meningkat serta kemajuan komunikasi dan transportasi akan berpengaruh pada kehidupan sosial budaya penduduknya 11.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Perhatikan konsep keruangan berikut ! i. Manusia bertempat tinggal diberbagai bentuk lahan seperti dataran tinggi, dataran rendah, dan pegunungan. 2. Bentuk lahan mempengaruhi mata pencaharian penduduk. Dari konsep keruangan tersebut dapat disimpulkan….

A. Manusia sagat tergantung pada alam sekitar B. Manusia mampu menguasai alam C. Manusia telah mampu mengolah alam D. Manusia sangat dikuasai oleh alam Kunci Jawaban : A Pembahasan: Konsep keruangan, Suatu wilayah dapat berkembang karena adanya hubungan dengan wilayah lain, atau adanya saling keterkaitan antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan dan sosial penduduknya 12.

Salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi antarrruang di wilayah Indonesia adalah …. A. Persamaan kondisi alam B. persamaan taraf ekonomi C. Perbedaan kondisi sosial D. Perbedaan sistem pemerintahan Kunci Jawaban : C Pembahasan: Menurut Edward Ullman ada 3 faktor yang mempengaruhi interaksi antar wilayah yaitu: – Adanya wilayah-wilayah yang saling melengkapi (pelengkap daerah), – Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity), – Kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang (transfer spasial) thirteen.

Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah … A. Fajar pagi-pagi sudah berangkat kerja ke kota B. Areal pertanian di pedesaan semakin berkurang disebabkan pembangunan rumah baru C. Hasil produksi kendaraan lokal mampu bersaing dengan kendaraan dari Jepang D.

Sistem upah buruh di desa mengikuti hasil kesepakatan bersama Kunci Jawaban: A Pembahasan: Contohnya adalah wilayah pedesaan memberikan hasil sumber daya alam berupa bahan makanan pokok yang disalurkan ke kota besar seperti Surabaya untuk diolah kembali di pabrik dan dijadikan produk jadi. Sedangkan di kota menyediakan pekerjaan dengan membutuhkan tenaga kerja dari desa dan menghasilkan makanan dalam bentuk produk siap saji. fourteen. Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan, yaitu … A.

transportasi B. pertumbuhan C. komunikasi D. mobilisasi penduduk Kunci Jawaban: B Pembahasan: Bentuk interaksi keruangan: (1) Mobilitas Penduduk, Mobilitas penduduk adalah Interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia.

(two) Komunikasi, Komunikasi adalah interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan dan informasi, (3).

Transportasi, Transportasi adalah interaksi melalui perpindahan barang atau energi, 15. Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antar ruang, yaitu … kecuali A.

saling membutuhkan B. tempat tujuan yang dekat dan hemat biaya C. hasil produksi dipakai untuk konsumsi sendiri D. ketersediaan sarana dan prasarana yang baik Kunci Jawaban: C Pembahasan: Tiga kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan antara lain: – Saling melengkapi (complementarity) Kondisi ini terjadi ketika ada wilayah yang berbeda jenis barang yang dihasilkannya.

– Kesempatan antara (intervening opportunity) – Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability). Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Bab 2 Perubahan Akibat Interaksi Antarruang lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Selamat dan semangat belajar, meskipun belajar sendiri di rumah. Jika ada masalah atau kurang jelas lagi, bisa dijadikan bahan diskusi dengan kelompok belajar kalian atau dengan Bapak/Ibu Guru di sekolah kalian masing-masing.

Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Yang Merupakan Bentuk Interaksi Keruangan Berikut Ini Adalah Source: https://www.sekolahmuonline.com/2021/11/soal-pilihan-ganda-ips-kelas-7-bab-2-perubahan-akibat-interaksi-antarruang-lengkap-dengan-kunci-jawabannya.html Terbaru • Tahapan Pembelahan Sel Atau Pembentukan Embrio Pada Ternak • Bernyanyi Banyak Suara Dengan Teknik Kanon Adalah • Cara Menghitung Nilai Rapor Untuk Snmptn 2019 • Pengolahan Fisik Biji Jagung Untuk Pakan Ternak Pdf • Cara Membuat Es Lilin Dengan Tepung Maizena • Langkah Langkah Membuat Vas Bunga Dari Tanah Liat • Jurnal Tentang Seleksi Silsilah Ternak Pdf • Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas Air Mineral • Potensi Dan Kendala Peternakan Di Indonesia Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized Soal Pilihan Ganda IPS Kelas 7 Bab 2 Perubahan Akibat Interaksi Antarruang + Kunci Jawabannya ~ sekolahmuonline.com.

Pembaca Sekolahmuonline, kembali Sekolahmuonline sajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Choice mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Postingan kali ini membahas IPS Kelas 7 Bab two Perubahan Akibat Interaksi Antarruang.

Silahkan dibaca dan dipelajari, semoga bermanfaat. ane. Perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan bentuk interaksi antar ruang yang berakibat negatif pada bidang sosial yaitu … A. Penduduk desa menjadi lebih modernistic B. Tingkat pendapatan meningkat C. Tingkat kriminalitas di kota meningkat D.

Lapangan kerja di yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini lebih luas Kunci Jawaban : C Pembahasan: Perpindahan penduduk dari desa ke kota merupakan bentuk interaksi antar ruang yang berakibat negatif pada bidang sosial: a. Jumlah penduduk desa yang pergi kekota tanpa keahlian menimbulkan permasalahan bagi yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini perkotaan yaitu semakin meningkatnya jumlah pengangguran adalah penduduk miskin.

b. Penduduk dengan pendapatan rendah kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, hiburan dan lain-lain. c. Nilai lahan diperkotaan yang mahal, memaksa warga menggunakan lahan atau tempat yang tidak layak untuk permukiman misal – dibataran sungai, pinggiran rel kereta api, kuburan dan kolong jembatan.

Umumnya permukiman yang terbentuk ialah permukiman kumuh. 2. Salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang adalah …. A. Setiap wilayah memiliki iklim yang sama B. Setiap masyarakat memiliki kebutuhan yang sama C. Setiap wilayah memiliki karakteristik/ciri khas yang berbeda D. Setiap barang yang dijual dipasar berasal dari daerah yang sama Kunci Jawaban : C Pembahasan: Salah satu penyebab terjadinya interaksi antarruang adalah perbedaan karakteristik ruang mengakibatkan adanya interaksi antarsatu ruang dengan adalah, sebab setiap ruang memerlukan ruang lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Contohnya yaitu wilayah pegunungan pada umumnya adalah penghasil sayuran, sedangkan wilayah pesisir menghasilkan ikan laut. iii. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh bentuk dari adanya interaksi antarruang adalah …. A. Seseorang sedang belanja B.

Alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman C. Banyak makanan khas Jepang yang disukai orang Indonesia D. Rumah permanen yang banyak dibangun di pedesaan Kunci Jawaban: C Pembahasan: Bentuk-bentuik interaksi antarruanga yaitu; Mobilitas Penduduk, bentuk pergerakan atau juga perpindahan manusia, contohnya ialah sepertia emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk/melakukan pekerjaan atau wisata.

Komunikasi merupakan suatu interaksi dengan melalui perpindahan ide atau gagasan serta informasi, Transportasi adalah suatu interaksi dengan melalui perpindahan barang atau juga energi.

4. Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah … A. Budiman pagi-pagi sudah berangkat kerja ke kota B. Areal pertanian di pedesaan semakin berkurang disebabkan pembangunan rumah baru C. Hasil produksi kendaraan lokal mampu bersaing dengan kendaraan dari Jepang D. Sistem upah buruh di desa mengikuti hasil kesepakatan bersama Kunci Jawaban: A Pembahasan: Contoh bentuk interaksi antarruang mobilitas sosial contohnya ialah seperti emigrasi, imigrasi, transmigrasi, urbanisasi, perjalanan penduduk antar wilayah untuk/melakukan pekerjaan atau wisata.

Contoh komunikasi, membaca berita, melihat tayangan televisi, internet serta lain sebagainya. Contoh interaksi antarruang transportasi, pengakutan barang, pergadangan dan lain sebagainya. 5. Faktor keadaan alam yang mempengaruhi terbentuknya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah… 1. Tersedianya sarana transportasi two. Fasilitas umum memadai 3. Jumlah penduduk tinggi four. Kualitas sumber daya manusia tinggi five. Ketersediaan bahan baku melimpah Faktor yang mendorong suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan ditunjukkan oleh angka.

A. 1, 2, dan 3 B. ane, 3, dan v C. ii, 3, dan iv D. 2, 3, dan 5 Kunci Jawaban : B Pembahasan: Faktor keadaan alam yang mempengaruhi terbentuknya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah: (one) Kondisi Fisiografi/Lokasi, Lokasi yang strategis memudahkan transportasi dan angkutan barang, sehingga pusat pertumbuhan berkembang pesat.

(ii) Fasilitas Penunjang, Beberapa fasilitas penunjang seperti jalan, jaringan listrik dan telepon, pelabuhan laut dan udara, fasilitas air bersih, penyediaan bahan bakar, dan prasarana kebersihan. (iii) Sumber Daya AlamDaerah yang mempunyai kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi pusat pertumbuhan.

(4) Sumber Daya Manusia, Tenaga kerja yang ahli, tetampil, andal, kapabel, dan profesional dibutuhkan untuk mengelola sumber daya alam. 6. Pusat pertumbuhan mempengaruhi wilayah sekitar untuk berkembang.

Faktor pendorong munculnya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah… A. banyaknya jumlah penduduk B. topografi wilayah yang datar C. sumber daya alam melimpah D. kedekatan wilayah terhadap pantai Kunci Jawaban : C Pembahasan: Faktor pendorong munculnya pusat pertumbuhan di suatu wilayah adalah.

Daerah yang mempunyai kekayaan sumber daya alam berpotensi menjadi pusat pertumbuhan. Misalnya, penambangan bahan tambang yang bernilai ekonomi tinggi di suatu wilayah merangsang kegiatan ekonomi, memberikan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan daerah, dan berpengaruh terhadap munculnya kegiatan ekonomi penunjang.

A. arus urbanisasi B. pendapatan masyarakat C. kerukunan hidup masyarakat D. pembangunan sarana transportasi Kunci Jawaban: B Pembahasan: Dampak positif munculnya pusat pertumbuhan bagi kehidupan masyarakat adalah meningkatnya: – Pertama, pusat pertumbuhan akan menarik tenaga kerja yang banyak. – Kedua, akan meningkatkan perekonomian di suatu wilayah. – Ketiga, adanya arus informasi dari luar wilayah semakin meningkat.

eight. Potensi dari suatu wilayah untuk dapat tumbuh dan berkembang baik ditinjau secara fisik, sosial, budaya, maupun ekonominya dinamakan …. A. pusat pertumbuhan B. interaksi desa C. relokasi industri D. wilayah fungsional Kunci Jawaban : A Pembahasan: Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah atau kawasan yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat jika dibandingkan dengan wilayah lainnya sehingga dapat dijadikan sebagai pusat pembangunan yang dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain di sekitarnya.

9. Penciptaan pusat-pusat pertumbuhan baru sangat diperlukan dengan tujuan …. A. memperkuat pusat pertumbuhan yang sudah ada B. mempercepat distribusi barang dan jasa C. mengoptimalkan pemanfaatan lingkungan D. pemerataan pembangunan Kunci Jawaban : D Pembahasan: Tujuan dibentuknya pusat pertumbuhan adalah sebagai pusat pembangunan yang memengaruhi kawasan kawasan lain di sekitarnya dan diharapkan kawasan kawasan di sekitarnya turut terpengaruh dan terpicu untuk maju.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

ten. Pengaruh pusat pertumbuhan terhadap bidang ekonomi, kecuali … A. Terbatasnya barang dan jasa di pasaran B.

Lapangan kerja bertambah C. Meningkatnya sosial ekonomi penduduk D. Meningkatnya kesejahteraan hidup Kunci Jawaban : A Pembahasan: Kegiatan ekonomi yang berkembang di wilayah pusat pertumbuhan akan meningkatkan kesejahteraan penduduk. Wilayah pusat cenderung cenderung memiliki penduduk yang semakin padat. Kepadatan penduduk yang meningkat serta kemajuan komunikasi dan transportasi akan berpengaruh pada kehidupan sosial budaya penduduknya eleven. Perhatikan konsep keruangan berikut ! one.

Manusia bertempat tinggal diberbagai bentuk lahan seperti dataran tinggi, dataran rendah, dan pegunungan. 2. Bentuk lahan mempengaruhi mata pencaharian penduduk. Dari konsep keruangan tersebut dapat disimpulkan…. A. Manusia sagat tergantung pada alam sekitar B.

Manusia mampu menguasai alam C. Manusia telah mampu mengolah alam D. Manusia sangat dikuasai oleh alam Kunci Jawaban : A Pembahasan: Konsep keruangan, Suatu wilayah dapat berkembang karena adanya hubungan dengan wilayah lain, atau adanya saling keterkaitan antarwilayah dalam memenuhi kebutuhan dan sosial penduduknya 12. Salah satu faktor yang mempengaruhi interaksi antarrruang di wilayah Indonesia adalah …. A. Persamaan kondisi alam B. persamaan taraf ekonomi C.

Perbedaan kondisi sosial D. Perbedaan sistem pemerintahan Kunci Jawaban : C Pembahasan: Menurut Edward Ullman ada 3 faktor yang mempengaruhi interaksi antar wilayah yaitu: – Adanya wilayah-wilayah yang saling melengkapi (pelengkap daerah), – Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity), – Kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang (transfer spasial) thirteen.

Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah … A. Fajar pagi-pagi sudah berangkat kerja ke kota B. Areal pertanian di pedesaan semakin berkurang disebabkan pembangunan rumah baru C. Hasil produksi kendaraan lokal mampu bersaing dengan kendaraan dari Jepang D. Sistem upah buruh di desa mengikuti hasil kesepakatan bersama Kunci Jawaban: A Pembahasan: Contohnya adalah wilayah pedesaan memberikan hasil sumber daya alam berupa bahan makanan pokok yang disalurkan ke kota besar seperti Surabaya untuk diolah kembali di pabrik dan dijadikan produk jadi.

Sedangkan di kota menyediakan pekerjaan dengan membutuhkan tenaga kerja dari desa dan menghasilkan makanan dalam bentuk produk siap saji. 14. Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan, yaitu … A. transportasi B. pertumbuhan C. komunikasi D. mobilisasi penduduk Kunci Jawaban: B Pembahasan: Bentuk interaksi keruangan: (1) Mobilitas Penduduk, Mobilitas penduduk adalah Interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia. (2) Komunikasi, Komunikasi adalah interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan dan informasi, (3).

Adalah, Transportasi adalah interaksi melalui perpindahan barang atau energi, xv. Kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi antar ruang, yaitu … kecuali A. saling membutuhkan B. tempat tujuan yang dekat dan hemat biaya C. hasil produksi dipakai untuk konsumsi sendiri D. ketersediaan sarana dan prasarana yang baik Kunci Jawaban: C Pembahasan: Tiga kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan antara lain: – Saling melengkapi (complementarity) Kondisi ini terjadi ketika ada wilayah yang berbeda jenis barang yang dihasilkannya.

– Kesempatan antara (intervening opportunity) – Keadaan dapat diserahkan/dipindahkan (transferability). Demikian postingan Sekolahmuonline yang menyajikan contoh Soal Pilihan Ganda atau Multiple Selection mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Bab 2 Perubahan Akibat Interaksi Antarruang lengkap dengan Kunci Jawaban dan Pembahasannya. Selamat dan semangat belajar, meskipun belajar sendiri di rumah.

Jika ada masalah atau kurang jelas lagi, bisa dijadikan bahan diskusi dengan kelompok belajar kalian atau dengan Bapak/Ibu Guru di sekolah kalian masing-masing. Selamat dan semangat belajar. Silahkan baca-baca postingan Sekolahmuonline yang lainnya. Berikut Yang Bukan Merupakan Bentuk Interaksi Keruangan Yaitu Source: https://www.sekolahmuonline.com/2021/11/soal-pilihan-ganda-ips-kelas-7-bab-2-perubahan-akibat-interaksi-antarruang-lengkap-dengan-kunci-jawabannya.html Terbaru • Tahapan Pembelahan Sel Atau Pembentukan Embrio Pada Ternak • Bernyanyi Banyak Suara Dengan Teknik Kanon Adalah • Cara Menghitung Nilai Rapor Untuk Snmptn 2019 adalah Pengolahan Fisik Biji Jagung Untuk Pakan Ternak Pdf • Cara Membuat Es Lilin Dengan Tepung Maizena • Langkah Langkah Membuat Vas Bunga Dari Tanah Liat • Jurnal Tentang Seleksi Silsilah Ternak Pdf • Cara Membuat Celengan Dari Botol Bekas Air Mineral • Potensi Dan Kendala Peternakan Di Indonesia Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized
sentralsoal.com - Selamat datang di situs sentral soal.

Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Interaksi Sosial di Lingkungan Sekitar dilengkapi dengan kunci jawaban muatan mata pelajaran IPS kelas V revisi Kurikulum 2013. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal Interaksi Sosial di Lingkungan Sekitar dilengkapi dengan kunci jawaban muatan mata pelajaran IPS kelas V revisi.

Gambar: freepik.com 1. Menurut Soerjono Soekanto, Interaksi sosial yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini dasar dari proses sosial yang terjadi akibat hubungan-hubungan sosial yang . A. elastis B. apatis C. dinamis D. statis 2. Seorang anak yang melakukan kontak sosial dengan ibunya. Itu merupakan salah satu contoh bentuk kontak sosial antara . A. individu dengan kelompok B.

kelompok dengan kelompok C. kelompok D. orang perorangan 3. Berikut ini merupakan beberapa karakteristik interasi sosial, kecuali . A. adanya tujuan yang akan dicapai B. dilakukan oleh seorang individu C. adanya komunikasi dengan menggunakan simbol atau tanda D. adanya dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini, dan masa depan 4.

Berikut ini merupakan contoh dari terjadinya proses interaksi sosial . A. seorang laki-laki memperhatikan seorang gadis B. seorang anak sedang menelpon temannya C. dua orang anak saling bersalaman dan saling berbicara D. orang Indonesia bertemu dengan orang Arab 5. Syarat utama terjadinya interaksi sosial adalah .

A. proses komunikasi B. proses sosialisasi C. kontak dan komunikasi D. sosialisasi dan komunikasi 6. Ikut merasa bersedih melihat teman mendapat musibah dan berusaha membantunya merupakan faktor interaksi sosial bentuk .

A. simpati B. identifikasi C. imitasi D. sugesti 7. Kontak sosial dapat terbentuk secara langsung dan tidak langsung. Contoh kontak sosial secara tidak langsung ditunjukkan oleh pernyataan . A. Pak Rahman dan ketua RW sedang berbincang-bincang di Pedopo RW B. Duta mengerjakan tugas rumah dengan teliti C. Gilang bersalaman dengan Bu Yudhi ketika bertemu di Perpustakaan D. Ahmad dan Soraya bertukar kabar melalui telepon seluler 8.

Jika seorang anak kecil melihat apa yang dilakukan oleh orang tuanya, kemudian anak tersebut mencoba melakukan apa yang telah ia lihat. Tindakan anak tersebut dinamakan . A. simpati B. sugesti C. identifikasi D. imitasi 9. Salah satu karakteristik interasi sosial adalah terdapat dimensi waktu.

Contoh interaksi sosial dengan karakteristik tersebut adalah . A. Ketua OSIS merancang program kegiatan pentas senin B.

Vera dan teman-temannya berdiskusi tadi siang di kelas C. Pak Rofinus yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini buku referensi untuk mengajar di sekolah hari ini D.

Della berlatih pidato setiap sore sebagai persiapan mengikuti lomba 10. Risma menelepon Bayu untuk datang ke rumahnya.

Hal tersebut merupakan contoh . A. Komunikasi primer B. Komunikasi sekunder C. Kontak primer D. Kontak sekunder 11. Perhatikan beberapa aktivitas berikut! 1) Ketua RT memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pemadaman listrik bergilir.

2) Gusti meminta maaf kepada Dinda karena tidak sengaja menghilangkan bolpoin miliknya 3) Helena bermain boneka di kamar bersama adiknya 4) Rafles melakukan diskusi dengan anggota kelompok belajarnya Interaksi sosial antar individu ditunjukkan oleh angka . A. 2) dan 3) B. 2) dan 4) C. 1) dan 2) D. 1) dan 3) 12. Interaksi sosial yang asosiatif berbentuk .

A. Kerja sama dan kompetisi B. Koperasi dan akomodasi C. Konflik dan kerja sama D. Akomodasi dan kompetisi 13. Regu pramuka Rajawali belajar sandi morse. Mereka menggunakan peluit untuk memberikan informasi kepada temannya. Karakteristik interaksi sosial yang menonjol berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . A. terdapat dimensi waktu masa mendatang B. ada tujuan yang ingin dicapai oleh individu C. dilakukan oleh individu dan individu D. terdapat komunikasi melalui simbol 14.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Seseorang yang sedang mendapat masalah besar dapat dengan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Proses interaksi ini disebut . A. Sugesti B. Empati C. Imitasi D. Identifikasi 15. Dinda adalah anak yang disiplin, teliti, dan tanggungjawab. Ia menelandani sikap tersebut dari gurunya. Faktor yang memengaruhi proses interaksi sosial tersebut adalah . A. sugesti B. empati C. identifikasi D. simpati 16. Pernyataan berikut ini yang bukan ciri-ciri interaksi sosial adalah . A. Tidak ada reaksi dari pihak lain B.

Komunikasi sebagai pengantar interaksi C. Kontak sosial sebagai tahapan pertama D. Hubungan timbal balik yang saling me­mengaruhi 17. Berikut ini yang bukan merupakan unsur-unsur pokok dalam interaksi sosial, yaitu . A. terjadi komunikasi atau hubungan timbal-balik antarindividu atau antar-kelompok B.

faktor pikiran dan tindakan yang memengaruhi dua pihak yang berkomunikasi C. terjadi persaingan antarindivu atau antarkelompok D. saling memengaruhi antara dua orang atau kelompok yang saling berhubungan 18.

Meniru model pakaian para artis yang tidak sopan menurut norma-norma budaya bangsa Indonesia disebut . A. Sugesti positif B. Sugesti negatif C. Imitasi positif D. Imitasi negatif 19. Dalam proses komunikasi, pihak yang membawa berita disebut . A. komunal B. aspirator C. komunikator D. komunikan 20. Pengertian interaksi sosial yaitu . A. Perilaku keseharian manusia B. Pengawasan terhadap perilaku masyarakat C. Kerja sama antar manusia D. Hubungan timbal balik antar manusia 21.

Salah satu bentuk interaksi sosial yang yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini proses sosial yang disosiatif adalah . A. petentangan B. akomodasi C. kerjasama D. asimilasi 22. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri interaksi sosial adalah . A. Adanya dimensi waktu B. Terjadi pada waktu lampau Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini. Adanya tujuan yang akan dicapai D.

Jumlah pelakunya lebih dari satu orang 23. Interaksi sosial dapat terjadi antara kelompok-kelompok manusia, misalnya pada peristiwa-peristiwa berikut, kecuali . A. peperangan B. pertandingan sepak bola C.

guru mengajar di kelas D. perundingan damai antardua negara 24. Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak dan . A. Komunikasi B. Tindakan C. Perilaku D.

Motivasi 25. Suatu kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain disebut . A. asimilasi B. imitasi C. identifikasi D. sugesti 26. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif yaitu . A. Akomodasi B. Persaingan C. Akulturasi D. Asimilasi 27. Rani dan Siska saling adalah untuk meraih juara pertama di kelasnya.

Kasus tersebut merupakan salah satu contoh bentuk interaksi sosial yang disebut . A. asimilasi B. kompetisi C. kerja sama D. pertentangan 28. Upaya pemerintah Indonesia untuk meratakan penduduknya termasuk hubungan sosial dari dimensi . A. Sejarah B. Gerakan social C. Sikap D. Demografi 29. Persaingan untuk mencapai kemenangan dalam sebuah kompetisi bola basket termasuk jenis proses interaksi yang bersifat .

A. disosiatif B. asimilasi C. asosiatif D. inisiatif 30. Inti dari interaksi sosial adalah adanya hubungan timbal balik, berupa . A. Integrasi B. Demonstrasi C. Frustrasi D. Aksi dan reaksi 31. Dua orang bertemu dan saling melempar seyum serta berjabat tangan saja. Hal tersebut merupakan contoh . A. kontak sosial B. proses sosial C. interaksi sosial D.

komunikasi 32. Berikut ini yang merupakan ciri Interaksi Sosial adalah . A. Menghasilkan suatu benda B. Harus dilakukan oleh orang dewasa C. Dilakukan harus dengan teman sebaya D. Adanya hubungan timbal balik antar pelaku 33. Bentuk interaksi sosial yang ditandai dengan sikap ketidakpastian, keraguan, serta penolakan yang tidak diungkapkan secara terbuka disebut . A. pertikaian B. asimilasi C. kontravensi D. persaingan 34. Syarat terjadinya interaksi sosial adalah .

A. Bermusuhan B. Komunikasi C. Tidak ada kontak sosial D. Perkelahian 35. Anak mencium tangan orang tuanya sebelum berangkat sekolah merupakan contoh dari tingkatan norma . A.

folksway B. customs C. usage D. mores 36. Berikut yang termasuk ciri-ciri interaksi sosial adalah .

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

A. tidak ada komunikasi B. jumlah pelaku hanya seorang C. tidak menggunakan simbol D. jumlah pelakunya lebih dari seorang 37. Berikut ini yang merupakan interaksi sosial adalah . A. Borong sedang membaca koran B. Herman meniru gaya berpakaian Artis Korea C. Ani bersiap-siap pergi ke Surabaya D. Ibu membujuk Rehan agar makan sayur 38. Pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan menunjukkan bentuk hubungan sosial .

A. kelompok dengan kelompok B. individu dengan kelompok C. kelompok dengan individu D. individu dengan individu 39. Seorang anak yang mengidolakan pemain bola, sehingga semua tingkah laku idolanya akan dilakukan dan menganggap dirinya sama dengan idolanya.

Faktor pendorong terjadinya interaksi social tersebut disebut . A. sugesti B. empati C. imitasi D. identifikasi 40. Suatu proses perubahan sosial budaya yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat disebut .

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

A. pembangunan ekonomi B. pembangunan bahasa C. interaksi sosial D. pembangunan sosial budaya 41. Tidak sengaja Yuventa bertemu dan berbicara dengan Andi di jalan. Maka interaksi sosial tersebut berlangsung secara . A. kelompok dengan kelompok B. kelompok dengan individu C. individu dengan individu D. individu dengan kelompok 42. Tindakan berikut ini merupakan bentuk interaksi sosial adalah . A. ayah menonton televisi B.

mahasiswa membaca biografi orang terkenal C. seorang anak mencium potret D. dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan 43. Beriku ini yang merupakan interaksi social individu dengan kelompok adalah . A. ketua OSIS memipin rapat pengurus OSIS B. adanya pertandingan olah raga antar desa C.

dua orang saling berjabat tangan D. tiga orang saling berdiskusi tentang bahaya siswa yang tidak mau belajar 44. Hubungan timbal balik dalam masyarakat yang tercipta karena adanya komunikasi antara satu dengan pihak lainnya disebut .

A. Kejahatan B. Kemiskinan C. Wawancara D. Interaksi sosial 45. Anak perempuan bermain masak-masakan karena melihat ibunya memasak di dapur. Faktor pendorong terjadinya interaksi sosial tersebut disebut . A. empati B. sugesti C. imitasi D. simpati 46. Manusia butuh berinteraksi dengan orang lain karena pada dasarnya manusia adalah . A. Interaksi sosial B. Interaksi primer C. Makhluk Sosial D.

Makhluk berakal yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini. lnteraksi sosial pasti terjadi dalam kehidupan masyarakat karena manusia merupakan . A. makhluk budaya B. makhluk Tuhan C. makhluk politik D. makhluk sosial 48. Salah satu cara manusia berinteraksi dengan alam adalah . A. membuang limbah yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini ke sungai B.

menebang pohon tanpa melakukan tebang pilih C. mengelolah sumber daya alam dengan serakah D. melakukan reboisasi pada sumber daya alam yang dimanfaatkan 49. Seseorang berjabat tangan dengan patung. Hal ini merupakan contoh . A. bukan kontak sosial B. proses sosial C. interaksi sosial D. kontak sosial 50. Proses interaksi seseorang pertama kali terjadi di . A. tradisi B.

pendidikan C. Lingkungan sekolah D. Lingkungan keluarga 51. Seorang warga negara Eropa berjabat tangan dengan orang Indonesia, tetapi mereka tidak dapat berkomunikasi karena bahasanya berbeda.

Hal ini merupakan contoh . A. konflik sosial B. komunikasi sosial C. interaksi sosial D. kontak sosial 52. Berikut yang bukan termasuk interaksi sosial dalam pembangunan sosial budaya adalah . A. tradisi B. pendidikan C. identitas bangsa D. adat istiadat 53.

Lias tertarik dengan teman barunya karena ia seorang gadis yang sopan, baik, dan penyabar. Proses Lias tertarik tersebut merupakan contoh dari .

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

A. identifikasi B. simpati C. empati D. imitasi 54. Seorang guru mengajar siswa-siswanya di dalam kelas.Hal ini termasuk contoh dari interaksi sosial . A. Individu dengan kelompok B. Kelompok dengan kelompok C. Individu dengan individu D.

seseorang dengan seseorang 55. Meniru model pakaian para artis yang tidak sopan menurut norma-norma budaya bangsa Indonesia disebut . A. sugesti positif B. sugesti negatif C. imitasi positif D. imitasi negatif 56. Salah satu contoh interkasi yang dilakukan antara individu dengan kelompok sosial adalah .

A. Seorang guru mengajar para siswa di kelas B. Guru menegur seorang anak yang melanggar aturan C. Seorang pembeli tawar menawar dengan seorang pedagang D. Ibu memberi nasehat kepada anak bungsunya yang nakal 57. Pengertian interaksi sosial adalah . A. hubungan timbal balik antar manusia B. perilaku keseharian manusia C. pengawasan terhadap perilaku D. kerja sama antar manusia 58. Proses hubungan antar individu,individu dengan kelompok,antar kelompok disebut .

A. Interaksi Sosial B. Interaksi Primer C. Interaksi D. Komunikasi 59. Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu adanya kontak dan . A. komunikasi B. tindakan C. perilaku D. motivasi 60. Berikut yang bukan termasuk bentuk interaksi sosial adalah .

A. Interaksi individu dengan kelompok B. Interaksi individu dengan sekolah C. Interaksi individu dengan individu D. Interaksi antara kelompok dengan kelompok 61. Pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan menunjukkan bentuk hubungan sosial . A. kelompok dengan kelompok B. individu dengan kelompok C. kelompok dengan individu D. individu dengan individu 62.

Bahasa pemersatu bangsa Indonesia adalah . A. komunikasi B. bahasa daerah C. bahasa Inggris D. Bahasa Indonesia 63. Keikutsertaan meraskan apa yang dirasakan orang lain disebut . A. indentifikasi B. sugesti C. simpati atau empati D. akomodasi 64. Pada saat ada tetangga kita yang tertimpa musibah, maka kita ikut merasakan kesedihannya dan berusaha membantunya.

Faktor pendorong terjadinya interaksi social tersebut disebut . A. simpati B. sugesti C. imitasi D. identifikasi 65. Sikap meniru gaya hidup,perilaku dan sikap bahkan apa yang ada pada orang lain yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini .

A. Simpati B. Akomodasi C. Imitasi D. Identifikasi 66. Pasien yang akan berobat ke dokter, pasien akan cepat sembuh karena adalah sugesti dokter tersebut. Faktor pendorong terjadinya interaksi social tersebut disebut . A. sugesti B. simpati C. imitasi D.

identifikasi 67.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Yang tidak termasuk faktor-faktor berlangsungnya interaksi sosial adalah . A. Simpati B. Asimilsi C. Imitasi D. Sugesti 68. Remaja yang meniru adalah berpakaian idolanya merupakan proses interaki sosial dalam bentuk . A. simpati B. empati C. imitasi D. identifikasi 69.

Jika seorang anak kecil melihat apa yang dilakukan orang tuanya,kemudian anak tersebut mencoba melakukan apa yang telah ia lihat.tiandakan anak tersebut di namakan . A. Simpati B. Sugesti C. Identifikasi D. Imitasi 70. Berikut yang bukan menunjukkan wujud interaksi sosial adalah . A. saling mencibir B.

saling mengejek C. berteriak-teriak D. berjabatan tangan 71. Seorang bayi yang baru lahir,ia akan melakukan kontak sosial dengan ibunya.itu merupakan salah satu contoh bentuk kontak sosial antara . A. Perorangan dengan kelompok B. Yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini dengan kelompok C. Kelompok D. Orang perorang 72. Pertandingan futsal antara dua tim menunjukkan bentuk interkasi sosial . A. kelompok dengan kelompok B. individu dengan kelompok C. kelompok dengan individu D.

individu dengan individu 73. Berikut ini yang bukan merupakan interaksi sosial adalah . A. berteriak di sungai B. saling nasehat C. Saling tunjuk D. mengobrol di luar kelas 74. Yang paling penting dalam interaksi sosial itu adalah . A. Saling tergantung B. Bersifat timbal balik C. Berkaitan dengan untung/rugi D. Saling mengalah 75. Hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia disebut .

A. interaksi sosial B. proses sosial C. status sosial D. peran sosial 76. Syarat terjadinya hubungan sosial adalah komunikasi karena seseorang dapat . A. memberikan dorongan emosional B. saling memberikan tanggapan atau respons C.

menimbulkan pertentangan D. menimbulkan hubungan romantis 77. Proses interaksi sosial akan terjadi apabila memiliki syarat . A. kontak dan komunikasi B. aksi dan reaksi C. hubungan dan akibat D. proses dan tindakan 78.

Tindakan berikut ini merupakan bentuk interkasi sosial adalah . A. Endi menonton televisi B. Tania membaca biografi orang terkenal C. Deril mencium foto ibunya D. dua anak saling tersenyum dan melambaikan tangan 79. Saling lihat, berjabatan tangan, mengirim surat atau sms, dan saling telepon merupakan salah satu syarat interaksi sosial pada .

A. kontak B. disosiatif C. asosiatif D. komunikasi 80. Interaksi social terjadi karena . A. proses sosial dan kontak sosial B. kontak sosial dan komunikasi C. kepatuhan terhadap nilai dan norma D. komunikasi dan proses sosial • Rumah permanen dari beton dibangun di pedesaan menggantikan bahan kayu • Bahan lahan pertanina berubah menjadi permukiman • Makanan khas Jepang banyak disukai di Indonesia • Seseorang pergi berbelanja ke kota • 0 Jawaban: D.

Seseorang pergi berbelanja ke kota Dilansir dari Encyclopedia Britannica, contoh berikut merupakan bentuk dari interaksi keruangan, yaitu seseorang pergi berbelanja ke kota. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Indonesia memiliki lebih kurang 13.466 pulau dan diapit oleh Benua Asia dan Benua Australia. Dengan demikian, Indonesia harus mampu mentediakan sarana transportasi penghubung berupa?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.
Interaksi antarruang itu timbal balik antara satu wilayah dengan wilayah lain yang bisa terjadi dalam berbagai bentuk.

Bentuk-bentuk interaksi antarruang adalah mobilitas penduduk, komunikasi, dan transportasi.

yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini, adalah

Berdasarkan ilustrasi contoh interaksi antarruang yang tepat adalah aktivitas aktivitas Budiman berangkat kerja ke kota, karena termasuk mobilitas penduduk. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.
Daftar Isi • 1 Jawaban: c • 1.1 Pembahasan • 1.1.1 Apa itu interaksi keruangan dan contohnya?

• 1.1.2 Contoh Interaksi • 1.1.2.1 Apa contoh yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini keruangan? • 1.1.3 Apa saja bentuk interaksi antar ruang? • 1.1.4 Mengapa terjadi interaksi keruangan?

Jawaban: c Bentuk interaksi keruangan misalnya perubahan lahan yang awalnya berupa sawah atau lahan pertanian kemudian diubah menjadi area permukiman penduduk.

Pembahasan Interaksi antarruang dapat terjadi karena adanya perbedaan fisik yang menyebabkan perbedaan karakteristik atau sumber daya antara wilayah, sehingga terjadi interaksi pertukaran untuk saling melengkapi kebutuhan kedua wilayah.

Contoh interaksi ini adalah interaksi antara desa dan kota. Wilayah desa dan kota berinteraksi sangat dengan erat dan saling melengkapi. Misalnya, penduduk kota memerlukan bahan makanan dari desa. Hal ini terjadi karena lahan pertanian di kota sangat sedikit, atau bahkan tidak ada. Penduduk perkotaan juga sedikit yang bekerja sebagai petani. Sehingga penduduk kota bergantung pada makanan dari wilayah pertanian di desa.

Penduduk desa juga berinteraksi dengan wilayah perkotaan, misalnya untuk mendapatkan layanan yang tidak terdapat di desa, seperti kesehatan, pendidikan dan administrasi pemerintahan. Contoh Interaksi Search for: Recent Posts • Julukan Negara Malaysia : Kepala Negara, Bentuk, Sejarahnya • 4 cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena antivirus • Unsur Komunikasi : Pengertian, Fungsi, Unsur, Komponennya • Jenis Batuan Beku : Klasifikasi, Deskripsi, Karakteristik yang merupakan bentuk interaksi keruangan berikut ini Jenis Batuan Beku : Klasifikasi, Deskripsi, Karakteristik Categories Categories

Interaksi Keruangan Desa dan Kota Versi Lengkap - Materi Geografi




2022 charcuterie-iller.com