Gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian, diantaranya

Dalam cabang olahraga atletik, gerakan melompat dibagi menjadi dua, yaitu lompat tinggi dan lompat jauh. Kedua lompatan ini sama-sama menggunakan satu kaki tolakan. Lompat jauh adalah aktivitas olahraga melompat yang menguji kemampuan daya gerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Di lompat jauh sendiri terdiri dari tiga macam gaya. Gaya diantaranya pertama adalah lompat jauh gaya jongkok, gaya yang kedua adalah lompat jauh gaya menggantung dan yang terakhir adalah lompat jauh gaya berjalan di udara.

Gaya yang telah disebutkan tadi adalah gaya yang digunakan untuk mengatur sikap badan atlet ketika melayang di udara. Maka dari itu teknik dari lompat jauh sebenarnya berfokus untuk menghasilkan gaya-gaya lompat jauh itu sendiri. Baca : Macam-macam Gaya dalam Lempar Lembing – Macam-macam Gaya Renang dan Sejarahnya – Macam-macam Gerakan Yoga untuk Kesehatan Lompat jauh adalah bentuk gerakan melompat dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh Anda.

Ini dilakukan agar dapat membawa titik berat badan selama mungkin di udara. Gerakan ini dilakukan dengan cepat menggunakan satu tolakan kaki saja.

Selain cepat, jarak yang ditempuh juga harus sejauh mungkin. Seperti olahraga lompat tinggi, lompat jauh juga merupakan olahraga atletik. Olahraga ini dimainkan baik oleh atlet putra maupun atlet putri. Tujuan dari olahraga ini sedniri adalah untuk mendapatkan hasil lompatan dengan jarak sejauh-jauhnya. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seorang atlet lompat jauh harus selalu melatih kecepatan, kekuatan dan keseimbangan mereka.

Pada dasarnya, 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh merupakan teknik utama pada olahraga tersebut. 4 teknik tersebut adalah sebagai berikut. Baca : Macam-Macam Cabang Olahraga di Dunia – Tips dan Cara Memilih Olahraga Sesuai Usia – Teknik Dasar dan Aturan Permainan dalam Olahraga Anggar 1. Teknik Awalan Awalan dalam lompat jauh sedikit berbeda dengan lompat tinggi.

Awalan pada olahraga gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak. Menurut Drs. Eddy Suparman (1995:44) hal yang wajib Anda perhatikan dalam melakukan gerakan awalan adalah jarak awalan tergantung dari kemampuan masing-masing peserta.

Jika dalam jarak pendek dapat mencapai kecepatan maksimal maka jarak awalan yang dilakukan sekitar 30 hingga 35 meter. Jika atlet lain yang jaraknya cukup jauh baru dapat mencapai kecepatan maksimalnya maka tentu saja sebanding dengan jarak awalan yang harus lebih jauh sekitar 30 hingga 45 meter.

Atau bahkan bisa lebih dari 45 meter.

Bagi Anda yang masih pemula, maka jarak awalan lebih pendek dari yang diperkirakan di atas. Posisi kaki pada awalan juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh.

Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki kiri yang ada di depan, atau kaki kanan yang ada di depan. Usahakan agar senyaman mungkin. Cara melakukan awalan adalah dengan berlari pelan saja.

Setelah itu kecepatan lari dapat ditambah (sprint) dan kecepatan tersebut harus dipertahankan sampai menjelang tolakan. Ketika menempuh kecepatan maksimum, pada 4 langkah akhir sebelum tolakan maka kecepatan lari yang sudah dilakukan harus tetap dijaga konstan atau ditambah, tidak malah dikurangi.

Selain itu pada saat tersebut terjadi peralihan energy dari awalan menuju tolakan atau tumpuan. Agar dapat mengambil awalan yang baik dalam lompat jauh maka Anda harus mencoba lari dengan cepat beberapa kali dari tempat dia berdiri ketika akan melakukan awalan hingga ke papan tolakan.

Anda harus membiasakan diri dengan jarak ketika melakukan tumpuan agar mendapatkan kecepatan yang pas ketika akan meloncat.

Baca : Macam-macam Gaya dalam Lompat Jauh – Jenis Gaya Dalam Lompat Jauh – Aturan dalam Olahraga Lompat Jauh 2. Teknik Tolakan Tolakan disini adalah berpindahnya kecepatan vertical yang didapat dari berlari tadi ke kecepatan horizontal. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat melayang di udara. Dalam melakukan tolakan pada lompat jauh, atlet akan menggunakan kakinya yang paling kuat untuk tumpuan dan mengayunkan kaki depan serta mengangkat tangan ke atas.

Jika atlet dapat mengkombinasikan antara kecepatan ketika berlari dan tolakan ke atas yang baik maka atlet tersebut akan membawa tubuhnya ke atas dan dapat melayang di udara ke arah depan dengan waktu yang relatif lama. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil dan jarak lompatan yang memuaskan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat akan melakukan tolakan pada lompat jauh.

• Pada saat melakukan tolakan, gunakan kaki Anda yang paling kuat. Anda bisa menggunakan kaki kanan atau kaki kiri.

Untuk tumpuan maka menggunakan kaki bagian tumit dahulu kemudian berakhir di ujung kaki. • Ketika akan bertumpu diantaranya badan sedikit dicondongkan ke depan • Ketika Anda melakukan tumpuan maka sebaiknya ketika berada di papan tumpuan • Kaki yang Anda gunakan sebagai kaki ayun, bisa kaki kanan atau kaki kiri, diangkat ke depan hingga pinggul dengan posisi lutut Anda menekuk.

Baca : Macam-macam Pemanasan Sebelum Olahraga – Macam-macam Gerakan yang Dapat Melatih Kekuatan Otot Kaki – Macam Cabang Olahraga Permainan dan Penjelasannya 3. Teknik Melayang (Sikap Badan di Udara) Pada lompat jauh pada saat badan udara maka ayunkan kaki kanan Anda secepat mungkin ke arah depan.

Pada saat Anda sudah mencapai titik tertinggi dari sikap badan melayang di udara, atur kaki Anda seperti sedang duduk atau jongkok. Setelah turun dari posisi melayang maka julurkanlah kaki Anda ke depan. Oleh karena itu, badan Anda akan cenderung ke depan dan pusatkan perhatian Anda diantaranya tempat pendaratan.

Untuk lebih jelasnya, cara melakukannya adalah sebagai berikut : • Ketika melakukan tolakan, maka ayunkan kaki Anda ke depan atas • Saat badan Anda melayang di udara, maka turunkan kaki Anda. Secara bersamaan dorong pinggul ke depanposisi kepala ditengadahkan, busungkan dada dan posisikan kedua tangan ke arah belakang • Saat akan berada pada posisi pendaratan, ayunkan kedua kaki ke depan. Bungkukkan badan dan tundukkan kepala Anda seperti siap untuk mendarat. Ada beberapa teknik gaya yang dapat dilakukan agar lompatan Anda dalam olahraga atletik ini maksimal, yaitu : • Melayang dengan sikap jongkok – Cara melakukan gerakan melayang dengan sikap jongkok adalah pada saat posisi menumpu ayunkan kaki Anda tinggi sekali sesuai kemampuan Anda.

Setelah itu susul dengan kaki tumpuan. Ketika berada pada posisi melayang letakkan kaki Anda ke depan. • Melayang dengan sikap melayang – Dalam sikap yang satu ini, biarkan kaki ayun Anda tergantung lurus ketika dalam posisi menumpu. Usahakan agar tubuh tetap tegak, disusul oleh kaki tumpuan dan tekuk lutut Anda sambil dorong pinggul ke arah depan.

Lalu rentangkan kedua lengan ke atas agar keseimbangan terjaga. • Melayang dengan sikap berjalan di atas udara – Ketika badan Anda melayang, maka ayunkan kaki belakang Anda diantaranya kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara. Anda dapat menggunakan kaki yang telah Anda gunakan untuk menolak atau menumpu. Baca : Macam Macam Lari dalam Olah Raga Atletik – Teknik Lari Jarak Pendek – Sejarah dan Peraturan Olahraga Berkuda 4.

Teknik Pendaratan Pendaratan adalah gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh. Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan gerakan ini antara lain adalah sebagai berikut : • Harus dilakukan dengan kesadaran dan fokus yang penuh agar gerakan lain yang tidak perlu dan dapat merugikan bisa dihindari • Untuk menghindari adanya cidera atau rasa sakit sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan • Pada waktu tumit Anda belum menyentuh di pasir tempat pendaratan, kedua kaki Anda harus lurus atau dijulurkan ke arah depan.

Usahakan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Karena jika jarak Antara kedua kaki Anda semakin lebar, maka jarak lompatan Anda juga semakin berkurang.

• Agar pada waktu pendaratan Anda tidak jatuh duduk pada pantat maka sebaiknya setelah tumit Anda menyentuh tempat pendaratan codongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut ditekuk. • Setelah melakukan lompatan di atas pasir maka jangan kembali ke tempat Anda melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan. Baca : Macam-macam Gerakan untuk Kelenturan Tubuh – Jenis-jenis Senam Populer Beserta Penjelasannya – Macam-macam Olahraga di Rumah untuk Wanita Demikianlah 4 teknik dasar dalam olahraga lompat jauh, semoga bermanfaat bagi Anda para olahragawan atau akademisi yang membutuhkan agar dapat mempraktekkan olahraga tersebut dengan optimal dan dengan hasil yang maksimal.

Salam olahraga! Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga (cabor) atletik yang cukup populer. Untuk menjadi ahli dalam cabor ini, diperlukan penguasaan teknik dasar diantaranya jauh yang baik dan benar.

Meskipun terlihat mudah untuk dilakukan, cabor yang satu ini ternyata membutuhkan konsentrasi, fisik yang kokoh serta latihan yang rutin agar dapat melompat sejauh mungkin dengan sempurna dan tanpa cedera. Bagi sobat yang masih bingung mengenai teknik-teknik dasar dan cara melakukan lompat jauh, artikel ini akan menjadi referensi yang sangat bagus untuk dipraktikkan.

Yuk langsung saja kita simak ulasan lompat jauh berikut ini yang dilengkapi dengan gambar dan video. Daftar Isi • Pengertian dan Sejarah Singkat Lompat Jauh • 4 Teknik Dasar Lompat Jauh • 1. Teknik Awalan Lompat Jauh • 2. Teknik Tolakan Lompat Jauh • 3. Teknik Melayang Lompat Jauh • 4. Teknik Pendaratan Lompat Jauh • 3 Macam Gaya dalam Lompat Jauh • 1. Gaya Ortodok (Sikap Jongkok) • 2. Gaya Schnepper (Sikap Menggantung) • 3. Gaya Berjalan di Udara • Video Teknik Dasar Lompat Jauh • 3 Peraturan Dasar Lompat Jauh • Ukuran Lapangan Lompat Jauh • Lintasan Awalan Lari • Papan Tolakan • Bak Pasir • Perbedaan Lompat Jauh dan Lompat Jangkit Pengertian dan Sejarah Singkat Lompat Jauh Sumber gambar: sumbercenel.com Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atau cabor atletik melompat dunia (selain lompat tinggi), yang kerap kali dilombakan dalam ajang perlombaan internasional.

Prinsip dasar dari lompat jauh sendiri yaitu melakukan teknik gerakan lompatan ke depan (gerakan tolakan) dengan tujuan agar badan atlet melayang di udara dengan cepat dan memperoleh jarak pendaratan sejauh-jauhnya.

Sejarah lompat jauh di dunia dimulai sekitar 13 abad silam, tepatnya tahun 708 masehi saat diadakannya ajang Olimpiade Kuno di Yunani. Uniknya, saat itu lompat jauh menjadi satu-satunya olahraga lompatan yang diadakan dalam olimpiade tersebut. Pada mulanya, cabor lompat jauh bertujuan untuk membentuk mental dan fisik para anggota militer. Seiring perkembangan zaman, cabor ini mulai diperlombakan dalam ajang olimpiade tingkat internasional.

Cabor lompat jauh mulai dilombakan secara resmi pada tahun 1896, yang dikhususkan untuk para pria. Akan tetapi, pada tahun 1914, seorang pria bernama Dr. harry Eaton Strwart memberikan rekomendasi agar dibuatkannya running board jump yang distandarisasikan khusus atlet perempuan, sehingga kaum hawa pun bisa mengikuti perlombaan ini. Akhirnya pada tahun 1948, setelah melalui proses pertimbangan yang cukup panjang, kebijakan ini disetujui dan kaum hawa diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam ajang olimpiade lompat jauh secara resmi.

4 Teknik Dasar Lompat Jauh Sumber gambar: berolahraga.net Untuk bisa menjadi atlet profesional dalam cabor lompat jauh, setidaknya kita harus menguasai beberapa teknik dasarnya terlebih dahulu. Teknik diantaranya dari lompat jauh terbagi menjadi 4 bagian, teknik awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan.

Yuk kita kupas satu persatu. 1. Teknik Awalan Lompat Jauh Sumber gambar: yuksinau.id Teknik awalan dalam olahraga lompat jauh yaitu dengan cara berlari sekencang-kencangnya hingga mencapai kecepatan maksimal.

Beberapa atlet membutuhkan jarak antara 30 meter hingga 45 meter untuk mencapai kecepatan maksimalnya. Bahkan beberapa membutuhkan jarak ancang-ancang yang lebih jauh. Cara melakukan teknik awalan dalam lompat jauh : • Posisikan kaki dengan nyaman, baik posisi sejajar atau bisa dengan salah satu kaki berada di depan. • Berlari dengan perlahan terlebih dahulu, lalu lakukan lari sprint hingga mencapai kecepatan maksimal.

• Usahakan saat lari sprint, tubuh masih seimbang dan terkendali agar dapat melakukan tolakan. • Ketika sudah mencapai jarak sekitar 3-5 langkah dari papan tolakan, sobat perlu bersiap untuk melakukan tolakan.

Agar dapat melakukan teknik awalan dengan optimal, sobat perlu membiasakan diri untuk lari cepat atau sprint dari garis start hingga papan tolakan. Dengan membiasakan diri berlari sprint, tubuh sobat nantinya akan terbiasa dan lebih mudah untuk menemukan momen yang pas ketika diantaranya melakukan tolakan.

2. Teknik Tolakan Lompat Jauh Sumber gambar: yuksinau.id Setelah melakukan teknik awalan, selanjutnya yaitu gerakan tolakan. Teknik dasar yang satu ini bertujuan untuk merubah kecepatan lari horizontal ke kecepatan vertikal, sehingga tubuh bisa terangkat ke atas dan melayang di udara.

Untuk melakukan gerakan ini, atlet biasanya menggunakan kaki yang paling dominan sebagai tumpuan. Teknik tolakan ini akan sangat berpengaruh terhadap seberapa jauh jarak lompatan yang diperoleh atlet ketika mendarat. Untuk mendapatkan hasil tolakan yang maksimal, dibutuhkan kekuatan, kecepatan, koordinasi tubuh serta momen yang tepat sebelum melakukan lompatan.

Cara melakukan teknik tolakan dalam lompat jauh : • Ayunkan paha dan kaki ke arah diantaranya dengan seimbang. • Tepat saat akan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan, condongkan badan sedikit ke depan. • Gunakan kaki yang paling kuat sebagai tumpuan. • Ambil gerakan bertolak ke depan dan mengarah ke atas. • Ambil sudut tolakan sekitar 45 derajat.

BACA JUGA : 7 Teknik Dasar Tenis Meja (yang Mudah Dipelajari bagi Pemula) 3. Teknik Gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian Lompat Jauh Sumber gambar: yuksinau.id Tepat setelah melakukan tolakan, teknik dasar selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu melayang di udara. Ketika tubuh berada di udara, sobat perlu menjaga keseimbangan tubuh. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan gerakan kaki seolah-olah berjalan di udara. Cara melakukan teknik melayang di udara : • Saat melakukan tolakan, ayunkan kaki ke depan yang mengarah ke atas.

• Ketika melayang di udara, turunkan kaki yang diikuti dengan beberapa gerakan seperti mendorong pinggul ke depan, membusungkan dada, mengayunkan kedua tangan, serta menengadahkan kepala. • Saat akan melakukan pendaratan, ayunkan kedua kaki dan tangan ke depan yang diikuti dengan gerakan membungkukkan badan, menundukkan kepala dan mendorong kedua kaki ke depan.

4. Teknik Pendaratan Lompat Jauh Sumber gambar: yuksinau.id Teknik terakhir dalam olahraga lompat jauh yaitu pendaratan. Cara melakukan pendaratan yaitu dengan menundukkan kepala yang diikuti gerakan merentangkan tangan dan kaki kedepan (dengan agak sedikit menekuk kaki). Tujuan dari sikap ini yaitu agar saat mendarat, tidak ada anggota badan lain yang mengenai pasir yang posisinya lebih ke belakang daripada kaki.

Agar tidak jatuh saat mendarat (jatuh duduk) sebaiknya setelah tumit menyentuh pasir diantaranya pendaratan, sobat perlu mencondongkan badan ke arah depan dengan posisi kedua lutut sedikit ditekuk. 3 Macam Gaya dalam Lompat Jauh Dalam teknik dasar olahraga lompat jauh, salah satunya terdapat gerakan melayang di udara. Gerakan melayang ini dalam dilakukan dengan tiga cara berikut.

1. Gaya Ortodok (Sikap Jongkok) Sumber gambar: yuksinau.id Gaya ini dilakukan untuk memperoleh kecepatan tertinggi saat akan melompay Cara melakukan gaya ortodok : • Ketika mulai melayang di udara, kedua lutut di tekuk dan gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian ke atas.

• Saat akan melakukan pendaratan, tangan ditarik ke belakang dan kaki diarahkan kedepan yang disertai dengan menundukkan kepala. • Lakukan pendaratan dengan sempurna. 2. Gaya Schnepper (Sikap Menggantung) Sumber gambar: yuksinau.id Cara melakukan gaya s chnepper : • Sesaat setelah melakukan tolakan, ayunkan kedua kaki ke belakang dan ke depan yang diikuti dengan irama gerakan tangan.

• Angkat tangan ke atas untuk menyeimbangkan badan saat berada di udara dan usahakan agar posisi tubuh tetap tegak. • Saat akan melakukan pendaratan, luruskan kedua kaki ke depan dan lakukan pendaratan dengan kedua tumit kaki terlebih dahulu. 3. Gaya Berjalan di Udara Sumber gambar: yuksinau.id Gaya melompat ini kerap kali digunakan oleh atlet lompat jauh.

Nama lain dari gaya ini yaitu walking in the air. Cara melakukan gaya berjalan di udara : • Tepat sebelum melakukan tolakan, pinggang sedikit diturunkan dan luruskan lutut besarta sendi mata kaki. • Saat berada di udara, lakukan gerakan seolah sedang berjalan di tanah. • Saat akan mendarat, tarik lengan dan kaki kedepan dan kebawah. • Lakukan pendaratan dengan sempurna.

Video Teknik Dasar Lompat Jauh Untuk mempermudah dalam pemahaman materi teknik dasar dari olahraga lompat jauh di atas, sobat bisa menonton video di bawah ini : BACA JUGA : Teknik Permainan Bola Voli Lengkap - Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan, Pencipta, dll 3 Peraturan Dasar Lompat Jauh Sumber gambar: getty images Dalam olahraga lompat jauh, setidaknya terdapat tiga aturan dasar yang tidak boleh dilanggar oleh atlet.

Berikut tiga peraturan dasar lompat jauh. • Ujung kaki atlet tidak diperbolehkan sedikitpun melebihi batas titik tolakan. Apabila melanggar aturan ini, maka dianggap tidak sah.

Posisi kaki atlet harus berada di area titik tolakan yang telah ditentukan agar dianggap sah.

• Atlet tidak diperbolehkan melakukan gaya salto ketika melakukan teknik melayang di udara. Apabila melanggar aturan ini, maka lompatan dianggap tidak sah. • Atlet tidak diperbolehkan menyentuh bagian tepi ataupun bagian luar dari bak pasir saat melakukan pendaratan. Apabila melanggar aturan ini, maka lompatan dianggap tidak sah. Ukuran Lapangan Lompat Jauh Sumber gambar: gudangpelajaran.com Lapangan atau area untuk melakukan lompat jauh terbagi menjadi tiga bagian, yaitu lintasan untuk awalan, papan tolakan, dan bak pasir.

Berikut ukurannya : Lintasan Awalan Lari Ukuran standar internasional untuk lintasan awalan lari sebelum papan tolakan yaitu sejauh 40 m, dengan lebar lintasan sekitar 1,22-1,25 m.

Pada bagian tepinya diberi tanda dengan cat berwarna putih. Tanda ini bertujuan untuk membatasi atlet agar tidak melewati batas lintasan. Papan Tolakan Papan tolakan terletak sebelum bak pasir dan biasanya terbuat dari kayu. Jarak antara batas depan papan tolakan dengan tepi bak pasir yaitu sekitar satu meter. Ukuran standar dari papan tolakan ini yaitu memiliki panjang 1,22 m dengan lebar 20 cm dan tebal 10 cm.

Papan tolakan sendiri diberi cat berwarna putih agar mudah terlihat atlet. Bak Pasir Ukuran standar dari bak pasir yang digunakan dalam olahraga lompat jauh yaitu memiliki panjang 9 m dengan lebar 2,75 m. Dalam kompetisi lompat jauh, bak pasir yang digunakan harus terisi pasir dengan penuh dan juga pada bagian bak dipasang alat tertentu untuk meratakan pasirnya kembali setelah habis digunakan oleh atlet sebelumnya.

Perbedaan Lompat Jauh dan Lompat Jangkit Sumber gambar: gudangpelajaran.com Hampir sebagian besar orang awam mengira bahwa lompat jauh sama dengan lompat jangkit. Padahal pernyataan ini salah besar. Memang benar sekilas kedua cabor ini terlihat mirip, akan tetapi terdapat perbedaan mendasar dari keduanya. Perbedaan yang pertama yaitu jarak tempuh loncatan.

Pada cabor lompat jauh, penilaian kompetisi berdasarkan sejauh apa jarak pendaratan atlet lompat jauh dengan sekali tolakan atau hentakan. Sedangkan untuk cabor lompat jangkit tidak gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian satu kali hentakan kaki, melainkan tiga kali tolakan atau hentakan (tiga kali melayang di udara).

Hasil pengukuran jarak lompatan bersifat kumulatif dari ketiga tolakan tersebut, yang dikenal dengan nama hot step jump. Fokus atlet lompat jangkit pun tidak terletak pada seberapa jauh hentakan kakinya, namun terletak pada upaya atlet tersebut untuk dapat melewati mistar yang nantinya akan dijadikan wasit untuk memberikan poin kepada atlet.

Perbedaan selanjutnya yaitu terletak pada pasir yang digunakan. Pada lompat jauh, pasir yang digunakan harus memiliki tekstur yang lembut dan tidak mengandung krikil atau benda-benda mengganggu lainnya.

Sedangkan pada lompat jangkit, tidak hanya pasir yang lembut dan bebas kerikil saja yang diperhatikan, akan tetapi juga penggunaan matrasnya. Sekian informasi mengenai teknik dasar dari olahraga lompat jangkit. Apabila ada pertanyaan, sobat bisa bertanya di kolom komentar di bawah.

Semoga bermanfaat.
Yahoo is part of the Yahoo family of brands. By clicking " Accept all" you agree that Yahoo and our partners will store and/or access information on your device through the use of cookies and similar technologies and process your personal data, to display personalised ads and content, for ad and content measurement, audience insights and product development.

Your personal data that may be used • Information about your device and Internet connection, including your IP address • Browsing and search activity while using Yahoo websites and apps • Precise location You can select ' Manage settings' for more information and to diantaranya your choices. You can change your choices at any time by visiting Your Privacy Controls. Find out more about how we use your information in our Privacy Policy and Cookie Policy.

Click here to find out more about our partners. MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Diantaranya • (About Me) Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya.Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke sebuah titik pendaratan atau bak lompat.Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Senam Irama Sejarah Lompat Jauh Lompat jauh adalah salah satu dari peristiwa-peristiwa asli pancalomba Olimpiade di Yunani Kuno.Long Jump adalah satu-satunya dikenal melompat peristiwa dalam Olimpiade Kuno tersebut.Semua peristiwa yang terjadi di Olimpiade pada awalnya seharusnya bertindak sebagai bentuk pelatihan untuk perang.Lompat jauh muncul mungkin karena mencerminkan persimpangan rintangan seperti sungai dan jurang.Setelah menyelidiki penggambaran yang selamat dari peristiwa itu kuno percaya bahwa tidak seperti hari acara modern, atlet hanya diperbolehkan berlari pendek awal.

Para atlet membawa beban di masing-masing tangan, yang disebut halteres (antara 1 dan 4,5 kg). Beban ini itu diantaranya maju sebagai atlet melompat untuk meningkatkan momentum. Hal ini umumnya percaya bahwa baju hangat akan melemparkan berat di belakangnya di udara untuk meningkatkan momentum ke depan, namun diadakan di seluruh halteres durasi melompat.

Berayun mereka dan kembali pada akhir melompat atlet akan mengubah pusat gravitasi dan biarkan atlet untuk meregangkan kaki ke luar, meningkatkan jarak. Melompat itu sendiri dibuat dari bater ( “apa yang menginjak pada”). Kemungkinan besar papan sederhana ditempatkan di stadion lagu yang telah dihapus setelah kejadian (Miller, 66).

Para penerjun akan mendarat dalam apa yang disebut skamma ( “menggali-up” area) (Miller, 66).

Gagasan bahwa ini adalah sebuah lubang yang penuh pasir adalah salah.Pasir di lubang melompat adalah penemuan modern (Miller, 66).Yang skamma hanyalah daerah sementara untuk menggali kesempatan itu dan bukan sesuatu yang tetap dari waktu ke waktu.Lompat jauh dianggap salah satu yang paling sulit dalam acara yang digelar di Olimpiade sejak banyak keahlian diperlukan.

Musik ini sering dimainkan selama Philostratus melompat dan mengatakan bahwa kadang-kadang pipa akan menyertai melompat sehingga dapat memberikan ritme untuk gerakan kompleks dari halteres oleh atlet. Philostratos dikutip mengatakan, “Peraturannya menganggap melompat sebagai yang paling sulit kompetisi, dan mereka membiarkan jumper untuk diberikan keuntungan dalam irama dengan menggunakan seruling, dan berat dengan menggunakan tali.

”(Miller, 67). Paling menonjol dalam olahraga kuno adalah seorang pria bernama Chionis, yang dalam mengadakan Olimpiade 656BC melompat dari 7,05 meter (23 kaki dan 1,7 inci). Ada beberapa argumen oleh para sarjana modern di lompat jauh.Beberapa telah berusaha untuk menciptakan kembali sebagai triple jump. Gambar menyediakan satu-satunya bukti untuk tindakan sehingga lebih baik diterima bahwa itu sama seperti hari ini lompat jauh.

Alasan utama beberapa ingin menyebutnya triple melompat adalah adanya sumber yang mengklaim sana sekali adalah lima puluh lima kaki melompat kuno yang dilakukan oleh seorang pria bernama Phayllos (Miller, 68). Lompat jauh telah menjadi bagian dari kompetisi Olimpiade modern sejak lahirnya Olimpiade pada tahun 1896.Pada 1914, Dr Harry Eaton Stewart merekomendasikan “luas berlari melompat” sebagai standar acara trek dan lapangan bagi perempuan.Namun, hal itu tidak sampai 1928 bahwa perempuan diperbolehkan untuk bersaing dalam event di tingkat Olimpiade.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lompat Tinggi Teknik Lompat Jauh Ada 4 teknik yang harus dilakukan dalam melakukan olahraga lompat jauh, yaitu : 1. Teknik Awalan Awalan merupakan suatu gerakan dalam atletik lompat jauh yang dilakukan dengan cara lari secepat mungkin agar memperoleh kecepatan maksimal sebelum melakukan tolakan.

Selain itu, awalan dalam atletik lompat jauh dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk memperoleh kecepatan horizontal maksimal yang kemudian diubah menjadi kecepatan vertikal ketika melakukan tolakan. Jarak dari suatu awalan tergantung dari tingkat kematangan dari atlet tersebut dan kemampuan dari atlet tersebut untuk berakselerasi dengan kecepatannya sendiri.Teknik awalan harus dilakukan dengan berlari secepat mungkin dari jarak 40-45 meter pada sebuah lintasan lari.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan awalan dalam cabang atletik lompat jauh, seperti : • Jarak awalan dalam cabang atletik lompat jauh bergantung pada kemampuan atlet itu sendiri. Bagi para pelompat yang dalam jarak pendek sudah dapat mencapai kecepatan maksimal, jarak awalan cukup pendek atau dekat saja (kurang lebih 30-35 meter atau kurang dari itu).Sementara itu, bagi para atlet lompat jauh yang mencapai kecepatan maksimal dalam jarak relatif jauh, jarak awalan harus lebih jauh (kurang lebih 30-45 meter atau lebih dari itu).

• Posisi ketika berdiri di titik awalan pada lompat jauh yaitu kaki posisi sejajar atau bisa juga salah satu kaki berada di depan, tergantung dari kebiasaan atlet itu sendiri. Cara pengambilan awalan dalam lompat jauh dimulai dari perlahan-lahan dan kemudian cepat (sprint).Kecepatan ini harus dipertahankan hingga sesaat sebelum melakukan tumpuan/tolakan.

• Setelah mencapai kecepatan maksimal, sekitar 3-4 langkah terakhir bertumpu (take-off) gerakan lari dilepas secara spontan tanpa mengurangi kecepatan yang telah dicapai sebelumnya. Pada langkah terakhir ini, konsentrasi dan tenaga fokus untuk melakukan tumpuan di papan atau balok tumpu. 2. Teknik Menumpu Menumpu merupakan gerakan yang penting dalam lompat jauh untuk menentukan hasil lompatan yang sempurna.Dalam teknik ini, atlet melakukan tolakan pada sebuah papan atau balok tumpuan menggunakan kaki terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Pada saat melakukan tumpuan, posisi badan tidak boleh terlalu condong.Tumpuan juga harus kuat, cepat dan aktif.Keseimbangan badan juga harus dipertimbangkan agar tidak goyang.Gerakan ayunan lengan sangat membantu untuk menambah ketinggian serta menjaga keseimbangan tubuh.

Ada beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam melakukan tolakan dalam lompat jauh, antara lain : • Tolakan dalam lompat jauh harus dilakukan dengan kaki yang kuat. • Bagian telapak kaki yang sangat cocok dan kuat untuk bertumpu biasanya terletak di bagian tumit terlebih dahulu dan diakhiri di bagian ujung kaki.

• Sesaat sebelum melakukan tumpuan, diantaranya badan condong ke belakang. • Sebaiknya bertumpulah tepat di papan tumpuan. • Kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas ketika bertumpu. • Ayunkan kaki dan angkat ke depan sampai setinggi pinggul dengan posisi lutut ditekuk. 3. Teknik Melayang Gerakan melayang dalam lompat jauh dilakukan setelah meninggalkan balok tumpuan.Saat melakukan gerakan melayang, keseimbangan badan harus tetap terjaga.Ayunan kedua tangan bisa membantu atlet dalam menjaga keseimbangan tubuh.

Ada 2 cara dalam diantaranya teknik melayang yaitu : • Dengan sikap jongkok Dalam sikap ini, saat menumpu, kaki ayun mengangkat lutut setinggi-tingginya, lalu disusul dengan kaki tumpu. Kemudian sebelum melakukan pendaratan, kedua kaki dibawa ke depan.

• Dengan sikap menggantung Dalam sikap ini, kaki ayun dibiarkan tergantung lurus pada waktu menumpu. Tubuh diusahakan tegak, disusul oleh kaki tumpu dengan lutut ditekuk sambil pinggul didorong ke depan. Lalu, kedua lengan direntangkan ke atas. 4. Teknik Mendarat Dalam teknik ini, atlet harus berupaya mendarat dengan sebaik mungkin.Jangan sampai badan atau lengan jatuh ke belakang.Pendaratan pada bak lompat dimulai dengan posisi kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat.Gerakan-gerakan waktu pendaratan harus dilakukan dengan kedua kaki.

Yang perlu diperhatikan saat mendarat dalam lompat jauh adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan, diikuti dengan dorongan pinggul ke depan. Sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang dapat berakibat fatal bagi atlet itu sendiri. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Materi Kebugaran Jasmani Jenis Gaya Lompat Jauh Secara umum, ada 3 jenis gaya yang dapat dilakukan pada saat melakukan olahraga lompat jauh, yaitu : 1.

Lompat Jauh Gaya Jongkok (Tack Style/Gaya Ortodock) Gaya jongkok merupakan jenis gaya lompat jauh yang paling tua dan paling mudah untuk dilakukan. Dikatakan gaya jongkok karena pada saat melayang di udara, atlet hanya melakukan gerakan menekuk kedua kakinya, sehingga terlihat seperti sedang jongkok. Saat melakukan gaya ini, tolakan yang dilakukan haruslah tepat dan kuat. Pada saat tubuh berada di udara, posisikan tubuh seperti orang yang sedang berjongkok, dengan posisi badan condong ke depan dan tangan dikibaskan ke belakang tubuh sambil mengatur pendaratan yang benar.

• Awalan Berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melompat. Dilakukan dengan lari secepat-cepatnya diantaranya jarak 40-45 m pada sebuah lintasan. Tidak diperkenankan untuk merubah kecepatan dan langkah saat akan menolak pada papan tumpuan. • Tolakan Merupakan upaya pelompat melakukan tolakan pada papan tumpuan menggunakan kaki yang terkuat dengan mengubah kecepatan horizontal ke kecepatan vertikal.

Saat kaki melakukan tolakan, posisi badan lebih ditegakkan, dan kaki belakang serta kedua lengan diayunkan ke depan atas. Urutan tolakan kaki pada papan tumpuan, dimulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki.

• Di udara Kedua lutut tertekuk Kedua lengan di samping kepala Saat akan mendarat kaki dan lengan diluruskan ke depan bersamaan berat badan di bawa ke depan • Mendarat Mendarat pada bak lompat diawali dengan kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat. Lutut tertekuk dan mengeper dalam posisi jongkok bersamaan berat badan di bawa ke depan.

Ke dua lengan di depan menyentuh tempat pendaratan serta pandangan ke depan. 2. Lompat Jauh Gaya Menggantung (Schnepper Style/Hang Style) Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan disaat melakukan lompat jauh dengan gaya ini, seperti : • Lakukan awalan dengan kecepatan maksimal dan lakukan tolakan yang sangat kuat pada papan tolakan. • Pada saat badan di udara, usahakan badan melayang diantaranya mungkin di udara serta dalam keadaan seimbang.

Posisikan kedua lengan di atas kepala, seperti memegang tali saat berayun. • Pada saat mendarat, usahakan mendarat dengan sebaik-baiknya, jangan sampai badan atau tangan jatuh ke belakang karena dapat merugikan atlet. Mendaratlah dengan posisi kedua kaki dan tangan ke depan.

• Awalan Lari secepat-cepatnya. Tidak mengubah kecepatan dan langkah saat akan bertumpu pada papan tumpuan.

• Tolakan Saat kaki tumpu menolak pada papan tumpuan, posisi badan lebih ditegakkan. Urutan tumpuan kaki menolak pada papan tumpuan, mulai dari tumit, telapak kaki diteruskan pada ujung telapak kaki. Gerak mengayun kaki belakang ke depan atas bersamaan dengan kedua lengan • Sikap di Udara Badan melenting ke belakang Kedua lengan lurus ke atas di samping telinga.

Kedua kaki hampir rapat di belakang badan. • Mendarat Dari sikap di udara, kedua lengan luruskan ke depan. Kedua lutut dan badan dibawa ke depan Saat kedua kaki akan menyentuh tempat pendaratan, diantaranya ke depan dan mendarat dengan kedua tumit terlebih dahulu. Saat kedua kaki mendarat kedua lutut mengepet dan berat badan dibawa kedepan. 3. Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air) Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan disaat melakukan lompat jauh dengan gaya ini, seperti : • Lakukan awalan dengan cara lari cepat pada lintasan dengan jarak 40-45 meter.

Kemudian lakukan tolakan pada papan tolakan dengan menggunakan kaki yang terkuat untuk mengubah kecepatan horizontal yang dihasilkan pada saat awalan menjadi kecepatan vertikal.

• Pada saat badan melayang di udara, ayunkan kaki ayun atau kaki belakang sekuat-kuatnya ke atas. Selanjutnya lakukan gerakan melangkah di udara dengan melangkahkan kaki yang sebelumnya digunakan untuk menolak atau menumpu hingga membuat gerakan berjalan di udara. • Lakukan pendaratan yang aman dan tidak menyebabkan cidera.

Caranya dengan meluruskan kedua kaki dan tangan bersama-sama ke depan, badan dicondongkan ke depan, dan pada saat tumit diantaranya pasir secara cepat kedua lutut ditekuk.

• Awalan Tergantung tingkat prestasi, lari ancang-ancang beragam antara 10 lengkah (untuk pemula) sampai 20 langkah (untuk atlet) Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit –demi sedikit sampai sebelum bertolak Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang • Tolakan Ayunkan paha kaki bebas cepat ke posisi horizontal dan pertahankan Luruskan sendi mata kaki, lutut dan pinggang pada waktu bertolak.

Bertolak ke depan atas • Melayang/Berjalan di Udara Sesudah bertolak, tariklah kaki bebas ke bawah dan belakang Pada saat yang sama, tariklah kaki yang bertolak ke depan dan ke atas.

• Mendarat Tariklah lengan dan tbuh ke depan-bawah. Tariklah kaki mendekati badan. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh pasir. Bila kaki telah mendarat di pasir, duduklah atas kedua kaki. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Bola Voli Peraturan Lompat Jauh Secara umum ada 2 peraturan lompat jauh yaitu peraturan tempatnya dan peraturan umum lompat jauh, Adapun Peraturan peraturan dalam olahraga lompat jauh yaitu : Peraturan Tempat • Awalan Lintasan awalan lompat jauh lebarnya 1,22 meter dan panjangnya 40 meter • Papan tolakan Panjang papan tolakan 1,22 meter sama dengan lebar lintasan awal.

Lebar 20 cm dan tebal 10 cm. Papan tolakan harus diletakkan pada papan plastisin untuk mencatat bekas kaki atlet bila ia salah dalam melakukan tolakan. Papan harus dicat putih dan di tanam sekurang kurangnya satu meter dari tepi depan bak pasir pendaratan.

• Tempat pendaratan Tempat pendaratan berupa bak pasir dengan ukuran sebagai berikut; Lebar minimal 2,75 meter. Jarak garis tolakan dengan ampai akhir tempat lompatan minimal 10 meter. Permukaan pasir ditempat diantaranya harus sama tinggi datar dengan gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian papan tolakan. Peraturan Umum Lompat Jauh adapun peraturan umum pada lompat jauh yaitu : • Bila peserta lompat jauh lebih dari 8 orang setiap gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian diperbolehkan melompat sebanyak 3 kali.

Lompatan diambil yang terjauh. Jika peserta hanya 8 orang atau kurang, maka setiap peserta diperbolehkan melompat sebanyak 6 kali. Melompat dilakukan secara bergiliran.

• Hasil lompatan diukur dari bekas anggota tubuh terdekat atau paling belakang yang menyentuh bak pasir. • Setiap peserta diberi waktu satu giliran selama 1 1/5 menit.

Lompatan yang sama ditentukan dengan melihat hasil lompatan yang terbaik. Bila masih sama maka akan dilihat hasil dari lompatan yang ke-3. Demikian seterusnya. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lempar Cakram Lapangan Lompat Jauh Panjang lintasan lari hingga papan lompatan atau papan tolak pada umumnya diantaranya 40-45 meter dengan lebar lintasan mencapai 1,22 meter.

Sementara itu, papan lompatan memiliki panjang 1,22 meter dan lebar 20 cm dengan ketebalan 10 cm. Di antara papan lompatan dengan bak lompat terdapat jarak sepanjang 1 meter. Sedangkan bak lompat memiliki panjang 9 meter dengan lebar 2,95 meter.

Untuk lebar tempat pendaratan, jaraknya paling sedikit 2,75 meter antara garis tolakan sampai akhir tempat tolakan. Tempat pendaratan diisikan dengan pasir dimana permukaan pasir harus sama tinggi atau datar dengan sisi atas papan tolakan. Berikut ini adalah rincian ukuran lapangan lompat jauh dan gambarnya • Panjang bak lompat 9 m • Lebar bak lompat = 2,75 m • Lebar lintasan awalan = 1,22 m • Lebar papan tumpu = 20 m • Panjang papan tumpu = 1,22 m • Bak lompat diisi dengan pasir Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Tolak Peluru Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh • Faktor yang mempengaruhi prestasi lompat jauh menurut Suharto dalam bukunya dalam bukunya “Kesegaran Jasmani dan Peranannya disebutkan : • Kecepatan (speed) adalah kemampuan untuk memindahkan sebagian tubuh atau seluruhnya dari awalan sampai dengan pendaratan.

Atau bertumpu pada papan / balok sewaktu melakukan lompatan, kecepatan banyak ditentukan kekuatan dan fleksibelitas • Kekuatan (Strenght) adalah jumlah tenaga yang dapat dihasilkan oleh kelompok otot pada kontraksi maksimal pada saat melakukan pekerjaan atau latihan dalam melakukan lompatan • Daya ledak adalah kemampuan otot dalam melakukan tolakan tubuh melayang di udara saat lepas dari balok tumpu • Keseimbangan adalah kemampuan untuk mempertahankan suatu sikap tubuh tertentu secara benar dari awal melakukan lompatan sampai selesai melakukan lompatan • Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan suatu gerakan motorik secara benar • Koordinasi adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang atlet untuk dapat mengkoordinasikan gerakan maju dengan kebutuhan naik Sebarkan ini: • • • • • Posting pada SMA, SMP, Umum Ditag 3 macam gaya lompat jauh, awalan dalam lompat jauh berfungsi untuk, awalan lompat jauh bertujuan untuk memperoleh, awalan lompat jauh dilakukan dengan cara, bagaimanakah teknik lompatan, Faktor Yang Mempengaruhi Lompat Jauh, gambar lapangan lompat jauh, gaya lompat jauh, Jenis Gaya Lompat Jauh, lapangan lompat jauh, lapangan lompat tinggi, lebar bak pasir untuk lompat jauh adalah, Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air), Lompat Jauh Gaya Jongkok (Tack Style/Gaya Ortodock), lompat jauh gaya menggantung, Lompat Jauh Gaya Menggantung (Schnepper Style/Hang Style), lompat jauh wikipedia, lompat tinggi, makalah lompat jauh, manfaat lompat jauh, pendaratan yang benar dalam lompat jauh yaitu, Pengertian Lompat Jauh, pengertian lompat jauh brainly, peraturan lompat jauh, Peraturan Tempat, Peraturan Umum Lompat Jauh, prinsip dasar lompat jauh, sarana dan prasarana lompat jauh, sebutkan prinsip-prinsip dasar lompat jauh, sebutkan tiga gaya dalam lompat jauh, sebutkan tiga macam gaya lompat jauh, sejarah lompat jauh, teknik lompat jauh, tolakan lompat jauh atau tumpuan disebut juga, tujuan dari lompat jauh adalah, tujuan lompat jauh Navigasi pos • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com
Lompat jauh merupakan nomor olahraga kardio terbaik yang termasuk ke dalam cabang atletik tanpa harus menggunakan alat olahraga.

Nomor ini pun selalu diperlombakan di berbagai ajang olahraga mulai dari skala kecil hingga internasional. Untuk bisa melakukannya, tentu kamu harus mengetahui berbagai tekniknya. Mengenal Olahraga Lompat Jauh Olahraga ini telah dikenal sejak lama.

Jika ditelusuri sejarahnya, lompat jauh sudah dipermainkan di Olimpiade pada zaman Yunani Kuno.

Saat itu, para atlet lompat jauh mengenakan pemberat di kedua tangannya dan dilepaskan di tengah-tengah lompatan agar bisa meningkatkan momentum. Lompat jauh yang dikenal saat ini juga telah sejak lama menjadi bagian dari Olimpiade modern, yaitu sejak tahun 1896.

Pada nomor putra, rekor dunia lompat jauh dibuat oleh Jesse Owens pada tahun 1935 dengan catatan lompatan sejauh 8,13 meter.

Rekor ini bertahan sangat lama sampai pada akhirnya dipecahkan pada tahun 1960 saat Bob Beamon mencatatkan lompatan sejauh 8,90 meter di Olimpiade Mexico City 1968. Teknik Dasar Olahraga Lompat Jauh Secara umum, ada empat teknik dasar lompat jauh yang perlu dikuasai. Teknik tersebut adalah awalan, tolakan, melayang, dan mendarat. Memang terlihat seperti olahraga sederhana, tetapi semua teknik harus dikuasai dengan benar supaya menurunkan risiko cedera dan mampu melompat lebih jauh.

Bukan hanya asal-asal melompat, teknik dasar lompat jauh juga harus dilakukan dengan benar supaya tidak menyalahi aturan. Simak semua cara melakukannya di bawah ini! Baca Juga 7 Macam Olahraga Akuatik 1. Teknik awalan ancang-ancang Awalan dalam lompat jauh dilakukan dengan berlari cepat sekitar 20 – 30 meter.

Bukan hanya berlari dan melompat setelahnya. Kamu perlu membiasakan diri untuk melakukan semuanya dengan cepat. Seorang atlet lompat jauh harus memanfaatkan momentum lari cepat, berhenti sejenak untuk menguatkan pijakan, lalu bertolak melompat ke wilayah pendaratan.

Hal ini perlu dilakukan berulang-ulang untuk membuat tubuh terbiasa melakukannya. Kamu bisa melatih setiap olahraga pagi. Baca Juga 5 Teknik Dasar Sepak Takraw 2. Teknik tolakan melompat Teknik melompat dalam olahraga lompat jauh dilakukan dengan satu pijakan kaki. Melakukan dengan dua kaki hanya akan menahan tubuh untuk bergerak lebih jauh.

Selain itu, kamu pun akan jadi bahan tertawaan di atas lintasan lompat. Buat kaki yang jadi pijakan tersebut adalah kaki terkuat kamu. Lalu, sinergikan dengan kecepatan dan kekuatan di kaki yang lainnya supaya terlihat seperti melangkah di udara. Hentakan kaki dan bergerak ke depan supaya lompatan yang dilakukan lebih jauh.

Manfaatkan juga gerak tubuh untuk lebih jauh melompat. Kamu juga dapat menggunakan deker lutut untuk menghindari cidera. Baca Juga Mengenal Olahraga Bridge yang Semakin Populer di Indonesia 3. Teknik melayang di udara Kamu tidak gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian berharap pada tolakan dan gerakan badan sebelum melompat untuk mencapai hasil yang maksimal. Ada teknik di udara juga diantaranya perlu kamu lakukan. Dalam lompat jauh, teknik melayang juga perlu dipelajari supaya tubuh kamu terbiasa melakukannya secara otomatis.

Baca Juga 7 Manfaat Olahraga Billiard Ada tiga gaya dalam teknik melayang yang bisa dilakukan. Untuk melakukannya, dibutuhkan kekuatan dan kelenturan semua anggota tubuh, mulai dari tubuh bagian atas hingga bawah. Berikut penjelasannya: - Gaya jongkok untuk membuat posisi aerodinamis supaya mencapai jarak yang lebih jauh. - Gaya melayang terbang dengan posisi tubuh tegap ke depan. Namun, butuh keseimbangan yang bagus untuk melakukannya. - Gaya berjalan di udara dengan mengayunkan kaki untuk membuat momentum lompat yang lebih jauh.

Baca Juga 3 Tips Mengatur Jadwal Olahraga Terbaik Dalam Seminggu 4. Teknik mendarat untuk menghindari cedera Teknik terakhir yang harus dikuasai adalah mendarat. Teknik mendarat harus dilakukan dengan benar supaya menurunkan risiko cedera. Pasalnya, tubuh akan mengalami benturan yang keras dengan tempat pendaratan. Kamu harus mendarat dengan dua kaki yang berhimpitan untuk mengurangi guncangan pada kaki dan lutut.

Baiknya juga hindari pendaratan dengan bokong karena akan menimbulkan cedera yang perah. Setelah mendarat, berjalanlah ke arah depan supaya tidak meninggalkan jejak kaki di bagian belakang pendaratan. Kalau ada jejak lain, titik itulah yang akan dihitung oleh panitia.

Baca Juga 7 Manfaat Minum Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga Aksi di udara dan mendarat Ada tiga teknik penerbangan utama untuk lompat jauh: hang, sail dan hitch-kickmasing-masing teknik diatur untuk mengimbangi rotasi ke depan yang dialami sejak lepas landas.

Setelah tubuh mengudara, tidak ada yang dapat dilakukan atlet untuk mengubah arahnya dan akibatnya dia akan mendarat di pit. Namun, dapat dikatakan bahwa teknik tertentu memengaruhi pendaratan seorang atlet, yang dapat berdampak pada jarak yang diukur.

Misalnya, jika atlet mendaratkan kaki terlebih dahulu tetapi jatuh ke belakang karena tidak seimbang dengan benar, jarak yang lebih rendah akan diukur. Berlayar/ sail Teknik berlayar merupakan salah satu teknik lompat jauh yang paling dasar. Setelah fase lepas landas selesai, pelompat segera mengangkat kaki ke posisi menyentuh kaki. Hal ini memungkinkan tubuh untuk berlayar di udara, secara efektif mengiringi momentum yang dicapai oleh lompatan.

Menggantung/ hang Teknik gantung bekerja dengan cara memanjangkan tubuh agar seefisien mungkin. Di sini kedua lengan dan kaki direntangkan untuk mencapai jarak maksimum dari pinggul pada titik lompatan.

Posisi ini ditahan sampai setelah pelompat mencapai puncak lompatan, pada saat itu atlet akan menjentikkan kaki ke depan ke posisi mendarat.

Pukulan-tendangan/ hitch kick Hitch-kick juga dikenal sebagai "memanjat" atau "berlari di udara". Teknik ini melawan kecepatan rotasi atlet dengan mengayuh lengan dan kaki selama penerbangan, dan juga merupakan teknik yang paling kompleks.

Peraturan Lompat Jauh Untuk melakukan penilaian, ada beberapa peraturan yang berlaku di olahraga lompat jauh ini. Berikut adalah peraturan umum yang diterapkan saat lompat jauh sedang dipertandingkan: - Nilai lompatan diukur dari jejak anggota tubuh terdekat atau yang paling belakang menyentuh bak pasir. - Dalam sebuah pertandingan yang diikuti lebih dari delapan peserta, setiap peserta memiliki kesempatan sebanyak tiga kali lompatan.

Nilai yang diambil berasal dari lompatan yang paling jauh. Namun, jika jumlah peserta kurang dari delapan orang, setiap peserta mendapatkan enam kali kesempatan melompat. Dalam setiap kesempatan ini, setiap peserta melakukannya secara bergiliran. - Saat melakukan giliran lompatan, setiap peserta akan diberikan waktu gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian 1,5 menit. Latihan untuk Atlet Lompat Jauh Teknik yang tepat tanpa latihan yang benar pun jadi tidak ada artinya.

Kamu perlu mengasah tubuh supaya bisa melakukan semua teknik di atas. Secara garis besar, seorang atlet harus punya tubuh yang proporsional dengan kelenturan yang tubuh yang baik. Kamu lebih baik menggunakan seragam olahraga juga pada saat latihan. Berikut beberapa latihan untuk atlet lompat jauh yang perlu dilakukan secara rutin. Baca Juga 5 Macam Olahraga Air yang Menyenangkan dan Bermanfaat 1. Paha belakang dan betis Kamu harus memulainya dari tubuh bagian bawah.

Dua bagian ini bisa dilatih dengan squat dan high step sambil menaiki anak tangga. Saat bagian tubuh ini kuat, kamu akan berlari lebih cepat dan mampu memberikan tolakan yang kokoh diantaranya melompat jauh. 2. Core atau inti tubuh Untuk melayang di udara lebih lama, kamu harus punya core yang kuat. Letaknya ada di dekat perut bagian bawah. Kamu bisa menguatkan bagian ini dengan sit up, leg up, dan pull up. Namun, jangan lakukan setiap hari karena akan membuat otot stres dan mudah cedera.

3. Punggung dan belikat Bagian tubuh atas yang perlu diperhatikan adalah punggung untuk membantu menambah ayunan tubuh saat melompat. Baca Juga Olahraga yang Tepat untuk Penderita Asam Lambung 4.

Kelenturan Kelenturan tubuh bisa didapatkan dengan banyak cara. Kamu bisa mulai dengan pemanasan dinamis sebelum melakukan latihan karena banyak manfaat pemanasan yang akan kamu dapat.

Melakukan yoga secara rutin pun dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan. 5. Ketepatan perhitungan Dalam olahraga lompat jauh, ada banyak gerakan yang dilakukan. Gerakan dari lompat jauh dibagi menjadi empat bagian tersebut pun dilakukan secara berkelanjutan atau tanpa jeda.

Setelah berlari, kamu harus diam sepersekian detik, lalu melompat, dan ditutup dengan mendarat. Karena itulah, kamu perlu melakukan perpaduan untuk membuat tubuh terbisa. Mulai dari lari-berhenti-lari, lari-melompat-berjalan, lari-melompat-lari, serta diam-melompat-lari-melomat. Itu dia sejumlah teknik lompat jauh yang perlu dikuasai untuk menjadikan kamu atlet andal. Jangan lupa untuk latihan teratur dan mengonsumsi makanan sehat supaya tubuh kamu tetap terjaga, ya!

Baca Juga 6 Perbedaan Sepatu Olahraga Pria dan Wanita (Ade Kurnia Irawan)
KOMPAS.com - Lompat jauh adalah salah satu nomor dari cabang olahraga atletik. Pengertian lebih detailnya, lompat jauh merupakan salah satu diantaranya perlombaan dalam olahraga atletik yang ditentukan dari jarak terjauh seorang atlet dari titik awal lompatan hingga tempat mendarat.

Yaps, lompat jauh adalah jenis olahraga atletik yang membutuhkan kecepatan, ketangkasan dan kekuatan seorang atlet untuk melompat sejauh mungkin dari titik lepas landas atau garis lompat kemudian melayang di udara dan mendarat sejauh-jauhnya dalam bak pasir Dalam praktiknya, gerakan yang ada pada lompat jauh merupakan perpaduan antara kecepatan ( speed), kekuatan (strenght), kelenturan (flexibility), daya tahan (endurance), ketepatan (accuration) seperti dilansir dari Brian Mac Sports Coach.

Baca juga: Cara Mengukur Lompat Jauh Kemudian, berapa kali pelompat jauh mempunyai kesempatan dalam perlombaan lompat jauh? Jawabannya tergantung dengan jumlah peserta. Andai ada delapan peserta, biasanya akan diberi kesempatan sebanyak tiga kali.

Jika peserta lompat jauh berjumlah 8 orang atau kurang dari 8 orang, maka setiap pelompat diberikan kesempatan sebanyak 6 kali.

4 Fase Lompat Jauh Baca juga: Peralatan Senam Artistik Putra dan Putri Awalan ( run up) Langkah awal lompat jauh adalah ancang-ancang dengan awalan berlari sekencang-kencangnya. Pelompat jauh memiliki kesempatan untuk membangun momentum kecepatan maksimal dengan berlari. Adapun jarak awalan lompat jauh yaitu 30-45 meter.

Kecepatan maksimal dari lari awalan ini berperan besar kepada capaian jarak lompatan dari seorang pelompat jauh. Seorang pelompat jauh dilarang melewati batas jarak awalan pada lintasan lompat jauh yaitu sekitar satu meter dari papan titik tolak lompatan.

Baca juga: Lompat Jauh: Teknik Dasar, Peraturan, dan Sejarah dalam Atletik

PJOK Kelas 3 Tema 5 Subtema 4 Lompat jauh




2022 charcuterie-iller.com