Mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola

Table of Contents • Cara bermain bola kasti • 1. Teknik melempar bola • 2.

Teknik menangkap bola • 3. Memukul bola • Aturan bola kasti • Tujuan bermain bola kasti • Video yang berhubungan Ilustrasi bermain kasti. (Foto: Dok. BPNB Maluku) Bola.com, Jakarta - Permainan bola kasti adalah satu di antara jenis permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu. Olahraga ini mirip dengan sofbol dan bisbol, tetapi permainan kasti memiliki perbedaan mendasar, mulai teknik hingga peraturan. Kasti merupakan permainan yang mengutamakan kerja sama antarpemain, kekompakan, ketangkasan serta kesenangan.

Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga. Masing-masing regu dalam permainan bola kasti terdiri dari 12 orang, satu di antara dari pemain ada yang bertindak sebagai kapten. Setiap pemain diharuskan mengenakan nomor dada dari 1 sampai 12.

Permainan bola kasti biasa dimainkan di lapangan terbuka. Permainan ini bagus untuk melatih kedisiplinan diri serta memupuk kebersamaan dan solidaritas antarteman. Untuk bisa bermain kasti dengan baik dan benar, kita dituntut untuk mempunyai beberapa keterampilan seperti memukul, menangkap, melempar bola, dan berlari. Berikut ini rangkuman tentang tujuan permainan bola kasti, sarana prasarana, cara bermain, dan peraturannya, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Jumat (8/10/2021).

Berita Video Bikin Gemes,Ratusan Boneka KarakterJadi Penonton di Liga Baseball Korea Selatan Tujuan bermain kasti bagi pendidikan jasmani antara lain: 1. Melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa kita. 2. Dapat mengembangkan berbagai macam fungsi tubuh. 3. Meningkatkan sikap sportivitas antarpemain atau teman. 4. Meningkatkan pengetahuan peraturan permainan. 5. Mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas yang terorganisasi.

6. Dapat menjalin hubungan persahabatan dan kerja sama yang baik 7. Belajar berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain. 8. Memberikan saluran untuk mengekspresikan diri dan kreativitas. 9. Mengembangkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik yang terlibat dalam aktivitas suatu permainan. 10. Mendapatkan olahraga yang murah meriah. 1. Lapangan permainan bola kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran: • Panjang sekitar 60 sampai 70 meter • Lebar 30 meter • Ruang bebas ada 1 • Ruang pertolongan ada 1 • Ruang hinggap ada 2 2.

Peralatan Permainan Kasti Pemukul: • Terbuat dari kayu yang berbentuk stik pemukul • Panjang ± 50-60 cm • Penampangnya berbentuk bulat telur (oval) dengan ukuran lebar 5 cm dengan tebal 3,5 cm. • Serta panjang pegangan 15-20 cm Bola Kasti • Terbuat dari karet yang diselimuti dengan benang • Ukuran keliling bola 19-20 cm • Berat 30-70 gram atau 70-80 gr • Diameternya 20 cm 3.

Bendera kecil/keset. Bila memakai bendera, persiapannya adalah ada pada setiap sudut lapangan dengan ada tanda tengah lapangan. 4. Tiang hinggap. Untuk tiang hinggap sendiri perlu terdiri dari tiang yang sudah dipasang bendera, lalu menanamkannya supaya ketika permainan berlangsung tak akan mudah tergeser atau tercabut, khususnya saat pelari memegangnya.

1. Setelah berhasil menguasai beberapa teknik dasar permainan bola kasti dan mampu memahami peraturan-peraturan permainannya, selanjutnya adalah mencoba mempraktikkan bagaimana cara bermain bola kasti dengan benar. Di dalam bermain kasti dibutuhkan kerja sama tim serta rasa tanggung jawab antara individu. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah sikap untuk selalu menjunjung tinggi sportivitas. 2. Sebelum memulai permainan bola kasti, sebaiknya menentukan terlebih dahulu dua regu yang akan saling bertanding.

Setiap regu berjumlah 12 pemain. Bagi siswa yang belum mendapat giliran bermain, sebaiknya melihat dari sisi lapangan sambil mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian yang ada di lapangan. 1. Jumlah Pemain Pemain pada permainan kasti dalam tiap regu terdiri dari 12 orang, salah seorang pemain ada yang bertindak sebagai kapten. Setiap pemain diharuskan mengenakan nomor dada dari 1 sampai 12. 2. Waktu Permainan Waktu permainan bola kasti dibagi menjadi 2 babak.

Setiap babak diberi waktu 20 – 30 menit. Di antara babak diberikan istirahat sekitar 15 menit 3. Wasit. Pertandingan bola kasti dipimpin oleh seorang wasit yang dibantu dengan tiga orang penjaga garis dan satu orang pencatat waktu 4. Regu Pemukul • Setiap pemain diberikan hak untuk memukul satu kali, kecuali pemain yang terakhir berhak melakukan pukulan sampai tiga kali. • Setelah memukul, alat yang digunakan untuk memukul harus diletakkan dalam ruang pemukul. Jika alat pemukul tersebut diletakkan di luar, pemain tersebut tidak akan mendapat nilai, kecuali jika pemain segera meletakkannya kembali ke dalam ruang pemukul.

• Pukulan akan dinyatakan benar jika bola yang dipukul dapat melampaui garis pukul, tidak jatuh pada ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul. 5. Regu Penjaga Regu penjaga mempunyai tugas, di antaranya sebagai berikut: • Mematikan permainan lawan dengan cara melemparkan bola ke arah pemukul atau menangkap langsung bola kasti yang dipukul oleh regu pemukul.

• Membakar ruang bebas, yaitu membakar dengan cara menempati ruang bebas tersebut jika kosong. 6. Pelambung Pelambung mempunyai tugas, di antaranya sebagai berikut: • Melambungkan bola sesuai apa yang diminta oleh pemukul.

• Jika bola yang yang sudah dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai apa yang minta oleh pemukul, pemukul bisa untuk tidak memukulnya. • Jika hal ini terjadi sebanyak tiga kali secara berturut-turut, pemukul harus berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.

7. Pergantian Tempat Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila: • Salah seorang pemain dalam regu pemukul terkena lemparan bola. mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola Bola pukulan dari regu pemukul ditangkap langsung oleh regu lawan sebanyak tiga kali secara berturut-turut.

• Alat pemukul lepas ketika melakukan pukulan. 8. Bola dinyatakan mati apabila: • Bola masih dipegang pelambung yang berdiri pada tempatnya. • Pukulan salah atau tidak kena. • Bola hilang dan dicari tidak ketemu. • Terjadi pergantian tempat atau pemain. 9. Cara Mendapatkan Nilai • Pemain yang telah berhasil memukul bola, kemudian berlari ke pemberhentian I, II, III, dan juga ruang bebas secara bertahap, akan mendapat nilai satu.

• Pemain yang telah berhasil berlari melewati tiang-tiang pemberhentian serta kembali lagi ke ruang bebas atas pukulan yang dilakukannya sendiri, maka akan mendapat nilai dua.

• Regu penjaga berhasil menangkap langsung bola lambung yang telah dipukul oleh regu pemukul, akan mendapat nilai satu. • Regu yang berhasil mendapatkan nilai terbanyak dinyatakan sebagai pemenangnya Sumber: Kemdikbud 17 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022 Permainan ini cukup sering dimainkan oleh anak-anak zaman dulu di lapangan sekitar kampung mereka.

Hanya saja permainan bola kasti di kampung kerap kali tidak mengikuti cara bermain bola kasti yang benar. Mungkin ini juga disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka akan hal ini atau mungkin mereka lebih senang dengan aturan yang mereka buat sendiri. Terlepas dari itu semua, pemain bola kasti tetaplah menjadi salah satu permainan olahraga yang digemari masyarakat Indonesia hingga saat ini. Sekilas permainan bola kasti Nampak mirip dengan permainan baseball yang banyak terdapat di negara bagian Amerika, yaitu permainan yang dimainkan secara berkelompok yang terdiri dair satu kelompok penjaga dan satu kelompok pemukul.

Baca juga 6 Peraturan Bulu Tangkis Untuk Semua Pemain Hanya saja, pemain bola kasti tidak memiliki pakaian khusus seperti layaknya pemain baseball. Tidak ada helm ataupun sarung penangkap bola yang digunakan selama permainan berlangsung. Hanya tangan kosong dan bahkan tanpa alas kaki dan helm pengaman. Alat-alat yang umum digunakan dalam permainan kasti adalah bola kecil berwarna hijau dan pemukul yang biasanya terbuat dari kayu sepanjang 50-60 cm.

Ukuran bola kasti juga sedikit lebih kecil daripada bola baseball dengan warna hijau yang menjadi ciri khasnya. Lalu, bagaimana cara bermain bola kasti yang benar? Apa aturan-aturan yang perlu ditaati oleh setiap pemain? Berikut ini ulasan selengkapnya. Cara bermain bola kasti Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara bermain bola kasti, sebaiknya kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai teknik-teknik dasar dalam permainan ini agar kamu bisa melakukan permainan dengan lebih mudah.

Adapun teknik-teknik dasar permainan kasti yang umum digunakan di sekolah adalah: 1. Teknik melempar bola Teknik pertama yang harus kamu pelajari sebelum bermain adalah teknik memukul bola. Secara umum, terdapat 3 jenis cara melempar bola yang digunakan dalam permainan kasti, yaitu lemparan bole ke bawah, lemparan bola ke atas dan lemparan bola ke samping.

Masing-masing jenis lemparan akan menghasilkan lambungan bola yang berbeda ketika mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola ke pemukul.

Teknik ini harus kamu pelajari dengan benar untuk menghasilkan pukulan yang maksimal oleh teman satu kelompokmu. 2.

Teknik menangkap bola Teknik selanjutnya yang tidak kalah penting untuk kamu pelajari adalah teknik menangkap bola. Ini ditujukan untuk regu atau kelompok penjaga. Cara menangkap bola yang baik dan benar akan selalu bergantung kepada posisi badan dan tangan saat menangkapnya. Usahakan kamu dalam posisi yang siap ketika bolah hendak dilemparkan oleh regu pelempar dan tetap fokus kepada si pemukul agar kamu bisa melihat dengan baik kemana arah bola tersebut dan bagaimana cara datangnya.

Apakah bola melambung tinggi, mendatar, melengkung atau justru menggelinding di tanah.

Baca juga Macam-macam Olahraga di Rumah yang Murah, Mudah, dan Efektif 3. Memukul bola Teknik utama yang harus kamu pahami dari permainan kasti adalah teknik memukul bola. Cara memukul bola yang baik dan benar adalah dengan pukulan dari bawah, pukulan mendatar, dan pukulan dari atas.

Ini harus disesuaikan dengan bagaiman bola dilemparkan. Nah, setelah mengetahui teknik-teknik dasarnya barulah kita membahas tentang cara bermain bola kasti yang benar. Yang perlu kamu catat adalah bahwa permainan ini akan berlangsung sebanyak dua babak dengan durasi masing-masing babak sekitar 20 sampai 30 menit.

Waktu istirahat dapat ditentukan selama 15 menit. Berikut adalah cara bermain bola kasti selengkapnya: • Pertama, kamu perlu membagi tim ke dalam dua kelompok terlebih dahulu.

Masing-masing kelompok beranggotakan 12 orang pemain. • Tim pertama akan menjadi tim pemukul sedangkan yang lainnya adalah tim penjaga.

• Kemudian masing-masing tim akan mengambil posisi permainan di tempatnya masing-masing. • Dalam tim pemukul, salah seorang anggota akan menjadi pelempar. Bola akan dilemparkan ke arah pemukul sesuai instruksi dari wasit permainan. Setelah bola dipukul, pemain harus berlari ke tempat pemberhentian yang aman hingga ke tempat semula tanpa terkena lemparan bola dari regu pelempar.

• Sedangkan regu penjaga harus berhasil menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul dan berusaha sekeras mungkin untuk melempar regu pemukul dan mematikannya dengan cara melempar bola hingga mengenai tubuh regu pemukul tadi.

• Tim dengan skor tertinggi akan menjadi pemenang permainan ini. Skor dihitung ketika salah satu regu berhasil menyelesaikan permainan. Aturan bola kasti Jika tadi kita membahas tentang cara mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola bola kasti, maka sekarang kita harus memahami aturan-aturan dalam permainan ini. Berikut adalah aturan-aturan permainan bola kasti yang berhasil dirangkum oleh kredit pintar dari berbagai sumber: • Dalam permainan kasti ini akan dibuat tiga tiang hingga dengan jarak yang disesuaikan.

Tidak terlalu jauh tapi tidak terlalu dekat juga. • Pergantian posisi jaga terjadi jika regu penjaga berhasil mematikan regu pelempar dengan cara mengenai badan lawan atau berhasil menangkap lemparan tiga kali berturut-turut selama menjadi penjaga.

• Apabila pemain di dalam regu pemukul telah habis dan terjadi pelanggaran, maka akan dilakukan pergantian jaga. • Tim penjaga bisa mendapatkan poin apabila berhasil menangkap bola dan mematikan tim lawan. Tujuan bermain bola kasti Sebenarnya apa tujuan dari permainan ini?

Mengapa permainan kasti jarang ada di pertandingan nasional maupun internasional? Berikut adalah tujuan selengkapnya! • Dengan bermain bola kasti berarti kita telah ikut serta dalam melestarikan budaya olahraga tradisional bangsa kita. Ya, kasti merupakan olahraga permainan tradisional sehingga jarang dilibatkan dalam pertandingan nasional apalagi internasional.

• Dengan bermain kasti kamu bisa memaksimalkan gerak dan aktivitas seluruh anggota tubuhmu. Kamu pun akan menjadi jauh lebih sehat dan bugar setiap harinya. • Permainan ini dapat melatih tingkat sportivitasmu ketika bermain dalam permainan beregu.

• Kasti adalah permainan tradisional yang mungkin tidak semua orang tahu cara bermainnya. Dengan bermain kasti secara langsung, kamu dapat mengenal cara bermain bola kasti lebih jauh. • Permainan ini bisa meningkatkan kemampuanmu dalam menyusun strategi dan teknik untuk dapat mengalahkan lawan.

Dimana hal ini nantinya juga akan bermanfaat bagimu ketika berada diluar. • Bisa membangun hubungan yang dengan sesame tim yang mungkin dulunya kamu tidak saling kenal. • Belajar tentang bagaimana cara berkomunikasi dalam tim yang baik • Dalam permainan ini kamu juga dapat menyalurkan kreativitas dan ide yang ada di kepalamu.

• Mendapatkan olahraga yang murah, mudah dan sangat menyenangkan. Apalagi jika dimainkan bersama teman-teman sekampung.

Itulah beberapa hal seputar cara bermain bola kasti, teknik-teknik dasar yang harus dikuasai dan aturan-aturan yang harus ditaati oleh setiap pemain. Baca juga Berikut Peraturan Bola Basket Yang Perlu Kamu Tahu Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

KOMPAS.com - Permainan kasti sangat membutuhkan ketangkasan, kecepatan serta manajemen waktu yang baik. Permainan kasti juga membutuhkan penguasaan teknik yang benar. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan kasti merupakan olahraga beregu yang membutuhkan bola kecil serta pemukul sebagai peralatannya. Baseball dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan sembilan orang. Semua anggota memiliki peran dan tugasnya masing-masing. Tidak hanya itu, pemain kasti juga harus menguasai berbagai teknik agar bisa memenangkan pertandingan.

Salah satu teknik yang wajib dipelajari adalah teknik menangkap bola. Teknik tersebut merupakan bentuk pertahanan dalam permainan kasti. Baca juga: Taktik dan Strategi dalam Permainan Tenis Meja Bagaimana cara melakukan teknik menangkap bola? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): Perlu diperhatikan jika teknik menangkap bola sudah seharusnya disesuaikan dengan arah datangnya bola. Sama seperti teknik melempar bola, teknik menangkap bola juga dibagi menjadi teknik menangkap bola melambung, teknik menangkap bola mendatar, serta teknik menangkap bola menyusur tanah.

• Teknik menangkap bola melambung Teknik ini digunakan jika akan menangkap bola yang dilempar dengan teknik melempar bola melambung. Baca juga: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Berikut langkah-langkah melakukan mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola menangkap bola melambung: • Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus melihat ke arah datangnya bola.

• Kaki kanan posisinya berada di depan kaki kiri. • Tekuk kedua siku dan posisikan kedua tangan sejajar. Tangan harus dalam kondisi rileks serta seluruh jari tangan diregangkan. • Bola ditangkap dengan kedua tangan. • Teknik menangkap bola mendatar Teknik ini digunakan jika akan menangkap bola yang dilempar dengan teknik melempar bola mendatar. Berikut langkah-langkah melakukan teknik menangkap bola mendatar: • Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus melihat ke arah datangnya bola.

• Kaki kanan posisinya berada di depan kaki kiri. • Tekuk kedua siku dan posisikan kedua tangan sejajar di depan dada. Tangan harus dalam kondisi rileks serta seluruh jari tangan diregangkan. • Bola ditangkap dengan kedua tangan. Baca juga: Tenis Lapangan: Pengertian dan Sejarahnya • Teknik menangkap bola menyusur tanah Teknik ini digunakan jika akan menangkap bola yang dilempar dengan teknik melempar bola menyusur tanah.

Berikut langkah-langkah melakukan teknik menangkap bola menyusur tanah: • Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus melihat ke arah datangnya bola. • Kaki kiri posisinya berada di depan kaki kanan. • Tubuh dalam posisi jongkok dengan kaki kiri berada di depan kaki kanan. Kedua lutut ditekuk. Namun, posisi lutut kaki kiri berada di depan dada, sedangkan lutut kaki kanan menyentuh tanah. • Kedua tangan diposisikan sejajar di depan kaki dan tangkaplah bola.

Seluruh jari tangan harus diregangkan dan tangan dalam kondisi rileks.
Menendang bola atau kicking terdiri dari tiga teknik utama yang perlu dikuasai pemain. Dengan kata lain setiap pihak harus melakukan permainan sesuai dengan aturan baik itu para pemain maupun wasit.

Tugas Kiper Penjaga Gawang Dalam Sepak Bola Sepak bola merupakan permainan yang mengandalkan kekuatan fisik dan kerja sama pemain. Yang tidak termasuk teknik penjaga gawang dalam permainan sepak bola adalah. Ketiga menendang dengan punggung kaki. Meningkatkan Kebugaran dan Kesehatan Tubuh. Berdiri dan fokus arah bola. Teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah teknik juggling bola.

Penjaga gawang BR ID SG penjaga gol MS SG atau kiper ID – Bahasa Inggeris.

Gambar lapangan sepak bola. Pemain bisa menendang bola dengan memakai punggung kaki bagian dalam. Man to man marking b. Goalkeeper keeper atau goalie dalam.

Kipper sebagai jawaban yang benar. Kedua menendang dengan kaki bagian dalam. Teknik ini dapat kamu lakukan untuk menunjukan kelihaian kamu dalam bermain bola. Sepak bola adalah olahraga yang paling populer di seluruh dunia dan diminati oleh semua kelompok usia khususnya kaum pria.

Menendang adalah gerakan dominan dalam sepak bola. Itu tidak akan membahayakan pemain. Menendang bola memakai ujung sepatu juga diperbolehkan. Tendang bagian tengah bola menggunakan kaki bagian tengah luar. Permainan sepak bola dilakukan oleh dua tim yang terdiri atas 11 pemain dan termasuk penjaga gawang. Dilansir dari Encyclopedia Britannica Dalam permainan sepak bola pemain yang bertugas mengamankan daerah gawang agar bola tidak masuk ke gawang disebut kipper.

Bahkan pada hari-hari awal sepak bola terorganisir ketika sistem masih terbatas atau tidak ada sama sekali dimana gagasan utamanya. Dalam permainan apapun seharusnya dilakukan secara jujur dan adil termasuk sepak bola. Asosiasi sepak bola seperti banyak cabang olahraga lainnya telah mengalami banyak perubahan taktik sehingga menghasilkan generasi dan eliminasi dari berbagai posisi yang berbeda.

Posisi pemain yang bertugas sebagai pengatur serangan dalam sepak bola disebut 21.

Pengertian sepak bola menurut Soekatamsi 19943 adalah suatu permainan beregu yang diperlombakan dimana masing-masing regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang. Selain tiga teknik tersebut ada juga teknik lain yang bisa dilakukan oleh pemain.

Goalkeeper keeper atau goalie dalam bola sepak mengambil kedudukan yang mewakili garis akhir pertahanan antara serangan lawan dan gol pasukannya di hadapan gawang BR ID SG penjaga gol MS SG atau kiper ID – Bahasa Inggeris. Pembagiannya sendiri bisa berubah-ubah karena tergantung dari taktik setiap tim. Teknik Juggling Bola Sumber Gambar. Permainan Sepak Bola Pengertian Sejarah Teknik jelaskan 4 teknik penjaga gawang dalam permainan sepak bola Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Dalam melakukan olah raga ini setiap pemain harus mengerti dan bisa melakukan beberapa teknik dasar sepak bola Dalam satu tim sepak bola terdapat 11 pemain dimana masing masing pemain memiliki posisi yang berbeda yaitu 1 penjaga gawang.

Teknik ini juga bisa melatih untuk mengontrol bola bahkan mempermainkan dan. Muhajir Pengertian sepak bola menurut Muhajir 200722 adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola dimana tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan bertahan.

Kipper lebih masuk akal jika dibandingkan dengan jawaban yang lainnya. Bersangkutan ini merupakan pola pertahanan sepak bola a. Kiper adalah satu-satunya posisi yang pasti sudah ada sejak kodifikasi olahraga.

Terdapat beberapa alasan mengapa saya memilih jawaban B. Menentukan target atau teman yang akan diberi umpan. Posisi pemain pun terbagi menjadi penyerang gelandang dan bek. Setiap tim terdiri dari 11 pemain dan beberapa pemain cadangan. Permainan sepak bola dilakukan secara dua tim yang terdiri mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola 11 pemain dan termasuk penjaga gawang.

Pemain lain juga diperbolehkan memakainya tetapi ketika berada di. Dua tim bermain sepak bola. Sarung tangan hanya boleh dipakai kiper penjaga gawang untuk mempermudah dalam menangkap bola dan melindungi tangan dari tendangan bola yang keras. Pertama menendang dengan kaki bagian luar. Kaos kaki dalam pertandingan resmi sepak bola warna kaos kaki harus sama.

Yang tidak termasuk teknik dengan bola pada pola penyerangan dalam permainan sepak bola adalah. Posisi pemain pun terbagi menjadi penyerang gelandang dan bek.

Olahraga satu ini memacu adrenalin serta mengasah skill para pemainnya. Pembagiannya sendiri bisa berubah-ubah karena tergantung dari taktik setiap tim. Permainan ini menggunakan bola kulit.

Aktivitas bergerak dan berlari dalam permainan ini akan meningkatkan kebugaran dan. Teknik Dasar Permainan Sepak Bola Menendang Bola. Formasi dalam permainan sepak bola dapat. Permainan sepak bola adalah permainan dalam bentuk regu setiap regu berisi 11 orang dengan 1 orang sebagai penjaga gawang dan memiliki beberapa pemain cadangan.

Sementara menendang adalah gerakan yang paling populer dalam sepak bola ada banyak teknik lain yang harus diperhatikan. Teknik ini merupakan passing yang kerap dipakai oleh penjaga gawang dan untuk menendang bola biasanya dilakukan oleh kipe teknik ini juga merupakan teknik menendang bola atau shooting.

Kaos kaki juga bertujuan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cidera. Kamu perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan selain itu kamu juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat. Inspiration 13 Cara Menjaga Gawang Dalam Permainan Sepak Bola Paling Dicari Variasi Menembak Bola Ke Gawang Dalam Permainan Sepak Bola Halaman All Kompas Com Syarat Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Penjaga Gawang Kiper Hebat Lengkap Dengan Teknik Permainan Yang Harus Dikuasai Bumi Olahraga Syarat Yang Harus Dimiliki Untuk Menjadi Penjaga Gawang Kiper Hebat Lengkap Dengan Teknik Permainan Yang Harus Dikuasai Bumi Olahraga 10 Pelanggaran Yang Wajib Kamu Hindari Dalam Permainan Sepak Bola Merdeka Com Penjaga Gawang Sepak Bola Wikiwand Kunci Jawaban Soal Latihan Uas Pas Pjok Kelas 11 Semester Ganjil 2020 Soal Pilihan Ganda Halaman All Tribun Pontianak 5 Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Bagi Kiper Kumparan Com Teknik Dasar Penjaga Gawang Sepak Bola Wbartmuseum Com Kategori wallpaper Tag gawang, penjaga, permainan, termasuk Navigasi Tulisan Recent Posts • Cara Menghilangkan Batuk Kering Dengan Cepat • Apakah Penyakit Herpes Boleh Kena Air • Susu Appeton Weight Gain Untuk Orang Dewasa • Masker Alami Untuk Rambut Kering Dan Mengembang • Biaya Pembuatan Siup Tdp Dan Ho • Cara Edit Alamat Di Google Map • Cara Beli Pulsa Listrik Lewat Klikbca • Susunan Acara Perpisahan Kelas 9 Dalam Bahasa Inggris • Cara Mencari Hp Android Yang Hilang Dalam Keadaan Mati • Pinjaman Uang Daerah Bekasi Tanpa Jaminan • Cara Membuat Lensa Kamera Hp Sendiri Merdeka.com - Di Indonesia, permainan softball saat ini mulai sedikit populer.

Namun siapa sangka, ternyata permainan ini awalnya hanya cadangan dari permainan baseball saja. Pencipta permainan ini adalah seorang laki-laki bernama George Hancock yang berasal dari Amerika. Sama seperti permainan olahraga lainnya, permainan softball juga memiliki strateginya sendiri.

Lalu, apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk bisa menangkap bola? Setiap pemain softball harus punya keahlian untuk menangkap bola, mulai dari menangkap bola melambung, tangkapan bola lurus, sampai tangkapan bola menggelinding. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan penjaga ketika menangkap bola: • Penjaga harus tahu kemana gerakan yang akan dilakukan dari si pemukul bola. • Penjaga harus bisa segera menempatkan diri ke arah bola bergerak.

Artinya, penjaga harus jeli melihat bola. • Penjaga harus bisa mengoper bola ke teman yang akan mematikan pelari dengan cepat. Selain 3 poin diatas, penangkap bola juga harus menguasai teknik yang tepat untuk bisa menangkap bola. Beberapa caranya adalah: BACA JUGA: Pentingnya Kepedulian Terhadap Lingkungan, Ketahui Penerapannya Faktor Internal dan Eksternal Pelanggaran HAM, Berikut Penjelasannya • Bola harus dan wajib ditangkap pakai tangan kiri.

Biasanya, tangan kirilah yang menggunakan glove, sedangkan tangan kanan menutup bola supaya nggak lepas dari tangan. • Bola yang datang dan sudah ditangkap diserang lagi menuju ke arah depan terbuka. Setelah itu, bola dilemparkan ke depan menggunakan tangan kanan agar bisa mematikan si pemukul bola. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa saja yang harus dilakukan agar bisa menangkap bola dengan baik. Bab ini penting untuk kamu pelajari karena bisa bermanfaat kalau kamu bermain softball dan menjadi regu penjaga.

Tertarik untuk bisa mempelajari bab ini secara lebih lanjut kan? Selamat belajar. [iwe] 1 Belum Vaksin Covid-19, Puluhan Wisatawan Dilarang Masuk Lawang Sewu 2 Ganjar Minta Jajaran Siaga di Perbatasan Cegah Penyakit Mulut Kuku Ternak di Jateng 3 10 Momen Keseruan Ayu Ting Ting Wisata di Yogyakarta, Penampilannya Mencuri Perhatian 4 Potret Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama Pulang Kampung ke Malang, Seru Banget 5 Kisah Kapolda Metro Saat Ditelepon Sang Ibu 'Kalau Sudah Tinggi Pangkat Saya Pulang' Selengkapnya
Permainan rounders merupakan permainan beregu dan permainan bola kecil.

Teknik dasar permainan rounders hampir sama dengan permainan kasti, yaitu melempar, menangkap, dan memukul. Permainan rounders membutuhkan kerjasama dan kekompakan semua pemain. Permainan rounders pertama kali diciptakan oleh George Hanchock pada tahun 1887 di kota Chicago, Amerika Serikat. Kejuaraan nasional pertama diadakan pada tahun 1967 di Jakarta, dan juga dalam PON VII tahun 1969 di Surabaya.

Teknik Dasar Permainan Rounders Teknik dasar permainan rounders harus dikuasai dengan baik agar dalam permainan dapat berhasil. Ada beberapa teknik dasar permainan rounders seperti melempar dan menangkap bola, memukul bola, dan cara berlari yang benar.

Dengan penguasaan teknik yang baik permainan akan dapat berjalan dengan baik pula. Teknik-teknik tersebut dapat dikuasai dengan cara berlatih dengan tekun dan teratur. Berikut ini penjelasan mengenai teknik-teknik dasar tersebut. a. Cara melempar bola Lemparan melambung Lemparan melambung biasanya digunakan untuk lemparan yang berjarak jauh. Cara melakukan lemparan melambung, antara lain sebagai berikut : • Perhatikan posisi teman yang akan menerima lemparan.

• Pegang bola dengan posisi tangan atau jari-jari dengan benar. • Ayunkan tangan yang memegang bola sambil kaki melangkah secara bersamaan. • Berat badan bertumpu pada kaki depan. • Saat mengambil awalan melempar, badan sedikit condong ke belakang. Lemparan mendatar Lemparan bola mendatar adalah lemparan bola yang arah bolanya mendatar dan cepat. Lemparan ini dilakukan dengan mengayunkan tangan dari belakang ke depan sejajar dengan bahu.

Gerakan melempar ini disertai dengan lecutan pergelangan tangan. Lemparan bawah (menyusur tanah) Lemparan bawah ini arah atau jalannya bola menyusur tanah. Biasanya dilakukan dalam keadaan darurat dan dilakukan dengan cepat. Cara melakukan lemparan bawah, antara lain sebagai berikut : • Posisi badan sedikit membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk. • Ayunan tangan dilakukan dari samping atas ke depan bawah. • Gerakan melempar bola bawah ini disertai dengan lecutan tangan. b. Cara menangkap bola Cara menangkap bola ada beberapa macam, tergantung dari datangnya bola.

Namun secara garis besar, datangnya bola dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: Bola yang datangnya langsung, cara menangkapnya, yaitu: • Tangan diluruskan ke depan atau sedikit ditekuk pada pergelangan sikut. • Sarung tangan (glove) menghadap ke arah datangnya bola dan tangan yang lain di samping glove.

• Apabila bola telah masuk glove, tangan yang lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya. Bola yang melambung, mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola menangkapnya, yaitu: • Bola ditangkap setinggi atau melebihi kepala. • Pada waktu menangkap bola, pandangan harus ke tangan yang sedang menangkap. • Setelah bola masuk ke glove, tangan yang lain segera menutup agar bola tidak terlepas lagi. • Gerakan follow through adalah gerakan terakhir.

Bola yang datang bergulir di tanah, cara menangkapnya, yaitu: • Kaki dilangkahkan ke depan. • Kedua lutut ditekuk dan badan dibungkukkan. • Tangan kiri di tanah (yang memakai glove) dan menghadap ke arah datangnya bola. • Setelah bola masuk ke glove, tangan lain segera menutup dan mengambil bola yang ada di dalamnya.

c. Cara memukul bola Teknik memukul bola merupakan keterampilan yang perlu dipelajari dan dikuasai karena dengan pukulan yang baik kita dapat menguasai permainan.

Memukul bola ini terdiri atas dua jenis pukulan, yaitu pukulan dengan ayunan (swing) dan pukulan tanpa ayunan (bunt). Pukulan tanpa ayunan (bunt) adalah pukulan yang hanya menyentuhkan kayu pemukul dengan bola tanpa mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola kayu pemukul.

Pemukul hanya menunggu bola mengenai kayu pemukul sehingga pantulan bola jatuhnya dekat dari pemukul. Pukulan tanpa ayunan (bunt) merupakan suatu teknik untuk mengelabuhi regu penjaga. Cara melakukan pukulan, yaitu: • Berdiri dengan posisi badan menyamping dari arah datangnya bola. • Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu. • Telapak kaki sejajar dengan lutut sedikit ditekuk. • Badan sedikit condong ke depan. • Pemukul dipegang dengan erat oleh kedua tangan dan berada di samping telinga kanan.

• Pandangan mata lurus ke arah datangnya bola atau lemparan. d. Cara lari dalam bermain rounders Pada saat lari menuju base dalam permainan rounders harus disesuaikan dengan situasi permainan, yaitu ada saat-saat tertentu pelari harus lari secepat-cepatnya. Kecepatan berlari dan ketangkasan harus dimiliki oleh masing-masing pemain. Jarak yang harus ditempuh oleh pelari lebih kurang 75 meter. Latihan lari dalam permainan rounders dapat dilakukan seperti pada latihan lari jarak pendek.

Agar pemain rounders dapat meningkatkan teknik permainan yang baik, sebaiknya masing-masing pemain melakukan latihan-latihan sebagai berikut.

• Latihan meningkatkan kecepatan berlari dan daya tahan.

• Latihan berlari secepat-cepatnya dari base yang satu ke base yang lain. • Latihan untuk meningkatkan kekuatan otot perut, punggung, kaki, dan lengan. • Latihan meluncur untuk menuju tempat hinggap. • Latihan menghindarkan diri dari ketikan/sentuhan bola lawan.

2. Peralatan RoundersLapangan rounders berbentuk segi lima beraturan dengan panjang tiap-tiap sisinya 15 meter. Di setiap sudut-sudutnya diberi bidai (base) berbentuk bujur sangkar. Bidai ini berfungsi sebagai tempat hinggap pemukul. Selain lapangan peralatan yang digunakan pada permainan rounders adalah : • Bola berbentuk bundar, bahan terbiat dari karet untuk bagian luarnya dan bagian dalamnya berisi sabut kelapa.

Berat bola 70 - 85 gram. Keliling bola 19-21 cm, dan warna bola merah atau oranye. • Pemukul terbuat dari kayu bulat dengan panjang 80 cm. • Nomor dada terbuat dari kain dengan ukuran 25 x 25 cm, warna merah atau hitam.

• Tempat hinggap (base) terbuat dari karet yang lunak dengan ukuran 40 x 40 cm. • Glove (sarung tangan) 3. Peraturan Permainan Rounders Permainan rounders memiliki peraturan-peraturan yang harus diperhatikan. Berikut beberapa peraturan yang harus dijalankan dalam permainan rounders.

Peraturan ini dibuat dengan tujuan agar dalam permainan dapat berjalan dengan baik dan sportif. Peraturan-peraturan tersebut, yaitu: • Permainan rounders dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri atas 12 pemain, dengan pemain cadangan sebanyak 6 orang.

• Sebelum permainan dimulai, diadakan undian. Regu yang memenangkan undian berhak memilih menjadi regu pemukul atau regu jaga. • Pemukul diberi kesempatan memukul sebanyak 3 kali, apabila pukulan pertama atau kedua baik, ia harus berlari menuju base. • Urutan memukul bola sesuai dengan nomor yang telah ditentukan. • Pemukul yang antre di belakangnya tidak boleh mendahului pemukul di depannya.

• Setiap base hanya boleh diisi oleh satu orang pemain saja. • Setiap pemain regu pemukul berpindah base, regu jaga boleh mematikan dengan cara mengetik atau membakar base.

• Lama permainan rounders ditentukan oleh inning. Satu inning, yaitu satu kali • menjadi regu pemukul dan satu kali menjadi regu penjaga. Untuk peraturan resmi • permainan dilakukan dalam 7 inning.

• Pertukaran tempat terjadi apabila: 1. Regu penjaga berhasil mematikan regu pemukul sebanyak 6 kali. 2. Regu penjaga berhasil menangkap bola yang dipukul regu pemukul sebanyak 5 kali. • Kemenangan diraih oleh regu yang berhasil mengumpulkan jumlah poin yang paling banyak. • Cara menentukan nilai atau angka, yaitu: 1. Setiap base yang dilewati pemain mendapat angka 1.

2. Jika dibakar atau terkena tik, tidak mendapat nilai pada base tersebut. 3. Apabila dapat kembali ke ruang tunggu dengan pukulan sendiri dan setiap base selamat maka akan mendapat angka 6. 4. Istilah-istilah dalam permainan Rounders Ball : Bola yang dilemparkan pelambung salah, yaitu bola tidak berada di atas tempat untuk memukul.

Strike : Bola yang dilemparkan pelambung benar, yaitu bola yang dilemparkan meluncur di atas mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola pemukul antara lutut dan bahu pemukul. Out : Bola yang dipukul jatuh di luar garis batas pelari. Base : Tempat hinggap bagi seorang pemukul atau pelari. Pitcher : Pelambung, dari regu jaga. Catcher : Penangkap bola/penjaga belakang dari regu jaga. HomeBase : Base tempat memukul bola.

Mengetik : Mematikan lawan dengan cara menyentuh bola. Membakar : Mematikan lawan dengan memegang bola sebelum pemain sampai di base. Home Run : Pemukul dengan pukulannya sendiri dapat kembali ke ruang bebas secara langsung.
( Pengertian Permainan Kasti) – Kasti merupakan salah satu jenis permainan bola kecil beregu. Kasti merupakan bentuk permainan tradisional yang mengutamakan beberapa unsur kekompakan, ketangkasan dan kegembiraan.

Permainan ini biasa dilakukan di lapangan terbuka, pada anak-anak usia sekolah dasar, permainan ini bisa melatih kedisiplinan diri serta memupuk rasa kebersamaan dan solidaritas antar teman. Agar dapat bermain kasti dengan baik kita dituntut memiliki beberapa keterampilan yaitu memukul, melempar, dan menangkap bola serta kemampuan lari. Kasti dimainkan oleh 2 regu, yaitu regu pemukuldan regu penjaga. Permainan kasti sangat mengandalkan kerjasama pemain dalam satu regu.

Teknik Dasar Permainan Kasti Agar dapat bermain kasti dengan baik kita dituntut menguasai teknik dasar bermain kasti. Adapun teknik dasar permainan kasti ada 3, yaitu teknik melempar, menangkap, dan memukul bola. Teknik Melempar Bola Melempar Bola Menyusur Tanah Cara melakukan: • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan • Posisi badan membungkuk • Ayunan lengan belakang ke depan melalui bawah • Bola dilempar menyusur tanah ke sasaran Melempar Bola Mendatar Cara melakukan: • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan, diantara jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

Sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola agar tidak jatuh • Badan condong ke belakang, ayunan lengan dari bawah ke atas • Bola dilempar mendatar setinggi dada ke arah sasaran Gambar Lapangan Permainan Bola Kasti Melempar Bola Melambung Cara melakukan: • Bola dipegang pada pangkal ruas jari tangan, diantara jari telunjuk, jari tengah, mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola jari manis. Sedangkan jari kelingking dan ibu jari mengontrol bola agar tidak jatuh • Badan condong ke belakang, ayunan lengan dari bawah ke atas • Melempar dengan tangan terkuat.

Apabila melempar dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan, begitu sebaliknya. • Bola dilempar melambung diikuti gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki k;belakang ke depan. • Pandangan mata ke arah sasaran lemparan Melempar Bola Memantul Tanah Cara melakukan: • Posisi kaki ditekuk dan badan condong ke depan • Ayunan lengan ke arah depan bawah • Bola dilempar memantul tanah ke sasaran Teknik Menangkap Bola Teknik menangkap bola kasti ada 4 macam, yaitu: • Menangkap Bola Mendatar • Menangkap Bola Melambung • Menangkap Bola Menyusur Tanah • Menangkap Bola Memantul Tanah Cara melakukan 4 teknik ini pada dasarnya sama, yaitu • Pandangan mata tertuju pada arah datangnya bola • Menangkap dengan kedua tangan dengan kedua telapak tangan dibuka membentuk setengah bola • Saat perkenaan bola pertama dengan telapak tangan, diikuti sedikit tarikan tangan ke belakang.

Teknik Melambungkan Bola Teknik melambungkan bola digunakan untuk memberikan umpan yang baik kepada pemukul. Cara melakukan: • Berdiri tegak. Jika melempar dengan tangan kanan, maka kaki kanan berada di depan • Bola dipegang dengan tangan kanan di depan paha kanan • Badan condong ke depan • Putar lengan kanan (yang memegang bola) ke belakang 360° • Langkahkan kaki kiri ke depan, ayunkan lengan ke depan dan lepaskan bola saat berada di samping paha kanan disertai lecutan pergelangan tangan Teknik Memukul Bola Cara melakukan: • Pegang alat pemukul di bagian yang lebih kecil dengan satu tangan • Berdiri menyamping sehingga pelambung berada di samping kiri pemukul • Kedua kaki dibuka selebar bahu • Letakkan alat pemukul di atas bahu sebelah kanan dengan siku tangan yang memegang alat pemukul ditekuk • Pandangan ke arah pelambung dan datangnya bola • Ayunkan alat pemukul dengan meluruskan siku disertai lecutan pergelangan tangan saat bola dalam jangkauan pukulan • Diikuti gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan Adapun beberapa teknik memukul bola adalah sebagai berikut ini: • Memukul Bola Mendatar • Memukul Bola Melambung • Memukul Bola Memantul Tanah Peraturan Permainan Kasti • Lapangan Permainan Kasti.

Lapangan kasti berbentuk persegi panjang dengan ukuran: • Panjang: 60 – 70 meter • Lebar: 30 meter • Ruang hinggap: 3 • Ruang bebas: 1 Peralatan Permainan Kasti • Pemukul: terbuat dari kayu • Bola Kasti: terbuat dari karet Peraturan Permainan Kasti • Jumlah Pemain. Jumlah pemain kasti tiap regu adalah 12 orang, dengan salah satu pemain bertindak sebagai kapten. Setiap pemain wajib mengenakan nomor dada dari 1 sampai 2. • Waktu Permainan. • Waktu permainan dilakukan dalam 2 babak.

Tiap-tiap babak 20 – 30 menit. Diantara tiap babak diberikan istirahat 15 menit. • Wasit. Pertandingan kasti dipimpin oleh seorang wasit dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu. Regu Pemukul • Setiap pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sampai 3 kali. • Sesedah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruang pemukul. Apabila alat pemukul diletakkan di luar, maka pemain tersebut tidak mendapatkan nilai, kecuali jika ia segera meletakkannya di dalam ruang pemukul.

• Pukulan dinyatakan benar apabila bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul. Regu Penjaga Regu penjaga bertugas: • Mematikan lawan dengan cara melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul. • Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas jika kosong. Pelambung Pelambung bertugas: • Melambungkan bola sesuai permintaan pemukul • Jika bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul boleh untuk tidak memukulnya.

Jika ini terjadi sampai 3 kali berturut-turut maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama. Pergantian Tempat • Pergantian tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi apabila: • Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola • Bola pukulan regu pemukul ditangkap langsung oleh regu penjaga sebanyak 3 kali berturut-turut.

• Alat pemukul lepas ketika memukul Cara Mendapatkan Nilai • Pemain berhasil memukul bola, mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola lari ke pemberhentian I, II, III, dan ruang bebas secara bertahap, mendapat nilai 1.

• Pemain mengapa regu penjaga harus menguasai teknik menangkap bola berlari melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, mendapat nilai 2. • Regu penjaga menangkap langsung bola lambung yang dipukul oleh regu pemukul, mendapat nilai 1. • Regu yang mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenang. Cara Bermain Kasti • Setelah menguasai beberapa teknik dasar permainan kasti dan memahami peraturan permainannya, selanjutnya adalah mempraktikkan bagaimana cara bermain kasti dengan benar.

Dalam bermain kasti dibutuhkan kerjasama tim dan rasa tanggung jawab. Selain itu yang paling penting adalah sikap untuk selalu menjaga sportifitas. • Sebelum memulai bermain kasti, hendaknya ditentukan dulu dua regu yang akan bermain. Tiap-tiap regu berjumlah 12 pemain. Bagi siswa yang belum mendapatkan giliran bermain, hendaknya melihat di sisi lapangan sambil mempelajari kejadian-kejadian di lapangan. • Christmas Decorations that Transform Your Home into a Winter Wonderland 05/04/2022 • Spesifikasi lengkap dan harga HP OPPO A16, tersedia versi 3/32GB dan 4/64GB 05/12/2021 • Spesifikasi Vivo X70 Pro 06/11/2021 • Bagaimana Cara membuat slime?

01/11/2021 • How to get Real IP from Visitor? 25/10/2021 • Mengapa Jepang Membentuk BPUPKI? 24/10/2021 • Cara Menjaga Kesehatan Telinga 23/10/2021 • How To Get FREE ROBUX? 22/10/2021 • Bagaimana Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy? 20/10/2021 • Spesifikasi Ponsel Pintar Vivo Y73 19/10/2021

TIPS MENGGAGALKAN PENALTY BUAT PARA KIPER! - DEALING WITH PENALTY KICK




2022 charcuterie-iller.com