Cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus

4 menit Siapa yang belum pernah memainkan rubik? Rubik adalah salah satu permainan yang bisa mengasah kecerdasan otak dan kreativitas, lo. Bagi kamu yang belum pernah menyelesaikan secara sempurna, simak cara menyelesaikan rubik pada artikel ini! Sahabat 99, permainan rubik sempat booming pada beberapa tahun silam. Selain melatih dan mengasah otak, bermain rubik juga bisa membuat rasa penasaran tinggi.

Ini karena tidak semua orang bisa menyelesaikan rubik dengan cepat. Tak sedikit yang butuh berjam-jam atau tak pernah menyelesaikannya sama sekali. Alhasil, hati dibuat penasaran bagaimana cara menyelesaikan rubik dengan cepat dan tepat. Sebetulnya, kamu hanya perlu memahami rumus dan trik dalam menyesaikan jenis permainan kotak-kotak berwarna ini.

Simak cara menyelesaikan rubik di bawah ini, yuk! Mengenal Bagian-Bagian Rubik Dikutip Speedcube, sebelum mengetahui cara menyelesaikan rubik maka seorang pemula harus mengetahui bagian-bagian rubik.

Berikut bagian dari rubik 3×3: • Center: bagian tengah pada rubik dengan total 6 center yang tidak bisa berpindah dengan posisi. • Corner: kotak yang berada di pojok dan berjumlah 8. • Edge: berada di antara corner dengan jumlah 12 titik.

• Layer: terbagi menjadi 3 sisi dimulai dari bawah yakni layer 1, kemudian layer 2, dan terakhir layer 3. Gerakan Dasar Rubik Seorang pemula harus memahami gerakan dasar rubik sehingga cara menyelesaikan rubik bisa dilakukan dengan mudah. Berikut gerakan dasar rubuk seperti dikutip Speedcube: • R atau Right: gerakan memutar sisi kanan ke arah kanan. • R` atau R aksen: gerakan memutar sisi kanan ke kiri.

• U atau Up: gerakan memutar sisi atas ke sebelah kanan.

• U` atau U aksen: gerakan memutar sisi rubik atas ke kiri. • D atau Down: gerakan memutar sisi bawah ke arah kanan.

• D` atau D aksen: gerakan memutar sisi depan ke arah kiri. • F atau Front: gerakan memutar sisi depan ke arah kanan. • F` atau F aksen: gerakan memutar sisi depan ke arah kiri.

• F double: gerakan memutar sisi F double searah jarum jam. • F` double: gerakan memutar sisi front aksen searah jarum jam. • B atau Back: gerakan memutar sisi belakang ke kanan. • B` atau B aksen: gerakan memutar sisi belakang ke kiri. • L atau Left: gerakan memutar sisi kiri ke arah kanan. • L` atau Left aksen: gerakan memutar sisi kiri ke arah kiri.

Cara Menyelesaikan Rubik 3×3 bagi Pemula 1.

Membuat Cross Putih Speedcube Dikutp Speedcube, sebetulnya tidak ada rumus rubik 3×3 khusus dalam membuat cross (+) warna putih. Tapi, kamu bisa mencari sisi dengan bagian kuning di tengah dan diletakkan di sebelas atas. Selanjutnya, cari edge putih dan kumpulkan untuk didekatkan dengan kotak warna kuning dari berbagai sisi. Jadi dilihat seperti tanda cross putih sesuai namanya. 2. Menyelesaikan Layer 1 Warna Putih Speedcube Kamu bisa membuat layer pertama ini dengan meratakan warna putih tersebut.

Cari corner piece yang putih untuk dipindahkan ke bawah. Sebelumnya, samakan terlebih dahulu warna bagian tengah dengan corner piece di bagian atas putih. Untuk rumus alogaritma, jika dari sisi kanan adalah U R U’ R’ dan sisi kiri U’ L’ U L. 3. Membuat Layer 2 Misalnya, kamu akan memindahkan edge piece warna merah dengan posisi edge piece di atas juga merah.

Supaya edge piece hijau bisa sama dengan warna center atau di sebelah edge piece merah, sebelumnya kamu harus menyamakan dulu edge piece … …yang ingin dipindah dengan warna center ke arah di mana kamu akan memindahkannya. Speedcube Algoritma cross kuning adalah F R U R’ U’ F’. Kemudian, kamu akan memposisikan 2 titik yang masih kosong pada bagian bawah center dan kanan center sisi warna kuning.

Gunakan rumus F R U R’U’F’ X2 agar menjadi cross kuning. Pada posisi edge kosong 2 ada dua kondisi. Pertama, depan dan kanan. Lakukan dua kali dengan alogaritma F R U R’ U’ F’. Kedua, berseberangan. Bisa eksekusi satu kali saja menggunakan rumus F R U R’ U’ F’. 5. Menyelesaikan Layer Warna Kuning Speedcube Untuk menyelesaikan layer atas berwana kuning, kamu bisa gunakan rumus ikan atau R U R’ U R U2 R’ dan memiliki 5 pola dengan 3 kondisi.

Pertama, kondisi plus yaitu pada pola 1 yakni ada dua titik di belakang dan di depan. Kamu bisa eksekusi dengan titik kuning lalu ditempatkan di samping kiri pakai rumus R U R’ U R U2 R’.

Kemudian dengan pola 2 yaitu hanya ada 2 titik di depan saja. Gunakan rumus R U R’ U R U2 R’ untuk eksekusi dengan titik kuning agar bisa di sisi kiri.

Kedua, kondisi tank, untuk yang pertama titik di depan dengan rumus R U R’ U R U2 R atau pola 3’. Kemudian untuk pola 4 bisa eksekusi dari sebelah kanan tank dengan rumus R U R’ U R U2 R’. Ketiga, kondisi pita yaitu adanya dua titik kuning di sebelah kiri dan kanan, dan ambil posisi titik dari kiri lalu eksekusi dengan rumus ikan. cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus. Mengorientasikan Corner dan Edge sumber: majalahpendidikan.com Cara menyelesaikan kubik terakhir adalah harus menyamakan posisi corner dan edge.

Jika belum ada titik yang sama, kamu bisa eksekusi bagian mana saja dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U. Maka akan diperoleh dua sudut yang sudah sama di sebelah kiri dan bisa dilepas dulu dengan edge layer 2 supaya sama. Lalu, ulangi lagi algoritma R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’ L sehingga keempat sudut akan terorientasi di tempatnya. Kalau corner telah terorientasi, maka bisa menukar edge dengan cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus salah satu sisi yang sudah berada di tempatnya dengan rumus R U2 R’ U’ R U2 L’ U R’ U’.

Lalu, kamu akan memperoleh satu sisi yang telah full. Pilih edge yang sudah lengkap di sisi belakang untuk dinotasi dengan rumus R U’ R U R U R U’ R’ U’ R2. Dengan begitu, kubik 3×3 sudah terselesaikan dengan baik. *** Semoga informasi di atas bermanfaat. Simak terus artikel lainnya di Berita 99.co Indonesia. Temukan rumah idamanmu dari sekarang di 99.co/id!

Merdeka.com - Menyelesaikan rubik 3x3 menjadi solusi mengurangi stres jenuh dan pengisi waktu luang terbaik, bagi sebagian orang.

Selain mengonsumsi camilan dan minuman dingin, ternyata mainan juga efektif meredakan stres saat jam kerja melanda. Beberapa mainan sederhana dengan harga terjangkau, akan menjadi salah satu teman yang bisa menemani waktu senggang, seperti rubik. Permainan teka-teki bentuk kubus ini diciptakan oleh seorang pemahat dan profesor arsitektur Hongaria, bernama Erno Rubik tahun 1978 silam.

Secara teknis, rubik 3x3 terbuat dari plastik atau kayu dengan 27 bagian kecil yang berputar pada porosnya. Menyelesaikan rubik 3x3 memicu tantangan dan logika yang menarik, hingga ketagihan dalam menyusun warna di setiap sisi. Rubik 3x3 memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna berbeda, yakni putih, biru, kuning, hijau, jingga, dan merah. Bagi Anda yang hendak belajar mainan teka-teki ini, tak perlu ragu. Berikut beberapa cara menyelesaikan rubik 3x3 bagi pemula, disertai rumus cepat dan mudahnya dilansir dari Liputan6.

Pahami Nama-nama Dasar dari Rubik 3x3 Sebagai seorang pemula yang hendak bermain rubik, sebaiknya untuk mengawali dengan memahami nama-nama dasar dari mainan kubus ini. Rubik 3x3 terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubung pada poros. Serta terdiri atas 6 sisi, setiap bagian rubik memiliki nama masing-masing yaitu: 1.

Center: bagian tengah rubik, posisinya paten alias tidak bisa dipindah-pindah. 2. Edge: bagian tengah di sisi samping rubik. 3. Corner: bagian ujung-ujung dari rubik. Pahami Dasar Pergerakan dalam Rubik Cara menyelesaikan rubik 3x3 selanjutya memahami dasar pergerakannya. Sebagai awalan, mungkin Anda akan reflek menghafal. Seiring berjalannya keterbiasaan, Anda bisa membuat istilah atau nama pergerakan dengan sendirinya. rubik.id ©2020 Merdeka.com 1. R (Right): memutar sisi kanan rubik searah jarum jam.

BACA JUGA: [Video] Rekor dunia, bocah ini selesaikan rubik dalam 4,9 detik Juara dunia rubik selesaikan tantangan dalam 7,36 detik! 2. R' (R aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam. 3. L (Left): memutar sisi kiri rubik searah jarum jam. 4. Cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus (L aksen): memutar sisi kiri rubik berlawanan arah cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus jam. 5. U (Up): memutar sisi atas rubik searah jarum jam BACA JUGA: [Video] Huawei Ascend P6 selesaikan permainan rubik cube 4 x 4 Rubik dengan bentuk unik di Jocubes.com 6.

U' (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam. 7. D (Down): memutar sisi bawah rubik searah jarum jam. 8. D' (D aksen): memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam. 9. F (Front): memutar sisi depan rubik searah jarum jam. BACA JUGA: Tantangan untuk Anda yang jago main Rubik Cegah PMK, BKP Pangkalpinang Menerapkan Karantina Ternak selama 14 Hari 10. F' (F aksen): memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam. 11. f (F kecil): memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam.

12. f' (F kecil aksen): memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam. 13. B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam.

14. B' (B aksen): memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam. Rumus Cara Bermain Rubik Cara menyelesaikan rubik 3x3 berikutnya mempelajari rumus bermain rubik. Semakin sering berlatih, Anda akan bisa menerapkan setiap rumusnya. Salah satu rumus menyelesaikan rubik yang mudah untuk dipraktikan: 1. Fokus pada satu warna. Karena tidak mungkin bisa menyamakan beberapa warna sekaligus hanya dengan beberapa kali putar.

Anda harus fokus dulu di salah satu warna.

Misal warna patokan merah. 2. Bentuk Cross merah dengan Center warna kuning. Cross disini merupakan pola mirip simbol "+". 3. Membentuk Cross merah secara sempurna. Lalu samakn warna top layer (edge) yang bersebelahan kotak merah dengan centernya.

4. Sempurnakan layar utama. Ini memang cukup rumit, namun Anda bisa menggunakan rumus algoritama L' U' L dan R U R'. 5. Kemudian sempurnakan layar kedua. Fokus kembali pada satu sisi semisal warna putih, lalu carilah edge dan center berwarna putih. Selanjutnya putar ke arah layer putih hingga terbentuk pola "T" berwarna putih.

Kemudian gunakan rumus algoritma U R U' R' tau U' L' U L untuk menyempurnakan layer dua. 6. Sempurnakan layar ketiga, yakni membentuk cross pada warna kuning. Putarlah edge yang bersebelahan dengan notasi F R U R' U' F'. Lalu untuk edge yang berseberangan menggunakan notasi f R U R' U' f'. Setelah sisi kuning terbentuk, lakukan pemutaran pada bagian cornernya dengan rumus R U R' U R U U R'. 7. Sempurnakan layar keempat. Setelah cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus berwarna kuning terbentuk sempurna, barulah menyelesaikan sisi-sisi lain yang masih memiliki warna edge tak selaras.

Rumus yang bisa digunakan R U R' F' R U R' U' R' F R2 U' R' U'. Serta tambahkan rumus R U' R U R U R U' R' U' R2 jika ada bagian yang belum sempurna. 8. Sempurnakan semua layar.

Jika ada edge dan corner yang berlainan warna, maka Kamu bisa merampungkan permainan dengan rumus R2 U R U R' U' R' U' R' U' R'. dan selamat Anda berhasil menyelesaikan rubik 3x3. Itulah cara menyelesaikan rubik 3x3 yang sangat cocok dipraktikan oleh pemula. Selain bermain, Anda bisa mengasah otak supaya lebih aktif. Selamat mencoba. 1 10 Momen Keseruan Ayu Ting Ting Wisata di Yogyakarta, Penampilannya Mencuri Perhatian 2 Potret Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Pulang Kampung ke Malang, Seru Banget 3 Kisah Kapolda Metro Saat Ditelepon Sang Ibu 'Kalau Sudah Tinggi Pangkat Saya Pulang' 4 Menengok Peternakan Sang Jenderal Mantan Pangkostrad, Santai Beri Makan Sapi 5 Potret Cantik dan Elegan Erin Istri Andre Taulany saat Liburan ke Bali sama Keluarga Selengkapnya
Daftar Isi • Mengenal Istilah Istilah Dalam Rubik • #1.

Bagian-Bagian Rubik • #2. Notasi Pergerakan Rubik • Langkah Langkah Menyelesaikan Rubik 3×3 • #1.

Baca bismillah • #2. Buatlah Cross Terlebih Dahulu • #3. Menyelesaikan Sisi warna putih dan Satu layer • #4. Masukkan Edge di Layer Kedua • #5.

Menyelesaikan Sisi Paling Atas • A. Membentuk Cross Berwarna Kuning • B. Sempurnakan Sisi Atas • #6. Menyelesaikan Layer Ketiga • A. Memposisikan Keempat Corner di Tempat yang Tepat • B. Memposisikan Keempat Edge di Tempat yang Tepat Cara Bermain Rubik – Rubik adalah permainan mengasah otak.

Permainan ini sudah cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus sejak tahun 1970an. Ada beberapa jenis rubik mulai dari bulat, kubus yang berukuran 2×2, 3×3, 4×4, 5×5, dan masih banyak lagi. Menurut wikipedia, rubik termasuk mainan yang paling banyak terjual didunia. Totalnya sampai sekitar 300 jutaan rubik yang sudah terjual. Namun semenjak kehadiran smartphone, semua permainan yang sejenis dengan rubik mulai tergeser popularitasnya. Kecenderungan terhadap smartphone membuat semua orang lebih menyukai permainan yang bersifat digital.

Bahkan saat ini permainan rubik sudah ada yang bersifat digital. Disini yang akan saya bahas adalah rubik kubus berukuran 3×3.

Rubik jenis ini adalah jenis rubik yang paling banyak ditemui. Dan juga sebagai pembelajaran untuk bermain rubik jenis lain. Saya akan berbagi sedikit trik atau cara bermain rubik kubus berukuran 3×3, dengan cara yang paling mudah. Dan trik ini diperuntukkan bagi yang noob atau pemula. Jadi bagi anda yang sudah mahir bermain rubik jenis ini, mungkin bisa skip atau membantu menjawab pertanyaan-pentanyaan di kolom komentar agar menambah wawasan saya tentang rubik.

Oke, kita akan belajar rubik dari dasar terlebih dahulu. Mengenal Istilah Istilah Dalam Rubik Istilah ini digunakan untuk mempermudah kita dalam memainkan rubik. Terdiri dari bagian-bagian rubik dan notasi pergerakan rubik. Oke rubiker, silahkan simak penjelasan dibawah ini. #1. Bagian-Bagian Rubik Rubik kubus berukuran 3×3 ini terdiri dari 27 bagian kecil yang saling terhubungkan pada poros.

Terdiri dari 6 sisi, yang tiap sisinya memiliki warna yang berbeda. Setiap bagian dari rubik ini memiliki nama masing masing. Berikut daftarnya : • Center : bagian tengah rubik yang posisinya cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus alias tidak bisa dipindah-pindah. • Edge : bagian tengah di sisi samping rubik • Corner : bagian ujung-ujung dari rubik • Layer : Terbagi menjadi 3 sisi, dimulai dari bawah adalah Layer 1 kemudian layer 2, dan terakhir Layer 3.

Agar lebih jelas mengenai bagian-bagian rubik, anda bisa lihat gambar dibawah ini. #2. Notasi Pergerakan Rubik Istilah ini akan digunakan dalam rumus nantinya. Tak perlu dihafal sebenarya. Tetapi seringnya kita bermain akan membuat istilah ini hafal dengan sendirinya. • R (Right) : memutar sisi kanan rubik searah jarum jamR’ • (R aksen) : memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam • L (Left) : memutar sisi kanan rubik searah jarum jam • L’ (L aksen) : memutar sisi kiri rubik berlawanan arah jarum jam • U (Up) : memutar sisi atas rubik searah jarum jam • U’ (U aksen): memutar sisi atas rubik berlawanan arah jarum jam • D (Down) : memutar sisi bawah rubik searah jarum jam • D’ (D aksen) : memutar sisi bawah rubik berlawanan arah jarum jam • F (Front) : memutar sisi depan rubik searah jarum jam • F’ (F aksen) : memutar sisi depan rubik berlawanan arah jarum jam • f (F kecil) : memutar sisi depan 2 layer dari rubik searah jarum jam • f’ (F kecil aksen) : memutar sisi depan 2 layer dari rubik berlawanan arah jarum jam • B (Back) : memutar sisi belakang rubik searah jarum jam • B’ (B aksen) : memutar sisi belakang rubik berlawanan arah jarum jam.

Perlu diketahui, bahwa satu gerakan adalah satu kali putaran 90°. Dan ketika dua kali gerakan artinya satu kali putaran 180°.Misalnya R2, berarti memutar sisi kanan 90° sebanyak dua kali. Searah atau berlawanan arah jarum jam tidak akan menjadi masalah, karena hasilnya akan sama persis.

Langkah Langkah Menyelesaikan Rubik 3×3 No Langkah menyelesaikan rubik 3×3 1 Membaca bismillah 2 Buat Cross 3 Menyelesaikan sisi warna putih dan satu layer 4 Masukan edge di layer ke-2 5 Menyelesaikan sisi paling atas 6 Menyelesaikan layer ke-3 Tabel cara bermain rubik Setelah mengetahui istilah-istilah rubik mulai dari bagian-bagianya sampai notasi arah gerakanya, mari kita eksekusi. #1. Baca bismillah Ingat, setiap sesuatu yang akan kita kerjakan, mulailah dengan membaca bismillah, agar diberi kemudahan dalam mengerjakan.

agar tidak njlimet, ruwet, dan mumet. #2. Buatlah Cross Terlebih Dahulu Sebenarnya tidak ada rumus khusus untuk membuat cross. Butuh kerja otak untuk tahap pertama ini, tapi kalau seumpama masih bingung, akan saya jelaskan dibawah. Sebelum memulai, tentukan dulu sisi yang akan dijadikan cross, biasanya para rubiker, memilih warna putih sebagai dasar dan warna kuning sebagai sisi atas.

Ikuti cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus langkah berikut untuk membuat cross • Pegang kubus dengan center berwarna kuning di bagian atas • Temukan 4 edge yang ada warna putihnya. kemudian tempatkan 4 edge tersebut di sisi atas, mengelilingi center berwarna kuning. tidak masalah jika sisi lain dari edge yang berwarna putih tidak cocok dengan warna center yang dibawahnya.

• Kadang-kadang ketika ingin menempatkan edge putih diatas, edge putih tidak bisa di posisi atas. Misalnya terjadi kejadian seperti ini: • Kemudian ketika dinaikkan, hasilnya kan seperti ini: • Untuk membalik edge agar cocok, posisikan edge yang tidak cocok ada di sisi kanan, kemudian masukkan rumus seperti berikut : • Setelah selesai, posisikan agar semua edge berwarna putih sudah berada diatas, dan sisi atas akan terlihat seperti ini : • Sesuaikan warna sisi lain dari edge yang berwarna putih tadi dengan center yang ada di bawahnya.

• Setelah edge cocok dengan warna yang dibawahnya, maka putar sisi tersebut hingga posisi edge yang berwarna putih berada dibawah. • Ulangi dua gerakan tersebut, hingga semua edge yang berwarna putih berada dibawah. • Baliklah rubik anda, sehingga terlihat cross yang berwarna putih. Intinya adalah bentuk cross, jika ada potongan putih yang lebih dari cross, tidak masalah.

Jika rubik anda seperti gambar di bawah maka anda berhasil menyelesaikan tahap pertama. Inti dari tahap ini adalah membentuk cross (plus) dengan sisi lain dari edge berwarna putih, sudah sama dengar warna center disebelahnya. #3. Menyelesaikan Sisi warna putih dan Satu layer • Carilah corner yang ada warna putihnya. Setiap corner memilik satu warna putih dan dua warna lainnya. • Posisikan corner agar berada di bawah, dan posisikan corner tersebut sudah dijepit oleh center dengan warna yang cocok dengan sisi lain dari corner.

Sebagai contoh, corner yang berwarna merah-biru-putih sudah diantara sisi merah dan biru. • Jika rubik anda seperti ini, dengan potongan putih berada didepan, maka rumusnya : • Jika rubik anda seperti ini, dengan potongan putih berada di sisi kanan, maka rumusnya : • Jika rubik anda seperti ini, dengan potongan putih berada di sisi bawah, maka rumusnya : • Jika potongan putih sudah terlihat, maka tinggal sesuaikan dengan dua rumus sebelumnya.

• Ulangi rumus-rumus diatas hingga sisi atas sudah berwarna putih semua dan layer paling atas sudah rapi. • Jika corner dengan warna putihnya diatas, dan bawahnya belum cocok, maka pindahkan ke lapisan bawah. JIka rubik anda sudah seperti di gambar, maka anda sudah menyelesaikan tahap ini.

#4. Masukkan Edge di Layer Kedua Setelah menyelesaikan satu layer, rumus rubik 3×3 selanjutnya adalah menyelesaikan layer kedua. • Langkah yang pertama adalah balik rubik anda sehingga sisi yang berwarna putih berada di bawah. Tugas utama di langkah ini adalah memasukkan edge-edge dilayer kedua, atau memposisikan edge di tempat yang benar. • kemudian perhatikan barisan vertikal biru atau bisa cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus.

Asal bukan kuning dan putih hehe, karena putih berada dibawah dan kuning berada diatas. • Oke, sebagai contoh saya pilih warna biru.

Buatlah garis vertikal dengan cara memutar layer paling atas. Cari edge yang sesuai dengan warna dari garis vertikal yang akan dibuat. Dengan catatan, bahwa satu sisi dari edge bukan warna kuning. • Warna dari sisi atas dari edge tadilah yang akan menentukan gerakan selanjutnya. • Jika ingin memindahkan edge ke arah yang sama seperti gambar dibawah, • Maka rumusnya : U R U’ R’ U’ F’ U F • Dan jika ingin memindahkan edge ke arah sebaliknya, atau seperti gambar • Maka rumusnya : U’ L’ U L U F U’ F’ • Ulangi langkah-langkah tadi sehingga potongan-potongan edge sudah berada pada posisi yang benar.

NB : jika potongan edge sudah berada di layer kedua, tapi berada di posisi yang salah, lakukan gerakan seperti dua rumus diatas agar edge yang salah tadi berpindah ke posisi atas. Baru setelah edge sudah diatas tinggal masukkan dua rumus tadi, agar edge berada di posisi yang benar. Jika kondisi rubik sudah seperti gambar, maka selamat! dua pertiga dari proses sudah selesai. #5. Menyelesaikan Sisi Paling Atas Untuk menyelesaikan bagian ini, ada dua tahap, berikut kamu dapat mengikuti tahapannya.

A. Membentuk Cross Berwarna Kuning Sesuaikan pola kuning di bagian atas rubik dengan salah satu pola kuning yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kemudian ikuti urutan yang benar. Potongan-potongan edge berwarna kuning di sisi atas tidak harus cocok dengan cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus sisi samping.

Cara bermain rubik 3x3 tanpa rumus adalah membentuk cross berwarna kuning diatas. • Jika posisi seperti ini, maka : • Jika posisi seperti ini, maka : • Jika posisi seperti ini, maka : lakukan rumus-rumus tersebut, sehingga sisi kuning diatas minimal sudah membentuk cross seperti gambar di bawah.

Jika lebih, tidak mengapa. B. Sempurnakan Sisi Atas Setelah membentuk cross, maka kita tinggal memasukkan corner-corner yang ada warna kuningnya agar sisi atas sudah benar. Ada tiga kondisi sebelum anda memasukkan rumus agar sisi atas lengkap berwarna kuning Keadaan satu : Jika tidak ada corner berwarna Kuning di bagian atas (U) wajah, Anda harus menaruh Corner berwarna kuning pada sisi sebelah kiri, sebagaimana yang ditunjukkan oleh gambar Keadaan dua : Jika salah satu corner berwarna Kuning sudah cocok dengan sisi atas seperti yang anda lihat, maka tinggal masukkan rumus di bawah.

Keadaan 3 : Jika ada dua corner berwarna kuning dibawah,maka anda tidak perlu khawatir dengan posisinya. Anda cukup mencocokkan dengan sisi depan dengan corner berwarna kuning seperti yang ditunjukkan oleh gambar Lakukan rumus ini 1, 2 atau 3 kali untuk melengkapi sisi atas agar lengkap berwarna kuning. Setelah setiap memasukkan rumus dan sisi atas belum lengkap, arahkan rubik agar sesuai dengan 3 keadaan diatas dan ulangi urutan sampai semua sisi atas berwarna kuning.

Rumusnya : R U R’ U R U2 R’ Dan jika sisi atas rubik sudah lengkap seperti di gambar, anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. #6. Menyelesaikan Layer Ketiga Langkah yang terakhir adalah menyelesaikan layer paling atas.Untuk menyelesaikan layer yang ketiga ini ada dua tahapan,tahapan yang pertama adalah.

A. Memposisikan Keempat Corner di Tempat yang Tepat Kondisi rubik setelah anda menyelesaikan layer kedua adalah seperti ini : Sekarang, putarlah sisi bagian atas hingga setidaknya 2 kepingan corner sudah berada di lokasi yang tepat. 2 kepingan corner harus berada di lokasi yang tepat sebagai A dan B atau A dan D atau B dan C sebagaimana yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

Namun, jika keempat corner sudah berada di tempat yang tepat, anda bisa langsung lanjut ke tahap kedua. Posisikan terlebih dahulu sudut kuning dengan benar. Lihatlah sisi bagian atas. Tempatkan 2 corner yang benar di belakang A dan B atau diagonal A dan D atau B dan C di seberang satu sama lain.

Jika sudut A dan B berada di tempat yang tepatmaka tinggal mengganti potongan C dan D. Masukkan rumus di bawah ini: R’ F R’ B2 R F’ R’ B2 R2 U’ Jika corner yang sudah tepat diagonal, seperti A dan D atau B dan C, lakukan rumus diatas sekali, kemudian ketika sudah ada dua corner yang cocok dibelakang, tinggal dimasukkan lagi rumus tersebut. Jika kubus Anda terlihat seperti gambar ini, Anda dapat pindah ke tahap selanjutnya. Tahapan kedua gara layer paling atas sesuai tempatnya adalah B.

Memposisikan Keempat Edge di Tempat yang Tepat Tujuan Anda untuk tahapan ini adalah: Jika salah satu edge benar dan tiga lainya tidak benar, posisikan rubik sehingga sisi dengan edge yang benar ada di posisi belakang.

Kemudian, tentukan apakah edge yang salah tadi harus bergerak searah atau berlawanan arah jarum jam, kemudian gunakan rumus di bawah. Jika keempat edge tidak ada benar, maka lakukan rumus di bawah satu kali, lalu tentukan arah mana ketiga kepingan edge harus bergerak dan gunakan rumus yang benar di bawah ini. Posisi untuk mengetahui, apakah itu searah jarum jam, atau berlawana jarum jam. Rumus untuk memutar E F G Searah Jarum Jam atau E F G H Searah Jarum Jam. F2 U L R’ F2 L’ R U F2 Rumus untuk menggerakkan E F G berlawanan arah jarum jam atau E F G H berlawanan arah jarum jam.

F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2 Dan akhirnya, selamat Rubik 3×3 anda sudah sempurna. Itulah tadi cara bermain rubik kubus ukuran 3×3.

Mudah bukan. Sebenarnya ada banyak cara bermain rubik 3×3 ini, tapi yang saya sampaikan ini adalah cara yang paling mudah dan simple. Bagi anda yang sudah sering bermain rubik dan ingin memperdalam rumus-rumus rubik 3×3 ini, akan saya tulis di artikel selanjutnya. Mungkin itu dulu yang bisa saya sampaikan, apabila ada kesalahan bisa dikoreksi di kolom komentar, agar menjadi bahan pembelajaran saya.

Itu baru perkara menendang bola ke titik yang diminta. Bagaimana kalau ia harus mengoper ke teman-temannya dalam satu tim yang berisi 11 pemain?

Bagaimana jika tempat bermainnya di stadion besar berkapasitas puluhan ribu penonton? Bagaimana jika ia harus mengeksekusi tendangan bebas atau tendangan penalti?

Tutorial Rubik Pemula Tanpa Rumus




2022 charcuterie-iller.com