Cara mengendalikan nafsu makan

cara mengendalikan nafsu makan

KOMPAS.com - Banyak risiko yang mengintai saat kita makan terlalu banyak, termasuk obesitas atau kegemukan. Pada gilirannya, obesitas bisa meningkatkan potensi seseorang terkena penyakit, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, maupun stroke.

Masalahnya, banyak di antara kita yang seringkali tidak sensitif terhadap rasa kenyang. Rasanya mulut ingin terus mengunyah makanan dan sulit berhenti. Jika kamu termasuk yang memiliki nafsu makan besar, kenali berbagai cara mengurangi nafsu makan berlebih ini. 1. Menambah porsi protein Menambah porsi protein ke dalam menu makan, bisa membuat kita merasa lebih kenyang.

cara mengendalikan nafsu makan

Akhirnya, nafsu makan pun berkurang. Sebuah studi membuktikan, para responden yang sarapan dengan telur (kaya akan protein) selama 8 minggu, hasilnya 65% lebih sukses dalam menurunkan berat badannya. Setidaknya, harus ada 20-30% protein dalam porsi makan kita. Baca juga: Peran Protein untuk Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Metabolisme 2. Memilih makanan berserat tinggi Makanan berserat tinggi bisa memperlambat proses pengosongan perut dan membantu tubuh memproduksi hormon yang membuat kita kenyang.

Tidak heran kalau nafsu makan bisa berkurang. Faktanya, menambah makanan berserat seperti kacang-kacangan ke dalam menu diet, mampu meningkatkan rasa kenyang hingga 31%. Baca juga: Makanan Berserat Bisa Jadi Kunci untuk Turunkan Berat Badan 3. Memilih kalori solid Ada dua jenis kalori pada makanan, kalori solid dan cairan. Kalori solid harus dikunyah sebelum ditelan. Sementara itu, untuk kalori dalam bentuk cairan seperti jus atau soda, tinggal diteguk saja.

Menurut penelitian, mengunyah bisa membuat kita lebih kenyang. Maka dari itu, kalori dalam bentuk padat bisa membantu menurunkan nafsu makan. 4. Minum kopi Penelitian menunjukkan, kopi dapat meningkatkan pelepasan hormon peptida YY (PYY). Hormon ini dipercaya bisa meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Para ilmuwan juga percaya hormon PYY menentukan banyaknya makanan yang kita santap. Itulah sebabnya, minum kopi dipercaya bisa menurunkan nafsu makan.

Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Baca juga: Minum Kopi Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan di Masa Libur Panjang 5. Minum sebelum makan Meminum satu gelas air sebelum makan telah terbukti meningkatkan rasa kenyang setelah makanan dihabiskan.

Ini bisa menjadi cara untuk mengatasi nafsu cara mengendalikan nafsu makan berlebih. Penelitian lain membuktikan, meminum air sebanyak 1,5 liter dalam waktu 8 minggu, bisa menurunkan nafsu makan dan berat cara mengendalikan nafsu makan. 6.

cara mengendalikan nafsu makan

Berolahraga sebelum makan Sebuah laporan cara mengendalikan nafsu makan 20 studi yang berbeda menunjukkan, berolahraga secara teratur merupakan salah satu cara mengurangi nafsu makan yang sangat efektif. Bahkan, sesaat setelah berolahraga (terutama olahraga berat), nafsu makan bisa langsung berkurang.

Hal ini disebabkan oleh penurunan hormon ghrelin, yang membuat kita merasa lapar. 7. Meminum teh herbal Penelitian membuktikan, meminum teh herbal bisa menurunkan nafsu makan dan meningkatkan suasana hati. Tentunya, efek ini baru akan dirasakan jika kita berolahraga secara teratur.

8. Makan cokelat hitam Cokelat hitam dianggap lebih efektif dalam menurunkan nafsu makan, dibandingkan cokelat yang terbuat dari susu. Sebuah penelitian membuktikan, para responden berhasil mengurangi porsi makan setelah mengonsumsi cokelat hitam.

9.

cara mengendalikan nafsu makan

Mengonsumsi jahe Mengonsumsi sedikit bubuk jahe terbukti bisa menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, setelah makan. Namun, hanya ada 1 riset yang membuktikannya. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Baca juga: Diet Jahe, Bisa Tekan Nafsu Makan dan Kenyang Lebih Lama 10. Mengontrol kondisi stres Penelitian menunjukkan bahwa perasaan stres malah bisa meningkatkan nafsu makan, membuat kita makan berlebihan, dan cenderung memilih makanan yang tak bernutrisi.

Itulah sebabnya kita disarankan untuk berusaha mengontrol stres, dengan berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, atau menghabiskan waktu dengan teman-teman. Baca juga: 7 Penyebab Nafsu Makan Meningkat yang Mungkin Kamu Alami 11. Mencoba makanan pedas Beberapa rempah-rempah pedas seperti cabai dan paprika ternyata bisa menurunkan nafsu makan.

Dua komponen penting yang dikandungnya, capsaicin dan capsiate, bisa menurunkan rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Manfaat makan pedas sangat tak terduga, kan? Namun, cara mengurangi nafsu makan yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut, karena hanya dilakukan dalam skala kecil. 12. Menggunakan garpu yang lebih besar dan piring yang lebih kecil Ukuran dari perlengkapan cara mengendalikan nafsu makan kita, bisa berdampak besar pada nafsu makan.

Sebab, sebuah riset membuktikan bahwa para responden yang makan dengan garpu lebih besar, ternyata 10% lebih sedikit cara mengendalikan nafsu makan dibandingkan mereka yang makan dengan garpu kecil. Namun efek ini tidak berlaku pada sendok. Malah, sendok besar terbukti bisa meningkatkan nafsu makan. Sementara makan dengan piring yang lebih kecil akan membuat kita berpikir bahwa piring kita sudah penuh, dan sudah makan dengan cukup.

Baca juga: 6 Tips Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan 13. Penuhi kebutuhan asam lemak omega-3 Leptin adalah hormon yang mengendalikan nafsu makan.

Mengonsumsi asam lemak omega-3 ternyata bisa meningkatkan leptin dalam tubuh. Namun, efek ini baru berhasil pada responden dengan kondisi obesitas. 14. Membayangkan makanan yang kita idamkan Mungkin cara mengurangi nafsu makan ini terdengar mustahil. Namun, menurut beberapa peneliti, membayangkan makanan yang kita idamkan bisa menurunkan keinginan untuk melahapnya. Dalam sebuah penelitian, sebanyak 51 responden membayangkan sedang makan cokelat, sebelum akhirnya dihadapkan dengan satu mangkuk cokelat.

Di akhir penelitian, para partisipan itu terbukti mengonsumsi 60% lebih sedikit cokelat. Membatasi porsi makan dengan ketat hanya akan mengundang nafsu makan berlebih. Sebaliknya, jika kita mengonsumsi makanan yang tepat, dalam porsi yang cukup, maka nafsu makan bisa berkurang. Namun, jika rasa lapar tidak kunjung hilang setelah melakukan cara mengendalikan nafsu makan cara mengurangi nafsu makan di atas, sudah saatnya mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.

Salah satu tantangan sulit yang dihadapi banyak orang ketika menjalani diet adalah menentukan cara menahan nafsu makan dengan efektif. Jika Anda termasuk salah satunya, coba ikuti beberapa cara menahan nafsu makan yang sederhana dan mudah dilakukan di artikel berikut ini.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah mengendalikan nafsu makan, namun tak sedikit pula yang kesulitan menahannya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh metabolisme dan aktivitas fisik sehari-hari. Nafsu makan yang sulit dikendalikan bisa membuat seseorang lebih banyak ngemil atau makan berlebihan.

Jika dibiarkan berlarut-larut, hal tersebut dapat berakibat pada meningkatnya berat badan, bahkan hingga obesitas. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan. Penyebab Sulit Menahan Nafsu Makan Sulit menahan nafsu makan bisa saja disebabkan oleh kebiasaan makan sehari-hari, misalnya sering makan terlalu cepat atau makan sambil melakukan aktivitas lain. Namun, selain faktor kebiasaan, nafsu makan yang sulit ditahan juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lainnya, yaitu: • Pola makan yang kurang baik, misalnya pola makan tinggi gula dan karbohidrat namun rendah serat, protein, dan lemak sehat • Faktor genetik • Masalah psikologis, stres, dan gangguan cemas • Gangguan makan, misalnya binge eating disorder • Kurang tidur • Penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti diabetes, hipoglikemia, dan gangguan tiroid • Efek samping obat-obatan, seperti kortikosteroid, cyproheptadine, dan antidepresan Berbagai Cara Menahan Nafsu Makan Jika Anda terus merasa lapar dan sulit menahan nafsu makan, cobalah lakukan beberapa cara menahan nafsu makan berikut ini: 1.

Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga membuat perut kenyang lebih lama.

cara mengendalikan nafsu makan

Oleh karena itu, manfaat serat yang satu ini baik untuk menekan nafsu makan Anda. Beberapa jenis makanan tinggi serat adalah kacang-kacangan, gandum, agar-agar, serta buah dan sayur. Selain banyak mengandung serat, makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

2. Makan secara perlahan Saat sedang makan, diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi tubuh untuk memunculkan sensasi rasa kenyang. Jika Anda makan secara perlahan, maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa Anda sudah kenyang sembari membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Dengan demikian, Anda bisa mengurangi asupan kalori yang masuk sekaligus mengendalikan nafsu makan.

3. Perbanyak minum air putih Berbagai penelitian menyatakan bahwa membiasakan diri untuk banyak minum air putih dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi dorongan untuk ngemil atau makan secara berlebihan.

Tak hanya mengurangi nafsu makan, konsumsi air putih juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mencegah dehidrasi. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, setidaknya 3 liter untuk pria, dan 2 liter untuk wanita, per hari. 4. Jangan lewatkan sarapan Hindari melewatkan sarapan di pagi hari.

Selain membuat Anda kenyang sepanjang pagi, sarapan juga mencegah Anda makan berlebihan di siang harinya. Namun, pastikan Anda tetap mengonsumsi menu sarapan sehat ya, yakni yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. 5. Berolahraga secara teratur Saat tubuh baru menjalani aktivitas fisik atau olahraga, maka biasanya nafsu makan memang sedikit meningkat. Namun, jika dilakukan secara rutin, olahraga justru dapat membantu tubuh untuk menahan nafsu makan.

Rutin berolahraga dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar. 6. Cukupi waktu istirahat Tidur malam setidaknya selama 7 jam ternyata dapat memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan. Jika Anda cukup tidur, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh lebih mampu mengendalikan nafsu makan. 7. Hindari mengonsumsi camilan Saat Anda cara mengendalikan nafsu makan merasa lapar, hindari mengonsumsi camilan untuk menghilangkan rasa lapar.

Terlebih jika jenis camilan yang dikonsumsi adalah makanan yang kurang sehat, seperti gorengan, es krim, permen, atau cokelat. Meski rasanya nikmat, jenis cemilan tersebut banyak mengandung gula, lemak, serta kalori yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Jika merasa lapar dan ingin ngemil, coba pilih cemilan sehat, seperti buah, sereal, granola bar, telur rebus, dan yoghurt rendah lemak.

Selain itu, bila Anda hobi menonton video mukbang, ada baiknya Anda mulai membatasi kegiatan ini. Karena menonton video mukbang secara berlebih dapat meningkatkan nafsu makan. Nah, itu dia beberapa cara menahan nafsu makan yang dapat Anda pratikan mulai saat ini.

Jika dilakukan dengan rutin, maka pola makan Anda akan menjadi lebih sehat dan nafsu makan pun bisa lebih mudah terkontrol. Jika nafsu makan sudah terkendali, maka Anda juga akan lebih mudah untuk mengendalikan berat badan.

Namun, apabila nafsu makan masih saja sulit ditahan meski sudah mengikuti tips-tips di atas, atau jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui lebih jauh bagaimana cara yang sehat dan tepat untuk menahan nafsu makan dan mengendalikan berat badan Anda.
Artikel ini disusun bersama Claudia Carberry, RD, MS.

Claudia Carberry adalah dietisien terdaftar dengan spesialisasi cangkok ginjal dan konseling pasien untuk menurunkan berat badan di University of Arkansas for Medical Sciences. Dia adalah anggota organisasi Arkansas Academy of Nutrition and Dietetics. Claudia memperoleh gelar MS di bidang nutrisi dari University of Tennessee Knoxville pada 2010. Ada 11 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman.

Artikel ini telah dilihat 27.216 kali. Nafsu makan adalah fenomena fisik sekaligus psikologis. Meskipun tidak benar-benar merasa lapar, kadang kita makan di saat bosan, stres, atau hanya karena sudah waktunya makan. Ada banyak program penurunan berat badan dan obat diet yang dipasarkan sebagai penekan nafsu makan, padahal sebenarnya Anda dapat menekan nafsu makan secara alami melalui diet dan olahraga. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/9\/9f\/Decrease-Your-Appetite-Step-1-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-1-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/9\/9f\/Decrease-Your-Appetite-Step-1-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-1-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Konsumsi serat yang mengenyangkan.

Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna dan mengenyangkan meskipun Anda hanya mengonsumsi sedikit kalori. Makanan berserat seperti oatmeal sangat bagus untuk diet karena tidak hanya dapat membantu menekan nafsu makan, tetapi juga memberikan energi secara terus-menerus dengan mengatur pelepasan insulin dan gula darah. [1] X Teliti sumber • Konsumsi serat yang dianjurkan adalah 14 gram serat setiap 1.000 kalori, atau sekitar 28 gram serat bagi wanita dan 38 gram serat bagi pria.

• Jika tujuan Anda adalah mengurangi lemak, sertakan juga banyak sayuran, polong-polongan, serta buah-buahan yang kaya serat. • Makanlah oatmeal saat sarapan, dan Anda akan mampu menahan rasa lapar hingga waktu makan siang tanpa perlu makan camilan. Oatmeal adalah bahan makanan yang lambat dicerna dan akan membantu Anda tetap merasa kenyang.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/3\/35\/Decrease-Your-Appetite-Step-2-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-2-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/3\/35\/Decrease-Your-Appetite-Step-2-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-2-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum kopi.

Dua cangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menekan nafsu makan. [2] X Teliti sumber Namun, bagi sebagian orang, kopi memiliki efek sebaliknya. Oleh karena itu, perhatikan efek kopi terhadap tubuh Anda dan tentukan langkah yang sesuai. • Biji kopi biasanya kaya kandungan kafeina dan antioksidan yang mudah diserap oleh tubuh.

Efeknya akan mulai terasa sekitar 1 jam setelah Anda meminum secangkir kopi. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/01\/Decrease-Your-Appetite-Step-3-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-3-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/01\/Decrease-Your-Appetite-Step-3-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-3-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Makan cokelat hitam.

Berita bagus untuk pecinta cokelat. Belilah sebatang cokelat hitam yang mengandung paling tidak 70% kakao karena rasa pahitnya cukup kuat untuk menekan nafsu makan. [3] X Teliti sumber • Kakao mengandung asam stearat yang telah terbukti dapat memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. • Kombinasikan cokelat hitam dengan secangkir kopi untuk meningkatkan efeknya.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/1\/10\/Decrease-Your-Appetite-Step-4-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-4-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/1\/10\/Decrease-Your-Appetite-Step-4-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-4-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tingkatkan asupan protein dan lemak.

Pencernaan protein membutuhkan energi dari kalori, yang merangsang pelepasan hormon penekan nafsu makan. Protein dan lemak bisa sangat menekan nafsu makan karena dapat mengatur gula darah dalam waktu lama. Diet kaya protein dan lemak sehat dapat mengendalikan dan menstabilkan gula darah. Diet ini juga dapat memengaruhi nafsu makan dan keinginan makan di kemudian hari. Mengonsumsi lemak dalam jumlah sedang, meskipun efek panasnya lebih rendah, dapat membantu Anda merasa tetap kenyang selama menjalani diet.

• Mengganti karbohidrat dengan protein rendah lemak hingga sekitar 15-30% dapat cara mengendalikan nafsu makan menurunkan berat badan sekaligus mengurangi rasa lapar.

• Protein kasein yang sering kali terkandung dalam suplemen bubuk protein merupakan suatu protein lepas lambat yang dapat membuat Anda merasa kenyang, dan dengan demikian, mengurangi nafsu makan.

• Diet yang sangat rendah lemak memiliki efek berkebalikan dengan yang diharapkan. Diet seperti ini jsutru meningkatkan rasa lapar. Dalam jumlah sedang, lemak bagus bagi tubuh dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, lemak juga dapat meningkatkan rasa makanan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/6c\/Decrease-Your-Appetite-Step-5-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-5-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/6c\/Decrease-Your-Appetite-Step-5-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-5-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Atur konsumsi karbohidrat.

Gula dan zat tepung merupakan sumber energi yang penting bagi metabolisme tubuh. Karbohidrat yang terbentuk cara mengendalikan nafsu makan zat tepung kaya akan kandungan nutrisi dan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang.

[4] X Teliti sumber • Karbohidrat kompleks lambat dicerna, mengenyangkan, sekaligus dapat mengurangi nafsu makan. Karbohidrat seperti ini terkandung dalam beras cokelat, roti gandum utuh, dan quinoa. • Serat juga terkandung dalam zat tepung yang memengaruhi rasa kenyang.

{"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/50\/Decrease-Your-Appetite-Step-6-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-6-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/50\/Decrease-Your-Appetite-Step-6-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-6-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Minum air untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Air akan mengisi ruang dalam saluran cerna. Oleh karena sebagian besar tubuh tersusun oleh air, tubuh hampir selalu membutuhkan air. Dapat menekan nafsu makan atau tidak, air adalah zat yang penting bagi tubuh dan mengandung 0 kalori.

[5] X Teliti sumber • Cara mengendalikan nafsu makan 8 gelas air per hari tidak lagi didukung oleh sebagian besar penelitian. Untuk itu, ukur berat badan Anda (dalam satuan pon) kemudian bagi dua.

Misalnya, berat badan Anda 200 pon (sekitar 90 kg), berarti Anda harus minum 100 ounce air atau setara dengan 12,5 gelas per hari. [6] Cara mengendalikan nafsu makan Teliti sumber • Tambahkan satu atau dua tetes sari lemon atau jeruk nipis ke dalam air untuk memberi sedikit rasa.

• Minum air jauh lebih bagus dibandingkan minum soda atau alkohol yang justru dapat mendehidrasi tubuh. • Jika Anda pernah merasa lapar di antara waktu makan dan telah mengonsumsi camilan sehat, minumlah segelas air untuk mengisi saluran cerna dan menekan nafsu makan Anda. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/0\/02\/Decrease-Your-Appetite-Step-7-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-7-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/0\/02\/Decrease-Your-Appetite-Step-7-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-7-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Sarapan setiap hari.

Ada alasan mengapa sarapan disebut orang sebagai makanan paling penting dalam sehari, yaitu karena tubuh telah berpuasa semalaman dan sarapan dapat mengurangi rasa lapar sepanjang hari. Penelitian menunjukkan bahwa melewatkan sarapan cenderung meningkatkan konsumsi camilan di siang hari. [7] X Teliti sumber • Sindrom makan malam atau nighttime eating syndrome (NES), suatu gangguan yang dihubungkan dengan makan di malam hari dan terbangun dari tidur untuk makan, adalah gangguan makan yang diakui secara klinis.

Sarapan setiap hari dapat mengurangi kemungkinan Anda mengalami gangguan ini. [8] X Sumber Tepercaya PubMed Central Kunjungi sumber • Penelitian menunjukkan juga bahwa melewatkan sarapan dapat memicu peningkatan berat badan, hipertensi, resistensi insulin, dan peningkatan konstentrasi lipid puasa. • Melewatkan waktu makan juga memiliki efek yang sama. Meskipun orang-orang meyakini bahwa melewatkan waktu makan dapat membantu menurunkan berat badan, yang terjadi justru sebaliknya.

Melewatkan waktu makan hanya akan membuat mereka makan camilan lebih banyak dan menambah berat badan. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/f\/f1\/Decrease-Your-Appetite-Step-8-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-8-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/f\/f1\/Decrease-Your-Appetite-Step-8-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-8-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Makan camilan sehat.

Makan camilan di siang hari bukanlah sesuatu yang salah.

cara mengendalikan nafsu makan

Hanya saja, pastikan Anda memilih buah, sayuran, atau protein rendah lemak seperti dada ayam atau ikan sebagai camilan. Camilan sehat ini akan mengendalikan rasa lapar Anda hingga waktu makan malam. Selain itu, camilan tersebut juga mengandung vitamin, mineral, serta nutrisi lain yang bagus bagi tubuh. [9] X Teliti sumber • Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula karena tidak mengenyangkan sehingga kemungkinan besar Anda akan terus makan camilan cara mengendalikan nafsu makan hari.

• Jika Anda ingin mengonsumsi lemak, makanlah lemak sehat yang dapat mengurangi konsumsi gula dan mencegah Anda makan berlebihan di sore hari. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/6\/61\/Decrease-Your-Appetite-Step-9-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-9-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/6\/61\/Decrease-Your-Appetite-Step-9-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-9-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Makan dengan sadar.

Teknik makan dengan sadar ( mindful eating) berguna untuk mencegah makan berlebihan. Caranya adalah dengan memusatkan pikiran pada setiap tahap Anda makan. Dengan begitu, Anda akan menyadari ukuran porsi makanan dan mengurangi kecepatan menghabiskan makanan. [10] X Teliti cara mengendalikan nafsu makan • Tujuan teknik makan ini adalah tidak melakukan kegiatan lain seperti menonton TV atau bermain komputer saat makan.

Kegiatan seperti ini dapat mengalihkan perhatian Anda sehingga tidak menyadari banyaknya makanan yang Anda makan. • Contohnya adalah memakan kismis atau buah kering lain yang bisa Anda pegang, rasakan teksturnya, lihat warnanya, cium aromanya, serta cicipi rasanya. Selama makan kismis, lakukan langkah yang sama sebelum Anda menelannya. Dengan memakan kismis, Anda bisa merasakan beragam sensasi dengan sadar sambil mengamati betapa bermaknanya pengalaman tersebut.

• Usahakan untuk makan selama paling tidak 20 menit. Dengan begitu Anda bisa mengunyah dan menelan makanan serta mencernanya cara mengendalikan nafsu makan baik. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/83\/Decrease-Your-Appetite-Step-10-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-10-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/83\/Decrease-Your-Appetite-Step-10-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-10-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Sesuaikan nutrisi dengan kondisi fisiologi tubuh.

Berapa banyak makanan yang Anda konsumsi sehari-hari ditentukan oleh tujuan kebugaran, gaya hidup, dan pengelolaan Anda sendiri. Ada manfaat yang bisa Anda peroleh dengan makan beberapa kali sehari hingga maksimal 8 kali sehari. Kuncinya adalah mencari sistem nutrisi yang dapat mengoptimalkan kesehatan Anda.

[11] X Teliti sumber • Makan lebih sering, misalnya 6 hingga 8 kali sehari tidak dapat meningkatkan metabolisme tubuh maupun mengurangi lemak secara signifikan. Contohnya, jika Anda makan 3 kali sehari sebanyak masing-masing 1.000 kalori, dan makan 6 kali sehari sebanyak masing-masing 500 kalori, jumlah total asupan kalori keduanya sama yaitu 3.000 kalori. Singkatnya, tingkat energi tubuh akan tetap sama. Dengan demikian, makan beberapa kali sehari tidak memberikan manfaat lebih dalam mengendalikan nafsu makan.

• Makanlah lebih sering jika Anda ingin memperbesar otot dan meningkatkan kekuatan tubuh, atau jika Anda menderita diabetes. Sebaliknya, kurangi frekuensi makan jika Anda berusaha untuk mengurangi lemak atau jika gaya hidup Anda sibuk. • Cara yang paling baik adalah makan di saat lapar dan berhenti di saat kenyang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/8\/8c\/Decrease-Your-Appetite-Step-11-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-11-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/8\/8c\/Decrease-Your-Appetite-Step-11-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-11-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berolahraga secara rutin.

Pengaruh olahraga cukup rumit. Olahraga intensitas sedang-tinggi dapat menekan nafsu makan karena tubuh akan menggunakan cadangan lemaknya sebagai sumber energi. Sementara itu, olahraga intensitas rendah seperti berjalan, berenang, dan joging akan meningkatkan rasa lapar. • Penelitian menemukan bahwa respons saraf terhadap makanan turun secara signifikan pada olahraga intensitas sedang-tinggi.

• Olahraga juga dapat menurunkan motivasi insentif pada otak yang bertanggung jawab mengantisipasi makanan. Efek ini dapat mengurangi rasa lapar sekaligus menjaga kesehatan dan mengurangi stres. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/cf\/Decrease-Your-Appetite-Step-12-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-12-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/cf\/Decrease-Your-Appetite-Step-12-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-12-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Tidur.

Ada sejumlah penelitian mengenai tidur dan kurang tidur beserta dampaknya terhadap tubuh. Secara umum, kurang tidur memiliki dampak negatif terhadap tubuh dan dapat meningkatkan hormon lapar yang membuat kita ingin makan camilan sepanjang hari.

cara mengendalikan nafsu makan

{INSERTKEYS} [12] X Teliti sumber • Penelitian menunjukkan bahwa tubuh yang kurang tidur membutuhkan karbohidrat lebih banyak sepanjang hari. Ilmuwan meyakini bahwa hal ini disebabkan oleh kebutuhan alami tubuh terhadap karbohidrat untuk meningkatkan energi. • Tidur sangat berhubungan dengan makan. Kurang tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan asupan makanan secara dramatis.

• Leptin, suatu hormon yang dilepaskan oleh sel-sel lemak dan dapat menekan nafsu makan sangat ditentukan oleh waktu tidur. Akibatnya, kurang tidur dapat memengaruhi rasa lapar secara dramatis. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/c\/c4\/Decrease-Your-Appetite-Step-13-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-13-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/c\/c4\/Decrease-Your-Appetite-Step-13-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-13-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Berlatih yoga.

Yoga dapat mengurangi rasa lapar. Latihan yoga dapat membuat Anda lebih menyadari tubuh sehingga lebih sensitif terhadap rasa kenyang dan mengurangi kemungkinan makan camilan nirnutrisi.

{/INSERTKEYS}

cara mengendalikan nafsu makan

{INSERTKEYS} [13] X Teliti sumber • Berlatih yoga selama paling tidak satu jam dalam seminggu diketahui dapat menekan nafsu makan. Oleh karena dapat mengurangi stres, yoga dapat menekan hormon kortisol yang berhubungan dengan makan berlebihan.

• Makan dengan sadar yang merupakan proses melibatkan pikiran dalam langkah demi langkah saat makan juga merupakan bagian dari yoga.

Proses ini akan membantu Anda berhenti makan di saat kenyang. {"smallUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images_en\/thumb\/5\/56\/Decrease-Your-Appetite-Step-14-Version-2.jpg\/v4-460px-Decrease-Your-Appetite-Step-14-Version-2.jpg","bigUrl":"https:\/\/www.wikihow.com\/images\/thumb\/5\/56\/Decrease-Your-Appetite-Step-14-Version-2.jpg\/v4-728px-Decrease-Your-Appetite-Step-14-Version-2.jpg","smallWidth":460,"smallHeight":345,"bigWidth":728,"bigHeight":546,"licensing":"

<\/div>"} Kendalikan rasa lapar emosional.

Makan hanya karena bosan adalah suatu kebiasaan. Namun, membedakan lapar sungguhan dan lapar emosional sulit dilakukan oleh banyak orang. [14] X Teliti sumber • Rasa lapar fisik yang sesungguhnya muncul secara bertahap dan dapat diatasi dengan sebagian besar makanan. Anda akan berhenti makan secara alami saat kenyang dan tidak akan merasa bersalah. Sebaliknya, makan karena bosan menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu, muncul dengan cepat, dan membuat Anda makan berlebihan.

Anda mungkin akan merasa bersalah setelah selesai makan. • Catat makanan yang Anda makan sepanjang hari dalam buku harian. Amati perasaan Anda sebelum dan setelah makan. Jika Anda sering makan camilan tidak sehat di antara waktu makan atau setelah larut malam, dan merasa bersalah, cobalah melakukan aktivitas berbeda untuk mengisi waktu seperti berjalan-jalan, membaca buku, atau bermain dengan hewan peliharaan sejenak. • Jika Anda merasakan keinginan makan yang begitu kuat, berusahalah untuk makan camilan sehat seperti buah, sayuran, atau kacang-kacangan.

• Minumlah sesuatu di saat Anda mulai merasa lapar. Tubuh sering kali salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. • Gunakan piring yang lebih kecil untuk makan. {/INSERTKEYS}

cara mengendalikan nafsu makan

Piring cara mengendalikan nafsu makan ini dapat membantu membuat otak berpikir Anda telah menghabiskan sepiring penuh makanan. • Kurangi jumlah makanan pada piring saat makan. Semakin sedikit makanan yang tampak di atas piring, semakin sedikit pula cara mengendalikan nafsu makan Anda makan. • Usahakan untuk banyak makan buah, sayur, daging, dan serealia. Bahan makanan yang menyehatkan ini seharusnya dapat membantu menjaga keseimbangan nafsu makan Anda.

• Dengarkan musik, cobalah bernyanyi, menari, berolahraga, dan melakukan hal yang bisa mengalihkan pikiran Anda dari makanan dengan cara positif. • Beberapa jenis makanan seperti seledri mentah membutuhkan lebih banyak kalori untuk dicerna dibandingkan kalori yang terkandung di dalamnya.

• Mengurangi nafsu makan boleh saja, tetapi Anda tetap harus makan. Tubuh harus mendapatkan asupan makanan tiga kali sehari atau delapan kali sehari dalam porsi kecil (yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh). Jika tubuh Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang masuk, berat badan Anda akan berkurang. Makanlah secara teratur dan sehat, tetapi hanya di saat Anda merasa lapar. Jangan sampai berhenti makan karena hal itu merupakan suatu gangguan yang disebut anoreksia nervosa dan sangat berbahaya.

Artikel ini disusun bersama Claudia Carberry, RD, MS. Claudia Carberry adalah dietisien terdaftar dengan spesialisasi cangkok ginjal dan konseling pasien untuk menurunkan berat badan di University of Arkansas for Medical Sciences. Dia adalah anggota organisasi Arkansas Academy of Nutrition and Dietetics. Claudia memperoleh gelar MS di bidang nutrisi dari University of Tennessee Knoxville pada 2010.

Artikel ini telah dilihat 27.216 kali. • #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Trimester ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Pernahkan kamu merasa lapar padahal baru saja makan?

Hati-hati ya, karena bisa jadi kamu makan berlebihan hanya karena menuruti nafsu. Seiring berjalannya waktu, makan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan memicu terjadinya obesitas.

Nah, obesitas ini akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan jantung. Banyak orang berpendapat bahwa, mengubah kebiasan makan berlebihan jadi suatu hal yang sulit dilakukan. Padahal, kamu bisa kok mengurangi nafsu makan berlebih asalkan kamu punya niat dan tujuan yang jelas. Berikut ini Popmama.com akan memberi tahu kamu, 10 cara mengurangi nafsu makan berlebih agar terhindar dari obesitas, dilansir dari Healthline.

Freepik/Luis-molinero Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi nafsu makan berlebih yaitu, ketahui faktor-faktor yang memicu perasaan ingin makan terus menerus.

Misalnya jika kamu cenderung makan es krim berlebihan, ada baiknya hindari menyimpan es krim dalam freezer.

cara mengendalikan nafsu makan

Karena semakin sulit kamu menjangkau sesuatu, semakin kecil kemungkinan kamu untuk makan secara berlebihan. Selain itu kamu bisa menyimpan makanan ringan seperti keripik, kue, dan permen, ditempat yang tidak mudah terlihat, agar keinginan kamu untuk makan bisa berkurang. Pixabay/LuidmilaKot Jika kamu ingin cara mengendalikan nafsu makan nafsu makan berlebih, mulai sekarang biasakan untuk makan secara perlahan ya.

Menurut penelitian, makan terlalu cepat bisa bikin gemuk dan meningkatkan risiko obesitas lho. Perut kamu sebenarnya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim ‘sinyal kenyang’ ke otak. Jadi, biasakan untuk mengunyah makanan beberapa kali ya.

Selain menurunkan risiko obesitas, makan secara perlahan juga baik untuk sistem pencernaan tubuh kamu. Setelah makan, beristirahatlah sejenak untuk mengetahui apakah tubuh sudah kenyang, sebelum kamu makan lebih banyak lagi. Freepik/Tanyajoy Ketika tubuh merasa sangat lapar, ada kemungkinan kamu akan makan lebih banyak dari biasanya. Jika hal ini sering kamu alami, sebaiknya jangan melewatkan jam makan ya. Banyak orang melewatkan sarapan dan cenderung makan berlebihan di siang hari.

Fakta menurut penelitian menyebutkan kalau, sarapan pagi dapat meningkatkan kadar dopamin di otak kita. Nah, dopamin ini akan bekerja membantu tubuh mengendalikan hasrat dan dorongan untuk makan berlebih.

Freepik/KamranAydinov Mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, nyatanya bisa membantu kamu mengurangi nafsu makan berlebih yang cara mengendalikan nafsu makan menyebabkan obesitas. Saat kamu makan makanan olahan, terutama karbohidrat sederhana atau makanan tinggi gula, maka kadar gula darah dalam tubuh akan lebih cepat naik.

Akibatnya, kamu akan cepat lapar dan muncul keinginan untuk makan lagi dan lagi. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, daging, dan konsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun. Pexels/Andrea Piacquadio Saat tubuh kelelahan, kamu cenderung makan lebih banyak dari biasanya. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, kurang tidur berhubungan langsung dengan peningkatan stres yang bisa menyebabkan seorang perempuan makan lebih banyak.

Kondisi ini bisa menyebabkan kamu mengalami obesitas, serta memperbesar risiko penyakit diabetes tipe-2. Untuk itu, pastikan tubuh mendapatkan istrihat yang cukup dengan tidur minimal tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Freepik/our-team Cobalah kendalikan diri ketika kamu merasa lapar. Pastikan kamu memang benar-benar membutuhkan makanan, bukan hanya keinginan sesaat saja. Saat tubuh merasa lapar padahal baru selesai makan, sebaiknya jangan pergi ke dapur ya.

Lakukan kegiatan lain yang bisa mengalihkan perhatianmu ke makanan, misalnya dengan berolahraga atau melakukan yoga. Olahraga bisa jadi pilihan yang tepat, karena selain utuk cara mengendalikan nafsu makan perhatian, juga menyehatkan tubuh tentunya.

Freepik/drobotdean Menulis catatan mengenai makanan yang kamu makan, bisa bantu mengurangi nafsu makan berlebih. Kamu bisa membuat catatan di buku harian atau menggunakan aplikasi di ponsel ya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, menggunakan teknik pemantauan diri terkait kebutuhan makanan, akan membantu kamu mengurangi asupan kalori berlebihan yang bisa menyebabkan obesitas.

Selain itu, membuat catatan bisa bantu mengidentifikasi pemicu emosional yang menyebabkan kamu makan berlebihan. Kamu jadi lebih mudah dalam mengontrol nafsu makan kamu deh. Pexels/Daria Shevtsova Minum minuman manis seperti soda, jus atau minuman kemasan lainnya, berkontribusi dalam penambahan berat badan serta meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe-2. Para peneliti mengatakan kalau, mengonsumsi minuman manis setelah makan akan membuat seseorang cenderung ingin makan lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum minuman manis untuk mengurangi nafsu makan berlebih ya. Sebagai gantinya, konsumsi lebih banyak air putih yang menyehatkan.

Freepik Kebiasaan memang cenderung sulit dihentikan, terutama jika melibatkan makanan. Tapi meskipun pada prosesnya kamu membutuhkan waktu, fokuslah pada manfaat yang bisa kamu dapatkan ya. Mulailah untuk mengganti kebiasaan buruk seperti makan di depan televisi dengan makan di meja makan, atau ganti semangkuk ice cream saat menonton film dengan secangkir teh panas.

Seiring berjalannya waktu, jika kamu terus mencobanya, maka ini bisa jadi kebiasaan sehat yang mudah dilakukan. Freepik Penting untuk kamu membedakan nafsu makan berlebih dengan gangguan makan berlebih atau Binge Eating Disorder (BED). BED diakui oleh Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders sebagai gangguan kejiwaan. Ini artinya, seseorang yang mengalami BED kemungkinan besar membutuhkan perawatan dari tim medis yang professional untuk mengatasinya. BED biasanya ditandai dengan keinginan seseorang untuk makan dalam jumlah besar dengan sangat cepat, meskipun tidak lapar.

Biasanya orang tersebut akan merasa bingung dengan apa yang dilakukannya, namun tak bisa mengatasi keinginanya untuk terus makan.

Menurut penelitian, BED telah memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia bahkan menjadi gangguan makan yang paling umum dialami oleh orang Amerika Serikat.

Nah itulah tadi, 10 cara mengurangi nafsu makan berlebih agar terhindar dari obesitas. Makan berlebihan memang jadi satu kebiasaan yang sulit dihentikan, tapi yakinlah kalau kamu bisa melakukannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Baca juga: • Cara Mengatasi Nafsu Makan Berlebih saat Hamil Tua • Hati-Hati, Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Bisa Bikin Gemuk Lho! • 9 Cara Mudah Mengontrol Porsi Makan agar Terhindar dari Obesitas
Merdeka.com - Salah satu tantangan yang paling sulit untuk dihadapi banyak orang ketika sedang menjalani diet adalah menentukan cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan dan tentunya efektif.

Jika Anda merupakan salah satunya, tentunya akan sangat berguna untuk membaca artikel berikut ini. Pada dasarnya setiap orang akan memiliki nafsu makan yang berbeda-beda.

Ada orang yang mudah mengendalikan nafsu makan, namun ada juga yang sangat kesulitan cara mengendalikan nafsu makan menahannya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh metabolisme dan aktivitas fisik sehari-hari. Nafsu makan yang sulit dikendalikan memang bisa membuat seseorang akan lebih banyak untuk melakukan makan ataupun ngemil yang cenderung berlebihan. Jika dibiarkan berkepanjangan, hal tersebut tentunya dapat berakibat pada meningkatnya berat badan, bahkan hingga obesitas.

Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan. Sulit menahan nafsu makan bisa saja dapat disebabkan oleh kebiasaan makan sehari-hari. Misalnya sering makan terlalu cepat ataupun makan sambil melakukan aktivitas yang lainnya. BACA JUGA: Cara Melentikkan Bulu Mata dengan Bahan Alami, Aman dan Efektif 40 Parikan Lucu yang Menghibur dan Bikin Ketawa, Akrabkan Suasana Namun, selain faktor kebiasaan, nafsu makan yang sulit ditahan juga dapat disebabkan oleh berbagai hal lainnya, yaitu : • Pola makan yang kurang baik, contohnya pola makan tinggi gula dan karbohidrat namun rendah serat, protein dan lemak sehat.

• Faktor genetik • Masalah psikologis seperti stres dan gangguan cemas • Gangguan makan • Penyakit atau kondisi medis tertentu • Kurang tidur Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum bagaimana cara menahan nafsu makan yang mudah untuk dilakukan, yang dilansir dari alodokter.com 1. Memperbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat Cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan yang pertama adalah memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga akan membuat perut kenyang lebih lama.

Karena itu, manfaat serat yang satu ini akan baik untuk menekan nafsu makan saat Anda menjalani program diet. Beberapa jenis makanan tinggi serat diantaranya adalah kacang-kacangan, gandum, agar-agar, serta buah dan sayur.

2. Jangan Makan Terlalu Cepat ©2020 Merdeka.com Cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan yang selanjutnya adalah jangan makan terlalu cepat. Saat Anda makan, diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk memunculkan sensasi rasa kenyang.

cara mengendalikan nafsu makan

Jika Anda makan secara perlahan-lahan maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa Anda sudah kenyang sembari membatasi jumlah kalori yang telah dikonsumsi. 3. Memperbanyak Minum Air Putih Cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa kebiasaan diri untuk banyak minum air putih akan dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi dorongan untuk ngemil ataupun makan secara berlebihan.

Tidak hanya dapat mengurangi nafsu makan, konsumsi air putih juga akan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan tercegah dari dehidrasi. Untuk itu, pastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter (sekitar 8 gelas air per hari). BACA JUGA: 6 Resep Donat Isi Berbagai Bahan ala Rumahan, Enak, Lembut dan Mudah Dibuat Ambulans Terobos Jalan dan Ngaku Bawa Pasien, Rupanya Mau Liburan jadi Bersitegang Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet dan ingin melakukan cara menahan nafsu makan yang ampuh dilakukan, sebaiknya hindari untuk melewatkan sarapan di pagi hari.

Rutin untuk sarapan merupakan kunci tepat untuk menahan nafsu makan Anda. Selain membuat Anda kenyang sepanjang pagi, sarapan juga akan mencegah Anda makan berlebih pada siang harinya. Pastikan untuk memilih mengonsumsi menu sarapan yang sehat dan mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak. 5. Olahraga Secara Teratur Cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan berikutnya adalah dengan berolahraga secara teratur.

Di saat tubuh baru menjalani aktivitas fisik atau olahraga, maka biasanya nafsu makan memang akan sedikit meningkat. Namun, jika dilakukan secara rutin, olahraga justru akan dapat membantu tubuh untuk menahan nafsu makan. Rutin untuk berolahraga akan dipercaya mampu mengurangi aktivitas bagian otak yang mengendalikan nafsu makan dan bisa mengurangi kadar hormon yang memicu rasa lapar. 6. Cara mengendalikan nafsu makan yang Cukup ©2016 Merdeka.com Cara menahan nafsu makan yang selanjutnya adalah istirahat yang cukup.

Lakukan tidur malam setidaknya selama 7 jam ternyata akan dapat memengaruhi produksi hormon leptin dan ghrelin yang dapat mengendalikan nafsu makan. Jika Anda cukup tidur, hormon tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh akan lebih mampu mengendalikan nafsu makan.

7. Hindari Konsumsi Camilan Saat Anda mulai merasa lapar, cara menahan nafsu makan yang mudah dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi camilan untuk menghilangkan rasa lapar. Terlebih jika jenis camilan yang dimakan kurang sehat, seperti gorengan, es krim, permen, atau cokelat. Meski rasanya memang nikmat, jenis camilan tersebut memiliki kandungan gula, lemak, serta kalori yang tidak baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

1 Nekat Berenang saat Ombak Tinggi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sukabumi 2 7 Rekomendasi Body Lotion dengan Sensasi Dingin untuk Lembapkan Kulit di Cuaca Panas 3 Kisah Kehidupan Seks Tentara Belanda di Indonesia 4 6 Potret Terbaru Aisyahrani Hamil Anak Ketiga, Penampilannya Mencuri Perhatian 5 Barisan Prajurit Kopaska TNI Menangis di Hutan, Alasannya Bikin Haru Selengkapnya
Kapanlagi Plus - Cara menahan nafsu makan tentu banyak dicari bagi mereka yang selalu ingin makan padahal baru saja makan besar bahkan ngemil.

Rasa lapar yang dirasakan mungkin membuat kalian jadi ingin terus mengunyah sesuatu. Padahal, jika kebiasaan ini terus dilakukan, maka kalian akan mendapatkan kelebihan berat badan. Pada dasarnya, setiap orang memang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada yang bisa mengendalikan nafsu makan, namun juga ada yang kesulitan untuk menahannya. Nafsu makan yang berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan yang kurang baik, gangguan makan, faktor genetik, kurang tidur, atau kondisi medis tertentu.

Sebenarnya, ada banyak hal yang membantu kalian untuk menahan nafsu makan dengan mudah. Terpenting dilakukan dengan niat dan konsisten. Sebab, banyak pula orang yang kalah menahan nafsu makan karena godaan makanan yang terlihat enak. Lalu, bagaimana cara menahan nafsu makan? Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini. 1. Minum Segelas Air (credit: freepik) Cara menahan nafsu makan yang pertama sangatlah mudah untuk dilakukan. Kalian hanya perlu mengonsumsi segelas air putih ketika kalian ingin makan.

Bisa saja, rasa lapar dalam perut menandakan bahwa sebenarnya tubuh kalian haus. Jadi, ketika kalian ada hasrat ingin makan, cobalah untuk minum segelas air dan tunggu beberapa menit. Jika keinginan makan hilang, maka tubuh kalian mungkin hanya merasa haus saja. Selain itu, kalian bisa membiasakan diri untuk minum air sebelum makan.

Hal ini bertujuan supaya kalian merasa kenyang dan cara mengendalikan nafsu makan puas sehingga tidak lapar lagi setelah makan. 2. Memperbanyak Konsumsi Serat Selanjutnya, cara menahan nafsu makan yaitu dengan memperbanyak mengonsumsi makanan dengan serat tinggi. Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga akan membuat perut kenyang lebih cara mengendalikan nafsu makan.

Oleh sebab itu, makanan tinggi serat sangat dianjurkan bagi kalian yang menjalani program diet. Makanan tinggi serat yang perlu cara mengendalikan nafsu makan konsumsi diantaranya, kacang-kacangan, gandum, buah dan sayur.

Selain itu, makanan tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. 3. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi (credit: freepik) Selain memperbanyak konsumsi serat, kalian juga bisa memilih mengonsumsi makanan berprotein tinggi sebagai cara menahan nafsu makan.

Protein dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk berbagai fungsi tubuh. Selain untuk membentuk massa otot, protein diketahui mengenyangkan, membantu pembentukan energi dan meningkatkan pelepasan hormon saluran cerna. Mengonsumsi makanan berprotein tinggi juga membuat kalian merasa lebih kenyang hingga waktu lama.

Kalian bisa mengonsumsi makanan seperti telur, susu, atau daging. 4. Jangan Terburu-buru Saat Makan Siapa nih dari kalian yang suka makan dengan terburu-buru? Ternyata makan terburu-buru kurang baik lo bagi kalian yang ingin menahan nafsu makan. Cara menahan nafsu makan yang tepat yaitu jangan makan terlalu cepat. Saat kalian makan, diperlukan waktu cara mengendalikan nafsu makan 20 menit untuk memunculkan sensasi rasa kenyang.

Jika kalian makan secara perlahan, maka akan memberikan waktu bagi otak untuk menangkap sinyal bahwa kalian sudah kenyang sembari membatasi jumlah kalori yang telah dikonsumsi. Dengan begitu, kalian akan mudah mengurangi asupan kalori sekaligus mengendalikan nafsu makan.

5. Jangan Tinggalkan Sarapan (credit: freepik) Sarapan merupakan hal penting yang sebaiknya jangan kalian tinggalkan. Apalagi, bagi kalian yang sedang menjalani program diet. Sebab, dengan rutin sarapan merupakan kunci yang tepat menahan nafsu makan. Bahkan, saat sarapan, kalian juga tidak mudah lapar dan kenyang sepanjang hari. Ada baiknya untuk memilih menu sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak.

6.

cara mengendalikan nafsu makan

Hindari Konsumsi Camilan Saat waktu cara mengendalikan nafsu makan, mengonsumsi camilan merupakan hal yang paling mengasyikkan. Namun, saat kalian berniat untuk diet, cara menahan nafsu makan yang harus kalian ketahui yaitu dengan menghindari mengonsumsi camilan. Apalagi kalian yang terbiasa mengonsumsi gorengan, permen, atau es krim.

Sebab, jenis camilan tersebut mengandung gula, lemak, serta kalori yang tidak baik bagi tubuh. Kalian bisa beralih mengonsumsi dark chocolate. Sebab, darkchocolate dipercaya mampu mengurangi nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi camilan manis. 7. Cara mengendalikan nafsu makan Air Jahe (credit: freepik) Jahe merupakan rempah-rempah yang mempunyai segudang manfaat, salah satunya sebagai cara menahan nafsu makan.

Cara memanfaatkan jahe pun sangat mudah. Kalian bisa mengubah jahe menjadi air jahe yang kalian konsumsi secara rutin. Caranya, larutkan 2 gram bubuk jahe dalam air hangat lalu konsumsi sesaat sebelum sarapan. 8. Makan dengan Piring Kecil Piring kecil juga berpengaruh pada jumlah makanan yang akan kalian konsumsi lho.

Guna mengontrol nafsu makan, cobalah makan dengan menggunakan piring kecil. Dengan demikian, porsi makanan akan berkurang sehingga mencegah kalian untuk menghabiskan makanan dalam porsi besar.

Sebaliknya, jika kalian menggunakan piring berukuran besar, maka jumlah makanan yang akan kalian konsumsi biasanya akan lebih banyak. 9. Olahraga (credit: freepik) Selain menghilangkan lemak tubuh, olahraga juga punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, termasuk sebagai cara menahan nafsu makan berlebihan.

Ada baiknya kalian selalu menerapkan berolahraga kurang dari sejam untuk menahan nafsu makan kalian. Jika olahraga dilakukan lebih dari sejam justru banyak energi telah terbuang sehingga membuat kalian menjadi lapar dan nafsu makan meningkat. 10. Gunakan Peralatan Makan Berwarna Biru Cara menahan nafsu makan yang satu ini mungkin terdengar aneh.

Namun, beberapa penelitian menyebutkan jika warna biru menjadi salah satu cara penekan rasa lapar alami. Sebab, bahan makanan jarang yang berwarna biru, sehingga tubuh tidak memiliki respon selera untuk makan.

Bahkan, otak kerap merespon bahwa warna biru merupakan hal yang tidak aman untuk dimakan sehingga dapat menahan rasa lapar secara berlebihan. Itulah sederet cara menahan nafsu makan yang perlu kalian ketahui sehingga dengan cepat menerapkannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Yuk Baca Lagi • Teks Ulasan Adalah Teks Berisi Penilaian Terhadap Karya, Ketahui Struktur dan Langkah Membuatnya • 56 Kata Kata Buat Mantan Terindah Bikin Baper Tapi Harus Move On • 9 Tanda-Tanda Kiamat Kubra dalam Islam, Penting Buat Umat Muslim • 11 Cara Menumbuhkan Kumis Tipis Secara Alami, Cepat dan Lebat • 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Ampuh Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Infuse Water Untuk DIET - ANTI BODY - MENGURANGI NAFSU MAKAN

    Related articles



2022 charcuterie-iller.com