Apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya

KOMPAS.com - Keadaan alam di wilayah Indonesia tengtu ditandai dengan beberapa relief atau topografi. Topografi adalah perbedaan tinggi rendah permukaan bumi. Dalam sebuah peta, perbedaan tinggi rendah permukaan bumi ditandai dengan warna hijau, cokelat kuning, atau biru. Dilansir dari buku Rangkuman Pengetahuan Sosial (2016) karya Rachmat, kenampakan alam Indonesia dibedakan menjadi daratan dan lautan. Berikut contoh kenampakan alam di Indonesia, yaitu: Pegunungan Pegunungan adalah sekumpulan bukit yang membentuk barisan.

Deretan pegunungan itu tak hanya gunung yang besar, melainkan gunung kecil serta bukit-bukit. Baca juga: Manfaat Sumber Daya Alam dalam Bidang Ekonomi Beberapa contoh pegunungan, sebagai berikut: • Pegunungan Bukit Barisan, di sepanjang Pulau Sumatera • Pegunungan Kapur Utara, Pegunungan Serayu, dan Pegunungan Kendeng di Jawa Tengah • Pegunungan Tengger dan Pegunungan Iyang di Jawa Timur • Pegunungan Schwaner dan Pegunungan Muller di perbatasan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah • Pegunungan Verbek di perbatasan Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Selatan • Pegunungan Kobowre d, Pegunungan Vanrees, Pegunungan Gutier, Pegunungan Jayawijaya, apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya Pegunungan Fakak di Papua.

Gunung Gunung merupakan gundukan tanah yang sangat tinggi. Gunung tidak dapat berdiri sendiri, selalu ada rangkaian pegunungan di sekitarnya. Gunung dibedakan menjadi tiga, yaitu gunung berapi, gunung berapi tidak aktif, dan gunung tidak berapi. gunung berapi adalah gunung yang permukaannya memiliki lubang sebagai jalur keluarnya magma dari perut bumi. Beberapa contoh gunung di Indonesia, yaitu: • Gunung Lauser danGunung Kerinci di Pulau Sumatera • Gunung Pangrango, Gunung Ciremai, Gunung Slamet, Gunung Merapi, Gunung Bromo, Gunung Kelud, dan Gunung Mahameru di Pulau Jawa.

• Gunung Agung dan Gunung Batur di Pulau Bali • Gunung Rinjani di Pulua Lombok • Gunung Tambora di Pulau Sumbawa • Gunung Batubrok dan Gunung Menyapa di Pulau Kalimantan • Gunung Batutumpu, Gunung Tinombala, dan Gunung Ganda Dewata di Pulau Sulawesi • Gunung Kwoka dan Gunung Yaramniapuka di Pulau Papua.

Baca juga: Penyesuaian Manusia terhadap Keadaan Alam Dataran tinggi Dataran tinggi adalah daerah yang letaknya di atas 1.000 meter dari permukaan laut. Dataran tinggi merupakan daerah di antara gunung-gunung berbentuk agak datar dan lebih tinggi dari daerah sekitarnya. Beberapa contoh dataran tinggi di Indonesia, sebagai berikut: Jawaban: Kenampakan alam adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam, dan bukan merupakan akibat aktivitas manusia.

Kenampakan alam di darat dapat berupa: dtaran rendah, dataran tinggi, pegunungan, gunung berapi, lembah, sungai atau bukit. Sementara di perairan, kenampakan alam dapat berupa: danau, sungai, rawa, palung, terumbu karang atau atoll. Pembahasan: Fenomena alam dan fitur muka bumi yang kita lihat banyak yang berupa kenampakan alam. Kenampakan ini terbentuk dari fenomena alam, baik aktivitas bumi, air maupun udara.

Contoh kenampakan alam yang terbentuk akibat aktivitas bumi adalah pegunungan, yang terbentuk dari tumbukan lempeng tektonik. Sementara kenampakan alam yang terbentuk dari aktivitas air adalah terbentuknya pasir pantai akibat erosi gelombang laut.

Kenampakan alam mempengaruhi aktivitas manusia. Misalnya wilayah dataran tinggi dan dataran rendah memiliki corak tanaman yang berbeda. Dataran rendah ditanami padi, jagung, dan palawija. Sementara dataran tinggi digunakan untuk perkebunan teh, kopi dan cokelat. Kenampakan alam berbeda dengan kenampakan buatan, yang dibentuk dari aktivitas manusia yang merubah alam. Misalnya, danau adalah kenampakan alam karena terbentuk dari fenomena alam, sementara, waduk adalah kenampakan buatan karena merupakan hasil kegiatan manusia yang membendung aliran air sungai dengan bendungan.

Semikian pula, sungai adalah kenampakan alam, yang terbentuk secara alami, sementara, saluran irigasi adalah kenampakan buatan yang dibuat oleh manusia untuk mengaliri lahan pertanian. Kode: 4.10.2 Kelas: IV Mata pelajaran: IPS Materi: Bab 2 - Kenampakan Alam di Lingkungan Setempat Kata kunci: Kenampakan Alam 17. Perhatikan gambar berikut! Gambar di atas menunjukkan peristiwa perubahan wujud benda yali: a. Mengembun c. Menguap a. Pemanasan b. Pendinginan a.

… Presipitish b. Evaponksi c. Membeku d. Mencair 18. Benda padat dapat berubah menjadi gas jika mengalami. c. Pemuaian d. Penyusutan 19. Air di laut, sungai, dan danau menguap akibat panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut. c. Kondensasi d. Sirkulasi 20. Proses yang membuat air di permukaan bumi selalu tersedia adalah .

a. Pengairan c. Siklus air b. Penguapan d. Pengembunan 21. Pembangkit Listrik Tenaga Air disingkat menjadi a. PALTA C. PALA b. PLTA d. PELTA ​
Alangkah indahnya alam negeri kita Indonesia.

Bagaimanakah kenampakan alam di apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya tempat tinggal kalian? Apakah yang kalian ketahui tentang kenampakan alam?

Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan alam yang dapat kita lihat adalah yang ada di permukaan bumi. Permukaan bumi terdiri atas daratan dan perairan. Di bagian daratan terdapat berbagai macam bentangan alam, antara lain gunung, pegunungan, sungai, danau, dataran rendah, dataran tinggi dan pantai.

Sedangkan bentangan alam di bagian perairan berupa selat, laut dan samudra. Secara umum manfaat kenampakan alam adalah sebagai berikut.

Gunung ada dua macam, yaitu gunung berapi dan gunung tidak berapi atau gunung mati. Gunung berapi terbentuk oleh lapisan material yang keluar dari perut bumi. Gunung berapi yang masih hidup atau aktif gejala yang tampak adalah timbulnya ledakan atau letusan. Kegiatan gunung berapi diawasi oleh Jawatan Geologi.

Jawatan ini memiliki alat pencatat gempa bumi yang disebut seismograf. Beberapa bentuk gunung api, yaitu : gunung api kerucut (strato), gunung api Landai (Maar) dan gunung api Perisai (tameng).

Bentuk ini dipengaruhi oleh letak dapur magma dan sifat magma yang keluar dari perut bumi. Gunung memiliki manfaat bermacam-macam, antara lain: - gunung dapat dijadikan sebagai tempat rekreasi - material letusan gunung api dalam waktu lama dapat menyuburkan tanah, pasirnya dapat untuk bahan bangunan - gunung sebagai pengatur iklim dan penyimpan air - keluarnya magma menyebabkan terangkatnya barang tambang ke muka bumi. Salah satu gunung api di Indonesia yang sering meletus adalah Gunung Merapi di Jawa Tengah.

Contoh Gunung-gunung di Indonesia 1. Gunung Leuser Nangroe Aceh Darussalam 2. Gunung Sibayak Sumatera Utara 3. Gunung Kerinci Sumatera Barat 4. Gunung Tinombala Sulawesi Tengah 5.

Gunung Kaba Bengkulu 6. Gunung Krakatau Jawa Barat 7. Gunung Merapi Jawa Tengah 8. Gunung Semeru Jawa Timur 9. Gunung Beratus Kalimantan Timur 10. Gunung Kinibalu Kalimantan Barat 11. Gunung Tambora Nusa Tenggara Barat 12. Gunung Agung Bali 13. Gunung Mengkoka Sulawesi Tenggara 14.

Gunung Kalimutu Nusa Tenggara Timur 15. Gunung Binaiya Maluku 16. Gunung Kwoka Papua Pegunungan adalah daratan bergunduk-gunduk besar, luas, memanjang dan tinggi. Pegunungan terbentuk oleh gerakan pergeseran kulit bumi.

Gerakan ini adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Pegunungan biasanya memiliki ketinggian 700 meter atau lebih di atas permukaan air laut. Daerah pegunungan udaranya sejuk dan segar.

Sungai adalah aliran air yang mengalir di daratan. Sungai pada bagian awal atau hulu berukuran kecil bermula dari daerah pegunungan. Mengalir ke tempat yang lebih rendah, akhirnya bermuara di laut atau danau. Makin dekat ke arah laut atau danau permukaan sungai makin melebar. Manfaat sungai bagi masyarakat sekitar antara lain: 16. Mamberamo Papua d.

Danau Danau adalah daratan yang cekung dan terisi oleh air. Pada umumnya genangan air danau relatif luas. Berdasarkan cara terbentuknya ada dua macam, yaitu danau buatan dan danau alam. Danau buatan adalah danau yang dibuat oleh manusia dengan cara membendung aliran sungai.

Danau buatan sering disebut waduk. Danau alam adalah danau yang terbentuk oleh peristiwa alam, antara lain karena letusan gunung api, gerakan kulit bumi, dan pelarutan batuan kapur oleh air hujan.

Danau yang berukuran relatif kecil disebut telaga, rawa, atau payapaya. Contoh danau-danau di indonesia 1. Danau Laut Apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya Nangroe Aceh Darussalam 2.

Danau Toba Sumatera Utara 3. Danau Maninjau, Singkarak Sumatera Barat 4. Danau Kerinci Jambi 5. Danau Jembawan Sumatera Selatan 6. Danau Ranau Lampung 7. Waduk atiluhur, Cirata, Saguling Jawa Barat 8. Waduk Gajahmungkur, Cacaban, Sempor Jawa Tengah 9.

Waduk karangkates, Ngebel Jawa Timur 10.Danau Seriang, Luar, Bekuan Kalimantan Barat 11.Danau Sembuluh, Kemambui Kalimantan Tengah 12.Waduk Riamkanan Kalimantan Selatan 13.Danau Jempang, Melintang Kalimantan Timur 14.Danau Moat, Tondano Sulawesi Utara 15.Danau Limboto Gorontalo 16.Danau Tempe, Towuti, Matana Sulawesi Selatan 17.Danau Poso, Lindu Sulawesi Tengah 18.Danau Batur, Bratan, Buyan Bali 19.Danau Segara Anak Nusa Tenggara Barat 20.Danau Kelimutu (Tigawarna) Nusa Tenggara Timur 21.Danau Sentani, Wam, Tigi, Panisi, Amora Papua Dataran rendah adalah daerah yang relatif datar, yang memiliki ketinggian kurang dari 500 meter di atas permukaan laut.

Daerah dataran rendah umumnya terdapat banyak aliran sungai, dan keadaan udaranya panas. Manfaat dataran rendah sebagian besar untuk lahan pertanian tanaman pangan dan perkebunan tebu atau kelapa. Dataran tinggi adalah daerah yang relatif datar, yang memiliki ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Udara di daerah dataran tinggi sejuk dan dingin. Terbentuknya dataran tinggi karena desakan tenaga dari dalam bumi.

Daerah dataran tinggi banyak dimanfaatkan untuk tempat peristirahatan dan lahan perkebunan tanaman industri, misalnya bunga, sayuran, teh, kopi, kina, dan sebagainya. i. Laut Laut adalah genangan air yang sangat luas dan dalam.

Kedalamannya mencapai 1.000 meter atau lebih. Sedangkan kedalaman laut tepi antara 0 meter sampai 200 meter. Air laut rasanya asin karena mengandung garam. Di dalam laut terdapat banyak kehidupan, antara lain tumbuhan laut, kerang, dan berjenis-jenis ikan.

Laut di Indonesia sangat luas, melebihi luas daratannya. Dua per tiga (2/3) wilayah Indonesia berupa laut atau perairan. Laut di Indonesia antara lain Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Flores, Laut Banda, Laut Apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya, Laut Seram, dan sebagainya. Manfaat laut bagi kehidupan manusia sangat banyak, antara lain: - laut merupakan penyumbang terjadinya hujan dan pengatur iklim - air laut diolah menjadi garam, contohnya di Sumenep Madura - dari dalam laut kita memperoleh berjenis-jenis ikan, kerang, dan rumput laut yang dapat diolah menjadi makanan dan obat-obatan, serta - laut juga dimanfaatkan untuk olahraga air, jalur transportasi, dan lain sebagainya.

j. Samudra Samudra adalah perairan yang luasnya melebihi luas laut. Kedalaman samudera lebih dari 1.000 meter. Wilayah Indonesia diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Manfaat dengan luasnya perairan di sekitar kita menyebabkan iklim yang menguntungkan, yaitu tidak terlalu panas pada siang hari dan tidak terlalu dingin pada malam hari.

adalah bagian bumi yang menonjol dengan ketinggian puncaknya di atas 600 meter. Gunung dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu • Gunung berapi merupakan gunung yang masih aktif dan sewaktu-waktu dapat meletus. Contoh: Gunung Merapi. • Gunung tidak berapi merupakan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Contoh: Gunung Muria. Keragaman sosial budaya Indonesia dipengaruhi oleh kondisi fisik di Indonesia. Bentuk pemukaan bumi Indonesia yang tidak rata tersebut akan menmberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia.

Keragaman sosial budaya tersebut menyangkut banyak hal. Seperti pola perilaku, mata pencaharian, adat istiadat dan berbagai bentuk kesenian. Contohnya masyarakat yang tinggal di daerah pantai. Masyarakat petani biasanya akan mengadakan peryaan adat setelah musim panen. Begitu pula dengan cara berpakaian dan kebiasaan masyarakatnya. Semua itu tidak terlepas dengan keadaan alam dan lingkungan setempat.

Pelabuhan merupakan bandar atau tempat berlabuh atau singgahnya kapalkapal, baik kapal barang atau kapal muatan penumpang. Pelabuhan juga sebagai tempat transaksi perdagangan, ekspor impor, dan bea cukai.

Semua kegiatan tersebut menambah devisa negara. Pelabuhan di Indonesia, antara lain Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.
Kenampakan AlamFoto oleh Unsplash Pernahkah kalian penasaran mengapa gunung, laut, dan sejenisnya bisa tercipta? Siapakah yang menciptakan?

Nah… gunung dan laut merupakan beberapa contoh dari kenampakan alam yang tidak ada campur tangan manusia dalam proses pembuatannya. Lho. kok bisa? Hmmm…. coba baca penjelasan di bawah yuk.

Pengertian Kenampakan Alam Kenampakan alam adalah bentukan-bentukan yang terdapat di muka bumi yang terjadi secara alamiah. Terbentuknya kenampakan alam ini disebabkan oleh adanya tenaga endogen serta tenaga eksogen yang ada di permukaan bumi membuat adanya tonjolan dan cekungan yang nantinya mewakili dari penampakan alam yang berbeda satu sama lainnya. Kenampakan alam dibagi menjadi 2 berdasarkan wilayahnya yaitu, kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.

Kenampakan Alam Alami Dataran Rendah, Foto Oleh Unsplash Merupakan kenampakan alam yang berada di wilayah daratan yang memiliki ketinggian antara 0 – 200 meter diatas permukaan laut.

Umumnya daerah ini berada di sekitar pantai. Dataran rendah dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kegiatan pertanian, peternakan, perumahan, membangun industri, perkebunan tebu, perkebunan kelapa dan sebagainya. Dataran Tinggi Dataran Tinggi, Foto oleh Travelink Magazine Merupakan kenampakan alam yang berada di wilayah daratan yang memiliki ketinggian terletak diatas 600 meter dari permukaan laut. Daerah dataran tinggi terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanisme dan tektonisme.

Dataran tinggi di Indonesia, biasa menjadi daerah dengan pemukiman karena tempatnya yang sejuk, tempat menanam berbagai jenis sayuran dan buah – buahan, dan banyak menjadi objek wisata. Contoh dataran tinggi di Indonesia antara lain dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah. Pegunungan Pegunungan, Foto Oleh Unsplash Merupakan kenampakan alam yang berada di suatu wilayah yang memiliki jejeran atau barisan dari gunung – gunung yang terletak pada ketinggian 700 meter diatas permukaan laut.

Pegunungan dapat terbentuk akibat dari aktivitas vulkanisme. Lava yang keluar dari letusan gunung berapi akan menjalar dan membeku membentuk pegunungan. Pada daerah pegunungan biasanya berhawa sejuk dan sering dimanfatakan untuk tempat rekreasi, peristirahatan dan pertanian. Pertanian yang dikembangkan di daerah ini adalah pertanian hortikultura dimana pada pertanian ini mengembangkan jenis tanaman sayur – sayuran dan buah – buahan.

Gunung Baca Juga: Pakaian Adat Jawa Tengah Terdapat dua macam gunung, yaitu Gunung Berapi apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya menghasilkan baran tambang seperti batu, pasir, belerang, dan sumber air panas yang dapat dijadikan pemandian dan Gunung Yang Tidak Berapi yang biasanya dimanfaatkan untuk kegiatan perkebunan, kehutanan, suaka margasatwa dan tempat rekreasi.

Tanjung atau Semenanjung Lembah Baliem, Foto oleh EGINDO co Merupakan kenampakan alam yang berada di wilayah daratan yang sangat rendah dan cekung yang terdapat di kaki gunung atau tepi sungai. Contohnya wilayah Lembah Baliem yang terletak di Papua. Pada kenampakan alam wilayah perairan terdapat beberapa contoh kenampakan seperti : Sungai Di wilayah Indonesia, terdapat banyak sungai yang dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat merawat ikan dan dipakai untuk irigasi membasahi sawah.

Di samping itu, sebagai sarana transportasi yang menghubungkan antar daerah, sumber tenaga listrik, perikanan, olahraga, dan rekreasi serta dipakai untuk pengangkutan kayu hasil penebangan dan pasar terapung. Contoh sungai besar yang ada di Indonesia yaitu sungai musi, sungai barito, sungai bengawan solo, dan sungai brantas. Danau Danau, Foto oleh Unsplash Danau adalah kenampakan alam yang berada di permukaan bumi berupa cekungan di darat yang paling luas dan digenangi oleh air yang dikelilingi oleh daratan.

Danau terbentuk dari adanya pergeseran muka bumi yang disebut dengan telaga tektonik dan letusan gunung berapi yang disebut dengan telaga vulkanik. Laut menjadi tempat hidup bagi beberapa biota laut seperti ikan, terumbu karang, dan lainnya. Laut-laut di Indonesia banyak yang dijadikan sebagai jalur transportasi.

Namun beberapa diantaranya juga dijadikan sebagai tempat wisata, olahraga air, pertambangan bahkan dimanfaatkan untuk pembuatan garam. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa laut, seperti laut Banda, Apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya Jawa, dan Laut Arafuru. SelatFoto oleh alamendah Selat adalah kenampakan alam yang berada di wilayah laut sempit yang menghubungkan dua pulau atau lebih yang berdekatan.

Rata – rata kedalaman selat mencapai 200 – 100 meter. Selat biasanya dijadikan sebagai jalur transportasi antar pulau yang menggunakan kapal besar seperti Feri. Contoh dari selat yang ada di wilayah Indonesia adalah selat Sunda yang berada diantara pulau jawa dan pulau sumatera, selat bali yang berada diantara pulau jawa dan pulau bali. Teluk TelukFoto oleh Indozone Merupakan kenampakan alam yang berada di wilayah laut yang pantainya melengkung hampir mengitari perairan laut di sekitarnya.

Pada daerah ini biasanya dibangun pelabuhan. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa teluk seperti, Teluk Bayur, Teluk Labuan Bajo, Teluk Pelabuhan Ratu Dan Teluk Banyu Biru dll. Kenampakan Buatan Kenampakan buatan adalah kenampakan yang terbentuk akibat dari perbuatan manusia.

Biasanya disebut dengan kenampakan produksi. Kenampakan ini dibagi menjadi dua yaitu kenampakan buatan yang terlihat seperti kenampakan alam dan kenampakan buatan yang tidak terlihat seperti kenampakan alam.

Adanya kenampakan buatan ini bertujuan untuk lokasi konservasi untuk hewan dan tanaman yang diambang kepunahan di habitat aslinya. Kenampakan buatan dibuat untuk kepentingan manusia. Kenampakan buatan ini seringkali menjadi lokasi hidup dan kegiatan bagi manusia. Kenampakan buatan produksi di Indonesia ialah waduk, kebun binatang, pelabuhan, dan pemukiman penduduk. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya. Waduk WadukFoto oleh ngalam co Merupakan danau buatan yang dilakukan dengan membendung air sungai.

Pembuatan waduk memang ditujukan sebagai tempat penampungan air dalam ukuran yang cukup besar. Fungsi waduk disini memang dijadikan sebagai penyedia air bagi masyarakat sekitarnya. Waduk juga digunakan untuk mengairi sawah sawah di sekitarnya. Banyak sekali waduk waduk yang ada di Indonesia, contohnya seperti Bendungan Sutami, Waduk Jatiluhur, Waduk Gajah Mungkur, dan masih banyak lainnya. Pelabuhan Pelabuhan, Foto oleh Unsplash Merupakan kenampakan buatan yang terletak di tepi pantai yang kedalamannya cukup untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersandarnya kapal-kapal.

Ini dikarenakan kapal besar akan susah bersandar jika tepian pantai tidak dalam. Pelabuhan dibangun manusia agar memudahkan transportasi antara satu pulau dengan yang lainnya. Seperti yang anda ketahui sendiri jika Indonesia merupakan negara dengan banyaknya pulau dari Sabang sampai Merauke.

Contoh pelabuhan yang ada di Indonesia antara lain adalah Pelabuhan Merak, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Tanjung Tembaga dan masih banyak lainnya. Pemukiman Penduduk Baca Juga: Pengertian Ekspor dan Impor Di indonesia sendiri, kawasan pemukiman bagi penduduk sudah banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama bagi daerah perkotaan. Kebun Binatang Merupakan salah satu kenampakan buatan yang dibuat seperti alam. Digunakan sebagai habitat serta tempat konservasi bagi hewan.

Hewan- hewan yang ada di kebun binatang, tidak hanya untuk hewan yang terancam punah, tapi juga untuk hewan- hewan yang yang dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat. Kebun binatang dibagi menjadi 2, yaitu taman safari dan kebun binatang konvensional. Taman safari adalah kebun binatang dimana binatang di dalamnya di biarkan bebas, tanpa kandang yang sempit.

Taman safari lebih baik daripada kebun binatang, karena binatang di dalamnya menjadi lebih bebas. Hanya saja, untuk taman safari membutuhkan tanah yang sangat luas.

Sedangkan kebun binatang konvensional adalah kebun binatang biasa, dengan banyak kandang di dalamnya. Hampir di setiap kota di Indonesia memiliki kebun binatang, akan tetapi hanya ada 2 taman safari di Indonesia, yaitu taman safari cisarua dan taman safari prigen. Bandar Udara Bandara, Foto oleh Merdeka com Bandar udara merupakan kenampakan buatan yang dibangun untuk menjadi tempat mendarat dan landasnya pesawat terbang. Terdapat dua jenis bandar udara, yaitu untuk domestik apa yang dimaksud dengan kenampakan alam sebutkan contohnya internasional.

Contoh bandar udara yang ada di Indonesia antara lain adalah Soekarno Hatta (Jakarta), Adi Sucipto (Yogyakarta), Juanda (Surabaya), dan masih banyak lainnya. Kawasan Industri IndustriFoto oleh Arsitag kenampakan buatan kawasan Industri merupakan kawasan yang mana terdapat banyak pabrik pabrik di dalamnya.

Pabrik pabrik ini biasanya memproduksi barang barang kebutuhan masyarakat. Dengan adanya kawasan industri ini, tentunya menyebabkan meningkatnya lowongan pekerjaan yang akhirnya menyebabkan berkurangnya angka pengangguran serta meningkatkan pendapatan.

Namun kawasan industri juga memiliki kerugian tersendiri yaitu sering terjadinya polusi serta banyak beralihnya fungsi lahan-lahan. Saluran air Saluran airFoto Oleh Europeanwaterways com Saluran air adalah kenampakan buatan berupa sungai buatan untuk mengurangi luapan air sungai agar tidak terjadi banjir pada musim hujan.

Sehingga penting bagi masyarakat setempat untuk menjaga kondisi dari saluran air agar tetap bersih dan tidak tersumbat dengan kotoran. Untuk itu penting agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air.

Jalanan Jalan ,Foto oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Merupakan kenampakan buatan yang digunakan sebagai penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya yang memiliki rute tertentu. Ada beberapa jenis jalanan yang ada di Indonesia.

Jalan yang berlokasi di pegunungan biasanya dibuat berkelok kelok karena menyesuaikan dengan kemiringan tanah. Jalanan yang berada di dataran rendah biasanya lebih lurus dan bermacam macam, seperti jalan kampung, jalan setapak, jalan raya, dan masih banyak lainnya.

Di wilayah Indonesia terdapat jalan protokol yang biasanya diberi nama sesuai dengan pahlawan di Indonesia, misalnya saja Jalan Jenderal Sudirman, Jalan M.H Thamrin, Jalan A.

Yani, dan masih banyak lainnya. Jika didasarkan pada pengelolaannya, jalanan dibagi menjadi beberapa yaitu jalan provinsi, jalan negara, jalan kabupaten, serta jalan desa. Perkebunan Perkebunan, Foto oleh Republika id Perkebunan merupakan wilayah yang dibuka untuk kepentingan produksi hasil tanaman. Misalnya perkebunan karet, perkebunan kopi, perkebunan kelapa sawit, dan perkebunan teh. Bagaimana teman-teman? Sudah lengkap bukan contoh dari kenampakan alam dan kenampakan buatan yang Studio Literasi jabarkan di atas?

Semoga bermanfaat ya! Cheers!
Kenampakan alam (bentang alam) adalah segala sesuatu yang ada di alam dan terbentuk oleh peristiwa alam. Kenampakan alam yang dapat kita lihat adalah yang ada dipermukaan bumi.

Permukaan bumi terdiri atas daratan dan perairan. Contoh : Gunung, pegunungan, danau, lautan, daratan, pantai, lembah, tanjung, teluk, bukit, sungai, padang pasir, padang rumput, hutan, dll.

Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia Kelas 5




2022 charcuterie-iller.com