Kepanjangan mid

21 istilah dalam perkuliahan – Beberapa waktu yang lalu, pengumuman sejumlah jalur penerimaan mahasiswa baru telah dipublikasikan. Bagaimana hasil punya kalian? Semoga hasilnya memuaskan dan menyatakan kalian diterima di perguruan tinggi impian ya!

Nah, berhubung kegiatan belajar mengajar semester awal di berbagai perguruan tinggi sebentar lagi akan dimulai, tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dari jauh hari sebelum kalian benar-benar masuk ke dunia perkuliahan.

Salah satu hal yang penting untuk kalian persiapkan sebagai mahasiswa baru adalah mengetahui berbagai istilah-istilah di dalam dunia perkuliahan.

Mengapa penting untuk mengetahui istilah-istilah dalam perkuliahan? Karena sepanjang kalian menuntut ilmu di perguruan tinggi, kepanjangan mid akan sering mendengar istilah-istilah ini. Mengingat istilah-istilah di bangku sekolah menengah berbeda jauh dengan dunia perkuliahan, untuk itu Mamikos akan mencoba membantu kalian mengetahui berbagai istilah dalam perkuliahan dalam kesempatan kali ini.

Nah, langsung saja simak informasi seputar 21 istilah dalam perkuliahan di bawah ini ya! 21 Istilah Dalam Perkuliahan Kartu Tanda Mahasiswa atau yang kepanjangan mid disingkat KTM ini berfungsi sebagai tanda pengenal bahwa kamu adalah mahasiswa di suatu perguruan tinggi.

Misalnya, mahasiswa di Univesitas Indonesia yang tinggal di kost Depok murah atau kost Jakarta murah dapat menggunakan KTM ini untuk memperoleh fasilitas-fasilitas kampus, seperti meminjam buku, meminjam sepeda,syarat memperoleh beasiswa, dan mereka pun dapat memanfaatkan KTM sebagai akses transportasi umum untuk Comuterline dan Busway.

Sejumlah perguraun tinggi di Indonesia umumnya menggunakan istilah KRS untuk menyebut kartu rencana studi, namun ada juga juga beberapa perguruan tinggi yang menyebut KRS dengan istilah KPSM (Kartu Perencanaan Studi Mahasiswa) atau FRS (Formulir Rencana Studi). KRS ini sendiri adalah rekaman mata kuliah yang diambil dalam satu semester.

Kamu memang dapat merencanakan studi kamu sendiri, tapi baiknya kepanjangan mid memilih mata kuliah konsultasikan terlebih dahulu dengan Pembimbing Akademik atau Dosen Wali.

Pengisian KRS dapat dilakukan secara manual maupun secara online. 3. SKS (Satuan Kredit Semester) Jika di bangku sekolah kemarin semua pelajaran yang kalian pelajari sudah dipaketkan hingga lulus. Kalau di perguruan tinggi nantinya pelajaran ini akan ditentukan berdasarkan dengan SKS.

Mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diinginkan dalam satu kepanjangan mid tergantung jatah dari SKS yang mereka miliki. Biasanya hanya untuk semester pertama saja, mahasiswa sudah diberikan satu paket mata kuliah untuk satu semester, antara 18-21 SKS, tergantung kampus dan program studi.

Untuk lulus hingga S-1, kamu membutuhkan sekiranya 144-160 SKS. Untuk program diploma (D-3) diperlukan 110-120 SKS. Setiap mata kuliah memiliki jumlah bobot SKS ynag berbeda-beda. Ada yang berbobot satu SKS hingga paling banyak empat SKS. 4. IPS (Indeks Prestasi Semester) IPS atau biasanya dikenal IP merupakan hasil rata-rata nilai prestasi dalam satu semester.

IP dapat dilihat secara online maupun konvensional, seperti Kartu Hasil Studi (KHS). KHS mirip dengan raport SMA, hanya saja bentuknya berbeda berupa selembar kertas. Nilai yang diberikan berupa huruf, A sebagai nilai tertinggi, sedangkan E nilai terendah. 5. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) IPK itu berisi catatan tiap-tiap mata kuliah dari semester satu hingga semester akhir.

Nilai IPK dimulai dari Skala 1,00 (satu koma nol nol) hingga 4,00 empat koma nol nol). Jika kamu konsisten memiliki IPK 3.50 (tiga koma kepanjangan mid nol) dari awal semester hingga akhir semester, kamu akan dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi dengan predikat cumlaude. 6. SP (Semester Pendek) SP merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap.

Program ini bertujuan untuk kepanjangan mid (memperpendek masa studi) atau memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai standarisasi. Misalnya di Universitas Indonesia untuk program SP, mahasiswa harus membayar Rp 250.000 per SKS. 7. PA (Pembimbing Akademik)/ Dosen Wali Di SMA kamu mengenal istilah Wali Kelas, nah kalau di kampus namanya PA (Pembimbing Akademik/Penasehat Akademik) atau Dosen Wali.

Tuganya sama dengan Wali Kelas, yaitu memberikan arahan, membimbing, dan membantu mahasiswanya dalam permasalahan yang dihadapi selama aktif studi. 8. KKN (Kuliah Kerja Nyata) SP merupakan program perkuliahan yang dilaksanakan pada saat liburan semester genap.

Program ini bertujuan untuk akselerasi (memperpendek masa studi) atau memberikan kesempatan kepanjangan mid untuk memperbaiki nilai yang tidak mencapai standarisasi. Misalnya di Universitas Indonesia untuk program SP, mahasiswa harus membayar Rp 250.000 per SKS.

9. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan UKM ini sesungguhnya sama saja dengan istilah ekskul atau extra kurikuler yang dulunya pernah kamu kenal di bangku sekolah.

Umumnya, UKM ini sangat diminati oleh mahasiswa karena biasanya setiap kampus menawarkan pilihan UKM yang beragam sehingga kamu pun dapat memilih UKM sesuai dengan hobi dan minat kamu. Kamu bisa memanfaatkan keberagaman UKM ini agar kamu pun tidak hanya berdiam diri di kost Jogja murah kamu saja. 10. Skripsi Pada akhir studi untuk S-1 mahasiswa diwajibkan untuk menyusun tugas akhir (Skripsi). Dalam proses penyusunan skripsi, mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing.

Tidak semua Universitas mewajibkan mahasiswanya untuk membuat skripsi. Untuk memperoleh gelar S-1 mahasiswa diwajibkan untuk membuat jurnal atau karya ilmiah lainnya sebagai pengganti skripsi. Misalnya, pada tahun 2013 Mahasiswa Program Studi Sastra Daerah Untuk Sastra Kepanjangan mid, Universitas Indonesia mewajibkan mahasiswanya untuk menyusun skripsi.

11. TKA (Tugas Karya Akhir) Tugas karya akhir atau yang biasa disingkat TKA kepanjangan mid sebuah proyek besar yang dikerjakan di penghujung masa perkuliahan. Biasanya TKA ini berupa sebuah karya atau laporan. Hasil TKA nantinya akan disidangkan guna memperoleh nilai yang nantinya akan mempengaruhi Indeks Prestasi dan menentukan kelulusan seorang mahasiswa. 12. Plagiarisme Di dunia perkuliahan kamu akan sering mendengar istilah plagiarisme atau plagiat. Plagiat adalah mengutip atau mengambil karangan orang lain tanpa memberikan sumbernya.

Kepanjangan mid mudahnya yaitu menjiblak karya orang lain. Perlu kamu tahu pula, sanksi terberat jika ketahuan plagiat adalah DO alias Drop Out. 13. Dosen Pembimbing Yang dimaksud dengan dosen pembimbing di sini adalah dosen yang bertugas untuk membimbing kamu ke jalan yang benar terkait skripsi atau tugas akhir.

Biasanya, pemilihan tema atau judul skripsi maupun tugas akhir yang akan menentukannya baik atau tidak adalah dosen pembimbing. 14. Asdos (Asisten Dosen) Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang biasa disingkat BEM merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan.

Jika dulu di bangku sekolah menengah kalian pernah mendengar organisasi OSIS, nah di masa kepanjangan mid ada yang namanya BEM. Badan eksekutif mahasiswa ini ada di tingkat fakultas dan tingkat universitas. 16. Senat Konsentrasi studi atau peminatan studi ini merupakan pengkhususan di tiap jurusan yang dapat dipilih oleh mahasiswa pada semester tertentu.

Misalnya saja, kalian mahasiswa Ilmu Komunikasi nantinya kalian aka nada pengkhususan jurusan seperti komunikasi massa, hubungan masyarakat, hingga periklanan. Kalian harus memilih salah satu dari jurusan tersebut. 18. Semester Ganjil Di setiap jurusan umumnya memiliki kepala atau ketua. Nah, ketua jurusan ini umumnya disebut kajur.

Tugas dari seorang kajur adalah menjadi pemimpin dosen-dosen dan mahasiswa di suatu jurusan. Nah itulah istilah-istilah dasar di dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya. Selamat belajar dan selamat memperoleh ilmu pengetahuan! Untuk mendapatkan kepanjangan mid terbaru seputar mahasiswa silahkan kunjungi situs Mamikos, atau jika ingin lebih praktis lagi kamu bisa Download aplikasi Mamikos di Play Store.

Klik dan dapatkan info kepanjangan mid di dekat kampus idamanmu: Kost Dekat UGM Jogja Kost Dekat UNPAD Jatinangor Kost Dekat UNDIP Semarang Kost Dekat UI Depok Kost Dekat UB Malang Kost Dekat Unnes Semarang Kost Dekat UMY Jogja Kost Dekat UNY Jogja Kost Dekat UNS Solo Kost Dekat ITB Bandung Kost Dekat UMS Solo Kost Dekat ITS Surabaya Kost Dekat Unesa Surabaya Kost Dekat UNAIR Surabaya Kost Dekat UIN Jakarta MID adalah singkatan dari kata military intelligence department.

Istilah military intelligence department apabila disingkat yaitu menjadi MID. Akronim MID (military intelligence department) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia.

Penjelasan / Informasi Lebih Rinci (Detil) : Akronim / Singkatan : MID Nama Diri / Kepanjangan : military intelligence department Kependekan Alternatif : - Kepanjangan Alternatif : - Kesimpulan 1 : MID adalah singkatan dari kepanjangan mid intelligence department Kesimpulan 2 : military intelligence department adalah kepanjangan dari MID Kesimpulan 3 : military intelligence department apabila disingkat menjadi MID Kesimpulan 4 : MID apabila dipanjangkan menjadi military intelligence department Bahasa : Bahasa Indonesia Resmi Sumber informasi singkatan MID : Daftar singkatan dan akronim pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lampiran IV Huruf Awal Akronim : M Kepanjangan / Kalimat Dasar Tidak Resmi : - Keterangan : - Kembali Ke : - Daftar Semua Singkatan Bahasa Indonesia - Daftar Singkatan Huruf Depan / Awalan M Tuliskan komentar anda mengenai MID kepanjangan mid intelligence department)!

Situs Web ini bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum dengan cara yang santai dan jenaka. Apabila ada yang kurang berkenan atau kesalahan maka mohon beritahu kami agar kami bisa segera memperbaikinya. Tidak ada niat sedikit pun untuk berbuat jahat kepada pihak lain. Atas segala kekurangan dan kesalahan yang telah kami perbuat, kami mohon maaf lahir dan batin.

Terima kasih atas perhatian anda.
Cara Melihat Nomor MID EDC BCA– Mesin EDC atau Elektronic Data Capture saat telah digunakan di merchant-merchant, toko, supermarket, mall dan cafe. Mesin EDC memang sangat bermanfaat dalam menjalankan bisnis, terutama bisnis seperti Supermarket yang banyak sekali kepanjangan mid disetiap hari. Salah satu Bank besar yang juga mengeluarkan Mesin EDC adalah BCA. Yup Bank BCA mengeluarkan mesin EDC nya yang cukup canggih dengan segudang manfaat didalamnya.

Sebelum mendapatkan mesin EDC BCA, kita wajib mengajukannya terlebih dahulu.

Kepanjangan mid BCA akan memverifikasi data dan maksud tujuan dari memiliki Mesin EDC. Biasanya hanya merchant atau pebisnis yang bisa mendapatkan Mesin EDC BCA ini. Setelah semua data sudah di verifikasi, Bank BCA akan mengirimkan mesin EDC nya dan cara penggunaan dengan baik.

Diketahui mesin EDC BCA ini cukup kuat untuk merekam banyak transaksi disetiap harinya. Namun namanya mesin pasti ada saja kendala seperti error atau hang.

Jika itu terjadi silahkan baca cara restart mesin EDC BCA untuk mengatasi masalah error pada mesin EDC. Selain masalah tersebut, bagi pebisnis baru yang telah mendapatkan Mesin EDC BCA sering lupa Nomor Merchant ID (MID) EDC tersebut. Kepanjangan mid Nomor Merchant ID EDC BCA ini berbentuk kartu dengan detail data kepemilikan dari Mesin EDC. Jika MID hilang, kalian tak perlu panik karena pintracaricuan.com sudah menyiapkan solusinya.

Berikut beberapa cara melihat nomor MID EDC BCA terbaru dan paling mudah untuk dipraktikkan. 1.) Cara Melihat Nomor MID EDC BCA via Mesin EDC Cara cek Nomor MID EDC BCA di Mesin EDC Ini adalah cara pertama yang akan kita lakukan untuk melihat nomor MID EDC BCA. Cara ini cukup simpel karena langsung melakukan pengecekan di mesin EDC itu sendiri. Berikut detail ulasannya : • Siapkan Mesin EDC BCA • Klik Tombol Hijau dibagian kanan bawah • Input 12 angka Function Number dan Enter • Tunggu beberapa saat dan Masukkan Password, lalu ENTER • Layar akan menampilkan Menu NIT/ TID/ MID • Tekan angka 1lalu ENTER • Untuk Melihat Nomor Merchant ID (MID) Tekan Tombol x Merah yang ada dibagian Kiri Bawah • Layar akan menampikan Nomor MID EDC BCA • Catat dengan baik dan simpan • Selesai 2.) Cara Melihat Nomor MID EDC BCA via Website Cara cek Nomor MID EDC BCA di Website BCA Ini cara kepanjangan mid cukup simpel di era teknologi maju seperti sekarang.

Kita hanya perlu menyediakan laptop dengan koneksi Internet. Namun sebelum melakukan pengecekan, pengguna wajib memiliki akun Internet Banking BCA. Jika belum punya silahkan baca cara daftar Internet Banking BCA Mudah.

Setelah memiliki akun, mari simak cara melihat Nomor MID dibawah ini : • Siapkan laptop yang terhubung koneksi Internet • Buka browser Google Chrome atau Mozilla • Kunjungi laman https://www.bca.co.id/ • Login menggunakan akun Internet Banking BCA • Pilih Menu Merchant • Lanjut Kepanjangan mid Menu NIT/ TID/ MID • Pilih MID • Tunggu Sebentar • Layar akan menampilkan Nomor MID EDC BCA • Selesai 3.) Cara Melihat Nomor MID EDC BCA via Cabang Bank BCA Cara cek Nomor MID EDC BCA di Cabang Bank BCA Cara ketiga ini sedikit agak repot karena kita harus mendatangi Cabang Bank BCA terdekat.

Kepanjangan mid dibutuhkan bawa KTP dan Data diri saat registrasi Mesin EDC. Berikut ulasannya dibawah : • Cari Cabang Bank BCA terdekat • Minta Nomor Antrian ke Satpam dengan tujuan Melihat Nomor MID EDC BCA • Antrik hingga dipanggil Teller • Setelah di Teller, utarakan niat untuk melihat Nomor MID EDC BCA • Teller akan meminta data diri dan alamat merchant kita • Setelah terverifikasi, Teller akan memberikan Nomor MID EDC BCA kita • Catat dengan baik dan simpan • Selesai Demikianlan informasi mengenai cara melihat nomor MID EDC BCA terbaru diatas.

Mudah banget bukan dan tanpa ribet tentunya. Selain itu BCA juga memberikan fasilitas dan manfaat lainnya seperti membuka blokiran ATM. Silahkan baca cara buka blokir ATM BCA tanpa ribet. Cara melihat nomor MID diatas bisa kita praktikkan diwaktu senggang. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya yang hanya kami suguhkan di website pintarcaricuan.com. Otofemale.id - Audio system di mobil, pasti jadi teman setiap ladies lakukan perjalanan. Entah itu saat lakukan perjalanan menuju kampus, kantor, bahkan keluar kota sekalipun.

Baca Juga: Air Radiator Untuk Mobil, 5 Hal Ini yang Harus Ladies Ketahui Dengan memilih lagu yang tepat, perjalanan ladies bisa lebih nyaman dan menyenangkan. Meskipun jalanan yang dilalui, dibeberapa titik alami macet. Baca Juga: Biasa Simpan Sepatu Dalam Mobil, Di bawah Jok Ada yang Nggak Boleh Terkait dengan audio khususnya standar bawaan pabrik mobil, Otofemale.id nggak mau ngomongin soal memilih lagu yang tepat untuk menemani perjalanan ladies.

Kali ini mari kepanjangan mid ngomongin memaksimalkan audio system standar bawaan mobil.
SEVIMA.COM – Hallo kakak-kakak maba, bagaimana nih kesan pertama masuk kuliah? masih semangatkan kuliahnya, oh iya mau taya nih, apa sih istilah-istilah teknis yang paling sulit kamu pahami di masa bersekolah?

Apakah itu SBMPTN, SNMPTN, ekstrakurikuler, atau fullday school? pasti istilah-istilah itu udah kamu pahami di luar kepala. Bukan mau nakut-nakutin atau gimana, nih. Kamu udah siap belum menerima istilah teknis masa perkuliahan yang lebih membingungkan dan lebih banyak jumlahnya?

Mendengar istilah SKS, IP, IPK, registrasi administrasi, dan registrasi akademik aja udah bingung, kan? Tenang, tenang. Artikel ini ada buat menghilangkan kebingungan kamu atas kepanjangan mid membingungkan itu, kok. Jadi, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini. Kalo perlu, bookmark link artikelnya sekalian karena pasti berguna sampai lulus nanti.

Haha. Baca juga : 60+ Istilah Dalam Dunia Perkuliahan, Terlangkap! Istilah-Istilah di Dunia Kampus yang Harus Diketahui Mahasiswa Baru 1. KTM “Kartu Tanda Mahasiswa.” Gak usah dijelasin lagi pun kamu pasti tau kalo itu mirip dengan Kartu Siswa yang kamu terima di SMA.

Kartu itu harus dijaga baik-baik karena dibutuhin ketika kamu mau minjem buku perpus, naik sepeda kampus, berobat gratis di pusat kesehatan mahasiswa, atau memakai fasilitas lain di kampus.

2. KRS Merupakan singkatan “Kartu Rencana Studi.” Ibarat di restoran, KRS adalah kertas “order food” yang diberikan waiter/waitress untuk diisi pelanggannya. Nah, kamu harus mengisi KRS dengan matakuliah-matakuliah yang mau diambil semester itu.

Sebelum kampus-kampus menerapkan sistem online, KRS secara harfiah merupakan kartu. Bentuknya kayak formulir gitu. Sekarang, hampir tiap kampus udah punya KRS online yang memudahkan mahasiswanya mengatur jadwal studi dari rumah.

3. SKS Merupakan singkatan dari “Satuan Kredit Semester.” Benda apa itu? Itu adalah bobot pendidikan tiap mata kuliah. Masih bingung? Yaudah, kita ibaratkan aja main game. Pada umumnya, tiap kampus mewajibkan mahasiswa menempuh bobot kepanjangan mid sebesar 144 SKS untuk lulus (kalo di UI, jumlahnya sudah termasuk skripsi). Satu mata kuliah punya bobot SKS berbeda-beda. Ada yang 1, 2, 3, hingga 6 SKS. Kalo total SKS di akhir semester pertama udah 24 SKS, berarti kamu butuh 120 SKS lagi untuk kepanjangan mid.

Biasanya, sih. Mahasiswa cuma dibolehin mengambil maksimal 24 SKS tiap semester biar gak keteteran belajarnya. Baca juga : Info Lengkap Jurusan Kuliah & Prospek Kerjanya 4.

IP Adalah singkatan dari “Indeks Prestasi,” yang artinya sama aja kayak nilai akhir semester. Di Indonesia, skala IP dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi adalah 0 (nol) hingga 4 (empat).

Mahasiswa yang dapet IP 4 di akhir semester udah pasti dapet nilai kepanjangan mid di semua matakuliahnya. Ya. Penilaian di universitas tuh pakai huruf. “E” untuk yang paling rendah dan “A” yang paling tinggi. Kalau mau lulus matkul, biasanya nilai minimal harus di atas C (misalnya C+, B- B, dan seterusnya). 5. IPK “Indeks Prestasi Kumulatif” tuh dalam pertandingan sepak bola artinya mirip banget seperti “skor agregat.” Secara teknis, IPK dihitung berdasarkan rata-rata IP yang didapat mahasiswa tiap semester.

Yang udah-udah, IPK tuh gampang turun dan susah banget naiknya. Jadi, pertahankan konsistensi kuliah kalo IPK mau stabil. 6. SP Nih! Yang cowok-cowok jangan mikir aneh dulu. SP di dunia perkuliahan tuh singkatan dari “Semester Pendek.” Itu adalah waktu belajar tambahan opsional yang ada di antara semester genap dan semester ganjil. Biasanya, mahasiswa memanfaatkan SP yang durasiinya sekitar 2-3 bulan untuk mengulang matakuliah lalu atau malah ambil matkul baru biar cepet lulus. Masih bingung?

Nih ada penjelasan tambahannya. Jadi, gini. Kamu belum puas kuliah di semester pertama (sekitar September – Desember) dan semester kedua (sekitar Februari – Mei). Terus, kamu ambil semester pendek (sekitar Juli – Agustus) biar cepet lulus. 7. SIAKAD SIAKAD singkatan dari Sistem Informasi Akademik adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang digunakan untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa.

Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kepanjangan mid Baca juga : Apa Itu SIAKAD Online dan Apa Tujuan SIAKAD? 8. ADAK ADAK singkatan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan merupakan sebuah pelayanan administrasi akademik yang dipimpin oleh seorang Kepala Biro. Biro ini merupakan salah satu ujung tombak pelayanan kampus kepada para dosen dan mahasiswa di semua Kepanjangan mid Studi yang ada di lingkungan kampus.

9. PDDIKTI PDDIKTI adalah sebuah pusat kumpulan data penyelenggara pendidikan tinggi seluruh Indonesia. Kumpulan data tersebut dikelola oleh Dirjen Dikti yang beralamatkan di https://pddikti.ristekdikti.go.id. Data yang ada merupakan hasil sinkronisasi yang dikelola oleh masing-masing perguruan tinggi nasional. 10. UKM Kalau di sekolah, kamu kenalnya ekstrakurikuler. Di kampus, ada yang namanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

11. KKN / KKM Ada kampus yang menamakan kegiatan pengabdian mahasiswa terhadap warga negara lain sebagai “Kuliah Kerja Nyata” ada yang bilang “Kuliah Kerja Mahasiswa.” Kegiatan yang berlangsung selama jadwal SP itu biasanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang udah kuliah lebih satu tahun.

Peserta KKN/KKM bakal dikirim ke daerah tertentu dan menetap di sana selama sebulan bersama warga lokal. Gak cuma piknik, mereka bakal ngelakuin sesuatu untuk memperbaiki kehidupan warga lokal itu. Sayang, engga semua kampus punya program KKN/KKM. Baca juga : 10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa, Ketahui Pengertian & Tujuannya 12. PKL Anak-anak lulusan STM pasti tau nih kalau PKL is “Praktik Kerja Lapangan.” Kamu jadi karyawan magang di salah satu kantor, sebagai upaya memenuhi ketentuan jurusan.

Seperti KKN/KKM, engga semua jurusan punya program PKL 13. Hima/HMJ “Himpunan Mahsiswa Jurusan” tuh ibarat OSIS tapi tingkatnya jurusan. 14. BEM Sementara itu, “Badan Eksekutif Mahasiswa” ibarat OSIS yang tingkatannya lebih tinggi, yaitu kepanjangan mid Fakultas dan Universitas. Organisasi BEM inilah yang bekerjasama dengan universitas untuk mengadakan rentetan kegiatan penerimaan mahasiswa baru.

15.

DPM/BPM/MPM/DEMA DPM tuh singkatan dari “Dewan Perwakilan Mahasiswa.” Kalau BPM itu “Badan Perwakilan Mahasiswa.” Sementara MPM adalah singkatan dari “Majelis Permusyawaratan Mahasiswa”, Kalau DEAMA singkatan dari “Dewan Mahasiswa” Fungsinya sama aja.

Dalam skala nasional, DPM dan sejenisnya tuh ibarat DPR. Sama-sama bertugas mengevaluasi, menerapkan, dan menyesuaikan peraturan-peraturan kemahasiswaan. Peraturan itu yang nantinya bakalan jadi landasan BEM dan organisasi mahasiswa bikin kegiatan. 16. MWA Baru denger kan istilah MWA atau “Majelis Wali Amanat.” Itu adalah lembaga kampus tertinggi yang fungsinya secara umum kepanjangan mid mewakili kepentingan pemerintah, kepentingan masyarakat, dan kepentingan universitas.

Bingung kan? Sama. Gampangnya gini. MWA tuh lembaga tertinggi yang menentukan peraturan serta arah kebijakan kampus. Nanti, hasil keputusan MWA yang bakal dijalankan sama organisasi di bawahnya. 17. Senat Akademik Senat akademik adalah badan normatif tertinggi pada perguruan tinggi dalam bidang akademik yang terdiri dari Rektor, Dekan Kepanjangan mid, Guru Besar, Wakil Dosen Non Guru Besar yang dipilih melalui pemilihan, serta unsur lain yang ditetapkan oleh Senat Akademik.

Rektor merupakan kepanjangan mid perguruan tinggi. Ada yang mengartikan sama dengan MWA. 18. Rektorat Kamu pasti bisa bayangin kan tugas karyawan “Tata Usaha” di sekolah kamu? Nah, tugas rektorat tuh mirip. Para karyawannya lah yang dengan sabar mengurus administrasi tingkat universitas.

Karyawan rektorat dipimpin di bawah seorang rektor. aca juga : Mengenal Jabatan-jabatan di Kampus, Maba Wajib Tahu! 19. Dekanat Di tingkat fakultas, namanya bukan rektorat, melainkan dekanat. Karyawan dekanat tuh dipimpin seorang dekan. Nah, dekanat ini juga merupakan lembaga yang bekerjasama dengan organisasi mahasiswa untuk bikin berbagai kegiatan.

20. BAN-PT BAN-PT adalah singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. 21. Guru Besar Guru besar adalah jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang masih mengajar di lingkungan satuan pendidikan tinggi.

Guru besar memiliki peran dalam memajukan institusi khususnya perguruan tinggi baik dalam pokok dan fungsinya. 22. Dosen wali Kalo di sekolah, dosen kepanjangan mid punya tugas mirip walikelas. Beliaulah yang menjaga mahasiswa perwaliannya supaya gak di DO, gak ketinggalan SKS, dan pada akhirnya lulus tepat waktu dengan hasil memuaskan.

Ketika memulai semester, kamu butuh persetujuan dosen wali sebelum akhirnya KRS kamu disetujui universitas. 23. Asisten dosen Ya jelas, kan. Tugasnya membantu dosen menjalankan perkuliahan. Mulai dari gantiin dosen ketika gak masuk hingga bantu riset. 24. Matrikulasi Matrikulasi itu adalah matakuliah “persamaan.” Biasanya, kampus mewajibkan matkul itu kepada mahasiswa yang nyebrang jurusan.

Misalnya, si Mamet lulus S1 jurusan Ilmu Sejarah terus masuk S2 jurusan Ilmu Politik. Nah, doi wajib ambil matakuliah “matrikulasi” di semester pertama. Di kelas itu, si Mamet bakal diajarin dasar-dasar Ilmu Politik hingga pemahaman doi setara sama lulusan-lulusan S1 Ilmu Politik yang lanjut S2. Kalo pinternya udah setara, dosen kan gampang ngajarin Ilmu Politik yang lebih tinggi tingkatannya. Baca juga : 7 Tips Mendapat IPK Tinggi/Cumloude, Mahasiswa Wajib Tahu!

25. TA TA bisa jadi “Tugas Akhir” yang artinya mirip seperti skripsi. Atau, “Titip Absen” yang merupakan teknik bolos kelas tapi minta tolong temen menandatangani buku daftar hadir atas nama kamu.

Kalau ketauan dosen, mahasiswa yang titip absen dan dititipkan absen bakal kena hukuman. 26. Wisuda Wisuda adalah akhir perjuangan sekaligus awal baru bagi mahasiswa. Sebuah momen yang ditunggu dan gak akan terlupa.

Yup. Itulah istilah teknis yang perlu mahasiswa baru ketahui biar gak bingung. Tenang aja. Pada akhirnya, kamu kepanjangan mid hapal di luar kepala, kok. Apakah kamu tau istilah lain yang belum disebutin? Langsung aja share pendapat kamu di bawah ini.

Mau tahu lebih banyak tentang dunia kampus bisa cek disini: DUNIA KAMPUS Mengenal SEVIMA SEVIMA merupakan perusahaan Edutech (education technology) yang telah berkomitmen selama 18 tahun dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi (Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik, Akademi, dll.) dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud
Ya, hiruk pikuk ujian nasional selalu mewarnai semester kedua setiap tahun pelajaran.

Ramainya pembicaraan UN telah membuat kegiatan evaluasi yang lain, seolah-olah menjadi redup. Fokus hampir setiap sekolah hampir tertuju pada persiapan penyelenggaraan ujian nasional. Di saat siswa tingkat terakhir pada suatu jenjang satuan pendidikan mempersiapkan UN, saat itu pulalah berlangsungnya ujian tengah semester ( mid semester) genap bagi siswa tingkat sebelumnya. Bagi satuan pendidikan SD/Sederajat, mid semester dilakukan oleh kelas 1 sd 5, kelas VII dan VIII jenjang SMP/Sederajat kepanjangan mid kelas X dan XII tingkat SMU/Sederajat.

Fungsi ujian mid semester tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas. Setiap sekolah telah memberikan patokan sekian porsen bobot nilai ujian mid semester. Jika porsentase bobot mid semester besar, maka siswa harus mendapatkan nilai yang lebih baik.***

If you've made a mid diff, send this video




2022 charcuterie-iller.com