Setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

• Beranda • Game • Cheat • Mobile Legends • PUBG • Sosmed • Instagram • TikTok • Facebook • Whatsapp • Kata • Ucapan • Doa • Bahasa Gaul • Smartphone • Android • iOS • iPhone • Xiaomi • Samsung • Oppo • Vivo • Realme • Soal • Kunci Jawaban • Contoh Soal • About • Contact • Selengkapnya. • Coba Tools Font Wanjay! • Aplikasi PKK adalah singkatan dari Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang sebelumnya singkatan ini adalah singkatan versi terbaru dari PKWU (Prakarya dan Kewiraushaan).

Nama dari mata pelajaran ini dirubah karena revisi kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Baiklah, disini saya akan membagikan kumpulan contoh soal pkk kelas 11 lengkap dengan kunci jawaban. Baca Juga : Soal dan Jawaban PKK Kelas 12 Pilihan Ganda1.

Disamping membuka lapangan kerja baru, manfaat dari wirausaha diantaranya adalah … a. Mendidik untuk menjadi tekun dan pesimistis b. Mendidik untuk menjadi disiplin, mandiri, jujur, dan tekun c. Hidup dengan sangat berhemat d. Selalu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan e. Melatih kita menjadi seorang yang prihatin 2.

Seorang wirausahawan akan berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan kekuatan dan kemampuannya sendiri tanpa memikirkan pertolongan orang lain terlebih dahulu, mulai dari pembuatan program serta pelaksanaannya merupakan sikap dari perilaku wirausahayaitu … a.

Teliti b. Mandiri c. Mengenal potensi diri d. Berpedoman pada program e. Manajemen yang baik 3. Perhatikan pernyataan berikut ini ! (1) Keberanian setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … resiko (2) Selalu menghasilkan produk yang banyak (3) Kreativitas (4) Selalu menang dalam persaingan (5) Keteladanan menangani usaha Pernyataan di atas yang termasuk sifat kewirausahaan ditunjukkan oleh nomor … a.

(1), (2,) dan (3) b. (1), (2), dan (4) c. (1), (3), dan (5) d. (2), (3), dan (4) e. (3), (4), dan (5) 4. Perhatikan pernyataan berikut ini ! 1. Peluang bersifat jangka pendek 2. Bisa terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya 3.

Produk mudah ditiru orang lain 4. Produk yang dihasilkan dari peluang itu tidak melalui uji pasar yang akurat Pernyataan di atas yang merupakan factor penyebab kegagalan peluang usaha ditunjukkan oleh nomor … a. (1) dan (2) b. (1) dan (4) c. (2) dan (3) d. (2) dan (4) e. (3) dan (4) 5. Setiap wirausaha pasti menginginkan pencapaian prestasi usaha yang tinggi dan unggul sebanding para pesaingnya.

Misalnya dapat menghasilkan produk yang lebih cepat dan lebih laku di pasaran dibandingkan lainnya. Hal tersebut merupakan salah satu prestasi yang dicapai wirausaha. Agar wirausaha dapat mencapai tujuan sikap bekerja yang prestatatif, wirausaha diharapkan … a.

Aktif, kreatif, inovatif dan berpikir kritis b. Berusaha sepenuh hati c. Tidak mudah menyerah d. Meminta bantuan dari para wirausaha sukses setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …. Mempunyai tekad bulat untuk maju 6.

Hak monopoli yang diberikan secara eksklusif kepada seseorang atas kekayaan intelektualnya (meliputi kecerdasan, daya pikir, atau produk pemikiran manusia) dan dapat dialihkan haknya.disebut…. a. HAM b. Hak Cipta c. Hak Paten d. HAKI e. Hak Merek 7. Untuk ciptaan yang berupa buku, pamflet dan karya tulis lainnya, seni tari, seni lukis, seni pahat, seni patung, seni batik, ciptaan lagu atau musik dan karya arsitektur diberikan masa berlaku hak cipta selama… a.

selama hidup sipencipta b. selama hidup sipencipta ditambah 40 tahun setelah pencipta meninggal c. selama hidup sipencipta ditambah 50 tahun setelah pencipta meninggal d. selama hidup sipencipta ditambah 60 tahun setelah pencipta meninggal e. selama hidup sipencipta ditambah 70 tahun setelah pencipta meninggal 8. Pak Hadi merupakan seseorang yang hanya lulusan SD. Dia ingin membangun usaha karena sadar dengan ijazah seperti itu, tidak aka nada perusahaan yang mau menerima dia sebagai pegawai.

Hal ini menunjukkan motiasi usaha yang berasal dari … a. Lingkungan b. Kondisi ekonomi c. Prasangka terhadap orang d.

Dari dalam diri e. Situasi sekitar 9. Peluang usaha atau peluang bisnis dapat ditemukan di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, produksi, distribusi, transportasi, dan sebagainya. Berikut ini yang merupakan contoh peluang bisnis di bidang jasa adalah … a. Salon kecantikan dan pemasok sembako b. Salon kecantikan, bengkel, dan laundry c. Penjualan kartu perdana d. Pembuatan tempe e. Produksi makanan ringan 10. Artis bernama A dalam sebuah wawancara mengaku dia selalu menggunakan computer merek B didalam kegiatan sehari-harinya.

Komputer merek B tersebut dinamakan dengan merek … a. Dagang b. Pribadi c. Perusahaan d. Individu e. Umum 11. Untuk mendapatkan peluang usaha yang baik, wirausaha perlu melakukan analisis terlebih dahulu, yaitu salah satunya dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT yang berkaitan dengan ancaman usaha adalah a. Strenght b. Weakness c. Opportunity d. Threat e. Treaty 12. Pak Banu dan Pak Adi adalah pembuat mesin drone dengan teknologi tercanggih dan diberi merek 3DD421.

Untuk mematenkan merek dangnya, Pak Banu dan Pak Adi dating ke Direktorat merek. Maka, hak atas merek dagang tersebut jatuh kepada … a. Pak Adi b. Pak Banu c. Pak Banu dan Pak Adi d. Tidak ada e. Milik negara 13. Setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. Orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … a. Writer b. Writor c. Plagiator d.

Pencipta e. kreator 14. Diera globalisasi sekarang telah mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas usaha. Namun, era globalisasi memiliki kelemahan dalam hal pembajakan hak cipta. Tujuan dari diadakannya hak kekayaan intelektual adalah … a.

Supaya hasil karya seseorang tidak dibajak b. Supaya hasil karya seseorang tidak ditiru c. Supaya hasil karya seseorang tidak dinikmati semua orang d. Supaya inovasi dan kreatifitas terus berkembang e.

Supaya negara mendapatkan keuntungan 15. Peluang usaha atau peluang bisnis dapat ditemukan di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, produksi, distribusi, transportasi, dan sebagainya. Usaha yang dilakukan dengan membuka usaha rekam video untuk dokumentasi merupakan peluang usaha di bidang… a.

Jasa b. Produksi c. Keuangan d. Kontraktor e. Manajemen 16. Seorang wirausaha memproduksi suatu produk untuk segmen khusus. Pemanfaatan peluang usaha yang digunakan wirausaha tersebut dinamakan… a. Make it the first b. Make it better c.

Make it special products d. Make modification e. Make it bigger 17. Bacalah langkah untuk menemukan inspirasi usaha berikut ini ! (1) Menentukan sector usaha yang tepat (2) Mengevaluasi dan memberdayakanpeluang usaha menjadi produk (3) Menentukan dari mana memulai menemukan sebuah sumber peluang (4) Memberdayakan kekuatan produk yang memiliki nilai jual Gambaran diatas yang merupakan keberhasilan pembangunan ekonomi Indonesia berdasarkan urutan adalah … a. (1), (2), (3), (4) b. (1), (3), (4), (2) c.

(3), (1), (4), (2) d. (4), (1), (2), (3) e. (2), (4), (1), (3) 18. Membuka usaha seperti jasa laundry didekat kampus sangat menjanjikan, karena pasti banyak mahasiswa yang memilih mencucikan baju di tempat laundry yang lebih praktis. Hal tersebut merupakan penerapan analisis peluang usaha menggunakan analisis SWOT yang disebut … a.

Strengths b. Location c. Weakness d. Threats e. Opportunity 19. Linda gemar memasak masakan Jawa. Masakan Linda terkenal enak. Dari kegemaran memasaknya itu, Linda membuka warung makan masakan Jawa.

Peluang usaha tersebut merupakan yang berasal dari … a. Konsumen b. Pesaing c. Diri sendiri d. Perubahan lingkungan e. Selera masyarakat 20. Teknologi baru dapat membawa perkembangan pesat bagi perusahaan. Hal ini sesuai dengan analisis usaha yang disebut dengan … a. Strenght b. Weakness c. Opportunity d.

Threat e. Treaty 21. Ada beberapa faktor keberhasilan peluang usaha. Salah satu faktor keberhasilan usaha tersebut adalah … a. Peluang usaha meniru produk orang lain b. Memiliki banyak modal c. Produk tidak perlu dilakukan uji pasar d. Memiliki strategi pemasaran yang banyak e. Peluang memiliki tingkat resiko kegagalan yang kecil bila dijalankan 22. Pak Hadi memiliki setidaknya 4 pekerja ahli dalam permesinan mobil.

Para ahli tersebut ditugasi untuk menservis kendaraan yang datang ke bengkelnya. Ulasan tersebut dibagi secara hirarkis. Dengan itu, keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan pak Hadi adalah… a. Resiko yang minimal b. Harga yang lebih murah c. Proses manufaktur yang efisien d. Konsep yang sederhana e.

Proses produksi yang lebih cepat 23. Setiap karya seseorang harus diberikan apresiasi atas karyanya. Hak yang diperuntukkan bagi pemegangnya sehingga tidak ada pihak lain yang boleh memanfaatkan tanpa izin pemegangnya disebut … a.

Paten b. Cipta c. Ekslusif d. Hukum e. Kebebasan 24. Setiap ciptaan orang lain harus kita hargai.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Cara kita menghargai hak cipta atas Kekayaan intelektual adalah dengan … a. Tidak membeli software illegal b.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Mengkopi karya orang lain untuk dijual belikan kembali c. Tidak sesuai prosedur pengopian yang telah ditentukan d. Mengubah isi suatu program/software/semua jenis karya orang lain e. Membeli software illegal 25. Merek memiliki kemampuan sebagai tanda yang dapat membedakan hasil perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain di dalam pasar.

Merek yang sengaja dipakai oleh artis ternama sebagai media iklan disebut sebagai…. a. Iklan produk b. Iklan pribadi c.

Iklan umum d. Iklan kebutuhan e. Iklan online 26. Sumber-sumber peluang usaha salah satunya adalah peluang dari perubahan yang terjadi. Informasi dan komunikasi seperti kemajuan adanya smartphone dan internet sehingga memunculkan peluang usaha seperti toko online adalah perubahan … a. Lingkungan b. Peraturan pemerintah c. Teknologi d. Tekanan kerja e. Tingkat kebutuhan 27. Bapak Wito merupakan seorang pedagang batik keliling.

Seiring perkembangan waktu, usaha Bapak Wito berkembang pesar dan berubah menjadi sebuah toko batik yang menempati Gedung cukup representative. Beberapa tahun kemudian toko batik Bapak Wito mengalami kemerosotan yang cukup tajam sehingga Bapak Wito harus mengubah usahanya ke usaha lain. Tetapi Bapak Wito tidak pernah putus asa dan terus setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … usaha tersebut. Sikap Bapak Wito tersebut merupakan karakteristik seorang wirausahawan… a. Berani mengambil resiko b. Memiliki dorongan untuk berhasil c. Memiliki daya tahan dan tekad pantang menyerah yang kuat d. Memiliki saran yang jelas e.

Menanggapi musibah dalam berusaha secara positif 28. Resiko adalah suatu ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa. Adanya biaya-biaya produksi, adanya pinjaman-pinjaman dan utang-utang perusahaan yang besar termasuk pada analisis aspek resiko… a. Resiko SDM b. Resiko potensi pasar c. Resiko keuangan d. Resiko pelanggan e. Resiko aspek produk 29.

Peluang usaha merupakan kesempatan yang seharusnya diambil oleh seorang wirausaha untuk mendapat keuntungan. Modal awal bagi seorang wirausaha untuk mengenali lingkungan, melihat peluang usaha dan mencapai kesuksesan dalam usaha adalah … a. Keuangan b. Manusia c. Keberuntungan d. Modal e. Perencanaan 30.

Setiap hak kekayaan intelektual ada landasan hukumnya. Landasan hukum yang terdapat dalam UU No. 28 tahun 2014 mengatur tentang… a. Hak cipta b. Hak paten c. Hak merek d. Hak hidup e. Hak pribadi 31. Keinginan untuk menjadi seorang pemimpin harus memiliki peluang individu dan menjadi sukses dalam menghimpunbahkan menginvestasikan kekayaan merupakan aspek ….

a. Utama b. Pendukung c. Teknis d. Intern e. Eksten 32. Berikut ini yang bukan dari pengertian prestatif seorang wirausahawan adalah. a. Keinginan untuk maju tanpa harus berusaha b. Cepet puas terhadap kesuksesan yang telah diraihnya c.

Keinginan untuk maju tanpa harus berusaha d. Mengembangkan sikap mental wirausaha e. Mempertahankan keberhasilan 33. Sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah. a. Egois dan terlalu ambisius b. Tidak menyukai pembaruan c. Berani memaksakan diri menjadi orang lain d. Cenderng mudah jenuh terhadap segala kemampuan dan ingin selalu berinisiatif e. Selalu menghindar dari kesalahan dan kesulitan.

34. Pemakaian lebel dalam promosi kerajinan tagan, merupakan suatu informasi yang dibuat pada kemasan biasanya berisikan tentang berikut, kecuali …. a. Gambar produsen.

b. Informasi produk yang sebenarnya c. Alamt produsen d. Logo perusahaan e. Foto atau gambar produk 35. Cara dalam mengembangkan upaya berfikir inovatif dalam berwirausaha adalah…. a. Keharusan bertindak efektif b. Percaya pada diri sendiri c. Keharusan menganalisis peluang usaha. d. Percaya pada sumber ide e. Keharusan memperluar wawasan 36. Di bawah ini adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki pemilik bisnis adalah …… a. Keterampilan teknis tertentu b. Keterampilan teknis c. Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain d.

Kemampuan untuk mengoordinasikan kegiatan bisnis e. Keterampilan bisnis 37. Penciptaan nilai bisnis melalui pengakuan atas pengakuan bisnis. Manajemen risiko sejalan dengan peluang yang ada dan diberikan. Keterampilan komunikasi dan sumber daya diperlukan untuk menjalankan suatu proyek yang disebut …. a. Kewiraswastaan b. Pengusaha c. Pegawai negri d. Petani e. Penjual 38. Yang merupakan jenis bahan limbah organik, kecuali ….

a. Batok kelapa b. Daun jagung c. Kerang d. Plastik e. Daun kering 39. Untuk memaksimalkan keuntungan wirausaha adalah dengan…. a. Sumberdaya yang digunakan b. Memaksimalkan biaya produksi c. Sumberdaya dalam proses produksi d. Minimalisasi proses produksi e.

Minimalisasi biaya produksi 40. Aspek dari fungsi kenyamanan dan keamanan penggunaan produk kerajinan termasuk nilai … a. Estetika b. Ergonomik c. Kenyamanan d. Etika e. Keindahan 41. Suatu tidakan untuk mencapai suatu sasaran disebut….

a. Langkah kegiatan b. Sasaran c. Strategi d. Tujuan e. Manfaat. 42. Tugas yang dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditetapkan disebut… a. Benar b. Efisien c. Efektif d. Selamat e. Penghematan 43. Salah satu syarat untuk menjadi pengusaha yang baik dan sukses adalah … a. Berpikirlah secara luas b. Pikirkan dengan baik c. Pikirkan saja d.

Pikirkan baik-baik e. Mengkonsumsi 44. Yang bukan salah satu alasan kegagalan pebisnis saat menjalankan bisnis adalah …… a. Kekurangan modal b. Manajer tidak setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … c. Lokasinya kurang strategis d. Pemasaran hilang e. Pelatihan kepemimpinan 45. Faktor – faktor yang mempengaruhi tentang keberhasilan dalam usaha, kecuali…. a. Perencanaan yang tepat dan matang b.

Banyak dana c. Dedikasi yang tinggi d. SDM handal dan teknologi tinggi e. Kebutuhan konsumen yang terpuaskan 46. Berikut ini bukan informasi penting bagi wirausahawan yang membuat materi dalam bentuk limbah low profile, yaitu … a. Jumlah karyawan b. Keadaan persaingan di dua perusahaan c. Lingkungan bisnis d. Peluang pasar yang bisa dicapai e. Keinginan konsumen untuk suatu produk 47. Berikut ini sensibilitas wirausahawan yang diproduksi dalam bentuk bahan yang tidak diperhitungkan untuk lingkungan atau peka terhadap lingkungannya yaitu: a.

Rukun b. Kenali pentingnya lingkungan c. Memiliki keinginan besar untuk mengeksplorasi dan menggunakan sumber daya ekonomi di lingkungan lokal d. Terima kasih atas semua yang dicapai atau didengar e. Jago mengevaluasi waktu 48. Salah satu tujuan kewirausahaan, yaitu … a. Sebagai mesin pembangunan ekonomi b. Penciptaan pekerja baru c. Mendidik orang untuk hidup mudah d. Berikan contoh kepada orang muda untuk bekerja keras e. Meningkatkan jumlah pengusaha yang sangat berkualitas dan berdedikasi 49.

Faktor yang mempengaruhi kegagalan usaha dengan peralatan sistem teknik adalah, kecali…. a. Menunda waktu b. Ketekunan wirausaha c. Berfikir negatif d. Prilaku boro e. Memiliki kehati-hatian berlebihan 50. Peralatan keselamatan kerja yang tidak digunakan dalam pembuatan alat yang mendukung suatu proses produksi kerajinan limbah adalah….

a. Sarung tangan b. Kacamata c. Helm d. Penutup muka e. Pakaian kerja 51. Inovatif, kreatif, fleksibel memiliki banyak sumber serbaguna Ini adalah karakter wirausaha, yang memanifestasikan dirinya dalam karakteristik.

Profil pengusaha tersebut memiliki, … a. Yakin b. Berorientasi pada tugas dan hasil c. Berani mengambil risiko d. Memandang ke depan e. Orisinalitas 46. Jenis produk yang tidak sesuai berdasarkan tujuan pemakaiannya adalah …. a. Shopping goods b. Speciality goods c. Unsought goods d.

Consumer goods e. Convenience goods 47. Syarat yang harus terpenuhi bagi seoang wira usaha pada bisang kerajinan dan rekayasa yaitu … A. Modal yang sangat besar B. Bersedia bekerja keras dan bertanggung jawab atas pekerjaannya sendiri C. Berani menghadapi resiko yang terjadi D. Keterampilan dan kepandaian yang luar biasa E. Pendidikan formal yang tinggi dan sesuai 49. Untuk membuat sebuah desain produk yang sesuai, maka kita perlu mengenali beberapa komponen yang terdapat pada produk. Komponen produk tersebut terdiri dari.

a. Merek, harga dan manfaat b. Merek, harga dan kemasan c. Merek, ide dan harga d. Merek, ide dan kemasan e. Merek, harga, desain 50. Salah satu alasan utama dalam melakukan pengemasan adalah …. a. Produk yang dikemas dapat lebih awet. b. Produk yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi c. Kemasan memenuhi syarat keamanan dan kemanfaatan d. Sebagai media komunikasi suatu citra tertentu e.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Produk yang dikemas untuk menutupi kekurangan 51. Secara umum kemasan memiliki fungsi, kecuali …. a. Melindungi dan mengawetkan produk. b. Meningkatkan efisiensi. c. Sebagai identitas produk. d. Agar lebih menarik konsumen e. Agar terlihat berkualitas a. Menggunakan sumber daya secara semaksimal mungkin b. Mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal c. Bertanggung jawab dalam menyeleseikan pekerjaan d. Menentukan keberhasilan sendiri e.

Memiliki pemikiran yang non destruktif 102.Sikap menaati peraturan yang sering terkait dengan faktor waktu disebut. a. Suatu objek untuk di perjual belikan b. Suatu objek untuk memenuhi kebutuhan sehari hari c. Suatu objek atau jasa yang memiliki nilai.

d. Suatu objek yang tidak memiliki fungsi e. Suatu objek untuk mempermudah sesuatu pekerjaan 106. Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatip berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut….

a. Barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. b. Fungsi barang itu sendiri c. Bagus tidak nya barang tersebut d. Mahal suatu barang e.

Berat suatu barang 110. Disamping mempunyai kekurangan, komunikasi lisan juga mempunyai kebaikan, dibawah ini merupakan kebaikan komunikasi lisan, kecuali ….

a. tidak semua hal yang dikomunikasikan secara tertulis b. dapat lebih tegas dan jelas c. mempunyai daya tahan yang lama d. merupakan pegangan yang pasti oleh penerima komunikasi e. dapat disebar seluas luasnya 111. Ditinjau dari asal usul kata, setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … berasal dari 2 ( dua ) kata yaitu "Wira" dan "Usaha" Kata Wira artinya … a.

informasi mutu (kualitas) harus digunakan untuk perbaikan, bukan untuk mengawasi orang b. kolaborasi, sinergi, bukanlah kompetensi harus selalu merupakan basis kerjasama c. rasa keadilan harus ditanamkan d. kewenangan harus melampui tanggung jawab e. imbal jasa harus sepadan dengan pekerjaannya 113. Faktor-Faktor Keberhasilan usaha adalah… a. Hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan, memperbanyak ciptaannya b.

HAKI telah menjadi isu yang sangat penting dan mendapat perhatian baik dalam nasional maupun internasional c. Hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi d. Seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran e. Departemen Kehakiman sehingga dilindungi oleh undang-undang 120. Pengertian Hak cipta adalah . a. Hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan,memperbanyak ciptaannya b.

Pencipta sebagai pemilik hak cipta atau pihak yang menerima hak tersebut dari pencipta c. HAKI telah menjadi isu yang sangat penting dan mendapat perhatian baik dalam nasional maupun internasional d. Hasil setiap karya pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni, atau sastra e.

Seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran 121. Presentasi hasil pengamatan kegiatan usaha wirausahawan umumnya berhubungan dengan faktor- faktor dibawah ini, kecuali …. a. Resiko yang mungkin terjadi dalam proses usaha yang dilakukan b. Resiko saat melakukan sesuatu c. Resiko membuat sesuatu d. Resiko Pengambilan barang jasa e. Resiko mengambil keputusan 126. Seorang wirausahawan akan berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan kekuatan dan kemampuannya sendiri tanpa memikirkan pertolongan orang lain terlebih dahulu, mulai pembuatan program sampai pelaksanaannya, adalah sikap ….

a. Sikap dan perilaku persuatif b. Sikap dan perilaku realistis c. Sikap dan perilaku prestatif d. Sikap dan perilaku positif e. Sikap dan perilaku prestasi 138. Kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu yang baru baik berupa gagasan kemampuan berusaha maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut. a. Usahanya tidak akan sia – sia b. Usahanya dapat digunakan bertahan hidup c. Usahanya mampu mengubah wajah dunia d.

Usahanya dari dana sendiri e. Menumpuk pundi – pundi uang 145. Karakteristik wirausaha untuk menuju sukses adalah . a. Kreatif dan inovatif b. Mudah putus asa c. Tidak berani berspekulasi d. Selalu berpikir positif e. Bertindak semau sendiri a. Hak yang diberikan ornag tua kepada anaknya b.

Hak asasi bagi pembuat program untuk mengizinkan orang lain mengcopinya secara bebas c. Hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku d. Hak ekslusif bagi pembajak program untuk memperbanyak ciptaan orang lain dan memberikan izin dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut perundangundangan yang berlaku e.

Sekumpulan instruksi yang diwujudkan dalam bentuk bahasa,kode,skema bentuk lain 147. Syarat karya intelektual adalah belum pernah dipublikasi atau disebut memenuhi unsur. . a. Membuat para pembajak software untuk minta maaf kepada pembuat program b.

Membuat negara indonesia terlihat hebat di mata dunia c. Sebagai pelengkap saja dari undang-undang hak cipta internasioanal d. Melindungi pembajak software atau program,pengopi program e. Melindungi kreasi penulis,seniman,pengarang,dan pemain musik,pengarang sandiwara, serta pembuat film dan perangkat lunak(software) 149. Bentuk konkrit maupun abstrak yang memiliki nilai yang berasal gagasan atau ide seseorang merupakan pengertian dari.

a. Menggunakan sofrtware bajakan b. Melakukan crack terhadap software c. Tidak menggunakannya untuk tindak kriminal d. Memodifikasi sesuai keinginan e. Menyalin software orang lain semaunya 151. Apa yang harus kita lakukan sebelum memulai usaha, kecuali .

a. Membuat konsep bisnis b. Kenali target market c. Membuat bisnis timeline dengan matang d. Membuat anggaran modal yang jelas e. Santai saja 152. Tujuan dari kewirausahaan adalah. a. Agar mampu menahan air atau kelembaban udara di dalam kemasan b.

Mudah dikerjakan secara massal dan harganya relatif murah c. Dapat mempertahankan warna, aroma, dan cita rasa produk d. Kemasan tidak mudah rusak e. Kemasan mudah dibentuk dan dicetak 158. Berdasarkan sifat perlindungan terhadap lingkungan, kaleng dan botol gelas tergolong dalam kemasan….

a. Produksi biasa b. Produk c. Produksi agraris d. Produk jadi e. Produk istimewa 167. Salah satu peranan wirausaha adalah .

a. Membudayakan semangat kerja b. Meningkatkan kewirausahaan berkualitas c. Menunjukkan sikap berwirausaha d. Meningkatkan pendapatan masyarakat e. Menghasilan kemajuan teknologi 168. Dibawah ini merupakan jenis – jenis produksi, kecuali. a. Pemasaran b. Pembentukan c. Finishing d.

Painting e. Produk 181. Fase yang berfungsi menjembatani interaksi antara perusahaan dengan pelanggan yaitu. . a. Perancangan produk b. Manufaktur c. Pemasaran d. Perancangan detail e. Perancangan konsep 182.

Berikut yang tidak berkaitan dengan kegiatan produksi dalam teknik manufaktur yaitu. a. Tujuan hidup untuk memenuhi keinginan berprestasi b. Bekerja keras guna memperoleh keuntungan c. Pandai membaca peluang d. Proses mengubah peluang suatu gagasan/ide menjadi sesuatu yang dapat dijual e.

Proses menemukan ide-ide yang briliian 194. Seorang wirausaha haruslah memiliki rasa komitmen yang tinggi, salah satunya yaitu. a. Menggunakan sumber daya secara semaksimal mungkin b.

Mendapatkan hasil maksimal dengan sumber daya minimal c. Bertanggung jawab dalam menyeleseikan pekerjaan d. Menentukan keberhasilan sendiri e.

Memiliki pemikiran yang non destruktif 195. Sikap menaati peraturan yang sering terkait dengan faktor waktu disebut.

a. Mau belajar ilmu manajemen usaha b. Mau meminta jasa konsultan c. Mau meminta jasa pengusaha lain yang sudah sukses d. Mau percaya usaha dapat dilaksanakan e. Meminta jasa kenalan 201. Kunci peluang usaha sebenarnya terletak pada : a. Konsumen b. Distributor c. Agen d. Pemerintah e. Wirausaha 202. Salah satu tujuan dalam pengembangan ide dan peluang setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … dalam produk atau jasa adalah : a.

Primer b. Sekunder c. Tersier d. Kuartener e. Dispossable 206. Untuk membuat produk yang menarik diperlukan kreatifitas dalam bentuk. a. harga yang kompetitif b. tempat usaha yang strategis c. kualitas produk d. kemasan yang menarik e. penampilan produk 207. Dalam perusahaan apabila menginginkan produk atau usaha dapat bersaing dengan kompetitor yang lain maka harus memperhatikan beberapa hal yaitu. a. Memahami kelemahan-kelemahan para pesaing b. Memahami keunggulan produk pesaing c.

Memahami lingkungan perusahaan d. Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasar e. Memahami kelebihan pesaing 208. Untuk membuat sebuah desain produk yang sesuai, maka kita perlu mengenali beberapa komponen yang terdapat pada produk. Komponen produk tersebut terdiri dari. a. Karakteristik produk selaras dengan kebutuhan pelanggan. b. Bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. c. Penggunaan waktu secara efisien.

d. Perkecil revisi yang diperlukan untuk membuat suatu desain yang dapat dikerjakan e. Melakukan pengembangan sesuai tuntutan pasar 224. Berikut kelebihan dari produk berupa barang antara lain.

a. Membutuhkan tempat untuk memajang hasil produk b. Membutuhkan tempat untuk penyimpanan barang berupa gudang c. Membutuhkan banyak karyawan d. Menghemat gaji karyawan e. Memiliki alur proses produksi yang jelas 225. Kejadian-kejadian yang penting oleh wirausahawan dicatat dan didokumentasikan, semua ini berkaitan dengan faktor : a.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Menciptakan b. Memodifikasi c. Mengkombinasikan d. Mengembangkan e. menggabungkan 230. Kreasi yang merupakan rancangan peletakan tiga dimensi, dengan minimal satu elemen aktif, serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu sirkuit terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan sirkuit terpadu merupakan pengertian dari.

a. Konsepsi keimanan, konsepsi ilmu, konsepsi sosial b. Konsepsi hak, konsepsi kekayaan, konsepsi perlindungan hukum c. Konsepsi internal, konsepsi eksternal, konsepsi umum d. Konsepsi kuantitas, konsepsi kualitas, konsepsi average e. Semua Salah 232. Produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi yang terdapat elemen dan memiliki minimal satu elemen aktif yang berkaitan dan terbentuk secara terpadu didalam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik merupakan pengertian?

a. Konsepsi keimanan, konsepsi ilmu, konsepsi sosial b. Konsepsi hak, konsepsi kekayaan, konsepsi perlindungan hukum c.

Konsepsi internal, konsepsi eksternal, konsepsi umum d. Konsepsi kuantitas, konsepsi kualitas, konsepsi average e. Semua Salah 234. Undang-undang yang mengatur tentang varietas tanaman adalah. a. UU No. 29 tahun 2000 b. UU No. 14 tahun 2001 c. UU No. 19 tahun 2002 d. UU No. 15 tahun 2001 e. UU No. 31 tahun 2000 235. Yang dimaksud dengan tanda daftar perusahaan adalah. a. Tanda pendaftaran yang diberikan oleh perusahaan kepada dinas perdagangan atas berdirinya perusahaan b.

Tanda pendaftaran yang diberikan oleh kamar dagang Indonesia kepada dinas perdagangan atas bentuk kerjasama c. Tanda pendaftaran yang diberikan kamar dagang Indonesia kepada perusahaan sebagai tanda anggota d. Tanda pendaftaran yang diberikan oleh kantor pendafaran perusahaan kepada pedagang keliling atau kaki lima sebagai syarat berdagang e. Tanda pendaftaran yang diberikan oleh kantor pendaftaran perusahaan kepada badan usaha atau perusahaan yang telah disahkan pendaftarannya.

236. Hosting merupakan jenis teknologi pengembangan web yang menjadi. a. Memenuhi keinginan dan minat konsumen terhadap kebutuhan jenis produk b.

Kemampuan produk yang mendatangkan laba c. Mencegah kebosanan konsumen terhdap jenis produk d. Memenangkan persaingan dalam pengembangan usaha e. Mendayagunakan sumber-sumber produksi 256. Siapakah pendiri KFC? a. Mark Zukenberg b. Bill Gates c. Frank Sinatra a. Barang dapat diserahkan sewaktu-waktu b.

Dapat menjamin penyerahan barang dengan mudah dan cepat c. a dan b benar d. Konsumen mengambil sendiri barang yang diinginkan e. Agar penduduk sekitar menjadi lebih padat 267. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi usaha yang tepat,kecuali a.

Dalam bentuk perusahaan b. Berbentuk toko c. Jarang tertarik pada bisnis tahap awal, kecuali sangat menarik d. Dana investasi lebih dari USD $ 1 juta e. Perlu terlibat dalam manajemen 284. Disamping mempunyai kekurangan, kumunikasi lisan juga mempunyai kebaikan, dibawah ini merupakan kebaikan komunikasi lisan, kecuali….

a. Dapat disebar seluas luasnya b. Merupakan pegangan yang pasti oleh penerima komunikasi c. Tidak semua hal yang dikomunikasikan secara tertulis d. Mempunyai daya tahan yang lama e. Dapat lebih tegas dan jelas 285. Salah satu keberhasilan dalam menjual produk yaitu pemasaran. Pemasaran yang lagi marak pada saat ini yaitu melalui media. 286. Dalam bekerja kita harus mempunyai sifat mampu kerja untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai.

Mereka dapat memanfaatkan waktu yang optimal sehingga kadang tidak mengenal waktu. Jarak serta kesulitan yang dihadapi. Dalam bekerja penuh semangat dan berusaha keras untuk meraih hasil yang maksimal.

Pernyataan tersebut merupakan bentu kerja. a. Tata busana b. Tata boga c. Tata usaha d. Tata kelola e. Tata Niaga 306. Sebuah usaha ayam geprek menjual setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … unit produk setiap hari dengan harga jual Rp 11.000 per ayam dan HPP sebesar Rp 8.000 per ayam. selain dari penjualan ayam geprek, penjualan nasi, sayur dan minuman memberikan keuntungan kotor sebesar Rp 6.000.000 per bulan. keuntungan kotor yang akan didapatkan usaha ayam geprek tersebut adalah. a. Memiliki orientasi pada masa depan perusahaan b.

Kualitas produk dan pelayanan jasa yang dikehendaki masyarakat c. Masyarakat yang akan dilyani d. Produk dan pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat e. b dan c benar 311. Untuk memudahkan dalam menentukan sasaran usaha,maka perusahaan perlu memiliki hal-hal dibawah ini, kecuali. a. Dapat mengiringi kemampuan dan materi informasi peluang usaha melalui berbagai media b. Meningkatkan kerjasama para wirausahawan c. Untuk mempercepat pengambilan keputusan dalam menentukan peluang usaha d.

Membuka pemanfaatan peluang usaha yang ada e. Mencari laba tanpa mempedulikan pelanggan 324. Sebuah konsep yang menempatkan kreativitas dan pengetahuan sebagai aset utama dalam menggerakkan ekonomi bisnis disebut . 328. Kreasi berupa rancangan peletakan tiga dimensi dari berbagai elemen, sekurangkurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, serta sebagian atau semua interkoneksi dalam suatu sirkuit terpadu dan peletakan tiga dimensi tersebut dimaksudkan untuk persiapan pembuatan sirkuit terpadu.

Pengertian dari? 330. Produk dalam bentuk jadi atau setengah jadi, yang didalamnya terdapat berbagai elemen dan sekurang-kurangnya satu dari elemen tersebut adalah elemen aktif, yang sebagian atau seluruhnya saling berkaitan serta dibentuk secara terpadu didalam sebuah bahan semikonduktor yang dimaksudkan untuk menghasilkan fungsi elektronik. Pengertian dari ? 1. Dilihat dari asal usul sebuah kata, kewirausahaan berasal dari 2 (dua) kata yaitu “Wira” dan “Usaha” Kata Wira artinya … a.

kemauan bekerja keras b. punya kemampuan untuk maju c. punya pikiran yang maju ke depan d. sanggup memikul resiko 2. Seorang wirausahawan akan berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan kekuatan dan kemampuannya sendiri tanpa memikirkan pertolongan orang lain terlebih dahulu, mulai pembuatan program sampai pelaksanaannya, adalah sikap …. a. proses inkubasi b. melalui ide c. latar belakang atau akumulasi pengetahuan d. evaluasi dan implementasi latar belakang atau akumulasi pengetahuan 4.

Kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatip berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya disebut …. a. kreatifitas b. hasil karya c. realitas d. produktivitas 5. Disamping mempunyai kekurangan, kumunikasi lisan juga mempunyai kebaikan, dibawah ini merupakan kebaikan komunikasi lisan, kecuali ….

a. dapat disebar seluas luasnya b. merupakan pegangan yang pasti oleh penerima komunikasi c. tidak semua hal yang dikomunikasikan secara tertulis d. mempunyai daya tahan yang lama 6. Suatu proses yang mengubah ide baru / aplikasi baru menajadi prosuk yang berguna disebut … a.

inovasi b. kreatifitas c. konsep d. penemuan 7. Menurut James Brian Quinn, ada 4 faktor yang mendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan kemampuan inovatif yaitu seperti dibawah ini, kecuali…… a. mengetahui perkembangan perekonomian b. melaksanakan menejemen berusaha c. mengetahui seluk beluk bisnis dan peluangnya d. menerapkan teknologi dalam usahanya 9.

Presentasi hasil pengamatan kegiatan usaha wirausahawan umumnya berhubungan dengan factor factor dibawah ini, kecuali …. a. perjuangan dan pengorbanan wirausahawan b. tingkat pendidikan wirausahawan itu sendiri c.

kejujuran dan keyakinan wirausahawan d. pola pikir positip wirausahawan 10. Suatu system pemberian hukuman atau penghargaan / hadiah bagi seseorang atau sekelompok orang atau lembaga karena kesalahan atau keberhasilan yang ia ciptakan, disebut …. a. sosialisasi b. otosugesti c. self confidence d. punishment and reward 11. Disamping membuka lapangan kerja baru manfaat dari wirausaha diantaranya adalah a. mendidik untuk menjadi tekun dan pesimistis b. mendidik untuk menjadi disiplin, mandiri, jujur dan tekun c.

hidup dengaan sangat berhemat d. selalu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan e. melatih kita menjadi seorang yang prihatin a. meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas b.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

menambah daya tampung tenaga kerja c. membudidayakan semangat sikap dan perilaku kemampuan d. menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tangguh dan kuat e. mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat SOAL ESSAY 1. Peluang usaha dapat muncul dari berbagai perubahan yang terjadi jika orang tersebut mampu membaca situasi untuk melihat peluang usaha.

Kebutuhan tentang kesehatan, gaya hidup, dan pola makan masyarakat merupakan salah satu perubahan dari … Jawaban : Perubahan tingkat kebutuhan 2. Melihat ancaman terhadap usaha-usaha yang beresiko tinggi, memiliki siklus hidup yang pendek, dan tidak terukur serta pesaing-pesaing yang memiliki kemampuan yang lebih baik dari kita. Oleh karena itu kita melihat peluang usaha dengan menggunakan analisis SWOT, yang dapat dilihat dari … Jawaban : Threat (ancaman/hambatan) 3.

Dalam prototyping ada beberapa tahapan, yaitu tahap mengumpulkan ide, tahap perumusan fisik dalam usaha produk keatif. Teknik melakukan diskusi dan diambil kesimpulan terbaik untuk menetapkan sebuah konsep dan motif produk kreatif yang kita inginkan dan akan disukai pembel merupakan tahapan … Jawaban : Tahap mengumpulkan ide 4.

Peluang usaha dapat diperoleh dengan melakukan beberapa cara. Karena adanya unsur paten HAKI atau tuntutan dari pihak yang ditiru maka yang ditiru adalah fungsi dan tujuan penggunaan produknya dengan merek dan kemasan yang berbeda merupakan pemanfaatan peluang secara … Jawaban : Clonning 5.

Merek menjadi salah satu kata yang sangat popular yang sering digunakan dalam hal mempublikasikan produk baik itu lewat media massa seperti disurat kabar, majalah, tabloid maupun lewat media elektronik seperti televisi, radio, dan lain-lain.

Jenis-jenis merek ada 5. Tulis jenis-jenis merek Jawaban : Merek produk, merek perusahaan, merek pribadi, merek regional, merek budaya 6. Apakah itu segmentasi pasar?

a. Wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi. Jawaban: Analisis strength atau kekuatan, yaitu sebagai berikut: a. Tenaga ahli servis dapat memperbaiki beragam jenis barang elektronik. b. Menjual jasa servis elektronik yang bermutu baik.

c. Menggunakan transaksi yang menarik menggunakan media online dan bertemu secara langsung. d. Lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat/ konsumen di daerah sekitar. e. Menawarkan biaya servis yang terjangkau dan memuaskan. 15. Apakah yang dimaksud kegiatan servis? Jawaban: Analisis weakness atau kelemahan, yaitu sebagai berikut. a. Usaha jasa perbaikan barang dan penjualan barang listrik dan elektronik merupakan usaha yang belum lama didirikan dan belum terlalu dikenal masyarakat sekitar, untuk menangani kelemahan ini, dilakukan promosi secara terus menerus melalui media online, melalui komunikasi serta penyebaran brosur.

b. Sudah banyaknya pesaing usaha perbaikan barang elektronik c. makin canggihnya teknologi itu menjadi ancaman bagi usaha. Produksi Agraris adalah Kegiatan Produksi yang dilakukan pada suatu perusahaan agraris yaitu dengan cara mengolah sumber daya alam terlebih dahulu sehingga menghasilkan barang baru. Misalnya mengolah tanah pertanian, membuat perkebunan kelapa sawit, dan pemeliharaan ikan bandeng.

22. Tuliskan ciri – ciri orang yang memiliki jiwa kewirausahaan. Jawaban: • Optimistis. • Berani dalam mengambil resiko. • Memiliki semangat juang yang tinggi. • Integritas. • Memiliki budaya unggul. • Forward thinking 23. Uraikan yang dimaksud kewirausahaan. Jawaban: Kewirausahaan adalah perilaku atau sikap berani yang dilakukan oleh seseorang untuk melakukan berbagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan hidup dengan mengandalkan kemampuan, keahlian, dan potensi yang dimilikinya.

Kemampuan ini digunakan untuk menghasilkan dan menciptakan suatu barang yang bermanfaat bagi orang lain. Konsumen ialah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan. 26. Apa yang dimaksud dengan Produsen?

Jawaban: Produsen ialah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan. 27. Apa yang dimaksud dengan Distributor?

28. Jelaskan tentang falsahah DORAEMON! Jawaban: Falsafah Doraemon adalah falsafah yang dikemukakan oleh mantan menpora Adyaksa Dault yang terdiri dari : Dream Opportunity Reform Action Energy Mapping Organization Network Penjelasan: Doraemon yang dimaksud oleh Adyaksa Dault bukanlah film jepang yang merupakan robot teman setia Nobita, namun beberapa akronim kata yang jika digabung membentuk kata Doraemon yaitu dream atau mimpi, Opportunity atau kesempatan, Reform atau menyusun rencana dan mengaplikasikannya, Action atau tindakan, Mapping atau pemetaan, organization atau organisasi, dan network atau jaringan.

Perilaku kerja prestatif adalah dorongan bekerja untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik secara berkesinambungan. Untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang prestatif dan diharapkan mampu bersaing serta mampu bertahan dalam segala kondisi. 30. Apa yang dimaksud dengan to create, to modify, to combine? to create artinya menciptakan sesuatu yang baru dengan berinovasi tanpa henti. to modify artinya mengubah sesuatu dari bentuk semula kebentuk yang lain supaya mempunyai nilai jual yang tinggi to combine artinya mengkombinasikan atau menggabungkan suatu produk dengan produk yang lain atau menggabungkan suatu bahan dengan bahan yang lain sehingga tercipta barang atau produk yang lain.

5) Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk dari produk di dalamnya, misalnya jika produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain di sekitarnya. Maksud aplikatif hasil penelitian yang ditemukan dapat dilakukan secara berulang-ulang.

Dapat juga diartikan memiliki tingkat kemanfaatan bagi masyarakat. Semakin hasil penemuannya digunakan masyarakat luas, mengindikasikan bahwa penemuannya berhasil sebagai solusi atas permasalahan yang muncul. Karya intelektual memiliki syarat konsisten, tidak mudah berubah-ubah. Setiap produk yang akan dihasilkan mempunyai fungsi atau kegunaan yang berbeda, hal ini tergantung untuk keperluan apa produk itu dibuat.

Dengan demikian bahwa desain produk itu berhubungan bentuk dan fungsi dari suatu produk. Keduanya memegang peranan penting dalam menentukan suatu desain produk yang pada dasarnya untuk memberikan kepuasan yang maksimal bagi konsumen atau pelanggan baik segi kualitan maupun segi kuantitas. Cara menggunakan solder atraktor, yaitu pada bagian ujung ditekan atau dipompa sampai berbunyi klik, kemudian kaki komponen yang dilepas dipanasi dengan solder listrik. Jika sudah dipompa dan tekan tombol (lingkaran kecil), maka cairan tenol akan tersedot ke dalam solder atraktor.

Kemudian solder atraktor ditekan lagi untuk mengeluarkan kotoran tenol yang berada di dalamnya. Kotoran tenol ini akan berbentuk padat. 1. Artis bernama A dalam sebuah wawancara secara terang terangan mengaku bahwa dia selalu menggunakan komputer merek B didalam kegiatan sehari harinya.hal tersebut dinamakan dengan merek. a.dagang b.pribadi c.perusahaan d.individu e.umum 2.dalam kaitannya dengan hak cipta,memperbanyak memiliki arti sebagai berikut,kecuali.

a.menjual b.menyewa c.mengadaptasi d.mengomunikasikan hak cipta e.diambil tanpa sepengetahuan orang lain 3. UU No 28 Tahun 2014 menyangkut tentang . a.hak merek b.hak paten c.hak umum d.hak hidup e.hak pribadi 4. Produk B memiliki slogan yang dianggap lain dari pada yang lain. memiliki keterangan tersebut, manfaat merek pada produk B adalah. citra unik yang terbentuk dalam benak konsumen e.sumber financial returns,terurtama menyangkut pendapatan masa datang 5. Pak Banu dan Pak Adi adalah pembuat mesin ground dengan teknologi tercanggih dan diberi merek 3DD421.Untuk mematenkan merek daganganya,Pak Banu dan Pak Adi datang ke direktorat merek.maka ,hak atas merek dagangan tersebut jatuh kepada .

a.pak adi b.pak banu c.pak banu dan pak adi d.tidak ada e.milik negara 6. Berikut ini tidak termasuk dalam hak atas kekayaan intelektual,yaitu. a.hak cipta b.hak paten c.hak dagang d.rahasia dagang e.desain industri 7.

Orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut. a.writer b.writor c.plagiater d.plagiator e.pencipta 8. Undang-Undang di Indonesia yang memuat tentang HAKI adalah.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

a.UU nomor 19 tahun 2002 b .UU nomor 19 tahun 2003 c.UU nomor 19 tahun 2006 d.UU nomor 19 tahun 2004 e.UU nomor 19 tahun 2005 9.

Lama hukuman penjara bagi orang yang dengan sengaja melanggar hak cipta adalah. a.2,5 tahun b.5 tahun c.7 tahun d.10 tahun e.15 tahun 10. Denda maksimal yang dibayar oleh para pelanggar hak cipta adalah. a.Rp 5.000.000,00 b.Rp 50.000.000,00 c.Rp 100.000.000,00 d.Rp 150.000.000,00 e.Rp 500.000.000,00 11. Hak yang diberikan pemerintah kapada pencipta untuk memperbanyak hasil ciptaanya disebut.

a.hak cipta b.hak intelektual c.hak royalti d.hak paten e.hak asasi 12. Cara kita menghargai hak cipta atas kekayaan intelektual adalah dengan. a.tidak membeli software ilegal b.mengopi karya orang lain untuk dijual belikan kembali c.tidakm prosedur pengopian yang telah di tentukan d.mengubah isi suatu program/software/semua jenis karya orang lain e.tidak membeli software ilegal 13.

Pasal apakah yang mengatur atas hak intelektual (HAKI)?.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

a.undang-undang No 19 tahun 2001 b.undang –undang No 20 tahun 2002 c.undang-undang No 19 tahun 2002 d.undang-undang No 20 tahun2001 e.undang-undang No 20 tahun 1945 14.

Tujuan diadakan hak kekayaan intelektual adalah. a.supaya hasil karya seseorang tidak di bajak b.supaya hasil karya seseorang tidak di tiru c.supaya hasil karya tidak dinikmati semua orang d.supaya inovasi dan kreativitas terus berkembang e.supaya negara mendapat keuntungan 15. Apa yang harus di korbankan untuk mengembangkan kekyaan intelektual yang paling tepat adalah. a.rumah ,telepon b.buku,handpone c.tenaga,waktu ,biaya d.anak,pekerjaan e.peralatan rumah tangga 16. Merek yang sengaja dipakai oleh artis ternama sebagai media iklan disebut.

a.iklan produk b.iklan pribadi c.iklan umum d.iklan kebutuhan e.iklan online 17. Berikut bukan yang tidak ada dalam formulir pengajuan perlindungan merek adalah. a.Tanggal,bulan, tahun b.Nama c.Kewarganegaraan d.Alamat e.Alasan memasukkan merek 18.

Tata cara permintaan pendaftaran hak merek diatur dalam. a.UU Nomor 23 tahun 1993 b.UU Nomor 24 tahun 1994 c.UU Nomor 23 tahun 1993 d.UU Nomor 25 tahun 1994 E.UU Nomor 16 tahun 1980 19. Johannes gutenberg memiliki jasa terhadap perkembangan hak intelektual dunia karena dia adalah penemu. a.mesin uap b.mesin cetak c.mesin jahit d.radio e.televisi 20.

Jenis merek terbagi menjadi. a.1 b.2 c.3 d.4 e.5 B.Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang benar ! 1. Apa saja yang harus diisi oleh pemohon hak merek di dalam formulirnya ? 2.sebutkan sebab sebab adanya pengalian hak paten ! 3.apa yang dimaksud pencipta dalam UU No 28 tahun 2014? 4.mengpa indonesia keluar dari Konvensi Bern? 5.apa perbedaan antara merek produk dengan merek pribadi?

Jawaban A. Pilihan ganda 1.a 2.d 3.c 4.b 5.c 6.c 7.c 8.a 9.d 10.a 11.a 12.a 13.c 14.d 15.a 16.a 17.e 18.a dan c 19.b 20.c B. Essay 1). ~Nama merek, ~Arti dari merek, ~ Warna dari merek, ~ Gambar merek, ~Nama perusahaan, ~ Alamat merek.

2).~pewarisan ~ghibah ~wasiat ~perjanjian tertulis ,atau ~hal hal lain yang bisa di benarkan Sesuai undang undang. 3). masalah hak cipta diatur dalam Undang-undang Hak Ciptayaitu, yang berlaku saat ini, undang undang Nomor 28 tahun 2014. Dalam undang undang tersebut, pengertian hak cipta adalah "hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku" (pasal 1 butir 1).

4). Karena indonesia ingin keluar dari konvensi bern agar intelektual Indonesia bisa memanfaatkan hasil karya, cipta, dan karsa bangsa asing tanpa harus membayar royalti. 5). ~merek a produk adalah perpaduan antara berbagai elemen yang jika dikombinasikan secara bersama sama maka akan menciptakan sebuah nilai bagi yang menggunakan nya.

~ merek pribadi adalah merek yang dimiliki oleh distributor atau pedagang dari produk atau jasa seperti zyrex ubud yang menjual laptop cloud everex, hipermarket giant yang menjual kapas merek giant, carrefour yang menjual produk elektrinik dengan merek bluesky, supermarket hero yang menjual gula dengan merek hero, dan lain sebagainya.

DEVELOPER GAPTEK Assalamu'alaikum wr.wb Tutorial membuat game flappy bird menggunakan game maker untuk pemula gameplay nya cuma mengontrol sebuah burung kecil agar tidak menabrak sebuah obstacle/rintangan.

Flappy Bird ini sering membuat saya gregetan sendiri : Nah mau tau cara buat gamenya? simak tutorial membuat game flappybird menggunakan game maker berikut. Tutorial : 1. Buat sebuah " Sprite " baru.

Beri nama " spr_flappy ". Ukurannya 32x32 dan gambarlah flapybird versi kalian. Sprite ini nantinya digunakan untuk karakter utama game flappy bird nya. Lalu set originnya setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … 16x16. Save. Note: maaf sprite/gambarnya buka burung, soalnya sy gabisa gambar burungnya :( jadi saya gambarkan saja menjadi sebuah bola. 2. Buat " Sprite " baru lagi. Beri nama " spr_tiang ". Ukurannya 32x64 dan gambar sebuah tiang/obstacle/rintangan untuk nanti di game flappy bird nya.

3. Sekarang buat " Object " baru. Beri nama Analisis swot adalah metode setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan ( strengths ), kelemahan ( weaknesses ), peluang ( opportunities ), dan ancaman ( threats ) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT ( strengthsweaknessesopportunitiesdan threats ). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan ( strengths ) mampu mengambil keuntungan ( advantage ) dari peluang ( opportunit
Pada bagian pertama soal Soal Ulangan Akhir Semester I Kelas X TIK dan Jawaban berisikan 20 soal.

berikut ini bagian kedua berisikan pilihan ganda dan essay. 21. Orang yang mengendalikan data pada sebuah system program komputer disebut dengan….

a. admin b. operator c. analisis d. programmer e. projecter jawaban: d 22. Program aplikasi yang digunakan untuk membuat bentuk pengolah kata adalah…. a. macromedia flash b. paint c. microsoft word d. photoshop e. pagemaker jawaban: c 23. Hak ekslusif bagi pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya disebut….

a. hak paten b. hak cipta c. hak asasi d. hak milik e. hak dagang jawaban: b 24. Berikut ini tidak termasuk dalam hak atas kekayaan intelektual adalah…. a. hak cipta b. hak paten c. hak dagang d. rahasia dagang e. desain industri jawaban: a 25. Orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut…. a. writer b. writor c. plagiater d. plagiator e. pencipta jawaban: d 26. Alat pada CPU yang dapat digunakan untuk memperbanyak data pada CD disebut….

a. CD room b. CD writer c. compact disk d. scanner e. VCD jawaban: a 27. Undang-undang di Indonesia yang memuat tentang HAKI adalah…. a. UU nomor 19 tahun 2002 b. UU nomor 19 tahun 2003 c. UU nomor 19 tahun 2006 d. UU nomor 19 tahun 2004 e.

UU nomor 19 tahun 2005 jawaban: a 28. Lama hukuman penjara bagi orang yang dengan sengaja melanggar hak cipta adalah…. a. 2, 5 tahun b.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

5 tahun c. 7 tahun d. 10 tahun e. 15 tahun jawaban: b 29. Denda maksimal yang dibayar oleh para pelanggar hak cipta adalah…. a. Rp. 5.000.000,00 b. Rp. 50.000.000,00 c. Rp. 100.000.000,00 d. Rp. 150.000.000,00 e. Rp. 500.000.000,00 jawaban: e 30. Hak yang diberikan pemerintah kepada pencipta untuk memperbanyak hasil ciptaannya disebut….

a. hak cipta b. hak intelektual c. hak royalti d. hak paten e. hak asasi jawaban: a 31. Software yang diperbanyak tanpa seizin pemegang hak cipta, berarti dibuat secara….

a. ilegal b. asli c. bajakan d. legal e. palsu jawaban: a 32. Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut…. a. MAN b. GAN c. LAN d. WAN e. BAN jawaban: c 33. Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dibeberapa benua disebut…. a. LAN b. MAN c. GAN d. WAN e. BAN jawaban: d 34. Jenis topologi jaringan yang menyerupai bentuk cincin disebut…. a. topologi mesin b. topologi star c. topologi tree d. topologi bus e.

topologi ring jawaban: e 35. Dalam suatu jaringan, komputer yang dipakai untuk mengendalikan client dan merupakan pusat informasi dinamakan komputer…. a. server b. workstation c. pusat d. terpadu e. sentral jawaban: a 36. System bilangan basis 2 disebut dengan…. a. decimal b. hexadesimal c. biner d. okta e. romawi jawaban: c 37. Micro SD termasuk dalam media yang benar adalah…. a. penyimpanan b.

outputdata c. antivirus d. software e. brainware jawaban: a 38. Kepanjangan yang benar dari bit adalah…. a. trinery digit b. binary digit c. byte persecond d. brainware intelegence e. dwinery digital jawaban: b 39. Orang yang membuat program komputer disebut dengan…. a. admin b. operator c. analisis d. programmer e. projecter jawaban: d 40. Perangkat keras yang digunakan untuk mencetak data hasil pemrosesan komputer disebut….

a. monitor b. printer c. RAM d. hardisk e. speaker jawaban: b essay 41. Sebutkan etika dan moral menggunakan TIK? Jawaban: - Tidak melakukan pembajakan - Tidak menyalin atau menggandakan hasil karya orang lain tanpa seizin pemilik hak cipta - Tidak melakukan perubahan dengan cara mengurangi atau menambah terhadap hasil karya orang lain - Memakai perangkat lunak yang asli atau bukan bajakan - Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan 42.

Sebutkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menghindari risiko bekerja dengan komputer? Jawaban: a. mengatur posisi tubuh b. mengatur posisi monitor c. mengatur letak kabel komputer d. mengatur penggunaan CPU dengan benar e. mengatur penggunaan keyboard 43. Apakah hardware dan software itu? Berilah contoh masing-masing dua? Jawaban: Hardware (perangkat keras) adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Contohnya: keyboard dan mouse. Software (perangkat lunak) adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang di format kemudian disimpan secara digital.

Contohnya: Microsoft Office dan sistem operasi (OS) 44. Apakah kepanjangan dari CPU, RAM, ROM, dan ALU? Jawaban: - CPU : Central Processing Unit - RAM: Random Access Memory - ROM : Read Only Memory - ALU : Arithmetical Logical Unit 45.

Jelaskan perbedaan antara jenis LAN dan MAN! Jawaban: - LAN: Suatu jaringan komputer yang hanya berhubungan dalam satu lokasi atau satu gedung. - MAN: Jaringan yang lebih besar jangkauannya dari pada LAN, meliputi area antar wilayah dalam satu provinsi.

Baca juga: Contoh Soal Informatika Kelas X semester 1 Beserta Jawaban Kurikulum 2013 (PG) sanksi pelanggaran hak cipta serta solusi jika tersinggung masalah ini (solusi, dasar hukumnya) Setiap warga negara berhak untuk melahirkan sebuah karya dan mendapat pengakuan serta perlindungan atas karya yang diciptakan. Atas dasar tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan sebuah rumusan peraturan yang mengatur hak-hak tersebut dan dituangkan dalam suatu perundang-undangan.

Hak Atas Kekayaan Intelektual Hak Atas Kekayaan Intelektual atau yang kerap disingkat HAKI merupakan sebuah perlindungan hukum yang diberikan sebuah negara tertentu kepada seseorang atau sekelompok individu yang telah menuangkan gagasannya dalam wujud sebuah karya. Hukum ini bersifat teritorial kenegaraan. Artinya, sebuah karya hanya akan dilindungi hak-haknya di negara tempat karya tersebut didaftarkan untuk memperoleh HAKI.

Sebagaimana yang tertuang di dalam Undang-Undang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002, Hak Atas Kekayaan Intelektual adalah hak eksklusif yang diberikan suatu peraturan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Adapun karya yang dilindungi adalah dalam bentuk benda tak berwujud seperti hak cipta, paten, dan merek dagang dan benda yang berwujud berupa informasi, teknologi, sastra, seni, keterampilan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Lantas, seberapa pentingnya hak cipta asal kekayaan intelektual? Hal ini sangat berkaitan dengan kehidupan dalam aspek sosial dan ekonomi. Pasalnya, seseorang yang menghasilkan sebuah karya boleh jadi berpotensi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah hingga triliunan. Hal ini tentu akan menjadi sebuah kerugian yang sangat disayangkan bilamana pihak lain yang tidak terlibat dalam proses kelahiran karya tersebut melakukan penjiplakan dan pembajakan sehingga menghalangi hak-hak ekonomi si pencipta (seseorang atau beberapa orang yang secara sendiri-sendiri atau bersama-sama menghasilan suatu ciptaan yang bersifat khas dan pribadi—pasal 1 UU Hak Cipta).

Klasifikasi Hak Atas Kekayaan Intelektual Pada dasarnnya, HAKI dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, yakni Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Masing-masing memiliki cakupan serta sifat yang berbeda seperti berikut ini. Hak Cipta Menurut Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, Hak Cipta didefinisikan sebagai hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hak Cipta juga merupakan bagian dari kekayaan intelektual di bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang mempunyai peranan strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Hak Cipta sendiri mencakup dua hak lainnya, yakni hak moral dan hak ekonomi. Hal ini termaktub dalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta pasal 5 sampai 19. Hak Kekayaan Industri Hak Kekayaan Industri terbagi lagi menjadi empat kategori, yakni Hak Paten, Hak Merek, Hak Produk Industri, dan Rahasia Dagang.

• Hak Paten Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2001 Tentang Paten, yang dimaksud dengan paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu melaksanakan sendiri invensi tersebut atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakannya.

Adapun yang dimaksud dengan invensi adalah ide inventor yang dituangkan ke dalam suatu kegiatan pemecahan masalah yang spesifik di bidang teknologi berupa produk atau proses, atau penyempurnaan dan pengembangan produk atau proses.

• Hak Merek Sebelumnya, regulasi mengenai hak merek tertuang dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Namun sejak 2016, Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Pasal 1 UU Tentang Merek dan Indikasi Geografis menyebutkan bahwa hak atas merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara kepada pemilik merek yang terdaftar untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.

Di samping itu, pasal ini juga menjelaskan beberapa kategori merek seperti berikut. Merek, yakni tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 (dua) dimensi dan/atau 3 (tiga) dimensi, suara, hologram, atau kombinasi dari 2 (dua) atau lebih unsur tersebut untuk membedakan barang dan atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

Merek dagang, yakni merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan barang sejenis lainnya. Merek jasa, yakni merek yang digunakan pada jasa yang diperdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum untuk membedakan dengan jasa sejenis lainnya.

Merek kolektif, yakni merek yang digunakan pada barang dan atau jasa dengan karakteristik yang sama mengenai sifat, ciri umum, dan mutu barang atau jasa serta pengawasannya yang akan diperdagangkan oleh beberapa orang atau badan hukum secara bersama-sama untuk membedakan dengan barang dan atau jasa sejenis lainnya. Jenis-Jenis Pelanggaran Hak Cipta Ada beberapa bentuk kegiatan yang dianggap sebagai pelanggaran hak cipta, antara lain mengutip sebagian atau seluruh ciptaan orang lain yang kemudiaan dimasukkan ke dalam ciptaannya sendiri (tanpa mencantumkan sumber) sehingga membuat kesan seolah-olah karyaannya sendiri (disebut dengan plagiarisme), mengambil ciptaan orang lain untuk diperbanyak tanpa mengubah bentuk maupun isi untuk kemudian diumumkan, dan memperbanyak ciptaan orang lain dengan sengaja tanpa izin dan dipergunakan untuk kepentingan komesial.

Adapun batasan-batasan penggunaan, pengambilan, setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …, atau pengubahan suatu ciptaan baik sebagian maupun seluruhnya yang tidak termasuk dalam perbuatan yang melanggar Hak Cipta bila sumbernya disebutkan secara lengkap untuk kepentingan: • pendidikan, penelitian, penulisan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta atau Pemegang Hak Cipta; • keamanan serta penyelenggaraan pemerintahan, legislatif, dan peradilan; • ceramah yang hanya untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau • pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.

Untuk lebih jelasnya, batas-batas mengenai perbuatan yang tidak dianggap sebagai perilaku pelanggaran Hak Cipta dapat ditinjau pada pasal 43 sampai 53 tentang Pembatasan Hak Cipta di dalam Undang-Undang Hak Cipta. Sanksi Pelanggaran Hak Cipta img src: Virtual ZigZag Pelanggaran terhadap Hak Cipta dapat diproses sebagai pidana sebagaimana yang tertuang dalam pasal 120 UU Hak Cipta, “Tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini merupaan delik aduan.” Adapun sanksi pelanggaran hak cipta yang diberikan dapat berupa pidana penjara dan/atau denda seperti berikut.

Pasal 112 Setiap orang yang dengan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 ayat (3) dan/atau pasal 52 untuk penggunaan secara komersial, dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah). Pasal 113 • Setiap orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (1) huruf i untuk penggunaan secara komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100.000.000 (seratus juta rupiah).

• Setiap orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan/atau huruf h untuk penggunaan secara komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

• Setiap orang yang dengan tanpa hak dan/atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … pasal 9 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf e, dan/atau huruf g untuk penggunaan secara komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

• Setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang dilakukan dalam bentuk pembajakan, dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp4.000.000.000,00 (empat miliar rupiah). Pasal 114 Setiap orang yang mengelola tempat perdagangan dalam segala bentuknya yang dengan sengaja dan mengetahui membiarkan penjualan dan/atau penggandaan barang hasil pelanggaran Hak Cipta dan/atau hak terkait di tempat perdagangan yang dikelolanya sebagaimana dimaksud dalam pasal 10, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah).

Pasal 115 Setiap orang yang tanpa persetujuan dari orang yang dipotret atau ahli warisnya melakukan penggunaan secara komersial, penggandaan, pengumuman, pendistribusian, atau komunikasi atas potret sebagaimana dimaksud dalam pasal 12 untuk kepentingan reklame atau periklanan untuk penggunaan secara komersial baik dalam media elektronik maupun nonelektronik, dipidana dengan pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

om Contoh Pelanggaran Hak Cipta Kasus pelanggaran hak cipta adalah kasus yang sudah lama ada baik di Indonesia maupun berbagai negara lainnya. Dampak pelanggaran hak cipta ini umumnya memberi kerugian secara material bagi pencipta.

Bahkan lebih luas, hak ekonomi dan hak moral pemilik hak yang terkikis dapat menurunkan motivasi setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … berkreasi. Bila kondisi ini terjadi, maka besar pula merosotnya potensi kreativitas makro negara yang berefek pada ekonomi nasional.

Pembajakan Software Pelanggaran hak cipta ini adalah contoh yang paling banyak dan mudah ditemui, baik di Indonesia maupun luar negeri. Di Indonesia sendiri, penyidik PPNS Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual sempat melakukan penindakan pelanggaran hak cipta bersama Business Software Association (BSA) dan Kepolisian di Mall Ambassador dan Ratu Plasa. Sebelumnya pada tanggal 10 Februari 2012, BSA melakukan pelaporan ke DKJI mengenai adanya penjualan bebas CD software bajakan di dua pusat perbelanjaan tersebut.

Dari hasil penindakan ini didapatkan 10.000 keping CD sebagai barang bukti. Kerugian dari pelanggaran ini cukup besar. CD asli dijual dengan harga mencapai Rp1.000.000,00, sedangkan oknum hanya menjual per keping dengan kisaran harga Rp50.000,00 sampai Rp60.000,00. Plagiarisme Musik Sejumlah musisi besar dunia juga tidak luput dari dugaan pelanggaran hak cipta. Ed Sheeran, seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser asal Inggris pernah digugat oleh musisi lainnya asal Amerika di tahun 2016.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Martin Harrington—penulis lagu dan produser musik—dan Thomas Leonard—penulis lagu di bawah naungan perusahaan Harrington—menuntut Ed Sheeran sebesar 20 juta dolar atas lagu berjudul Photograph.

Menurut dua musisi yang berbasis di California tersebut, ciptaan Ed Sheeran tersebut memiliki struktur yang serupa dengan salah satu lagu mereka yang berjudul Amazing. Gugatan dilayangkan di Pengadilan Federal Central District California. Photograph diklaim memiliki 29 nada identik dengan lagu Amazing. Sebagai catatan, lagu Photograph dirilis pada tahun 2015, sementara Amazing sudah lebih dulu menyapa penikmat musik sejak tahun 2009.

Tren lagu-lagu cover di berbagai platform digital juga berpotensi menimbulkan gugatan serupa. Kasus antara grup musik Payung Teduh dan penyanyi muda Hanin Dhiya juga sempat meramaikan publik. Lagu Akad milik Payung Teduh yang laris manis di pasaran dibuat versi cover oleh Hanin. Merasa tidak ada izin sebelumnya, pihak Payung Teduh lantas membuat pernyataan terbuka yang menyuarakan kekecewaannya meski tidak menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Apa yang Harus Dilakukan Saat Mengetahui Adanya Pelanggaran Hak Cipta?

Sebagai pencipta karya, kekecewaan tentu akan dirasakan saat melihat pihak lain mengklaim karya terebut sebagai miliknya—terlebih jika mendapat keuntungan yang begitu besar. Maka dari itu, pemegang hak cipta berhak melakukan gugatan ganti rugi kepada Pengadilan Niaga atas pelanggaran Hak Cipta sebagaimana yang diatur di dalam UU Hak Cipta pasal 95 sampai 104.

Adapun cara penyelesaian sengketa dapat dilakukan melalui alternatif penyelesaian sengketa, arbitase, atau pengadilan (Pengadilan Niaga). Penyelesian sengketa pelanggaran Hak Cipta dilakukan dalam tempo yang cukup singkat sebagaimana tertulis dalam pasal 100 dan 101 UU Hak Cipta berikut. • Gugatan atas Pelanggaran Hak Cipta diajukan kepada Ketua Pengadilan Niaga. • Gugatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dicatat oleh panitera Pengadilan Niaga dalam register perkara pengadilan pada tanggal gugatan tersebut didaftarkan.

• Panitera Pengadilan Niaga memberikan tanda terima yang telah ditandatangani pada tanggal yang sama dengan tanggal pendaftaran.

• Panitera Pengadilan Niaga menyampaikan permohonan gugatan kepada Ketua Pengadilan Niaga dalam waktu paling lama 2 (dua) hari terhitung sejak tanggal gugatan didaftarkan.

• Dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari terhitung sejak gugatan didaftarkan, Pengadilan Niaga menetapkan hari sidang. • Pemberitahuan dan pemanggilan para pihak dilakukan oleh juru sita dalam waktu paling lama 7 (tujuh) hari terhitung sejak gugatan didaftarkan. Untuk putusan atas gugatan tersebut, UU menyatakan bahwa atas maksimal putusan dikeluarkan adalah 90 (sembilan puluh) hari sejak gugatan didaftarkan.

Apabila dalam jangka waktu tersebut putusan masih belum juga dapat dikeluarkan, maka dapat diperpanjang selama 30 (tiga puluh) hari atas persetujuan Ketua Mahkamah Agung. Terkait: Menghadapi persoalan royalti atas hak cipta Pendaftaran Hak Cipta di Indonesia Mendaftarkan sebuah hak cipta bukanlah kewajiban setiap warga negara, melainkan sebuah hak.

Maka dari itu, keputusan untuk mendaftarkan hak cipta atas hasil karya yang dibuat sepenuhnya berada pada individu, sekelompok, atau lembaga pencipta tersebut. Manfaat Mendaftarkan Hak Cipta Kendati demikian, bilamana karya yang dihasilkan berpotensi atau sengaja dibuat untuk diambil nilai ekonomisnya, maka di sinilah peran dan manfaat dari mendaftarkan hak cipta dan merek dagang.

Hal ini berkaitan dengan fungsi proteksi. Dengan lebih dulu mendaftarkan hak cipta dan merek dagang ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, maka tidak perlu lagi ada kekhawatiran pihak lain yang dapat menyabotase dan mengambil keuntungan dari sebuah karya yang dibangun dengan susah payah.

Di samping fungsi proteksi, manfaat dari mendaftarkan hak cipta dan merek dagang ke DKJI adalah fungsi ekonomis. Bilamana ada pihak lain ingin menggunakan merek yang telah terdaftar hak cipta atau dagangnya untuk kepentingan tertentu seperti pemasaran, maka pihak tesebut harus lebih dulu meminta izin kepada pencipta.

Pencipta pun setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … otoritas untuk menolak atau mengiyakan dengan kerja sama tertentu seperti adanya sejumlah uang yang harus dibayarkan atau sebagainya.

Prosedur Pendaftaran Hak Cipta Prosedur pendaftaran Hak Cipta di Indonesia tidaklah rumit. Selagi memenuhi persyaratan dan menjalankan proses sesuai prosedur seperti berikut, proses pengurusan hak cipta tidak memakan waktu terlalu lama. 1. Menyiapkan persyaratan administrasi sebagai berikut. • Mengisi formulir pendaftaran. • Melampirkan contoh ciptaan dan uraian ciptaan yang dimohonkan. • Melampirkan bukti kewarganegaraan pencipta atau pemegang hak cipta.

• Melampirkan bukti badan hukum bilamana pemohon adalah badan hukum. • Melampirkan surat kuasa bilamana permohonan dilakukan melalui kuasa. • Membayar biaya permohonan. 2. Setelah persyaratan ini dilengkapi, maka DKJI akan melakukan pemeriksaan administratif.

Berkas yang lengkap akan segera dievaluasi untuk kemudian ditentukan apakah didaftarkan atau ditolak. Apabila ditemukan ketidaklengkapan berkas, maka setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … diberi kesempatan untuk melengkapi dalam jangka waktu tiga bulan. Bilamana dalam jangka waktu yang ditentukan tersebut pemohon tidak dapat melengkapi, maka permohonan akan ditolak. 3. Setelah permohonan dievaluasi dan didaftarkan, maka DKJI akan melakukan pemberian surat pendaftaran ciptaan. Tarif PNBP Hak Cipta Jenis Permohonan Ruang Lingkup Metode Satuan Tarif (Rp) Pendaftaran Suatu Ciptaan Usaha Mikro Elektronik Per permohonan 200.000 Manual 250.000 Umum Elektronik 400.000 Manual 500.000 Pendaftaran Suatu Ciptaan Berupa Program Komputer Usaha Mikro Elektronik Per permohonan 300.000 Manual 350.000 Umum Elektronik 600.000 Manual 700.000 Pencatatan Pemindahan Hak atas Suatu Ciptaan yang Terdaftar dalam Daftar Umum Ciptaan – – Per Nomor Daftar 150.000 Perubahan Nama dan Alamat Suatu Ciptaan yang Terdaftar dalam Daftar Umum Ciptaan – – Per Nomor Daftar 100.000 Petikan Tiap Pendaftaran Ciptaan Dalam Daftar Umum Ciptaan – – Per Nomor Daftar 100.000 Salinan Surat Pendaftaran Hak Cipta – – Per Nomor Daftar 100.000 Lisensi Hak Cipta – – Per Nomor Daftar 100.000 Keterangan Tertulis Mengenai Ciptaan Terdaftar – – Per Nomor Daftar 100.000 Perbaikan Data Permohonan Pendaftaran Ciptaan – – Per Nomor Daftar 100.000 Koreksi Surat Pendaftaran Ciptaan atas Kesalahan atas Data Permohonan Pendaftaran Ciptaan yang Disampaikan oleh Pemohon – – Per Nomor Daftar 100.000 Sumber: www.dgip/go.id Alternatif Pendaftaran Hak Cipta Berdasarkan uraian di atas, pendaftaran hak cipta di Indonesia dapat dilakukan oleh pencipta sendiri maupun pihak lain yang diberi kuasa.

• Mendaftar melalui Kanwil Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM (Kanwil Depkumham) hanya berada di ibu kota provinsi. Dengan demikian, pihak yang berada di luar wilayah ibu kota provinsi harus mendatangi langsung Kanwil Depkuham di provinsinya. • Mendaftar melalui Jasa Konsultan Cara lain yang lebih mudah adalah dengan melalui jasa konsultan.

Dengan membayar biaya jasa pada konsultan yang dipilih, proses permohonan Hak Cipta dapat dilakukan dengan lebih praktis dan efisien. • Mendaftar melalui Situs Online Mengikuti perkembangan dunia digital, mendaftarkan hak cipta lewat E-Hak Cipta juga dapat menjadi opsi terbaik. Pendaftaran dapat dilakukan lanngsung ke situs resmi DKJI di sini.

Baca juga: Bisakah Penyelesaian Sengketa Merek Diselesaikan Melalui Arbitrase? BPLAWYERS dapat membantu anda. kami dapat membantu anda dalam memberikan solusi terbaik dalam merancang dan menyiapkan seluruh kebutuhan terkait penyelesaian sengketa merek melalui forum arbitrase baik di badan arbitrase nasional indonesia atau lembaga arbitrase lainnya.

Anda dapat menghubungi kami melalui: E : ask@bplawyers.co.id H : +6221-8067-4920 Cc: igo
P l a g i a t o r. Penjelasan: Plagiarisme adalah perbuatan pengambilan karangan, ide, pendapat atau karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya secara lengkap dan menjadikannya seolah-olah menjadi karya, ide atau pendapat sendiri.

Hasil dari plagiarisme disebut plagiat sedangkan pelakunya disebut plagiator. # S e m o g a M e m b a n t u. Perhatikan wacana berikut ini. Aris dan Riko adalah dua siswa TK B. Mereka berteman akrab di sekolah. Orngtua Anton adalah seorang dosen sedangkan ora … ngtua Riko adalah seorang pemilik toko kelontong. Pada suatu hari, Bu Sari, guru mereka di sekolah meminta anak-anak menceritakan apa yang mereka ketahui tentang dinosaurus. Ketika tiba giliran Aris, ia bercerita bahwa ia menonton video dari Youtube tentang dinosaurus.

Dinosaurus adalah hewan yang sangat mengerikan, badannya sangat besar, sebesar rumah, badannya penuh duri, ekornya panjang. Sementara, Riko menggambarkan dinosaurus sebesar buaya yang ia lihat di kebun binatang di kotanya. Dinosaurus suka berenang, giginya tajam, suka makan ayam hidup. Dari ilustrasi di atas, a. berikan 1 contoh proses asimilasi yang dialami oleh Aris dan Riko b.

berikan 1 contoh proses akomodasi yang dialami oleh Aris dan Riko​ Dalam sebuah transaksi pembelian rumah, disepakati harga sebesar Rp 600.000.000,- dalam kesepakatan tersebut pembeli harus membayar DP (Downpayment) s … ebesar Rp 25.000.000,- dan sisa pembayaran akan dilaksanakan dalam beberapa waktu pelunasan, transaksi tersebut dibuatkan perjanjian tertulis.

Setelah dalam beberapa hari sebelum pelunasan oleh pembeli, penjual meminta tambahan dengan alasan bahwa nilai tanah telah meningkat 2 kali lipat dari harga yang disepakati. Kemudian secara sepihak penjual rumah menaikkan harga jual menjadi Rp 650.000.000,- atau naik Rp 50.000.000,- Pertanyaan 1. Jika dikaitkan dengan perikatan, perjanjian dan kontrak, apakah transaksi jual beli rumah antara penjual dan pembeli tersebut akan bermasalah secara hukum?

2. Bagaimana agar perjanjian jual beli rumah dapat berjalan sesuai dengan ketentuan Pasal 1313 KUHPerdata? READY FULL JAWABANNYA SIAP KIRIM WA 089522850844 ada lengkap untuk Tugas, UAS, dan Tap READY JUGA 160 LEBIH MATKUL LAINNYA ^_^ Termurah dari yang lain, BANYAK TESTED IG Aman dan amanah "Hati setiap orang memiliki hak atas ciptaanya.

orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … penipuan" 1. Pancasila ditetapkan secara konstitusional sebagai dasar negara dan memiliki keduudkan penting dalam tatanan kehidupan bangsa Indonesia.

Hal ini me … ngakibatkan Pancasila menjadi rujukan mutlak bagi tatanan kehidupan baik dalam bersosial masyarakat, berpolitik, beragama, maupun berhukum. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 mengatur jenis tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar 1945, TAP MPR, undang-undang atau peraturan pemerintah pengganti undang-undang, peraturan pemerintah, peraturan presiden, peraturan daerah provinsi, dan peraturan daerah kabupaten/kota.

Hierarki peraturan perundang-undangan tersebut mengakibatkan pada kekuatan hukum masing-masing. 1. Berdasarkan kasus di atas, klasifikasikan yang merupakan sumber hukum materiil dan formil dalam hukum tata negara.

2. Selain peraturan perundang-undangan tersebut di atas, adakah sumber hukum lain pembentuk Hukum Tata Negara? Sebut dan analisis peran dari sumber tersebut.

2. Kedaulatan,Indonesia merupakan sebuah negara kesatuan yang lahir dari hasil perjuangan besar untuk mencapai kemerdekaan. Secara resmi, Indonesia merupakan negara kesatuan yang sesuai dan tercantum jelas dalam Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 1 Ayat 1 yang berbunyi “Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang yang berbentuk republik”. Sebenarnya ada bentuk sistem negara lain yang bisa diterapkan di Indonesia seperti contohnya bentuk federalisme dan monarki.

1. Berikan analisis anda mengapa Indonesia menganut dan menerapkan sistem bentuk republik? 2. Berikan analisis Anda mengapa monarki tidak sesuai untuk ditetapkan di Indonesia. 3. Setiap negara memiliki sebuah sistem untuk mengatur seluruh urusan pemerintahannya yang disebut dengan sistem pemerintahan.

Republik Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensian sebagaimana yang diatur dalam Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945.Karakteristik dalam sistem presidensial menurut Giovanni Sartori adalah 1) presiden dipilih dalam pemilihan umum, 2) selama masa jabatannya, presiden tidak dapat diberhentikan oleh parlemen, dan 3) presiden sebagai kepala pemerintahan dari orang-orang yang dipilihnya. 1. Pemerintahan presidensial menganut asas Trias Politica. Berikan analisis Anda bahwaIndonesia sudah menerapkan asas tersebut.

2. Berikan analisis Anda bahwa sistem pemerintahan presidensial murni tidak selalu mudah direalisasikan dalam pemerintahan Indonesia. Prinsip kehati-hatian lingkungan (precautionary principle) dalam perlindungan lingkungan hidup bukan hanya penting diterapkan dalam kebijakan pemerint … ah. Prinsip kehati-hatian lingkungan juga perlu diterapkan dalam putusan-putusan hakim mengenai perkara yang berkaitan dengan pencemaran maupun kerusakan lingkungan.

Putusan hakim yang mempertimbangkan prinsip kehati-hatian dapat menjadi presendense dan yurisprudensi bagi pemeriksaan perkara yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Tugas Anda Carilah putusan hakim (bebas dapat dari putusan tingkat pertama, banding ataupun tingkat kasasi) yang menggunakan prinsip kehati-hatian sebagai pertimbangan hukumnya!

Analisalah secara singkat putusan tersebut! Anda melakukan transaksi jual-beli pentolan bakso sapi, akan tetapi pentolan bakso yang anda sudah beli itu ternyata bukan pentolan daging sapi tetapi … campuran dari daging cileng.

Pertanyaan 1. Menurut pendapat Anda, apakah kasus tersebut diatas bertentangan dengan hukum Indonesia? Jelaskan sesuai dengan prespektif hukum perlindungan konsumen! 2. Dari contoh kasus diatas, apakah anda berhak meminta ganti rugi dari pelaku usaha?

Jelaskan berdasarkan hukumnya! 3. Menurut anda apakah perbuatan tersebut dilarang oleh UUPK? Berikan analisis hukum anda!
• Latest Posts • STANDARDISASI MANAJEMEN: Anak Usaha Indika Energy Group Sabet Penghargaan Dari British Standard Institute (BSI) Inggris • PERENCANAAN ORGANISASIONAL • KABUT ASAP MENYELUBUNGI BUMI INDONESIA • KEWIRAUSAHAAN • PENDAPAT SAYA TENTANG DOSEN MATA KULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN# • LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN ISO 14001 OLEH PERUSAHAAN • DAFTAR PERUSAHAAN YANG MENERAPKAN ISO 14001 • SEKILAS TENTANG ISO 14001 • KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG LINGKUNGAN HIDUP • KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN • Categories • Uncategorized (36) A.

Pengertian Hak Cipta Hasil karya seseorang perlu dilindungi, agar tidak diplagiat oleh orang lain. Untuk itu setiap orang yang menciptakan sesuatu yang bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun khalayak banyak harus mempunyai hak atas ciptaanya. HakCipta adalah hak khusus (hak eksklusif) yang diberikan negara atau lembaga hukum kepada pencipta untuk mengumumkan dan memperbanyak ciptaannya, sehingga orang lain tidak dapat menggunakan ciptaannya tersebut dengan sewenang-wenang.

Izin untuk suatu ciptaan dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku (berdasarkan rumusan pasal 1 UHC Indonesia).

Hal ini menunjukkan bahwa hak cipta itu hanya dapat dimiliki oleh si pencipta atau si penerima hak. Di Indonesia, terdapat perubahan peraturan perundang-undangan tentang hak cipta. UU Nomor 6 Tahun 1982 tentang Hak Cipta sebagaimana telah diubah menjadi UU Nomor 7 Tahun 1987.

Kemudian terjadi lagi perubahan menjadi UU Nomor 12 Tahun 1997 yang selanjutnya disebut Undang-undang Hak Cipta. Walaupun perubahan itu telah memuat beberapa penyesuaian pasal yang sesuai dengan TRIPs, namun masih terdapat beberapa hal yang perlu disempurnakan untuk memberi perlindungan bagi karya-karya intelektual di bidang hak cipta, termasuk upaya untuk memajukan perkembangan karya intelektual yang berasal dari keanekaragaman seni dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Perubahan undang-undangtentang hak cipta di atas dipandang perlu untuk melindungi dan melestarikan suatu ciptaan. Hal itu disadari karena kekayaan seni dan budaya, serta pengembangan kemampuan intelektual masyarakat Indonesia memerlukan perlindungan hukum yang memadai agar terdapat iklim persaingan usaha yang sehat yang diperlukan dalam melaksanakan pembangunan nasional.

Hak Cipta terdiri atas hak ekonomi (economic rights) dan hak moral (moral rights). Hak ekonomi adalah hak untuk mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaan serta produk. Hak moral adalah hak yang melekat pada diri pencipta yang tidak dapat dihilangkan atau dihapus tanpa alasan apa pun, meskipunhak ciptatelah dialihkan. Perlindungan Hak Cipta tidak diberikan kepada ide atau gagasan karena karya cipta harus memiliki bentuk yang khas, bersifat pribadi dan menunjukkan keaslian sebagai ciptaan yang lahir berdasarkan kemampuan, kreativitas, atau keahlian sehingga ciptaan itu dapat dilihat, dibaca, atau didengar.

B. Istilah-Istilah Dalam Hak Cipta Terdapat istilah-istilah yang terkait dalam pembahasan hak cipta. Berikut ini merupakan penjelasan tentang istilah-istilah dalam hak cipta. • Pencipta Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya lahir suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, cekatan, ketrampilan atau keahlian yang dituangkan dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.

• Pemegang Hak Cipta Pencipta sebagai Pemilik Hak Cipta, atau orang yang menerima hak tersebut dari Pencipta, atau orang lain yang menerima lebih lanjut hak dari orang tersebut di atas. • Ciptaan Hasil setiap karya Pencipta dalam bentuk yang khas dan menunjukkan keasliannya dalamlapangan ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. C. Fungsi Hak Cipta Suatu hak cipta tentunya memiliki fungsi tertentu. Berikut ini merupakan fungsi hak cipta sebagaimana diatur dalam UU No. 19 Tahun 2002 tentang hak cipta, yaitu pada pasal 2 yang berbunyi: • Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi pencipta atau pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

• Pencipta atau pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan program komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial. D. U ndang-Undang Hak Cipta Undang-undang hak cipta yang berlaku di Indonesia adalah UU No.

19 Tahun 2002, yang sebelumnya UU ini berawal dari UU No. 6 Tahun 1982 menggantikan Auteurswet 1982. Undang-undang ini dikeluarkan sebagai upaya pemerintah untuk rombak sistem hukum yang ditinggalkan oleh Pemerintah Hindia Belanda kepada suatu sistem hukum yang dijiwai falsafah Negara Indonesia, yaitu Pancasila. Pekerjaan membuat satu perangkat materi hukum yang sesuai dengan hukum yang dicitacitakan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Undang-Undang hak cipta 1982 yang diperbaharui dengan UU No.

7 Tahun 1987 dan diperbaharui lagi dengan UU No. 12 Tahun 1997, terakhir dengan UU No. 19 Tahun 2002. Batasan tentang apa saja yang dilindungi sebagai hak cipta, dijelaskan pada rumusan pasal 12 Undang-Undang Hak Cipta (UHC) Indonesia yaitu sebagai berikut.

Ayat 1 Dalam Undang-Undang ini ciptaan yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang mencakup: a) Buku, program komputer, pamflet, susuan perwajahan ( lay out), karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain. b) Ceramah, kuliah, pidato, dan setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … lain yang sejenis dengan itu.

c) Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan. d) Lagu atau musik dengan atau tanpa teks. e) Drama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomim. f) Seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan.

g) Arsitektur. h) Peta. i) Seni batik. j) Fotografi. k) Sinematografi. l) Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lainnya dari hasil pengalihwujudan. Ayat 2 Ciptaan sebagaimana dimaksud dalam huruf l dilindungi sebagai ciptaan tersendiri, dengan tidak mengurangi hak cipta atas ciptaan asli. Ayat 3 Dalam lindungan sebaagimana dimaksud dalam ayat (1) dan ayat (2) termasuk juga semua ciptaan yang tidak atau belum diumumkan, tetapi sudah merupakan suatu bentuk kesatuan yang nyata, yang memungkinkan perbanyakan hasil karya itu.

Dengan demikian dapatlah dipahami bahwa yang dilindungi oleh UHC adalah yang termasuk dalam karya ilmu pengetahuan, kesenian, kesustraan. Sedangkan yang termasuk dalam cakupan hak kekayaan perindustrian tidak termasuk dalam rumusan pasal tersebut, meskipun yang disebutkan terakhir ini juga merupakan kekayaan immateril. Satu hal yang dicermati adalah yang dilindungi dalam hak cipta ini yaitu haknya, bukan benda yang merupakan perwujudan dari hak tersebut. E. Prosedur Pendaftaran Hak Cipta Permohonan pendaftaran hak cipta diajukan kepada Menteri Kehakiman melalui Direktorat Jendral HAKI dengan surat rangkap dua, ditulis dalam bahasa Indonesia di atas kertas polio berganda.

dalam surat permohonan itu tertera: a) Nama, kewarganegaraan, dan alamat pencipta. b) Nama, kewarganegaraan, dan alamat pemegang hak cipta. c) Nama, kewarganegaraan, dan alamat kuasa. d) Jenis dan judul ciptaan. e) Tanggal dan tempat ciptaan diumumkan untuk pertama kali. f) Uraian ciptaan rangkap tiga.

Apabila surat permohonan pendaftaran ciptaan telah memenuhi syarat-syarat tersebut, ciptaan yang dimohonkan pendaftarannya didaftarkan oleh Direktorat Hak Cipta, Paten, dan Merek dalam daftar umum ciptaan dengan menerbitkan surat pendaftaraan ciptaan dalam rangkap 2. Kedua setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut … tersebut ditandatangi oleh Direktur Jendral HAKI atau pejabat yang ditunjuk, sebagai bukti pendaftaran, sedangkan lembar kedua surat pendaftaran ciptaan tersebut beserta surat permohonan pendaftaran ciptaan dikirim kepada pemohon dan lembar pertama disimpan di Kantor Direktorat Jendral HAKI.

F. J angka Waktu Perlindungan Ciptaan Jangka waktu perlindungan ciptaan menjelaskan seberapa lama hak cipta tersebut berlaku untuk berbagai jenis ciptaan.

Penjelasannya sebagai berikut: a) Ciptaan buku, ceramah, alat peraga, lagu, drama, tari, seni rupa, arsitektur, peta, seni batik terjemahan, tafsir, saduran, berlaku selama hidup Pencipta ditambah 50 tahun setelah Pencipta meninggal dunia.

b) Ciptaan program komputer, sinematografi, fotografi, database, karya hasil pengalihwujudan berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali diumumkan. c) Ciptaan atas karya susunan perwajahan karya tulis yang diterbitkan, berlaku selama 25 tahun sejak pertama kali diterbitkan. d) Ciptaan yang dimiliki atau dipegang oleh badan hukum berlaku selama 50 tahun sejak pertama kali diumumkan. e) Ciptaan yang dipegang atau dilaksanakan oleh Negara berdasarkan : Ketentuan Pasal 10 Ayat (2) huruf b, berlaku tanpa batas.

G. Sifat Hak Cipta • Hak cipta dianggap sebagai benda bergerak. Hak cipta dapat beralih atau dialihkan, baik seluruhnya maupun sebagian karena pewarisan, hibah, wasiat, perjanjian tertulis, dan sebab-sebab lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan. • Jika suatu ciptaan terdiri atas beberapa bagian tersendiri yang diciptakan oleh dua orang atau lebih, yang dianggap sebagai pencipta ialah orang yang memimpin serta mengawasi penyelesaian seluruh ciptaan itu, atau dalam hal tidak ada orang tersebut, yang dianggap sebagai pencipta adalah orang yang menghimpunnya dengan tidak mengurangi hak cipta masing-masing atas bagian ciptaannya itu.

• Jika suatu ciptaan yang dirancang seseorang diwujudkan dan dikerjakan oleh orang lain di bawah pimpinan dan pengawasan orang yang merancang, penciptanya adalah orang yang merancang ciptaan itu. • Jika suatu ciptaan dibuat dalam hubungan dinas dengan pihak dalam lingkungan pekerjaannya, pemegang hak cipta adalah pihak yang untuk dan dalam dinasnya ciptaan itu dikerjakan, kecuali ada perjanjian lain antara kedua pihak dengan tidak mengurangi hak pencipta apabila penggunaan ciptaan itu diperluas sampai ke luar hubungan dinas.

• Jika suatu ciptaan dibuat dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan, pihak yang membuat karya cipta itu dianggap sebagai pencipta dan pemegang hak cipta, kecuali apabila diperjanjikan lain antara kedua pihak.

• Pencipta atau pemegang hak cipta atas karya sinematografi dan program komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial. H. Cara Eksploitasi Ciptaan Mengeksploitasi suatu ciptaan berarti menggunakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh ciptaan bersangkutan.

Ini berarti bahwa harus dicapai sebuah kesepakatan mengenai penggunaan hak cipta antara pemegang hak cipta dan orang lain yang ingin mengeksploitasi ciptaan yang bersangkutan (pengguna). Hak cipta pada dasarnya terdiri dari hak memberi orang lain izin untuk mengeksploitasi suatu ciptaan dan hak untuk meminta imbalan uang untuk itu.

Eksploitasi suatu ciptaan tergantung pada sebuah kontrak (lisensi) yang memberikan izin untuk itu. Kontrak lisan sudah sah, tetapi lebih baik jika kontrak dibuat secara tertulis, untuk menghindarkan salah pengertian.

Pertama, pastikan apakah ciptaan bersangkutan dilindungi oleh undang- undang hak cipta negara pengguna atau tidak. Biasanya, setiap ciptaan yang dihasilkan mendapatkan perlindungan, baik ciptaan yang diumumkan untuk pertama kali di negara pencipta, maupun yang mendapatkan perlindungan berdasarkan perjanjian internasional.

Jika demikian halnya, lihat penjelasan berikut. Jika tidak demikian halnya, ciptaan itu dapat bebas dieksploitasi. Kedua, pastikan apakah jangka waktu perlindungan masih berlaku bagi ciptaan bersangkutan atau tidak.

Jika sudah habis, Anda dapat dengan bebas mengeksploitasi ciptaan itu. Ketiga, pastikan apakah ciptaan yang akan dieksploitasi termasuk dalam “pembatasan penggunaan hak cipta” atau tidak. Jika termasuk, ciptaan itu dapat dengan bebas digunakan dan tidak perlu ada izin. Jika telah diperiksa semua hal tersebut dan ternyata hak cipta bersangkutan masih berlaku, maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemegang hak cipta bila ingin mengeksploitasi ciptaan yang bersangkutan.

Dalam hal ini, pihak yang dimintai izin tidak selalu si pencipta. Dalam beberapa hal, hak atas ciptaan mungkin telah dipercayakan kepada badan manajemen hak cipta dan dalam beberapa hal yang lain, mungkin ada penerbit, rumah produksi atau badan manajemen hak cipta tertentu yang telah ditunjuk sebagai penghubung untuk perundingan mengenai hak cipta.

I. Batas-batas Hak Cipta Hak cipta itu dibatasi, kecuali dalam kaitan dengan beberapa syarat tertentu. Dibatasi berarti bahwa hak itu dikontrol. Dibatasi berarti bahwa hak cipta tidak berlaku dan ciptaan bersangkutan dapat dengan bebas dieksploitasi, kecuali dalam beberapa syarat tertentu yang spesifik.

Namun timbul banyak masalah akibat penggunaan ketentuan ini berdasarkan interpretasi yang sangat luas. Salah satu masalah yang mendapat perhatian besar di Jepang sekarang ini adalah perbanyakan untuk penggunaan pribadi atau di perpustakaan umum, dan sebagainya.

Selain itu, belum ada pengertian yang cukup pasti mengenai perbedaan antara “kutipan” (quotation) yang secara hukum diakui, dengan “penggunaan” (use) yang memerlukan izin. Batas-batas hak cipta harus diartikan sebagai tidak lebih dari mengakui beberapa pengecualian dalam aturan-aturan yang ada. Penting untuk diingat bahwa tujuan akhir adalah melindungi keuntungan pemegang hak cipta. Juga perlu untuk dipahami bahwa hak moral pencipta, dalam hal batas- batas hak cipta diakui sekalipun, tidak terpengaruh, kecuali dalam hal perubahan ejaan atau istilah perlu dilakukan untuk kepentingan pendidikan di sekolah.

Pastikan apakah batas-batas itu berlaku atau tidak, dan berhati-hatilah, jangan sampai aturan ini diinterpretasikan terlalu luas. J. Pelanggaran Hak Cipta Hak cipta dilindungi di dalam dan di luar negeri, di dunia internasional menurut undang-undang dan perjanjian setiap negara. Namun demikian, pelanggaran hak cipta akhir-akhir ini semakin merajalela. Kita sudah sering membaca tentang kasus-kasus pelanggaran dalam surat kabar dan di televisi, radio, dan sebagainya.

Pelanggaran berarti tindakan yang melanggar hak cipta, seperti penggunaan hak cipta, yang adalah hak pribadi milik pencipta, tanpa izin, dan pendaftaran hak cipta oleh orang lain yang bukan pemegang hak cipta.

setiap orang memiliki hak atas ciptaanya. orang yang menjiplak hasil karya orang lain disebut …

Jika seseorang mencuri barang milik orang lain yang diperolehnya dengan kerja keras atau mengambil dan menggunakannya tanpa izin, ini termasuk kejahatan besar. Setiap orang tahu bahwa mencuri barang milik orang lain itu salah. Tetapi dalam hal barang tidak dapat diraba seperti hak cipta, orang tampaknya tidak merasa bersalah bila mencurinya.

Namun, hak kekayaan intelektual, seperti hak cipta, adalah hak milik yang berharga, hak yang diberikan kepada ciptaan yang dihasilkan secara kreatif dalam proses intelektual, seperti berpikir dan merasa. Memasuki abad ke-21, penting sekali bagi kita untuk sama-sama menyadari bahwa melanggar hak-hak ini adalah perbuatan yang salah. K. Contoh Kasus Hak Cipta Seperti dilaporkan Bloomberg pada Sabtu lalu (18 Aug), Motorola telah memasukkan sebuah gugatan hukum baru atas pelanggaran hak paten oleh Apple Inc.

Motorola yang kini telah menjadi milik Google mengatakan bahwa sejumlah paten miliknya ditemukan ada di beberapa produk buatan Apple, termasuk voice assistant Siri yang rilis bersama iPhone 4S. Gugatan Motorola tersebut disampaikan melalui Komisi Perdagangan Internasional Amerika (ITC) dan menyebutkan adanya 7 pelanggaran paten milik Motorola Mobility. Beberapa dari paten tersebut diantaranya adalah location reminders, email notification dan phone/video players.

Pihak Motorola meminta pemblokiran iPhone, iPad dan komputer Mac sehingga tidak bisa diperjual belikan di dalam negeri Amerika. Hal itu bisa saja terjadi mengingat produk-produk yang disebutkan itu dibuat di Asia oleh manufaktur yang ditunjuk Apple. “Kami ingin meluruskan dan menyelesaikan masalah ini tapi ketidak-bersedian Apple untuk melakukan lisensi membuat kami memilih jalan untuk melindungi diri kami dan inovasi yang dibuat para engineer Motorola,” jelas Motorola Mobility dalam sebuah pernyataan email.

Kasus antara Apple dan Motorola bukan sekali ini mencuat. Tercatat sejak tahn 2010 kedua raksasa teknologi tersebut telah terkait cekcok masalah hak paten.

Apple mengatakan bahwa Motorola membuat permintaan yang tidak rasional serta menyebut ponsel buatan Motorola dan produsen lain yang menjalankan Android OS memakai fitur-fitur yang telah dipatenkan diiPhone. Kini dengan gugatan baru dari Motorola, bisa Anda bayangkan jika ITC menemukan bukti-bukti yang memberatkan Apple dan kemudian memblokir produk-produk Apple…. Tidakkah akan menjadi berita besar jika Apple diblokir di negaranya sendiri?

Sumber: http://119.252.161.174/hak-cipta/ http://nurjannah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/30011/Hak+Cipta.pdf http://kelompokepro7.blogspot.com/2013/06/contoh-kasus-pelanggaran-hak-cipta.html

ErlinaNurjayanti-PBS2A-AntiPlagiat-IAINSurakarta




2022 charcuterie-iller.com