Pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Contoh Soal tentang Ekosistem Lengkap dengan Jawabannya Amongguru.com. Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya atau hubungan antara komponen biotik dengan komponen abiotik.

Komponen penyusun ekosistem harus saling mendukung terwujudnya keseimbangan ekosistem. Apabila salah satu komponen penyusun ekosistem tersebut terganggu, maka akan mempengaruhi kestabilan sebuah ekosistem. Komponen biotik adalah komponen makhluk hidup, meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik adalah komponen objek tak hidup, misalnya air, tanah, suhu, cahaya, kelembaban, dan tingkat keasaman (pH). Apabila dilihat dari struktur trofiknya, komponen biotik terbagi menjadi produsen, konsumen, dan pengurai.

Produsen adalah organisme yang mampu mengolah makanan sendiri, misalnya tumbuhan hijau. Konsumen merupakan organisme yang memakan produsen dan tidak mampu membuat makanan sendiri, contohnya sapi, kambing, belalang, dan harimau. Sedangkan pengurai adalah organisme yang betugas menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati (zat organik) menjadi zat anorganik yang dibutuhkan.

Contoh dari pengurai adalah bakteri dan jamur. Produsen, konsumen, dan pengurai dalam suatu ekosistem akan membentuk sebuah rantai makanan dengan diiringi adanya aliran perpindahan energi. Untuk lebih memahami materi Ekosistem, silakan baca artikel terkait berikut. β€’ Pembahasan Lengkap tentang Pengertian dan Tipe-tipe Ekosistem β€’ Komponen Biotik dan Abiotik Penyusun Ekosistem Beserta Contohnya Contoh Soal tentang Ekosistem Lengkap dengan Jawabannya Soal tentang Ekosistem Lengkap dengan jawabannya berikut ini dapat Anda jadikan sebagai referensi belajar IPA pada materi ekosistem.

Contoh soal Ekosistem ini berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 30 butir dan dilengkapi dengan kunci jawabannya. Materi Pokok Ekosistem dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya atau hubungan antara komponen biotik dengan komponen abiotik. Komponen penyusun ekosistem harus saling mendukung terwujudnya keseimbangan ekosistem. Apabila salah satu komponen penyusun ekosistem tersebut terganggu, maka akan mempengaruhi kestabilan sebuah ekosistem.

Komponen biotik adalah komponen makhluk hidup, meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik adalah komponen objek tak hidup, misalnya air, tanah, suhu, cahaya, kelembaban, dan tingkat keasaman (pH). Apabila dilihat dari struktur trofiknya, komponen biotik terbagi menjadi produsen, konsumen, dan pengurai. Produsen adalah organisme yang mampu mengolah makanan sendiri, misalnya tumbuhan hijau.

Konsumen merupakan organisme yang memakan produsen dan tidak mampu membuat makanan sendiri, contohnya sapi, kambing, belalang, dan harimau. Sedangkan pengurai adalah organisme yang betugas menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati (zat organik) menjadi zat anorganik yang dibutuhkan.

Contoh dari pengurai adalah bakteri dan jamur. Produsen, konsumen, dan pengurai dalam suatu ekosistem akan membentuk sebuah rantai makanan dengan diiringi adanya aliran perpindahan energi. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, atau d! Soal Nomor 1 Berikut ini yang bukan satuan ekosistem adalah ….

a. individu b. populasi c. biosfer d. habitat Soal Nomor 2 Di dalam ekosistem jamur, dan bakteri berkedudukan sebagai .… a. produser b. konsumen c. karnivora d. pengurai Soal Nomor 3 Tumbuhan hijau merupakan organisme autotrof karena mampu .… a. membuat bahan organik dari anorganik b. menyusun makanan dari bahan organik c. menghasilkan bahan anorganik dari organik d. memanfaatkan makanan dari hasil fotosintetis Soal Nomor 4 Pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air.

Komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …. a. ikan kecil dan katak b. semanggi dan fitoplankton c. air dan semnggi d.

kutu fitoplankton dan semanggi Soal Nomor 5 Seekor kupu -kupu di sebuah taman bunga disebut …. a. komunitas b. individu c. populasi d. ekosistem Soal Nomor 6 Biomassa terbesar dalam piramida makanan ditempati oleh.… a. konsumen 1 b. produsen c. konsumen 2 d. kosumen 3 Soal Nomor 7 Perhatikan komponen biotik suatu ekosistem (1) katak (4) ikan (2) udang (5) ular (3) plankton (6) elang Urutkan komponen rantai makanan yang benar adalah .… a.

1 – 3 – 4 – 5 b. 2 – 4 – 5 – 6 c. 3 – 4 – 5 – 6 d. 4 – 5 – 6 – 1 Soal Nomor 8 Urutan proses perpindahan energi didalam ekosistem adalah .… a. matahari – hewan – tumbuhan b. tumbuhan – hewan katak matahari c. matahari – tumbuhan – hewan d. hewan – matahari – tumbuhan Soal Nomor 9 Apabila ular sawah diburu hingga punah, maka yang terjadi adalah populasi .… a. padi meningkat b. katak menurun c. tikus menurun d. tikus meningkat Soal Nomor 10 Dasar piramida makanan ditempati oleh ….

a. produsen b. pengurai c. konsumen d. predator Soal Nomor 11 Berikut ini yang termasuk organisme autrotof adalah …. a. belalang b. padi c. tikus d. ular Soal Nomor 12 Batu yang mungkin timbul akibat kepadatan penduduk yang tinggi adalah .… a. perluasan kota b. pengangguran c. peningkatan ekonomi d. peningkatan kesejahteraan Soal Nomor 13 Berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk suatu negara, kecuali ….

a. transmigrasi b. mortalitas c. migrasi d. natalitas Soal Nomor 14 Perhitungan rata-rata jumlah bayi lahir hidup dari 1000 orang penduduk setiap tahun disebut .… a. mortalitas b. natalitas c. migrasi d. sensus Soal Nomor 15 Suatu kabupaten memiliki angka kelahiran sebesar 50, artinya ….

a. dari setiap seribu penduduk per tahun lahir 50 bayi hidup b. dari setiap sepuluh ribu penduduk per tahun lahir 50 bayi hidup c.

lahir 50 bayi hidup dari seratus penduduk setiap tahunnya d. lahir 50 bayi hidup setiap tahunnya Soal Nomor 16 Diketahui penduduk suatu negara 220 juta jiwa. Bila selama setahun terjadi kematian 44.000 penduduk, maka angka mortalitasnya adalah .… a. 0,2 b. 2 c. 20 d. 200 Soal Nomor 17 Jika suatu negara memiliki angka kematian sebesar 20, berarti negara tersebut pada tahun perhitungan memiliki mortalitas .… a. rendah b. sedang c. tinggi d. sangat tinggi Soal Nomor 18 Perpindahan penduduk untuk kembali ke negeri asalnya disebut .… a.

imigrasi b. remigrasi c. emigrasi d. transmigrasi Soal Nomor 19 Perpindahan penduduk yang dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah … menyebabkan perubahan jumlah penduduk di suatu negara adalah .… a.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

urbanisasi b. imigrasi c. emigrasi d. remigrasi Soal Nomor 20 Penyebab pertumbuhan penduduk yang pesat di sebuah negara berkembang seperti Indonesia adalah …. a. pendidikan yang merata b. keberhasilan KB. c. peningkatan kesehatan d.

pendapatan meningkat Soal Nomor 21 Berikut bukan merupakan masalah yang timbul akibat pertambahan jumlah penduduk ….

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

a. kekurangan pangan b. gerak semakin luas c. peningkatan pengangguran d. menurunnya kualitas lingkungan Soal Nomor 22 Salah satu usaha pemerintah untuk mengimbangi pertumbuhan yang pesat adalah …. a. menunda perkawinan usia dini b. mengadakan kerja sama internasional c. menambah lapangan kerja d. menurunkan laju pertumbuhan penduduk Soal Nomor 23 Semakin banyak jumlah penduduk suatu daerah, semakin banyak masalahmisalnya .… a. angka pengangguran semakin meningkat b. kualitas hidup semakin baik c.

lapangan pekerjaan semakin luas d. kebutuhan papan, pangandan sandang menurun Soal Nomor 24 Tujuan Keluarga Berencana adalah …. a. mengatur kelahiran b. meningkatan kesejahteraan keluarga c.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

membatasi kelahiran d. menurunkan laju petumbuhan penduduk Soal Nomor 25 Akibat kepadatan penduduk terhadap sumber daya alam adalah …. a. makin banyaknya pengangguran b. tingkat kriminalitas tinggi c.

semakin sulitnya air dan udara d. lahan pertanian semakin sempit Soal Nomor 26 Tujuan utama transmigrasi adalah …. a. pemerataan jumlah penduduk b. menambah lapangan kerja c.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

penyebaran suku Jawa d. membuka lahan baru Soal Nomor 27 Apaila kota A mempunyai jumlah penduduk lebih padat di bandingkan dengan kota Bmaka pernyataan berikut yang benar adalah …. a. pencemaran udara di kota A lebih rendah bila di bandingkan pencemaran udara di kota B b. pencemaran air di kota B lebih tinggi bila di bandingkan pencemaran air di kota A c. pencemaran udara di kota A lebih tinggi bila di bandingkan pencemaran udara di kota B d.

sampah keluarga di kota A lebih sedikit dari sampah keluarga kota B Soal Nomor 28 Indikator kemakmuran suatu masyarakat dapat dilihat fitoplankton …. a. pendapatan per kapita b. laju kematian penduduk c. jumlah kelahiran d. jumlah penduduk yang kaya Soal Nomor 29 Ilmuwan yang mengatakan bahwa pertambahan penduduk seperti deret ukur sedangkan petumbuhan ekonomi seperti deret hitung adalah ….

a. Charles Darwin b. Robert Malthus c. penyebaran suku jawa d. Carolus Linnaeus Soal Nomor ikan kecil Cara mencegah pencemaran lingkungan oleh limbah rumah tangga adalah …. a. membakar plastik dan sampah plastik b. membuang sampah ke sungai c. dibiarkan hancur sendiri oleh alam d. mengolah sampah menjadi pupuk kompos File contoh Soal Ekosistem di atas dapat di unduh di sini, sedangkan jawabannya bisa di unduh di sini. Baca juga : β€’ Latihan Soal Ekosistem IPA SMP MTs dan Kunci Jawaban β€’ Contoh Soal Ekosistem IPA SMP MTs dan Kunci Jawaban Demikian postingan mengenai contoh soal tentang Ekosistem lengkap dengan jawabannya .Semoga bermanfaat.

1. Perhatikan organisasi kehidupan berikut 1. Sel 2. Organ 3. Jaringan 4. Sistem Organ 5. Organisme Organisasi kehidupan makhluk hidup memiliki struktur yang kompleks. Urutan organisasi kehidupan yang benara dalah ….

A. 1-3-4-2-5 B. 1-2-3-4-5 C. 1-3-2-4-5 D. 1-4-3-2-5 2. Perhatikan gambar sel hewan berikut ! Organelsel yang ditunjuk oleh huruf M berfungsi sebagai …. A. tempat sintesis protein B. alat transportasi sel C. penyimpanan cadangan makanan D. tempat terjadinya respirasi sel 3. Perhatikan data di bawah ini ! 1. Semanggi 2. Kloroplas 3. Dinding sel 4. Sentriol 5. Mitokondria Dari data di atas, ciri khas yang dimiliki oleh sel tumbuhan adalah . A. 1 dan 5 B. 2 dan 4 C. 2 dan 3 D. 4 dan 5 4.

Perhatikan gambar berikut! Sistem transpirasi tumbuhan terjadi pada bagian yang ditunjuk oleh huruf Y yang dinamakan ….

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

A. jaringan spons B. stomata C. xilem D. epidermis 5. Kumpulan berbagai macam yang melakukan satu tugas atau lebih secara bersama disebut . A. Organ B. Sistem organ C. Sistem jaringan D. Organisme 6. Berikut ini adalah beberapa fungsi jaringan pada hewan 1. Mengatur segala aktivitas tubuh 2. Menerima rangsangan dari luar 3. Melakukan gerak pada berbagai bagian tubuh 4. Melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya 5.

Sebagai alat ekskresi Dari data di atas, fungsi jaringan epitel adalah . A. 1 dan 3 B. 2 dan 4 C. 2 dan 3 D. 4 dan 5 7. Sistem organ terbentuk dari kumpulan organ dengan fungsi tertentu. Di bawah ini kelompok organ pencernaan yang benar adalah ….

A. mulut, kerongkongan, hati, lambung, dan usus B. mulut, tenggorokan, lambung, dan usus C. mulut, kerongkongan, lambung, dan usus D. mulut, tenggorokan. paru-paru, dan lambung 8. Saat semanggi pengamatan di kolah terdekat sekolah, di bawah ini yang mana menurutmu termasuk komponen biotik .

A. Ikan-air-tanaman-katak B. Air-batu-tanah-tanaman C. Udara-air-tanah-cahaya D. Tanaman-ikan-lumut-kodok 9. Dalam ekosistem terdapat komponen biotik dan abiotik. Contoh salah satu kmponen abiotik adalah . A. Organisme autotrof dan hetertrof B.

Bakteri dan jamur C. Paku dan lumut D. Udara dan energi 10. Interaksi antara komponen biotik dan komponen abiotik suatu ekosistem, terdapat 6 jenis interaksi.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Peristiwa yang menunjukkan hubungan antara komponen biotik dengan komponen abiotik dalam ekosistem adalah . A. Cahaya matahari mempengaruhi suhu udara B. Jumlah uap air mempengaruhi kelembaban udara C. Perbedaan suhu udara mempengaruhi laju pelapukan batuan D. Tanaman padi tumbuh subur karena dipupuk 11. Perhatikan fitoplankton berikut! Jika populasi belalang pada ekosistem tersebut berkurang, maka yang akan terjadi adalah !

A. Populasi ular akan meningkat B. Populasi katak akan menurun C. Populasi tikus akan menurun D. Populasi burung akan meningkat 13. Di dalam suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dankutu air.

Komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …. A. ikan kecil dan katak B. semanggi dan fitoplankton C. air dan semanggi D. kutu air dan semanggi 14. Perhatian rantai makanan di bawah ini ! Apa yang terjadi jika burung elang banyak diburu untuk diperjual belikan ! A. Elang semakin banyak B. Katak semakin menurun C. Gagal panen karena belalang populasinya meningkat D. Gagal panen karena terjadi peningkatan ekosistem elang 15. Pencemaran udara salah satunya disebabkan oleh gas monoksida (CO).

Gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena dapat menyebabkan …. A. daya tahan tubuh menurun B.

penyumbatan saluran pernapasan C. penyerapan oksigen terganggu D. penglihatan menjadi kabur 16. Pencemaran air adalah masuknya bahan pencemar (polutan) ke dalam lingkungan berair. Fitoplankton tersebut dapat berasal dari limbah industri, limbah industri makanan dan minuman, limbah rumah tangga, dan limbah minyak. Tindakan yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat untuk mengatasi pencemaran air adalah .

A. Membuang limbah rumah tangga di sungai / danau B. Pengolahan limbah cari dari pabrik/industri dengan benar C. Mendirikan kawasan industri yang dekat dengan sumber air D. Kawasan industri tidak harus memenuhi syarat yang telah ditentukan 17.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Kota Cilegon dikenal dengan julukan kota industri. Julukan itu pantas diberikan karena di tanah kelahiran tokoh pejuang Geger Cilegon tersebut, banyak berdiri industri baik skala kecil maupun besar. Industrialisasi di satu sisi membawa dampak bagi kemajuan daerah, peningkatan ekonomi, namun pada sisi lain berdampak negatif. Salah satunya dari pencemaran udara. Cara yang dilakukan untuk mengatasi pencemaran udara dari kegiatan industri adalah .

A. Mengganti penggunaan bahan bakar fosil B. Melakukan penyaringan limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas C. Mengganti bahan bakar kendaraan yang ramah lingkungan D. Mengalirkan gas buangan ke dalam air laut 18. Perubahan warna, bau dan rasa air di perairan disebabkan oleh buangan limbah industri . A. Furnitur B. Kayu C. Elektronik D. Tekstil 19. Pencemaran tanah adalah suatu keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Salah satu cara untuk mengatasi pencemaran tanah adalah bioremediasi yaitu .

A. Proses pembersihan pencemaran tanah dengan mendaur ulang B. Proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan bahan kimia C. Proses pembersihan pencemaran tanah dengan menggunakan mikroorganisme D. Proses pembersihan pencemaran tanah dengan menyimpan tanah di tangki/bak yang kedap 20.

Akibat pembuangan limbah industri yang memiliki derajat keasaman tinggi akan menimbulkan pencemaran air. Salah satu cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah pabrika dalah …. A. menutup industry bahan kimia B. mengolah limbah pabrik sebelum dibuang C. membuang limbah pabrik sedikit demi sedikit D.

membatasi penggunaan bahan kimia 21. Dampak peningkatan pencemaran lingkungan hidup akan menurunkan daya dukung alam bagi ekosistem.

Jenis limbah pertanian yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan adalah …. A. sisa makanan B. minyak C. pestisida D. detergen 22. Efek rumah kaca adalah istilah untuk menggambarkan pemanasan alami yang terjadi akibat pemantulan gas tertentu yang kemudian terperangkap di atmosfer. Efek rumah kaca dapat menjadi masalah lingkungan secara global jika terjadi. A. Kenaikan kadar karbondioksida B.

Kenaikan kelembaban udara C. Radiasi sinar ultraviolet D. Penurunan suhu lingkungan 23. Kebakaran lahan hutan di Sumatera Selatan dan Kalimantan berkontribusi terhadap perubahan iklim dengan meningkatkan emisi karbon di udara sehingga meningkatkan efek rumah kaca. Gas efek rumah kaca yang dihasilkan dari bencana asap kebakaran lahan hutan mengandung senyawa . A. CO dan CO2 B. H2 dan O2 C. He dan Ar D. Ne dan Kr 24. Berikut ini adalah beberapa aktivitas manusia yang dapat menyebabkan pemanasan global, kecuali.

A. Pembakaran sampah B. Polusi metana oleh peternakan C. Membuang sampah sembarangan D. Asap kendaraan bermotor 25. Perhatikan pernyataan di bawah ini !

1. Makhluk hidup terancam punah 2. Peningkatan intensitas terjadinya badai 3. Kenaikan air laut di seluruh dunia 4. Meningkatnya hasil produksi pertanian 5. Hilangnya terumbu karang Peristiwa di atas yang termasuk dampak pemanasan global adalah batu. A. 1,2,3, dan 4 B. 1,2,4, dan 5 C. 1,3,4, dan 5 D. 1,2,3, dan 5 26. Efek rumah kaca dapat berdampak pada pemanasan global.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi terjadinya efek rumah kaca adalah. A. Membatasi penggunaan kompos. B. Meningkatkan pembangunan pabrik C. Membatasi pemakaian bahan bakar fosil D.

Meningkatkan produksi sepeda motor 27. Urutan lapisan bumi dari batu hingga ke permukaan bumi adalah…. A. inti bumi-mantel bumi-kerak bumi B. inti bumi-kerakbumi-mantel bumi C. pada suatu ekosistem rawa terdapat air bumi-inti bumi D.

mantel bumi-kerakbumi –inti bumi 28. Perhatikan data lapisan-lapisan atmosfer batu ini! 1. Eksosfer 2. Mesosfer 3. Troposfer 4. Stratosfer 5. Termosfer Berdasarkan perbedaan suhu vertikal, lapisan atmosfer dari lapisan bawah ke lapisan yang paling tinggi adalah . A. 1-2-4-5-3 B. 3-4-2-1-5 C. 3-4-2-5-1 D. 4-5-2-1-3 29. Lapisan atmosfer mempunyai karakteristik dan fungsinya masing-masing.

Lapisan yang sangat berfungsi menghalau sinar ultraviolet yang berbahaya adalah . A. Troposfer B. Stratosfer C. Mesosfer D. Eksosfer 30. Perhatikan gambar penjalaran gelombang sesmik ! Berdasarkan gambar di atas pusat gempa atau sumber getaran tempat peristiwa yang menyebabkan terjadinya gempa ditunjukkan oleh nomor .

A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 31. Perhatikan struktur gunung berapi berikut ! 1. Graben 2. Kaldera 3. Rekahan 4. Depresi volkano tektonik Bagian dari gunung berapi yang memiliki bentuk menyerupai kawah adalah . A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 32. Letusan gunung api mengeluarkan material padat, cair dan gas.Material yang terbentuk akibat terperangkapnya gas di dalam magma yaitu…. A. Lava B. Bom C. Lapili D. Abu vulkanik 33. Perputaran air laut yang menguap menjadi gas berkondensasi ikan kecil awan dan jatuh kembali ke laut dalam bentuk hujan disebut .

A. Siklus sedang B. Siklus besar C. Siklus sangat besar D. Siklus keci 34. Perhatikan benda-benda langit berikut ! 1. planet 2. satelit 3. komet 4. bintang Benda langit yang tidak memancarkan cahaya sendiri adalah . A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 4 D. 3 dan 4 35.

Semua planet bergerak pada lintasan elips mengitari dengan matahari, berada di salah satu fokus elips. Pernyataan tersebut merupakan bunyi hukum Kepler ke . A. 4 B. 3 C. 2 D. 1
β˜… SMA Kelas 10 / Biologi SMA Kelas 10 Pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, katak kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. Komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …. a. Ikan kecil dan katak b. Semanggi dan fitoplankton c. Air dan semnggi d. Kutu air dan semanggi e. Katak dan kutu Pilih jawaban kamu: A B C D E Soal Selanjutnya > Soal / jawaban salah?

klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar e. 0 N Cara Menggunakan : Baca dan cermati soal baik-baik, lalu pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar dengan mengklik / tap pilihan yang tersedia. Materi Latihan Soal Lainnya: β€’ PPKn Tema 8 SD Kelas 4 β€’ Tayamum - Fiqih MI Kelas 1 β€’ Pencemaran Lingkungan - IPA Bab 9 SMP Kelas 7 β€’ Ulangan IPA Tema 1 SD Kelas 4 β€’ Sejarah Indonesia SMA Kelas 10 β€’ Aturan Merawat Hewan dan Tanaman - PPKn SD Kelas 1 β€’ Sejarah Kebudayaan Islam - Ikan kecil Kelas 5 β€’ PTS Seni Budaya SMP Kelas 7 β€’ Bahasa Arab Bab 4 MI Kelas 5 β€’ PAS Bahasa Jawa Semester 1 Ganjil SD Kelas 5 Tentang LatihanSoalOnline.com Latihan Soal Online adalah website yang berisi tentang latihan soal mulai dari soal SD / MI Sederajat, SMP / MTs sederajat, SMA / MA Sederajat hingga umum.

Website ini hadir dalam rangka ikut berpartisipasi dalam misi mencerdaskan manusia Indonesia. Halaman Depan β€’ Hubungi Kami β€’ Kirim Soal β€’ Privacy Policy β€’ β€’ A. jaringan epitel, jaringan otot, dan jaringan ikat B. jaringan saraf, jaringan ikat, dan jaringan otot C. jaringan embrional, jaringan ikat, dan jaringan saraf D. jaringan embrional, jaringan otot, dan jaringan saraf Kunci jawaban : B 5. Organ manusia memiliki peranan penting dalam metabolisme tubuh.

Organ yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh adalah …. A. hati B. jantung C. pankreas D. paru-paru Kunci jawaban : B 6. Organisasi kehidupan makhluk hidup memiliki struktur yang kompleks.

Urutan organisasi kehidupan yang benar adalah …. A. sel – jaringan – sistem organ – organ – organisme B. sel – organ – jaringan – sistem organ – organisme C. dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah … – jaringan – organ – sistem organ – organisme D. sel – sistem organ – jaringan katak organ –organisme Kunci jawaban : C 7. Sel merupakan unit terkecil penyusun makhluk hidup. Organisme yang hanya memiliki satu sel dinamakan organisme ….

A. multiseluler B. heteroseluler C. heterotrof D. uniseluler Kunci jawaban : D 8. Bagian sel yang berperan untuk mengatur kegiatan sel dengan ikan kecil mengendalikan fungsi gen adalah …. A. membran sel B. ribosom C. vakuola D. nukleus Kunci jawaban : D 9. Sitoplasma merupakan cairan pengisi ruang sel yang banyak mengandung organel sel.

Berikut ini organel sel yang dimiliki oleh hewan maupun tumbuhan adalah …. A. membran sel B. kloroplas C. plastida D. dinding sel Kunci jawaban : A 10. Perhatikan gambar sel hewan berikut! Organel sel yang ditunjuk oleh huruf M berfungsi sebagai ….

A. tempat sintesis protein B. penyimpanan cadangan makanan C. tempat terjadinya respirasi sel D. alat transportasi sel Kunci jawaban : C 11.

Sistem organ terbentuk dari kumpulan organ dengan fungsi tertentu. Di bawah ini kelompok organ pencernaan yang benar adalah …. A. mulut, kerongkongan, hati, lambung, dan usus B.

mulut, tenggorokan, lambung, dan usus C. mulut, kerongkongan, lambung, dan usus D. mulut, tenggorokan. paru-paru, dan lambung Kunci jawaban : C 12. Berikut ini yang bukan merupakan organ penyusun sistem transportasi pada tumbuhan adalah …. A. batang B. bunga C. akar D. daun Kunci jawaban : B 13. Perhatikan gambar berikut! Sistem transpirasi tumbuhan terjadi pada bagian yang ditunjuk oleh huruf Y yang dinamakan ….

A. jaringan spons B. stomata C. xilem D. epidermis Kunci jawaban : B 14. Sistem organ tidak dapat bekerja dengan maksimal jika ada gangguan pada organ-organ penyusunnya.

Gangguan yang terjadi pada ginjal akan dapat memengaruhi sistem …. A. respirasi B. koordinasi C. ekskresi D. pencernaan Kunci jawaban : C 15. Berikut ini adalah contoh gangguan yang terjadi pada organ pencernaan manusia adalah …. A. biduran B. mimisan C. asam lambung D. rabun jauh Kunci jawaban : C ikan kecil. Lingkungan terdiri dari dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan abiotik.

Komponen biotik yang khas terdapat pada ekosistem sawah adalah …. A. tanaman jagung dan belalang B. tanaman kedelai dan ulat C. tanaman padi dan katak D. rumput dan semut Kunci jawaban : C 17. Berikut ini contoh pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik adalah …. A. cahaya matahari dibutuhkan tumbuhan untuk fotosintesis B. cacing dibutuhkan untuk menggemburkan tanah C. pohon diperlukan untuk mencegah erosi tanah D. suhu udara yang dingin dibutuhkan untuk pertumbuhan kentang Kunci jawaban : A 18.

Ekosistem terbentuk dari satuan-satuan penyusunnya. Berikut ini yang bukan satuan penyusun ekosistem adalah …. A. individu B. populasi C. biosfer D. habitat Kunci jawaban : D 19. Dua ekor kupu-kupu pada sebuah taman bunga disebut sebagai …. A. komunitas B. individu C. populasi D. ekosistem Kunci jawaban : C 20.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Masing-masing komponen berperan untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Di dalam ekosistem, jamur dan bakteri berkedudukan sebagai .… A. produser B. konsumen C. karnivora D. pengurai Kunci jawaban : D 21. Berdasarkan kemampuannya dalam menyusun makanan, organisme dibedakan menjadi organisme autotrof fitoplankton autotrof. Tumbuhan hijau adalah organisme autotrof, karena mampu … A. semanggi bahan organik dari anorganik B.

menyusun makanan dari bahan organik C. menghasilkan bahan anorganik dari organik D. memanfaatkan makanan dari hasil fotosintetis Kunci jawaban : A 22. Perhatikan data beberapa hewan berikut! (1) Kerbau (2) Kucing (3) Ayam (4) Buaya (5) Sapi Hewan yang termasuk dalam kelompok omnivora ditunjukkan oleh nomor …. A. (1) dan (3) B. (2) dan (4) C. (2) dan (3) D. (1) dan (5) Kunci jawaban : C 23. Di dalam suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air.

Komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …. A. ikan kecil dan katak B. semanggi dan fitoplankton C. air dan semanggi D. kutu air dan semanggi Kunci jawaban : B 24. Piramida makanan menggambarkan perbandingan komposisi antara jumlah biomassa dan jumlah energi dalam ekosistem. Biomassa terbesar dalam piramida makanan ditempati oleh … A.

produsen B. konsumen 1 C. konsumen 2 D. kosumen 3 Kunci jawaban : A 25. Aliran energi adalah rangkaian urutan pemindahan bentuk energi satu ke bentuk energi yang lain. Urutan proses perpindahan energi di dalam ekosistem adalah… A. matahari – hewan – tumbuhan B. tumbuhan – hewan – matahari C. matahari – tumbuhan – hewan D. hewan – matahari – tumbuhan Kunci jawaban : C 26.

Perhatikan beberapa komponen biotik suatu ekosistem! 1. katak 2. udang 3.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

plankton 4. ikan 5. ular 6. elang Urutan komponen rantai makanan yang benar adalah .… A. 1 – 3 – 4 – 5 B. 2 – 4 – 5 – 6 C. 3 – 4 – 5 – 6 D. 4 – 5 – 6 – 1 Kunci jawaban : C 27. Perhatikan gambar jaring-jaring makanan berikut!

Latihan Soal IPA Ulangan Kenaikan Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Jika populasi kelinci mengalami penurunan, maka akibat yang terjadi pada ekosistem tersebut adalah …. A. penurunan populasi rusa dan elang B. kenaikan populasi ular dan burung hantu C. penurunan populasi macan gunung dan elang D. kenaikan populasi rumput dan rusa Kunci jawaban : C 28. Keberadaan jumlah belalang warna hijau dan coklat di sawah pada awalnya seimbang.

Setelah padi dipanen, ternyata berpengaruh pada jumlah fitoplankton berwarna hijau yang jumlahnya semakin menurun.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Hal ini disebabkan karena …. A. belalang berwarna hijau tidak dapat berkembang biak B. jumlahnya berkurang karena dimakan oleh pemangsa C. tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sawah D. adanya pengaruh predasi antara sesama belalang Kunci jawaban : B 29. Salah satu bentuk interaksi makhluk hidup adalah simbiosis. Suatu hubungan interaksi antara dua jenis individu yang memberikan keuntungan pada salah satu pihak dan kerugian pihak lain disebut simbiosis ….

A. parasitisme B. komensalisme C. mutualisme D. predasitisme Kunci jawaban : A 30. Perhatikan gambar berikut! Hubungan interaksi antara kedua makhluk hidup tersebut adalah …. A. mutualisme B. komensalisme C. parasitisme D. antibiosis Kunci jawaban : A 31. Jenis limbah pertanian yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan adalah ikan kecil.

A. sisa makanan B. minyak C. pestisida D. detergen Kunci jawaban : C 32. Salah satu upaya pengendalian hama yang tidak menimbulkan pencemaran lingkungan adalah dengan cara …. A. penyemprotan dengan insektisida B. pengendalian dengan herbisida C. pengendalian secara biologis D. penyemprotan menggunakan pestisida Kunci jawaban : C 33. Pengaruh DDT sangat berbahaya terhadap makhluk hidup. Apabila DDT terkumpul dalam tubuh burung betina akan menyebabkan …. A. kematian B. kemandulan C. rusaknya organ tubuh D.

menipisnya cangkang telur Kunci jawaban : B 34. Pencemaran udara salah satunya disebabkan oleh gas monoksida (CO). Gas ini sangat sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena dapat menyebabkan ….

A. daya tahan tubuh menurun B. penyumbatan saluran pernapasan C. penyerapan oksigen terganggu D. penglihatan menjadi kabur Kunci jawaban : C 35.

Efek rumah kaca adalah istilah untuk menggambarkan pemanasan alami yang terjadi akibat pemantulan gas tertentu yang kemudian terperangkap di atmosfer. Efek rumah kaca dapat menjadi masalah lingkungan secara global jika terjadi …. A. kenaikan kadar karbondioksida B.

kenaikan kelembaban udara C. radiasi sinar ultraviolet D. penurunan suhu lingkungan Kunci jawaban : A 36. Pencemaran lingkungan dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia. Zat yang menyebabkan terjadinya pencemaran disebut …. A. sampah B.

polutan C. limbah D. polusi Kunci jawaban : B 37. Pencemaran dapat dibedakan berdasarkan jenis bahan pencemarnya. Pencemaran yang diakibatkan oleh bakteri termasuk dalam pencemaran …. A. biologis B. ikan kecil C. fisik D. tanah Kunci jawaban : A 38. Peristiwa masuknya zat atau komponen lainnya ke dalam lingkungan perairan sehingga mutu air terganggu disebut pencemaran ….

A. tanah B. air C. udara D. suara Kunci jawaban : B 39. Air yang kita minum di dalam pengelolaannya harus memenuhi syarat kimia, yaitu …. A. pH air dalam kondisi normal B. air bebas dari segala bakteri patogen C. air tidak berasa D. suhunya berada di bawah suhu luarnya Kunci jawaban : A 40. Salah satu cara untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah dan kutu air.

komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah … adalah …. A. menutup industri bahan kimia B. mengolah limbah pabrik sebelum dibuang C.

membuang limbah pabrik sedikit demi sedikit D. membatasi penggunaan bahan kimia Kunci jawaban : B (*)
Berikut yang menunjukkan bahwa komponen abiotik memengaruhi komponen biotik adalah.A. Cahaya matahari memengaruhi pertumbuhan tanamanB. Jumlah uap … air memengaruhi kelembaban udaraC. Perbedaan suhu udara memengaruhi laju pelapukan batuanD.

Bakteri Rhizobium membantu pertumbuhan kacang tanahBantu jawab kaka>.<jangan ngasal!!​ Jaringan tersebut terdapat di seluruh bagian tumbuhan. Pada organ daun, jaringan tersebut berfungsi untuk menyimpan hasil ikan kecil sebelum diedark … an ke seluruh bagian tumbuhan.

Jaringan yang dimaksud adalah . a. parenkim palisadeb. parenkim sponsc. epidermisd. sklerenkimmohon batuan nya kak​ Potensi ancaman terhadap keanekaragaman hayati sebagai akibat dari perubahan iklim mencakup semua hal berikut:KECUALI: A. Kemungkinan jenis vegetasi d … apat berubah sepanjang garis lintangB. Kemungkinan bahwa spesies khusus dapat binasaC. Kemungkinan gletser akan bertambah besarD. Peningkatan suhu permukaan rata-rata global​ Jika kita berhenti membakar bahan bakar fosil hari ini.

Dampaknya terhadap iklim adalah.A. Suhu rata-rata bumi akan terus meningkat. B. Suhu akan te … rus menghangat, kemudian mulai mendingin dalam 100 tahun lagi.C. Suhu akan berfluktuasi, tetapi rata-rata tetap sama D. Suhu akan berhenti meningkat setelah konsentrasi gas rumah kaca berhentimeningkat.​
1. pada suatu ekosistem rawa terdapat fitoplankton, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air.

komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah. A. ikan semanggi dan katak B. semanggi dan fitoplankton C. air dan semanggi D. kutu air dan semanggi 2. seekor kupu-kupu di sebuah taman bunga disebut.

A.komunitas Katak. individu C. populasi D. ekosistem 3. biomassa terbesar dalam piramida makanan ditempati oleh. A. konsumen 1 B. produsen C. konsumen 2 D. konsumen 3 4. perhatikan beberapa komponen biotik suatu ekosistem! (1) katak (2) udang (3) plankton (4) ikan (5) ular (6) elang urutan komponen rantai makanan yang bener adalah. A. 1-3-4-5 B. 2-4-5-6 C. 3-4-5-6 D. 4-5-6-1 5. keberadaan jumlah belalang berwarna hijau berwarna coklat di sawah pada awalnya seimbang.

setelah padi dipanen, ternyata berpengaruh pada jumlah belalang berwarna hijau yang jumlahnya semakin menurun. hal ini di sebabkan karena. A. belalang berwarna hijau tidak dapat berkembang biak B. jumlahnya berkurang karena dimakan oleh pemangsa C. tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sawah D. adanya pengaruh predasi antara sesam belalang 6. lingkungan dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. lingkungan biotik adalah lungkungan.

A. terdiri atas air, udara dan tanah B. fisik sebagai habitat flora dan fauna C. yang di susun produsen, konsumen dan pengurai D. yang menunjang manusia dan aktivitasnya 7.

jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada. A. air tawar B. ikan kecil C. fitoplankton D. Ikan besar 8. bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah.

A. pengurai B. kanivora C. konsumen D. produsen 9. penggunaan pupuk anorganik yang berlebihan di lahan pertanian akan berdampak pada ekosistem perairan. dampak yang akan terjadi adalah. A. ikan mati kekurangan makanan B. populasi alga meningkat pesat C. suhu perairan meningkat D. kadar karbondioksida 10. jika di sawah terdapat burung 2 ekor belalang, 3 ekor katak, dan 4 ekor ular, maka yang disebut individu adalah. A. seekor burung B. 2 ekor belalang C.

3 ekor katak D. 4 ekor ular 11. dalam suatu ekosistem kolam terdapat (1) ikan karnivora (2) bakteri pengurai (3) fitoplankton (4) ikan herbivora (5) zat-zat organik dari komponen ekosistem kolam di atas dapat disusun suatu rantai makanan yang susunannya sebagai berikut: A.

2,5,3,4, dan 1 B. 5,3,4,1, dan 2 C. 3,4,1,5, dan 2 D. 5,3,4,2, dan 1 yang baik tolong donk bantu in aku. tapi jawaban nya yg bener iya. jangan yg asalΒ² plisss​ Segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup disebut lingkungan. Dalam istilah biologi, lingkungan dapat disebut sebagai ekosistem. Lingkungan atau ekosistem merupakan segala sesuatu disekitar makhluk hidup dan terjadi interaksi di dalamnya.

pada suatu ekosistem rawa terdapat air, batu, ikan kecil, semanggi, fitoplankton, katak, dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah …

Interaksi yang terjadi adalah antara komponen biotik (komponen hidup) dan abiotik (tak hidup). Pembahasan Jawaban dari pertanyaan diatas sebagai berikut: 1. Katak yang berfungsi sebagai produsen adalah B. semanggi dan fitoplankton. Produsen dalam ekosistem diduduki oleh tumbuhan berklorofil karena dapat melakukan fotosintesis. Fitoplankton adalah plankton tumbuhan. 2. Seekor kupu-kupu di sebuah taman bunga disebut B. individu. 3. Biomassa terbesar dalam piramida makanan ditempati oleh B.

produsen. 4. Urutan komponen rantai makanan yang bener adalah C. 3-4-5-6. 5. Hal ini di sebabkan karena B. jumlahnya berkurang karena dimakan oleh pemangsa. Adanya sawah yang belum dipanen dapat melindungi belalang bewarna hijau karena pengaruh warna lingkungan yag sama.

Hal ini membuat belalang hijau terlindung dari predator. Hal berlaku sebaliknya saat sawah tersebut dipanen. 6. Lingkungan biotik adalah lungkungan C. yang di susun produsen, konsumen dan pengurai. Komponen biotik adalah komponen berupa makhluk hidup. Pelajari lebih lanjut tentang hubungan antar komponen biotik di: brainly.co.id/tugas/13931926. 7. Jika suatu ekosistem air tawar tercemar insektisida kadar terbesar penimbunan bahan pencemar akan terdapat pada D.

ikan besar. Akumulasi polutan dalam ekosistem akan terdapat pada konsumen puncak. 8. Bila kadar karbondioksida dalam suatu ekosistem menurun, organisme yang pertama kali menerima dampak negatifnya adalah D. produsen. Karbondioksida dimanfaatkan produsen sebagai bahan fotosintesis. 9. Dampak yang akan terjadi adalah B. populasi alga meningkat pesat. Hal ini disebut blooming alga atau eutrofikasi.

Pelajari lebih lanjut tentang upaya untuk eutrofikasi di: brainly.co.id/tugas/9507385. 10.Yang disebut individu adalah A. seekor burung. Individu adalah makhluk hidup tunggal. 11. Susunan rantai makanan yang benar adalah C. 3, 4, 1, 5, dan 2. Pelajari lebih lanjut tentang rantai makanan di: brainly.co.id/tugas/23117376. Detil jawaban Kelas: 1 SMP Mapel: Biologi Bab: Interaksi makhluk hidup dengan ligkungan Kode: 7.4.8 #AyoBelajar Berikut yang menunjukkan bahwa komponen abiotik memengaruhi komponen biotik adalah.A.

Cahaya matahari memengaruhi pertumbuhan tanamanB. Jumlah uap … air memengaruhi kelembaban udaraC. Perbedaan suhu udara memengaruhi laju pelapukan batuanD. Bakteri Rhizobium membantu pertumbuhan kacang tanahBantu jawab kaka>.<jangan ngasal!!​ Jaringan tersebut terdapat di seluruh bagian tumbuhan.

Pada organ daun, jaringan tersebut berfungsi untuk menyimpan hasil fotosintesis sebelum diedark … an ke seluruh dan kutu air. komponen yang berfungsi sebagai produsen adalah … tumbuhan. Jaringan yang dimaksud adalah . a. parenkim palisadeb. parenkim sponsc. epidermisd. sklerenkimmohon batuan nya kak​ Potensi ancaman terhadap keanekaragaman hayati sebagai akibat dari perubahan iklim mencakup semua hal berikut:KECUALI: A.

Kemungkinan jenis vegetasi d … apat berubah sepanjang garis lintangB. Kemungkinan bahwa spesies khusus dapat binasaC. Kemungkinan gletser akan bertambah besarD. Peningkatan suhu permukaan rata-rata global​ Jika kita berhenti membakar bahan bakar fosil hari ini. Dampaknya terhadap iklim adalah.A. Suhu rata-rata bumi akan terus meningkat. B. Suhu akan te … rus menghangat, kemudian mulai mendingin dalam 100 tahun lagi.C. Suhu akan berfluktuasi, tetapi rata-rata tetap sama D. Suhu akan berhenti meningkat setelah konsentrasi gas rumah kaca berhentimeningkat.​

Ekosistem Perairan Tawar (Danau, Waduk dan Rawa) - Ekologi Umum




2022 charcuterie-iller.com