Tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Soal PAS kelas 9 berikut ini merupakan soal PAS IPA kelas 9 semester 1 yang terbagi menjadi dua jenis soal, yaitu soal PAS IPA pilihan ganda dan soal PAS IPA Essay. Soal-soal PAS ini telah dilengkapi dengan kunci jawabannya, sehingga lebih mudah untuk dipelajari dan menjadi bahan dalam pembuatan soal. A. Soal Pilihan Ganda 1. Perhatikan pernyataan yang terjadi pada fase pembelahan meiosis berikut!

• Membran inti mulai rusak • Kromosom berjajar pada bidang pembelahan • Terbentuk dua sel anakan yang bersifat haploid • Membran inti terbentuk kembali • Terbentuk empat sel anakan yang bersifat haploid Pernyataan yang tepat untuk fase telofase II dinyatakan pada nomor ….

A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 4 dan 5 Jawaban: D 2. Organ reproduksi pria yang berbentuk seperti kantong di dalamnya terdapat testis dan berfungsi menjaga suhu testis agar sesuai untuk produksi sperma adalah …. A. uretra B. skrotum C. vas deferents D. epididimis Jawaban: B 3. Perhatikan gambar berikut! Organ penghasil sel telur ditunjukkan oleh nomor …. A. 2 B. 3 C. 4 D. 5 Jawaban: B 4. Proses meluruhnya sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim disebut …. A. ovulasi B. fertilisasi C.

implantasi D. menstruasi Jawaban: D 5. Zigot terbentuk akibat sel telur dibuahi oleh sperma. Peristiwa dibuahinya sel telur oleh sperma disebut…. A. menstruasi B. fertilisasi C. oogenesis D. ovulasi Jawaban: B 6. Dari hasil pemeriksaan kesehatan organ kewanitaan diperoleh data sebagai berikut: • Terdapat cairan berwarna putih kekuningan pada bagian organ reproduksi wanita • Cairan tersebut bersifat kental dan berbau tidak sedap • Cairan tersebut dapat menyebabkan rasa gatal pada organ reproduksi wanita Kesimpulan dari hasil pemeriksaan bahwa orang tersebut menderita penyakit ….

A. sifilis B. keputihan C. HIV/ AIDS D. Herpes simplex genitalis Jawaban: B 7. Perhatikan ciri-ciri perkembangbiakan pada tumbuhan berikut : • Individu baru terjadi sebagai hasil pembuahan • Individu baru terjadi dari salah satu bagian tubuh induknya • Mewarisi semua karakteristik sifat dari satu induk • Melibatkan alat-alat tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut Ciri-ciri perkembangbiakan generatif pada tumbuhan ditunjukkan oleh nomor ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. 1 dan 3 B. 1 dan 4 C. 2 dan 3 D. 2 dan 4 Jawaban: B 8. Perhatikan gambar perkembangbiakan pada tanaman berikut! Perkembangbiakan tanaman pada gambar di atas dilakukan dengan cara …. A. stolon B. rizoma C. tunas adventif D. merunduk Jawaban: A 9. Data percobaan perkecambahan pada tanaman Perlakuan pada kecambah Hari ke-6 Keterangan Biji dibiarkan di wadah Biji tetap Tidak berkecambah Biji direndam air Biji membesar Tidak berkecambah Biji di atas kapas basah Biji tumbuh dan berkembang membentuk daun, akar, dan batang Biji berkecambah Dari hasil percobaan tersebut biji yang direndam air tidak mengalami perkecambahan karena ….

A. tidak mendapatkan cahaya B. kurang lembab C. tidak mendapatkan oksigen D. temperatur terlalu tinggi Jawaban: C 10. Tasya mengamati bunga di halaman sekolah, ternyata bunga tersebut memiliki ciri ukurannya besar, berwarna merah cerah, tidak berbau, menghasilkan nextar, dan mahkota berbentuk terompet. Dilihat dari ciri-cirinya, maka bunga tersebut penyerbukannya dibantu oleh ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. angin B. kelelawar C. air D. burung Jawaban: D 11. Perhatikan gambar hewan berikut! Cara perkembangbiakan hewan di atas adalah ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. pragmentasi B. partenogenesis C. tunas D. membelah diri Jawaban: C 12. Hewan berikut yang tergolong ke dalam hewan ovovivipar yaitu…. A. ayam dan ikan B.

kadal dan kucing C. kadal dan ular D. ikan dan kambing Jawaban: C 13. Perhatikan pertumbuhan dan perkembangan hewan berikut! Dari pengamatan bentuk hewan pada gambar di atas dapat disimpulkan bahwa hewan tersebut tergolong ke dalam …. A. metamorfosis sempurna B. metamorfosis tidak sempurna C.

metagenesis D. tidak terjadi metamorfosis Jawaban: A 14. Teknologi perkembangbiakan yang dapat dilakukan pada hewan yaitu …. A. kultur jaringan B. inseminasi buatan C. vertikultur D. hidroponik Jawaban: B 15.

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Molekul pada materi genetika yang mendasari pewarisan sifat makhluk hidup yaitu …. A. asam nukleat B. asam asetat C. asam sulfat D. asam amino Jawaban: A 16. Pernyataan tentang kromosom, DNA, dan inti sel yang benar adalah …. A. DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di dalam inti sel B.

DNA berbentuk heliks ganda terpilin dalam bentuk kromosom dan berada di luar inti sel C. Kromosom menggulung di dalam DNA di luar inti sel D. DNA dan kromosom tidak berhubungan tapi sama-sama berada dalam inti sel Jawaban: A 17. Pernyataan yang benar mengenai hukum II Mendel adalah …. A. Gen berpisah secara acak saat fertilisasi B. Gen berpisah secara acak saat pembentukan gamet C. Gen bertemu secara acak saat fertilisasi D. Gen bertemu secara acak saat pembentukan gamet Jawaban: B 18 .Jika kacang bulat (Bb) intermediate disilangkan dengan kacang bulat (BB) dominan, maka hasil persilangannya adalah ….

A. 100% bulat B. 25% bulat, 50% intermediate, 25% kisut C. 50% bulat, 50% kisut D.50% bulat, 50% intermediate Jawaban: A 19. Sel tubuh manusia mempunyai 46 kromosom, maka jumlah kromosom kelamin manusia yaitu …. A. 2 buah B. 23 buah C. 46 buah D. 92 buah Jawaban: A 20. Pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. perkawinan silang B. melakukan pergiliran tanaman C. penanganan hama D. manipulasi lingkungan hidup Jawaban: A 21. Dua anak kembar berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Pernyataan berikut yang benar mengenai penyusunan genetik mereka adalah ….

A. Bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ayah B. Bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat hanya dari sang ibu C. Bayi laki-laki dan perempuan tersebut mewarisi sifat dari sang ayah dan ibu D. Bayi laki-laki mewarisi sifat dari ayah dan bayi perempuan mewarisi sifat dari ibu Jawaban: C 22. Perhatikan gambar penggaris plastik digosok kain wol berikut ! Pernyataan yang sesuai dari gambar tersebut adalah ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Aliran elektron Muatan penggaris A Dari kain wol ke penggaris plastik ( – ) B Dari kain wol ke penggaris plastik ( + ) C Dari penggaris plastik ke kain wol ( + ) D Dari penggaris plastik ke kain wol ( – ) Jawaban: A 23.

Perhatikan gambar atom berikut! Pernyataan yang sesuai dari gambar di atas adalah …. A. Gambar (2) bermuatan negatif B.

Gambar (3) bermuatan negatif C. Gambar (1) dan (2) bermuatan positif D. Gambar (1) dan (3) bermuatan netral Jawaban: A 24. Dari gambar di bawah ini yang menunjukkan kedudukan daun elektroskop yang diberi muatan secara induksi adalah ….

Jawaban: D 25. Muatan P menolak muatan Q, muatan Q ditarik oleh muatan R, muatan R ditolak oleh muatan S, dan muatan S ditarik muatan T. Jika Q bermuatan positif, maka pernyataan muatan listrik yang benar… A. P dan R negatif B. P dan R positif C. S dan T negatif D.

R dan S negatif Jawaban: D 26. Perhatikan gambar berikut! Bagian sel saraf yang berfungsi sebagai tempat terjadinya tarik menarik muatan listrik ditunjukkan oleh nomor …. A. (1) B. (2) 27. Berbagai hewan yang memiliki kemampuan menghasilkan muatan listrik umumnya memiliki sistem khusus pada tubuhnya yang disebut sebagai ….

A. elektrisitas B. elektroda C. elektroreseptor D. neurotransmitter Jawaban: C 28. Komputer milik Ayu terkadang “menyengat” ketika di aliri arus listrik. Ayu lalu mengubungkan komputernya kelantai kamar. Perbuatan Ayu ini bertujuan …. A. menetralkan bumi B. mengambil elektron dari bumi C. mengalirkan proton ke bumi D. mengalirkan elektron ke bumi Jawaban: D 29.

Tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut: Jika saklar S ditutup, kejadian yang benar pada rangkaian di atas dalah …. A. Lampu A menyala paling terang, lampu B dan lampu C redup B. Lampu B menyala paling terang, lampu A dan lampu C redup C. Lampu A, lampu B, lampu C menyala berbeda-beda D.

Lampu A, lampu B, lampu C menyala sama terang Jawaban: D 30. Di antara grafik berikut, yang menyatakan hubungan antara beda potensial dengan kuat arus listrik adalah ….

Jawaban: A 31. Perhatikan gambar berikut! Bila R1 = 4 Ω, R2 = 6Ω, R3 = 2Ω, dan V = 12 volt Maka besarnya arus listrik yang mengalir pada rangkaian tersebut adalah …. A. 0,25 A B. 0,5 A C. 1 A D. 2 A Jawaban: C 32. Sebuah ketel listrik dihubungkan kesumber tegangan 12 volt. Jika elemen pemanas memiliki hambatan 12 Ω, maka energi listrik yang digunakan selama 10 menit sebesar ….

A. 1.800 J B. 3.600 J C. 7.200 J D. 14.400 J Jawaban: C 33. Sebuah sekering dipasang pada tegangan 250 V, menyebabkan arus mengalir 2 A. Besarnya daya sekering tersebut adalah… A. 2 W B. 125 W 34. Perhatikan gambar sebuah accu dan lampu berikut ! Ketika lampu tersebut dihubungkan dengan kawat penghantar kesebuah accu, maka proses perubahan tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut yang terjadi hingga lampu dapat menyala adalah ….

A. Energi kimia → energi listrik → energi cahaya + energi kalor B. Energi listrik → energi cahaya → energi gerak + energi kalor C. Energi kimia → energi cahaya → energi listrik + energi kalor D.

Energi gerak → energi listrik → energi cahaya tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut energi kalor Jawaban: D 35. Salah satu upaya penghematan energi listrik adalah …. A. menggunakan oven listrik untuk memanaskan makanan B.

menggunakan lampu bohlam dengan daya yang besar agar terang C. seluruh instalasi listrik di rumah menggunakan rangkaian paralel D. membiarkan kabel terhubung dengan stop kontak meskipun tidak menggunakan peralatan listrik Jawaban: C B. Soal Essay 36. Organ reproduksi manusia dapat terjangkit penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, ataupun parasit lain, maka perlu pencegahan terhadap penyakit tersebut. Sebutkan 4 upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia!

37. Rafa mengembangbiakan tanaman mangga dengan mencangkok dan menanam biji. Coba jelaskan perbedaan antara keduanya jika ditinjau dari: a. Sifat pada keturunannya! b. Kecepatan berbuah! 38.

Pada burung Murai, bulu hitam (H) dominan terhadap bulu putih (h), bulu kasar (R) dominan terhadap bulu halus (r). Seekor burung Murai bulu hitam kasar dikawinkan dengan Murai bulu putih halus. Semua keturunan pertamanya (F 1) berbulu hitam kasar. Jika keturunan pertama dikawinkan dengan sesamanya, tentukan : a. Rasio Fenotipe F 2 b. Persentase Murai yang bergenotipe HhRr pada F 2 39. Dua buah muatan masing-masing q1=4µC dan q2=9µC terpisah sejauh 10 cm.

Tentukan besar gaya Coloumb yang terjadi antara dua buah muatan tersebut (k = 9×10 9 Nm 2C -2)! 40. Suatu keluarga berlangganan listrik menggunakan alat-alat listrik sebagai berikut : • 4 lampu masing-masing 50 watt, menyala rata-rata 10 jam sehari; • 1 Unit TV 100 wattmenyala rata-rata 5 jam sehari; • 1 Unit setrika 350 watt, menyala rata-rata 1 jam sehari; • 2 Unit kipasangin 25 watt, menyala rata-rata 3 jam sehari.

Hitunglah biaya pemakaian listrik yang harus dibayar selama 30 hari, jika harga per kWh Rp 1.000,00 dan biaya beban Rp 10.000,00 ! Perhatikan gambar berikut! 1. Organ penghasil sel telur ditunjukkan oleh nomor.

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. 2 B. 3 C. 4 D. 5 2. Organ reproduksi pria yang menghasilkan sel sperma adalah . A. penis C. vas deferents B. testis D. kantong sperma 3,Berikut ini yang bukan termasuk organ reproduksi pada pria adalah …. A. oviduk C. penis B. testis D. vas deferent 4. Potensi yang paling memungkinkan terjadinya penyakit kelamin adalah …. A. seks bebas B. transfusi darah C. penggunaan jarum suntik D. kontak sosial 5.

Penyakit yang menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh, dan saat ini belum ada obat yang tepat adalah …. A. gonorhoeae C. sipylis B. herpes D. AIDS 6. Perhatikan macam-macam penyakit kelamin berikut : i Herpes iv Gonorhoe ii AIDS v Klamidiasis iii Sifilis vi Kandidiasis Penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus adalah ….

A. i da ii C. iv dan v B. ii dan iii D. v dan vi 7.

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Seseorang menunjukkan gejala penyakit yaitu luka pada alat kelamin, ruam merah pada telapak tangan, demam, melalui pemeriksaan laboratorium ditemukan Treponema palliddum berdasar gejala-gejalanya orang tersebut menderita penyakit …. A. Herpes simplex generalis C. Sifilis B. HIV/AIDS D. Gonorhea 8. Gejala-gejala yang menyertai penyakit pada system reproduksi sebagai berikut. Timbul bintil-bintil berisi cairan pada alat kelamin Keluar nanah saat buang air kecil Alat kelamin terasa gatal dan panas Terjadi pembengkakan kelenjar betah bening Gejala-gejala yang menyertai penyakit herpes genitalis meliputi nomor ….

A. 1 dan 2 C. 2 dan 4 B. 1 dan 3 D. 3 dan 4 9. Organ reproduksi pada tumbuhann Angiospermae berupa bunga, sel kelamin jantan dan sek kelamin betinannya adalah . A. benang sari dan mahkota C. putik dan benag sari benang sari B. benang sari dan putik D. puitk dan mahkota 10. Sistem reproduksi yang terjadi pada makhluk hidup tanpa adanya perkawinan secara seksual disebut….

A. Penyerbukan C. Seksual B. Generatif D. Vegetatif 11. Perkembangbiakan vegetatif buatan dapat dilakukan dengan . A. merunduk, setek, dan cangkok C. okulasi, stolon, dan tunas adventif B. merunduk, enten, dan umbi lapis D. rizhoma, enten dan tunas adventif 12.

Pak Darli menanam pisang, lengkuas, dan singkong di kebunnya, cara menanam demikian merupakan perkembangbiakan vegetatif alami dengan cara . A. tunas, tunas adventi, dan umbi batang B. tunas, rizhoma, dan umbi batang C. rizhoma, tunas, dan umbi lapis D. rizhoma, umbi lapias, dan tunas adventif 13. Perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk .

A. menghasilkan spesies baru serangga B. meningkatkan jumlah serangga betina C. mengurangi jumlah populasi serangga D. mencegah serangga melakukan fertilisasi 14.

Hal-hal berikut ini tidak terjadi pada hewan hermafrodit . A. dapat melakukan perkawinan sendiri B. memiliki dua macam alat kelamin C. proses pematangan sel telur dan sperma tidak bersamaan D. dalam fertilisasinya melibatkan individu lain 15. Perhatikan data berikut! 1) belalang 3) kupu kupu 5) kutu 2) ubur ubur 4) lebah 6) planaria Dari data di atas hewan yang perkembangbiakannya secara vegetatif ditunjukan oleh nomor .

A. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 5 B. 1, 3, dan 5 D. 2, 4, dan 6 16. Perhatikan gambar hewan berikut! Berdasar gambar cara perkembangbiakan hewan di samping adalah . A. pragmentasi B. partenogenesis C. tunas D. membelah diri tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut.

Tujuan suatu makhluk hidup melakukan adaptasi adalah …. A. mempertahankan diri agar tidak punah B. mendapatkan makanan yang sesuai C. mendapatkan pasangan hidup jenisnya D. supaya mampu berkuasa di alam 18. Jika seorang wanita bergolongan darah A menikah dengan laki-laki bergolongan darah AB, maka jenis golongan darah yang tidak mungkin dijumpai pada anaknya adalah …. A. A C. AB B. B D. O 19. Faktor penentu sifat pada makhluk hidup yang diwariskan dari induk kepada keturunannya disebut ….

A. genotipe C. kromosom B. gen D. DNA 20. Jika kacang bulat (Bb) intermediate disilangkan dengan kacang bulat (BB) dominan, maka yang dihasilkan ….

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

A. 75% bulat, 25% kisut B. 50% bulat, 50% kisut C. 25% bulat, 50% intermediate, 25% kisut D. 50% bulat, 50% intermediate 21. Jeruk berbuah manis (MM) disilangkan dengan jeruk berbuah asam (mm). F1 yang dihasilkan adalah jeruk berbuah manis (Mm).

Jika sesama F1disilangkan dihasilkan keturunan kedua (F2) sebagai berikut. : Jika pada F2 diperoleh 120 keturunan, jumlah keturunan yang berbuah manis heterozigot adalah …. A. 60 C. 120 B. 90 D. 240 22. Perhatikan bagan berikut! Domba berbulu tebal (1) X Domba berbulu tipis (2) MM (3) X mm (4) F1 : Domba berbulu tebal (5) Mm (6) Yang menunjukkan genotip parental adalah. A. 1 dan 2 B. 3 dan 4 C. 5 dan 6 D. 3, 4 dan 6 23.

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Perhatikan gambar model atom di bawah ini! Elektron ditunjukkan oleh nomor …. A. 1 C. 3 B. 2 D. 4 24. Perhatikan sederetan benda-benda bermuatan listrik berikut! P Q R S T Diketahui benda Q bermuatan positif, benda P ditolak benda Q, benda Q ditarik benda R, benda R ditolak olehbenda S, dan benda S ditarik benda T, manakah pernyataan muatan listrik yang benar?

A. P dan R negatif B. P dan R positif C. S dan T negatif D. R dan S negatif 25. Perhatikan gambar penggaris plastik digosok kain wol berikut!

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Setelah penggaris plastik digosok dengan kain wol, maka aliran elektron dan muatan yang terjadi pada penggaris plastik adalah . Aliran elektron Penggaris plastik bermuatan A. Dari kain wol ke penggaris plastik ( - ) B. Dari kain wol ke penggaris plastik ( + ) C. Dari penggaris plastik ke kain wol ( + ) D. Dari penggaris plastik ke kain wol ( - ) 26. Komputer milik Ayu terkadang “menyengat” ketika dialiri arus listrik. Fanny lalu mengubungkan komputernya ke lantai kamar. Perbuatan Fanny ini bertujuan ….

A. menetralkan bumi B. mengambil elektron dari bumi C. mengalirkan proton ke bumi D. mengalirkan elektron ke bumi 27. Perhatikan data hasil dari suatu percobaan di bawah ini! No. Benda yang digantung Benda yang ditangan Yang terjadi 1. 2. 3. 4. Plastik Plastik Kaca Kaca kaca Kaca Kaca Plastik Tolak – menolak Tarik – menarik Tolak – menolak Tolak – menolak Pernyataan yang benar tentang sifat kelistrikannya adalah ….

A. 1 dan 2 B. 1 dan 3 C. 2 dan 3 D. 1 dan 4 28. Perhatikan gambar elektroskop berikut! Jika kepala elektroskop didekati muatan negatif, maka gambar yang benar ditunjukan nomor … A. I C. III B. II D. IV 29. Contoh peristiwa yang menghasilkan benda bermuatan listrik adalah. A. penggaris plastik digosok dengan sutera B. kayu digosok dengan kain wol C. rambut digosok dengan penggaris plastik D. kaca digosok dengan penggaris 30. Diantara grafik berikut, yang menyatakan hubungan antara beda potensial dengan kuat arus listrik adalah.

A. B. C. D. 31. Sebuah sekering dipasang pada tegangan 250 V, menyebabkan arus mengalir 2 A. Besarnya daya sekering tersebut adalah. A. 2 W C. 220 W B. 125 W D. 500 W 32. Perhatikan gambar sebuah accu dan lampu berikut! D. energi gerak ® energi listrik ® energi cahaya + energi kalor 33. Perhatikan gambar berikut!

〖 R〗_1 R_2 R_3Bila 〖 R〗_1=4Ω,〖 R〗_█(2 @)=6Ω,〖 R〗_(3 )=2Ω dan I=2,5 ampere Maka besarnya beda potensial yang mengalir pada rangkaian tersebut adalah. R1 R2 R3 A. 12 V C. 30 V B. 24 V D. 36 V V 34. Sebuah ketel listrik dihubungkan ke sumber tegangan 12 volt.

Jika elemen pemanas memiliki hambatan 12 Ω, maka energi listrik yang digunakan selama 10 menit sebesar …. A. 1.800 J C. 7.200 J B. 3.600 J D. 14.400 J 35.

Tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut : Jika saklar S ditutup, kejadian yang benar pada rangkaian di atas adalah .

A. lampu A menyala paling terang, lampu B dan lampu C redup B. lampu B menyala paling tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut, lampu A dan lampu C redup. C. lampu A, lampu B, lampu C menyala berbeda-beda D. lampu A, lampu B, lampu C menyala sama terang II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar! 1. Apa yang anda ketahui tentang bayi kembar? Jelaskan! 2. Sebutkan 2 macam perkembangbiakan secara vegetatif buatan, jelaskan! 3. Pada burung Murai, bulu hitam (H) dominan terhadap bulu putih (h).

Bulu kasar (R) dominan 4terhadap bulu halus (r). Seekor burung Murai bulu hitam kasar dikawinkan dengan Murai bulu putih halus. Semua keturunan pertamanya (F1) berbulu hitam kasar. Jika keturunan pertama dikawinkan dengan sesamanya, tentukan : a. Rasio Fenotipe F2 b. Persentase Murai yang bergenotipe HhRr pada F2 4. Perhatikan skema rangkaian listrik di bawah ini! 5.

tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut

Tentukan besar kuat arus listrik yang melalui rangkaian tersebut! Suatu keluarga berlangganan listrik, menggunakan alat-alat listrik sebagai berikut : 4 lampu masing-masing 50watt, menyala rata-rata 10 jam tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut 1 Unit TV 100 wattmenyala rata-rata 5 jam sehari; 1 Unit setrika 350 watt, menyala rata-rata 1 jam sehari; 2 Unit Kipas angin 25 watt, menyala rata-rata 3 jam sehari.

Hitunglah biaya pemakaian listrik yang harus dibayar selama 30 hari, jika harga per kWh Rp 1.000,00 dan biaya beban Rp 10.000,00 !
none Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=B8CVOqbKsUs Contoh Soal dan Pembahasan Listrik Arus Searah Materi Fisika kelas 1 SMA. Khusus membahas tentang rangkaian listrik tertutup satu loop, dua loop, seri paralel dan campuran. Termasuk daya dan energi listrik. Soal No. 1 Rangkaian listrik berikut terdiri 3 buah hambatan dan satu buah baterai 24 Volt yang memiliki hambatan dalam 1 Ω.

Lihat gambar dibawah dan tentukan: a) Kuat arus rangkaian b) Kuat arus pada R 1R 2 dan R 3 c) Beda potensial antara titik A dan B d) Beda potensial antara titik B dan C e) Beda potensial antara titik C dan D f) Beda potensial antara titik A dan C g) Beda potensial antara titik B dan D h) Beda potensial antara titik A dan D i) Beda potensial antara ujung -ujung baterai j) Daya pada hambatan R 1 k) Energi listrik yang diserap hambatan R 1 dalam 5 menit l) Daya rangkaian m) Energi rangkaian dalam 5 menit Pembahasan a) Kuat arus rangkaian listrikdinamis1a.gif" /> b) Kuat arus pada R 1R 2 dan R 3 Kuat arus yang melewati hambatan-hambatan yang dirangkai seri adalah sama.

listrikdinamis1b.gif" /> c) Beda potensial antara titik A dan B listrikdinamis1c.gif" /> d) Beda potensial antara titik B dan C listrikdinamis1d.gif" /> e) Beda potensial antara titik C dan D listrikdinamis1e.gif" /> f) Beda potensial antara titik A dan C listrikdinamis1f.gif" /> g) Beda potensial antara titik B dan D listrikdinamis1g.gif" /> h) Beda potensial antara titik A dan D listrikdinamis1h.gif" /> i) Beda potensial antara ujung-ujung baterai listrikdinamis1i.gif" /> j) Daya pada hambatan R 1 listrikdinamis1j.gif" /> k) Energi listrik yang diserap hambatan R 1 dalam 5 menit W = I 2Rt = (2,4) 2(2) (5x60) = 3456 joule l) Daya rangkaian P = I 2R = (2,4) 2(10) = 57,6 watt m) Energi rangkaian dalam 5 menit listrikdinamis1m.gif" /> Nonton Video POJOK MATERI : Listrik Dinamis Part 1 Nonton Video POJOK MATERI : Listrik Dinamis Part 2 Soal No.

2 Diberikan sebuah rangkaian listrik seperti gambar berikut Tentukan : a) Hambatan pengganti b) Kuat arus rangkaian c) Kuat arus yang melalui R 4 d) Kuat arus yang melalui R 1 e) Kuat arus yang melalui R 2 f) Kuat arus yang melalui R 3 g) Beda potensial ujung-ujung hambatan R 4 h) Beda potensial ujung-ujung R 1 i) Beda potensial ujung-ujung R 2 j) Daya yang diserap R 1 Video Rangkaian Listrik Sederhana Pembahasan a) Hambatan pengganti listrikdinamis2a.gif" /> b) Kuat arus rangkaian listrikdinamis2b.gif" /> c) Kuat arus yang melalui R 4 sama dengan kuat arus rangkaian listrikdinamis2c.gif" /> d) Kuat arus yang melalui R 1 listrikdinamis2d.gif" /> e) Kuat arus yang melalui R 2 listrikdinamis2e.gif" /> f) Kuat arus yang melalui R 3 listrikdinamis2f.gif" /> g) Beda potensial ujung-ujung hambatan R 4 V 4 = I 4R 4 = (1,2)(10) = 12 volt h) Beda potensial ujung-ujung R 1 V 1 = I 1R 1 = (0,6)(20) = 12 volt i) Beda potensial ujung-ujung R 2 sama dengan beda potensial pada ujung R 1 karena dirangkai parallel Video Rangkaian Listrik Seri da Paralel j) Daya yang diserap R 1 listrikdinamis2j.gif" /> Soal No.

3 Diketahui kuat arus yang melalui R 4 adalah 7,2 Ampere. Tentukan nilai tegangan sumber V Pembahasan Mencari kuat arus yang melalui hambatan R 1 dengan prinsip pembagian arus rangkaian paralel : listrikdinamis3a.gif" /> listrikdinamis3b.gif" /> Soal No. 4 Dua buah baterai dengan ggl masing-masing 3 volt dan hambatan dalam 0,5 Ω disusun seri. listrik-dinamis-no-11a.png" /> Hambatan luar R = 1,5 Ω dirangkai seperti gambar. Tentukan besar kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian!

Pembahasan Dua buah bateri disusun seri. Ggl total dari bateri dan hambatan dalam penggantinya: E = 3 v + 3 v = 6 volt r = 0,5 Ω + 0,5 Ω = 1 Ω Rangkaian ekivalennya seperti berikut. listrik-dinamis-no-11b.png" /> Kuat arus yang mengalir pada rangkaian: I = 6 : (1 +1,5) I = 6 : 2,5 = 2,4 A Soal No. 5 Dua buah baterai dengan ggl masing-masing 3 volt dan hambatan dalam 0,5 Ω disusun paralel. listrik-dinamis-no-12a.png" /> Hambatan luar R = 1,5 Ω dirangkai seperti gambar.

Tentukan besar kuat arus listrik yang mengalir pada rangkaian! Pembahasan Dua buah bateri disusun paralel. Ggl total dari baterai identik yang disusun paralel akan sama dengan ggl salah satu baterai: E = 3 volt Sementara itu hambatan dalam penggantinya: 1/r = 1/0,5 + 1/0,5 1/r = 2/0,5 r = 0,5 /2 = 0,25 Ω Rangkaian ekivalennya seperti berikut.

listrik-dinamis-no-12b.png" /> Kuat arus yang mengalir pada rangkaian: I = 3 : (0,25 +1,5) I = 3 : 1,75 = 1,71 A Soal No. 6 Diberikan sebuah rangkaian yang terdiri dari dua buah loop dengan data sebagai berikut : E 1 = 6 volt E 2 = 9 volt E 3 = 12 volt Tentukan : a) Kuat arus yang melalui R 1R 2 dan R 3 b) Beda potensial antara titik B dan C c) Beda potensial antara titik B dan D d) Daya pada hambatan R 1 Pembahasan a) Kuat arus yang melalui R 1R 2 dan R 3 Langkah-langkah standar : - menentukan arah arus - menentukan arah loop - masukkan hukum kirchoff arus - masukkan hukum kirchoff tegangan - menyelesaikan persamaan yang ada Baca Juga: Apa itu Listrik Dinamis dan Apa Saja Contoh dan Rumusnya Contoh Soal Hukum Coulomb dan Cara Penyelesaiannya Misalkan arah arus dan arah loop seperti gambar berikut : Hukum Kirchoff Arus dan Tegangan : listrikdinamis4.gif" /> Loop 1 listrikdinamis4a1.gif" /> (Persamaan I) Loop II listrikdinamis4a2.gif" /> (Persamaan II) Gabungan persamaan I dan II : listrikdinamis4a3.gif" /> b) Beda potensial antara titik B dan C listrikdinamis4b.gif" /> c) Beda potensial antara titik B dan D listrikdinamis4c.gif" /> d) Daya pada hambatan R 1 listrikdinamis4d.gif" /> Soal No.

7 Perhatikan gambar berikut! Tiga buah sumber tegangan dan tiga buah hambatan masing-masing Rx = Ry = Rz = 6 Ω. listrik-dinamis-no-5a.png" /> Tentukan: a) Tegangan antara titik A dan B b) Kuat arus yang melalui Ry Rangkaian Listrik Terbuka da Tertutup Pembahasan Tipe soal seperti nomor 6, akan digunakan cara yang berbeda.

Anggap rangkaian di atas jadi seperti ini: listrik-dinamis-no-5b.png" /> Jadi dari A ke B ada tiga jalan, lewat kiri, lewat tengah atau lewat kanan. a) Tegangan antara titik A dan B Langkah pertama cari total hambatan dalam rangkaian, R 1 adalah total hambatan di cabang 1 (kiri), R 2 untuk total hambatan cabang 2 (tengah) dan R 3 untuk total cabang 3 (kanan).

listrik-dinamis-no-5e.png" /> Setelah ketemu R total, tinggal menentukan tegangan antara titik A dan B listrik-dinamis-no-5c.png" /> dengan E 1 adalah total tegangan sumber di cabang 1, E 2 di cabang 2 dan E 3 dicabang 3. listrik-dinamis-no-5f.png" /> b) Kuat arus yang melalui Ry Tinjau cabang yang tengah saja, karena V AB telah dihitung tadi (dapat 12 volt), tinggal gabung dengan V AB dari rumus berikut: listrik-dinamis-no-5d.png" /> V AB diisi 12 volt, sehingga: listrik-dinamis-no-5g.png" /> Soal No.

8 Pada rangkaian listrik sederhana seperti pada gambar! listrik-dinamis.png" /> Besar kuat arus I1 adalah. A. tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut A B. 0,30 A C. 0,36 A D. 0,45 A E. 0,50 A UN Fisika 2009 P45 No. 27 Pembahasan Seperti nomor 7, bedanya ditengah tidak ada baterainya. Lupakan dulu arah panah arus I 1 pada tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut, disini dianggap ke bawah dulu biar sama kerjanya dengan soal sebelumnya: listrik-dinamis-no-6a.png" /> Total hambatan: listrik-dinamis-no-6b.png" /> Beda potensial (tegangan) antara titik E dan B: listrik-dinamis-no-6c.png" /> Kuat arus I 1, lihat cabang kiri saja: listrik-dinamis-no-6d.png" /> Jika disesuaikan tanda panah pada soal, besar I 1 adalah 0,25 A.

Soal No. 9 Diberikan rangkaian listrik seperti gambar berikut! listrik-dinamis-no-7a.png" /> Kuat arus yang melalui hambatan 2 Ω sebesar. A. 2 A dari A ke B melalui hambatan 2 Ω B. 2 A dari B ke A melalui hambatan 2 Ω C. 3 A dari A ke B melalui hambatan 2 Ω D. 3 A dari B ke A melalui hambatan 2 Ω E. 4 A dari A ke B melalui tiga buah lampu bertuliskan 10 watt dirangkai seperti gambar berikut 2 Ω Pembahasan Karena salah satu cabang ada yang memiliki "hanya" sumber tegangan saja (paling kanan, R = 0), maka V AB bisa langsung diambil V AB = 6 volt atau kalau dipakai rumus cukup dari listrik-dinamis-no-5d.png" /> V AB = 6 + I(0) = 6 volt Dari cabang paling kiri, untuk menentukan arusnya, misal arusnya I 1: listrik-dinamis-no-7b.png" /> Diperoleh listrik-dinamis-no-7c.png" /> Jadi besar arusnya 3 A, dari B ke A melalui hambatan 2 Ω.

Soal No. 10 Kuat arus listrik (I) pada rangkaian berikut besarnya. listrik-dinamis-no-8c.png" /> A. 12/2 A B. 13/3 A C. 14/4 A D. 15/5 A E. 16/6 A Pembahasan Rangkaian diatas merupakan bentuk lain dari susunan tiga resistor yang dirangkai secara paralel. Hambatan penggantinya seperti biasa: listrik-dinamis-no-8a.png" /> Kuat arusnya: listrik-dinamis-no-8b.png" /> Soal No.

11 Perhatikan rangkaian di bawah ini Bila hambatan dalam sumber tegangan masing-masing 0,5 Ω besar kuat arus yang melalui rangkaian tersebut adalah. A. 0,5 A B. 1,5 A C. 1,8 A D. 4,5 A E. 5,4 A (UN Fisika 2011) Pembahasan Rangkaian listrik arus searah /DC sederhana dengan melibatkan beberapa hambatan dalam.

Dengan hukum Kirchoff tegangan didapat: ΣE + ΣIR = 0 9 − 18 + I(2 + 3 + 0,5) = 0 6I = 9 I = 9/6 = 1,5 A Soal No. 12 Dari gambar rangkaian di samping besar kuat arus rangkaian adalah…. A. 3 A B. 4 A C. 6 A D. 8 A E. 12 A (UN Fisika 2013) Pembahasan Total sumber tegangannya 12 volt + 12 volt = 24 volt.

Total hambatannya 2 Ω + 3 Ω + Ω = 8 Ω Jadi kuat arus rangkaiannya 24 volt : 8 Ω = 3 ASimak video pembelajaran Listrik Dinamis lengkap dengan Contoh Soal dan Pembahasannya! Artikel Terkait • Kelistrikan Pada Sel Saraf Manusia • Gaya Gerak Listrik Induksi Diri (GGL Induksi Diri) Beserta Soal dan Pembahasan • Tegangan Listrik Adalah • Komponen Utama yang Bekerja pada Pembangkit Listrik Tenaga Air • Kunci Jawaban Tema 4 kelas 6 Sd, Gambarkan dan Jelaskan Proses Panel Listrik Tenaga Surya!

• Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Penyebab Terputusnya Aliran Listrik Halaman 46-47 • Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Menyalurkan Energi Listrik Halaman 25 - 26 • Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Sd Proses dihasilkannya Energi Listrik oleh Pembangkit Listrik Mikrohidro Halaman 7 • Listrik, Pengubah Wajah Dunia Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6 Sd Halaman 3-4 • Rangkaian Listrik Part 1 -- Rangkaian Listrik Sederhana -- Go Royong With Agiv
Diketahui: Ditanyakan: I?

Jawab: Dari soal, kita dapat mengilustrasikan rangkaian sebagaimana gambar berikut Tentukan hambatan 1 lampu terlebih dahulu: Karena lampu identik dan dipasang paralel, maka hambatan pengganti rangkaian: Maka, berdasarkan hukum Ohm, kuat arus yang mengalir adalah: dengan demikian arus yang mengalir pada sumber tegangan adalah 3 A.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.
Diket : P 1 = 60 Watt V 2 = 120 Volt P 1 = 40 Watt V 2 = 120 Volt Ditanya : P = . ? Konsep = Hubungan daya listrik dengan tegangan dan hambatan listrik pada soal terdapat dua buah lampu dengan spesifikasi daya dan tegangan tertentu yang dipasang seri dengan tegangan listrik 120 V, maka konsep dari soal ini adalah Hubungan daya listrik dengan tegangan dan hambatan listrik.

Hubungan daya listrik dengan tegangan dan hambatan listrik menunjukkan bahwa apabila suatu lampu dengan spesifikasi daya X dan tegangan Y, maka lampu tersebut akan bekerja baik jika dipasang pada listrik yang mempunyai tegangan Y dan menghasilkan daya sebesar X.

Namun apabila lampu tersebut dipasang pada tegangan yang berbeda, maka daya yang dihasilkan juga berbeda dengan hambatan lampu yang sama. Persamaan hubungan daya listrik dengan tegangan dan hambatan listrik yaitu : pada soal ini terdapat dua lampu yang dipasang seri, maka pertama kita cari nilai hambatan total dari kedua lampu. Menghitung hambatan total Menghitung daya total Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

ENERGI LISTRIK & DAYA LISTRIK




2022 charcuterie-iller.com