Pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

tirto.id – Pukulan lob merupakan pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan satu jenis di antara berbagai macam pukulan dalam permainan badminton.

Pukulan lob bisa menjadi andalan pemain bulu tangkis untuk menguras energi lawan. Mengutip Modul Pembelajaran PJOK Kelas X (2022) terbitan Kemdikbud, definisi pukulan lob adalah teknik pukulan yang mengarahkan shuttlecock (kok) setinggi-tingginya menuju ke bagian belakang lapangan lawan. Saat pukulan lob dilakukan, kok diharapkan terbang tinggi dengan titik jatuh berada jauh dari jangkauan lawan.

Pukulan Lob merupakan salah satu jenis pukulan dalam bulu tangkis yang bisa menyulitkan lawan. Karena tujuan dari teknik ini untuk mengarahkan shuttlecock ke belakang posisi lawan, pukulan lob bisa membuat lawan cepat lelah sehingga mudah kewalahan saat menghadapi rangkaian serangan berikutnya.

Latihan untuk menguasai pukulan lob dapat dilakukan melalui berbagai cara. Misalnya, dengan cara menggunakan kok yang digantung atau diumpan, serta secara drill (berulang-ulang) dan berpasangan. Cara Melakukan Pukulan Lob dalam Permainan Bulu Tangkis Terdapat dua cara melakukan pukulan lob dalam permainan bulu tangkis. Menukil buku paket Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kebudayaan Kelas VII (2017), dua jenis cara melakukan pukulan lob tersebut ialah sebagai berikut.

i. Overhead Lob Overhead lob berarti lob dari atas kepala. Pukulan lob ini hanya bisa dilakukan bila shuttlecock melambung di atas kepala pemain. Pemain tinggal memukul shuttlecock dari atas kepala menuju jauh ke titik belakang garis lapangan lawan.

2. Underhand Lob Underhand lob dilakukan dengan memukul dari bawah. Shuttle erect yang berada di bawah badan dapat langsung dipukul hingga melambung tinggi dan menuju ke arah bagian belakang gari lapangan lawan. Kedua jenis pukulan lob di atas dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini: • Posisikan badan di belakang shuttlecock • Salah satu kaki berada di depan • Berat badan bertumpu ke kaki belakang • Setelah itu, ayunkan raket dari posisi atas atau bawah tergantung keinginan • Sesaat setelah raket mengenai shuttlecock, lecutkan pergelangan tangan.

Dua jenis cara di atas merupakan ragam pukulan lob berdasarkan posisi memukulnya. Sementara itu, merujuk publikasi laman Atomic number 82 Djarum, pukulan lob juga bisa dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan ketinggian shuttlecock yang dipukul. Pertama, pukulan Deep Lob (Clear), yakni memukul shuttlecock setinggi mungkin sehingga bisa terjatuh di bagian belakang lapangan lawan (Backout).

Kedua, pukulan Attacking Lob/Articulate (Lob Serang), yakni memukul dengan ketinggian sedang, tapi laju shuttlecock tetap menuju lapangan lawan bagian belakang. Adapun langkah-langkah melakukan pukulan lob sesuai rekomendasi Atomic number 82 Djarum adalah sebagai berikut: • Posisikan tangan di pegangan forehand • Pegang raket dan posisikan di samping bahu • Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net • Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri pada mulanya • Saat memukul shuttlecock, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri • Posisi dalam keadaan siap untuk memukul • Ayunkan raket dan pukul shuttlecock seperti gerakan melempar • Lecut pergelangan tangan saat raket mengenai shuttlecock • Saat shuttlecock menyentuh raket, tangan harus lurus • Posisi akhir raket mengikuti arah shuttlecock, lalu dilepas, dan raket jatuh di depan badan • Biarkan ayunan raket terus ke arah bawah pinggang, jangan ditahan • Setelah memukul, kaki kiri mendarat lebih dulu • Di bagian depan, kaki (agak berjingkat) dan badan harus condong ke depan.

Jenis-jenis Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis Selain pukulan lob, masih ada beberapa macam pukulan lain dalam permainan bulu tangkis.

Penjelasan mengenai masing-masing jenis pukulan badminton tersebut bisa dicermati dalam perincian di bawah ini. i. Servis Pukulan servis merupakan jenis pukulan yang menandai awal permainan bulutangkis.

Pukulan ini dilangsungkan secara diagonal ke arah lapangan permainan lawan. Pukulan servis dalam bulutangkis ada 2 macam, yakni servis pendek dan servis panjang. Servis pendek dilakukan dengan memukul shuttlecock dengan kekuatan rendah ke depan lawan. Sedangkan servis panjang dilakukan dengan memukul shuttlecock melambung ke belakang lawan. Keduanya dapat dilakukan dengan pukulan forehand maupun backhand.

2. Smash Pukulan boom merupakan jenis pukulan keras dalam permainan bulutangkis. Smash dilakukan dengan memukul shuttlecock sekuat tenaga ke posisi bawah lawan. Jenis pukulan ini digunakan untuk menyerang dan mendapatkan poin. Pukulan smash dapat dilakukan dengan berdiri ataupun sembari meloncat. Ragam pukulan smash ada beberapa macam, yakni blast penuh, blast potong, nail backhand, dan smash melingkar di atas kepala.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

iii. Dropshot Pukulan dropshot adalah pukulan menyerang dengan menempatkan bola tipis di dekat net pada lapangan lawan. Pukulan ini mirip dengan nail. Namun, dropshot tidak membutuhkan kekuatan penuh dan dengan dorongan kecil saja. Cara melakukan dropshot yakni dengan seolah-olah akan melakukan smash, tetapi pukulan raket tidak kencang. Dengan melakukan pukulan ini, lawan akan terkecoh karena terlanjur mundur untuk mengantisipasi ancang-ancang smash pemain. 4. Drive Pukulan drive adalah jenis pukulan keras dan cepat dengan arah mendatar.

Jenis pukulan ini biasanya digunakan untuk menyerang atau mengembalikan bola dengan cepat lurus ke arah lawan ataupun menyilang. Manfaat pukulan ini adalah untuk mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya rata dengan net.

Selain itu, pukulan drive juga berguna untuk mengacaukan posisi lawan. 5. Netting Pukulan netting merupakan pukulan pendek yang dilakukan di depan net. Netting biasanya sulit dikembalikan oleh lawan dan kerap mengecoh pergerakan lawan. Pukulan jenis netting dilakukan dengan cara mendorong shuttlecock dari depan internet. Shuttlecock harus bisa tipis menyeberangi net untuk dapat menghasilkan netting yang sempurna dan mendapat poin.

Baca juga artikel terkait PERATURAN BULU TANGKIS atau tulisan menarik lainnya Adilan Neb Azmy (tirto.id – aba/add) Penulis: Adilan Pecker Azmy Editor: Addi Thousand Idhom Kontributor: Adilan Bill Azmy Subscribe for updates Unsubscribe from updates 9 BAB Ii KAJIAN PUSTAKA A.

Deskripsi Teori 1. Teknik Dasar Permainan Bulutangkis Menurut Suharno 1993: eighteen teknik adalah suatu proses gerakan dan pembuktian dalam praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olahraga. Dalam permainan bulutangkis teknik dasar harus dipelajari lebih dahulu guna mengembangkan mutu permainan, bulutangkis dimainkan oleh dua pasang ataupun ada juga perorangan.

Mengingat permainan bulutangkis ada yang ganda, maka kerjasama antar pemain mutlak diperlukan sifat toleransi antar kawan serta saling percaya dan saling mengisi kekurangan dalam regu. Permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat dilakukan dengan cara melakukan satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Permainan ini menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul, lapangan permainan berbentuk segi empat dan dibatasi oleh cyberspace untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan daerah permainan lawan.

Tujuan permainan bulutangkis adalah berusaha untuk menjatuhkan shuttlecock di daerah permainan lawan dan berusaha agar lawan tidak dapat memukul shuttlecock dan menjatuhkan di daerah permainan sendiri Herman Subardjah, 2000: xiii. 10 Pada saat permainan berlangsung masing-masing pemain harus berusaha agar shuttlecock tidak menyentuh lantai di daerah permainan sendiri. Apabila shuttlecock jatuh di lantai atau menyangkut di net maka permainan berhenti Herman Subardjah, 2000: 13.

two. Teknik dalam Bulutangkis Istilah teknik adalah keterampilan khusus atau skill yang harus dikuasai oleh pemain bulutangkis dengan tujuan mengembalikan shuttlecock dengan cara sebaik-baiknya. Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan dalam permain bulutangkis dengan tujuan menerbangkang shuttlecock ke bidang lapangan lawan Seorang pemain bulutangkis yang baik dan berprestasi, dituntut untuk menguasai teknik-teknik pukulan dalam permainan bulutangkis Herman Subardjah, 2000: thirteen.

Teknik-teknik itu meliputi: a. Pukulan service. Pukulan service adalah pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan. Menurut Ferry Sonneville yang dikutip Tohar 1992: 41 melatih pukulan service dengan baik dan teratur, perlu mendapatkan perhatian yang baik dan khusus.

b. Pukulan lob atau clear Pukulan lob adalah suatu pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi 11 mungkin mengarah ke belakang garis lapangan. Pukulan lob dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu: 1 Overhead lob adalah pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung kearah belakang.

2 Underhand lob adalah pukulan lob dari bawah yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang. c. Pukulan Dropshot Pengertian pukulan drop dalam permainan bulutangkis menurut James Poole 1986: 132 adalah pukulan yang tepat melalui jaring, dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan.

Menurut Tohar 1992: 50 pukulan dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah pihak lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.

Pukulan dropshot dalam permainan bulutangkis sering disebut juga pukulan netting. Cara melakukan pukulan ini, pengambilan shuttlecock pada saat mencapai titik tertinggi sehingga pemukulannya secara dipotong atau diiris. Pukulan dropshot dapat dilakukan dari mana saja baik dari belakang maupun dari depan. Pukulan dropshot dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dropshot dari atas dan dropshot dari bawah. d. Pukulan Smash Gerakan awal untuk pukulan smash hampir sama dengan pukulan lob.

Perbedaan utama adalah pada saat akan touch, yaitu pada pukulan lob shuttlecock diarahkan ke atas, sedang pada pukulan smash 12 shuttlecock diarahkan tajam curam ke bawah mengarah ke bidang lapangan pihak lawan. Pukulan ini dapat dilaksanakan secara tepat apabila penerbangan shuttlecock di depan atas kepala dan diarahkan dengan ditukikkan serta diterjunkan ke bawah.

due east. Pukulan bulldoze atau mendatar Pukulan bulldoze adalah pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai Tohar, 1992: 65.

Menurut Tohar 1992: 65 kegunaan pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan arahnya pukulan drive ini ada tiga macam, yaitu: one Pukulan drive panjang adalah pukulan drive dengan mengarahkan shuttlecock ke daerah belakang lapangan pihak lawan dan gunanya untuk mendesak posisi lawan agar tertekan ke belakang.

2 Pukulan bulldoze setengah lapangan adalah pukulan dengan tujuan menjatuhkan shuttlecock ke arah tengah bagian samping dari lapangan pihak lawan dan kegunaanya untuk menarik pihak lawan agar tertarik ke samping tengah sehingga posisi dapat tergoyahkan untuk diadakan tekanan lagi yang lebih kuat sehingga pengembaliannya akan melambung.

iii Pukulan drive pendek adalah pukulan dengan mengarahkan shuttlecock jatuh sedekat mungkin dengan net di daerah lawan. f. Pengembalian service atau return service. Tujuan permainan bulutangkis yang utama adalah berusaha memukul shuttlecock secepat mungkin dan menempatkan pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan rupa sehingga shuttlecock sampai mengenai bagian lapangan lawan.

Mengenai keterampilan pengembalian service, ada tiga faktor yang perannya sangat penting diperhatikan, yaitu kecepatan, antisipasi, dan ketepatan sasaran serta arah pukulan. 13 Return service adalah menerima service pendek atau short service dan bukannya service panjang karena kalau service panjang atau lob berarti pukulan yang dilakukan oleh penerima sudah merupakan pukulan di atas kepala seperti sudah dalam permainan atau rally Tohar, 1992: twoscore- 70.

Agar seorang pemain bulutangkis dapat bermain dituntut keterampilan fisik atau kesegaran jasmani karna permainan bulutangkis membutuhkan keterampilan fisik yang prima.

3. Hakikat Pukulan Dropshot a. Pengertian Pukulan Dropshot Pengertian pukulan drop dalam permainan bulutangkis menurut James Poole 1986: 132 adalah pukulan yang tepat melalui jaring, dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan. Menurut Tohar 1992: fifty pukulan dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah pihak lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Pukulan dropshot dalam permainan bulutangkis sering disebut juga pukulan netting. Cara melakukan pukulan ini, pengambilan shuttlecock pada saat mencapai titik tertinggi sehingga pemukulannya secara dipotong atau diiris. Pukulan dropshot dapat dilakukan dari mana saja baik dari belakang maupun dari depan. Pukulan dropshot dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dropshot dari atas dan dropshot dari bawah.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Sedangkan Tanjung 2005: 32 menjelaskan bahwa dropshot adalah pukulan yang dilakukan seperti blast, perbedaanya pada posisi 14 raket saat perkenaan dengan shuttlecock. Dropshot pukulan potong yang baik adalah apabila jatuhnya bola dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda. Faktor pegangan raket, gerak kaki yang cepat, posisi badan dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul merupakan faktor penentu keberhasilan pukulan ini.

Pukulan dropshoot merupakan pukulan lunak dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan cyberspace di daerah lawan melewati internet bagian atas.

mengenai pukulan dropshoot, Syahri Alhusin 2007: 46-47 menjelaskan bahwa: Dropshoot atau pukulan potong merupakan pukulan yang dilakukan seperti smash.

Perbedaannya terletak pada posisi raket saat perkenaan dengan shuttlecock. Shuttlecock dipukul dengan dorongan dan sentuhan yang halus. Dropshoot yang baik dilakukan apabila jatuhnya shuttlecock dekat dengan net dan tidak melewati garis servis. Ciri yang paling penting dari pukulan overhead dropshoot yang baik adalah gerakan tipuan. Gerak tipuan pada pukulan overhead dropshoot tersbeut, kadang-kadang sulit untuk diantisipasi dan dapat menghasilkan angkapoin kemenangan.

Syahri Alhusin 2007: 47 menjelaskan bahwa: Ciri utama dalam pukulan potong ini adalah shuttlecock selalu jatuh dekat jarring di daerah lapangan lawan.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Oleh karena itu, pemain harus mampu melalukakn pukulan yang sempurna dengan berbagai sikap dan posisi badan dari sudut-sudut lapangan permainan. Factor pegangan raket, gerak kaki yang cepat, posisi badan, dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul merupakan faktor penentu keberhasilan pukulan ini. 15 Pukulan dropshot pukulan drop dipukul rendah, tepat di atas net, dan pelan, sehingga bola langsung jatuh ke lantai. Bola dipukul di depan tubuh dengan jarak lebih jauh dari pukulan clear overhead, dan permukaan raket anda dimiringkan untuk mengarahkan shuttlecock lebih ke bawah.

Shuttlecock lebih seperti diblok atau ditahan daripada dipukul. b. Macam dan Tujuan Pukulan Dropshot Pukulan dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan bola secepatnya dan sedekat-dekatnya dengan net pada lapangan lawan. Menurut Syahri Alhusin 2007: 52 dalam pelaksanaannya ada dua macam, yaitu: one Dropshot dari atas: Pada pukulan ini, bola tidak dipukul keras- keras atau dnegan sekuat tenaga, tetapi gerakan tangan tiba- tiba ditahan, sampai seolah-olah berhenti dan sekejap kemudian doronglah atau sentuhlah sedikit saja supaya jatuh sedekat-dekatnya pada net dilapangan lawan.

two Dropshot dari bawah: Pukulan ini memiliki gerakan yaitu bola tidak dipukul sekuat tenaga, melainkan dilambungkan pelan nyaris menyentuh internet dan jatuh di lapangan lawan dekat net. Pukulan ini mengandalkan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan. Dalam pemainan bulutangkis, pukulan overhead dropshoot hasilnya akan lebih efektif apabila pemain dapat mengkombinasikan pukulan lob dan smash, karena hal ini memaksa lawan untuk lebih banyak bergerak.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Berkaitan dengan hal ini, Tohar 1992: 71 menjelaskan bahwa: Dropshoot pukulan drop dipukul rendah, tepat di atas net, dan pelan, sehingga shuttlecock langsung jatuh ke lantai. Shuttlecock dipukul di depan tubuh dengan jarak lebih jauh dari pukulan clear overhead, dan permukaan raket dimiringkan untuk mengarahkan 16 shuttlecock lebih ke bawah. Shuttlecock lebih seperti diblok atau ditahan daripada dipukul. Tujuan dari pukulan dropshot untuk memperdaya gerakan lawan karena gerakan pukulan dropshot menyerupai gerakan pukulan clear overhead atau smash yang membedakan adalah kecepatan dari perkenaan raket dengan shuttlecock.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Pada saat raket menyentuh shuttlecock, bidang raket harus tegak lurus lantai atau sedikit menunjuk kearah bawah. Gunakan sepenuhnya gerakan lengan bawah dan pergelangan tangan, tetapi shuttle harus ‘didorong’ dengan lembut menyebrangi jaring dan tidak ‘dipukul’. c. Cara Melakukan Pukulan Dropshot Berikut ini contoh fase gerakan dropshot menurut Tony Grice 1999: 47, yaitu: 1 Fase Persiapan a Grip handshake atau pistol.

b Kembali ke posisi menunggu atau menerima. c Angkat tangan ke atas dengan kepala raket yang mengarah ke atas. d Berat badan seimbang pada telapak kaki bagian depan. ii Fase Pelaksanaan a Raih bola dengan kaki yang dominan. b Putar dan balikkan tubuh ke arah bola yang akan datang. c Backswing menempatkan pergelangan tangan dalam posisi ditekukkan. d Forward Swing untuk memukul bola.

east Raket menjangkau ke atas untuk memukul bola, yang merupakan blok, bukan pukulan. f Kepala raket bergerak searah dengan bola. iii Fase Lanjutan Follow-Through a Lanjutkan gerakan lurus dengan gerakan bola. b Gerakan mengayun mengikuti sudut gerakan bola. c Dengan menggunakan kaki, dorong tubuh anda ke bagian tengah lapangan. d Kembali ke bagian tengah lapangan. 17 Gambar 1. Arah Pukulan Dropshot www.google.com Fase Persiapan Fase Pelaksanaan Fase Follow-Through Gambar ii.

Tahapan Gerak Dropshot Tony Grice, 1999: 47 Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam pukulan dropshot yaitu Marta Dinata, 2006: 17: i Pergunakan pegangan forehand, pegangan raket dan posisinya di samping bahu. eighteen two Posisi badan menyamping vertikal dengan arah cyberspace posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri.

Pada saat memukul shuttlecock, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. iii Posisi badan harus diupayakan selalu berada dibelakang shuttlecock. 4 Pada saat perkenaan shuttlecock, tangan harus lurus, menjangkau shuttlecock dan dorong dengan sentuhan halus.

v Untuk arah forehand lawan,pukul bagian lengkungan shuttlecock sebelah kanan dan bagian lengkungan kiri shuttlecock untuk tujuan backhand lawan. 6 Posisi akhir raket mengikuti arah shuttlecock. seven Biasakan bergerak cepat mengambil posisi pukul yang tepat dibelakang shuttlecock. 8 Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul shuttlecock.

9 Shuttlecock harus dipukul dengan sikap lengan lurus dan hanya menggunakan tenaga kecil. ten Pukulan potong ini mengandung aspek kehalusan gerak dan gerak tipu. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat digambarkan bahwa penekanan gerakan pukulan overhead dropshoot hampir sama dengan pukulan overhead lainnya. Namun, ketika melakukan pukulan overhead dropshoot shuttlecock seperti diblok atau dipotong daripada ditepuk, dan dengan bola dengan pesat kehilangan kecepatan dan jatuh lurus ke bawah setelah melewati net.

Dengan demikian, untuk menghasilkan pukulan overhead dropshoot dengan baik, maka gerakan yang dilakukan oleh seorang pemain harus berdasarkan prinsip-prinsip mekanika yang berhubungan dengan gerakan tubuh dan benda lain, yang nantinya bermanfaat untuk menganalisis dan mengoreksi pola gerak pemain.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

nineteen 4. Hakikat Latihan Dalam Permainan Bulutangkis Pukulan Lob Adalah Pukulan Yang Jatuhnya Shuttlecock Source: https://mempelajari.com/jika-shuttlecock-mengarah-rendah-searah-pegangan-raket-maka-teknik-pukulan-yang-tepat-adalah Terbaru • Cara Untuk Mencatat Transaksi Pembelian Kredit Adalah • Cara Menjaga Tumbuhan Dan Hewan Di Sekitar Agar Tetap Sehat • Metode Pemeliharan Ternak Sapi Dalam Masyarakat • Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Ukurannya Yang Mudah Digambar • Jurnal Pemeriksaan Isik Pada Ternak Domba • Contoh Soal Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar • Cara Melatih Merpati Kolong Agar Berani Turun • Nabi Musa Menggembala Ternak Nabi Syuaib • Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Sabut Kelapa Kategori • Aplikasi • Berkebun • Bisnis • Budidaya • Cara • News • Pelajaran • Serba-serbi • SIM Keliling • Soal • Ternak • Uncategorized Pukulan Lob Pukulan ini bertujuan menerbangkan kok setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.

Melakukan lob dapat dengan cara overhead lob atau underhand lob. Pukulan Dropshot Pukulan Dropshot adalah pukulan tepat melampaui jaring yang dilakukan dengan cara menerbangkan kok ke daerah lawan dan menjatuhkannya sedekat mungkin dengan net. Pukulan SmashPukulan Smash adalah suatu gerakan ayunan tangan dengan cepat, mendadak, menghasilkan pukulan yang keras, dan menerjunkan kok secara curam.

Smash sering menghasilkan nilai. Pukulan DrivePukulan Drive adalah pukulan dengan menerbangkan kok secara mendatar, ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya sejajar dengan lantai. Berdasarkan kegunaan dan arahnya, drive terdiri dari1) Pukulan drive panjang, yaitu mengarahkan kok ke daerah belakang lapangan lawan.2) Pukulan drive setengah lapangan.

Pukulan ini bertujuan untuk menjatuhkan kok ke arah tengah bagian samping dari lapangan lawan. 3) Pukulan drive pendek, dilakukan dengan mengarahkan supaya kok jatuh sedekat mungkin dengan net di daerah lawan. Arman bersama timnya sedang bermain sepak bola, saat bola mendekati gawang, Arman langsung menendang bola ke gawang, keberuntungan berpihak pada timny … a, karena Arman dapat mencetak gol dengan sekali tendangan.

Jenis gaya yang digunakan Arman saat menendang bola adalah. a. Gaya otot b. Gaya gesek c. Gaya kuat d. Gaya pegas
Manfaat dari pukulan drive adalah mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya dan rata dengan net. Selain itu, pukulan drive juga berfungsi untuk menghalangi posisi lawan. Pukulan yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttlecock secara mendatar adalah sebagai berikut. Pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttlecock secara mendatar lurus dinamakan / disebut dengan teknik (B) pukulan drive.

Teknik memukuk drive dalam badminton bertujuan dengan menerbangkan kok dengan lintasan yang lurus ke depan, secara cepat. Biasanya drive dapat dilakukan apabila kok yang dipukul setinggi dada atau kepala. Maksud soal: nama pukulan badminton yang mendatar.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Kata kunci: datar. Fokus: lintasan menerbangkan shuttlecock mendatar. • Pada teknik servis, shuttlecock di terbangkan secara diagonal dan dalam servis ada 4 macam cara yang bisa dilakukan, tidak harus mendatar / drive, namun juga boleh melambung / panjang, pendek, hingga flick.

Pada intinya, teknik ini fokus pada menerbangkan secara diagonal / X. Maka, A salah.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

• Sedangkan pada pukulan drivie, lintasan kok dipukul secara mendatar lurus yang biasanya karena kok dipukul pada saat berada setinggi dada atau kepala. Makanya, B benar. • Nah, untuk teknik dropshot, shuttlecock dipukul secara pelan / tinggi, tidak harus mendatar, dengan tujuan utamanya agar jatunya dekat net. Sehingga C salah. • Untuk pukulan lob, lintasan kok dilambungkan ke atas / meninggi, bukan datar, agar jatuhnya di area belakang lapangan lawan.

Pada intinya, pukulan bulu tangkis itu berdasarkan dari terbang / arah dari shuttlecock tersebut. Pada kata kunci soal ini ada pada : mendatar. Jawabannya Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan Teknik memukul agar shuttlecock terbang mendatar disebut (B) pukulan Drive. 🏸✅🏆 Tips Untuk mengerjakan soal tentang pukulan dalam badminton, berikut tips yang dapat dilakukan, pertama kita cari maksud soalnya, lalu kata kunci, kemudian fokus pada maksud soal tersebut.

Maksud soal: pukulan datar dalam badminton. Kata kunci: mendatar. Fokus: lintasan / arah terbang shuttlecock. • Servis = diagonal / silang. • Drive = mendatar. • Dropshot = dekat net. • Lob = melambung jauh. Maka, menerbangkan kok mendatar terdapat pada pukulan drive. 🥇 Jawaban ini telah diverifikasi oleh ahli dan telah dinilai 100. ✅ Rekomendasi • 1. Permainan kasti tergolong permainan olahraga (A) bola kecil • 8.

Telapak tangan membentuk corong menghadap ke atas dan pandangan ke arah bola datang, merupakan cara menangkap bola (B) • 12. Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dalam permainan bulu tangkis dinamakan (C) servis • 22. Pegangan bet tenis meja yang hanya satu sisi bet yang dapat digunakan adalah (B) Penhold • 23. Stance atau posisi badan yang digunakan untuk siap menerima servis adalah (C) Square Stance • 30.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Jenis pukulan yang digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive atau bola-bola dengan putaran atas (top spin) adalah (C) Block Kategori Kelas VII, SMP Tag Brainly, Permainan Bola Kecil Navigasi Tulisan
Pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar disebut pukulan.

Servis yang sering digunakan dan dilakukan dalam permainan ganda adalah. Teknik Dasar Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlekok Secara Mendatar Dinamakanbulu Tangkis Studi Indonesia Biasanya drive dapat dilakukan apabila kok yang dipukul setinggi dada atau kepala. Teknik dasar pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlekok secara mendatar dinamakanbulu tangkis. Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dalam permainan bulu tangkis dinamakan.

Men-smash di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri yaitu smash dengan memutar mengitari atas kepala. 41 teknik-teknik itu meliputi. Pukulan smash sama dengan pukulan lob. Teknik dasar bulu tangkis yang pertama kali dan paling penting yaitu cara memegang raket. 1 pada sebuah pertanyaan. Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan.

Permainan ini adalah salah s. 15 Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan Brainly Co Id. A menggiring bola B menendang bola C mengontrol bola D menembak bola ke gawang 9. Teknik pukulan bulu tangkis overhead dilakukan dengan cara yang sama seperti smash atas atau forehand smash.

Teknik memukuk drive dalam badminton bertujuan dengan menerbangkan kok dengan lintasan yang lurus ke depan secara cepat. 1 Pukulan service Pukulan service adalah pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan.

Pukulan drive ialah sebuah pukulan yang dilakukan dengan cara menerbangkan shuttlecock secara mendatar ketinggiannya menyusur di atas net dan penerbangannya harus sejajar dengan lantai. A menggiring bola B menendang bola C mengontrol bola D menembak bola ke gawang 9. Mereka dituntut untuk bisa menguasai teknik bagaimana cara memukul shuttlecock dengan baik dan benar dalam permainan badminton bulutangkis.

Pukulan drive ini biasanya digunakan untuk dapat menyerang atau mengembalikan bola dengan cepat secara lurus maupun dari menyilang ke daerah lawan baik dengan forehand maupun. Bulu tangkis dimainkan dengan raket dan kok shuttlecock sebuah bola kerucut terbuka yang terbuat dari gabus dan bulu angsa. 41 melatih pukulan service dengan baik dan teratur perlu mendapatkan perhatian yang baik dan khusus.

Pukulan drive adalah pukulan yang dilakukan dengan laju. Bantu kembangin chanel ini ya. Menurut Ferry Sonneville 24 yang dikutip Tohar 1992.

Tujuan pukulan servis dalam permainan bulu tangkis adalah. 1pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar pada permainan bulu tangkis dinamakan. Berikut ini yang tidak termasuk dari fungsi. Berikut ini yang tidak termasuk dari fungsi footwork dalam permainan bulu tangkis adalah. Permainan ini bisa dimainkan oleh dua orang tunggal atau dua pasangan yang berlawanan ganda.

Salah satu teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan drive. Hal ini sangat penting dikarenakan permainan badminton bulutangkis sangat. A pukulan servis B pukulan dropshot C pukulan drive D pukulan lob 8.

Pukulan drive ialah sebuah pukulan. Jawaban yang benar – Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan. Pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan dengan menerbangkan kok secara mendatar disebut pukulan. Selanjutnya posisi ibu jari dan telunjuk supaya. Overhead tidak perlu membutuhkan banyak daya pukul. 2 Pukulan lob atau clear Pukulan lob adalah suatu pukulan dalam permainan bulutangkis. Apukulan chop bpukulan dropshot cpukulan smash dpukulan drive.

Olahraga asal India ini kerap dilombakan secara nasional maupun internasional. Anastasiapingkox33ly Pukulan dropshot adalah pukulan yang tepat melampaui faring dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan.

Apukulan chop bpukulan dropshot cpukulan smash dpukulan drive 2pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shut-tlecock melambung ke arah belakang disebut. Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan. Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan pukulan drive. Gerakan menendang Secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan merupakan teknik.

Dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan dengan menjatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan. Nah berikut ini beberapa teknik dasar olahraga bulu tangkis dalam memegang raket yang biasa dilakukan antara lain. Dalam permainan bulu tangkis terdapat beberapa teknik pukulan yang dapat dilakukan oleh para pemain.

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memukul kok secara cepat dan agak mendatar. Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan. Teknik American grip merupakan teknik dasar bulu tangkis yang bisa dilakukan dengan cara menggenggam tangkai raket. Gerakan menendang Secara terputus-putus dan dilakukan secara perlahan-lahan merupakan pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan.

A pukulan servis B pukulan dropshot C pukulan drive D pukulan lob 8. Perbedaannya hanya terletak pada daya pukulannya saja. Teknik dasar bulu tangkis yang selanjutnya adalah teknik pengembalian untuk cara pengembalian servis yang benar dapat dilakukan dengan teknik dropshot dan netting Perlu berhati-hati dalam mengembalikan servis lawan dengan langsung menyerang berupa pukulan smash karena bisa menghasilkan pukulan yang tidak tajam dan bisa menyankut di net.

pukulan yang menerbangkan kok secara mendatar dan ketinggiannya menyusuri net dalam permainan bulutangkis disebut pukulan

Umumnya teknik ini dilakukan. Inilah yang anda cari tentang Teknik Pukulan Dengan Tujuan Untuk Menerbangkan Shuttlecock Setinggi Mungkin. Teknik dasar bulu tangkis terakhir yang perlu kamu ketahui adalah drive.

Melakukan sebuah teknik pukulan yang benar di dalam bermain bulutangkis saat perkenaan kok dan raket mutlak dibutuhkan oleh setiap pemain.

Teknik Dasar Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlekok Secara Mendatar Dinamakanbulu Tangkis Studi Indonesia Tes Masuk Lp3i Studi Indonesia Tes Masuk Lp3i Studi Indonesia Teknik Dasar Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlekok Secara Mendatar Dinamakanbulu Tangkis Studi Indonesia 1 Jelaskan Pengertian Bulu Tangkis Dan Asal Usul Permainan Bulutangkis 2 Jelaskan Perlengkapan Brainly Co Id 15 Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlecock Secara Mendatar Dinamakan Brainly Co Id Tes Masuk Lp3i Studi Indonesia 1 Jelaskan Pengertian Bulu Tangkis Dan Asal Usul Permainan Bulutangkis 2 Jelaskan Perlengkapan Brainly Co Id Teknik Dasar Pukulan Yang Dilakukan Dengan Menerbangkan Shuttlekok Secara Mendatar Dinamakanbulu Tangkis Studi Indonesia Kategori wallpaper Tag secara, tangkis, teknik, yang Navigasi Tulisan
none

Tentara Rusia Latihan Kesigapan Di Semua Lini ❗Nuklir akan Diluncurkan Putin ❓




2022 charcuterie-iller.com