Perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah

VII. Penutup Ketika komputer menerima data dari perangkat masukan (misalnya, keyboard), data melewati tahap perantara sebelum dikirim ke perangkat output (misalnya, monitor). Perangkat pemrosesan adalah perangkat apa pun di dalam komputer yang menafsirkan dan memanipulasi data yang masuk selama tahap ini.

Unit pemrosesan adalah sistem apa pun di komputer yang mengelola data yang masuk dalam tahap pemrosesan menengah. Baca Juga : Pengertian Windows – Sejarah, Fungsi, Versi, Kelebihan dan Kekurangan Apa Itu Perangkat Pemrosesan komputer? Perangkat pemrosesan komputer memainkan peran penting dalam operasi pemrosesan. Semuanya digunakan untuk memproses data, menggunakan instruksi dari program. Tujuan utamanya yaitu mengelola fungsi yang dilakukan dengan berbagai perhitungan, dan juga berperan untuk memantau alat perangkat keras.

CPU mengenali dan mengeksekusi semua instruksi yang dapat berupa operasi input/output atau perbandingan numerik atau logis. Ini juga mengoordinasikan tugas unit komputer lain dan memastikan semuanya berjalan lancar. CPU memiliki banyak tugas untuk yang perlu dijalankan selama komputer digunakan. Baca Juga : Pengertian Komputer – Sejarah, Fungsi, Komponen, Perkembangan, Macam Jenis Contoh Definisi Perangkat Pemrosesan Perangkat Pemroses Komputer disebut sebagai mesin pengolah data yang menerima data dan kemudian menyimpan atau memproses data dengan segera dan menampilkan output untuk pengguna.

Perangkat pemrosesan adalah komponen perangkat keras komputer yang membantu menangani penyimpanan dan pengambilan informasi. Di Komputer, perangkat proses memainkan peran utama dalam operasi pemrosesan. Perangkat ini digunakan untuk mengolah data dengan menggunakan instruksi dari program. Unit pemrosesan menjalankan program dan menghasilkan output berdasarkan data masukan. Data dan program biasanya disimpan dalam memori utama untuk akses langsung oleh prosesor. Untuk penyimpanan permanen dan penggunaan di masa mendatang, data dan program disimpan di memori sekunder.

Perangkat yang bertanggung jawab untuk pemrosesan tunggal dianggap sebagai unit pemrosesan. Dalam komputer mikro, unit pemrosesan dikenal sebagai mikroprosesor. Baca Juga : Perangkat Komputer – Periferal, Macam Jenis, Fungsi dan Contoh Pengertian Perangkat Pemrosesan Perangkat pengolah komputer adalah bagian dari komputer yang menerima input, memproses input, dan mampu menghasilkan output.

Hampir semua sistem dan mesin yang dapat ditemukan di sekitar kita bekerja dengan cara yang sama. Input diproses dengan cara tertentu untuk menghasilkan sebuah Output. Perangkat pemrosesan komputer digunakan untuk memproses data menggunakan instruksi program, memanipulasi fungsi, melakukan perhitungan, dan mengontrol perangkat keras lainnya.

Perangkat pemrosesan memainkan peran penting dalam operasi pemrosesan komputer. Contoh perangkat pemrosesan termasuk CPU, motherboard, bus data, RAM dll. CPU (Unit pemrosesan pusat) adalah perangkat pemrosesan sangat penting dari komputer. Dikenal dengan Otak dari sistem komputer yang menjalankan instruksi program komputer, serta semua fungsi komputer. Tanpa CPU, komputer tidak dapat melakukan operasi apa pun yang dimaksudkan. Motherboard adalah papan sirkuit yang ditemukan di dalam komputer yang menampung CPU, memori, bus, dan komponen lainnya.

Mobo menyediakan cara bagi semua komponen dalam komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Chipset adalah sekelompok sirkuit terintegrasi yang bekerja sama untuk mengelola dan mengontrol sistem komputer. Chipset secara kolektif menangani aliran data di seluruh sistem.

Data BUS berada pada motherboard, dan merupakan kumpulan jalur yang digunakan oleh CPU untuk mentransfer data antar komponen dalam komputer. RAM yang terdapat pada komputer merupakan tempat penyimpanan data sementara dan juga termasuk dalam jenis perangkat keras penyimpanan.

Berguna untuk menyimpan data, perintah perangkat lunak aplikasi, dan instruksi saat pemrosesan berlangsung. Baca Juga : Perangkat Input Komputer – Pengertian, Fungsi dan Macam Contoh Sistem Kerja Perangkat Pemrosesan Untuk memahami lebih jelas mengenai cara kerja Perangkat Pemrosesan dapat dilihat melalui gambar dan penjelasan berikut ini.

Model Gambar Perangkat Proses Siklus IPO disebut sebagai siklus Input-Processing-Output. Komputer menerima data sebagai input, memprosesnya, menyimpannya, dan kemudian menghasilkan output. • Input: Perangkat yang memungkinkan data dan instruksi dimasukkan ke dalam komputer (seperti keyboard, mouse, scanner) • Proses: Komputer melakukan operasi yang berguna dengan memanipulasi data dalam banyak cara. Dalam perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah komputer manipulasi ini juga disebut dengan istilah pemrosesan.

• Output: Perangkat yang memungkinkan informasi direpresentasikan (yaitu, diberikan: – keluar) kepada pengguna, seperti Monitor (Soft Copy Output) atau Printer (Hard Copy Output). Sementara itu Komponen non fisik untuk menjalankan mengendalikan dan mengatur proses oleh perangkat keras komputer adalah Software. Perangkat lunak adalah seperangkat program, yang dirancang untuk melakukan fungsi yang terdefinisi dengan baik.

Program adalah urutan instruksi yang ditulis untuk memecahkan masalah tertentu. Baca Juga : Perangkat Output Komputer – Pengertian, Fungsi dan Macam Contoh Macam Perangkat Pemrosesan Ketika komputer menerima data dari perangkat input, misalnya Keyboard dan Mouse, data tersebut harus diproses sebelum dapat dikirim ke perangkat output, seperti printer atau monitor.

Perangkat pemrosesan bertanggung jawab untuk mengubah data itu menjadi informasi yang berguna. Di bagian ini, akan dibahas penjelasan lengkap mengenai contoh proses device sebagai berikut : • Motherboard • CPU (Central Processing Unit) • RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read-only memory) Baca Juga : 20+ Contoh Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya Contoh Perangkat Proses 1.

CPU Komputer melakukan operasi yang berguna dengan memanipulasi data dalam banyak cara. Manipulasi ini disebut juga pengolahan seperti saat kita menulis, menggambar dan menggunakan program apapun di komputer. Central Processing Unit (CPU) terdiri dari beberapa fitur berikut: • CPU dianggap sebagai otak dari komputer.

• CPU melakukan semua jenis operasi pemrosesan data. • Menyimpan data, hasil Intermediate, dan Instruksi (program). • Mengontrol pengoperasian semua bagian komputer. Prosesor sendiri memiliki tiga komponen berikut.

a). Memori (Storage Unit) Storage Unit dapat menyimpan instruksi, data, dan hasil intermediate. Ukurannya mempengaruhi kecepatan, kekuatan, dan kemampuan. Fungsi dari unit memori adalah : • Menyimpan semua data dan instruksi yang diperlukan untuk diproses. • Menyimpan hasil antara pemrosesan.

• Menyimpan hasil akhir pemrosesan sebelum hasil ini dirilis ke perangkat output. • Semua input dan output ditransmisikan melalui memori utama. b). Unit Kontrol Unit ini mengontrol operasi semua bagian komputer tetapi tidak melakukan operasi pemrosesan data yang sebenarnya.

Fungsi Control Unit pada CPU antara lain yaitu : • Bertanggung jawab untuk mengendalikan transfer data dan instruksi di antara unit-unit komputer lainnya.

• Mengelola dan mengkoordinasikan semua unit komputer. • Memperoleh instruksi dari memori, menafsirkannya, dan mengarahkan operasi komputer. • Berkomunikasi dengan perangkat Input/Output untuk transfer data atau hasil dari penyimpanan.

• Tidak memproses atau menyimpan data. c). ALU Arithmetic Logic Unit adalah komponen utama dari Central Processing Unit dari sistem komputer. i. Bagian Aritmatika Fungsi bagian aritmatika adalah untuk melakukan operasi aritmatika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Semua operasi kompleks dilakukan dengan menggunakan operasi di tersebut secara berulang. ii. Bagian Logika Fungsi bagian logika adalah untuk melakukan operasi logika seperti membandingkan, memilih, mencocokkan, dan menggabungkan data.

Baca Juga : 7 Contoh Perangkat Pemrosesan dan Penjelasannya 2. MotherBoard Motherboard adalah papan sirkuit utama dari sistem komputer, dan juga disebut “Papan utama atau papan Logika”.

Setiap motherboard terdiri dari kelompok chip dan pengontrol yang dikenal sebagai chipset. Motherboard berfungsi sebagai perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah tunggal untuk menghubungkan semua bagian komputer bersama-sama. Berperan untuk menghubungkan CPU, memori, hard drive, drive optik, kartu video, kartu suara, dan port lain serta kartu ekspansi secara langsung atau melalui kabel.

Mobo juga umumnya dianggap sebagai tulang punggung komputer. Fitur Motherboard : • Motherboard sangat bervariasi dalam mendukung berbagai jenis komponen. • Motherboard mendukung satu jenis CPU dan beberapa jenis memori.

• Kartu video, hard disk, kartu suara harus kompatibel dengan motherboard agar berfungsi dengan baik. • Motherboard, casing, dan catu daya harus kompatibel agar dapat bekerja bersama dengan baik. Deskripsi Motherboard Motherboard dipasang di dalam casing dan terpasang dengan aman melalui sekrup kecil lewat lubang yang telah dibor sebelumnya.

Motherboard berisi port untuk menghubungkan semua komponen internal. Menyediakan satu soket untuk CPU, sedangkan untuk memori, biasanya satu atau lebih slot tersedia.

Motherboard menyediakan port untuk memasang floppy drive, hard drive, dan drive optik melalui kabel pita. Motherboard biasanya dilengkapi dengan kipas dan port khusus yang dirancang untuk catu daya.

Ada slot kartu periferal pada motherboard yang digunakan untuk menghubungkan kartu video, kartu suara, dan kartu ekspansi lainnya ke motherboard. Di sisi lain, motherboard membawa sejumlah port untuk menghubungkan monitor, printer, mouse, keyboard, speaker, dan kabel jaringan. Motherboard juga menyediakan port USB, yang memungkinkan perangkat yang kompatibel terhubung dengan cara plug-in/plug-out. Misalnya, pen drive, kamera digital, dll. Baca Juga : Perangkat I/O (Input Output) – Macam Jenis dan Contoh 3.

RAM RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen terpenting dalam menentukan kinerja sistem komputer. RAM memberi aplikasi tempat untuk menyimpan dan mengakses data dalam jangka pendek.

Selain itu RAM juga menyimpan informasi yang digunakan komputer secara aktif sehingga dapat diakses dengan cepat. RAM bersifat volatile, yaitu data yang tersimpan di dalamnya hilang saat kita mematikan komputer atau jika terjadi gangguan listrik.

Oleh karena itu, Uninterruptible Power System (UPS) cadangan sering digunakan dengan komputer. RAM terdiri dari dua jenis : a). RAM Statis (SRAM) Kata statis menunjukkan bahwa memori mempertahankan isinya selama daya disuplai.

Namun, data hilang saat listrik padam karena sifatnya yang volatil. Chip SRAM menggunakan matriks 6 transistor dan tanpa kapasitor. Transistor tidak memerlukan daya untuk mencegah kebocoran, sehingga SRAM tidak perlu refresh secara teratur.

Ada ruang ekstra dalam matriks, maka SRAM menggunakan lebih banyak chip daripada DRAM untuk jumlah ruang penyimpanan yang sama, membuat biaya produksi lebih tinggi. SRAM dengan demikian digunakan sebagai memori cache dan memiliki akses yang sangat cepat. Karakteristik RAM Statis • Memiliki masa pakai yang lama • Tidak perlu direfresh • Lebih cepat • Digunakan sebagai memori cache • Ukuran besar • Mahal • Konsumsi daya tinggi b).

RAM Dinamis (DRAM) DRAM, tidak seperti SRAM, harus terus refresh untuk menjaga data. Hal ini dilakukan dengan menempatkan memori pada sirkuit refresh yang menulis ulang data beberapa ratus kali per detik. DRAM digunakan untuk sebagian besar memori sistem karena murah dan kecil. Semua DRAM terdiri dari sel memori, yang terdiri dari satu kapasitor dan satu transistor.

Karakteristik RAM Dinamis • Masa pakai data singkat • Perlu disegarkan (refresh) terus menerus • Lebih lambat dibandingkan dengan SRAM • Digunakan sebagai RAM • Lebih kecil ukurannya • Lebih murah • Konsumsi daya lebih sedikit Itulah tiga macam contoh hardware yang termasuk perangkat proses, ada lebih banyak lagi perangkat proses yang digunakan pada komputer.

Baca Juga : 50+ Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya Penutup Memori komputer dan perangkat pemrosesan memiliki berbagai fungsi dan karakteristik. Komputer terdiri dari banyak bagian penghubung yang kompleks.

Motherboard menampung sebagian besar dari mereka, termasuk CPU, RAM, dan ROM. Bagian yang paling vital adalah central processing unit (CPU). Baca Juga : Perangkat Penyimpanan – Pengertian, Tipe dan Macam Jenis Contoh Sumber Referensi https://www.tutorialspoint.com/computer_fundamentals/computer_cpu.htm https://intl.siyavula.com/read/cat/grade-10-cat/extended-hardware-concepts/06-extended-hardware-concepts?id=ch6.4 https://www.studyadda.com/notes/2nd-class/computers-science/computer-processing/computer-processing-and-processing-devices/13208 https://digitalthinkerhelp.com/processing-devices-of-computer-types-examples-functions-uses/ • Tags • Contoh Hardware • Desktop • Device • Hardware • Hardware Komputer • Komputer Adalah • PC • Pengertian Komputer • Perangkat • Perangkat Input • Perangkat Keras • Perangkat Keras Komputer • Perangkat Komputer • Perangkat Output • Perangkat Pemrosesan • Perangkat Penyimpanan • Perangkat Proses • Periferal • Periferal Komputer • Proses Device • windows ABOUT US Adammuiz.com merupakan sebuah website yang ditujukan untuk membagikan informasi pengetahuan.

Konten pada website ini dibuat dengan akurat dan benar sejauh pengetahuan penulis dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan saran formal dan individual dari seorang profesional yang memenuhi syarat. Website ini dibuat guna memberikan bahan bacaan gratis yang dapat diakses oleh umum. 1. Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet di mana pun kita berada adalah ….

a. pager b. laptop c. printer d. Telepon 2. Perangkat keras komputer yang dapat membuat komputer saling berhubungan adalah …. a. browser b. harddisk c. modem d. Webcam 3. Salah satu perangkat untuk memasukkan data pada saat mengakses internet adalah …. a. keyboard b. monitor c. CPU d. Printer 4. Perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah …. a. keyboard b.

monitor c. CPU d. Printer 5. Aplikasi yang dibuthkan untuk mengakses internet disebut . a. Website b. Email c. Yahoo messenger d.

Web browser 6. Perangkat lunak berikut digunakan sebagai browser pada internet, adalah …. a. Windows XP b. Microsoft Outlook c. mIRC d. Internet Explorer 7.

Kotak dialog untuk mengetikkan nama provider yang dituju adalah …. a.

Connect provider b. Connection name c. Connect to the internet d. Connection manually 8. Kotak isian untuk memasukkan nomor telepon provider yang dituju adalah …. a. Phone number b. Connection name c. Communication d. Confirm number Baik anak2 kita mulai kegiatan belajar pagi ini. Silahkan membuka catatan dan kerjakan tugas berikut: Pekerjaan ditulis di kertas 1. Gambarkan tabel d … engan kolom 5 baris 4 2.

Isi tabel diatas dg nama kolom No, Nama Karyawan, Lama Kerja, Lulusan, Bonus 3. Isi data pada tabel tsb 4. Buatlah rumus pada kolom bonus dg ketentuan, karyawan akan menperoleh bonus *jika* lama kerja lebih dari 30 tahun​ Pada sigil ada beberapa cara membuat buku digital,kecuali. A. Buat langsung di editor sigil b. Buka berkas html lalu edit di sigilc. Buka berkas epub … yang ada lalu edit di sigild. Konversi berkas ke epub dengan aplikasi lalu buka dan edit di sigile.

Konversi ke epub di sigil lalu edit di peramban​.
a. Unification Relay Leaded b. Uniform Resource Locator c. Unidentified Relay Locator d. Uniform Relay Locator 11.

Berikut ini merupakan jaringan berdasarkan area kerja yaitu .… a. SAN b. WAN c. MAN d. LAN 12. Sekumpulan aturan yang dapat mendefinisikan beberapa fungsi, agar komunikasi dapat berlangsung baik dan benar adalah .… a. Protokol b. Transmitter c. Topologi d. Receiver 13. Pola hubungan antarkomputer dalam suatu jaringan disebut …. a. Protokol b. Transmitter c. Topologi d. Receiver 14. Berikut ini yang bukan beberapa topologi yang biasa digunakan, adalah …. a. Bus b. Ring c. Star d.

Ellips 15. Topologi yang memiliki komputer pusat sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data yang terjadi disebut …. a. Bus b. Ring c. Star d.

Ellips 16. Setiap komputer yang mengirimkan data melalui jaringan disebut …. a. Server b. Receiver c. Client d. Transmitter 17. Berikut ini adalah dua macam media transmisi yang digunakan jaringan komputer, yaitu …. a. Wired Network dan Wireless Network b.

Repeater dan Bridge c. Wired Network dan Router Network d. Gelombang micro dan twisted Pair 18. Setiap komputer yang menerima data melalui jaringan disebut …. a. Server b. Receiver c. Client d. Transmitter 19. Komputer dalam suatu jaringan biasa disebut juga dengan …. a. Stasiun b. Network c. Link d. Node 20. Perangkat yang berfungsi memperbaiki dan memperkuat sinyal adalah …. a. Gateway b. Router c. Repeater d. Bridge 21. Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat digunakan untuk mengakses internet di mana pun kita berada adalah ….

a. pager b. laptop c. printer d. telepon 22. Perangkat keras komputer yang dapat membuat komputer saling berhubungan adalah …. a. browser b. harddisk c. modem d. webcam 23. Salah satu perangkat untuk memasukkan data pada saat mengakses internet adalah …. a. keyboard b. monitor c. CPU d. Printer 24. Perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah ….

a. keyboard b. monitor c. CPU d. printer 25. Yang termasuk perangkat lunak atau software untuk menelusuri situs-situs web di internet adalah .… a. Windows explorer b. Browser c. Windows d. Windows server 26. Urutan prinsip Kerja perangkat kerja komputer yang benar adalah …. a. input – proses - output b. proses – input - output c.

output – proses - input d. input – output – proses 27. Perangkat yang digunakan untuk mencetak dokumen yang kamu ambil dari internet adalah …. a. printer b. keyboard c. monitor d. CPU 28. Perangkat di bawah ini yang merupakan perangkat output pada saat mengakses internet adalah …. a. printer dan CPU b. keyboard dan Monitor c.

CPU dan keyboard d. printer dan monitor 29. Jika pada saat menggunakan komputer kamu ingin memasukkan foto yang kamu miliki maka kamu dapat menggunakan …. a. mouse b. printer c. scanner d. keyboard 30. File hasil download dapat kamu simpan di media penyimpanan …. a. printer dan harddisk b. harddisk dan compact disk c. printer dan monitor d. disket dan scanner 31. Peralatan yang harus dipasang jika komputer kita ingin terhubungkan dengan internet adalah ….

a. modem dan saluran telepon b. keyboard c. CD room d. disk drive 32. Jasa layanan internet yang merupakan gerbang menuju internet disebut …. a. OSI b. SII c. ISO d. ISP 33. Berikut yang bukan beberapa provider yang ada di Indonesia adalah . a. RADnet b. Wasantara Net c. Centrinnet d. Yahoo.com 34. Media yang digunakan untuk melakukan hubungan dengan ISP adalah .

a. saluran telepon b. printer c. stabilizer d. Speaker 35. Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih provider adalah ….

a. harga b. kecepatan akses c. pelayanan d. kinerja jaringan 36. Kotak dialog untuk mengetikkan nama provider yang dituju adalah …. a. Connect provider b. Connection name c. Connect to the internet d. Connection manually 37. Kotak isian untuk memasukkan nomor telepon provider yang dituju adalah ….

a. Phone number b. Connection name c. Communication d. Confirm number 38. Orang yang melakukan penyusupan ke jaringan komputer untuk mencuri data atau file-file penting disebut .

a. carder b. hacker c. cracker d. Carding 39. Istilah yang menandakan komputer yang kita gunakan telah terhubung dengan internet adalah …. a. Connect b. Disconnect c. Dial-Up d. Users 40. Istilah yang menandakan kita mengakhiri koneksi dengan internet adalah …. a. Disconnect b. Connect c. Users d. Dial-Up II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan jelas ! • Jelaskan dengan singkat apa yang dimaksud dengan Internet dan Intranet.?

• Jelaskan secara singkat sejarah munculnya internet ? • Negara mana di Asia yang paling tinggi pengguna internetnya ? • Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ? • Apa yang di maksud dengan protocol jaringan ? 4.2 Printer Apa itu perangkat komputer? Perangkat komputer adalah perangkat kalkulasi yang cepat untuk tampilan operasi aritmatika.

Secara umum, perangkat komputer dan fungsinya terdiri dari 3 bagian yaitu perangkat input, perangkat prosesor dan perangkat output. Semua bagian sangat penting dalam menunjang berjalanya sistem operasi (OS) Perangkat Input Perangkat input adalah alat untuk memasukkan data, informasi dan instrusi ke dalam komputer. Perangkat ini sangat penting untuk pengoperasian, yaitu keyboard dan mouse.

Tanpa dua perangkat dasar ini, pengguna tidak bisa menginput data apapun. Baca Juga : Harga VPS Murah Indonesia Keyboard Keyboard adalah bagian perangkat input yang fungsinya memasukkan data secara manual. Tidak hanya alfabet dan angka, di keyboard ada juga tombol kunci fungsi, kunci kontrol dan karakter spesial.

Pengguna bisa memahami fungsi dari setiap kunci saat digunakan. Saat tombol apapun ditekan, maka sinyal diproduksi dan membuat hasil tertentu.

Keyboard paling populer adalah 101. Mouse Mouse adalah salah satu perangkat komputer dan fungsinya untuk mengontrol pergerakan kursor di tampilan layar. Objek kecil ini bisa digulir di permukaan datar dan keras.

Saat menggerakan mouse, maka kursor di layar akan bergera ke arah yang sama. Mouse umumnya memiliki dua tombol yang masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Baca juga : hosting murah berkualitas dari Domainesia Perangkat Prosesor Motherboard Motherboard adalah papan yang menjadi pondasi penting bagi sebuah komputer. Biasanya, motherboard terleta di bagian belakang bawah komputer. Fungsi utama dari motherboard ialah menghubungkan komunikasi antara CPU, RAM dan semua komponen perangkat keras komputer. Sejak ditemukan tahun 1981, motherboard memiliki banyak perkembangan salah satunya informasi tambahan ATX.

CPU (Central Processing Unit) CPU merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk menangani semua instruksi yang diterimanya baik dari hardware maupun dari software selama komputer digunakan. CPU berbentuk chip persegi di mana bagian bawahnya ada ratusan pin konektor. Komponen primer dari CPU adalah arithmetic logic untu yang menampilan matematika, logika dan hasil operasi secara langsung.

Graphics Processing Unit GPU sering juga disebut video card yang berfungsi untuk menampilkan gambar maupun video. Untuk video card yang terpisah biasanya digunakan oleh para gamer agar grafisnya terintegrasi dan kualitasnya lebih baik.

Karena saat komputer digunakan untuk game, suplai power dan RAM akan termakan jauh lebih banyak. Baca juga : cara mendapatkan uang dari internet RAM Selanjutnya adalah Random Access Memory yang orang sering menyebutnya dengan RAM.

Alat ini adalah hardware yang dipakai untuk menyimpan informasi sementara yang nantinya akan diproses oleh processor. RAM memiliki kecepatan proses yang sangat cepat, karena dipakai untuk menjalankan program software yang sedang berjalan, contohnya ketika kamu membuka aplikasi google chrome, maka RAM akan menyimpan data sementara yang selanjutnya diproses oleh CPU.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah RAM pada komputer berbanding lurus dengan kecepatan komputer memproses program, oleh sebab itu diperlukan ukuran RAM yang besar untuk menjalankan program-program yang berat.

Seperti mengedit vidio, bermain game, dan mengedit gambar resolusi tinggi. saat ini ada dua macam RAM yang dipakai di dunia IT, diantaranya adalah RAM Static Random Access Memory (SRAM) dan Dynamic Random Access Memory (DRAM). RAM jenis SRAM biasanya digunakan dalam memori cache CPU, SRAM dirancang dengan memakai transistor tanpa kapasitor.

Sehingga tanpa adanya kapasitor akan membuat SRAM anti kebocoran sehingga sistem tidak lagi melakukan refresh berkala. SRAM dirancang juga untuk memakai desain cluster enam transistor, enam transistor ini dipakai untuk menyimpan setiap bit informasi sehingga lebih cepat dan aman. Dengan desain yang kompleks ini menyebabkan harga SRAM jauh lebih mahal, namun harga yang kamu bayarkan akan sebanding lurus dengan kecepatan pada sistem komputer.

Perlu kamu ketahui bahwa Chip pada SRAM biaya pembuatan hampir 30x lebih mahal dibandingkan DRAM. Dengan SRAM, memory yang disimpan akan hilang dengan sendirinya ketika daya di cabut, sehingga tidak perlu melakukan refresh setiap saat. Akses acak pada SRAM juga menunjukkan jika memori bisa diakses, dibaca dan di tulis sesuai alamat data pada RAM.

Baca juga : cara membuat web Perangkat Output Perangkat output adalah komponen hardware yang digunakan untuk menampilkan data atau mencetak informasi yang telah diproses.

Tiga komponen output pada umumnya adalah monitor, printer dan speaker. Monitor Monitor disebut juga sebagai VDU atau Visual Display Unit yang menjadi perangkat output utama dari komputer.

Tampilannya berupa titik-titik yang membentuk gambar yang disebut piksel dan tersusun dalam bentuk seri empat. Ketajaman gambar yang tampil di monitor tergantung dari jumlah piksel dari luasan gambar. Berdasarkan warna, monitor terbagi ke dalam dua jenis yaitu monokrom yang hanya menampilkan warna hitam putih dan monitor warna yang menapilkan gambar dalam berbagai warna. Berddasarkan jumlah piksel, monitor terbagi ke dalam beberapa jenis diantaranya CGA, MDA, HGA, EGA, VGA dan SVGA.

Printer Printer adalah perangkat komputer dan fungsinya untuk mencetak hasil komputasi ke dalam sebuah kertas. Printer terbagi ke dalam dua macam, yatu printer impact yang berpita dan non-impact alias tanpa pita. Printer tanpa pita semakin populer, baik printer laser maupun inkjet.

Mesin printer inkjet banyak digunakan untuk mencetak tidak hanya di atas kertas namun juga kain atau media lebih besar. Itulah beberapa penjelasan tentang Jenis Perangkat Komputer dan Fungsinya yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Baca Juga : Tips Beli Hosting Murah
Eril Obeit Choiri Follow Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Home » 12 Perangkat Keras Jaringan Komputer Serta Fungsinya 12 Perangkat Keras Jaringan Komputer Serta Fungsinya 5 May 2020 4 min read Pernahkan Anda berfikir bagaimana internet bisa menyambungkan koneksi antar pengguna dengan lokasi yang berbeda-beda? Jawabnya itu semua karena ada jaringan komputer.

Nah dalam jaringan komputer bisa bekerja maksimal didukung dengan adanya perangkat lunak dan perangkat keras jaringan. Dalam membangun suatu jaringan komputer, ada banyak hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah perangkat keras komputer. Pada artikel kali ini, Kami akan lebih membahas mengenai perangkat keras jaringan komputer atau bisa disebut hardware jaringan komputer.

Nah apa saja yang termasuk dalam hardware komputer jaringan? Kami sudah merangkumnya menjadi 12 perangkat keras jaringan komputer beserta dengan fungsinya secara lengkap. Silahkan simak pembahasannya perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah artikel berikut ini. 12. Modem Perangkat Keras Jaringan Komputer 1. Komputer server Spesifikasi Komputer Server Komputer server menjadi hardware jaringan paling penting dalam internet.

Tugas server menjadi pusat semua jaringan komputer dan pada server inilah semua data penting tersimpan. Saat terjadi request dari client, server akan mengirimkannya dengan melewati beberapa hardware dan software jaringan. Secara umum komputer server memiliki fungsi sebagai penyimpanan dari semua basis data informasi. Data yang ada di server akan dikirim sesuai dengan request dari client.

Semakin baik spesifikasi komputer server maka semakin besar kapasitas penyimpanannya dan juga semakin cepat prosesnya. Makanya server menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh pada performa jaringan internet. Spesifikasi komputer server juga harus khusus, tidak bisa komputer biasa dipaksakan menjadi server. Komputer server harus bisa bekerja selama 24 jam penuh, jadi hardware yang digunakan pun juga harus khusus. Mulai dari processor, hardisk, RAM, motherboard, power supply dan semua perangkat server lainnya.

Dengan begitu server bisa melayani klien dengan maksimal tanpa terjadi server down. 2. Komputer client Client artinya adalah komputer pengguna. Seperti yang sudah dijelaskan di atas klien adalah orang-orang yang mengakses data-data yang ada pada server melalui jaringan internet. Jumlah klien ini biasanya terdiri dari beberapa komputer yang terhubung melalui jaringan internet sama dengan server.

Jika komputer client tidak terhubung dengan server, maka client tidak akan bisa mengakses data-data komputer server. Komputer client hanya menjadi komputer biasa saja tanpa akses jaringan internet. Untuk terhubung pada jaringan internet, komputer client harus terhubung dengan jaringan kabel LAN atau bisa juga dengan jaringan WiFi. 3. Kabel Jenis kabel jaringan Ketika membicarakan jaringan, pasti tidak akan lepas dengan kabel jaringan.

Sebelum ada teknologi WiFi dulunya semua internet tersambung dengan kabel jaringan. Kebanyakan kabel yang digunakan jenisnya UTP (Unshielded Twisted Pair), kabel coaxial dan Fiber Optic. Dalam pemilihan kabel untuk mendukung koneksi yang cepat disarankan menggunakan jenis kabel fiber optic yang bisa mengirimkan data hingga 1 Gbps, tetapi biayanya paling mahal dan instalasinya sulit. Untuk membangun jaringan skala lokal, penggunaan kabel UTP lebih dipilih karena biaya yang lebih murah dan mudah dalam hal maintenance.

4. Konektor Konektor merupakan perangkat keras jaringan yang fungsinya dipasang pada bagian ujung kabel untuk menghubungkan pada adapter kabel. Ada banyak jenis konektor yang digunakan dalam perangkat jaringan saat ini, diantaranya seperti berikut ini: • Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP dan saat ini paling banyak digunakan untuk perangkat jaringan internet.

• Konektor BNC/T digunakan untuk kabel tipe coaxial. • Konektor ST digunakan untuk keperluan kabel fiber optic, ini menjadi konektor dengan harga paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Untuk mengecek perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah sudah benar atau belum saat memasang konektor Anda bisa menggunakan konektor tester. 5. Switch Switch jaringan Switch adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk memecah jaringan dari satu server menjadi beberapa client dalam jaringan local.

Biasanya port yang tersedia pada switch kelipatan 4,8,16,32 dan seterusnya. Semakin banyak berarti semakin mahal pula harga switch. Perlu diketahui pula bahwa switch memiliki perbedaan dengan hub, walaupun bentuknya sama tetapi fungsinya berbeda. Fungsi utama switch yang membedakan dari hub adalah kemampuannya yang lebih pintar dalam membatasi dan mengatur besarnya paket data yang ditransmisikan pada setiap client yang terhubung. Jadi bisa diatur kecepatan internet setiap pengguna.

Fungsi lain dari switch seperti: • Menerima sinyal dan data dari komputer serta server • Mentransmisikan data dari server menuju client dan juga sebaliknya.

• Memperkuat sinyal yang ditransmisikan melalui server kepada client sehingga kecepatannya masih sama. • Bisa mengatur dan membatasi paket data yang ditransmisikan kepada setiap user. • Bisa jadi repeater jaringan • Menjadi central connection point jaringan • Sebagai splitter dalam jaringan 6. Hub Hub adalah hardware jaringan yang memiliki fungsi untuk membagi jaringan dalam satu server. Biasanya hub banyak digunakan pada jaringan LAN. Bedanya dengan switch adalah pada kemampuan mengatur clientnya, hub hanya bisa membagi jaringan tanpa bisa mengatur dan membatasi paket data yang terkirim, jadi pembagiannya tidak bisa adil antara satu client dengan lainnya.

Perbedaan lainnya dengan switch adalah harga hub ini jauh lebih murah. Selain itu kelemahan dari hub adalah jika mengalami kerusakan maka semua client akan mengalami disconnect.

Selain itu hub tidak memiliki fitur sepintar teknologi yang ada pada switch. 7. Bridge Sesuai namanya. Bridge memiliki fungsi sebagai jembatan jaringan. Maksudnya bridge ini bisa menggabungkan jaringan local kedalam jaringan local lain yang lebih besar.

Fungsi lainnya bridge bisa digunakan untuk memecah jaringan local menjadi beberapa jaringan local kecil lainnya. Fungsi utama dari bridge adalah digunakan sebagai penghubung antar jaringan yang menggunakan topologi jaringan yang berbeda. Bridge ini sangat berfungsi ketika Anda berada dalam instansi/perkantoran besar yang terdiri dari beberapa gedung dan kantor yang letaknya berjauhan.

Seluruh gedung dan kantor dapat terhubung semua menjadi satu dengan bantuan perangkat bridge. 8. Access Point Access point Access point memiliki fungsi untuk mentransmisikan sinyal wireless yang diterima dari router atau kabel jaringan sehingga sinyal yang diterima oleh client bisa lebih baik.

Access point ini cocok digunakan untuk area-area yang memiliki sinyal yang kurang baik. Untuk pengaplikasiannya ini lebih mudah dan settingnya tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan router. Secara mudahnya access point ini seperti hub tetapi menggunakan jaringan WiFi. Dalam hal keamanan access point bisa ditambahkan password untuk setiap user yang ingin connect pada jaringan. Baca juga : Mengenal Sistem Keamanan Jaringan WiFi 9.

Router Perangkat keras jaringan selanjutnya adalah router. Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk membagi jaringan internet dengan protokol TCP/IP pada komputer client. Jadi setiap client mendapatkan IP yang berbeda satu dengan lainnya. Secara fungsi router mirip dengan access point tetapi memiliki fitur yang lebih lengkap.

Router memiliki keunggulan dimana bisa mengatur paket data yang akan dibagikan pada setiap access point atau hub yang terhubung. Router ini cocok dipakai untuk area perkantoran, gedung, kampus atau mall yang memiliki jumlah pengguna yang besar.

10.

Repeater WiFi Repeater Repeater adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal. Dengan menggunakan repeater ini sinyal yang lokasinya jauh bisa diperkuat lagi sehingga bisa terjangkau dengan jarak yang lebih luas. Jadi untuk Anda yang memiliki masalah koneksi yang kurang baik seperti terhalang tembok, pepohonan, bangunan dll bisa mencoba untuk memasang repeater jaringan. 11. Network Card Network card atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang biasa dipasang pada komputer atau laptop.

Fungsi utamanya sebagai kartu jaringan untuk menerima koneksi internet kabel ataupun jaringan wifi. Jadi network card ini adalah perangkat keras jaringan tambahan yang bisa menghubungkan antar komputer dalam satu jaringan internet.

12. Modem USB Modem Perangkat keras jaringan yang terakhir adalah modem (modulator demodulator). Modem adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi untuk merubah dari sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya.

Sekarang ini modem sudah berbentuk USB yang mudah digunakan, dulunya modem masih menggunakan koneksi Dial-up. Nah demikian pembahasan mengenai 12 perangkat keras jaringan komputer beserta fungsinya. Jadi mulai sekarang jika Anda membutuhkan perangkat jaringan tidak salah lagi dalam membeli. Pastikan semuanya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Perlu diketahui bahwa Qwords tidak hanya menyediakan informasi mengenai jaringan internet saja, melainkan memiliki layanan penjualan domain hosting murahuntuk keperluan website bisnis Anda.

Jika Anda belum memiliki website segera pesan di Qwords dan dapatkan harga spesial. Terima kasih
Nama : Restina Septiani NIM : 21011617 Prodi : Manajemen Mata Kuliah : Teknologi Informasi dan Komunikasi Dosen Pengampu : Farhan Hamdallah Pengertian Teknologi dan Teknologi Informasi Secara umum, pengertian teknologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat hingga metode pengolahan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Pengertian teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam bepergian dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.

Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah dari pentungan sampai senjata nuklir.

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi data dan pengelolaan informasi. Istilah Teknologi Informasi (Information Technology) mulai populer di akhir dekade 70-an. Pada masa sebelumnya istilah Teknologi Informasi dikenal dengan Teknologi Komputer atau pengolahan data elektronik atau EDP (Electronic Data Processing). Jadi, secara umum pengertian Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, khususnya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Teknologi informasi tidak hanya penting sebagai alat komunikasi via elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi), perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat, dan tekanan akibat dari persaingan bisnis.

Perbedaan Data dan Informasi Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.

Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu. Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.

Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi. Fungsi Teknologi Informasi Terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu: 1. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penangkap (Capture) 2.

Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pengolah (Processing) 3. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Menghasilkan (Generating) 4. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Penyimpan (storage) 5. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Pencari Kembali (Retrieval) 6. Fungsi Teknologi Informasi sebagai Transmisi (Transmission) Manfaat IT Manfaat teknologi informasi dalam bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik dikarenakan ada teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien.

Manfaat ini dapat digolongkan berdasarkan kebutuhannya seperti : 1. Untuk Pendidikan Dengan adanya teknologi informasi di dunia pendidikan terutama komputer, membuat siswa lebih efektif dalam belajar.

komputer adalah sarana yang memudahkan dalam menumbuhkan kreativitas siswa sekaligus sumber informasi. 2. Untuk Industri dan Manufaktur Teknologi informasi dapat membantu membuat rancangan desain sebuah produk yang akan dikeluarkan pada industri serta bisa mengontrol mesin produksi dengan ketepatan yang baik. Apalagi seperti yang kita ketahui industri membutuhkan hal yang cepat untuk produksi dalam jumlah besar.

3. Untuk Bisnis dan Perbankan Dengan teknologi informasi bisa membantu dalam transaksi, menyimpan berkas dengan lebih aman dan sistem perbankan yang lebih maju. Serta akses nya dapat dikontrol dengan mudah cukup dengan teknologi saja. 4. Untuk Militer Dengan teknologi informasi yang maju, bisa dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi atau tanpa kemudi.

Dengan adanya teknologi Militer juga dapat membuat suatu akses ketika berada dikeadaan genting. 5. Untuk Teknik dan Pengetahuan Teknologi informasi bisa digunakan dalam mempelajari struktur tanah, angin dan juga cuaca.

Dan bisa membantu dalam menghitung. Saat ini akses ilmu pengetahuan pun bertebaran dimana-mana dan dapat di akses dengan mudah cukup dengan jaringan internet. 6. Untuk Kedokteran Bisa dimanfaatkan dalam mendiagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dengan komputer. Bahkan teknologi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan bidang kedokteran saat ini seperti: scan, radiologi, maupun USG.

7. Untuk Pemerintahan Teknologi informasi dapat diaplikasikan dalam mengolah suatu data dan informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Bisa meningkatkan hubungan antara pemerintah dan masyarakatnya. Sehingga apa yang terjadi di suatu daerah tertentu dapat diketahui dengan cepat menggunakan teknologi.

8. Untuk Hiburan dan Permainan Teknologi komputer bisa digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis dan juga audiovisual supaya menjadi lebih baik dan menarik.

9. Untuk Bidang Kriminal Teknologi bisa membuat mudah aparat dalam menyelesaikan permasalahan, bisa dengan mudah terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan sidik jari. Bahkan untuk kejahatan sekelas Cyber Crime sekalipun dapat dengan mudah dilacak lewat teknologi. Pengertian Arsitektur Teknologi Informasi Information Technology Infrastructure Library (2011), mendefinisikan Arsitektur Teknologi Informasi adalah seluruh aspek meliputi piranti keras, piranti lunak, perangkat jaringan dan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk pengembangan, uji coba, pengaturan dan daya dukung terhadap aplikasi dan layanan teknologi informasi.

Seluruh aspek harus dikelola ketika dijalankan untuk memastikan elemen-elemen tersebut beroperasi sebagaimana mestinya dan membentuk satu operasi yang lancar sehingga memenuhi kebutuhan pengguna.

Arsitektur TI adalah cetak biru yang menerjemahkan strategi perusahaan menjadi rencana sistem informasi. Arsitektur TI dibuat berdasarkan strategi perusahaan. Melalui pemahaman terhadap setiap strategi, maka arsitektur dapat dibuat dalam cetakbiru, yang kemudian menjadi landasan pembuatan infrastruktur. Prinsip Arsitektur Teknologi Informasi Ada beberapa prinsip yang dapat menjadi landasan diantaranya sebagai berikut : - Kemudahan penggunaan, artinya Arsitektur TI akan meningkatkan kemudahan penggunaan dalam membangun dan mendukung arsitektur dan solusi berbasis pada arsitektur.

- Satu titik pandang, dalam hal ini Arsitektur TI akan memungkinkan secara konsisten, pandangan yang terintegrasi dari bisnis, terlepas dari jalur akses. - Beli daripada membangun, dalam pengadaan aplikasi, komponen sistem, dan kerangka kerja yang memungkinkan akan dibeli kecuali ada alasan kompetitif untuk mengembangkan mereka secara internal.

- Kecepatan dan kualitas, dalam memutuskan arsitektur, akan dibuat dengan penekanan pada mempercepat waktu untuk memasarkan solusi, sementara tetap mempertahankan tingkat kualitas yang diperlukan. - Fleksibilitas dan kelincahan, sebuah Arsitektur TI akan menggabungkan fleksibilitas untuk mendukung perubahan kebutuhan bisnis dan memungkinkan evolusi arsitektur dan solusi yang dibangun di atasnya. Disiplin Arsitektur Teknologi Informasi IBM (International Business Machine) mendefinisikan 6 jenis disiplin arsitektur teknologi informasi, yaitu : 1.

Arsitektur perusahaan (enterprise architecture). 2. Arsitektur aplikasi (application architecture). 3. Arsitektur informasi (information architecture). 4. Arsitektur infrastruktur (infrastructure architecture). 5. Arsitektur integrasi (integration architecture). 6. Arsitektur operasi (operation architecture). Kegagalan pada Sistem Informasi Keamanan perlu diperhatikan dalam pengoperasian sistem informasi karena untuk mencegah ancaman terhadap sistem serta untuk mendeteksi dan membetulkan akibat segala kerusakan sistem.

Ancaman terhadap sistem informasi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu : a. Ancaman pasif, mencakup: kegagalan sistem, kesalahan manusia, dan perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah alam. b. Ancaman aktif, mencakup: kecurangan dan kejahatan terhadap computer.

Metode yang umum digunakan oleh orang dalam melakukan penetrasi terhadap sistem berbasis komputer ada 6 macam (Bonar dan Hopwood, 1993), yaitu: 1. Pemanipulasian masukan. 2. Penggantian program. 3. Penggantian secara langsung.

4. Pencurian data. 5. Sabotase. 6. Penyalahgunaan dan pencurian sumber daya komputasi. Selain itu, ada juga kegagalan sistem informasi akibat hacker dan craker. 1. Hacker adalah orang-orang yang dapat dikategorikan sebagai programmer yang pandai dan senang meng-utak-utik sesuatu yang dirasakan sebagai penghalang terhadap apa yang ingin dicapainya.

Bagi seorang hacker perlindungan terhadap sistem komputer adalah tantangan, mereka akan mencari cara bagaimana bisa menembus password, firewall, access-key dan sebagainya.

Walau demikian hacker bisa dibedakan atas dua golongan, golongan putih (white hat) dan golongan hitam (black hat). Golongan putih biasanya tidak memiliki niat jahat, mereka melakukan penyusupan hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu atau untuk memuaskan kemampuan programming-nya dalam menembus penghalang yang ada, atau hanya untuk mencari tahu kelemahan sistem pertahanan komputer sehingga bisa membuat pertahanan yang lebih baik.

Golongan hitam melakukan penyusupan paling tidak untuk mencuri rahasia dari sistem komputer, dan kalau perlu merusak data atau merusak sistem yang sedang berjalan. 2. Cracker adalah orang-orang yang menembus pertahanan keamanan sistem komputer untuk merusak, mencari keuntungan pribadi dan merugikan pemilik sistem komputer. Hacker golongan hitam sebenarnya bisa dikategorikan sebagai cracker. Solusi Untuk Penanganan terhadap Kegagalan Sistem Informasi Perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah adalah beberapa solusi untuk penanganan terhadap kegagalan sistem informasi : 1.

Mengamankan jaringan 2.

Memperhatikan Phishing 3. Membackup data Peralatan Teknologi Informasi 1. HARDWARE Hardware bisa juga disebut sebagai perangkat keras.

Hardware merupakan komponen komputer yang sifatnya bisa diraba dan dilihat oleh kasat mata. Hardware akan mendukung proses komputasi yang dijalankan. Hardware memiliki fungsi tertentu. Hardware terdiri dari dari beragam perangkat, yaitu : 1. Perangkat Masukan (Input Device) Berfungsi sebagai penginput data ke dalam computer berupa gambar, teks, video, maupun file tertentu.

Contohnya adalah keyboard, mouse, gamepad, microphone, scanner, digital camera, dll. 2. Perangkat Keluaran (Output Device) Berfungsi untuk menyebarluaskan dan menampilkan data dan informasi. Contohnya adalah speaker, proyektor, monitor, printer, computer display, dll. 3. Processor (Perangkat Pemroses) Berfungsi untuk memprroses atau memanipulasi data mentah dan mengubahnya menjadi informasi. Contohnya adalah CPU, LAN Card, VGA Card, Motherboard, dll.

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Device) Berfungsi untuk menyimpan data. Contohnya adalah Hard Disk, RAM (Random Access Memory), CD Room, ROM, Memory Card, dll. Contoh hardware, yaitu : keyboard, mouse, monitor, printer, CPU, GPU, dan motherboard. 2. SOFTWARE Software bisa juga disebut sebagai perangkat lunak. Software merupakan komponen dari komputer yang tidak bisa diraba, dan sifatnya digital.

Software adalah program yang berupa perintah-perintah atau instruksi pada komputer yang menjalankan tujuan tertentu.

Software bisa menjadi jembatan antara brainware (user atau pengguna) dan hardware (perangkat keras). Software terdiri dari berbagai program, prosedur, dan rutinitas yang berhubungan dengan pengoperasian komputer. 1. Sistem Operasi (System Software) Berfungsi untuk mengoperasikan, mengontrol, dan menjalankan seluruh sistem komputer. Contohnya adalah Sistem Operasi Komputer (Windows, MacOS, Linux) dan Sistem OperasiSmartphone (iOS Apple, Android), dan sejenisnya.

2. Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software) Berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pengguna komputer. Contohnya adalah Microsoft Office (Word, Excel, Power Point), Software Desain Grafis (Photoshop, CorelDraw, Illustrator), Browser Internet (Chrome, Safari, Edge, Firefox), dll. 3. Perangkat Lunak Pemrograman (Programming Software) Berfungsi untuk programmer komputer maupun pengembang untuk menulis kode dalam bahasa pemrograman.

Bisa juga dipakai sebagai program penerjemah. Contohnya adalah Laravel, Java, Python, C++, BASIC, PASCAL, dll. 4. Perangkat Lunak Driver (Driver Software) Berfungsi untuk melakukan fungsi yang diperlukan. Contohnya adalah Driver Printer, Driver Mouse, Kartu Jaringan (Network Card), dll. Contoh software, yaitu : Microsoft Word, Microsoft Power Point, Microsoft Excel, Windows, Unix, Linux, Aplikasi Game, dll.

3. JARINGAN Jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk saling menukar data. Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain dan digunakan untuk berbagi sumber data. Jaringan komputer ada yang memakai media transmisi kabel sampai gelombang radio (wireless). • Berdasarkan pola pengoperasian, jaringan dibagi menjadi : 1.

Client-Server Adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dalam satu jaringan dimana salah satu komputer yang disebut server adalah komputer yang mengatur jaringan tersebut dankomputer yang disebut client. Sebuah server memiliki fungsi untuk menyediakan layanan kepada client seperti printer, file, e-mail, DHCP, dll.

2. Peer to Peer Adalah koneksi atau hubungan dari satu komputer langsung ke komputer lain tanpa menggunakan server, dan semua komputer memiliki posisi yang sama yang dapat berperan sebagai server (penyedia layanan) dan workstation. • Berdasarkan jangkauan, jaringan dibagi menjadi : 1.

LAN (Local Area Network) Berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil.

Contohnya yaitu system pada jaringan sekolah, kantor, atau rumah. 2. MAN (Metropolitan Area Network) Berfungsi untuk menghubungkan antara satu perangkatkomputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jaringan MAN lebih besar daripada jaringan LAN. 3. WAN (Wide Area Network) WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakanteknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas yang lebih jauh lagi.

Ancaman pada Dunia Digital 1. Computer Virus Merupakan hal paling umum pada ancaman internet. Computer virus sangat merugikan bagi yang terjangkit, karena bisa data expose, mining, dan enkripsi data. Computer virus bisa memasuki sistem komputer dengan banyak cara, misalnya dengan menginstall aplikasi bajakan, share flashdrive/flashdisk, dan salah klik.

• Jenis Computer Virus a. Worm (Cacing) Virus ini bisa memenuhi drive atau storage (penyimpanan) karena selalu menggandakan diri. b. Trojan Virus ini mampu mengendalikan komputer, membaca data log, dan mencuri data. c. Rogue Program yang berpura-pura seperti antivirus, tetapi itu sangat merugikan. d. Malware atau Ransomware Virus ini menyerang sistem komputer dengan cara mengenkripsi atau mengunci data sehingga tidak bisa dibuka. Biasanya pembuat program ransomware akan meminta uang untuk mengembalikan data yang terenkripsi.

e. Adware Virus ini menyerang dengan cara memberi iklan secara berlebihan. Biasanya berupa iklan yang tidak senonoh. • Solusi Pencegahan agar tidak terkena Computer Virus a. Install antivirus yang bagus. Contohnya Avas. b. Jangan asa install aplikasi, apalagi aplikasi bajakan. c. Aktifkan firewall.

d. Hati-hati ketika menggunakan flashdisk atau flashdrive orang lain. e. Hati-hati jika mengklik program yang tidak diketahui. 2. Phishing Cara penjahat melakukan phishing adalah dengan berpura-pura menjadi admin perusahaan official. Mereka biasanya memberi tahu korban bahwa korban tersebut mendapatkan kesalahan pada sistem, sehingga penjahat seolah bisa memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penjahat adalah untuk mendapatkan informasi tentang data, seperti username dan password.

Ancaman pada Teknologi Informasi Bisa membuat sistem informasi tidak berjalan atau error. 1. Denial of Service Adalah server error dan tidak bisa melayani request. Bisa terjadi karena banjir, gempa bumi, atau bencana alam lainnya. Bisa juga karena manusia. DoS attack dapat mengakibatkan server sibuk, sehingga user lain menjadi lemot sampai error dan tidak bisa diakses. 2. Man in the Middle Yaitu penyerangan dengan menengahi antara user dan server. Ancaman ini seperti menguping pembicaraan.

Penjahat bisa memanipulasi bentuk respons ke user. 3. SQL Injection Yaitu jenis hack untuk memasukkan program baru pada server lewat script SQL. Disebabkan karena website pada server belum aman dan belum implementasi SQL Injection Escape.

4. Password Attack atau Brute Force Yaitu menyerang sistem dengan mengulik password. Dimulai dari 1 karakter sampai n karakter. Mengulik semua kata dan karakter untuk dapat masuk ke sistem sebagai user.

Pengertian Keamanan Informasi Definisi dari keamanan informasi secara umum adalah seperangkat strategi, aturan, pedoman, perangkat yang digunakan untuk melakukan operasi pengolahan data dan mengontrol seluruh jaringan kerja komputer pada saat mengakses internet adalah untuk melindungi kerahasiaan, ketersediaan, dan integritas data serta mencegah akses, penggunaan, modifikasi, pencatatan, dan penghancuran informasi yang tidak sah.

Keamanan informasi tidak hanya bisa diterapkan pada aspek teknologi informasi saja, akan tetapi perusahaan/instansi harus memiliki suatu pemahaman agar ketika terdapat suatu masalah yang muncul, perusahaan/instansi dapat secara cepat dan tepat menanganinya.

Dengan demikian kebutuhan akan keamanan informasi dapat terpenuhi melalui pengelolahan secara menyeluruh di setiap aspek perusahaan/organisasi.

Dalam menerapkan Keamanan Informasi, perusahaan/organisasi harus memperhatikan 3 aspek yaitu Confidentially, Integrity, dan Availability (CIA). Pada umumnya ketika serangan, masalah, risiko yang mengancam keamanan informasi muncul, maka setidaknya terdapat salah satu dari aspek CIA yang akan menjadi target dari serangan tersebut.

• 3 Aspek dalam Keamanan Informasi 1. Confidentiality Confidentiality (Kerahasiaan) dideskripsikan sebagai suatu properti bahwa informasi tidak akan tersedia atau diungkapkan kepada individu, entitas, atau proses yang tidak sah. Tidak hanya itu kerahasiaan juga harus dijaga dari kebocoran informasi disebabkan oleh suatu individu/entitas dari dalam maupun dari luar perusahaan/oeganisasi.

Oleh karena hal tersebut, kerahasiaan juga memiliki definisi lain yaitu perlindungan dari pengungkapan atau penyalahgunaan informasi yang tidak sah. 2. Integrity Intergerity (Integritas) berhubungan dengan akurasi dan kelengkapan data dan informasi. Data dan informasi yang berada di dalam perusahaan/organisasi harus dijaga dalam keadaan yang benar dan tidak seorang pun boleh memodifikasinya dengan tidak semestinya, baik secara tidak sengaja atau ingin melakukan kejahatan.

Integritas yang dirancang bertujuan untuk melindungi data dari penghapusan atau modifikasi dari pihak yang tidak berwenang, dan memastikan bahwa ketika orang yang berwenang membuat perubahan yang seharusnya tidak dilakukan, kerusakan dapat dibalik. 3. Availability Availability (Ketersediaan) adalah kemudahan akses dan penggunaan yang sesuai dengan permintaan oleh entitas yang berwenang.

Maksud dari definisi tersebut adalah pengguna yang memiliki kewenangan dapat mengakses data dan informasi dimanapun dan kapanpun mereka perlu untuk melakukannya. Tidak hanya data dan informasi saja, akan tetapi mekanisme otentikasi, saluran akses, dan sistem operasi semuanya harus dijaga kemutahirannya, pemantauan bandwidth, dan menyediakan kapasitas failover sistem.

Pengertian Cyber Security Cyber security adalah suatu aktivitas yang dilakukan agar bisa melindungi sistem komputer terhadap berbagai serangan ataupun akses yang ilegal. Di lansir dari laman International Telecommunications Union (ITU), kegiatan yang dilakukan dalam cyber security ini meliputi kebijakan, alat, konsep keamanan, dan lain-lain yang bisa digunakan untuk dapat melindungi perusahaan dan juga aset berharga perusahaan.

Perlindungan atas perusahaan dan aset penting yang ada di dalamnya mencakup aplikasi, perangkat komputasi, layanan, serta informasi yang dikirim atau disimpan di dalam lingkungan cyber itu sendiri. Dengan menerapkan cyber security secara baik, maka perusahaan bisa meminimalisir resiko ancaman yang menyerang sistem komputer perusahaan.

• Penerapan Cyber Security Terdapat tiga jenis cyber security yaitu sebagai berikut. 1. Cloud Security Cloud security adalah suatu upaya organisasi ataupun individu dalam melindungi data yang terdapat di dalam cloud. Upaya perlindungan ini mencakup teknologi, kebijakan kontrol dan layanan lain yang mendukung adanya keamanan cloud.

Ancaman yang ada di dalam cloud security ini adalah seperti penyalahgunaan data, pencurian data dan juga pembajakan traffic layanan jasa. 2. Network Security Network security adalah suatu kegiatan perlindungan jaringan internal dengan cara meningkatkan keamanan jaringan. Network security berperan penting dalam melindungi aset perusahaan dari berbagai ancaman cyber crime. Selain itu, tingkat perlindungan jaringan juga membuat pengelolaan lalu-lintas jaringan secara lebih efektif dan juga lebih efisien.

3. Application Security Application security adalah suatu proses melindungi dan juga meningkatkan keamanan aplikasi dari ancaman yang bisa terjadi kapan saja. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan otentikasi.

Prosedur otentikasi ini memastikan hanya pengguna resmi saja yang mampu mengakses aplikasi, seperti permintaan username dan juga password pengguna. Selain itu, ada juga otentikasi dua faktor. Jenis-Jenis Ancaman Cyber 1. Cyber Crime Cyber Crime adalah tindak kejahatan yang menyerang sistem komputer. Para pelakunya akan melakukan akses secara ilegal, transmisi ilegal, ataupun memanipulasi data demi tujuan pribadinya.

Salah satunya adalah dengan membuat gangguan dan mencari keuntungan finansial. 2. Cyber Attack Cyber Attack berbeda dengan cyber crime yang mampu menargetkan siapa saja. Umumnya cyber attack lebih melibatkan kepentingan politik. Kegiatan ini akan berusaha keras dalam mencuri data, menghimpun informasi penting, sampai mengambil alih sistem milik target.

3. Cyber Terrorism Cyber Terrorism adalah suatu usaha dalam memprovokasi, mengintimidasi, ataupun mengancam via sistem komputer. Kegiatan cyber ini dinilai sangat berbahaya karena mampu menciptakan kepanikan dan juga ketakutan dalam skala yang besar. Contoh Kasus Ransomware di Indonesia Kasus Ransomware yang pernah terjadi di Indonesia yaitu di Rumah Sakit Kanker Dharmais. Programmer mengancam akan menghapus data-data tersebut jika korban melewatkan tenggat waktu untuk membayar uang tebusan sebesar US$300 (sekitar Rp4 juta) dalam mata uang bitcoin.

Pada saat itu, salah seorang petugas data entry di ruang rawat inap RS tersebut akan memasukkan data pasien rawat inap. Tiba-tiba terlihat tampilan di monitor itu berubah semua. Petugas langsung melaporkan pada instalasi IT rumah sakit bahwa ada perubahan tampilan pada monitor komputer. Kemudian ia diinstruksikan untuk menghentikan semua proses di IT dan mematikan semua komputer yang ada di ruangan itu. Tidak semua komputer terinfeksi program jahat, hanya yang sedang menyala pada saat serangan.

Jumlahnya sekitar 60 unit dari 600-an komputer di Rumah Sakit Dharmais. Tetapi dapat dipastikan bahwa data pasien tidak terdampak.

Yang muncul di tampilan itu adalah semua menu berubah menjadi huruf semua. Setelah diserang, pihak rumah sakit memutuskan sambungan dengan internet untuk sementara.

Akibatnya, mereka tidak bisa melakukan grouping atau pengelompokan pasien berdasarkan asuransinya. Adapun soal data yang terkunci, rumah sakit tidak terlalu mempermasalahkan karena rumah sakit telah memiliki back-up (cadangan) data tersebut. Nama : Restina Septiani NIM : 21011617 Prodi : Manajemen I Dosen Pengampu : Ce Gunawan REVIEW MANDIRI PERTEMUAN 7 Writing Routine and Positive Messages Membuat permintaan atau pesan adalah suatu kegiatan rutin di dalam bisnis. Di dalam kebanyakan kasus, audiens akan mengikuti permintaan kita selama permintaan tersebut masih masuk akal dan tidak meminta sesuatu yang bisa dilakukan oleh diri sendiri.

Contoh : Meminta kolega di dalam perusahaan untuk membuat jadwal hidup sendiri untuk kepentingan bisnis. Dalam kenyataannya, kebanyakan komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan dan karyawan dalam suatu organisasi (bisnis dan nonbisnis) berkaitan dengan hal-hal yang bersifat rutin. Dengan tanpa memperhatikan saluran komunikasi apa yang dipilih, maka pemahaman tentang bagaimana mengorganisasi dan menulis pesan-pesan rutin dan good news merupakan bagian penting komunikasi secara efektif.

Kebanyakan pesan-pesan rutin, good news, dan goodwill diminati oleh pembaca karena pesan-pesan tersebut ber Nama : Restina Septiani NIM : 21011617 Prodi : Manajemen Mata Kuliah : Aplikasi Komputer Dosen Pengampu : Budi Jejen ZA Apa itu Mendeley?

Mendeley yaitu aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk mempermudah penulis membuat citasi. Mendeley mudah digunakan karena sangat kompatibel dengan microsoft word. Mendeley adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah database ilmiah baik berupa skripsi, journal, e-book dan referensi lainnya, sekaligus membantu menemukan data penelitian dan berkolaborasi secara online.

Fungsi mendeley adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah. Fungsi Aplikasi Mendeley Beberapa manfaat mendeley sebagai berikut: Mendeley dapat dimanfaatkan sebagai library. Mendeley mampu mengolah daftar pustaka secara berurutan. Mendeley dapat mengolah database berupa buku, jurnal, dan referensi lainnya.

Dapat membuat catatan tambahan pada setiap dokumen referensi. Dapat melakukan pencarian

"Online Learning" Short Movie by Group 2




2022 charcuterie-iller.com