Apa fungsi avtur

Sebagian besar masyarakat mungkin sudah mengetahui bahwa Avtur adalah bahan bakar yang digunakan untuk pesawat terbang.

Namun selain Avtur, terdapat apa fungsi avtur bakar lain yang digunakan dalam industri penerbangan khususnya pesawat terbang yang disebut dengan Avgas. Penggunaan Avgas atau Avtur didasarkan pada jenis engine pesawat. Avgas digunakan untuk engine berjenis piston, seperti pada pesawat baling-baling serta helikopter ringan.

Pesawat berjenis piston pada umumnya digunakan oleh sekolah penerbangan dan penerbangan perintis. Sementara itu, Avtur dipakai pada pesawat terbang dengan engine berjenis turbin. Engine berjenis turbin pada umumnya digunakan untuk pesawat jet komersial. Lantas apa perbedaan Avgas dan Avtur? Perbedaan mendasar dari Avgas dan Avtur adalah bahan dasar pembuatnya. Avgas atau Aviation Gasoline terbuat dari fraksi Gasoline yang diproses khusus untuk memberikan kinerja tinggi yang sesuai untuk dunia penerbangan (kinerja pembakaran tinggi dan bebas impurities) Sementara Avtur (Jet A-1) merupakan produk turunan dari fraksi Kerosene.

Avtur memiliki karakteristik pembakaran yang sangat baik dengan energy content yang tinggi. Avtur (Jet A-1) juga memiliki titik beku yang sangat rendah (di bawah -47°C) sehingga ketika digunakan dalam penerbangan dengan ketinggian 30.000-40.000 kaki, Avtur tidak akan membeku dan dapat terpasok secara aman dari tangki menuju engine pesawat.

Avgas dan Avtur milik Pertamina Pertamina menyediakan bahan bakar untuk penerbangan berjenis Avgas dan Avtur (Jet A-1). Avtur Pertamina sudah memenuhi Defence Standard 91-091 issue terakhir dengan pengelolaan mengacu standar Joint Inspection Group (JIG) demi memastikan apa fungsi avtur Avtur tetap terjaga di sepanjang supply chain hingga ke engine pesawat.

Di samping itu, Avgas Pertamina juga telah memenuhi Defence Standard 91-090 issue terakhir. Avgas yang dipasok oleh Pertamina berjenis Avgas 100LL (Low Lead) yang lebih ramah lingkungan dengan kandungan aditif timbal kurang dari 0.56 gram pada setiap liternya.

Pertamina telah melayani kebutuhan bahan bakar untuk industri penerbangan lebih dari 50 tahun. Memasok lebih dari 60 bandara di Indonesia dan Asia Tenggara dengan 80 jaringan penjualan, Pertamina berkomitmen untuk terus menyediakan bahan bakar berkualitas untuk industri penerbangan demi kemajuan industri Aviasi Indonesia.

Pengertian avtur adalah: Subjek Definisi Migas (Lemigas) (Minyak dan Gas) ? aviation turbine fuel : avtur; bahan bakar pesawat jet : Bahan bakar pesawat jet, bahan bakar untuk pesawat terbang terbun gas ; jenis kerosin yang terayek didihnya berkisar antara 150 derajat celcius-250 derajat celcius.(apl) (lemigas.esdm.go.id) Kamus Definisi Bahasa Indonesia (KBBI) ?

avtur : av.tur [n ] bahan bakar untuk pesawat terbang turbin gas yang batas titik didihnya sekitar 150oC Definisi ? semoga dapat membantu walau kurangnya jawaban pengertian lengkap untuk menyatakan artinya. pada postingan di atas pengertian dari kata “avtur” berasal dari beberapa sumber, bahasa, dan website di internet yang dapat anda lihat di bagian menu sumber.

Untuk memahami lebih lanjut anda dapat membeli buku glosarium di toko buku terdekat maupun website toko buku online. misalnya beli buku ke gramedia Info sponsor! Jika anda tertarik, anda dapat mengikuti kelas online (bimbingan belajar online) atau bisa juga apa fungsi avtur kursus online maupun les private. yang saya lampirkan di bagian bawah atau sisi web ini.

- Glosarium.org: Pentingnya Privasi! Glosarium.org versi April 2019 ✰ Glosarium.org adalah website belajar online. tentang Glosarium kamus kosa kata bebas yang dimuat dari banyak sumber dan referensi di internet. ✰ Berdasarkan kategori bidang khusus dan mata pelajaran.

✰ Referensi rata-rata minimal 2 bidang/mata pelajaran per kata. ✰ Lengkap lebih dari 200+ bidang dan mata pelajaran ada di Glosarium.org ✰ Tanpa website mirror/kloningan ampas ✰ AMP, akses glosarium.org lewat Google Search mobile lebih cepat. ✰ Konten berorientasi manusia, mendahulukan penyampaian maksud yg dapat dimengerti manusia daripada mesin pencari. ✰ 2021, glosarium.org 3x lebih cepat.
Dikutip dari Jurnal Evaluasi Proses Pembuatan Avtur (Aviation Turbine) Berdasarkan Analisa Sifat Fisik Dan Kimia Minyak Mentah (Crude Oil) Di PT Pertamina Ru II Dumai oleh Jadinta Ginting, Ubaidillah Anwar Prabu, dan M.

Akib Abro, Apa fungsi avtur Turbine Fuel (AVTUR) atau secara Internasional lebih dikenal dengan nama Jet A-1 adalah bahan bakar untuk pesawat terbang jenis jet (baik tipe jet propusion atau propeller.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, perbedaan antara avtur dengan avgas sendiri adalah dasar pembuatannya. Avgas terbuat dari fraksi Gasoline yang diproses khusus untuk memberikan kinerja tinggi dan beragam, di antaranya bensol biru 102 dan bensol hijau 104. Jenis bahan bakar ini juga digunakan oleh motor balap. Sementara avtur merupakan produk turunan dari fraksi kerosene. Avtur memiliki karakteristik pembakaran yang sangat baik dengan energy content yang tinggi.

Avtur juga memiliki titik beku yang sangat rendah yang berkisar di bawah -47°C sehingga ketika digunakan dalam penerbangan dengan ketinggian 30.000-40.000 kaki, avtur tidak akan membeku dan dapat terpasok secara aman dari tangki menuju engine pesawat.

Selain avgas dan avtur, juga terdapat bahan bakar pesawat jenis aviation kerosine yang biasanya dipakai oleh pesawat bermesin turbin. Mesin turbin tentu berbeda dengan mesin jet. Pada umumnya, mesin jet menggunakan turbin. Sedangkan mesin turbin adalah perangkat putar yang digerakkan oleh fluida. Singkatnya, mesin jet biasanya mesin turbin, tetapi mesin turbin umumnya bukan mesin jet.

Sudah pernahkah agan -aganwati naik pesawat terbang????? Tahukah bahan bakar apa yang dipakai untuk pesawat terbang??? Mungkin dari sekian banyak dari agan -aganwati yang belum mengenal bahan bakar pesawat terbang.

Berikut ane akan jelasin sedikit tetang bahan bakar pesawat terbang (khususnya yang pesawat apa fungsi avtur ya gan????) aviation turbine fuel (ATF) atau avtur (aviation turbine) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang yang bermesin turbin gas (EXTERNAL COMBUTION).

Warnanya cerah sampai kekuningan. Bahan bakar yang paling umum adalah Jet A dan Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang t erstandardisasi secara internasional.

Bahan bakar ini memerlukan quality control yang sangat standar, sehingga harus ditangani secara ketat. Produk avtur diperoleh melalui distilasi atmosferic dilanjutkan dengan proses treating yang tujuannya untuk menurunkan kadar sulfur, terutama mercaptan. Setelah dilakukan analisa produk oleh bagian laboratorium dan dinyatakan telah memenuhi spesifikasi (On Spec) yang di syaratkan. SPESIFIKASI Spesifikasi avtur, beberapa yang utama adalah : Density 15oC : 775 – 840 kg/m3 Appearance : Clear and bright Total Sulphur : 0.30 %wt, maks Mercaptan Sulphur : 0.0030 %wt, maks Flash Point : min.

38 oC Doctor Test : Negative Freezing Point : - 47 oC, maks Electrical Conductivity : 50 – 450 µS/m 1. Density Pengertian : Berat dalam vakum per Volume pada 15°C (kg/l atau kg/m3) Fungsi : untuk keperluan konversi volume pada suhu pengukuran ke volume pada suhu standart 15C, atau untuk keperluan konversi volume ke besaran massa. Kalo yang masih bingung, density itu tujuannya buat konversi volume / ngitung volume atau isi dari avtur tersebut gan, biar pada saat proses pengiriman ke depot maupun ke bandara transaksinya jelas.

3. Total Sulphur Pengertian : Menentukan kandungan sulphur (total sulphur) pada avtur Fungsi : Untuk memantau “Sulphur Level” pada produk avtur. Pada umumnya keberadaan sulphur tidak diinginkan, karena pengaruh buruknya terhadap peralatan proses maupun bahan bakar. Sifat sulphur itu merusak komposisi avutrnya sendiri, tapi juga bisa ngrusak peralatan pada mesin pesawat juga gan. Karena sifat sulphur sendiri bila teroksidasi bisa korosif / karatan.

4. Mercaptan Sulphur Pengertian : Merkaptan adalah komponen sulfur organik. Secara kimiawi dia berupa komponen yang terdiri dari senyawa hidrokarbon yang mengikat gugus -SH.

Fungsi : Apa fungsi avtur Sulphur memiliki bau yang tidak enak, dan dapat merusak elastomer serta potensial mengakibatkan korosi terhadap komponen – komponen pada mesin pesawat. Kalo yang ini hampir sama kaya diatas. 5. Flash Point Pengertian : merupakan ukuran respon bahan bakar terhadap panas dan nyala api.

Fungsi : memberikan informasi tentang kemungkinan eksistensi komponen yang sangat “volatile & Flamable”. Sehingga kegitan transportasi dapat menentukan peraturan keselamatan tentang bahan bakar yang mudah menyala.

Ini berhubungan dengan keselamatan pada saat pengisian bahan bakar gan. Flash point merupakan suhu minimal dimana bahan bakar dapat menyala seketika. 6. Freezing Point Pengertian : Perubahan bahan bakar terhadap suhu, dimana kristal – kristal hidrokarbon mulai terbentuk karena proses pendinginan, dan mencair kembali jika suhu dinaikan.

Fungsi : Apa fungsi avtur suhu terendah pada bahan bakar dimana bahan bakar tersebut bebas dari kristal – kristal hidrokarbon yang dapat mengganggu aliran bahan bakar pada “tube – tube” mesin turbin pesawat atau pun pada “filter” bahan bakar pesawat. Suhu tersebut terpengaruh pada ketinggian pesawat pada saat mengudara. Point ini yang terpenting pada spesifikasi avtur gan.

7. Electrical Conductivity Pengertian : Koduktifitas elektrik Fungsi : mengetahui ketahanan bahan bakar terhadap konduktifitas elektrik. Komponen apa fungsi avtur pesawat udara tak luput dari teknologi elektronika, dengan itu ketahan bahan bakar terhadap konduktifitas elektrik sangat diperlukan gan. Biar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan pada saat penerbangan karena terpengaruhnya bahan bakar terhadap komponen elektronika tersebut.

bahan bakar pesawat udara tidak boleh ada air yang terkandung dalam minyak atau water content. Boleh dikatakan 0% water content, karena pada saat mengudara suhu otomatis akan berubah drastis ( bisa mencapai -20 derajat celcius ), bila ada kandungan air dalam avtur, maka air -air tersebut akan berubah menjadi kristal - kristal es atau icing. Perubahan tersebut sangat berbahaya dalam penerbangan, karena dapat menyumbat tube - tube maupun filter bahan bakar dalam mesin pesawat udara. Original Posted By themonggoose apa fungsi avtur waktu zaman'nya blom ada konversi ke gas, keluarga ane sering pake avtur buat kompor minyak tanah gan, panas yg di hasilkan 2 kali lebih panas dr pada minyak tanah, tp konsekwensi'nya kompor minyak tanah'nya jadi sering rusak nambahin gan.

minyak tanah / kerosene, bila di olah kembali melewati 1X unit proses & ditambah beberapa jenis additif udah jadi avtur gan. Makanya kenapa dulu wapres kita yg dulu ama yg besok mo dilantik "M. Jusuf Kalla" ngotot mo konversi ke gas / LPG. tiap hari kita bakar sampah aja pake minyak tanah / kerosene, padahal kalo diolah lagi udah jadi avtur gan.

23-07-2014 03:28 Original Posted By acemcoy ►dari tadi malem ane pantengin,baru ni Thred ilmu pengetahuan,selebih nya pada ga jelas,saling jelek²an jagoanya di pilpres dan gosip ga mutu Iye gan. ane ga berharap banyak sama pilpres sekarang nie, jadinya ga terlalu apa fungsi avtur ama berita pilpres deh.

23-07-2014 03:34 Sudah pernahkah agan -aganwati naik pesawat terbang?????

Tahukah bahan bakar apa yang dipakai untuk pesawat terbang??? Mungkin dari sekian banyak dari agan -aganwati yang belum mengenal bahan bakar pesawat terbang. Berikut ane akan jelasin sedikit tetang bahan bakar pesawat terbang (khususnya yang pesawat komersil ya gan????) aviation turbine fuel (ATF) atau avtur (aviation turbine) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang yang bermesin turbin gas (EXTERNAL COMBUTION).

Warnanya cerah sampai kekuningan. Bahan bakar yang paling umum adalah Jet A dan Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang t erstandardisasi secara internasional. Bahan bakar ini memerlukan quality control yang sangat standar, sehingga harus ditangani secara ketat. Produk avtur diperoleh melalui distilasi atmosferic dilanjutkan dengan proses treating yang tujuannya untuk menurunkan kadar sulfur, terutama mercaptan. Setelah dilakukan analisa produk oleh bagian laboratorium dan dinyatakan telah memenuhi spesifikasi (On Spec) yang di syaratkan.

SPESIFIKASI Spesifikasi avtur, beberapa yang utama adalah : Density 15oC : 775 – 840 kg/m3 Appearance : Clear and bright Total Sulphur : 0.30 %wt, maks Mercaptan Sulphur : apa fungsi avtur %wt, maks Flash Point : min.

38 oC Doctor Test : Negative Freezing Point : - 47 oC, maks Electrical Conductivity : 50 – 450 µS/m 1. Density Pengertian : Berat dalam vakum per Volume pada 15°C (kg/l atau kg/m3) Fungsi : untuk keperluan konversi volume pada suhu pengukuran ke volume pada suhu standart 15C, atau untuk keperluan konversi volume ke besaran massa.

Kalo yang masih bingung, density itu tujuannya buat konversi volume / ngitung volume atau isi dari avtur tersebut gan, biar pada saat proses pengiriman ke depot maupun ke bandara transaksinya jelas.

3. Total Sulphur Pengertian : Menentukan kandungan sulphur (total sulphur) pada avtur Fungsi : Untuk memantau “Sulphur Level” pada produk avtur. Pada umumnya keberadaan sulphur tidak diinginkan, karena pengaruh buruknya terhadap peralatan proses maupun bahan bakar.

Sifat sulphur itu merusak komposisi avutrnya sendiri, tapi juga bisa ngrusak peralatan pada mesin pesawat juga gan. Karena sifat sulphur sendiri bila teroksidasi bisa korosif / karatan. 4. Mercaptan Sulphur Pengertian : Merkaptan adalah komponen sulfur organik. Secara kimiawi dia berupa komponen yang terdiri dari senyawa hidrokarbon yang mengikat gugus -SH. Fungsi : Mercaptan Sulphur memiliki bau yang tidak enak, dan dapat merusak elastomer serta potensial mengakibatkan korosi terhadap komponen – komponen pada mesin pesawat.

Kalo yang ini hampir sama kaya diatas. 5. Flash Point Pengertian : merupakan ukuran respon bahan bakar terhadap panas dan nyala api. Fungsi : memberikan informasi tentang kemungkinan eksistensi komponen yang sangat “volatile & Flamable”. Sehingga kegitan transportasi dapat menentukan peraturan keselamatan tentang bahan bakar yang mudah menyala.

Ini berhubungan dengan keselamatan pada saat pengisian bahan bakar gan. Flash point merupakan suhu minimal dimana bahan bakar dapat menyala seketika. 6. Freezing Point Pengertian : Perubahan bahan bakar terhadap suhu, dimana kristal – kristal hidrokarbon mulai terbentuk karena proses pendinginan, dan mencair kembali jika suhu dinaikan.

Fungsi : Menentukan suhu terendah pada bahan bakar dimana bahan bakar tersebut bebas dari kristal – kristal hidrokarbon yang dapat mengganggu aliran bahan bakar pada “tube – tube” mesin turbin pesawat atau pun pada “filter” bahan bakar pesawat. Suhu tersebut terpengaruh pada ketinggian pesawat pada saat mengudara. Point ini yang terpenting pada spesifikasi avtur gan. 7. Electrical Conductivity Pengertian : Koduktifitas elektrik Fungsi : mengetahui ketahanan apa fungsi avtur bakar terhadap konduktifitas elektrik.

Komponen mesin pesawat udara tak luput dari teknologi elektronika, dengan itu ketahan bahan bakar terhadap konduktifitas elektrik sangat diperlukan gan. Biar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan pada saat penerbangan karena terpengaruhnya bahan bakar terhadap komponen elektronika tersebut. bahan bakar pesawat udara tidak boleh ada air yang terkandung dalam minyak atau apa fungsi avtur content.

Boleh dikatakan 0% water content, karena pada saat mengudara suhu otomatis akan berubah drastis ( bisa mencapai -20 derajat celcius ), bila ada kandungan air dalam avtur, maka air -air tersebut akan berubah menjadi kristal - kristal es atau icing.

Perubahan tersebut sangat berbahaya dalam penerbangan, karena dapat menyumbat tube - tube maupun filter bahan bakar dalam mesin pesawat udara.
Bobo.id - Alat transportasi membutuhkan bahan bakar agar mesinnya bisa bekerja dan dapat bergerak. Begitu juga dengan pesawat.

Siapa di sini yang tahu bahan bakar apa yang digunakan oleh pesawat? Yap, benar sekali! Pesawat menggunakan avtur sebagai bahan bakarnya. Saat ingin mengisi bensin untuk kendaraan, biasanya kita akan mengunjungi pom bensin. Namun, bagaimana dengan pesawat?

Yuk, cari tahu cara mengisi bahan bakar pesawat! Cara Mengisi Bahan Bakar Pesawat Ada dua cara untuk mengisi bahan bakar pesawat. Pertama adalah pengisian saat mendarat di bandara atau di udara. Namun sebagian besar saat ini pesawat mengisi bahan bakarnya saat mendarat.

Berikut adalah cara mengisi bahan bakar pesawat di bandara: Sebagian besar pesawat diisi bahan bakar menggunakan dispenser dan yang disebut hydrant pitatau lubang hidran. Hydrant pit adalah sistem pipa yang apa fungsi avtur di setiap stan parkir pesawat.

Jadi, sebenarnya di bawah landasan parkir pesawat itu sebenarnya ada pipa-pipa apa fungsi avtur berisi bahan bakar avtur, lo. Baca Juga: Inilah Hal yang Dibutuhkan Pesawat Agar Bisa Terbang, Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SMP Baca Juga: Ini yang Terjadi Kalau Membuka Pintu Pesawat Ketika Sedang Terbang ARTIKEL TERKAIT • Jetlag Sering Terjadi saat Kita Terbang Jarak Jauh, Kenapa Begitu?

Ini Penjelasannya • Inilah Hal yang Dibutuhkan Pesawat Agar Bisa Terbang, Soal Belajar dari Rumah TVRI untuk SMP • Inilah Fungsi Sayap pada Pesawat Terbang, Kunci Keberhasilan Pesawat Lepas Landas! • Perbedaan dan Persamaan Pesawat dengan Burung
Met siang temen2 modcom semua, maaf nieh sekedar minta pendapat. Sesuai judul diatas, sering saya terima info tp kok simpang siur (terutama peruntukannnya) mengenai bahan bakar tersebut, terutama bagi temen2 yang sudah pernah menggunakan, (biasanya untuk keperluan bahan bakar mesin yang sudah dioprek) saya minta pencerahannya dong, dan mungkin bisa kasih pendapat disini.

Sekedar berbagi info yang berguna bagi kita semua moga aja bisa bermanfaat. Ditunggu yah. Sekilasnya aja: Avtur adalah bahan bakar buat mesin pesawat jet. Avgas & bensol itu sama, yaitu bahan bakar mesin pesawat yg masih pake piston.

Jadi kalo mau dipake ke mobil, pakenya yg avgas/bensol, cuman gak boleh dipake ke mobil yg udah pake catalytic converter krn avgas/bensol itu banyak timbalnya supaya oktannya tinggi banget. Antara bensol biru & ijo, yg ijo oktannya plg tinggi (kalo gak salah inget waktu ratingnya bisa sampe 120) sdgkan yg biru lbh rendah dari yg ijo (gak inget yg biru brp ratingnya, mungkin sekitar 105-110).

Sekilasnya aja: Avtur adalah bahan bakar buat mesin pesawat jet. Avgas & bensol itu sama, yaitu bahan bakar mesin pesawat yg masih pake piston. Jadi kalo mau dipake ke mobil, pakenya yg avgas/bensol, cuman gak boleh dipake ke mobil yg udah pake catalytic converter krn avgas/bensol itu banyak timbalnya supaya oktannya tinggi banget. Antara bensol biru & ijo, yg ijo oktannya plg tinggi (kalo gak salah inget waktu ratingnya bisa sampe 120) sdgkan yg biru lbh rendah dari yg ijo (gak inget yg biru brp ratingnya, mungkin sekitar 105-110).kalo yg rendah atau ga ada timbal yg mana om?

avtur ya? :confused: Yoy,bener bgt. Avtur tu buat mesin turbin, jet, dll. Karakternya mirip kerosene,jd bisa buat kompor minyak tanah juga. Nah kalo avgas (aviation gasoline) itu yg paling ajib yg ijo.

timbalnya banyak, oktannya 100 (lean mixture), sampe 130 (wet mixture) *bahasa karburatornya setelan basah/ jrejet2 . biasanya apa fungsi avtur buat pesawat yg pake piston engine. Nah kalo yg biru sih oktannya gak tinggi2 bgt, gw lupa angka pastinya tapi gak beda jauh sama pertamax plus kok. klo byk timbal ga bgs utk mesin kan? jd berkerak gtu? avtur vs avgas oktan tinggian mana? heheSebenernya sih justru bagus krn melumasi klep tp gak apa fungsi avtur buat kesehatan dan lingkungan krn sangat beracun!

Makanya apa fungsi avtur gak blh pake bensin bertimbal lagi dan mobil2 udah pada pake catalytic converter shg gak bisa pake bensin bertimbal. Hmm gak tau oktan tinggian mana kalo antara dua itu, tp beda peruntukkan ya, jadi jgn pake avtur buat mesin mobil bensin.

Quick Navigation Diskusi Otomotif Lain-Lainnya Top • Site Areas • Settings • Private Messages • Subscriptions • Who's Online • Search Forums • Forums Home • Forums • General • Peraturan & Informasi • Saran Kritik & Pertanyaan • Seputar Dunia Otomotif • Liputan Khusus • Modcomers Rides • Cars Feature • Modcom Stereo • Komunitas & Event • Hotspot & Product • GIIAS 2019 • GIIAS 2018 • GIIAS 2017 • Berita Otomotif • Berita Otomotif Mobil • Berita Otomotif Motor • Otomotif & Official Modcom Events • Racing Events • Modification Events • Events Lainnya • Modifikasi.com Photo Contest 2012 • Suara Konsumen apa fungsi avtur Lowongan Kerja Otomotif • Informasi Kehilangan Kendaraan • Tunjukan Karya Terbaikmu • Auto Show & Personal Gallery • Alfa Romeo • Aston Martin • Audi • Bentley • BMW • Cadillac • Chevrolet • Chrysler • Citroen • Daihatsu • Datsun • Dodge • Ferrari • Fiat • Ford • Geely • Holden • Honda • Hummer • Hyundai • Isuzu • Jaguar • Jeep • Kia • Lamborghini • Land Rover • Lexus • Lotus • Maserati • Mazda • McLaren • Mercedes-Benz • Mini • Mitsubishi • Nissan • Opel • Porsche • Peugeot • Renault • Proton • Rolls Royce • Smart • Subaru • Suzuki • Timor • Toyota • VolksWagen • Volvo • Merk Lainnya • Diecast, RC, etc • Tempat Kumpul Modificator • Komunitas & Regional • Auto Club • Mercedes-Benz W204 Community Indonesia • Jabodetabek • Aceh • Bali • Bandung • Batam • Lampung • Malang • Medan • Padang • Pekanbaru • Palembang • Semarang • Surabaya • Yogyakarta • Kalimantan • Sulawesi • Luar Negeri • Lain-Lainnya • Diskusi Umum Modifikasi Otomotif • Diskusi Audio Mobil • Diskusi Head Unit & Processor • Diskusi Speaker • Diskusi Power Amplifier • Diskusi Subwoofer • Diskusi Monitor • Diskusi Crossover • Diskusi Instalasi • Diskusi Reference Song • Diskusi Audio Lainnya • Review Produk Audio Mobil • Tips & Artikel Apa fungsi avtur Mobil • Venom • Diskusi Mesin • Apa fungsi avtur & Artikel Mesin Mobil • Review Produk Mesin Mobil • Otopartid • Simota Racing Sports • Diskusi Knalpot • Tips & Artikel Knalpot Mobil • Review Produk Knalpot Mobil • Diskusi Kaki-Kaki • Tips & Artikel Kaki-Kaki Mobil • Review Produk Kaki-Kaki Mobil • Diskusi Eksterior • Tips & Artikel Eksterior Mobil • Review Produk Eksterior Mobil • Eagle Eyes • Diskusi Interior • Tips & Artikel Interior Mobil • Review Produk Interior Mobil • Diskusi Aksesoris • Tips & Artikel Aksesoris Mobil • Review Produk Aksesoris Mobil • Diskusi Perawatan Mobil (Exterior & Interior) • Tips & Artikel Perawatan Mobil • Review Produk Perawatan Mobil • HD Car Care Indonesia • Scuto Laminating Mobil • Diskusi Otomotif Lain-Lainnya • Tips & Artikel Otomotif Lainnya • Review Produk Otomotif Lainnya • ERA Motor • Bursa Jual Beli • Jual Beli Mobil • Alfa Romeo • Aston Martin • Audi • Bentley • BMW • Cadillac • Chery • Chevrolet • Chrysler • Citroen • Daihatsu • Datsun • Dodge • Ferrari • Fiat • Ford • Foton • Geely • Hino • Holden • Honda • Hummer • Hyundai • Isuzu • Jaguar • Jeep • Kia • Lamborghini • Land Rover • Lexus • Lotus • MAN • Maserati • Mazda • McLaren • Mercedes-Benz • Mini • Mitsubishi • Nissan • Opel • Peugeot • Porsche • Proton • Renault • Rolls Royce • Smart • Subaru • Suzuki • Timor • Toyota • VolksWagen • Volvo • Merk Lainnya • Jual Beli Audio Mobil • Head Unit & Processor • Power Amplifier • Speaker - SubWoofer • Cables & Interconnects • Bursa Audio Lainnya • Jual Beli Mesin • Air Filter & Intake System • ECU, Piggyback, Electronic Parts • Engine & Parts • Gauges • Jasa (Tunning, Service Engine, etc) • Oil & Fluids • Turbo & Parts • Jual Beli Mesin Lainnya • Jual Beli Knalpot • Jual Beli Kaki-kaki • Ban • • 16 Inci • 17 Inci • 18 Inci • 19 Apa fungsi avtur • 20 Inci • >= 21 Inci • Ragam Ukuran • Velg • • 16 Inci • 17 Inci • 18 Inci • 19 Inci • 20 Inci • >= 21 Inci • Ragam Ukuran • Per & Shockbreaker • Bursa Kaki Lainnya • Jual Beli Eksterior • Bodykits & Body Parts • Lamp (Headlamp, Stoplamp, etc) • Jasa (Body Repair, etc) • Bursa Eksterior Lainnya • Jual Beli Interior & Aksesoris • Emblem & Sticker • HID & Bohlam • Jok & Trim • Stir, Shift Knob, Pedals • Window Films • Jual Beli Interior & Aksesoris Lainnya • Jual Beli Perawatan Mobil • Produk Perawatan Mobil • Jasa Perawatan Mobil • Jual Beli Barang Mobil Lain-Lainnya • Diecast, RC, etc (Gunakan http://jualbeli.modifikasi.com) • Chit Chat • Lounge • Automotive • Finance • Gadget • Games • Health • Jokes • Kriminal • LifeStyle • Movie • Music • Politik • Pro Kontra • Properti • ShowBiz • Sports • Technology • Tokoh • Travel • Umbrella Girls • Lain-Lainnya

Mengapa Pesawat Membuang Bahan Bakar Sebelum Mendarat




2022 charcuterie-iller.com