Sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh

Lompat jauh adalah salah satu jenis olaharaga altletik yang dilakukan dengan cara melompat yang mana sekilas tidak jauh berbeda dengan lompat jangkit yang telah kita bahas pada kesempatan sebelumnya.

Terdapat beberapa teknik dasar lompat jauh seperti teknik awalan lompat jauh yang harus dikuasai oleh setiap atlet lompat jauh agar mereka bisa menjadi seorang atlet yang handal yang bisa memberikan gelar juara.

Selain itu, terdapat macam-macam lompat jauh yang sering dilombakan diajang nasional maupun juga internasional seperti lompat jauh gaya jongkok, lompat jauh gaya berjalan di udara, maupun juga lompat jauh gaya menggantung yang tentu saja ketiga jenis atau macam lompat jauh tersebut memiliki masing-masing perbedaan dan teknik yang sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh. Namun sebelum anda memulai untuk melakukan lompat jauh, ada beberapa sarana dan prasarana lompat jauh yang harus disiapkan karena beberapa diantaranya merupakan sarana yang memang wajib ada di dalam setiap olahraga lompat jauh yang dilakukan.

Beberapa sarana dan prasarana tersebut tidak jauh berbeda dengan peralatan lompat jangkit yang sudah pernah kita bahas pada pertemuan sebelumnya.

1. Lapangan lompat jauh Lapangan lompat jauh adalah hal pertama yang harus dipersiapkan oleh seseorang yang ingin melakukan lompat jauh. Tentu saja setiap olahraga membutuhkan sebuah lapangan atau arena yang akan digunakan sebagai tempat melaksanakan pertandingan. Sama halnya dengan alat yang digunakan untuk lompat harimau, anda juga harus menyiapkan lapangan lompat jauh yang akan anda gunakan sebagai tempat melangsungkan pertandingan dan juga nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk mengambil skor atau nilai dari setiap atlet yang melakukan lompat jauh.

Sekedar informasi bahwasanya untuk awalan, lapangan memiliki panjang kurang lebih 15 meter dengan tiang lompat jarak dari kedua tiang yang berjarak 3,98-4,02. Anda juga jangan lupa bahwasanya bilah lompat biasanya terbuat dari kayu. Adapun panjang dari mistar lompat yang akan digunakan adalah 3.98-4,02. 2. Pita pengukur Pita pengukur juga masuk kedalam salah satu sarana dan prasarana lompat jauh yang juga tidak kalah penting.

Mungkin anda sudah tahu bahwa fungsi dari pita pengukur ini adalah untuk melakukan pengukuran terhadap seberapa jauh lompatan yang dibuat oleh para atlet. Adapun cara pengukurannya sendiri yakni diukur pada ujung yang paling dekat dengan papan pelepas dan kepada ujung terdekat pada tempat yang dilakukan sebagai tempat pendaratan.

Namun untuk kejuaraan internasional, pita pengukur itu sendiri sudah digantikan dengan alat pengukur yang lebih canggih yakni alat pengukur elektronik sehingga menjadikan proses pengukuran menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Kasut berpaku Kasut bisa dikatakan sebagai pelindung yang dikhususkan untuk para atlet ketika mereka sedang melakukan larian. Dengan kata lain, ketika para atlet sedang berlari maka kasut inilah yang nantinya akan bisa digunakan sebagai pelindungan. Kasut tersebut dibuat dengan berpaku dan juga bertumit plastik yang tentu saja akan sangat sesuai jika digunakan dalam ajang olahraga lompat jauh. 4. Bendera Bendera juga termasuk kedalam sarana atau prasarana yang harus disiapkan sebelum memulai pertandingan lompat jauh.

Fungsi dari bendera adalah untuk nantinya dijadikan sebagai tanda isyarat apakah lompatan yang dilakukan oleh para atlet dikatakan sah atau tidak.

Untuk bendera isyarat itu sendiri pada dasarnya memiliki dua warna, yakni putih dan merah.

Untuk bendera putih digunakan untuk menyatakan bahwa atlet sudah melakukan lompatan jauh dan juga lompatan tersebut dinyatakan sah untuk kemudian dicatat. Sementara untuk bendera merah digunakan sebagai pemberi tanda atau isyarat bahwasanya lompatan tersebut tidak sah alias batal. Jika sudah seperti ini, maka yang harus dilakukan oleh atlet tersebut adalah mengulang kembali lompatan jauhnya. 5. Papan pelepas Papan pelepas akan digunakan sebagai tanda bahwa perlombaan lompat jauh sudah dimulai.

Papan pelepas ini harus ada pada saat atlet lompat jauh sebelum bertanding. Adapun ukuran standar dari papan pelepas adalah panjangnya kurang lebih 1,22 meter dengan lebar yang mencapai 20 meter.

Papan pelepas akan diletakkan dengan jarak 1 meter dari ujung paling dekat dengan tempat yang akan dilakukan sebagai lokasi pendaratan dan juga biasanya papan pelepas ini berwarna putih. 6. Lorong larian Apakah anda tahu apa itu lorong larian? Lorong larian merupakan sebuah peralatan yang harus dipersiapkan karena nantinya akan digunakan sebagai tempat pecutan, larian, maupun juga lompatan.

Dengan kata lain, pada lorong larian inilah para atlet lompat jauh akan melakukan pecutan, larian, dan juga lompatan tersebut. Adapun jarak lorong larian yang sesuai standar dipakai pada ajang perlombaan nasional maupun internasional adalah 45 meter x 2,22 meter. Tentu standar ini bisa berubah tergantung situasi dan kondisi serta juga tergantung kepada kebijakan panitia.

Itulah informasi yang bisa kami berikan kepada anda mengenai apa saja sarana dan prasarana lompat jauh yang harus dipersiapkan. Semoga informasi ini bermanfaat. MuslimTerkini.com - Berikut ini adalah ulasan mengenai sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh.

Ulasan ini juga akan menjelaskan secara singkat mengenai olahraga lompat jauh. Salah satu olahraga yang dipelajari di lingkup sekolah adalah lompat jauh atau long jump. Selain itu, ada banyak olahraga lain seperti sepak bola, basket, renang dan lainnya.

Kenapa sih adik-adik mempelajari pelajaran olahraga ? Harapannya adik-adik bisa cinta dan rutin berolahraga. Syukur-sykur, adik-adik kelak bisa menjadi atlet. Perlu adik-adik ketahui bahwa olahraga rutin setiap hari dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, sebab olahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta meningkatkan kemampuan jantung dalam mengalirkan darah.

Intinya, olahraga yang cukup serta diterapkan secara baik dan benar akan menyehatkan tubuh adik-adik semua. 1. Lapangan untuk Area Lompat Jauh Ini adalah yang paling wajib dan utama, lapangan sebagai area olahraga lompat jauh haruslah ada. Jangan sampai olahraga ini dilaksanakan di sembarang tempat.

Standarnya, lapangan lompat jauh memiliki panjang 131 kaki atau sekitar 40 meter. 2. Papan Sebagai Pijakan untuk Melakukan Lompat Jauh atau Papan Lepas Landas Papan ini akan diinjak atau dipijak saat akan melompat.

Papan lepas landas ini harus diletakkan rata dengan permukaan tanah. Menurut standarnya, jaraknya harus sekitar 3,3 kaki atau setara dengan 1 meter. Jarak ini diukur dari area take-off atau landasan pijakan.

Bagaimana jika tidak ada pijakan ? Jika itu perlombaan, maka wajib menggunakan papan pijakan. Namun jika latihan, bisa saja disesuaikan dengan keadaan yang ada.

Baca Juga: Lagi, Fans Ungkap Sikap Rendah Hati N'Golo Kante Saat Bertemu di Supermarket
1. Sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh! Jawab 2. Bagaimakah pelompat jauh dikatakan gagal? Jawab: 3. Jelaskan langkah-langkah melakukan tolakan dalam lompat jauh! Jawab: . 4. Apakah syarat pelompat jauh yang baik? Jawab: . 5. Tuliskan urutan melakukan kombinasi berjalan, berlari, melompat, dan mendarat dalam olahraga lompat jauh?

Jawab:. please don't know ​ 1. Teknik Ada empat teknik lompat jauh yang harus dipraktikan, yakni awalan/ancang, tolakan/tumpuan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat. Jika semua teknik dilakukan sesuai, maka hasil lompatan akan optimal. a. Teknik awalan Awalan pada lompat jauh adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak.

Posisi kaki pada awalan juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh. Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan yang ada di depan atau sebaliknya. Awalan dilakukan dengan berlari pelan saja. Setelah itu kecepatan lari dapat ditambah. Harus diingat kecepatan tersebut harus dipertahankan sampai menjelang tolakan. Saat mendekati 4 langkah akhir sebelum tolakan maka kecepatan lari dijaga tetap konstan tidak malah dikurangi.

b. Teknik tolakan Tolakan berarti sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh kecepatan vertikal yang didapat dari berlari ke kecepatan horizontal. Paling baik menggunakan kaki yang paling kuat untuk tolakan. Dimulai dari kaki bagian tumit lalu berakhir di ujung jari.

Badan sebaiknya dicondongkan sedikit ke depan ketika akan menumpu. Sementara kaki yang berayun diangkat hingga setinggi pinggul dengan posisi lutut menekuk. c. Teknik badan di udara Saat badan melayang di udara ada beberapa cara. Contohnya berjalan di atas udara. Caranya ketika badan sedang melayang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara.

d. Teknik pendaratan Pendaratan merupakan gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik lompat jauh.

Perlu diketahui sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan. Ini untuk mencegah cedera. Pada waktu tumit belum menyentuh pasir tempat pendaratan, kedua kaki harus lurus atau dijulurkan ke arah depan.

Pertahankan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Pasalnya jika jarak antara kedua kaki semakin lebar, maka jarak lompatan juga semakin berkurang.

Lalu harus diperhatikan juga supaya saat pendaratan tidak jatuh duduk pada pantat. Maka sebaiknya setelah tumit menyentuh pasir, segera condongkan badan ke depan dengan posisi lutut ditekuk. Dan paling penting setelah mendarat jangan kembali ke tempat melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan. Selain memperhatikan teknik, pelompat juga harus memiliki kekuatan, daya lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan mampu koordinasi seluruh gerakan.

Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan juga adalah cepat, tepat, luwes, dan lancar. 2. Cara Lompat Jauh Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pertama-tama pelompat harus lari ancang-ancang antara 10 sampai 20 langkah.

Kemudian, kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit bertolak atau bertumpu. Kedua, kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak.

Turunkan pinggang sedikit pada satu langkah terakhir dari ancang-ancang. Ketiga, ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan. Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan. Bertolak lah ke sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh dan ke atas (sudut tolakan 45 derajat) Keempat, tolak kaki pada pangkal titik berat badan ke atas. Kemudian, diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun.

Saat melayang, tekuk kedua kaki sedikit sehingga badan berada dalam sikap jongkok. Kelima, saat akan mendarat acungkan kedua kaki ke depan, yaitu bersamaan dengan kedua lengan diluruskan ke depan. Bila kedua kaki telah mendapat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

Baca juga: Bob Hasan dalam Kenangan Maria Londa 3. Peraturan Lompat Jauh Dalam olahraga lompat jauh ada beberapa sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh yang harus diikuti, yakni pertama lintasan awalan lebar minimal 1,22 meter dengan panjang 45 meter. Kemudian, panjang papan tolakan 1,22 meter, dengan lebar 20 cm, dan tebal 10 cm. Lalu, pada sisi dekat dengan tempat mendarat harus diletakkan papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat bila ia berbuat salah tolak.

Selanjutnya, papan tolakan harus dicat putih dan berada di tahan datar dengan ditanam sekurang-kurangnya 1 meter dari tepi depan ba pasir pendaratan. Untuk tempat pendaratan pelompat, lebar pendaratan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan minimal 10 meter. Perhatikan permukaan pasir di tempat pendaratan harus datar dengan sisi atas papan tolakan. Peraturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah peserta diperbolehkan melompat 3 kali giliran bila jumlah pelompat lebih dari 8 orang.

Delapan pelompat terbaik juga dapat melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenang. Bila peserta kurang dari 8 orang, maka setiap peserta mendapatkan giliran sebanyak 6 kali. Adapun, waktu yang disediakan pada pelompat hanya 1,5 menit. Selamat mencoba teknik lompat jauh ya! KOMPAS.com - Olahraga lompat jauh merupakan salah satu jenis olahraga atletik nomor lompat.

Terkesan mudah, namun sebenarnya olahraga lompat jauh sangat membutuhkan penguasaan teknik yang baik. Lompat jauh memiliki empat teknik dasar, yakni approach atau teknik awalan, take-off atau teknik lepas landas, flight atau teknik melayang di udara, serta landing atau teknik pendaratan. Secara garis besar, olahraga lompat jauh dilakukan dengan berlari sekencang mungkin dan kemudian melompat ke depan dan jauh ke dalam bak pasir.

Dalam berlatih teknik lompat jauh, tentunya para atlet membutuhkan berbagai peralatan. Tujuannya agar bisa mempermudah proses pelatihan. Baca juga: Tahap Pendaratan dalam Olahraga Lompat Jauh Dalam melakukan olahraga lompat jauh, ada cukup banyak peralatan yang harus dipersiapkan dan digunakan. Apa sajakah peralatan yang dibutuhkan tersebut? Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), setidaknya ada tiga peralatan utama yang dibutuhkan.

Berikut peralatan utama lompat jauh: • Lapangan untuk area lompat jauh L apangan sebagai area olahraga lompat jauh harus memiliki panjang 131 kaki atau sekitar 40 meter.
• Lorong larian yang mempunyai jarak yang sesuai penting untuk membuat pecutan, larian dan lompatan. • Jarak lorong larian yang standard ialah 45 m x 1.22 m. • Ia hendaklah selamat daripada sebarang halangan atau gangguan yang boleh mengganggu atlit membuat lompatan.

2. Papan Lonjakan / Take - Off Board • Papan lonjakan digunakan sebagai petanda dan permulaan lompatan. • Saiz papan lonjakan yang standard ialah 1.22 m panjang dan 20 cm lebar yang diletakkan satu meter dari hujung yang terdekat dengan kawasan pendaratan.

• Papan ini biasanya berwarna putih. 3. Petunjuk plastasin / Plasticine indicator • Petunjuk plastasin ini digunakan untuk mengesan dan membuktikan pembatalan dalam sesuatu lompatan yang dibuat.

• Plastisin ini diletakkan pada hujung papan pelepas dan sebarang kesan tapak kaki yang terdapat padanya membuktikan bahawa lompatan itu dibatalkan dan tidak dikira dalam perhitungan lompatan yang dicapai. • Pita pengukur digunakan untuk mengukur jarak sesuatu lompatan. • Jarak lompatan diukur dari hujung terdekat papan lonjak ke hujung terdekat tempat pendaratan dalam kotak pendaratan.

• Kini, dalam kejohanan olahraga utama dunia, pita pengukur telah digantikan dengan alat pengukur elektronik, yang boleh menghasilkan ukuran yang lebih mudah, cepat dan tepat. • Pemakaian jenis kasut yang sesuai adalah penting untuk memudahkan larian dan juga bertindak sebagai perlindungan untuk pelompat.

• Pakaian yang sesuai juga penting kerana boleh memberi keselesaan kepada atlit ketika bertanding dan secara tidak langsung akan mempengaruhi larian.

• Kasut yang berpaku dan bertumitkan plastik sesuai digunakan untuk acara ini.
Alat dan fasilitas pada olahraga lompat jauh ini merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam cabang olahraga tersebut. hal ini tentu saja akan mempengaruhi bagaimana hasil yang ditunjukkan oleh para atlet tersebut. kita tahu sendiri bahwa jika alat dan fasilitas yang disediakan sangat memadai, tentu saja prestasi yang dihasilkan pun akan sangat baik dan tentu saja akan menghasilkan bibit yang dapat mengharumkan nama bangsanya masing-masing.

Berikut adalah beberapa alat dan fasilitas yang ada pada olahraga lompat jauh ini • Pita Pengukur Alat ataupun perlengkapan yang harus dilengkapkan pertama kali adalah pita pengukur.

Seperti yang kita ketahui bahwa pita pengukur ini tidak lain dan tidak bukan merupakan pita yang digunakan untuk mengukur jarak lompatan dari para atlet tersebut. Untuk jarak lompatan dari para atlet sendiri tersebut diukur dari ujung yang terdekat dengan papan pelepas ke ujung terdekat tempat untuk melakukan pendaratan dalam kawasan pendaratan yang telah ditentukan.

Dalam kejuaraan dunia internasional sendiri, pita pengukur telah digantikan dengan alat pengukur elektronik dan menjadikan pengukuran lebih mudah serta cepat dilakukan. Hal ini dilakukan seiring berkembangnya zaman dan juga teknologi yang ada pada saat sekarang membuat pita ukur yang dulu digunakan sebagai alat ukur lompatan digantikan dengan alat pengukur yang berbentuk elektronik. • Kasut berpaku Kasut merupakan seperti pelindung yang digunakan pada saat para atlet sedang melakukan larian, dalam hal ini sewaktu atlet berlari, mereka dapat menjadikan alat ini sebagai suatu perlindungan.

Kasut yang dibuat dengan berpaku serta bertumit plastic sangat sesuai digunakan dalam cabang olahraga lompat jauh. • Bendera isyarat Perlengkapan selanjutnya yang harus ada dalam perlombaan lompat jauh ini adalah bendera isyarat, dimana bendera ini merupakan sebagai tanda apakah suatu lompatan tersebut merupakan sah atau batal dilakukan.

Hal ini sendiri adalah untuk mengetahui apakah suatu lompatan dianggap sebagai sah dan bisa dicatatkan pada rekor dan penilaian serta dapat dipasang pita pengukur untuk mengukur jarak dari lompatan jauh tersebut. Pada bendera ini sendiri ada dua warna yag dipakai, dimana pada bendera yang berwarna putih adalah untuk menentukan bahwa suatu lompatan yang telah dilakukan oleh atlet merupakan sah dan dapat dicatatkan, sedangkan untuk bendera yang berwarna merah untuk lompatan yang tidak sah ataupun batal, dalam arti harus diulangi lagi, karena mungkin tidak sesuai dengan peraturan yang telah dibuat terlebih dahulu sehingga harus diulang lompatan tersebut.

• Lorong Larian Perlengkapan selanjutnya adalah lorong larian, lorong larian ini sendiri merupakan tempat untuk melakukan pecutan, larian dan juga lompatan, jadi dalam lorong larian ini para atlet melakukan pecutan larian dan juga lompatan tersebut. Jarak dari lorong larian ini sendiri adalah 45 meter x 1,22 meter.

• Papan Pelepas Perlengkapan terakhir yang harus dipenuhi adalah papan pelepas. Papan ini merupakan sebagai petanda dan permulaan dari suatu lompatan, dimana papan ini ada sebelum para atlet melakukan persiapan untuk melakukan lompat jauh. Untuk ukuran standart dar papan pelepas ini sendiri adalah berkisar antara 1,22 meter panjangnya dengan 20 meter lebarnya. Papan ini sendiri diletakkan satu meter dari ujung yang terdekat dengan kawasan untuk melakukan pendaratan dan juga biasanya digunakan warna putih pada papan pelepas tersebut.

• Lapangan Lapangan sendiri mempunyai arti yang sangat penting pada saat kita melakukan lompat jauh ini, sebutkan alat dan fasilitas yang diperlukan dalam lompat jauh ini dikarenakan lapanganlah yang menjadi tempat untuk mendukung para atlet untuk melakukan olahraga lompat jauh ini.

Lapangan ini sendiri tentu saja tidak terlepas dari alat-alat yang ada didalamnya, hal ini sudah dijelaskan satu-satu bagaimana alat-alat yang digunakan pada saat melakukan olahraga lompat jauh ini.

Untuk hal lapangan sendiri, biasanya lapangan ini dipakai untuk semua cabang olahraga atletik yang diselenggarakan oleh kejuaraan olimpiade dunia maupun asia tenggara.

Tetapi untuk cabang olahraga masing-masing mempunyai lapangan yang berbeda, contohnya adalah lompat jauh ini memiliki lapangan dengan alat-alat yang mendukung olahraga lompat jauh ini sendiri.

" Categories • Administrasi Perkantoran • Akuntansi • Bahasa • Beasiswa • Info pendidikan • IPA • IPS • Jurusan • Jurusan • kewirausahaan • kewiraushaan • motivasi • Pembelajaran • Perhotelan • PKn • PTK • PTN • PTS • Remaja • Sekolah Kedinasan • SNMPTN • Teknologi Informasi dan Kominikasi • UAN • umum • Universitas • vidio PTN

OLAHRAGA LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK - PUPUT MELINDA 1A PGSD




2022 charcuterie-iller.com