Cara isi ehac pedulilindungi

Jakarta - Cara mengisi eHAC di PeduliLindungi penting diketahui sebelum cara isi ehac pedulilindungi perjalanan domestik ataupun internasional.

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendeteksi mobilitas masyarakat serta menanggulangi virus Corona. Mari simak langkah-langkah cara mengisi eHac di PeduliLindungi berikut ini: Cara Mengisi eHAC di PeduliLindungi: Begini Cara Mudahnya Cara mengisi eHAC di PeduliLindungi terbilang mudah.

Hanya melalui aplikasi PeduliLindungi, kamu bisa mengisi eHAC kapan dan di mana pun. Terkait tata caranya, simak langkah-langkah di bawah ini: • Unduh aplikasi PeduliLindungi melalui AppStore atau PlayStore • Buka aplikasi. Pada laman utama, pilih menu eHAC • Pilih 'Create eHAC' • Nantinya, muncul dua pilihan, yakni 'International eHAC' dan 'Domestic eHAC'. Pilihlah sesuai dengan perjalanan yang dituju • Isilah identitas diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, serta tujuan perjalanan • Pada kolom 'Travel Purpose', akan muncul daftar yang bisa kamu pilih.

Misalnya wisata, perjalanan bisnis atau urusan pekerjaan. • Jika sudah, pilih Next.

Pada halaman kedua, kamu harus mengisi kota tujuan dan keberangkatan. Kamu juga perlu mengisi nama maskapai, nomor pesawat, nomor tempat duduk hingga tanggal keberangkatan • Terakhir, klik Next dan lakukan konfirmasi di halaman berikutnya Baca juga: Cara Melihat Hasil PCR di PeduliLindungi, Ikuti Langkah Ini Ya! Simak Lagi Aturan Penerbangan Domestik Terbaru Cara mengisi eHAC di PeduliLindungi serta keamanan datanya sudah dibahas.

Selanjutnya, mari ingat kembali syarat terbang di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Syarat terbang di masa PPKM terbaru sudah diatur melalui Surat Edaran (SE) Cara isi ehac pedulilindungi 96 Tahun 2021 tentang Petunjuk Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19.

SE ini berlaku efektif mulai 3 November 2021. SE terbaru itu mengacu pada SE Satgas COVID-19 Nomor 22 Tahun 2021 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 56/2021 dan 57/2021. Dalam SE itu disebutkan, penerbangan dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta antarbandara di wilayah Jawa-Bali boleh menggunakan antigen asal sudah divaksin lengkap.

"Dalam SE terbaru disebutkan, penerbangan dari atau ke bandara di Pulau Jawa dan Pulau Bali, serta antarbandara di dalam wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali, bagi pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksin lengkap (dosis kedua), bisa menggunakan rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam, serta menunjukkan kartu vaksin sebelum keberangkatan," ujar Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto dalam keterangannya, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi, Mudah dan Cepat Lho! Lantas, bagaimana dengan masyarakat yang baru mendapat dosis vaksin pertama? Sejalan dengan informasi cara mengisi eHAC di PeduliLindungi, masyarakat yang baru mendapat dosis vaksin pertama wajib tes PCR.

Penumpang diharuskan membawa kartu vaksin dan hasil negatif PCR maksimal 3x24 jam. "Adapun untuk penerbangan antarbandara di luar wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen maksimal 1x24 jam, atau surat keterangan hasil negatif RT-PCR maksimal 3x24 jam, dan kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama), sebelum keberangkatan," ujar Novie.

Demikian cara mengisi eHAC di PeduliLindungi. Sebelum melakukan perjalanan, mari siapkan persyaratannya.

(imk/imk) Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah membuat ketentuan baru yang mengharuskan pelaku perjalanan domestik mengisi e-HAC sebelum keberangkatan. Aturan baru ini berlaku mulai besok, Kamis, 3 Maret 2022.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji mengatakan syarat mengisi e-HAC sebelum penumpang pesawat terbang dilakukan untuk untuk menghindari antrean panjang di bandara saat kedatangan. Sebelumnya, e-HAC diisi setelah pelaku perjalanan domestik tiba di tempat tujuan. Namun, seiring dengan jumlah pengguna transportasi udara domestik yang meningkat, telah terjadi antrean panjang di bandara saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC.

Setiaji meminta pelaku perjalanan domestik diminta untuk segera update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, dan memperhatikan aturan terkini pengisian e-HAC domestik sebagai syarat wajib perjalanan selama masa pandemi Covid-19.

Dengan pembaruan fitur tersebut, proses pengecekan status kelayakan terbang oleh petugas bandara mengalami perubahan. Sebelumnya e-HAC diperiksa saat di bandara kedatangan, tapi berdasarkan aturan terbaru pemeriksaan dilakukan saat check in di bandara keberangkatan. “Aturan baru ini akan berlaku efektif per tanggal 3 Maret 2022 mendatang,” ucap Setiaji. Tidak hanya bagi pengguna transportasi udara, Setiaji juga mengingatkan bahwa e-HAC wajib diisi bagi pelaku perjalanan transportasi darat dan laut.

“Ke depan, fitur dan alur pengisian e-HAC di aplikasi PeduliLindungi akan terus dievaluasi dan dikembangkan, dengan data yang semakin terintegrasi dan disesuaikan dengan kebijakan protokol kesehatan yang berlaku,” ujarnya. Berikut ini cara mengisi e-HAC domestik terbaru di aplikasi PeduliLindungi: - Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru - Buat akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi - Klik fitur “e-HAC” yang ada pada laman utama - Pilih “Buat e-HAC” - Pilih “Domestik” untuk pelaku perjalanan dalam negeri - Pilih sarana perjalanan “Udara” - Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan.

- Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan dan tujuan - Pastikan informasi sesuai, lalu klik “Lanjutkan” - Isi “Data Personal”, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus - Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang - Bila e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Cara isi ehac pedulilindungi menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan e-HAC dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan - Bila dinyatakan layak terbang, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya - Lanjutkan dengan melengkapi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan.

- Setelah itu, pilih “konfirmasi” dan selesai. Terpopuler • Segera Cair! Cara Cek Penerima BLT Gaji Rp1 Juta 2022 • Update Perang Rusia vs Ukraina: Rusia Luncurkan Serangan, 100 Tentara Tewas • Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-77: Pasukan Rusia Dipaksa Mundur • Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-77: Rusia Terus Serang Odesa, Zelensky Ungkap Ukraina Berhasil Ambil Alih Kharkiv • Pertempuran Pulau Ular: 5 Lusin Tentara Ukraina Tewas, 30 Drone Hancur!
KOMPAS.com – Pemerintah membuka kembali penerbangan Internasional ke Bali mulai pekan ini.

Disebutkan warga negara asing dari 18 negara diizinkan masuk ke Indonesia, terkecuali dari Singapura. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, guna memastikan tidak terjadi peningkatan kasus di Bali, maka pemerintah akan memperketat persyaratan mulai dari Pre-Departure Requirement hingga On-Arrival Requirement. Baca juga: Luhut: Turis dari 18 Negara Bisa Masuk Cara isi ehac pedulilindungi, Kecuali Singapura Cara mengisi E-HAC Dalam syarat kedatangan ( On-Arrival Requirement), salah satu persyaratannya adalah keharusan untuk mengisi Electronic-Health Alert Card (E-HAC) via aplikasi PeduliLindungi.

Lantas bagaimana cara untuk mengisi e-HAC melalui aplikasi PeduliLindungi untuk kedatangan dari luar negeri? Berikut langkah-langkah mengisi E-HAC: • Download aplikasi PeduliLindungi via App Store. • Buat akun atau login bagi yang sudah memiliki akun PeduliLindungi • Klik pilihan “Electronic Health Alert Card (e-HAC)" yang ada pada menu “Home” • Pilih “Buat e-HAC” • Pilih “International e-HAC” untuk membuat e-HAC saat akan berkunjung ke Indonesia dari luar negeri • Pilih “Personal Detail” untuk mengisi “Nama Lengkap”, “Tujuan Perjalanan”, “Jenis Kelamin”, “Tanggal Lahir”, “Passport Issuing Country”, “Nomor Paspor” • Klik “Simpan” jika sudah selesai • Selanjutnya isikan Data Perjalanan yang meliputi “Kota Tujuan”, “Alamat tujuan”, serta isikan detil transportasi yang digunakan dan klik “Berikutnya” • Setelah itu Anda akan diminta untuk mengunggah Dokumen Tes PCR.

• Isikan dimana lokasi pemeriksaan, tanggal dan waktu test, file gambar, serta negara yang dikunjungi selama 14 hari terakhir • Klik “Next” jika sudah selesai mengisi • Selanjutnya jika sudah selesai Anda tinggal mengkonfirmasi kembali informasi yang telah dimasukkan dan klik tombil “Next to get e-HAC Card”. Baca juga: Kebocoran Data E-HAC dan Lambannya Respons Pemerintah Syarat perjalananan Bagi pelaku perjalanan dari luar negeri yang akan diperbolehkan masuk ke Indonesia harus memenuhi syarat sebelum berangkat, dan syarat saat tiba di Indonesia Berikut syarat lengkapnya.

Sebelum berangkat ke Indonesia: • Cara isi ehac pedulilindungi dari negara dengan kasus konfirmasi level 1 dan 2 dengan positivity rate kurang dari sama dengan 5 persen; • Hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan; • Bukti vaksinasi lengkap, dengan dosis ke-2 dilakukan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan dan ditulis dlm bahasa Inggris, selain bahasa negara asal; • Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan min.

USD 100.000 dan mencakup pembiayaan penanganan COVID-19; • Bukti cara isi ehac pedulilindungi pembayaran akomodasi selama di Indonesia dari penyedia akomodasi atau pihak ketiga. Baca juga: Jadi Syarat Perjalanan, Begini Cara Cek Sertifikat Vaksin di Aplikasi PeduliLindungi Saat tiba di Indonesia • Mengisi E-HAC via aplikasi PeduliLindungi • Melaksanakan tes RT-PCR on arrival dengan biaya sendiri (Pelaku perjalanan dapat menunggu hasil tes RT-PCR di akomodasi yang sudah direservasi) • Jika hasil negatif, maka pelaku perjalanan dapat melakukan karantina ditempat karantina yang sudah direservasi selama 5 hari; lalu melakukan PCR pada hari ke 4 malam.

Jika hasil negatif maka pada hari ke 5 sudah bisa keluar dari karantina. Baca juga: Penjelasan BKN: Tahun 2022 Seleksi CPNS Ditiadakan, hanya PPPK Cara isi ehac pedulilindungi Terkait Viral, Video Tarik Lintah yang Isap Darah di Tangan, Ini Kata Peneliti Cara Beli Pelatihan di Prakerja, Batas Akhir 14 Oktober untuk Peserta Lolos Gelombang 20 Sejarah Hari Museum Nasional dan Perkembangan Permuseuman Indonesia Update Corona 12 Oktober: 5 Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak - Australia Coba Hidup Berdampingan dengan Covid-19 Maria Ressa, Dmitry Muratov, dan Pesan untuk Para Pemberani Berita Terkait Viral, Video Tarik Lintah yang Isap Darah di Tangan, Ini Kata Peneliti Cara Beli Pelatihan di Prakerja, Batas Akhir 14 Oktober untuk Peserta Lolos Gelombang 20 Sejarah Hari Museum Nasional dan Perkembangan Permuseuman Indonesia Update Corona 12 Oktober: 5 Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak - Australia Coba Hidup Berdampingan dengan Covid-19 Maria Ressa, Dmitry Muratov, dan Pesan untuk Para Pemberani Ikut Challenge di Medsos, Pelajar AS Rusak Sekolah hingga Hajar Guru https://www.kompas.com/tren/read/2021/10/12/113000865/ikut-challenge-di-medsos-pelajar-as-rusak-sekolah-hingga-hajar-guru https://asset.kompas.com/crops/cLOJqxLlyqZiyHmgCcfRDIqPfM8=/214x61:682x373/195x98/data/photo/2015/01/19/1759485Ilustrasi-kekerasan780x390.jpg KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan peraturan baru yang mewajibkan seluruh pelaku perjalanan pada penerbangan domestik harus mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Aturan ini ditujukan untuk menghindari antrean panjang saat kedatangan penumpang. Aturan ini mulai berlaku per 3 Maret 2022. Sebelumnya, pelaku penerbangan domestik mengisi eHAC setelah sampai di lokasi tujuan. Namun, seiring meningkatnya jumlah pelaku penerbangan domestik, terjadi antrean panjang di bandara untuk memeriksa e-HAC. Baca juga: 5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka Dengan aturan baru tersebut, pelaku penerbangan domestik harus mengisi e-HAC sebelum berangkat sebagai syarat wajib selama masa pandemi COVID-19.

Lantas, bagaimana cara mengisi eHAC untuk penerbangan domestik? Dulu, e-HAC berdiri sebagai aplikasi mandiri di bawah pengelolaan Kementerian Kesehatan.

Sekitar akhir tahun lalu, fitur e-HAC diintegrasikan ke aplikasi PeduliLindungi yang dikelola bersama Kemmeterian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Dengan demikian, cara mengisi e-HAC sebagai syarat penerbangan domestik bisa dilakukan via aplikasi PeduliLindungi. Syaratnya, Anda hanya perlu untuk memiliki aplikasi PeduliLindungi versi terbaru di ponsel, baik itu ponsel Android maupun iPhone. Baca juga: Kartu Syarat Perjalanan Udara E-HAC Kini Bisa Diakses lewat Aplikasi PeduliLindungi Selengkapnya, berikut cara mengisi eHAC melalui aplikasi PeduliLindungi di iPhone dan Android, sebagaimana dilansir laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Cara mengisi e-HAC untuk penerbangan domestik • Buka aplikasi PeduliLindungi versi terbaru di ponsel Anda. Apabila belum memperbaruinya, periksa dulu di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone), lalu lakukan pembaruan jika tersedia • Setelah itu, buka aplikasi PeduliLindungi dan klik menu “EHAC” yang berada di halaman awal • Klik opsi “Buat e-HAC” dan pilih pembuatan EHAC untuk opsi perjalanan “Domestik” • Kemudian, pilih opsi perjalanan “Dengan Pesawat Terbang” • Masukkan tanggal dan nomor penerbangan Anda • Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan, dan tujuannya • Isi “Data Personal” seperti nama lengkap, NIK, tanggal lahir, dan sebagainya, bisa diisi untuk maksimal 4 orang sekaligus • Selanjutnya, Anda dapat mengecek kelayakan terbang • Bila e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

• Sementara itu, jika dari pengecekan menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan e-HAC dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan • Bila dinyatakan layak terbang, pilih simpan informasi yang telah telah diisi sebelumnya • Setelah itu, lanjutkan dengan melengkapi pernyataan kesehatan dan cara isi ehac pedulilindungi perjalanan • Terakhir, pilih opsi “konfirmasi” dan selesai.

Baca juga: Menkominfo: E-HAC di Aplikasi PeduliLindungi Masih Aman Jika sudah selesai membuat e-HAC di aplikasi PeduliLindungi, hasil status layak terbang milik Anda bisa diakses lewat opsi “e-HAC saya” pada menu “EHAC”.

Lalu, tunjukkan hasil tersebut pada petugas di bandara. Terdapat tiga warna pada hasil status layak terbang, yakni hijau, merah, dan hitam, pada halaman cara isi ehac pedulilindungi yang tadi telah dibuat.

Jika status layak terbang warna hijau maka artinya Anda diperbolehkan untuk melanjutkan proses ke counter check-in hingga proses boarding. Apabila status layak terbang warna merah, Anda dipersilakan menuju counter KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) untuk melakukan validasi manual dokumen hasil tes dan vaksin Covid-19.

Baca juga: Bukan Aplikasi E-HAC, PeduliLindungi Jadi Syarat Naik Pesawat Selama PPKM Kemudian, jika status layak terbang bewarna hitam, Anda tidak dapat melakukan perjalanan karena terkonfirmasi terpapar virus COVID-19.

Sekilas tentang fitur e-HAC, eHAC adalah singkatan dari electronic-Health Alert Card, yang ditujukan untuk membantu mengawasi serta mengendalikan persebaran virus COVID-19 bagi pelaku penerbangan domestik dan internasional, lewat status layak terbang.

Baca juga: Aplikasi E-HAC Kemenkes Hilang dari Google Play Store Pemeriksaan status layak terbang di e-HAC dilakukan sebelum check-in di bandara keberangkatan. Sedangkan pengisiannya, bisa dilakukan sesaat sebelum check-in atau paling cepat sehari sebelum jadwal penerbangan. Baik di ponsel Android maupun iPhone, cara mengisi e-HAC lewat aplikasi PeduliLindungi relatif sama. Demikian cara mengisi e-HAC untuk penerbangan domestik, semoga bermanfaat. Cara Cek Jadwal KRL Jogja-Solo di 11 Stasiun yang Dilewati via Aplikasi KRL Access https://tekno.kompas.com/read/2022/03/15/16150057/cara-cek-jadwal-krl-jogja-solo-di-11-stasiun-yang-dilewati-via-aplikasi-krl https://asset.kompas.com/crops/u8pOH58zp2p3K6Ri1opcEfRtgmk=/0x0:1023x682/195x98/data/photo/2021/01/31/601694703f950.jpeg
KOMPAS.com - Pemerintah membuat aturan baru yang mewajibkan pelaku perjalanan domestik untuk mengisi e-HAC sebelum keberangkatan.

Hal ini dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi versi terbaru untuk menghindari antrean panjang saat dilakukan pengecekan di lokasi keberangkatan. Adapun waktu pengisian eHAC PeduliLindungi dapat dilakukan paling cepat sehari sebelum jadwal keberangkatan. Cara Pengisian eHAC Perjalanan Domestik di aplikasi PeduliLindungi Sebelumnya, cara daftar e-HAC mengharuskan pelaku perjalanan memiliki akun di aplikasi PeduliLindungi. Kemudian, ikuti cara mengisi e-HAC di aplikasi PeduliLindungi bagi pelaku perjalanan domestik berikut ini: • Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru • Buat cara isi ehac pedulilindungi baru atau cara isi ehac pedulilindungi in bila telah memiliki akun PeduliLindungi • Klik fitur “e-HAC” yang ada pada laman utama • Pilih “Buat e-HAC” • Pilih “Domestik” untuk pelaku perjalanan dalam negeri • Pilih sarana perjalanan yang digunakan seperti "udara", "laut" dan "darat" Pengisian eHAC untuk Perjalanan Udara • Pilih sarana perjalanan “Udara” • Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan.

• Jika nomor penerbangan tidak ditemukan, isi data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan dan tujuan • Pastikan informasi sesuai, lalu klik “Lanjutkan” • Isi “Data Personal”, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus • Setelah itu, pilih “konfirmasi” dan selesai.

• Lanjutkan dengan melengkapi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan. • Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang • Bila e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Jika menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan e-HAC dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan • Bila dinyatakan layak terbang, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya. Adapun pemeriksaan status layak terbang di e-HAC dilakukan sebelum check-in di bandara keberangkatan Pengisian eHAC untuk Perjalanan Laut • Pilih sarana perjalanan “Laut” • Isi “Data Personal”, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus • Pilih nama kapal, pelabuhan asal dan tujuan, nomor kapal, serta tanggal keberangkatan dan kedatangan • Pastikan informasi sesuai, lalu klik “Lanjutkan” • Isi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan • Setelah itu, pilih cara isi ehac pedulilindungi dan selesai • Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan perjalanan • Bila e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan.

Jika menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan e-HAC dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan • Bila dinyatakan layak bepergian, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya. Pengisian eHAC untuk Perjalanan Darat • Pilih sarana perjalanan “Darat” • Isi “Data Personal”, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus • Pilih moda perjalanan darat (mobil atau bus) dan lengkapi informasi perjalanan • Pastikan informasi sesuai, lalu klik “Lanjutkan” • Isi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan • Setelah itu, pilih “konfirmasi” dan selesai • Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan perjalanan • Bila e-HAC menampilkan informasi “hasil tes tidak ditemukan”, silahkan konsultasikan ke petugas kesehatan.

Jika menampilkan kasus konfirmasi (status hitam), pembuatan cara isi ehac pedulilindungi dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan • Bila dinyatakan layak bepergian, pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya Seperti diketahui, e-HAC adalah akronim dari electronic-Health Alert Card atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang berlaku bagi semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi COVID-19.

Sesuai surat edaran dari Menteri Kesehatan nomor HK.02.01.Menkes/847/2021, aplikasi eHAC yang lama juga sudah tidak digunakan sejak 2 Juli 2021 dan akses eHAC kini terintegrasi dengan PeduliLindungi. Sebagai catatan, mendaftar atau mengisi aplikasi eHAC hanya bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi versi terbaru dan belum bisa diakses melalui website. Adapun pengisian e-HAC online ini tidak hanya diwajibkan bagi pengguna transportasi udara, cara isi ehac pedulilindungi juga bagi pelaku perjalanan transportasi darat dan laut.

Oleh karena itu, pelaku perjalanan domestik diharap memperhatikan aturan terkini pengisian e-HAC domestik sebagai syarat wajib perjalanan selama masa pandemi COVID-19. Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id tekno.kompas.com garuda-indonesia.com Berita Terkait Data Swab PCR Penumpang Pesawat ke Kalbar Harus Terintegrasi ke Aplikasi eHAC, Ini Sebabnya Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Wajib Gunakan E-HAC Panduan Vaksinasi Booster via PeduliLindungi: Cek Jadwal, Lokasi, dan Jenis Vaksin Bak Hiasan, QR Code PeduliLindungi di Terminal Arjosari Malang Hanya Terpasang, Tak Pernah Digunakan Masuk Mal di Pekanbaru Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi Berita Terkait Data Swab PCR Penumpang Pesawat ke Kalbar Harus Terintegrasi ke Aplikasi eHAC, Ini Sebabnya Penumpang di Pelabuhan Bakauheni Wajib Gunakan E-HAC Panduan Vaksinasi Booster via PeduliLindungi: Cek Jadwal, Lokasi, dan Jenis Vaksin Bak Hiasan, QR Code PeduliLindungi di Terminal Arjosari Malang Hanya Terpasang, Tak Pernah Digunakan Masuk Mal di Pekanbaru Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi
KOMPAS.com - Mengisi eHAC merupakan salah satu syarat wajib untuk melakukan perjalanan selama masa pandemi Covid-19.

eHAC atau electronic-Health Alert Card (e-HAC) ialah Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik dan internasional selama pandemi Covid-19. Apakah eHAC dan PeduliLindungi itu sama? eHAC dan PeduliLindungiberbeda. PeduliLindungi adalah aplikasi pelacak Covid-19 yang secara resmi digunakan untuk melacak kontak digital di Indonesia dan eHAC merupakan salah satu fitur di dalamnya. Jika sebelumnya eHAC punya aplikasi tersendiri, maka sekarang kamu bisa mengakses eHAC lewat aplikasi PeduliLindungi.

Sebelum melakukan penerbangan, perlu diketahui bahwa eHAC akan diperiksa setelah penumpang sampai di bandara tujuan. Baca juga: • Syarat Wisata di Dago Dreampark Bandung, Belum Wajib Pakai PeduliLindungi • Daftar 6 Sektor Pariwisata yang Gunakan PeduliLindungi • 60 Persen Anggota PHRI Yogyakarta Kantongi QR Code PeduliLindungi • Sambut Turis Asing, 7.000 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Bali Begitu keluar dari pesawat dan menuju pengambilan bagasi, biasanya petugas bandara akan mengecek QR Code dari aplikasi eHAC kamu.

Maka dari itu, waktu terbaik untuk pengisian data di eHAC adalah sesaat setelah kamu check in dan mendapatkan nomor tempat duduk di pesawat. Cara isi eHAC lewat PeduliLindungi KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Cara Mengisi e-HAC via PeduliLindungi Lalu, bagaimana cara mengisi eHAC lewat aplikasi PeduliLindungi? Simak langkah-langkahnya mengisi eHAC via PeduliLindungi berikut ini: • Download aplikasi PeduliLindungi di PlayStore atau AppStore • Buat akun atau login bagi yang sudah memiliki akun PeduliLindungi • Klik fitur “EHAC" yang ada pada laman utama • Pilih “Buat e-HAC” • Pilih " Domestic" untuk pelaku perjalanan dalam negeri, atau pilih “ International” jika berasal dari luar negeri dan ingin ke Indonesia • Pilih "By Air" jika melalui udara, "By Sea" jika melalui laut, atau "By Land" jika melalui darat • Isi “Personal Detail”, mencakup Kewarganegaraan, Nama Lengkap, NIK, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, dan Tujuan Perjalanan • Klik “Next” jika sudah selesai • Selanjutnya isi Data Perjalanan sesuai pilihan transportasi sebelumnya.

• Misal untuk perjalanan udara (By Air), isilah Nama Pesawat, Bandara Asal, Bandara Tujuan, Nomor Penerbangan, dan Nomor Cara isi ehac pedulilindungi Duduk • Sementara perjalanan laut (By Sea), isilah Nama Kapal, Pelabuhan Asal, Pelabuhan Tujuan, Nomor Kapal, Tanggal Keberangkatan dan Tanggal Pendaratan. • Lalu isi kolom Destinasi, seperti Provinsi Asal, Provinsi Tujuan, dan Detail Alamat sesuai keperluan kamu.

• Klik “Next” jika sudah selesai mengisi dan lakukan konfirmasi pada halaman terakhir. eHAC wajib diisi bagi siapa pun yang akan bepergian, baik via transportasi darat, udara, dan juga laut. Berita Terkait 60 Persen Anggota PHRI Yogyakarta Kantongi QR Cara isi ehac pedulilindungi PeduliLindungi Wisatawan di Bantul Diharapkan Tunjukkan Kartu Vaksin Jika Susah Akses PeduliLindungi 3.440 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Hotel dan Restoran di 4 Wilayah Sambut Turis Asing, 7.000 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Bali Daftar 6 Sektor Pariwisata yang Gunakan PeduliLindungi Berita Terkait 60 Persen Anggota PHRI Yogyakarta Kantongi QR Code PeduliLindungi Wisatawan di Bantul Diharapkan Tunjukkan Kartu Vaksin Jika Susah Akses PeduliLindungi 3.440 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Hotel dan Restoran di 4 Wilayah Sambut Turis Asing, 7.000 Kode QR PeduliLindungi Terpasang di Bali Daftar 6 Sektor Pariwisata yang Gunakan PeduliLindungi 9 Tempat Paling Kotor dan Penuh Kuman di Hotel yang Sering Digunakan Tamu https://travel.kompas.com/read/2021/12/09/121200627/9-tempat-paling-kotor-dan-penuh-kuman-di-hotel-yang-sering-digunakan-tamu- https://asset.kompas.com/crops/ziFZA23dHWjx87Md_jJN-z8bjrU=/0x0:1000x667/195x98/data/photo/2021/08/05/610bb47b7f521.jpg

Tutorial / Cara mengisi Ehac di Peduli Lindungi untuk Perjalanan Luar Negri




2022 charcuterie-iller.com