Nama pinjol ilegal gak usah dibayar

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memutuskan pengenaan pasal berlapis secara perdata maupun pidana bagi para pelaku pinjaman online (pinjol) ilegal. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD mengatakan, para pelaku tersebut akan dikenakan ancaman hukuman atas tindakan pemerasan, perbuatan tidak menyenangkan, UU ITE, dan perlindungan konsumen.

"Kita juga tadi menyinggung kemungkinan penggunaan Pasal 368 KUH Pidana yaitu pemerasan. Lalu ada Pasal 335 KUH Pidana tentang perbuatan tidak menyenangkan yang bisa dipakai. Kemudian, Undang-undang Perlindungan Konsumen, UU ITE Pasal 29 dan Pasal 32 ayat 2 dan ayat 3," kata dia dalam konfrensi pers secara virtual terkait pinjol ilegal, Selasa (19/10/2021). Baca juga: Bos OJK ke Pinjol Legal: Beri Suku Bunga Lebih Murah dan Perbaiki Cara Penagihan Paling penting lagi, kata Mahfud, para pemohon dana yang telah menggunakan pinjol ilegal diimbau untuk tidak membayar meski adanya penagihan.

Hal nama pinjol ilegal gak usah dibayar karena pinjol ilegal tidak mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila ada terjadi penagihan secara paksa disertai ancaman atau intimidasi, maka masyarakat diminta untuk melaporkan tindakan tersebut ke Kepolisian setempat. Mahfud memastikan, para pihak Kepolisian akan langsung memasifikasi gerakan para pinjol ilegal dan akan bertindak tegas.

"Oleh karena itu, imbauan atau statement oleh pemerintah yang dihadiri OJK dan BI, hentikan penyelenggaraan pinjol ilegal ini. Kepada mereka yang sudah terlanjur menjadi korban pinjol ilegal, jangan membayar.

Kalau ada yang tidak membayar, lalu mereka tidak terima, laporkan ke Kantor Polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan," serunya. Baca juga: 34 Persen Server Pinjol Ilegal Berada di Luar Negeri Mahfud kembali mengingatkan, penindakan hukum pidana dan perdata ini hanya berlaku bagi para pelaku pinjol ilegal, terkecuali perusahaan financial technology (fintech) peer to peer lending yang telah memiliki lisensi dari OJK atau pinjol legal.

"Dengan ini maka kita menegaskan, kita hanya akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjol ilegal. Untuk pinjol-pinjol lain yang legal, sudah berizin dan sah gitu akan berkembang. Karena justru itu yang kita harapkan," ucapnya. Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Satgas Waspada Investasi OJK, Bank Indonesia, serta Kepolisian telah memblokir sebanyak 3.516 situs maupun aplikasi pinjol ilegal, sejak tahun 2018 hingga kini.

Sedangkan perusahaan pinjol legal yang terdaftar di OJK baru mencapai 106 perusahaan. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan Fintech atau yang lebih akrab dengan sebutan Pinjol. Jasa keuangan yang memanfaatkan teknologi, memberikan pinjaman dengan mudah dan cepat. Hanya dengan mengunduh aplikasi, kemudian mengisi data dan mengajukan pinjaman, kita bisa langsung mendapatkan pinjaman dengan mudah.

Tapi taukah Sobat? Aplikasi Pinjol bisa dikategorikan menjadi 2 menurut legalitasnya, tentunya yang resmi dan ilegal. Salah satu Ciri - Ciri Pinjol Ilegal adalah relatif lebih mudah menyetujui pinjaman dibandingkan dengan aplikasi pinjol legal. Hal ini dimanfaatkan "Pemain Pinjol" nama pinjol ilegal gak usah dibayar mengajukan pinjaman dan Galbay Pinjol.

Galbay Pinjol Ilegal Modus Pemain Pinjol adalah sengaja mencari Aplikasi Pinjol Tanpa OJK alias Ilegal dan mengajukan penjaman. Kebanyakan aplikasi Pinjol Ilegal Mudah Acc dan Cepat Cair, apalagi jika "data fresh" yaitu data yang belum pernah diajukan, Pinjol Ilegal Pasti Acc. Setelah berhasil mengajukan dan pinjaman disetujui, mereka sengaja tidak membayar Pinjol Ilegal.

Resiko Tidak Membayar Pinjol Ilegal Apakah tidak bayar pinjaman di aplikasi ilegal tidak ada resikonya? Tentu ada. • Penagihan yang kasar • Teror ke kontak yang ada di HP • Pencurian data di HP • Dipermalukan melalui WA atau Sosial Media Namun, para Pemain Pinjol ini memiliki cara tersendiri untuk bisa Kabur dari Pinjaman Online.

Ada beberapa hal yang biasanya dilakukan agar bisa terhindar dari resiko di atas. Biasanya, pemain pinjol tidak menggunakan data asli. Bahkan, ada juga yang sengaja menggunakan jasa untuk membuat foto KTP, ID Card karyawan, dan slip gaji palsu.

Apa bisa disetujui menggunakan data palsu? Tidak sedikit orang yang pinjamannya di ACC menggunakan data palsu di Pinjol Ilegal. Ada juga yang menggunakan data asli. Namun, untuk bisa menghadapi resikonya, biasanya pemain pinjol sudah mempersiapkan HP yang digunakan untuk mengajukan pinjaman di aplikasi Pinjol Ilegal.

HP sudah diisi dengan kontak - kontak palsu, data - data yang ada di HP juga sudah diamankan seperti gambar, video, dan lainnya. Karena aplikasi pinjol bisa menyadap dan mengakses HP kita, sehingga bisa mengambil data - data di HP untuk menagih dengan cara yang cenderung "meneror". DC Pinjol Ilegal Tidak Menagih ke Rumah Selain karena Pinjol Ilegal Mudah Acc, tidak adanya DC lapangan yang menagih alias tidak ada DC Pinjol yang Datang ke Rumah untuk menagih menjadi alasan orang berani "main pinjol ilegal".

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Karena memang tidak memiliki izin dan ilegal, jika sampai pihak Pinjol Ilegal menagih ke rumah, nasabah bisa balik melaporkannya ke pihak yang berwajib. Jadi, pemain pinjol memang sudah mempersiapkan cara untuk menghadapi resiko yang akan terjadi. Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan pernah mengatakan bahwa Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar, tidak perlu takut karena mereka ilegal.

Hal ini mungkin yang membuat para pemain Pinjol Ilegal "berani" galbay di aplikasi ilegal.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Menurut Samuel, aplikasi - aplikasi Pinjol Ilegal ini harus daftar agar memiliki izin beroperasi. Sehingga bisa mengikuti aturan yang berlaku dan tidak merugikan masyarakat. Pinjol Ilegal memang sangat merugikan dan meresahkan masyarakat. Bunga dan denda keterlambatan sangat "mencekik", cara penagihannya pun cenderung kejan dan meneror, tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Daftar Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar Berikut adalah daftar aplikasi - aplikasi pinjol ilegal yang tidak dibayar oleh pemain pinjol : • Tunai Cepat • Dompet Gajah • Durian Runtuh • Gudang Dana • Dana Dana • Dompet Teman • Uang Teman Dan masih banyak lagi aplikasi Pinjol Ilegal lainnya. Ada beberapa aplikasi pinjol ilegal yang memiliki nama berbeda namun 1 perusahaan. Biasanya aplikasi sering ganti nama, karena memang "kucing - kucingan" dengan OJK dan Kominfo.
Managing Partner pada Akhmad Zaenuddin & Partners (AZLAW).

Sarjana Hukum dari Universitas Bung Karno dan Magister Hukum dari Universitas Gadjah Mada. Pernah bekerja di LBH Jakarta dan ADAMS & Co, Counsellors at Law.

Advokat terdaftar di PERADI dan berpraktik sejak 2014, khususnya Litigasi Komersial. Pernah membela perusahaan-perusahaan besar, baik nasional maupun multinasional di berbagai bidang hukum di antaranya Perdata, Perbankan, Perlindungan Konsumen, Pertambangan, Ketenagakerjaan, Kepailitan, dan PKPU HP: 0821-2292-0601 Email: ahmadzae18@gmail.com Utang Pinjol Ilegal, Apakah Harus Dibayar?

Merespons maraknya praktik pinjaman online (pinjol) ilegal yang tidak terdaftar dan tidak berizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berkembang pendapat di masyarakat bahwa utang pada pinjol ilegal tidak perlu dibayar.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Beberapa pendapat awam di latarbelakangi oleh kekesalan terhadap praktik pinjol illegal. Sehingga, tidak dibayarkannya utang dinilai sebagai bentuk sanksi guna memberikan efek jera terhadap pelaku pinjol ilegal. Menyikapi hal tersebut menarik untuk diketahui, bagaimana tinjauan hukum terhadap utang dalam transaksi pinjol ilegal?

Apakah utang harus tetap dibayar? Atau, tidak perlu dibayar? Legal standing penyelenggara pinjol ilegal Bicara transaksi pinjol, maka pertanyaan krusial pertama yang perlu dijawab adalah siapa saja pihak yang terlibat? Menurut hukum, pihak yang terlibat langsung dalam transaksi pinjol adalah penyelenggara layanan pinjol, pemberi pinjaman (kreditur), dan penerima pinjaman (debitur). Baca juga: Pinjol Ilegal, Begini Jerat Hukumnya Untuk diketahui bahwa dasar hubungan hukum yang menyebabkan timbulnya hak dan kewajiban di antara pihak-pihak tersebut adalah keberadaan perjanjian.

Hal ini termaktub pada Pasal 18 POJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (POJK No. 77 Tahun 2016).

Pada beleid tersebut ditegaskan bahwa dalam suatu transaksi pinjol, terdapat perjanjian yang mengikat antara penyelenggara pinjol dengan pemberi pinjol dan perjanjian antara pemberi dengan peminjam pinjol. Perjanjian tersebut menjadi kumulasi yang saling terikat dan tidak dapat terpisahkan satu nama pinjol ilegal gak usah dibayar lainnya.

Pasal 18 POJK No. 77 Tahun 2016 selengkapnya menyatakan: Perjanjian pelaksanaan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi meliputi: a. perjanjian nama pinjol ilegal gak usah dibayar Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman; dan b. perjanjian antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman.

Selain hubungan hukum berdasarkan perjanjian, hal yang tak kalah penting untuk diketahui adalah persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pinjol agar diakui kedudukan dan legalitasnya di depan hukum. Di POJK No. 77 Tahun 2016 diatur secara tegas bahwa untuk dapat memiliki kedudukan yang sah secara hukum sebagai penyelenggara pinjol, maka syarat yang harus dipenuhi oleh penyelenggara pinjol adalah kewajiban terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK.

Kewajiban terdaftar dan mendapatkan izin dari OJK diatur dalam Pasal 7 POJK No. 77 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa, “Penyelenggara wajib mengajukan pendaftaran dan perizinan kepada OJK.” Baca juga: Pinjol Tagih Utang dengan Ancaman Bisa Dituntut Ganti Rugi, Simak Aturannya Lantas, apa akibatnya apabila penyelenggara pinjol tidak memenuhi legalitas yang disyaratkan oleh peraturan hukum? Konsekuensi logis dari tidak dipenuhinya persyaratan tersebut adalah tidak adanya keabsahan tindakan penyelenggara pinjol dalam aktifitas usahanya.

Tidak dilaksanakannya kewajiban pendaftaran dan tidak adanya izin dari OJK, maka dapat mengakibatkan setiap tindakan penyelenggara pinjol dalam kegiatan usahanya tidak diakui keabsahannya secara hukum.

Pada titik ini, maka tidak adanya legalitas penyelenggara pinjol, termasuk pula berdampak pada keabsahan perjanjian yang dibuat oleh pihak penyelenggara pinjol illegal dengan pihak pemberi pinjol. Tidak adanya legalitas penyelenggara pinjol berarti pula tidak ada kewenangan bertindak dalam kapasitasnya selaku penyelenggara pinjol di Indonesia. Tidak adanya kewenangan bertindak, maka berdampak pada tidak terpenuhinya syarat sahnya pembuatan perjanjian dalam setiap kegiatan usaha pinjol.

Apabila kegiatan usaha pinjol tetap dilaksanakan, maka dalam bahasa yang sederhana tindakan tersebut dikategorikan sebagai pinjol ilegal. Keabsahan perjanjian pinjol ilegal Dalam pembuatan suatu perjanjian, undang-undang telah memberikan persyaratan yang harus dipenuhi agar perjanjian sah dan mengikat secara hukum. Secara umum, syarat sah perjanjian termuat pada Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata). Pertama adalah syarat subjektif, yakni kesepakatan dan kecakapan para pihak.

Kedua adalah syarat objektif, yakni adanya objek yang jelas dan kausa yang halal.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Baca juga: Bunga dan Denda Pinjol yang Tinggi Bisa Dipangkas, Simak Ulasan Hukumnya Apabila syarat subjektif tidak terpenuhi, maka konsekuensinya adalah perjanjian dapat dibatalkan. Sementara apabila syarat objektif tidak terpenuhi, maka akibatnya adalah perjanjian batal demi hukum atau dari semula perjanjian dianggap tak pernah terjadi. Sehubungan dengan kedudukan hukum dan wewenang seseorang atau entitas hukum untuk membuat suatu perjanjian, maka syarat yang berkaitan erat adalah syarat kecakapan.

Menurut doktrin hukum, indikator menentukan kecakapan para pihak dalam membuat perjanjian dilihat dari dua hal, yakni kemampuan hukum dan kewenangan hukum. Kecakapan yang dilihat dari indikator kemampuan hukum dalam membuat perjanjian, pada umumnya diatur dari standar usia kedewasaan (meerderjing) dan kebebasan bertindak di depan hukum –ada atau tidaknya pengampuan atas dirinya-- untuk manusia.

Sementara itu, kecakapan yang dilihat dari kewenangan bertindak di depan hukum (bevoegheid) umumnya diberlakukan untuk badan hukum (recht person). Menurut Herlien Budiono dalam bukunya Ajaran Umum Hukum Perjanjian dan Penerapannya di Bidang Kenotariatan, dijelaskan bahwa mereka yang tidak berwenang melakukan tindakan hukum adalah orang-orang yang oleh undang-undang dilarang melakukan tindakan hukum tertentu.

Ketentuan mengenai ketidakwenangan diadakan untuk melindungi kepentingan pihak lawan atau pihak ketiga atau kepentingan umum sehubungan dengan perjanjian yang dibuat. Ketentuan dalam undang-undang tertentu yang menyatakan bahwa orang atau pihak tertentu tidak berwenang, merupakan aturan yang bersifat memaksa sehingga tidak dapat disimpangi. Penjanjian yang dilakukan oleh orang atau pihak yang menurut undang-undang dinyatakan tidak berwenang, berakibat pada kebatalan perjanjian.

Begitu pula dalam kaitannya dengan penyelenggara pinjol illegal. Tidak adanya kewenangan pinjol ilegal dalam kegiatan penyelenggaraan pinjol dapat menganggu pemenuhan syarat kecakapan dalam perjanjian yang dibuat antara penyelenggara pinjol illegal dengan pemberi pinjol. Implikasi yuridis dari hal tersebut adalah tidak terpenuhinya syarat subjektif perjanjian, di mana hal ini akan menyebabkan kebatalan perjanjian.

Sebagaimana telah dijelaskan pula di atas. Tidak terpenuhinya syarat subjektif dan batalnya perjanjian antara penyelenggara pinjol dan pemberi pinjaman, maka dapat berdampak pula pada keabsahan perjanjian pinjol antara pemberi pinjol (kreditur) dengan penerima pinjol (debitur). Batalnya perjanjian tentu akan menimbulkan konsekuensi terhadap setiap tindakan yang telah dilakukan oleh para baik, termasuk terhadap utang pinjol yang telah diperjanjikan.

Konsekuensi batalnya perjanjian pinjol illegal Menurut hukum, terpenuhinya syarat batal dari suatu perjanjian adalah kembalinya keadaan seperti pada saat sebelum perjanjian dibuat (restitutio integrum). Kondisi tersebut di antaranya ditegaskan pada ketentuan Pasal 1265 KUH Perdata yang mengatur bahwa: “Suatu syarat batal adalah syarat yang bila dipenuhi akan menghapuskan perikatan dan membawa segala sesuatu kembali pada keadaan semula, seolah-olah tidak pernah ada suatu perikatan.

Syarat ini tidak menunda pemenuhan perikatan; ia hanya mewajibkan kreditur mengembalikan apa yang telah diterimanya, bila peristiwa yang dimaksudkan terjadi”. Keadaan tersebut telah diterapkan hakim dalam beberapa putusan pengadilan. Salah satunya adalah putusan Mahakah Agung No.

613 K/Pdt/1991 Tanggal 26 Februari 1994. Pada putusan tersebut Mahkamah Agung menyatakan perjanjian batal demi hukum dan keadaan dikembalikan pada semula dan perjanjian tidak pernah ada. Selengkapnya pertimbangan hukum hakim menyatakan: “Adanya itikad tidak baik dari pihak pemberi sewa di mana pemberi sewa bukanlah pihak yang berwenang atas tanah tersebut karena proses pemilikannya melalui hibah tidak memenuhi syarat objektif sehingga tindakan pemberi sewa menyewakan objek kepada pihak ketiga tidak memenuhi syarat sebab yang halal, oleh karenanya perjanjian batal demi hukum, sejak semula dianggap tidak pernah ada.” Hal tersebut di atas memiliki relevansi dengan perjanjian pinjol illegal.

Dikarenakan pihak penyelenggara tidak memiliki kewenangan membuat perjanjian pinjol, maka segala bentuk perikatan terkait pinjol memenuhi syarat kebatalan. Akibatnya, keadaan harus dikembalikan seperti sedia kala. Termasuk terkait perjanjian utang. Uang yang diterima oleh peminjam pinjol harus dikembalikan kepada pihak pemberi pinjaman (kreditur) sesuai nilai semula. Berdasarkan hal di atas, diketahui bahwa utang pada pinjol ilegal tidak memberikan dasar pembenar bagi pihak tertentu tidak membayar utang.

Namun, secara hukum, uang yang diterima oleh peminjam harus dikembalikan. Anda punya pertanyaan terkait permasalah hukum? Ajukan pertanyaan Anda di laman ini: Form Konsultasi Hukum Dapatkah Perkara yang Telah Dibuat Akta Perdamaian Digugat Kembali?

https://www.kompas.com/konsultasihukum/read/2021/08/21/060000280/dapatkah-perkara-yang-telah-dibuat-akta-perdamaian-digugat https://asset.kompas.com/crops/tauM8c7AE341gaMQ-H7HBXQ-dzU=/0x0:780x390/195x98/data/photo/2014/12/15/1236290Palu780x390.jpg Daftar Pinjol yang Gak Usah Dibayar - Salah pilih Aplikasi Pinjol, bukannya malah membantu saat keadaan butuh dana malah bisa bikin masalah baru loh. Banyaknya Aplikasi Pinjol yang bisa kita unduh di Playstore atau AppStore memang sangat membantu saat nama pinjol ilegal gak usah dibayar sedang butuh uang.

Tinggal unduh, registrasi, mengajukan pinjaman. Setelah disetujui, uang bisa langsung cair ke rekening kita dalam hitungan menit. Tapi tahukah Sobat bahwa tidak semua Aplikasi Pinjol merupakan jasa keuangan legal yang berizin?

Ada juga loh Pinjol yang ilegal alias tidak memiliki izin untuk beroperasi dari SWI, OJK. Pinjol yang Gak Usah Dibayar Tentu ada alasan mengapa beberapa Aplikasi Pinjol ilegal tidak memiliki izin untuk beroperasi. Secara umum, untuk melindungi peminjam maupun pemberi pinjaman, ada beberapa peraturan yang diterapkan. Misalnya masalah bunga, OJK telah menerapkan peraturan untuk bunga yang dikenakan pada pinjaman yang ditawarkan Fintech alias Aplikasi Pinjol.

Yakni maksimal sebesar 0,8% per hari dari nominal pokok pinjaman. Tentu hal tersebut agar tidak memberatkan nasabah yang menggunakan jasa pinjaman online, sehingga kreditur bisa membayar tagihan dengan baik dan tidak merugikan pihak Aplikasi Pinjol. Beberapa Aplikasi Pinjol, tidak menaati peraturan yang diterapkan oleh OJK termasuk masalah bunga. Bunga yang diterapkan lebih dari 0,8% per hari. Tenor yang diberikan pun terbilang singkat ditambah dengan denda keterlambatan yang tinggi.

Sehingga, beberapa Aplikasi Pinjol tersebut tidak mendapatkan izin dan legalitas. Nah, kalau kalian salah pilih Aplikasi Pinjol Ilegal, tentu kalian akan merasa sangat dirugikan. Bunganya tinggi, tenor singkat, denda keterlambatan yang tinggi kalau sampai tidak bisa bayar tepat waktu. Berapa waktu lalu pun pihak Kominfo sempat menghimbau masyarakat untuk meminjam uang di Aplikasi Pinjol Ilagal dan gak usah dibayar.

Karena memang, secara hukum Aplikasi Pinjol Ilegal tidak memiliki legalitas dan izin untuk beroperasi. Daftar Pinjol Ilegal yang Gak Usah Dibayar Nah, untuk Sobat yang bingung Aplikasi Pinjol apa saja sih yang gak usah dibayar? Berikut JagoanGadget.com akan memberikan daftar Pinjol Ilegal yang tidak perlu dibayar terbaru. • DanaBag • Prima Tunai • Good Dana • Nama pinjol ilegal gak usah dibayar Cash • Doit • SakuAku Pinjaman Kelinci • Kotak Uang • Kredit Tunai • KSP Fast Loan Setor Tunai • Dana Bunga Anggrek • Cash STR Pincash • Bantu Rakyat Pinjam • Pasar Duit Plus • Dana Duit Plus • Bunga Dahlia • KTA Gampang • Money Go • Money Go • MonggoPinjam • Pinjam Sakuana • Kredit Dana • Cash Uang • Cash Info • Mengambil Uang • Uang Kas • KadoDuit • Bunga Melati • Cash Alarm • Cash Tree • Celengank • Cepatuang • Cepat Untung • Ceria Mas • Cerita Saku • Chee Cash • Flash Dana • Aksel Dana Bahagia • Dana Banyak • Dana Baru • Dana Darurat • KSP Dana Darurat • Dompet Dana Ku • Dana Link • Dana Lite • Dana Now Pro • Dana Cash • Dana Pratama • DANAQ KSP Pinjaman • Wallet Management & Expense Tracker DanaQ • DanaQu • Uang Rupiah • DANA RAJA • Dana Segera • Dana Two • DANA UNGGUL • DanaUsaha • DANA WAY • Danamo Pd2021 • DD MONEY • Detik Pinjaman • DolpinDana • Dhuwit Plus • Dompet Bantuan • Dompet Bantuan • Dompet Cash • Dompet Kilat • Prima Plus • Dana Pintar • Pinjaman Tunai Online • PinjamPinjam • Pinjaman Dana • DanaUang • Uang Aman • Meminjam Uang • Dana Pahlawan Pinjaman • AdaKredit • CashSaku • Gercep - Pinjaman Kilat tanpa ribet • Tunai Go • Go Cash • Arcade Kas • Kredit Kilat • Dana Bull • Rupiah Kuri • Dana Rakya • Dana Tunai • Info Kredit Tunai • Rupiah saku • Wadah Pinjaman • Uang Kilat • Pengantar Kredit Saku • Dana Pintar • Saya Modalin • Pinjam Instan • Pinjam Pay • AjukanDana • Pinjaman Utama • FinStar • Dana Cash • Uang kaya Mungkin masih banyak lagi beberapa Aplikasi Ilegal yang belum disebutkan.

Karena, banyak Pinjol Ilegal yang telah diblokir, namun membuat aplikasi baru dan berganti nama. Sebelumnya juga JagoanGadget.com sudah memberikan Daftar Pinjol Ilegal Tidak Usah Dibayar namun banyak aplikasi yang sudah tidak ditemukan karena diblokir.

Kenapa Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar? Sebelumnya kita juga sudah pernah membahas Alasan Kenapa Tidak Usah Bayar Aplikasi Pinjol Ilegal. Yang menjadi alasan utama adalah karena memang Aplikasi Pinjol Ilegal adalah perusahaan jasa keuangan yang tidak memiliki izin. Karena itu, banyak ketentuan pinjaman yang tidak sesuai dengan regulasi yang ada.

Sehingga berpotensi merugikan masyarakat, bahkan Kominfo pun juga menghimbau untuk tidak bayar Aplikasi Pinjol Ilegal seperti yang disebutkan tadi.

Kalau untuk urusan Resiko Gak Bayar Pinjol Ilegal adalah akan mendapatkan teror dari pihak DC. Namun hanya sebatas by phone, tidak sampai mendatangi rumah nasabah galbay. Tidak perlu khawatir masuk blacklist BI-Checking karena tidak bayar, Pinjolnya saja ilegal kok. Apalagi kalau sampai ada ancaman hukum, Sobat tidak perlu takut. Akhir Kata Jadi itu dia ya Sobat Daftar Pinjol yang Gak Usah Dibayar Terbaru.

Untuk Sobat yang sudah terlanjur terjerat Aplikasi Pinjaman Online Ilegal, solusi terbaiknya agar bisa terlepas adalah dengan Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal alias tidak usah bayar. Apalagi kalau sudah telat, pasti nominal tagihan membengkak.

Jangan pernah menerima tawaran "perpanjaangan" untuk yang sudah jatuh tempo, karena hal tersebut nama pinjol ilegal gak usah dibayar mengurangi pokok pinjaman dan Sobat akan lebih rugi. Untuk yang tahu Aplikasi Pinjol ilegal lainnya yang belum disebutkan, bisa tulis di kolom komentar ya Sobat. Terima kasih
Daftar pinjaman online atau pinjol ilegal tanpa izin resmi dari OJK dimana kebanyakan tidak mempunyai website resmi hanya ada aplikasi saja.

Dari sekian banyaknya fintech peer to peer lending, ada yang termasuk ke dalam pinjaman online ilegal. Bertajuk sebagai pinjol ilegal karena dalam kegiatan usahanya belum mempunyai izin resmi dari OJK atau belum terdaftar. Hal tersebut membuat Anda harus berhati-hati secara ekstra saat memilih pinjol yang tepat.

Sebab, bermula dari tidak terdaftarnya dalam OJK, membuat tidak adanya pengawasan dari OJK, sehingga riskan bagi Anda. Dengan kata lain, pinjaman online ilegal bisa membahayakan Anda sebagai debitur. Dalam hal apa? Risiko paling mungkin terjadi adalah kebocoran data pribadi. Data pribadi milik Anda sendiri bisa mengalami kebocoran manakala Anda menyerahkannya kepada oknum yang tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut bisa saja hanya ingin memanfaatkan data pribadi Anda untuk keuntungan pribadi dengan dalih menawarkan pinjaman online.

Bagaimana data pribadi itu bisa mengalami kebocoran? Bermula dari keharusan Anda untuk menyerahkan identitas pribadi saat akan mengajukan pinjaman online. Secara umum, pengunggahan identitas pribadi berupa KTP merupakan hal yang wajib ketika Anda ingin menggunakan jasa pinjol, tidak terkecuali pinjaman online ilegal. Alih-alih memberikan pinjaman, boleh jadi setelah Anda menyerahkan dokumen pribadi tersebut, tidak jelas kelanjutannya. Dalam artian, tidak ada mekanisme lebih lanjut yang mengatur mengenai pencairan.

Bahkan, pinjaman yang Anda ajukan pun mungkin tidak kunjung tervalidasi. Hal ini nama pinjol ilegal gak usah dibayar berimplikasi negatif, apalagi jika Anda pun melampirkan nomor rekening dan data pribadi lainnya, sehingga berpotensi untuk menimbulkan terjadinya kejahatan. Misalnya, penipuan, penganiayaan, dan lain-lain.

Berbeda jika Anda menggunakan pinjol yang berstatus legal, maka jauh lebih aman. Karena itu, sebaiknya jangan menggunakan pinjaman online nama pinjol ilegal gak usah dibayar. Sebagai langkah preventif, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja pinjaman online tanpa OJK ilegal yang ada, sehingga bisa mencegah Anda untuk menggunakannya. Daftar Isi • Daftar 25 Pinjaman Online Ilegal Lengkap • 1. Dompet Gajah • 2. BungaPay • 3.

Multipoint • 4. RUPIAH JAYA • 5. Gudang Dana • 6. Dana Loan • 7. Pinjam Segera • 8. SuperR • 9. Modal Andalan • 10. Dompet sahabat • 11. Cair Dana • 12. StarBag • 13. Uang Dompet • 14. iPinjaman • 15. Dana Me • 16. SOLUSI CEPAT • 17. DanaKU • 18. Kredina • 19. Duit Pintar • 20. Duit Kentang • 21. Kredipaus • 22. Es kas • 23. Ajukandana • 24. Fulus Sejahtera • 25. Dana Arisan • Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal • Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah?

• Sebaiknya Lebih Berhati-Hati Daftar 25 Pinjaman Online Ilegal Lengkap Berikut akan dipaparkan mengenai daftar 25 pinjaman online ilegal lengkap dengan penjelasannya. Melalui uraian mengenai masing-masing pinjol ilegal ini, Anda bisa memahami mengenai kedok atau karakteristik pinjol yang tidak mempunyai izin resmi. Dengan demikian, bisa meminimalisir terjadinya penipuan yang mungkin dapat menimpa Anda karena menggunakan fintech P2P lending ilegal.

Pinjaman Online Ilegal Dompet Nama pinjol ilegal gak usah dibayar Dompet Gajah hadir untuk menyediakan pinjaman online secara praktis. Berlawanan dengan sisi positifnya yang menghadirkan pinjaman secara mudah, ada hal yang juga harus pertimbangkan sebelum menggunakannya. Yakni mengenai legalitas dari fintech ini. Sebab, belum ada bukti apabila Dompet Gajah telah terdaftar secara resmi dalam OJK.

Berangkat dari hal tersebut, maka sebaiknya Anda menghindari penggunaan platform ini. 2. BungaPay Pinjol Ilegal BungaPay Pinjaman online ilegal BungaPay mungkin sering Anda dengar. Akan tetapi, pinjol ini belum mengantongi izin resmi dari OJK. Karenanya, kegiatan usaha perkreditan dari fintech P2P lending satu ini tergolong ilegal. Karena itu, sebaiknya Anda tidak mempercayakan kredit kepada penyedia pinjol ini. 3. Multipoint Pinjol Ilegal OJK Karena berstatus sebagai pinjol ilegal, besar kemungkinan akan terjadi hal-hal yang sifatnya negatif.

Misalnya, pencurian rumah yang berasal dari data KTP Anda. Melalui alamat domisili dalam KTP, pelaku bisa melancarkan aksinya. Berdasarkan hal ini, maka sebaiknya Anda menghindari platform RUPIAH JAYA sebagai penyedia pinjol ilegal. 5. Gudang Dana Pinjaman Online Ilegal Terbaru Ya, platform pinjol ini memang bisa sebagai gudang dana yang dapat mencairkan dana secara cepat khusus untuk Anda.

Namun, Anda pun akan menerima risiko yang besar ketika menggunakannya. Sebab, pinjol P2P lending ini belum mempunyai lisensi atau izin resmi dari OJK. 6. Dana Loan Pinjaman Online Ilegal Tanpa Nama pinjol ilegal gak usah dibayar Sesuai dengan namanya, Anda memang bisa pinjam secara segera dengan menggunakan pinjaman online ilegal ini. Namun, karena statusnya yang masih ilegal, maka terdapat risiko yang besar terkait keamanan Anda dalam melakukan kredit. Berdasarkan hal tersebut, maka sebaiknya Anda menghindari pinjol satu ini.

8. SuperR Pinjaman Online Ilegal Tanpa Syarat Soal pinjaman, memang tidak memerlukan waktu lama untuk mencairkan pinjaman menggunakan platform Modal Andalan. Berlawanan dari kemudahannya ini, Anda akan berhadapan dengan risiko yang besar jika memanfaatkan penyedia pinjol Modal Andalan. Pasalnya, belum ada izin resmi dari OJK untuk penyedia pinjol ini.

10. Dompet sahabat Pinjol Ilegal Tanpa Syarat Memang sama seperti namanya, fintech P2P lending satu ini memang menawarkan uang pinjaman tanpa perlu persyaratan yang rumit. Akan tetapi, anda harus kembali mengingat bahwa status dari pinjol ini adalah ilegal. Karenanya, Anda akan berpotensi mengalami kerugian ketika memanfaatkannya. Jadi, harus menghindarinya untuk keamanan ekstra. 11. Cair Dana Pinjaman Online Ilegal Tanpa KTP Pinjaman online ilegal yang juga terkenal adalah Cair Dana.

Sekilas persyaratan untuk mengajukan pinjaman menggunakan platform ini memang terlihat mudah, tetapi legalitas dari si penyedia pinjaman belum ada. Jadi, Anda bisa mengalami risiko yang sangat besar manakala memanfaatkan pinjol satu ini. 12. StarBag Pinjaman Online Ilegal Cepat Cair Ya, sama halnya dengan pinjol pada umumnya, Anda memang tidak memerlukan berbagai dokumen persyaratan yang sulit untuk mencairkan pinjaman dari platform ini.

Namun, berbanding terbalik dengan kemudahannya itu, ada risiko yang sangat besar mengintai Anda. Sebab, status dari pinjol ini adalah ilegal. 14. iPinjaman Pinjol Ilegal Cepat Nama pinjol ilegal gak usah dibayar Mengenai pinjaman cepat, Anda memang dapat mengajukannya melalui platform iPinjaman. Sekilas memang mudah, tetapi tahukah Anda jika pinjol ini termasuk ilegal? Karena statusnya tersebut, maka Anda harus menghindarinya.

Sebab, jika Anda tetap nekat menggunakannya, bisa jadi Anda yang akan mengalami kerugian. 15. Dana Me Pinjaman Online Ilegal Langsung Cair Pinjaman online ilegal berikutnya yakni Dana Me. Memang benar platform ini bisa mencairkan dana pinjaman untuk Anda. Akan tetapi, fintech P2P lending ini belum terdaftar secara resmi dalam OJK.

Karenanya, Anda bisa berhadapan dengan risiko berupa kerugian manakala menggunakannya. Misalnya, pengenaan bunga yang tinggi. Bahkan, bisa saja tidak rasional. 16. SOLUSI CEPAT Pinjol Ilegal Langsung Cair SOLUSI CEPAT menawarkan pinjaman dana cepat sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Namun, statusnya belum legal. Dengan kata lain, belum terdaftar secara resmi pada OJK. Merujuk pada hal ini, sebaiknya Anda lebih waspada untuk tidak menggunakan pinjol ini.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

17. DanaKU Pinjaman Online Ilegal Cicilan Apakah Anda sering mendengar promosi fintech DanaKu yang menawarkan pinjaman online mudah dan cepat cair? Sebaiknya tidak hanya tertipu dengan kalimat demikian, karena belum ada status legal dari platform DanaKU.

Karena itu, sebaiknya Anda menghindari penyedia pinjol bertajuk DanaKU. 18. Kredina Pinjol Ilegal Cicilan Dibandingkan dengan bank, Kredina memang bisa mencairkan pinjaman secara cepat. Namun, fintech ini tergolong ilegal. Yang mana statusnya tersebut bisa berpeluang untuk merugikan Anda. Misalnya, pembebanan bunga yang tinggi. Karenanya, sebaiknya Anda lebih bijak dalam menentukan fintech yang tepat. 19. Duit Pintar Pinjaman Online Ilegal Tenor Panjang Pinjaman online ilegal Kredipaus menawarkan kredit cepat tanpa ribet.

Persyaratannya pun mudah, cukup KTP. Namun, pengunggahan KTP Anda dalam platform ini sangat berbahaya, karena Kredipaus belum terdaftar secara resmi dalam OJK, sehingga bisa berujung merugikan Anda sebagai debitur. 22.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Es kas Pinjol Ilegal 24 Jam Pinjam dana secara online memang bisa melalui Dana Arisan. Namun, Anda harus tahu bahwa fintech ini masih ilegal.

Karenanya, daripada harus menjumpai kerugian yang besar, sebaiknya Anda menghindari fintech ini. Cara Kabur dari Pinjaman Online Ilegal Saat Anda telah terjerat dalam pinjaman online ilegal, maka cara untuk kabur menjadi hal yang penting. Sebab, bilamana tidak, akan terjadi risiko yang lebih besar bagi Anda.

Misalnya, karena telah terjadi kebocoran data pribadi, pihak yang mempunyainya bisa melakukan penyalahgunaan. Contohnya, memakai nama Anda untuk meminta sejumlah uang dengan nominal besar. Hal ini bisa mencemarkan nama baik Anda, sekaligus merusak reputasi yang telah Anda bangun. Karena itu, sebagai solusi atas permasalahan tersebut, terdapat beberapa cara kabur yang tepat.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Apa saja itu? Pertama, sebaiknya Anda mengondiskan orang-orang yang terdapat dalam daftar kontak handphone. Bahkan, langkah ini termasuk harus untuk dilakukan. Ketika Anda telah terjerat dalam pinjol nama pinjol ilegal gak usah dibayar dan ternyata tidak mampu membayar karena bunga yang besar misalnya, maka Anda harus sesegera mungkin menghubungi seluruh daftar kontak Anda. Yang mana akan lebih baik apabila Anda menginformasikan apabila data pribadi Anda telah disalahgunakan oleh pinjol yang tidak bertanggung jawab.

Sebab, kemungkinan besar pihak pinjol yang demikian ini akan menghubungi seluruh teman dalam daftar kontak Anda. Dengan memberitahu mereka terlebih dahulu, maka Anda bisa mengondisikan untuk tindakan berikutnya. Selanjutnya, tidak jarang ada pinjaman online ilegal yang melakukan penagihan kredit secara kasar dengan menggunakan kata-kata yang benar-benar kasar.

Apabila Anda merasa rishi serta malas mendengarnya, maka Anda bisa segera mengganti nomor telepon. Dalam hal ini, Anda pun harus menguatkan mental saat menghadapi penagihan secara kasar dari pihak penyedia pinjol ilegal. Yang sering terjadi, pihak penyedia pinjol ilegal biasanya mengancam Anda untuk membawa permasalahan tidak bayar utang ke ranah hukum supaya Anda memperoleh sanksi pidana.

Mengenai hal ini, Anda tidak perlu khawatir, karena permasalahan terkait utang piutang tidak termasuk dalam ranah pidana, tetapi perdata.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Kemudian, apabila telah ada indikasi pencemaran nama baik, maka Anda bisa segera melaporkannya kepada pihak berwajib dengan membawa bukti-bukti valid sebagai penguat. Pinjaman Online Ilegal Pinjaman Online Ilegal Tidak Usah Dibayar, Benarkah? Dengan sistem bunga yang selangit, bisa membuat Anda sangat terberatkan ketika telah terjerat oleh pinjaman online ilegal. Namun, benarkah apabila utang Anda dalam pinjol yang demikian ini tidak perlu dibayar?

Merujuk pada ketentuan KUHPerdata mengenai prinsip-prinsip perjanjian, maka perjanjian utang piutang yang terjadi di antara debitur serta kreditur bisa batal karena hukum. Akan tetapi, batalnya perjanjian utang piutang ini tidak membuat Anda sebagai debitur bebas dari tagihan utang yang harus lunas. Sebagai debitur, Anda tetap berkewajiban untuk melunasi seluruh utang dalam perjanjian.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Namun, apabila dalam penagihan utangnya menggunakan tindakan kekerasan atau pelecehan, maka hal ini memang tidak benar menurut hukum. Akan tetapi, hal demikian ini pun tidak menjadikan utang dari debitur lunas.

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Pihak debitur, dalam hal ini adalah Anda tetap wajib untuk melunasi seluruh utang yang ada. Pada implementasinya, terkadang pihak kreditur, dalam hal ini adalah penyedia pinjaman online ilegal, sering mengancam para debiturnya akan membawa masalah utang piutang tersebut ke ranah hukum, kemudian memenjarakan Anda sebagai debitur. Hal ini kurang tepat. Sebab, perjanjian utang piutang bukan konteks dalam hukum pidana, tetapi masuk dalam hukum perdata. Berdasarkan hal tersebut, maka manakala Anda menemui ancaman yang menyatakan akan memenjarakan Anda karena telat membayar utang, maka hal ini tidak benar.

Maka dari itu, Anda tidak perlu takut dalam menanggapi ancaman yang demikian. Sebaiknya Lebih Berhati-Hati Berangkat dari besarnya risiko yang mungkin akan terjadi ketika Anda menggunakan pinjaman online ilegal, maka sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika ingin memanfaatkan pinjol. Dalam hal ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu mengenai legalitas dari penyedia pinjol yang bersangkutan. Bilamana pinjol tersebut telah mengantongi izin resmi dari OJK, maka Anda bisa memanfaatkannya secara tenang.

Sebab, tidak akan terjadi hal-hal negatif, karena pinjol yang akan Anda pakai telah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan dari OJK. Begitu pula berlaku sebaliknya. Jika Anda menemui penyedia pinjol yang notabenenya adalah penyedia pinjaman online ilegal, maka langsung saja untuk meninggalkannya tanpa pikir panjang.

Namun, dalam hal Anda telah mempunyai hubungan utang piutang pada pinjol yang ilegal, maka tetap harus tuntas. Bukan berarti karena statusnya yang ilegal, kemudian membebaskan Anda dari utang, ini tidak benar. Dengan menggunakan daftar pinjaman online ilegal sebagaimana yang telah disebutkan, Anda menjadi dapat memilih mana penyedia pinjol yang layak dan tidak. Hal ini sekaligus menjadi upaya preventif supaya Anda tidak terjerat dalam promosi abal-abal pinjol ilegal.

Selain bahaya kebocoran data pribadi, penggunaan pinjol ilegal juga bisa menjerumuskan Anda pada pembebanan bunga yang tinggi. Bahkan, besar persentasenya bisa tidak rasional. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu hati-hati dan waspada. Jangan sampai menyesal pada kemudian hari. Lebih baik mencegah daripada menyesal, bukan? Jadi, jangan mudah tergiur promosi menarik jika ternyata tidak valid. Pada ujungnya, jika Anda hanya tergiur dengan penawaran promosi tanpa meneliti lebih lanjut, Anda sendiri yang akan rugi.
Pinjol ilegal gak usah dibayar sepertinya info menarik bagi yang sedang terliit hutang dari nama pinjol ilegal gak usah dibayar ini.

Terlebih jika nominalnya sudah sangat tinggi, lengkap dengan bunganya yang makin meroket. Memang tidak disarankan menggunakan apa pun yang ilegal, apalagi yang berhubungan dengan keuangan. Tak sedikit yang resah karena sebelumnya menggunakan layanan ilegal. Mulai dari cara menagih yang tidak manusiawi, hingga data pribadi yang bocor. Sebelumnya Duniaelektronik.net sudah menjelaskan banyak hal tentang pinjol, termasuk yang nama pinjol ilegal gak usah dibayar dan ilegal.

Sebelum menggunakannya, sebaiknya pahami dulu penjelasan lengkap pinjol dengan cara klik di sini. Ada banyak alasan, kenapa seseorang sampai terjebak menggunakan pinjol tidak resmi (ilegal).

nama pinjol ilegal gak usah dibayar

Mulai dari tidak tahu itu pinjol ilegal, coba-coba, tidak sengaja kepencet aplikasinya, hingga murni penipuan karena menjadi korban kebocoran data. Apa pun alasannya ujungnya bisa dipastikan sama, jumlah tagihan makin menumpuk hingga tidak memiliki dana yang cukup untuk melunasinya.

Wajar jika info mengenai pinjol ilegal gak usah dibayar menjadi sangat menarik. Sebab selain hal itu, juga diperparah dengan cara DC Pinjol dalam menagih yang jauh dari kesan baik. Bahkan mereka seperti memicu keributan. Mulai dari intimidasi, teror, hingga mengancam data pribadi peminjam tersebut akan disebarkan. Kata Kominfo Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Infrormatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangarepan adalah yang pertama kali berpendapat bahwa pinjol ilegal gak usah dibayar.

Dalam suatu wawancara dirinya mengungkapkan jika pinjol ilegal tidak akan bisa menuntut pengguna jika pinjaman tersebut tidak dibayar. Hal ini karena setatus lembaga tersebut yang tidak resmi, menjadikannya tidak akan difasilitasi negara. Bahkan jika mengancam penggunanya yang menunggak pada pihak berwajib, justru usaha mereka lah yang akan ditutup sebab tidak dilengkapi izin operasi.

Pendapat ini seakan menjadi dukungan moril, atau setidaknya pembenaran formal untuk tidak membayar hutang pada pinjaman online ilegal. Perlu diketahui, pendapat tersebut diungkapkan pada tahun 2018. Tahun dimana sedang gencar-gencarnya pinjol ilegal. Jika di tahun 2021 pinjaman online ilegal sudah berkurang, lantas bisakah pendapat ini menjadi acuan dalam mengambil keputusan?

Bolehkah sesorang memutuskan sesuatu yang memiliki implikasi hukum, hanya menurut pendapat seseorang saja? Pendapat berbeda disampaikan Tongam L Tobing selaku Ketua Satgas Waspada Investasi. Meski dirinya tidak mentolerir hal-hal tidak baik saat penagihan, seperti intimidasi, pelecehan, bahkan hingga kekerasan.

Namun setiap peminjam yang berhutang, tetap harus melunasi kewajibannya lebih dulu. Lantas menurutmu manakah pendapat yang terbaik untuk dijadikan landasan dalam mengambil keputusan?

Solusi Permasalahan Mungkin ada sebagian dari kamu yang tetap bersikeras, dan bertanya-tanya pinjol ilegal gak usah dibayat aman tidak? Pinjam meminjam menurut atuan masuk pada hukum perdata, sehingga transaksi ini diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata).

Hal ini telah dijelaskan cukup lengkap terkait hukum pinjaman pada website edukasi hukumonline.com. Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa perjanjian yang dilakukan antara pemberi dan penerima pinjaman dapat dibatalkan, jika penyelenggaranya berstatus ilegal atau tidak memiliki izin.

Meski pun demikian, batalnya perjanjian tersebut tidak lantas mengugurkan hutang. Dana pinjaman tetap harus dikembalikan atau kembali seperti semula. Jadi kamu harus mengembalikan nominal uang yang dipinjam.

Perjanjian sebelumnya otomatis batal. Sehingga perhitungan bunga, denda, dan biaya lainnya yang pernah dibahas sebelumnya menjadi tidak berlaku.

Atas dasar itu, uang yang dikembalikan hanya dana pokoknya saja, yaitu sejumlah uang yang kamu terima. Daftar Pinjol Ilegal Gak Usah Dibayar Berikut adalah daftar pinjol ilegal yang pernah diberantas oleh Satgas Waspada Investasi per tahun 2020 lalu. Bisa jadi aplikasi pinjol tempatmu meminjam ada disini, namun bisa juga mereka sudah mengganti nama. Nama bisa berubah, tampilan aplikasi juga bisa didesain ulang, namun jika mereka menjalankan usahanya tanpa izin, tetap saja itu pinjol ilegal. • Ada Uang (Developer Ada Uang) • Apel Mania Ksp – pinjaman mudah (Developer Koperasi Guna Usaha Bersama) • Ai Money • Bandar Modal • Bantuan Pinjaman (Developer bantupinjaman) • Bhin Bhin • Badai Uang: Informasi Keuangan Sekilat Hidup (Developer smithjames9965432) • BungaMatahari – Pinjaman Dana Uang Tunai Rp Cepat (Developer KSP Bunga Matahari Indonesia) • Burung Glamor (Developer KSP Gemilang Seribu Tahun) • Cash Crown • Toko Tunai – developer Mann Sigismond • Toko Tunai X – developer tangjinyang Daftar lengkap pinjol Ilegal terbaru, silahkan klik di sini.

Tidak Membayar Hutang Menurut Islam Mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Jika pinjol banyak diminati di Indonesia, artinya tak sedikit pula umat muslim yang menggunakannya. Berhutang memang tidak disarankan apalagi jika hanya untuk gaya hidup.

Namun jika kebutuhan sangat mendesak, seperti untuk biaya berobat dan lainnya tentu itu lain persoalannya. Sebagai umat muslim, perintah menjauhi riba tentu bukan nama pinjol ilegal gak usah dibayar asing. Apalagi ancaman dosa ini sangat berat, dimana dihitung jauh lebih besar dosanya dari zina yang dilakukan dengan ibu kandung sendiri. Jika memang terpaksa berhutang, sangat disarankan menggunakan cara syariah.

Daftar aplikasi pinjaman online syariah bisa baca di sini! Lantas bagaimana pinjol ilegal gak usah dibayar menurut Islam? Namanya pinjaman tentu harus dibayar. Sebab pinjaman bukanlah sedekah yang ikhlas diberikan oleh seseorang kepada kita. Dilansir dari dalamislam.com berikut beberapa hadits mengenai hutang : “Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (H.

R. Ibnu Majah). “Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan hutangnya hingga dia melunasinya.” (H. R. Tirmidzi) “Semua dosa orang yang mati syahid Akan diampuni (oleh Allah), kecuali hutangnya.” (H. R. Muslim). “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (H. R. Ibnu Majah). Kesimpulan Pinjol ilegal gak usah dibayar atau tetap mau dibayar keputusannya semua ada di tangan setiap individu.

Yang pasti semua keputusan tentu mengandung akibat, baik dunia maupun akhirat. Apa pun memiliki tempatnya tersendiri, benar ada tempatnya salah pun memiliki nama pinjol ilegal gak usah dibayar. Pinjaman online ilegal memang menurut hukum negara tidak sah. Bahkan menurut Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, kamu tidak akan dipenjara jika tidak membayar. Namun tetap saja, dilihat dari sisi kemanusiaan pun setiap hutang pasti harus dibayar.

Semoga penjelasan mengenai pinjol ilegal gak usah dibayar ini bermanfaat. Jika masih ada hal-hal yang masih bingung, silahkan bisa menggunakan kolom komentar yang tersedia. Jasa Rilis nama pinjol ilegal gak usah dibayar Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online.

Mulai dari 50K s/d 800K. More info klik detatang.com atau via YouTube di Detatang Channel. Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya. Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319 Jasa Rilis dan Backlink ke Berbagai Media Nasional Menerima kursus blog sampai menghasilkan dari berbagai sumber, Jasa pembuatan Blog, Website, maupun Toko Online. Mulai dari 50K s/d 800K.

More info klik detatang.com atau via YouTube di Detatang Channel. Temukan tulisan saya di Membangun Inspirasi, detatang.com, duniaelektronik.net, klikmania.net dan puluhan blog lainnya.

Contact: admin@detatang.com / 0823 2727 7319

Pinjol ilegal mudah cair 2022 - Pinjaman online langsung cair gak usah dibayar




2022 charcuterie-iller.com