Syarat membuat ktp 2022

KOMPAS.com - Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah penunjuk identitas resmi yang diterbitkan pemerintah untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Oleh sebab itu, setiap WNI wajib memiliki KTP sejak usia 17 tahun, usia minimal WNI sudah bisa mendapatkan KTP. Selain data diri, pada KTP juga tertera Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berfungsi sebagai identitas tunggal untuk mengakses pelayanan publik. Sejak beberapa tahun yang lalu, pemerintah pun telah meluncurkan KTP Elektronik (e-KTP) dengan harapan dapat mempermudah dan mempercepat keperluan masyarakat.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Selasa (8/3/2022), berikut ini cara dan syarat membuat e-KTP tahun 2022: Baca juga: Cara Daftar Bisnis Pertashop serta Modal yang Dibutuhkan Syarat membuat e-KTP Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, syarat untuk membuat e-KTP cukup menggunakan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Melalui akun Instagram @zudanarifofficial, Zudan menyampaikan, berikut ini syarat membuat e-KTP untuk pertama kali tahun 2022: 1. Berumur 17 tahun.

2. Membawa fotokopi KK. 3. Tidak perlu pengantar RT, RW, desa, atau kelurahan. Jakarta - Kartu Tanda Penduduk ( KTP) merupakan salah satu dokumen penting bagi masyarakat Indonesia. Setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun ke atas perlu untuk segera mendapatkan dokumen resmi yang satu ini.

Secara umum KTP sendiri berfungsi berbagai tanda pengenal identitas serta tanda kewarganegaraan. Biasanya KTP juga diperlukan untuk mengurus beragam keperluan, mulai membuat rekening bank, pendaftaran vaksinasi hingga mengurus SIM.

Lantas bagi warga negara yang ingin membuat KTP, apa yang perlu disiapkan? Syarat membuat ktp 2022 syarat membuat KTP tidaklah sulit, yang bersangkutan hanya perlu siapkan sejumlah dokumen yang diminta, maka proses pembuatan KTP akan mudah dilakukan. Melansir dari situs Indonesia.go.id, berikut sejumlah syarat membuat KTP yang perlu diperhatikan sebelum mengurus ke bagian kelurahan: 1.

Minimal berusia 17 tahun 2. Surat pengantar dari pihak Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) 3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 4. Surat keterangan pindah dari kota asal, jika bukan asli warga setempat 5. Surat keterangan pindah dari luar negeri, yang harus diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri karena pindah. 6. Datang langsung ke kantor Kelurahan, di sini pengajuan pembuatan KTP akan diambil fotonya dan melakukan sidik jari.

Baca juga: Syarat dan Cara Bikin KTP Baru 2022, Gratis! Setelah menyiapkan sejumlah dokumen di atas, berikut cara atau langkah langkah untuk membuat e-KTP: 1. Fotokopi dokumen yang dibutuhkan: sejumlah dokumen yang diminta biasanya membutuhkan lebih dari satu lembar.

Ada baiknya sebelum pergi ke kelurahan, fotokopi sekitar 2 hingga 3 salinan tiap dokumen agar memudahkan proses pembuatan e-KTP.

2. Datang ke Kelurahan: untuk membuat e-KTP, kamu harus mendatangi langsung kelurahan dan tidak dapat diwakili. Masuk dan ambil antrian. Secara umum, pengurusan e-KTP dibuka mulai jam 08:00 pagi hingga 15:00.

3.

Penyerahan dokumen: setelah giliran tiba, serahkan salinan dokumen yang telah disiapkan kepada petugas Kelurahan. Ada baiknya untuk membawa dokumen yang asli untuk ditunjukkan kepada pegawai.

4. Ambil Foto dan sidik jari: setelah penyerahan dokumen, kamu akan diarahkan untuk mengambil foto dan sidik jari. Jika semua proses sudah selesai, kamu akan mendapatkan surat pengantar saat e-KTP nanti diambil. Surat ini juga berguna sebagai kartu identitas sementara selama menunggu pengambilan e-KTP. Pengurusan pembuatan e- KTP dapat dilakukan dengan cepat tergantung antrian. Sementara untuk pengambilan e-KTP dapat dilakukan 14 hari kemudian.

Silahkan konfirmasi ke pihak kelurahan terkait jika dalam kurun tersebut e-KTP belum bisa diambil.
Diketahui KTP digital akan segera diterapkan di Indonesia. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan memberlakukan KTP elektronik (e-KTP) digital secara bertahap pada tahun 2022. Nantinya, e-KTP Digital akan memiliki QR Code yang bisa dipindai. Masyarakat juga akan bisa menyimpan e-KTP digital ini dalam smartphone masing-masing.

Jadi, KTP-el sudah tidak lagi dicetak seperti saat ini, melainkan langsung disimpan pada smartphone penduduk. Salah satu tujuan e-KTP digital adalah agar mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.

Selain itu, e-KTP digital syarat membuat ktp 2022 bertujuan untuk mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistem otentikasi untuk mencegah pemalsuan data. KTP digital adalah Kartu Tanda Penduduk syarat membuat ktp 2022 bentuk aplikasi di smartphone (ponsel pintar) yang dilengkapi QR Code.

Menurut Direktur Jenderal Dukcapil, Zudan Arif Fakhrulloh, jadwal peluncuran KTP Digital direncanakan pada bulan April atau Mei 2022. Sementara itu, dalam aplikasi KTP Digital, akan termuat: data dokumen KTP dan Kartu Keluarga; QR Code e-KTP Digital; serta data dokumen hasil integrasi Nomor Induk Kependudukan, seperti sertifikat vaksin, NPWP, dan surat kepemilikan kendaraan.

Fakta e-KTP Digital • Dilengkapi QR Code di dalamnya yang menjadi identitas digital penduduk Indonesia • Sudah dimulai di 58 kabupaten/kota di Indonesia • Masyarakat tidak perlu lagi menyimpan kartu tanda pengenal fisik, hanya menunjukkan quick response (QR) code KTP digital dalam ponsel Syarat e-KTP Digital • Memiliki smartphone • Dapat mengoperasikan smartphone • Daerah pemohon memiliki koneksi internet Cara Pembuatan e-KTP Digital Berikut adalah cara pembuatan e-KTP digital melalui aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) : • Unduh aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di Google Play Store.

• Lakukan registrasi dengan memasukan NIK, alamat email, dan nomor ponsel. • Verifikasi data diri Anda melalui face recognition atau pengenalan wajah. • Lakukan verifikasi email untuk mengkonfirmasi akun Anda. • Setelah verifikasi email berhasil, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama untuk melakukan login kembali. Setelah login, pengguna akan menemukan menu-menu utama seperti dokumen hasil integrasi dengan NIK pada aplikasi PPID Kemendagri ini.

Selain itu data NIK KTP, terdapat data keluarga, dokumen kependudukan, kepemilikan kendaraan, hingga kartu vaksinasi Covid-19. Mudah bukan? Kini KTP sudah beralih ke KTP Digital, jadi dapat mempermudah dan mempercepat transaksi publik atau privat dalam bentuk digital. Nah sekian nih informasi terkait Syarat dan Cara Membuat e-KTP Digital 2022.

Semoga infomarsi yang disampaikan bermanfaat.

Dan jangan lupa gunakan juga aplikasi RT Pintar untuk memudahkan pengurusan dokumen di lingkungan RT/ RW/ paguyuban/ cluster/ perumahan. Unduh aplikasi RT Pintar di Play Store dan App Store, sekarang juga! KOMPAS.com - Setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun sudah dapat memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Memiliki KTP merupakan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia, karena di dalam KTP terdapat penunjuk identitas resmi yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia. Di KTP juga tercantum nomor induk kependudukan (NIK) yang menjadi identitas tunggal untuk semua urusan pelayanan publik.

Berikut cara syarat membuat ktp 2022 syarat membuat e-KTP: Baca juga: Foto hingga Tanda Tangan di E-KTP Bisa Diganti, Begini Caranya Syarat membuat e-KTP Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Prof.

Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, syarat untuk membuat e-KTP cukup menggunakan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Lewat akun Instagram @zudanarifofficial, Zudan menyampaikan, syarat untuk membuat e-KTP untuk pertama kali.

Berikut adalah syaratnya: • Berumur 17 tahun • Membawa fotokopi KK • Tidak perlu pengantar RT/RW/desa/keluarahan • Datang ke Dinas Dukcapil • Dalam pembuatan e-KTP tidak boleh diwakilkan Proses pembuatan e-KTP dapat dilakukan oleh masyarakat di Dinas Dukcapil tingkat Keluarahan, Kecamatan atau tingkat Kota/Kabupaten sesuai ketentuan di wilayah masing-masing. Baca juga: Syarat dan Cara Membuat E-KTP Cara membuat e-KTP Dilansir dari laman Indonesia.go.id, setiap Anda datang untuk membuat e-KTP atau dokumen lainnya, Anda akan mendapatkan arahan dari petugas di sana.

Berikut caranya: 1. Fotokopi dokumen yang dibutuhkan Pertama, setelah mendapatkan semua dokumen yang dibutuhkan, Anda harus menggandakannya. Pihak kelurahan hanya membutuhkan selembar salinan untuk tiap dokumen, tetapi sebaiknya Anda memiliki dua atau tiga lembar Salinan untuk tiap dokumen. Berita Terkait Sudah Punya Akun LTMPT Perlukah Daftar Lagi untuk SBMPTN 2022?

5 Pelonggaran Pemerintah dalam Masa Transisi Menuju Aktivitas Normal Bantuan BPNT 2022 Sudah Cair, Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id Aturan Terbaru Perjalanan Darat, Laut, dan Udara Selama PPKM Jawa-Bali Daftar Negara Tak Bersahabat Versi Rusia, Indonesia Ada? Berita Terkait Sudah Punya Akun LTMPT Perlukah Daftar Lagi untuk SBMPTN 2022?

5 Pelonggaran Pemerintah dalam Masa Transisi Menuju Aktivitas Normal Bantuan BPNT 2022 Sudah Cair, Cek Syarat membuat ktp 2022 di cekbansos.kemensos.go.id Aturan Terbaru Perjalanan Darat, Laut, dan Udara Selama PPKM Jawa-Bali Daftar Negara Tak Bersahabat Versi Rusia, Indonesia Ada?

Spesifikasi Helikopter Mi-24 Rusia yang Videonya Viral Ditembak Tentara Ukraina https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/02/142900365/spesifikasi-helikopter-mi-24-rusia-yang-videonya-viral-ditembak-tentara https://asset.kompas.com/crops/XycFaEpVU6LMGwos8BZ-nEPKcWc=/0x0:800x533/195x98/data/photo/2022/03/02/621f098c70136.jpeg
Jakarta - Kartu Tanda Penduduk ( KTP) merupakan salah satu dokumen penting bagi masyarakat Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 17 tahun ke atas perlu untuk segera mendapatkan dokumen resmi yang satu ini. Secara umum KTP sendiri berfungsi berbagai tanda pengenal identitas serta tanda kewarganegaraan. Biasanya KTP juga diperlukan untuk mengurus beragam keperluan, mulai membuat rekening bank, pendaftaran vaksinasi hingga mengurus SIM. Lantas bagi warga negara yang ingin membuat KTP, apa yang perlu disiapkan?

Tenang syarat membuat KTP tidaklah sulit, yang bersangkutan hanya perlu siapkan sejumlah dokumen yang diminta, maka proses pembuatan KTP akan mudah dilakukan. Melansir dari situs Indonesia.go.id, berikut sejumlah syarat membuat KTP yang perlu diperhatikan sebelum mengurus ke bagian kelurahan: 1.

Minimal berusia 17 tahun 2. Surat pengantar dari pihak Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) 3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 4. Surat keterangan pindah dari kota asal, jika bukan asli warga setempat 5. Surat keterangan pindah dari luar negeri, syarat membuat ktp 2022 harus diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri karena pindah.

6. Datang langsung ke kantor Kelurahan, di sini pengajuan pembuatan KTP akan diambil fotonya dan melakukan sidik jari. Baca juga: Berapa Lama Pasien BPJS Bisa Dirawat di Rumah Sakit? Ini Jawabannya Setelah menyiapkan sejumlah dokumen di atas, berikut cara atau langkah langkah untuk membuat e- KTP: 1. Fotokopi dokumen yang dibutuhkan: sejumlah dokumen yang diminta biasanya membutuhkan lebih dari satu lembar. Ada baiknya sebelum pergi ke kelurahan, fotokopi sekitar 2 hingga 3 salinan tiap dokumen agar memudahkan proses pembuatan e-KTP.

2. Datang ke Kelurahan: untuk membuat e-KTP, kamu harus mendatangi langsung kelurahan dan tidak dapat diwakili. Masuk dan ambil antrian. Secara umum, pengurusan e-KTP dibuka mulai jam 08:00 pagi hingga 15:00.

3. Penyerahan dokumen: setelah giliran tiba, serahkan salinan dokumen yang telah disiapkan kepada petugas Kelurahan.

Ada baiknya untuk membawa dokumen yang asli untuk ditunjukkan kepada pegawai. 4. Ambil Foto dan sidik jari: setelah penyerahan dokumen, kamu akan diarahkan untuk mengambil foto dan sidik jari.

Jika semua proses sudah selesai, kamu akan mendapatkan surat pengantar saat e-KTP nanti diambil. Surat ini juga berguna sebagai kartu identitas sementara selama menunggu pengambilan e-KTP. Pengurusan pembuatan e-KTP dapat dilakukan dengan cepat tergantung antrian.

Sementara untuk pengambilan e-KTP dapat dilakukan 14 hari kemudian. Silahkan konfirmasi ke pihak kelurahan terkait jika dalam kurun tersebut e- KTP belum bisa diambil.
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Jika menginjak usia 17 tahun, maka adalah usia yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP elektronik. Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kartu ini wajib dimiliki Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki Izin Tinggal Tetap (ITAP) yang sudah berumur 17 tahun atau sudah pernah kawin atau telah kawin. Anak dari orang tua WNA yang memiliki ITAP dan sudah berumur 17 tahun juga wajib memilki KTP.

Bagaimana cara mengurus dan membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik baru ? Kemudian, apa saja syarat dalam pembuatan KTP elektronik ? ( Update berita nasional, internasional dan regional menarik lainnya disini ) • Cara Daftar Vaksin Booster Lewat JAKI Dilansir dari situs Dinas Dukcapil Tasikmalaya, persyaratan penerbitan KTP elektronik bagi penduduk WNI yakni: • Datang langsung ke kecamatan masing-masing.

• Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun. • Fotocopy Kartu Keluarga. • Melakukan Perekaman Biometrik (Iris Mata, Sidik Jari, Tanda Tangan, Foto Wajah). • Surat keterangan pindah dari kota asal, jika bukan asli warga setempat. • Surat keterangan pindah dari luar negeri dan surat ini harus diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

• Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Online syarat membuat ktp 2022 ! Jadi Syarat Jual Beli TanahUmroh dan Haji Cara membuat KTP elektronik

Cara Mudah Mengurus KTP Hilang 2022




2022 charcuterie-iller.com