Hari raya konghucu

Ajaran Utama Konghucu Ajaran Hari raya konghucu atau Konghucu yang berarti agama dari orang-orang yang lembut hati, terpelajar dan berbudi luhur. Temukan ajaran utama Konghucu, keyakinan dan ajaran Konfusianisme.

Ajaran falsafah ini diasaskan oleh Konghucu yang dilahirkan pada tahun 551 SM Chiang Tsai yang saat itu berusia 17 tahun. Seorang yang bijak sejak masih kecil dan terkenal dengan penyebaran ilmu-ilmu baru ketika berumur 32 tahun, Kong Hu Cu banyak menulis buku-buku moral, sejarah, kesusasteraan dan falsafah yang banyak diikuti oleh penganut ajaran ini.

Ia meninggal dunia pada tahun 479 SM. Baca juga ? Konfusius (551-479 SM) – Filsuf Tiongkok Ajaran Utama Konghucu – 5 Sifat Kekekalan / Mulia (Wu Chang) Wu Chang adalah Lima Sifat Mulia Ajaran Agama Khonghucu ( 儒 教 – Ru Jiao).

Ini adalah hasil rumusan Dong Zhong Shu (董 仲 舒) seorang tokoh Agama Khonghucu di awal dinasti Hari raya konghucu (漢) 206 BC – 220 AD. yang mengacu pada Empat Benih Kebajikan yang bersemi dalam hati nurani, yakni Ren Yi Li Zhi (仁 義 禮 智). Ditambah dengan sikap yakin & percaya akan kebenaran itu serta Konsekuen & Dapat Dipercaya (信 – Xin) dalam pengamalannya sehingga menjadi Lima Kebajikan, pedoman kehidupan manusia. Xin/Dapat di percaya merupakan sifat yang harus di kembangkan terlebih dahulu baru empat sifat yang lain dapat berkembang.

Tanpa sifat Xin / Dapat di percaya ini ada, empat sifat yang lain jadi tidak berarti. 1. Ren – Cinta Kasih yaitu sifat mulia pribadi seseorang terhadap moralitas, cinta kasih, kebajikan, kebenaran, hari raya konghucu, halus budi pekerti, tenggang rasa, perikemanusiaan.

Ini merupakan sifat manusia yang paling mulia dan luhur. Dari karakteristik hurufnya, Ren (仁) bisa diartikan: A. Benih Kemanusiaan (人 hari raya konghucu Ren = manusia; dan 二 / Er = benih) B. Tatanan hubungan antar manusia (人 = manusia; dan 二 = dua) Secara garis besar Ren ( 仁 ) dapat diartikan Kemanusiaan. Bila ditinjau dari ajaran Agama Khonghucu (儒 教 – Ru Jiao) yang terkandung dalam Kitab Sucinya Si Shu (四 書) & Wu Jing (五 經) maka bisa diartikan lebih luas sebagai berikut: – Rasa Berbelas-kasihan Yang berarti rasa & hasrat kecenderungan guna menmberi dan menerima kasih sayang antara sesama manusia (Basis Solidaritas Humanis) – Cintakasih Yang merupakan simpati & perasaan paling dalam dari diri manusia; Yang murni dan tulus, ikhlas & selaras dalam kemanusiaan (Hakiki Atas Hubungan Manusia) – Kebaikan Yang patut dan layak ada dalam hubungan antar manusia; ini bisa berarti Tata Dasar Kemanusiaan yang diharapkan juga diterima (Etika Moral).

Dengan demikian penerapan sifat welas asih akan menuntun kita menjaga pantangan pertama dari Lima Pantangan yaitu Jangan Membunuh. 2. Yi – Kebenaran/ Keadilan/ Kewajiban yaitu sifat mulia pribadi seseorang dalam solidaritas serta senantiasa membela kebenaran. Bila Ren sudah ditegakkan, maka Yi harus menyertai. Bangun huruf Yi (義) terdiri dari tiga bentuk karakter, yakni: ( \ / & 王 & 我 ) yang berarti : ( \ / ) = Yin – Yang ; Dan (王 / Wang) = Raja; mencakup / merangkai Tian Di Ren (天 地 人) Dan (我 / Wo) = saya, pribadi → Jadi Yi (義) dari karakteristik hurufnya dapat diartikan: A.

Paduan yang selaras dalam unsur Yin – Yang; Yang menembus Tri Tunggal; Tian – Di – Ren, yang wajib dijunjung tiap pribadi / saya. B. Yang harus dijunjung sebagai ‘Raja’ / di ‘Raja’ kan oleh ‘saya’ dengan dan dalam pergerakan maupun keselarasan Yin – Yang. Dari sini dapat disimpulkan secara garis besar Yi (義) dapat diartikan rasa Kewajiban Moral dasar manusia.

Bila ditinjau dari berbagai ayat dalam Kitab Suci Agama khonghucu, pada dasarnya bisa diartikan lebih lanjut, sbb: – Rasa Malu dan Tidak Suka Yang berarti rasa risih untuk ingkar dari kewajiban moral dan tidak bisa menerima apabila begitu, ada panggilan naluri untuk menjunjung tinggi pelaksanaan (tekad) tidak mau melanggar.

– Kebenaran / Keadilan / Kewajiban / Konsekuen Dasar acuan & hukum hubungan antar manusia, kaidah memperhatikan timbal-balik tenggang-rasa, kewajiban akan sesuatu, karena harus & layak. Jalan utama dalam menempuh kehidupan.

– Budi Pekerti yang Bajik Yang dijunjung dan menjadi pegangan di dalam hidup manusia dalam bermasyakat dengan sesama (Hukum / Aturan Hidup). Sifat kedua yaitu Yi / Kebenaran / Jiwa Satria berkembang maka pantangan kedua yaitu jangan mencuri akan dapat di jaga. 3. Li – Kesusilaan/ Kepantasan yaitu sifat mulia pribadi seseorang yang bersusila, sopan santun, tata krama, dan budi pekerti. Semula Li hanya dikaitkan dengan perilaku yang benara dalam upacara keagamaan, tetapi selanjutnya diperluas hingga ke adat-istiadat dan tradisi dalam masyarakat.

Huruf Li (禮) terdiri dari 2 bangun huruf jadi, yakni: (礻& 豊). Huruf Shi ( 礻), menunjukkan hal yang berkenaan dengan peribadahan, doa & harapan hari raya konghucu hal yang berhubungan / bersifat spiritual, maka huruf yang mengandung radikal ‘Shi’ dapat disiratkan atau disimpulkan pasti berkaitan dengan apa yang tersebut diatas. Huruf Li (豊), perangkat, sarana, struktur, untuk peringkat, upacara, tatanan. Terdiri dari huruf 曲 – Qu (alunan – lagu) & 豆 – Dou (kacang-kacangan) Dengan demikian secara garis besar dapat dikatakan Li (禮) mempunyai arti: Tatanan Peribadahan melingkupi penggenapan Kodrati Kemanusiaan dalam seluruh aspek kehidupan sebagai insan Tuhan.

Hal ini dapat dilihat: Aturan dari Tuhan yang mengatur hubungan antara manusia untuk saling menghormati, dengan memperhatikan peringkat dan tatanan yang mengindahkan.

Sarana struktur dalam upacara, yang mengandung ritual, yang berhubungan denganNya (Transenden), baik dalam bentuk formal maupun dalam bentuk aplikasi Ritual Hidup & Tingkah laku manusia sehari-hari. Dari Kitab Suci Agama Khonghucu dapat diperluas, dipertegas sebagai sikap dasar, sbb: – Rasa Hari raya konghucu Hormat dan Mengindahkan Suatu rasa untuk membedakan dalam bertingkah-laku dengan mengacu pada tatanan peringkat guna mewujudkan hubungan yang ‘indah’ & patokan dasar dalam berbuat dengan tidak melanggar FirmanNya.

– Kesusilaan Aturan Hidup / Tata-krama / Sopan-santun yang menjadi referensi kelayakan / kepantasan / kepatutan sebagai mahluk sosial, saling menghormati & patuh pada norma hidup insan berbudaya, membina- diri dalam batas-batas kesusilaan dalam menikmati daya rasa romantika hidup hubungan antar manusia, inilah peradaban / budaya manusia.

– Upacara Panggilan suci untuk bersembahyang kehadirat Tuhan, sarana (alam), dan leluhur. Ritual & liturgi upacara ; mewujudkan iman taqwa dalam seluruh bentuk dan bagian kehidupan sehari-hari. Disini mencakup peribadahan & ibadah kepada supra-natural. Didalamnya tersembunyi misteri makna hidup manusia ‘sebelum & sesudah’ (先 天 – Xian Tian & 後 天 – Hou Tian) Sifat ketiga Li / sopan santun menuntun pada menjaga kesusilaandengan demikan pantangan ketiga: Jangan berbuat Zina dapat di pertahankan.

4. Zhi – Bijaksana yaitu sifat mulia pribadi seseorang yang arif bijaksana dan penuh pengertian. Kong Hu Cu merangkaikan munculnya kebijaksanaan seseorang dengan selalu sabar dalam mengambil tindakan, penuh persiapan, melihat jauh ke depan, serta memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi.

Huruf Zhi (智) terdiri dari tiga gugus huruf (矢 & 口 & 日) Yang dalam bentuk final masing-masing mempunyai arti (矢) = Shi, perbuatan yang tajam, tepat, kena bagai anak panah dan meluncur jitu menuju sasa ran; (口) = Kou, perkataan, perbuatan; dan (日) = Ri, hari-hari, sehari-hari, selalu. Adapun Huruf ( 矢 ) Shi, itu sendiri terdiri atas dua radikal ( 人 & 大 ) Ren, Manusia & Da, Besar.

Pada dasarnya Zhi (智) bisa ditegaskan sebagai Pengetahuan / Pengertian akan ‘Pola Benar’ konsep Tuhan akan alam semesta & segala, yang berarti; mempunyai implikasi luas mencakup seluruh pola laku manusia dan norma sosial serta akan kebijaksanaan sejati. Lebih lanjut marilah kita simak: Perbuatan Orang Besar yang begitu tajam, tepat, kena, selaras dengan kebenaran pola-Nya.

Dan itu memancar dalam hidup sehari-hari dan selalu ditingkatkan agar mencapai puncaknya. Demikian perbuatannya, demikian perkataannya senantiasa mengacu pada belajar untuk tahu dan berlatih agar mengerti, mencari kebenaran sejati, untuk mencapai kebijaksanaan tertinggi dengan tanpa satu haripun meninggalkannya Perwujudan tingkah harmonis dengan Firman Tuhan, yang menjadikan perbuatan dan pembicaraan dalam sehari-hari tepat & kena, sehingga membentuk manusia benar Dari ayat Kitab Suci agama Khonghucu dapat dijabarkan secara pokok, sbb: – Rasa Hati Membenarkan dan Menyalahkan Rasa nurani untuk membedakan yang benar dan yang salah, untuk kemudian Memegang yang benar, dari sinilah kebijaksanaan berawal, dan ini mencakup sikap: Agamis, Filosofis, Pengetahuan.

– Kebijaksanaan Naluri belajar dan berlatih untuk mencapai kebenaran hakiki, dalam kehidupan agama & dunia ilmu, mencakup: Jalan Suci Tuhan & Hukum Tuhan yang tertuang dalam pola kaji & konsep fikir terpadu antara pengetahuan dan perbuatan, yang menjadi Maha Kurnia-Nya. – Kearifan & Kepandaian Suatu bekal manusia sinkron dengan (天 地 人 – Tian Di Ren); Dalam harmonis daya hidup rohani-jasmani; menyelaraskan hidup dalam Jalan Suci dan menggenapi Hukum Tuhan atas semesta ; Demikian manusia dan perintah-Nya atas manusia yang dicari dalam agama & ilmu.

Orang yangmemiliki Zhi / kearifan tahu mana yang baikmana yang tidak, mana yang boleh dikatakanmana yang tidak boleh diucapkan, sehingga sifat zhi / kearifan berkembangmaka pasti bisa menjaga pantangan keempat yaitu Jangan Berbicara Bohong. 5. Xin – Dapat dipercaya yaitu sifat pribadi seseorang yang selalu percaya diri, dapat dipercaya orang lain, dan senantiasa menetapti janji. Huruf Xin (信) terdiri dari dua bagian, yaitu (人 & 言) yang mengandung anasir Huruf (人 – Ren), Manusia & Huruf (言 – Yan), perbuatan dan ucapan.

Dengan demikian Xin (信) bisa diartikan: Perbuatan & Perkataan manusia hendaknya tidak melupakan dirinya yang ‘manusia’; harkat – hakekat kemanusiaannya yang difirmankanNya, menjadi Watak Sejati Manusia, yang menjadi Karunia sekaligus Kewajiban manusia dalam hidupnya di dunia, yakni benih: Ren, Yi, Li, Zhi (仁 義 禮 智) Menjadi manusia yang percaya aka kebanaran hal tersebut diatas, dan dapat dipercaya dalam pengamalannya. Dalam kehidupannya pun selalu mempunyai sikap percaya dan dapat dipercaya dalam berbagai konteks hubungan baik dalam laku maupun kata.

Demikian tumbuh suatu keyakinan dan sikap tabah & tahan uji coba, kemantapan untuk tidak mengecewakan dan niat menepati serta menggenapi, tidak berpura-pura, munafik dan semu dalam menjalankan kebajikan.

Dari ayat suci Agama Khonghucu, dapat dirumuskan, sbb: – Berlaku Jujur terhadap diri-sendiri Rasa untuk konsekuen bertanggung-jawab kepada diri-sendiri akan Watak Sejatinya, predikat dirinya, perbuatan & perkataannya, Satya kepada Firman-Nya.

– Ketulusan Total Rasa percaya akan prinsip moral kebajikan, dan membangun hubungan dengan manusia atas dasar hubungan percaya dan dapat dipercaya. Kemurnian secara bulat & utuh dalam hidup beragama, juga dalam aspek kehidupan yang lain.

Inilah unsur mutlak untuk hidup bersama / bermasyarakat. Confucius lahir pada tahun 551 SM di Qufu, Cina. Dia adalah objek pemujaan secara anumerta, sampai dinobatkan sebagai “Dewa Tertinggi” di Cina. Beberapa kuil didedikasikan untuknya, di kota-kota besar Cina dan di Timur Jauh, dengan model Qufu. Konfusianisme berdampak kuat pada budaya, psikologi, dan etika orang Tionghoa dan orang lain di negara tetangga, termasuk Vietnam.

Konfusius dihormati sebagai “Guru dari sepuluh ribu generasi”. Kuil Sastra di Hanoi didirikan pada 1070 oleh para penguasa Ly dengan model ini. Sebuah Akademi Nasional ditambahkan ke Kuil pada tahun 1076.

Itu diubah menjadi Perguruan Tinggi Nasional yang tetap di Hanoi sampai 1807 ketika dipindahkan ke Hue. Sebagian dihancurkan oleh Perang, Kuil dibangun kembali pada tahun 1954.

Sumber foto: Jean-Pierre Dalbéra / Wikimedia Commons Ajaran Dasar: Tian, Xing, Ren 1. Tian Tian adalah Maha Pencipta alam semesta. Manusia tidak dapat memahami hakikat sejati Tian sehingga Ia dilambangkan dengan ciri-ciri hari raya konghucu : Yuan: yang selalu hadir. Heng: yang selalu berhasil. Li: yang selalu membawa berkah. Zhen: yang selalu adil, tidak membeda-bedakan. 2. Xing Xing adalah jati diri manusia, kodrat, yaitu perwujudan firman Tian ( Tian Ming) dalam diri manusia.

Xing menghubungkan Tian dengan segala ciptaannya. Manusia sulit mengenali xingnya karena tertutup oleh emosi, napsu; maka manusia harus dibimbing hari raya konghucu pedoman etika. Meskipun xing setiap manusia berbeda-beda, tetapi memiliki satu persamaan yaitu Ren (perikemanusiaan). 3. Ren Ren atau perikemanusiaan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Zhong (setia) dan Shu (solidaritas).

Zhong merupakan kependekan dari istilah zhong yi Tian ( lit. setia kepada Tuhan), yaitu berserah diri,lahir dan batin kepada Tuhan. Shu merupakan kependekan dari istilah shu yi ren ( lit. solider kepada sesama manusia atau “cinta kasih sejati”. Terdapat dua istilah yang menerangkan arti Shu lebih lanjut.

Ji shuo bu yi wu shi yi ren, yaitu “apa yang diri sendiri tiada inginkan, jangan dilakukan terhadap orang lain”. (Lunyu) Ji yi li er li ren, ji yi da er da ren, yaitu “kalau ingin tegak, buatlah orang lain juga tegak; jika ingin maju, buatlah orang lain juga maju”. 8 Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) dalam agama Khonghucu: • Sepenuh Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Tian) • Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De) • Sepenuh Iman Menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming) • Sepenuh Iman Percaya adanya Nyawa dan Roh (Cheng Zhi Gui Shen) • Sepenuh Iman memupuk Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi) • Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Nabi Kongzi (Cheng Shun Mu Duo) • Sepenuh Iman memuliakan Kitab Si Shu hari raya konghucu Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu) • Sepenuh Iman menempuh Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao) 5 Etika / Norma Kesopanan (Wu Lun) Lima hubungan norma etika dalam bermasyarakat merupakan bentuk dasar interaksi manusia.

Dengan menjalani kehidupan yang sesuai dengan asas Wu Lun, seseorang akan menikmati keselarasan dalam kepribadiannya maupun dalam hubungannya dengan masyarakat.

• Hubungan antara Pimpinan dan Bawahan • Hubungan antara Suami dan Isteri • Hubungan antara Orang tua dan hari raya konghucu • Hubungan antara Kakak dan Adik • Hubungan antara Kawan dan Sahabat Delapan Kebajikan (Ba De) Delapan Kebajikan (Ba De) : • Xiao – Laku Bakti; yaitu berbakti kepada orang tua, leluhur, dan guru.

• Ti – Rendah Hati; yaitu sikap kasih sayang antar saudara, yang lebih muda menghormati yang tua dan yang tua membimbing yang muda. • Zhong – Setia; yaitu kesetiaan terhadap atasan, teman, kerabat, dan negara. • Xin – Dapat Dipercaya • Li – Susila; yaitu sopan santun dan bersusila. • Yi – Bijaksana; yaitu berpegang teguh pada kebenaran. • Lian – Suci Hati; yaitu sifat hidup yang sederhana, selalu menjaga kesucian, dan tidak menyeleweng/ menyimpang.

• Chi – Tahu Malu; yaitu sikap mawas diri dan malu jika melanggar etika dan budi pekerti. Sekilas tentang Agama Konghucu Dalam agama Khonghucu (Rujiao) sebutan Tuhan adalah 天 TIAN (baca, Ti’en) yang berarti Satu Yang Maha Besar, Maha Kuasa, Maha Esa.

Dalam kitab suci agama Khonghucu 五經 Wujing (Kitab Yang Lima) ada beberapa istilah/sehutan Tuhan seperti Huang Tian, Min Tian, Shang Di dsb. Utusan Tuhan yang bernama Kongzi menyebutnya dengan TIAN. Siapa pendiri agama Khonghucu? Kong Hu Cu (filsuf) Confucius (Tionghoa: 孔 ; Pinyin: Kong) (Tiong: 丘 ; Py: Qiū) Lahir: 28 September 551 SM Qufu, Dinasti Zhou Meninggal: 479 SM (usia 71–72) Qufu, Dinasti Zhou Baca juga ?

Proses Peribadatan Agama Konghucu, Jadwal Pelaksanaan Peribadatan Agama Konghucu beribadah dimana? Litang (Tempat dibabarkan nya ayat-ayat dalam kitab Suci Agama Khonghucu). Kelenteng / Bio / Miao (Tempat Ritual sembahyang kepada para Shenming dan Leluhur dalam Agama Khonghucu). Kelenteng, 廟 Miao; kelenteng pada umumnya digunakan sebagai sarana tempat bersembahyang/ibadah oleh kebanyakan orang Tionghoa (Buddha, Khonghucu dan Tao) sehingga kadang-kadang kita sulit membedakan apakah mereka itu penganut agama Buddha Mahayana, Khonghucu atau Tao.

Kitab Suci Agama Khonghucu Kitab Agama Khonghucu terdiri dari 2 Jenis kitab: 1. Wu Jing (五 經) (Kitab Suci yang Lima), Wu jing biasa disebut juga kitab yang mendasari karena merupakan sumber dari Kitab Sishu.

Kitab ini terdiri dari: -Kitab Sanjak Suci 詩經 Shi Jing -Kitab Dokumen Sejarah 書經 Shu Jing -Kitab Wahyu Perubahan 易經 Yi Jing -Kitab Suci Kesusilaan 禮經 Li Jing -Kitab Chun-qiu 春秋經 Chunqiu Jing 2. Si Shu (Kitab Yang Empat), Kitab Si shu biasa disebut juga kitab yang pokok karena berisi pokok – pokok dari ajaran Khonghucu. Kitab ini terdiri dari: -Kitab Ajaran Besar – 大學 Da Xue -Kitab Tengah Sempurna – 中庸 Zhong Yong -Kitab Sabda Suci – 論語 Lun Yu -Kitab Mengzi – 孟子 Meng Zi Kitab Sishu dalam bentuk digital bisa didownload >[DISINI]< Note: -Zaman dulu, dalam membaca kitab suci, ada lantunannya (bukan datar saja), ini saja sudah termasuk Nian Jing (Liamkeng : Hokkian).

Dalam buku SGSK ada contoh Liamkeng, yaitu renxin Wei Wei. -Jadi Kitab Agama Khonghucu bukan Sutta dan alkitab. Baca juga ? Kitab Suci Agama Konghucu : Lima Klasik (Wu Jing) dan Empat Kitab (Si Shu) Hari raya Hari raya konghucu Khonghucu 1 bulan I (Zheng Yue) – Tahun Baru Imlek/Kongzili/Yinli/Xin Zheng 4 bulan I – Menyambut turunya malaikat dapur (Chao Chun). 8/9 bulan I – Jing Tian Gong (Sembahyang Besar kepada Tuhan YME) 15 bulan I – Shang Yuan/Yuan Xiao atau Cap Go Me 18 bulan II (Erl Yue) – Hari Wafat Nabi Kongzi (Zhi Sheng Ji Zhen) 5 April – Hari Sadranan (Qing Ming) 5 bulan V (Wu Yue) – Duan Yang/Duan Wu/Bai Chun [maknanya] 29 bulan VII – Sembahyang Arwah Umum.

15 bulan VII (Ji Yue) – Jing He Ping/Jing Hao Peng 15 bulan VIII (Ba Yue) – Zhong Qiu (Sembahyang Purnama Raya) 27 bulan VIII (Ba Yue) – Zhi Sheng Dan (Hari Lahir Nabi Kongzi) 15 bulan X – Xia Yuan. 22 Desember – Dong Zhi (Hari Genta Rohani) 24 bulan XII (Shi Erl Yue) – Hari Persaudaraan & Naiknya malaikat dapur (Chao Chun). Note: Kalender Imlek terbukti dibuat oleh Nabi Khongcu (Konfusius). Nabi Khongcu mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah ditata kembali oleh Nabi Hari raya konghucu Zi.

Tahun Zaman Nabi Khongcu Tahun Baru jatuh 22 Desember. 4 Februari pergantian musim dingin ke musim semi. Jadi hari raya konghucu bukan perayaan musim semi. Perkiraan tanggal 1 imlek, rentang waktunya 15 hari kedepan dan 15 hari kebelakang dari 4 Februari tersebut.

Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13, untuk menggenapi agar perhitungan tersebut tidak berubah. Baca juga ? Hari Besar Konghucu, Perayaan dan Hari Penting Simbol Agama Khonghucu Genta Rohani / Mu Duo. Genta Rohani / Mu Duo : terbuat dari logam, tetapi pemukulnya menggunakan kayu, oleh karena itu dinamakan Mu Duo/Bok Tok, Mu/Bok = artinya kayu.

Sedangkan Duo/Tok = artinya genta yang terbuat dari logam, karena itu huruf Duo/Tok terdapat unsur logamnya. Jadi jelas lambang Genta memberi arti : bahwa Nabi Khongcu diutus oleh Tian untuk memberitahukan / menjelaskan / menyebarkan tentang Firman / perintah Tianmaka di Indonesia berdasarkan kongres pada waktu itu menetapkan “GENTA” sebagai lambang lembaga agama Khonghucu yg ada di Indonesia. Bacaan Lainnya • Kata Bijak Konghucu (Konfusius) yang Terkenal / Famous Confucius Quotes (Indonesia & Inggris) • Konfusius (551-479 SM) – Filsuf Tiongkok • Ajaran Utama Konghucu (Konfusius / Konfusianisme) – Keyakinan dan Ajaran Konfusianisme • Tahun Baru Imlek – Tanggal Perayaan, Sejarah dan Praktik Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia • Kata Bijak Gandhi – Quotes yang Paling Menginspirasi Sepanjang Masa • Tabur Tuai Dalam Alkitab – Ayat Alkitab Tentang Menabur & Menuai – Apa yang Anda Tabur, Anda Akan Menuainya • 20 Ungkapan Cinta dalam Bahasa Latin – Kutipan Frasa Latin Yang Romantis • Ungkapan Frasa Bahasa Latin Peribahasa, Pepatah, Kiasan dan Motto • Sifat (perilaku) dapat dirubah.

Tetapi hari raya konghucu (karakter) tidak dapat. Setuju ??? • Cara Mengenal Karakter Hari raya konghucu Dari 5 Pertanyaan Berikut Ini • 10 Ciri Orang Yang Berbohong – Anda Tahu Bahwa Seseorang Berbohong Saat Anda Melihat Ini! • Kata Ulang Bahasa Indonesia – Kata bahasa Indonesia yang selalu dalam bentuk terulang • Makanan Penambah Sel Darah Merah – Penguat Sistem Imun • Kromosom Manusia – Bioinformatika Cabang Biologi • Fungsi, Jenis – Penyakit Sumsum Tulang • Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Di Tokyo – Top 10 Obyek Wisata Yang Harus Anda Kunjungi • Cara Membeli Tiket Pesawat Murah Secara Online Untuk Liburan Atau Bisnis • Tibet Adalah Provinsi Cina – Sejarah Dan Budaya • Puncak Gunung Tertinggi Di Dunia dimana?

• TOP 10 Gempa Bumi Terdahsyat Di Dunia • Apakah Matahari Hari raya konghucu Mengelilingi Pada Dirinya Sendiri? • Test IPA: Planet Apa Yang Terdekat Dengan Matahari? • 10 Cara Belajar Pintar, Efektif, Cepat Dan Mudah Di Ingat – Untuk Ulangan & Ujian Pasti Sukses!

• TOP 10 Virus Paling Mematikan Manusia • Apakah Produk Pembalut Wanita Aman? • Meteorit Fukang – Hari raya konghucu Gurun Gobi • Festival Mooncake – Festival Musim Gugur (Festival Kue Bulan) Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart! • HP Android • HP iOS (Apple) Sumber bacaan: AngelFire, Confucius Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu” Quiz - Matematika - IPA - Geografi & Sejarah - Info Unik - Lainnya - Business & Marketing Kategori • AGAMA (257) • Buddha (15) • Hindu (9) • Islam (118) • Katolik (83) • Konghucu (8) • Protestan (79) • Arti Mimpi (304) • Business Marketing (219) • Geografi & Sejarah (939) • Ilmu Pengetahuan (234) • IPA (846) • Fisika (82) • Kimia (65) • Lainnya (819) • Makanan & Minuman (121) • Matematika (456) • Akuntansi (107) • Sehat dan Cantik - Kesehatan & Pengobatan (1.060) • Top 10 (113) • Afrikaans • Alemannisch • Aragonés • العربية • مصرى • Asturianu • Azərbaycanca • تۆرکجه • Башҡортса • Basa Bali • Hari raya konghucu • Žemaitėška • Bikol Central • Беларуская • Беларуская (тарашкевіца) • Български • বাংলা • བོད་ཡིག • Brezhoneg • Bosanski • Буряад • Català • Mìng-dĕ̤ng-ngṳ̄ • Нохчийн • کوردی • Čeština • Cymraeg • Dansk • Deutsch • Ελληνικά • English • Esperanto • Español • Eesti • Euskara • فارسی • Suomi • Võro • Français • Furlan • Frysk • 贛語 • Kriyòl gwiyannen • Galego • Avañe'ẽ • Bahasa Hulontalo • ગુજરાતી • Hausa • 客家語/Hak-kâ-ngî • עברית • हिन्दी • Fiji Hindi • Hrvatski • Magyar • Հայերեն • Interlingua • Ilokano • Ido • Íslenska • Italiano • 日本語 • Patois • Jawa • ქართული • Kabɩyɛ • Қазақша • 한국어 • कॉशुर / کٲشُر • Кыргызча • Latina • Ladino • Lëtzebuergesch • Lingua Franca Nova • Limburgs • Ladin • Lombard • Lietuvių • Latviešu • Basa Banyumasan • Malagasy • Minangkabau • Македонски • മലയാളം • Монгол • Bahasa Melayu • Mirandés • မြန်မာဘာသာ • Эрзянь • Plattdüütsch • Nederlands • Norsk nynorsk • Norsk bokmål • Occitan • Livvinkarjala • ଓଡ଼ିଆ • ਪੰਜਾਬੀ • Polski • Piemontèis • پنجابی • پښتو • Português • Runa Simi • Română • Русский • Русиньскый • Саха тыла • Sicilianu • Scots • Srpskohrvatski / српскохрватски • සිංහල • Simple English • Slovenčina • Slovenščina • Shqip • Српски / srpski • Svenska hari raya konghucu Kiswahili • தமிழ் • తెలుగు • ไทย • Tagalog • Türkçe • Татарча/tatarça • Тыва дыл • Українська • اردو • Oʻzbekcha/ўзбекча • Tiếng Việt • Winaray • 吴语 • მარგალური • ייִדיש • 中文 • 文言 • Bân-lâm-gú • 粵語 Untuk filsuf bernama Kong Hu Cu, lihat Kong Hu Cu (filsuf).

Agama Konghucu adalah sebuah agama yang diakui di Indonesia bersama hari raya konghucu 5 agama lain. Konghucu sebagai agama muncul sebagai akibat dari keadaan politik di Indonesia. Agama Konghucu lazim dikaburkan makna dan hakikatnya dengan Konfusianisme sebagai filsafat.

Daftar isi • 1 Sejarah • 1.1 Konfusianisme sebagai agama dan filsafat • 1.2 Agama Konghucu pada zaman Orde Baru • 1.3 Agama Konghucu pada zaman Orde Reformasi • 2 Ajaran Konfusius • hari raya konghucu Intisari ajaran Konghucu • 3.1 Falsafah Dasar • 3.2 Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) • 3.3 Lima Sifat Mulia (Wu Chang) • 3.4 Lima Etika (Wu Lun) • 3.5 Delapan Kebajikan (Ba De) • 4 Kitab suci • 5 Definisi agama menurut agama Konghucu • 6 Nabi • 6.1 Masa prasejarah (sebelum 2205 SM) • 6.2 Zaman Dinasti Xia • 6.3 Zaman Dinasti Shang • 6.4 Zaman Dinasti Zhou • 7 Lihat pula • 8 Referensi Sejarah [ sunting - sunting sumber ] Konfusianisme sebagai agama dan filsafat [ sunting - sunting sumber ] Konfusianisme muncul dalam bentuk agama di beberapa negara seperti Korea, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan Tiongkok.

Dalam bahasa Tionghoa, agama Khonghucu sering kali disebut sebagai Kongjiao (孔教) atau Rujiao (儒教). Konghucu sebagai institusi agama di Indonesia menerapkan hal-hal berikut.

• Mengangkat Konfusius sebagai salah satu nabi (先知) • Menetapkan Litang (Gerbang Kebajikan) dan klenteng sebagai tempat ibadah resmi bagi umat Khonghucu. • Menetapkan Sishu Wujing (四書五經) sebagai kitab suci resmi • Menetapkan tahun baru Imlek, sebagai hari raya keagamaan resmi • Hari-hari raya keagamaan lainnya; Imlek, Hari lahir Khonghucu (27-8 Imlek), Hari Wafat Khonghucu (18-2-Imlek), Hari Genta Rohani (Tangce) 22 Desember, Chingming (5 April), Qing Di Gong (8/9-1 Imlek) dsb.

[1] • Rohaniwan; Jiao Sheng (Penyebar Agama), Wenshi (Guru Agama), Xueshi (Pendeta), Zhang Lao (Tokoh/Sesepuh). • Kalender Imlek terbukti dibuat oleh Nabi Kongzi (Konfusius). Nabi Kongzi mengambil sumbernya dari penangalan dinasti Xia (2200 SM) yang sudah ditata kembali oleh Nabi Khongcu. [ butuh rujukan] Tahun Zaman Nabi Khongcu Tahun Baru jatuh 22 Desember.

4 Februari pergantian musim dingin ke musim semi. Jadi Imlek bukan perayaan musim semi. Perkiraan tanggal 1 imlek, rentang waktunya 15 hari kedepan dan 15 hari kebelakang dari 4 Februari tersebut.Tiap 4 atau 5 tahun sekali ada bulan ke 13, untuk menggenapi agar perhitungan tersebut tidak berubah.

[ perlu dijelaskan] Agama Konghucu pada zaman Orde Baru [ sunting - sunting sumber ] Di zaman Orde Baru, pemerintahan Soeharto melarang segala bentuk aktivitas berbau kebudayaaan dan tradisi Tionghoa di Indonesia. Ini menyebabkan banyak pemeluk kepercayaan tradisional Tionghoa menjadi tidak berstatus sebagai pemeluk salah satu dari 5 agama yang diakui.

Untuk menghindari permasalahan politis (dituduh sebagai ateis dan komunis), pemeluk kepercayaan tadi kemudian diharuskan untuk memeluk salah satu agama yang diakui, mayoritas menjadi pemeluk agama Buddha, Islam, Katolik, atau Kristen.

Klenteng yang merupakan tempat ibadah kepercayaan tradisional Tionghoa juga terpaksa mengubah nama dan menaungkan diri menjadi wihara yang merupakan tempat ibadah agama Buddha. Agama Konghucu pada zaman Orde Reformasi [ sunting - sunting sumber ] Seusai Orde Baru, pemeluk kepercayaan tradisional Tionghoa mulai mendapatkan kembali pengakuan hari raya konghucu identitas mereka sejak masa kepemimpinan presiden KH.

Abdurrahman Wahid (Gus Dur) melalui UU No 1/Pn.Ps/1965 yang menyatakan bahwa agama-agama yang banyak pemeluknya di Indonesia antara lain Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Konghucu. Ajaran Konfusius [ sunting - sunting sumber ] Ajaran Konfusianisme atau Kong Hu Cu (juga: Kong Fu Hari raya konghucu atau Konfusius) dalam bahasa Tionghoa, istilah aslinya adalah Rujiao (儒教) yang berarti agama dari orang-orang yang lembut hati, terpelajar dan berbudi luhur.

Khonghucu memang bukanlah pencipta agama ini melainkan dia hanya menyempurnakan agama yang sudah ada jauh sebelum kelahirannya seperti apa yang dia sabdakan: "Aku bukanlah pencipta melainkan Aku suka akan ajaran-ajaran kuno tersebut". Meskipun orang kadang mengira bahwa Konghucu adalah merupakan suatu pengajaran filsafat untuk meningkatkan moral dan menjaga etika manusia. Sebenarnya kalau orang mau memahami secara benar dan utuh tentang Ru Jiao atau Agama Konghucu, maka orang akan tahu bahwa dalam agama Khonghucu (Ru Jiao) juga terdapat Ritual yang harus dilakukan oleh para penganutnya.

Agama Konghucu juga mengajarkan tentang bagaimana hubungan antar sesama manusia atau disebut "Ren Dao" dan bagaimana kita melakukan hubungan dengan Sang Khalik/Pencipta alam semesta (Tian Dao) yang disebut dengan istilah "Tian" atau "Shang Di". Ajaran falsafah ini diasaskan oleh Kong Hu Cu yang dilahirkan pada tahun 551 SM Chiang Tsai yang saat itu berusia 17 tahun.

Seorang yang bijak sejak masih kecil dan terkenal dengan penyebaran ilmu-ilmu baru ketika berumur 32 tahun, Kong Hu Cu banyak menulis buku-buku moral, sejarah, kesusasteraan dan falsafah yang banyak diikuti oleh penganut ajaran ini. Ia meninggal dunia pada tahun 479 SM.

Konfusianisme mementingkan akhlak yang mulia dengan menjaga hubungan antar-manusia di langit dengan manusia di bumi dengan baik. Penganutnya diajar supaya tetap mengingat nenek moyang seolah-olah roh mereka hadir di dunia ini.

Ajaran ini merupakan susunan falsafah dan etika yang mengajar bagaimana manusia bertingkah laku. Konfusius tidak menghalangi orang Tionghoa menyembah keramat dan penunggu tetapi hanya yang patut disembah, bukan menyembah barang-barang keramat atau penunggu yang tidak patut disembah, yang dipentingkan dalam ajarannya adalah bahwa setiap manusia perlu berusaha memperbaiki moral.

Ajaran ini dikembangkan oleh muridnya Mengzi ke seluruh Tiongkok dengan beberapa perubahan. Intisari ajaran Konghucu [ sunting - sunting sumber ] Falsafah Dasar [ sunting - sunting sumber ] 1. Tian Tian adalah Maha Pencipta alam semesta. Manusia tidak dapat memahami hakikat sejati Tian sehingga Ia dilambangkan dengan ciri-ciri berikut: [2] Yuan: yang selalu hadir.

Heng: yang selalu berhasil. Li: yang selalu membawa berkah. Zhen: yang selalu adil, tidak membeda-bedakan. 2. Xing Xing adalah jati diri manusia, kodrat, yaitu perwujudan firman Tian ( Tian Ming) dalam diri manusia. Xing menghubungkan Tian dengan segala ciptaannya. Manusia sulit mengenali xingnya karena tertutup oleh emosi, napsu; maka manusia harus dibimbing dengan pedoman etika. Meskipun xing setiap manusia berbeda-beda, hari raya konghucu memiliki satu persamaan yaitu Ren (perikemanusiaan).

[2] 3. Ren Ren atau perikemanusiaan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Zhong (setia) dan Shu (solidaritas). [2] Zhong merupakan kependekan dari istilah hari raya konghucu yi Tian ( lit. setia kepada Tuhan), yaitu berserah diri,lahir dan batin kepada Tuhan. Shu merupakan kependekan dari istilah shu yi ren ( lit. solider kepada sesama manusia atau "cinta kasih sejati". Terdapat dua istilah yang menerangkan arti Shu lebih lanjut. [2] Ji suo bu yu, wu shi yu ren, yaitu "apa yang diri sendiri tiada inginkan, jangan dilakukan terhadap orang lain".

(Lunyu) Ji yu li er li ren, ji yu da er da ren, yaitu "kalau ingin tegak, buatlah orang lain juga tegak; jika ingin maju, buatlah orang lain juga maju". Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) [ sunting - sunting sumber ] Delapan Pengakuan Iman (Ba Cheng Chen Gui) dalam agama Khonghucu: • Sepenuh Iman kepada Tuhan Yang Maha Esa (Cheng Xin Huang Tian) • Sepenuh Iman menjunjung Kebajikan (Cheng Juen Jie De) • Sepenuh Iman Menegakkan Firman Gemilang (Cheng Li Ming Ming) • Sepenuh Iman Percaya adanya Nyawa dan Roh (Cheng Zhi Gui Shen) • Sepenuh Iman memupuk Cita Berbakti (Cheng Yang Xiao Shi) • Sepenuh Iman mengikuti Genta Rohani Nabi Kongzi (Cheng Shun Mu Duo) • Sepenuh Iman memuliakan Kitab Si Shu dan Wu Jing (Cheng Qin Jing Shu) • Sepenuh Iman menempuh Jalan Suci (Cheng Xing Da Dao) Lima Sifat Mulia (Wu Chang) [ sunting - sunting sumber ] Lima Sifat Kekekalan (Wu Chang): [2] 1.

Ren - Cinta Kasih yaitu sifat mulia pribadi seseorang terhadap moralitas, cinta kasih, kebajikan, kebenaran, tahu-diri, halus budi pekerti, tanggang rasa, perikemanusiaan. Ini merupakan sifat manusia yang paling mulia dan luhur. 2. Yi - Kebenaran/ Keadilan/ Kewajiban yaitu sifat mulia pribadi seseorang dalam solidaritas serta senantiasa membela kebenaran.

Bila Ren sudah ditegakkan, maka Yi harus menyertai. 3. Li - Kesusilaan/ Kepantasan yaitu sifat mulia hari raya konghucu seseorang yang bersusila, sopan santun, tata krama, dan budi pekerti. Semula Li hanya dikaitkan dengan perilaku yang benar dalam upacara keagamaan, tetapi selanjutnya diperluas hingga ke adat-istiadat dan tradisi dalam masyarakat.

4. Zhi - Bijaksana yaitu sifat mulia pribadi seseorang yang arif bijaksana dan penuh pengertian. Kong Hu Cu merangkaikan munculnya kebijaksanaan seseorang dengan selalu sabar dalam mengambil tindakan, penuh persiapan, melihat jauh ke depan, serta memperhitungkan segala kemungkinan yang akan terjadi. 5. Xin - Dapat dipercaya yaitu sifat pribadi seseorang yang selalu percaya diri, dapat dipercaya orang lain, dan senantiasa menepati janji. Lima Etika (Wu Lun) [ sunting - sunting sumber ] Lima hubungan norma etika dalam bermasyarakat merupakan bentuk dasar interaksi manusia.

Dengan menjalani kehidupan yang sesuai dengan hari raya konghucu Wu Lun, seseorang akan menikmati keselarasan dalam kepribadiannya maupun dalam hubungannya dengan masyarakat. [2] • Hubungan antara Pimpinan dan Bawahan • Hubungan antara Suami dan Isteri • Hubungan antara Orang tua dan anak • Hubungan antara Kakak dan Adik • Hubungan antara Kawan dan Sahabat Delapan Kebajikan (Ba De) [ sunting - sunting sumber ] Delapan Kebajikan (Ba De): [2] • Xiao - Laku Bakti; yaitu berbakti kepada orang tua, leluhur, dan guru.

• Ti - Rendah Hati; yaitu sikap kasih sayang antar saudara, yang lebih muda menghormati yang tua dan yang tua membimbing yang muda. • Zhong - Setia; yaitu kesetiaan terhadap atasan, teman, kerabat, dan negara. • Xin - Dapat Dipercaya • Li - Susila; yaitu sopan santun dan bersusila.

• Yi - Bijaksana; yaitu berpegang teguh pada kebenaran.

• Lian - Suci Hati; yaitu sifat hidup yang sederhana, selalu menjaga kesucian, dan tidak menyeleweng/ menyimpang.

• Chi - Tahu Malu; yaitu sikap mawas diri dan malu jika melanggar etika dan budi pekerti. Kitab suci [ sunting - sunting sumber ] Kitab suci agama Konghucu dibagi menjadi dua kelompok: • Wu Jing (五 經) (Kitab Suci yang Lima) yang terdiri atas: • Kitab Sanjak Suci 詩經 Shi Jing • Kitab Dokumen Sejarah 書經 Shu Jing • Kitab Wahyu Perubahan 易經 Yi Jing • Kitab Suci Kesusilaan 禮經 Li Jing • Kitab Chun-qiu 春秋經 Chunqiu Jing • Si Shu (Kitab Yang Empat) yang terdiri atas: • Kitab Ajaran Besar - 大學 Da Xue • Kitab Tengah Sempurna - 中庸 Zhong Yong • Kitab Sabda Suci - 論語 Lun Yu Diarsipkan 2018-05-17 di Wayback Machine.

• Kitab Mengzi - 孟子 Meng Zi Selain itu hari raya konghucu ada satu kitab lagi: Xiao Jing (Kitab Bakti). Definisi agama menurut agama Konghucu hari raya konghucu sunting - sunting sumber ] Berdasarkan kitab Zhong Yong agama adalah bimbingan hidup karunia Tian/Tuhan Yang Maha Esa (Tian Shi) agar manusia mampu membina diri hidup di dalam Dao atau Jalan Suci, yakni "hidup menegakkan Firman Tian yang mewujud sebagai Watak Sejati, hakikat kemanusiaan".

Hidup beragama berarti hidup beriman kepada Tian dan lurus satya menegakkan firmanNya. Nabi [ sunting - sunting sumber ] Lihat pula: Tiga Maharaja dan Lima Kaisar • Nabi Purba Fu Xi ( Hanzi:扶羲), hidup sekitar 2952 – 2836 SM. Dia menerima wahyu He tu (peta sungai) yang tergambar di punggung seekor hewan gaib Long ma, yang keluar dari dalam Sungai Huang Ho.

Lambang wahyu tersebut kini dikenal sebagai lambang Bagua. Nabi Nu Wa ( Hokkien:Lie Kwa), istri Fuxi, menciptakan Hukum Pernikahan. [2] • Nabi Purba Shen Nong ( Hanzi:神農), hidup sekitar 2838 – 2698 SM. • Nabi Purba Huang Di ( Hanzi:黃帝), hidup sekitar 2698 – 2596 SM.

Istrinya, Nabi Lei Zu adalah penemu sutra yang ditenunnya dari kepompong ulat sutra, dan bersama Huang Di menciptakan alat tenun, pakaian Hian Ik (pakaian harian) dan Hong Siang (pakaian upacara).

• Nabi Purba (堯) Yao 2357 – 2255 SM. Pada zamannya dilakukan penyempurnaan perhitungan kalender dengan menambah bulan kabisat Imlek, sehingga setiap tanggal 15 selalu jatuh tepat ketika bulan sedang bulat penuh. • Nabi Purba (舜) Shun 2255 – 2205 SM. Zaman Dinasti Xia [ sunting - sunting sumber ] • Nabi Purba (大 禹) Da Yu 2205 – 2197 SM.

Sewaktu berada di tepian Sungai Luohe, dalam rangka tugasnya sebagai pengawas penanggulangan banjir, Yu melihat seekor kura-kura gaib muncul dari dalam air. Guratan-guratan di punggung kura-kura itu menyadarkan dirinya akan wahyu ilahi yang kemudian dinamakan Luo Shu (Kitab Sungai Luohe) yang menjadi cikal bakal houtian bagua. Pada masa pemerintahannya, versi pertama dari falsafah perubahan yang disebut Lian Shan Yi (Rangkaian Gunung) dan Hong Fan ditulis.

[2] Zaman Dinasti Shang [ sunting - sunting sumber ] • Nabi Purba Shang Tang ( Hanzi=商 湯), memerintah tahun 1675 – 1646 SM. • Nabi Wen Wang ( Hanzi=文王). Menerima wahyu ilahi Dan Shu (Kitab Dan) sehingga ia menemukan lambang houtian bagua dan mengembangkan lebih jauh falsafah perubahan.

[2] • Hari raya konghucu Jiang Ziya. Zaman Dinasti Zhou [ sunting - sunting sumber ] • Nabi Wu Wang ( Hanzi=武王). Ia merupakan raja pertama Dinasti Zhou. Pada tahun ke-13 pemerintahannya, Wu Wang menerima persembahan kitab Hong Fan dari Jizi, bekas menteri Dinasti Shang, yang menyatakan bahwa kitab kuno tersebut merupakan warisan dari zaman Kaisar Yu yang disimpan olehnya.

[2] • Nabi Zhou Gong ( Hanzi=周公). Putera keempat Wen Wang. Ia melanjutkan karya ayahnya membenahi falsafah perubahan dengan menambahkan bagian-bagian baru (seperti komentar Xiang), sehingga versi ketiga ini dikenal sebagai Zhou Yi (falsafah perubahan Dinasti Zhou).

Ia juga meletakkan dasar-dasar tata-upacara pemujaan dan kesusilaan dalam ajaran Ru. [2] • Nabi Besar (孔 子) Kong Zi 551 – 479 SM. Lihat pula [ sunting - sunting sumber ] • Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia • Klenteng • Agama • Daftar agama • Tempat ibadah Referensi [ sunting - sunting sumber ] • Adat Lawas • Adat Musi • Agama Buhun • Agama Helu • Aji Dipa • Aliran Kebatinan Tak Bernama • Aluk Todolo • Ameok • Anak Cucu Bandha Yudha • Angesthi Sampurnaning Kautaman • Anggayuh Panglereming Nafsu • Arat Sabulungan • Babolin • Babukung • Baha'i • Basorah • Buddha • Buddhayana • Maitreya • Tridharma • Budi Daya • Budi Rahayu • Budi Sejati • Bumi Hantoro • Cakramanggilingan • Dharma Murti • Empung Loken Esa • Era Wulan Watu Tana • Galih Puji Rahayu • Gautami • Golongan Si Raja Batak • Guna Lera Wulan Dewa Tanah Ekan • Gunung Jati • Hajatan • Habonaron Do Bona • Hak Sejati • Hangudi Bawono Tata Lahir Satin • Hangudi Lakuning Urip • Hardo Pusoro • Hidup Betul • Hindu • Bali • Jawa • Kaharingan • Towani Tolotang • Siwa-Buddha • Ilmu Goib • Ilmu Goib Kodrat Alam • Imbal Wacono • Islam • Abangan • modern • Ahmadiyyah • Islam Nusantara • LDII • Modernis • Al-Qiyadah Al-Islamiyah • Syiah • Tradisionalis • Wahidiyah • Hari raya konghucu Telu • IWKU • Jainisme • Jawa Domas • Jingi Tiu • Kapitayan • Kejawen • Khonghucu • Koda Kirin • Kristen • Katolik • Mormonisme • Ortodoks • Protestan • Saksi-Saksi Yehuwa • Lera Wulan Dewa Tanah Ekan • Malesung • Marapu • Masade • Naurus • Parmalim • Pelebegu • Pemena • Pepandyo • Perjalanan • Purwoduksino • Rila • Salamullah • Sedulur Sikep • Sikh • Sirnagalih • Subud • Sumarah • Sunda Wiwitan • Djawa Sunda • Taoisme • Tonaas Walian • Wor • Yahudi Ireligiusitas Kategori tersembunyi: • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan • Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan April 2022 • Artikel yang memiliki kalimat yang harus diperbaiki • Templat webarchive tautan wayback • Artikel Wikipedia dengan penanda GND • Artikel Wikipedia dengan penanda BNF • Artikel Wikipedia dengan penanda LCCN • Artikel Wikipedia dengan penanda NDL • Artikel Wikipedia dengan penanda TDVİA • Halaman ini terakhir diubah pada 3 April 2022, pukul 15.04.

• Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya. • Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
Sebuah tulisan berbahasa Indonesia harus mematuhi aturan atau kaidah penulisan yang telah ditetapkan sehingga tulisan tersebut layak untuk dipublikasikan atau dibaca oleh masyarakat umum.

EYD (Ejaan yang Disempurnakan) merupakan standar yang mengatur semua kaidah penulisan dalam bahasa Indonesia. Sebuah kata, kalimat maupun tulisan dikatakan layak jika telah memenuhi standar atau sesuai dengan EYD. Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang hari raya konghucu huruf miring, dan untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang penggunaan huruf kapital yang benar.

Pengertian Huruf Kapital Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), huruf kapital atau disebut juga dengan huruf besar adalah huruf yang berukuran dan berbentuk khusus (lebih besar daripada huruf biasa). Huruf kapital biasanya selalu diletakkan di setiap awal kata pertama dalam suatu kalimat. Padahal sebenarnya huruf kapital tak hanya dapat digunakan pada awal kata pertama saja tapi juga pada kata-kata setelahnya akan tetapi penggunaan dan penulisannya harus sesuai dengan kondisi dan aturan tertentu yang telah ditetapkan.

Penggunaan Huruf Kapital Menurut EYD (Ejaan yang Disempurnakan) Penggunaan huruf kapital tidak sesederhana sekedar meletakkan huruf besar di awal kata saja, namun penggunaan dan penulisannya harus sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Dalam buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (2001), dijelaskan bahwa terdapat 15 aturan penggunaan serta tata cara penulisan huruf kapital.

Adapun 15 aturan penggunaan huruf kapital, yaitu sebagai berikut : 1. Sebagai huruf pertama pada kata pertama dalam suatu kalimat. Contoh : • Matahari menjadi cahaya paling terang di muka bumi ini.

• Senyum adalah cara paling sederhana menikmati hidup. hari raya konghucu. Sebagai huruf pertama dalam kalimat petikan langsung. Contoh : • Dia memarahiku sambil berkata, “Kenapa kau tega mengkhianati kepercayaan yang sudah kami berikan padamu?”. • Tiba-tiba orang tersebut menghampiriku dan bertanya, “Siapa namamu?”. 3. Sebagai huruf pertama untuk ungkapan/sebutan yang berhubungan dengan Tuhan, kitab suci serta kata ganti untuk menyebut Tuhan.

Contoh : • Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. • Lindungilah kami dari siksaan api neraka-Mu. 4. Sebagai huruf pertama untuk menyebutkan nama gelar kehormatan, keturunan dan keagamaan (hanya jika diikuti oleh nama seseorang yang dimaksudkan). Contoh : • Salah satu pahlawan kebanggaan bangsa Indonesia adalah Pangeran Diponegoro. • Acara do’a bersama itu dipimpin oleh Ustad Jefri Al-Bukhori.

5. Sebagai huruf pertama sebutan/gelar, jabatan dan pangkat seseorang (hanya jika diikuti oleh nama orang yang dimaksudkan atau jika nama orang tersebut diganti dengan nama instansi maupun nama tempat ia berkedudukan). Contoh : • Kasus korupsi itu juga menyeret nama Gubernur Jawa Tengah.

• Rektor Universitas Indonesia terpaksa digantikan sementara oleh wakilnya karena kondisi kesehatannya tiba-tiba memburuk. 6. Sebagai huruf pertama nama orang. Contoh : • Keponakanku yang baru lahir itu diberi nama Adnan Khair Ardhani.

• Wali kelas kami bernama Siti Fahmi Septiani. 7. Sebagai singkatan nama orang.

Contoh : • Presiden ke-6 Indonesia adalah bapak SBY. • A.H. Nasution adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia 8. Sebagai huruf pertama nama bahasa, suku, bangsa dan agama. Contoh : • Negara Indonesia mengakui 6 agama, yaitu : Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha dan Konghucu. • Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang dapat digunakan di seluruh negara-negara di dunia.

9. sebagai huruf pertama nama hari, bulan, tahun, peristiwa sejarah dan nama hari raya suatu agama. Contoh : • Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. • Sisil lahir tepat di Hari Raya Natal yakni 25 Desember sehingga dalam nama lengkapnya dicantumkan kata Natalia. 10. Sebagai huruf pertama nama tempat, lokasi secara geografis.

Contoh : • ASEAN terdiri atas 11 negara yang semuanya terletak di Asia Tenggara. • Rumah nenekku berada di kaki Pegunungan Brawijaya.

11. Sebagai huruf pertama nama negara, lembaga pemerintahan, ketatanegaraan serta nama dokumen resmi. Contoh : • Panduan tentang penulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat dilihat di buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.

hari raya konghucu Peraturan baru tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia, No. 21 Tahun 2008. 12. Sebagai huruf pertama perulangan kata suatu badan/instansi, lembaga pemerintah, ketatanegaraan dan dokumen resmi. Contoh : • Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia merupakan hal yang wajib dilakukan dalam kegiatan upacara bendera.

• Besok akan diselenggarakan pemilihan ketua dari Yayasan Ilmu-Ilmu Ekonomi. 13. Sebagai huruf pertama nama buku, majalah, surat kabar, judul karangan. Contoh : • Ayah sangat suka membaca majalah Tempo. • Hampir seluruh penghuni komplek ini berlangganan surat kabar Media Indonesia. 14. Sebagai huruf pertama singkatan gelar, pangkat maupun sapaan.

Contoh : • Para sarjana bidang ekonomi mendapatkan gelar S.E yaitu Sarjana Ekonomi. • Semua skripsi yang terkumpul diperiksa kelayakannya oleh Ketua Prodi (Program Studi) masing-masing jurusan. 15. Sebagai huruf pertama kata penunjuk kekerabatan (baik yang diikuti dengan atau tanpa nama orang yang dimaksudkan). Contoh : • Kapan Bapak akan kembali dari perjalanan dinasnya? • Hari ini aku harus mendatangi rumah Pak RT untuk mengurus kartu keluarga.

16. Sebagai huruf pertama kata ganti Anda (dengan maksud berkata secara sopan). Contoh : • Apakah Anda tidak keberatan jika saya duduk disini? • Kehadiran Saudara sangat dinantikan oleh beliau. 17. Sebagai huruf pertama pada kata keterangan seperti, catatan dan misalnya yang di awali oleh sebuah pernyataan dan di ikuti oleh penjelasan yang berkaitan dengan pernyataan tersebut.

Contoh : • Balita membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhannya. Tidak kekurangan juga tidak berlebihan. Karenanya orangtua harus dapat mengatur porsi menu anak. Misalnya : • roti : ½-1 potong ukuran sedang, nasi : 2-5 sendok makan • wortel : 1-3 sendok makan, apel : ¼-½ buah • keju : 2-4 sendok makan sebagai topping/isi roti, susu : 100-120 ml • telur : ½-1 butir, ikan : 1-1½ sendok makan • biskuit : 1-2 keping, jus buah : 100-120 ml Catatan : menu dapat berubah dan di sesuaikan dengan kebutuhan anak Dalam beberapa kasus, hari raya konghucu kapital justru hari raya konghucu atau tidak dibenarkan penggunaannya, antara lain : • Huruf kapital tidak dibenarkan penggunaannya pada nama gelar, kehormatan, keturunan maupun keagamaan tidak diikuti oleh nama orang yang dimaksudkan.

Contoh : Kami diajari mengaji oleh salah satu ustad terbaik di kampung ini. • Huruf kapital tidak dibenarkan penggunaannya pada nama jabatan dan pangkat yang tidak diikuti oleh nama orang yang dimaksudkan, instansi, lokasi atau tempat orang tersebut berkedudukan. Contoh : Ia menjadi gubernur ketika berusia 40 tahun.

• Huruf kapital tidak dibenarkan penggunaannya pada nama orang yang berfungsi sebagai jenis atau satuan suatu ukuran. Contoh : Mesin diesel yang berada di ujung lorong itu hampir dicuri maling. • Huruf kapital tidak hari raya konghucu penggunaannya pada nama bahasa, bangsa dan suku yang dipakai sebagai kata turunan. Contoh : Ia mendapat tugas mengindonesiakan istilah asing yang terdapat dalam artikel tersebut.

• Huruf kapital tidak dibenarkan penggunaannya pada peristiwa sejarah jika bukan dipakai sebagai sebuah nama. Contoh : Kesalahpahaman yang terus berlanjut itu dapat mengakibatkan perang dunia. • penggunaan tanda petik dan petik tunggal • penggunaan tanda tanya dan tanda seru • tata cara penulisan catatan kaki • fungsi kata tanya • fungsi kah lah tah pun • ciri ciri kata baku dan tidak baku • ciri ciri kalimat fakta dan opini • ciri ciri kalimat pasif • jenis jenis kalimat aktif • jenis jenis kata • contoh kata ganti • contoh majas ironi • contoh kalimat sinonim dan antonim • contoh majas metonomia • contoh kalimat interogatif Demikianlah pembahasan tentang penggunaan huruf kapital yang benar menurut EYD (Ejaan yang Disempurnakan).

Semoga artikel ini bermanfaat. Peraturan Pembayaran THR 2021: Pengusaha Wajib Bayar THR Maksimal H-1 – Pemerintah telah mengeluarkan peraturan terbaru mengenai pelaksanaan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan dalam bentuk Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan No Hari raya konghucu. SE Menaker ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah No 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Artinya, aturan THR karyawan secara mendasar tidak mengalami perubahan, hanya waktu pembayarannya tetap mempertimbangkan kemampuan perusahaan dalam pemenuhan hak pekerja di masa pandemi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini aturan THR 2021 yang perlu diketahui.

Baca Juga: Begini Cara Menghitung THR Karyawan Harian Lepas Table of Contents • Ketentuan dasar pembayaran THR • THR boleh dibayarkan H-1 dengan syarat dan ketentuan • THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil • Pemerintah daerah diminta mengawasi pengusaha • Terlambat bayar THR, pengusaha dikenakan denda • Menghitung THR secara otomatis Ketentuan dasar pembayaran THR THR Keagamaan adalah pendapatan non-upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan.

THR aturan Depnaker diberikan menjelang Idulfitri bagi pekerja beragama Islam, Natal bagi pekerja beragama Kristen Katholik dan Kristen Protestan, Nyepi bagi pekerja beragama Hindu, Waisak bagi pekerja beragama Budha, dan Imlek bagi pekerja beragama Konghucu. 1. Pekerja yang berhak menerima THR THR diberikan kepada pekerja dalam hubungan kerja perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) maupun perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT).

Syaratnya, pekerja telah bekerja minimal 1 bulan secara hari raya konghucu menerus di perusahaan bersangkutan. 2. Cara menghitung THR karyawan Cara menghitung THR karyawan mengikuti ketentuan Permenaker No 6 Tahun 2016 seperti berikut ini. a. Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, diberikan sebesar 1 bulan upah.

b. Pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus menerus atau lebih tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan: masa kerja/12 x 1 bulan upah. c. Upah 1 bulan adalah upah yang terdiri atas komponen upah tanpa tunjangan atau upah pokok termasuk tunjangan tetap. d. Bagi pekerja harian, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Jika masa kerja kurang dari 12 bulan, maka upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

3. Waktu pembayaran THR THR wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan (H-7). THR boleh dibayarkan H-1 dengan syarat dan ketentuan SE Menaker memungkinkan perusahaan untuk membayar THR Keagamaan lebih lama dari ketentuan perundang-undangan, atau selambat-lambatnya pada H-1, namun harus dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut: a.

Pengusaha tidak mampu membayar THR tepat waktu karena terdampak pandemi COVID-19. b. Pengusaha wajib melakukan dialog kekeluargaan dengan pekerja sampai diperoleh kesepakatan secara tertulis yang memuat waktu paling lambat pembayaran THR sebelum hari raya keagamaan.

c. Pengusaha wajib membuktikan ketidakmampuan membayar THR tepat waktu dengan menunjukkan laporan keuangan perusahaan secara transparan kepada pekerja. d. Pengusaha wajib melaporkan hasil kesepakatan tersebut kepada Dinas Ketenagakerjaan setempat paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Ketentuan di atas ditegaskan kembali oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah dalam konferensi pers tentang THR Keagamaan Tahun 2021 pada Senin, 12 April. “Pengusaha tidak mampu bayar THR lakukan dialog dengan buruh untuk sampai kesepakatan yang dibuat secara tertulis dengan syarat paling lambat dibayar sehari sebelum hari raya,” kata Ida dikutip CNBCIndonesia.com.

Baca Juga: Ketentuan THR Bagi Karyawan yang Baru Dipromosi Sesuai Depnaker THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil Jika pada 2020 pengusaha diperbolehkan membayar THR dengan cara mencicil, maka tahun ini tidak.

Pengusaha wajib membayar THR secara hari raya konghucu dan sekaligus sebelum hari raya keagamaan. Tahun lalu, pemerintah memberikan kelonggaran pembayaran THR dengan mencicil, karena mempertimbangkan kelangsungan hari raya konghucu bagi perusahaan yang terdampak pandemi.

Namun, selama setahun ini, pemerintah telah memberikan berbagai kemudahan dan insentif bagi dunia usaha untuk membantu mendorong roda perekonomian kembali bergerak. Pembayaran THR secara utuh dan tepat waktu juga dimaksudkan untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional. THR akan meningkatkan daya beli masyarakat pada saat hari raya keagamaan dan mendorong tingkat konsumsi.

“Untuk itu, diperlukan komitmen pengusaha untuk membayar THR secara penuh dan tepat waktu,” ujar Ida dalam konferensi pers seperti dikutip Kontan. Pemerintah daerah diminta mengawasi pengusaha SE Menaker juga meminta kepala daerah, yaitu gubernur dan bupati/wali kota, untuk menegakkan hukum sesuai kewenangannya terhadap pelanggaran pembayaran THR Keagamaan 2021 dengan memperhatikan rekomendasi dari hasil pemeriksaan pengawas ketenagakerjaan.

Selain itu, pemerintah daerah juga diminta membentuk Pos Komando Pelaksanaan THR Keagamaan 2021 (Posko THR) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Posko ini ditujukan untuk menampung keluhan terkait pembayaran THR 2021. Terlambat bayar THR, pengusaha dikenakan denda Pengusaha diharapkan untuk mematuhi aturan pelaksanaan pembayaran THR Keagamaan.

Apabila terlambat membayar THR, pengusaha dapat dikenai sanksi administratif sebagaimana yang diatur dalam Permenaker No 6 Tahun 2016. Keterlambatan pembayaran THR akan dikenai denda sebesar 5 persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar.

Pengenaan denda tersebut tidak menghapus kewajiban pengusaha untuk tetap membayar THR. “Terkait denda, pengusaha yang terlambat membayar THR Keagamaan kepada pekerja atau buruh dikenai denda sebesar 5 persen dari total THR,” tegas Ida sebagaimana diberitakan Kompas.com.

Menghitung THR secara otomatis Untuk menghitung THR, Anda bisa menggunakan cara manual dengan Excel. Sebagai contoh, jika seorang karyawan menerima gaji Rp5.000.000 dan telah bekerja selama 6 bulan sebelum hari raya, maka perhitungannya adalah: 6/12 x Rp6.000.000 = Rp3.000.000.

Selain hitung manual, ada cara menghitung THR dengan cepat dan akurat, yaitu menggunakan aplikasi HRD Gadjian. Software berbasis cloud ini punya fitur Penggajian dan THR yang menyediakan proses otomatisasi dalam hitung gaji dan hitung THR online karyawan. Anda tidak perlu repot hitung manual THR karyawan di perusahaan, terlebih jika karyawan Anda cukup banyak. Baca Hari raya konghucu Cara Mudah Menghitung PPh 21 THR dan Bonus Perhitungan otomatis tidak hanya menghemat waktu dan mengefisienkan biaya, tetapi juga membantu Anda lebih cepat menyelesaikan pembayaran THR.

Sehingga, Anda akan terhindar dari keterlambatan yang dapat berakibat denda 5 persen. Gadjian adalah aplikasi HRIS dan payroll yang menghitung gaji karyawan beserta komponennya, seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, bonus, THR, BPJS, dan pajak penghasilan PPh 21 secara online dan otomatis.

Membayar gaji karyawan juga bisa menggunakan Gadjian yang terintegrasi dengan Mandiri Cash Management (MCM), sehingga Anda hanya perlu sekali klik di aplikasi untuk membayar gaji seluruh karyawan dengan cepat dan aman. Bukan hanya soal penggajian, Gadjian juga membantu Anda mengelola administrasi karyawan secara efisien, dari mulai kelola data karyawan, cuti, jadwal kerja hari raya konghucu shift, struktur dan skala upah, hingga analisis data karyawan.

Posted in Konsultasi HRD, Payroll Services, Hari raya konghucu Ketenagakerjaan Tagged aplikasi HRD gadjian, aplikasi hris, aturan thr 2021, aturan thr karyawan, cara menghitung THR karyawan, hitung THR online, pembayaran thr tahun 2021, pengusaha wajib bayar thr, peraturan thr, thr aturan depnaker, thr bisa dicicil, thr karyawan 2021, thr wajib dibayar pengusaha • Gadjian adalah aplikasi penggajian (HR & payroll software) berbasis cloud terbaik di Indonesia.

Gadjian membantu operasional perusahaan dalam mengelola karyawan serta melakukan penghitungan dan administrasi gaji, izin, sakit, cuti, BPJS, PPh 21 (termasuk multi NPWP) dan pengaturan shift. • 2022 Gadjian.com ALL RIGHTS RESERVED • • • • • •
– 29 April: Cuti bersama lebaran – 30 April – 1 Mei: Libur akhir pekan hari raya konghucu 2-3 Mei: Libur lebaran Idulfitri 1443 H – 4-6 Mei: Cuti bersama lebaran Bulan November-Desember merupakan waktu yang tepat untuk menyusun kalender kerja HR di 2022.

Mengingat banyaknya pekerjaan tahunan HR, kamu perlu perencanaan dini agar tidak mengalami penumpukan tugas. Kalender kerja akan membantu kamu memetakan pekerjaan lebih baik. Table of Contents • Upah minimum 2022 • Batas pelaporan SPT Tahunan karyawan • Batas pelaporan SPT Masa • Penggajian karyawan • Pembayaran BPJS karyawan • Rekrutmen • Pembayaran THR • Jadwal cuti massal karyawan • Harpitnas • Long weekend Upah minimum 2022 Kalender kerja HR 2022 dimulai tepat tanggal 1 Januari 2022 di mana upah minimum terbaru mulai berlaku.

Per tanggal 9 November 2021, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah telah mengeluarkan Surat Edaran No B-M/383/HI.01.00/XI/2021 tentang Penetapan Upah Minimum 2022. Daftar UMP 2022 di 34 provinsi dapat kamu lihat di sini.

Baca Juga: Penting! Ini Aturan Cuti Tahunan Karyawan Swasta Saat UMP naik, kamu perlu siap-siap menyesuaikan upah terendah di perusahaan hari raya konghucu. Penyesuaian upah lebih mudah menggunakan software HRIS Gadjian. Fitur struktur dan skala upah di aplikasi ini membantu menyusun upah karyawan secara otomatis. Batas pelaporan SPT Tahunan karyawan Pelaporan SPT Tahunan orang pribadi wajib dilakukan paling lambat 31 Maret, atau tiga bulan sejak berakhirnya tahun pajak.

HR perlu memberikan bukti potong pajak atau formulir 1721 A1 kepada setiap karyawan selambat-lambatnya bulan Januari minggu keempat.

Ini memberikan waktu bagi karyawan untuk menyampaikan laporan lebih awal untuk menghindari denda keterlambatan. Bukti potong PPh 21 ini bisa diunduh di aplikasi Gadjian dalam format digital.

Karyawan tinggal melampirkan dokumen pajak tersebut dalam pelaporan pajak secara online melalui e-Filing. Batas pelaporan SPT Masa Batas waktu penyetoran dan pelaporan pajak PPh 21 masih tetap sama seperti tahun sebelumnya. Penyetoran pajak paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, sedangkan pelaporan SPT Masa tanggal 20 bulan berikutnya melalui e-Filing.

Hindari keterlambatan agar terbebas dari denda. Untuk menghitung PPh 21 karyawan dengan cepat dan akurat, Gadjian punya fitur PPh 21 Online yang dapat kamu andalkan. Kalkulator pajak ini menghitung otomatis pajak karyawan tetap, karyawan kontrak, karyawan lepas, dan tenaga ahli, dengan tiga metode, yaitu gross, gross up, dan nett. Penggajian karyawan Pembayaran gaji periode bulanan juga tidak berubah seperti sebelumnya. Tanggal ideal penggajian adalah pekan terakhir tiap bulan, atau berkisar dari tanggal 25 hingga tanggal 1 bulan hari raya konghucu.

Ketentuan teknis pembayarannya diatur dalam perjanjian kerja atau peraturan perusahaan, termasuk metode pembayaran serta ketentuan apabila tanggal penggajian jatuh pada hari libur nasional atau istirahat mingguan, apakah dimajukan hari raya konghucu diundurkan. Perlu dicatat, penggajian yang terlambat melebihi 3 hari akan dikenai denda 5% untuk setiap hari keterlambatan. Supaya penggajian efisien dan tepat waktu, kamu bisa menggunakan Gadjian. Software payroll terbaik di Indonesia ini menghitung gaji karyawan secara otomatis setiap bulan dan menyediakan slip gaji online untuk karyawan.

Pembayaran BPJS karyawan Iuran BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan karyawan wajib dibayarkan perusahaan setiap bulan sebagai premi atas program jaminan kesehatan dan jaminan sosial. Batas waktu penyetoran iuran Untuk BPJS Kesehatan adalah tanggal 10 setiap bulan, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan tanggal 15 bulan berikutnya.

Keterlambatan pembayaran berakibat perusahaan dikenai denda. Agar tak terlambat bayar iuran BPJS, kamu mesti punya sistem hitung yang cepat dan akurat. Gadjian bisa membantu kamu menghitung BPJS karyawan secara otomatis, baik tunjangan yang dibayar perusahaan maupun iuran yang dipotong dari gaji karyawan. Perhitungannya akan muncul di slip gaji hari raya konghucu. Revisi jadwal cuti bersama, libur nasional dan kalender kerja HR 2022 - Gadjian Download Kalender Kerja HR 2022 versi mobile dan desktop di sini.

Baca Juga: Daftar Hari Libur Nasional 2022, Pantau Cuti Massal Karyawan Rekrutmen Apabila kamu merencanakan akan merekrut fresh graduate dalam kalender HR 2022, maka waktu yang paling direkomendasikan adalah awal tahun (Januari-Februari) atau pertengahan tahun (Mei-Agustus). Pada periode ini, suplai lulusan perguruan tinggi di pasar tenaga kerja lebih banyak dari bulan-bulan lainnya, sehingga kamu punya kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kandidat potensial. Pembayaran THR THR adalah tunjangan yang wajib diberikan oleh perusahaan kepada karyawan pada saat hari raya keagamaan.

Besarnya THR adalah satu bulan upah untuk karyawan yang telah bekerja 12 bulan atau lebih. Apabila masa kerja karyawan lebih dari 1 bulan dan kurang dari 12 bulan, maka dihitung prorate. Untuk menghitung THR karyawan lebih efisien, kamu bisa menggunakan aplikasi Gadjian. Batas waktu pembayaran THR adalah tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

Jika terlambat, maka perusahaan bisa dikenai denda 5%. Karena itu, dalam kalender HR 2022, kamu perlu mengagendakan pembayaran THR tepat waktu. Tandai tanggal hari raya enam agama dalam kalender, lalu hitung maju seminggu. THR keagamaan Batas akhir pembayaran Karyawan beragama Konghucu 25 Januari 2022 Karyawan beragama Hindu 24 Februari 2022 Karyawan beragama Islam 25 April 2022 Karyawan beragama Buddha 9 Mei 2022 Karyawan beragama Kristen & Katolik 18 Desember 2022 Jadwal cuti massal karyawan Pemerintah telah menetapkan libur nasional 2022 sebanyak 16 hari, namun belum menetapkan cuti bersama 2022, karena masih mempertimbangkan kondisi pandemi.

Meski cuti bersama belum jelas, kamu tetap bisa mengantisipasi potensi cuti massal karyawan. Ini merupakan sesuatu yang mudah ditebak, biasanya sekitar hari libur nasional, long weekend, dan hari kerja yang diapit dua hari libur atau “harpitnas”. Perhatikan kalender libur 2022 untuk menandai waktu-waktu tersebut. No Tanggal Hari Libur nasional 1 1 Januari Sabtu Tahun Baru 2022 Masehi 2 1 Februari Selasa Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili 3 28 Februari Senin Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW 4 3 Maret Kamis Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Saka 1944 5 15 April Jumat Wafat Isa Al Masih 6 1 Mei Minggu Hari Buruh Internasional 7 2-3 Mei Senin-Selasa Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah 8 16 Mei Senin Hari Raya Waisak 2566 BE 9 26 Mei Kamis Kenaikan Isa Al Masih 10 1 Juni Rabu Hari Lahir Pancasila 11 9 Juli Sabtu Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah 12 30 Juli Sabtu Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah 13 17 Agustus Rabu Hari Kemerdekaan RI 14 8 Oktober Sabtu Maulid Nabi Hari raya konghucu SAW 15 25 Desember Minggu Hari Raya Natal Dari kalender libur di atas, terdapat beberapa “harpitnas” dan long weekend.

Harpitnas • Senin, 31 Januari, di antara akhir pekan dan libur Imlek • Jumat, 4 Maret, di antara libur Nyepi dan akhir pekan • Jumat, 27 Mei, di antara libur Kenaikan Isa Al Masih dan akhir pekan Long weekend • Sabtu-Senin, 26-28 Februari, akhir pekan lanjut libur Isra Mikraj • Jumat-Minggu, 15-17 April, libur Wafat Isa Al Masih lanjut akhir pekan • Jumat-Minggu, 29 April-8 Mei, akhir pekan lanjut libur Lebaran • Sabtu-Senin, 14-16 Mei, akhir pekan lanjut libur Waisak Beri perhatian pada tanggal-tanggal di atas, dan siapkan pendelegasian tugas karyawan yang akan cuti.

Misalnya jika A cuti, pastikan B yang dapat menggantikan tugasnya tetap bekerja, atau sebaliknya. Baca Juga: Review Aplikasi Absensi Face Recognition Karyawan Cuti adalah hak karyawan, namun cuti massal perlu dihindari karena bisa berdampak buruk terhadap pekerjaan dan perusahaan. Karena itu, cara terbaik mengelola cuti karyawan adalah mendorong karyawan mengambil hak cuti secara bergilir. Kamu bisa membantu karyawan untuk merencanakan cuti jauh-jauh hari. Gunakan Gadjian untuk mengelola cuti karyawan tanpa repot.

Fitur cuti online di aplikasi payroll ini tidak hanya memudahkan proses pengajuan dan persetujuan cuti, tetapi juga hari raya konghucu data cuti karyawan real-time, termasuk sisa cuti tahunan.

HR software cloud ini juga punya fitur pola kerja atau shift kerja. Jika perusahaan kamu menerapkan aturan kerja shift, Gadjian dapat membantu membuat jadwal kerja shift otomatis. Untuk mencatat kehadiran karyawan, kamu bisa menggunakan e-absensi Hadirr. Aplikasi pemantau kehadiran berteknologi face recognition dan anti-fake GPS ini juga bisa digunakan untuk mencatat jam lembur karyawan, memantau jadwal kerja harian karyawan, dan juga reimbursement.

Hari raya konghucu juga bisa membuat jadwal shift kerja, hanya hari raya konghucu sekali pengaturan di awal. Punya karyawan remote, sales lapangan, dan karyawan WFH? Tak masalah. Hadirr bisa membantu kamu memantau produktivitas mereka.

Posted in Aplikasi Absensi Karyawan, Aplikasi Penggajian, Tips HRD Tagged aturan kerja shift, cuti bersama 2022, download kalender 2022, harpitnas, kalender hr, kalender hr 2022, kalender hrd 2022, Kalender Kerja HR, kalender kerja hr 2022, kalender libur 2022, kalkulator pajak, libur nasional 2022, software payroll terbaik • Gadjian adalah aplikasi penggajian (HR & payroll software) berbasis cloud terbaik di Indonesia.

Gadjian membantu operasional perusahaan dalam mengelola karyawan serta melakukan penghitungan dan administrasi gaji, izin, sakit, cuti, BPJS, PPh 21 (termasuk multi NPWP) dan pengaturan shift. • 2022 Gadjian.com ALL RIGHTS RESERVED • • • • • •
Bad news is good news (berita buruk adalah berita baik) .

Rasanya jargon pemberitaan media bernada sumbang itu, perlu dikalahkan dengan pemberitaan kabar-kabar yang baik. Menyambut Idul Fitri 2022, beberapa media berperan dalam menghantarkan kabar baik itu menjadi viral. Lewat unggahan ulang di media sosial tentunya, sebagai cara yang paling cepat. Pernak-pernik kabar baik ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Saya hanya mengambil beberapa di antaranya sebagai dasar penulisan.

Berita di media itu ditayangkan pada awal Mei 2022. Juga mengambil beberapa sumber lain sebagai pelengkap. Ketupat Lebaran hari raya konghucu istilah untuk pemberian bingkisan Lebaran yang diberikan oleh umat Katolik Gereja Santo Yohanes Ciamis, Kampung Kerukunan, Lebak, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Provinsi yang menurut indeks toleransi-nya termasuk yang cukup rendah pada tahun-tahun belakangan ini.

Namun, di sini ada yang disebut "Kampung Kerukunan", yang sebelumnya di- launching oleh bupati Ciamis. Disebut demikian karena di kompleks ini terdapat 4 (empat) tempat ibadah yang berdampingan.

Ada Masjid, Gereja, Kelenteng dan Litang Konghucu. Uniknya, pemberian bingkisan kepada warga muslim di sekitar gereja ini (1/5/2022) justru melibatkan generasi cilik sebagai “bintang”. Anak-anak Bina Iman ini sejak dini sudah mendapat didikan yang cukup baik.

Soal keberagaman, toleransi, hidup bersama dengan mereka yang berbeda keyakinan. Pada menjelang Lebaran 2022 ini, anak-anak ini secara bersama-sama belajar membuat ketupat dan opor ayam. Dari mulai membuat kulit ketupat, memasukkan beras, memasak opor ayam, telur dan sambal kentang. Setelah itu hari raya konghucu selesai, paket tersebut dimasukkan ke keranjang.

Kemudian dengan menyusuri jalan dan gang-gang yang ada, mereka (bersama para pembimbing dan orang tua) membagikannya kepada warga, terutama umat muslim yang ada di sekitar gereja.

IMLEK BUKAN HARI RAYA AGAMA !! KISAH MUSLIM TIONGHOA RAYAKAN IMLEK ll Magenta Islam




2022 charcuterie-iller.com