Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai

100 kerajinan tangan dari barang bekas ini bisa kamu jual dengan harga mahal. Kerajinan dari bahan bekas. Susun seperti membuat anyaman hingga membentuk seperti mangkuk. Tetapi di tangan orang kreatif barang bekas. Lampu hias dari limbah kayu. Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai sebab itu, cocok dijadikan peluang usaha serta menjadikan limbah lebih bermanfaat.

Botol bekas yang sudah usang sebaiknya jangan dibuang, karena bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berguna. Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Namun, barang bekas kerap dipandang dengan sebelah mata. Kain perca wool, bekas atau sisa guntingan kain tebal serta lembut yang sudah biasa diketahui dan digunakan untuk pembuatan baju hangat. Bahan dan alat yang disiapkan dan dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan celengan berbentuk babi dari bahan bekas, di antaranya: Lubangi botol sisa itu untuk tempat memasukkan uang.

Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Barang bekas yang sering kita abaikan bila dikelola dengan baik bisa menjadi sebuah barang yang memiliki nilai yang tinggi. Setiap lipatan harus memiliki ukuran yang sama. Potong botol bekas (menggunakan dua botol). Ide kerajinan dari limbah yang kesebelas adalah membuat teko dari botol bekas.

Selain menghemat penumpukan barang bekas di gudang, kerajinan dari koran merupakan kreativitas yang memiliki nilai jual. Gunakan tali untuk mempermudah dalam penyusunan.

Mungkin masih banyak yang belum kepikiran untuk memanfaatkan limbah cangkang telor dijadikan kerajinan tangan unik seperti ini. Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk celengan babi. Kayu merupakan jenis bahan alami yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan tangan. Seperti alat teko di mana botol bekas yang sering di anggurin ternyata bisa sulap menjadi teko beserta gelasnya. Meski kayu mempunyai tekstur yang keras, namun pada kenyataanya kayu dapat dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

Ya, pada artikel kali ini admin akan membahas tentang kerajinan tangan. Sedotan kering atau kertas kering ternyata bisa anda bentuk menjadi suatu kerajinan dari barang bekas berupa bunga yang cantik. Kerajinan tangan kain perca bisa dibikin dengan menggunakan beberapa bahan kain salah satunya adalah : Kerajinan tangan dari botol bekas. Bila anda memiliki barang yang tidak digunakan lagi tidak ada salahnya untuk mulai mengolahnya menjadi kerajinan dari barang bekas.

Kerajinan tangan dari koran bekas berbentuk mangkuk siap untuk digunakan. Potong botol sisa jadi dua, lantas gabungkan kembali. Aneka kerajinan dari koran di atas dapat anda coba kreasikan di rumah. Kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah dibuat sangat banyak sekali jenisnya.

Barang bekas sering dipandang sebelah mata, bahkan cenderung dibuang atau dijual dengan harga yang sangat murah. Pembuatan bunga dari sedotan atau kertas bekas memang menjadi salah satu kerajinan yang cukup umum ditemui karena pada dasarnya cara membuatnya sangat sederhana dan bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan. Kerajinan dari koran bekas menjadi jam dinding unik. Tahukah kamu bahwa barang bekas bisa dibuat berbagai kerajinan tangan unik yang bisa dijual dengan harga mahal. Berikan sentuhan kerajinan di taman anda dengan membuat kursi taman dengan menggunakan bahan ban bekas.

Botol bekas dapat kalian manfaatkan sebagai bahan untuk dibuat kerajinan tangan yang kreatif dan unik. Ya, berawal dari barang yang sudah tidak digunakan bisa. Jenis ban yang digunakan juga beraneka ragam, mulai dari ban mobil, ban sepeda, ataupun ban sepeda motor. Koran bekas tentunya mudah sekali kita jumpai disekitar kita. Lihatlah betapa indahnya hasil kerajinan ini. Contoh dari barang bekas tersebut yaitu kertas koran, botol plastik, kardus. Prakarya dari bahan bekas seperti ini memang jarang sekali kita temui.

100 kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah di buat. Kerajinan tangan dari barang bekas botol. Kerajinan dari karet ban ini ternyata bisa menghasilkan kursi taman yang cantik dan cocok untuk bercengkrama bersama dengan keluarga lho. Selain karena proses pembuatannya yang sangat sederhana, bahan yang.

Kumpulkan terlebih dulu bahan penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai perlengkapan yang diperlukan. Karena merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak ditemukan, tidak sulit untuk mendapatkan botol bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan yang menarik.

Kerajinan dari barang bekas selanjutnya yang dahulu sempat populer adalah membuat bunga dari kertas atau sedotan bekas. Kain perca luca, bekas atau sisa guntingan kain yang mempunyai struktur ciri khas elastis serta lembut. Membuat bunga dari kertas atau sedotan. Kerajinan botol bekas bisa membuat barang yang dianggap tak berguna dapat diubah jadi peralatan rumah tangga. Cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas berbentuk dompet mini : Berikan hiasan, seperti mata boneka, telinga, serta kaki dari botol.

Membuat bunga dari kertas atau sedotan Banyak kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu buat dari bahan botol, baik botol plastik maupun botol kaca. Kamu bisa membuat vas bunga dengan menambahkan lukisan untuk menghias botol, atau memanfaatkan botol plastik bekas untuk membuat dompet koin. Peluang bisnis kerajinan dari botol plastik 5 Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Cantik Dan Menarik Kaya Manfaat Cara Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas Yang Mudah Untuk Dijadikan Sebagai Hiasan Rumah Diadonaid 9 Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Bisa Dibuat Di Rumah Bisa Jadi Cuan Orami 9 Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Bisa Dibuat Di Rumah Bisa Jadi Cuan Orami Cara Membuat Kerajinan Dari Bahan Bekas Unik Dan Kreatif Merdekacom Kerjinan Tangang Yang Unik Dan Simpel Dari Barang Bekas – Funinthemakingne Kerajinan Dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Menarik Lho – Accurate Online 12 Kerajinan Barang Bekas Ini Bisa Tambah Penghasilan Rumahcom Cara Membuat Tempat Sampah Mini Dari Kardus Bekas Ide Kreatif Barang Bekas – Youtube 8 Ide Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Beserta Cara Membuatnya 10 Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Bisa Dijual Mahal Cara Membuat Kerajinan Dari Bahan Bekas Unik Dan Kreatif Merdekacom 30 Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Bisa Dijadikan Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas – Youtube Cara Membuat Kerajinan Dari Bahan Bekas Unik Dan Kreatif Merdekacom 10 Macam Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Bisa Jadi Peluang Bisnis – Hot Liputan6com Kerajinan Dari Barang Bekas Ini Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Menarik Lho – Accurate Online 30 Kerajinan Dari Botol Bekas Yang 100 Mudah Dibuat Di Rumah Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Plastik Bekas ilustrasi gambar: pixabay.com Kerajinan tangan merupakan bentuk dari hasil kreativitas yang dimiliki oleh seseorang.

Kerajinan diciptakan tidak hanya menggunakan barang baru dengan harga yang mahal. Tetapi, kerajinan yang sebenarnya adalah barang yang memiliki nilai fungsi bahkan estetika dan terbuat dari barang bekas. Sehingga hal inilah yang nantinya akan menjadi nilai unik dari sebuah karya yang diciptakan oleh seseorang.

Terdapat banyak barang bekas yang dapat dialihfungsikan menjadi barang unik dan cantik yang memiliki nilai keindahan dan bisa Anda gunakan sebagai penghias ruangan atau penambah desain rumah.

Barang-barang tersebut dapat berupa botol bekas, plastik bekas, koran atau kertas bekas, dan semua barang yang bersifat bekas dan dinilai tidak berguna lagi. Lalu, apa sajakah wujud dari kerajinan ini?

Simak penjelasan berikut ini. Beberapa Kerajinan Tangan Simpel dan Mudah yang Bisa Anda Buat Berikut bentuk dari barang bekas yang menjadi bahan utama dari sebuah karya, antara lain : 1. Kerajinan Wadah Pensil Wadah pensil merupakan benda yang berguna sebagai tempat pensil dan jenis alat tulis lainnya.

Baik itu akan digunakan pada saat sekolah atau sebagai tempat pensil ketika belajar di rumah. Umumnya wadah pensil ini terbuat dari bahan plastik, kain atau bahan yang lain. Namun, Anda bisa mengkreasikan wadah pensil yang berasal dari botol minuman bekas atau wadah bedak tabur. Anda dapat melakukan modifikasi pada bagian tengah botol untuk membuat wadah pensil dalam posisi horizontal dan vertikal. Untuk membuat wadah pensil dari botol bekas dalam posisi horizontal, Anda hanya perlu menggunakan botol dengan kedua sisi yang datar.

Kemudian langkah selanjutnya, Anda dapat melubangi bagian tengah botol hingga terbuka menjadi setengah bagian. Sedangkan untuk wadah pensil dalam posisi vertikal, Anda hanya perlu memotong botol menjadi 2 bagian hingga terpisah bagian kepala dan badan botol. Lalu tambahkan hiasan baik itu dari kertas bermotif, pita, atau memberikan sentuhan tangan berupa lukisan pada permukaan luar botol. 2. Kerajinan Lukisan dari Botol Kerajinan tangan simpel dan mudah yang bisa Anda buat dari botol bekas adalah lukisan yang menggunakan bagian ekor botol dengan bentuk lengkungan sebagai alat bantu untuk menambahkan cat lukis pada papan lukis.

Langkah yang perlu Anda lakukan hanya dengan menapakkan bagian bawah botol dengan cat lukis yang terletak pada piringan. Setelah cat mengenai bagian bawah botol tepat pada bagian sudut-sudutnya maka tempelkan bagian botol tersebut pada papan lukis yang telah tersedia. Sehingga motif dari bagian bawah botol secara otomatis akan tergambar pada papan lukis.

Hal ini mampu menciptakan kerajinan tangan unik yang indah dan menawan namun memiliki modal yang kecil. Bentuk lukisan ini juga dapat Anda jadikan sebagai hiasan dinding atau bahkan menjadi objek pada pameran seni. 3. Kerajinan Hiasan Dinding dari Kaset Kebanyakan orang beranggapan bahwa kaset atau CD yang sudah rusak sudah tidak bisa dipakai lagi.

Dari segi fungsi CD yang sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah salah. Namun, dari segi yang lain, misalnya dinilai dari aspek seni, barang bekas yang satu ini masih mampu menjadi bahan utama dalam pembuatan kerajinan tangan yang bisa memanjakan mata. Dengan adanya kondisi CD yang masih dalam bentuk utuh, Anda bisa memberikan dasar warna hitam pada piringan benda gepeng tersebut. Kemudian Anda bisa memberikan ukiran dengan melukis bagian permukaan CD yang telah berubah warna menjadi hitam.

Ukiran yang Anda berikan tersebut mampu menciptakan bentuk ukiran yang mengkilap seperti pada wujud CD pada umumnya di tengah-tengah warna hitam yang melingkupi permukaan benda tersebut. Anda dapat membuat bentuk ukiran dengan jenis apapun baik itu bentuk abstrak, motif batik atau motif lainnya 4. Kerajinan Tangan Lampu Hias Kerajinan dari bahan bekas selanjutnya yang bisa Anda buat adalah lampu hias dari botol bekas.

Untuk membuat kerajinan yang satu ini Anda memerlukan beberapa botol bekas dengan model yang sama. Kemudian potonglah bagian ekor botol dan gabungkan dengan bagian ekor botol lainnya hingga membentuk lingkaran. Setelah itu Anda dapat merekatkan rangkaian botol berbentuk lingkaran tersebut dengan bola lampu yang telah tersedia dan terletak pada penyangga tegak.

Sehingga posisi lampu hias dapat berdiri dan bisa menjadi hiasan di meja belajar atau tempat lainnya. Kerajinan tangan berupa lampu hias ini juga dapat Anda buat dengan bahan utama bambu yang dipotong secara meruncing. Kemudian untuk menampilkan cahaya lampu Anda perlu melubangi bagian permukaan bambu menggunakan solder atau obor dari kayu.

Langkah terakhir, masukkan lampu beserta alat penyangganya ke dalam bambu 5. Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa Umumnya, batok kelapa akan dibuang atau dijadikan sebagai gayung mandi. Namun, Anda dapat membuat kerajinan dari bahan bekas menggunakan batok kelapa. bentuk karya seni tersebut dapat berupa hiasan meja berupa ukuran batok kelapa yang nantinya akan mengalami proses pemolesan untuk menambah nilai estetika.

Tidak hanya itu, batok kelapa juga bisa penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai sebagai mainan anak, gantungan kunci, teko, gelas atau cangkir, hingga mangkuk. Tidak hanya itu, bahan yang biasanya dibuang ini ternyata bisa dialihfungsikan menjadi tas. Untuk membuat kerajinan tangan unik tersebut Anda perlu menghubungkan dua buah batok kelapa berbentuk setengah lingkaran hingga menjadi bentuk bola sepenuhnya.

Penghubung dari kedua batok kelapa tersebut berupa resleting yang nantinya bisa Anda pasangkan pada bagian sisi batok kelapa. Kemudian Anda perlu menambahkan pengait atau pegangan tas baik itu menggunakan rangkaian kayu atau pernak-pernik lainnya.

6. Kerajinan Dompet dari Botol Bentuk kerajinan tangan yang dapat Anda buat selanjutnya adalah dompet dari botol. Hal ini tentunya memiliki prinsip yang sama pada proses pembuatannya dengan pembuatan dompet batok kelapa. Hanya saja pada proses pembuatan dompet dari botol plastik ini memiliki tingkat kesukaran yang lebih rendah. Sehingga proses pengerjaannya pun lebih cepat. 7. Gantungan Kunci dari Botol Bekas Kerajinan tangan simpel dan mudah berikutnya adalah gantungan kunci dari botol bekas.

Dalam pembuatannya, Anda hanya perlu memotong bagian badan botol bekas menjadi pola tertentu. Kemudian berikan warna yang Anda inginkan pada pola yang telah terpotong. Setelah itu Anda dapat menggabungkan pola satu dengan pola lainnya menggunakan benang dengan warna yang senada dan tambahan pernak-pernik untuk menambah kesan estetika pada gantungan kunci yang Anda buat.

Dan terakhir, berikan kaitan gantungan kunci pada bagian atas hiasan. Kerajinan Tangan Manakah Pilihan Anda? Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai berbagai bentuk kreasi kerajinan dari barang bekas yang dapat Anda buat dengan mudah dan simpel.

Lalu, kerajinan tangan unik manakah yang menjadi pilihan Anda? Buatlah kerajinan barang bekas sesuai kreasi dan penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai yang Anda inginkan. Sehingga hasilnya pun akan memuaskan. Selamat mencoba dan bersenang-senang
Daftar Isi • Apa Manfaat Kerajinan dari Limbah?

• Bagaimana Cara Membuatnya? • 1.

Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah Botol Bekas • Bahan dan Perlengkapan • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas • Memanfaatkan Limbah Botol Bekas untuk Kerajinan? • Manfaat Mengolah Limbah Botol Menjadi Kerajinan • Kerajinan Unik dan Keren dari Limbah Botol • 2.

Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias • Bahan dan Pelengkapan • Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Limbah Botol Bekas • 3. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Gelas • Bahan dan Alat • Cara Membuat: • 4. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Pohon • Bahan & Alat Kerajinan • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Pohon • 5.

Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi • Bahan dan Peralatan • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi • 6. Kerajinan Tangan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Keranjang • Bahan dan Alat • Cara Membuat Kerajinan Berbentuk Keranjang • 7. Kerajinan Tangan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Jam Dinding • Bahan dan Alat: • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Dengan Bentuk Jam Dinding • 8. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk bunga • Bahan dan Alat untuk Kerajinan • Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Denagn Bentuk Bunga • 9.

Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk Pita • Bahan dan Alat untuk Kerajinan • Cara membuat kerajinan tangan dengan bentuk pita • 10. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk Tempat Tissue • Bahan dan Alat untuk penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai • Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Tempat Tissue • 11.

Pot Bunga dari Limbah Plastik • 12. Tempat Lilin Dekoratif dari Limbah Plastik • 13. Wadah Aksesoris dari Limbah Plastik • 14.

Tirai dari Limbah Plastik • 15. Tempat Koran dari Limbah bambu • 16. Tas Dari Limbah Kardus • 17. Pedang Dari Limbah Kardus • 18. Istana dari Limbah Kardus • 19. Lilly Pulitzer Papercut Art dari Limbah Kertas • 20. Frame Foto dari Limbah Kertas • 21.

Frame Untuk Cermin dari Limbah Kertas • 22. Dekorasi Pesta dari Limbah Kertas • 23. Pigura unik dan lucu dari Limbah Koran Bekas • 24. Replika Perahu Layar Dari Limbah Koran Bekas • Kerajinan Dari Limbah Organic • 25. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Pelepah Pisang • 26. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bonggol Jagung • 27.

Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung • 28. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Putih • 29. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Merah • 30. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kerang • 31. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Kelapa • 32.

Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bambu • 33. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sisik Ikan • 34. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Pohon Pisang • Kerajinan Dari Limbah Kayu • 35. Lampu Hias dari Limbah Kayu • 36.

Kalender dari Limbah Kayu • 37. Casing dari Limbah Kayu • 38. Kerajinan dari Pecahan Keramik • 39. Kerajinan dari Limbah Sisik Ikan • 40. Kerajinan dari Limbah Kain Perca • Proses Hasil Karya Kerajinan yang Baik dan Berkualitas Dalam kehidupan sehari-hari, sampah selalu terkumpul hingga menumpuk.

Mulai dari sampah organik hingga yang non organik. Salah satu penyumbang terbesar dalam hal sampah adalah bentuk sampah barang bekas yang sudah tidak terpakai.

Bicara soal sampah, tentunya anda tidak akan bisa jauh dari yang namanya sampah seperti kertas koran, botol plastik, kardus, dan lain sebagainya. Mungkin jika kamu memiliki banyak barang bekas seperti sampah dan lainya, mungkin tidak ada salahnya jika sampah-sampah tersebut dijadikan sebagai bahan kerajinan limbah yang menarik. Karena dari limbah sampah, kamu bisa memanfaatkannya utuk membuat kerajinan dari limbah bekas.

Selain hasil dari kerajinan dapat dimanfaat sebagai penambah hiasan dirumah, hasil kerajinan tangan dari limbah barang bekas juga dapat dijual. Nah, berikut ini penjelasan dari beberapa hasil kerajinan dari limbah sampah yang dapat di jadikan sebagai barang hiasan dan lainya.

Apa Manfaat Kerajinan dari Limbah? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat dari hasil sebuah limbah bekas. Adapun manfaat-manfaatnya adalah sebagai berikut ini: • Dapat mengurangi pencemaran lingkungan. • Dapat dimanfaatkan untuk sebagai benda hias pada rumah-rumah. • Dapat menjadi kegiatan atau ide kreatif yang patut di perjuangkan.

• Hasil kerajinan dapat dijual. Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh hasil kerajinan dari limbah, diatas hanya beberapa saja. Baca juga: 100+ Nama Produk Kerajinan yang Keren & Belum Dipakai Bagaimana Cara Membuatnya? Jika kalian sudah mengetahui apa saja manfaat dari hasil kerajinan limbah, lantas bagaimana cara membuatnya? Untuk cara membuatnya kalian dapat menyimak ulasan di bawah ini: 1.

Kerajinan Tangan dari Limbah Sampah Botol Bekas Untuk cara membuat kerajinan dari limbah bekas adalah sebagi berikut ini: Bahan dan Perlengkapan • Botol plastik bekas • Pisau • Hiasan untuk mata • Pupuk/tanah untuk menanam • Tanaman Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas • Sediakan bahan serta perlengkapan yang dibutuhkan.

• Setelah semua terkumpul, selanjutnya yakni memotong botol plastik dengan menggunakan pisau. • Ukuran dapat anda kira-kiraan sesuai dengan keinginan atau anda bisa lihat pada gambar atas.

• Tambahkan pula hiasan sesuai dengan apa yang diinginkan anda. Jika ingin sesuai dengan contohnya, cukup lekatkan saja tutup botolnya sebagai mulut dan tambahkan juga mata boneka, lalu tempelkan.

• Jangan lupa untuk melubangi sisi bawah botol supaya air tidak mengendap di dalam botol. • Masukkan botol pupuk serta tanah ke dalam botol. • Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam. Memanfaatkan Limbah Botol Bekas untuk Kerajinan? Botol bekas adalah salah satu barang yang mungkin sering dianggap sebagai salah satu jenis limbah pengganggu kelestarian alam.

Sebab dari tahun ke tahun semakin banyak pengguna botol. Misal seperti botol kaleng, botol plastik, dan jenis-jenis botol yang lainya. Padahal, botol bekas dapat di manfaatkan sebagai bahan kerajinan yang dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Manfaat Mengolah Limbah Botol Menjadi Kerajinan Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari limbah yang satu ini.

Salah satunya adalah dapat ikut serta dalam penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai polutan pencemaran lingkungan. Selain itu, dengan adanya kegiatan pengolahan limbah botol, kamu juga dapat menyalurkan ide kreatifmu kepada masyarakat indonesia.

Selain itu, limbah botol juga dapat menjadi sebuah produk kerajinan tangan baik itu dari botol kaleng, botol plastik, atau botol kaca yang tentunya memiliki nilai jual yang tinggi. Hal ini karena masih jarang adanya sebuah pengolahan limbah yang dapat dijadikan sebagai barang kerajinan seni.

Di sisi lain, kamu juga dapat menjadikan hasil dari kerajinan tersebut menjadi tambahan sampingan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadikan sebagai kegiatan produktivitas bagi anak-anak muda. Kerajinan Unik dan Keren dari Limbah Botol Untuk menjadikan sebuah limbah botol bekas menjadi sebuah kerajinan, kamu hanya perlu keuletan dan ide kreatifitas saja. Dengan penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai bahan limbah seperti di atas, secara tidak langsung bahwa kamu sudah berperan aktif dalam menyelamatkan lingkungan dari sampah.

2. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Lampu Hias Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil lampu hias adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Pelengkapan • Botol bekas • Sendok plastik • Lampu lengkap • Pisau • Obeng • Lem • Cat • Tiang untuk tempat berdirinya lampu Cara Membuat Kerajinan Lampu Hias dari Limbah Botol Bekas • Sediakan bahan serta perlengkapan yang diperlukan.

• Potonglah botol plastik sesuai dengan keinginan anda. • Potonglah sendok plastik sesuai dengan ukuranya. • Satukan botol dengan sendok agar dapat terlihat indah dengan menggunakan lem. • Tempelkan cendok tersebut jangan lupa cat agar terlihat indah. • Potong botol dengan bentuk seperti daun nanas jangan lupa beri cat pewarna. • Selanjutnya pasang lampu dan tiangnya agar dapat berdiri. • Dan, lampu hias dari botol bekas pun siap untuk dipakai.

3. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Gelas Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil gelas cantik adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat • Botol bekas • Pisau untuk memotong botol • CD kepingan • Lem/solasi Cara Membuat: • Kumpulkan bahan serta perlengkapan yang dibutuhkan. • Potong botol sesuai pada gambar diatas atau dapat juga disesuaikan dengan keinginan anda (memotongnya berombak).

• Tempelakan kepingan CD dengan botol, pada bagian tutupnya dengan menggunakan lem. • Dan, gelas dari botol bekas pun siap untuk dipakai. 4. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Pohon Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil bentuk pohom adalah sebagai berikut ini: Bahan & Alat Kerajinan • Botol bekas • Benang • Paku • Cat • Papan • Lem Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Pohon • Kumpulkan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan.

• Potong terlebih dulu pada papan dengan bentuk batang pohon. • Tempelkan papan yang sudah dipotong dengan menggunakan lem. • Potong lagi papan yang digunakan hingga dapat menjadi ranting pohon. • Gabungkan papan yang sudah mirip batang pohon dengan papan yang berbentuk ranting pohon. penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai Selanjutnya buatlah daun-daunnya dengan memotong botol bekas pada sisi ujung bawahnya.

• Jangan lupa beri warna pada bagian bawah botol bekas. • Lubangi sisi bawah botol bekas dengan menggunakan paku. • Masukkan tali ke dalam lubang.

Hal ini berguna untuk menempelkan ke papan yang berbentuk seperti ranting pohon. • Lalu lekatkan dan ikat botol dengan ranting pohon.

• Selanjutnya susunlah sampai bisa membentuk pohon yang sempurna. 5. Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil celengan babi adalah sebagai berikut ini. Bahan dan Peralatan • Botol bekas • Pisau • Cat • Mata boneka • Lem Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Limbah Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi • Kumpulkan bahan serta perlengkapan yang diperlukan.

• Potong botol menjadi dua bagian, lalu gabungkan kembali. • Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai botol tersebut tujuan ini untuk tempat memasukkan uang. • Berilah Cat pada botol bekas tersebut.

• Jika perlu tambahkan hiasan lain, seperti mata boneka, telinga, serta kaki dari botol. • Selanjutnya celengan berbentuk babi dari botol bekas siap untuk digunakanya. 6. Kerajinan Tangan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Keranjang Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil keranjang unik adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat • Koran bekas • Gunting • Tali Cara Membuat Kerajinan Berbentuk Keranjang • Sediakan bahan bekas limbah koran bekas.

• Potong bahan koran bekas dengan ukuran yang ukuran memanjang. • Lipat potongan koran dengan model memanjang. • Susun dan lipat koran seperti menganyam hingga dapat berbentuk keranjang. • Agar lebih kuat, ikat pada bagian sisi ujung atas keranjang dengan menggunakan tali. Cara Membuat Bingkai Foto Dari Kardus 7. Kerajinan Tangan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Jam Dinding Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil jam dinding unik adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat: • Koran atau majalah bekas • Gunting • Jarum • Benang • Kepingan CD • Mesin jam lengkap dengan jarum jamnya Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Dengan Bentuk Jam Dinding • Persiapkan bahan dan perlengkapan sesuai dengan yang dibutuhkanya.

• Gulung koran atau majalah seperti pada gambar di atas. • Lipat hingga menjadi dua gulungan. • Lubangi dengan menggunakan jarum dan masukkan juga benangnya. • Rangkai gulungan koran atau majalah dapat menggunakan benang hingga bisa membentuk lingkaran seperti pada gambar diatas.

• Tempatkan kepingan CD pada bagian tengah lingkaran. • Tambahkan angka pada kepingan CD. • Pasang mesin jam beserta jarum jamnya.

• Jangan lupa berikan baterai jam dan pastikan jam dapat berfungsi dengan baik. Baca juga: Kerajinan Tangan Dari Kulit Jagung dan Cara Membuatnya 8.

Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk bunga Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil bunga hias adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat untuk Kerajinan • Koran bekas (bisa majalah bekas) • Gunting • Tangkai bunga (bisa juga memakai kayu) • Lem kertas • Talia tau benang Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Denagn Bentuk Bunga • Sediakan bahan dan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan • Gulung koran hingga berbentuk bunga (gulungannya berbentuk kerucut), selanjutnya lem pada sisi ujungnya agar tidak terlepas.

• Buat gulungan dengan secukupnya. • Lalau satukan bunga dari koran, dan tambahkan tangkai dengan menggunakan kayu. • Ikat kumpulan bunga dengan tangkainya menggunkan tali. 9. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk Pita Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil pita cantik adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat untuk Kerajinan • Koran bekas (atau bisa juga majalah bekas) • Gunting • Pewarna • Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Pita Cara membuat kerajinan tangan dengan bentuk pita • Langkah berikutnya membuat pita sisi tengah.

• Lipat koran bekas hingga membentuk seperti sayap kupu-kupu. • Lalu lipat lagi koran bekas guna penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai sisi tengahnya.

Bentuk sisi ujungnya supaya dapat terlihat bagus. • Ikatkan di bagian tengahnya. Baca juga: 5 Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Bambu (dapat Dijadikan Ide Bisnis) 10. Kerajinan Tangan dari Koran Bekas Berbentuk Tempat Tissue Adapun cara membuat kerajinan dari limbah dengan hasil tempat tisu cantik adalah sebagai berikut ini: Bahan dan Alat untuk kerajinan • Koran bekas atau majalah bekas • Gunting • Lakban hitam • Lem kertas Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Koran Bekas Berbentuk Tempat Tissue • Sediakan bahan dan perlengkapan sesuai yang diperlukan.

• Gulung koran bekas sebanyak-banyaknya (setiap gulungan memiliki besaran yang sama). • Gulungan dibuat dengan dua ukuran. Ukuran pertama yakni lebih panjang pada bagian sisi bawah dan atas kotak dan ukuran kedua lebih pendek pada sisi samping kotak.

• Susun gulungan pertama terlebih dahulu dengan bentuk persegi panjang. • Gunakan lem agar tidak mudah terlepas. • Buat menjadi dua susunan untuk bawah dan atas kotak. • Susunan pada bagian sisi atas dan lubangi guna untuk tempat mengambil tissue-nya.

• Berikan lakban pada bagian samping lubang seperti pada gambar di atas. • Susun gulungan kedua dengan membentuk persegi panjang serta persegi. • Gunakan lem agar tidak mudah terlepas. • Gabungkan sisi bawah serta sisi samping dengan menggunakaan lakban atau yang lainya. • Kemudian, gabungkan sisi atasnya dengan menggunakan lakban. • Pastikan semuanya sudah kuat. • Terkhir kalau semua sudah selesai, maka temapt tissu pun siap untuk dipakai.

11. Pot Bunga dari Limbah Plastik Jika kamu bercocok tanam atau suka dengan berbagai jenis bunga, maka tidak ada salah ide kreatif ini layak untuk kamu coba. Tanpa repot-repot membeli pot tanaman, dengan begitu kamu sudah menghemat. Selain itu, cara membuatnya pun cukup mudah, hanya dengan memotong botol menjadi dua atau tiga bagian saja, kemudian lapisi dengan menggunakan cat berwarna sesuai dengan keinginganmu.

12. Tempat Lilin Dekoratif dari Limbah Plastik Kamu dapat memanfaatkan potongan botol plastik menjadi sebuah tempat lilin. Kemudian kamu bisa menyulap tempat lilin hingga tampilannya menjadi lebih cantik. Cukup dengan menambahkan pasir dan batu koral berukuran kecil saja, atau bisa sesuai dengan kreativitasmu. Desain yang sederhana dapat terlihat cantik dan menarik. 13. Wadah Aksesoris dari Limbah Plastik Bingung dimana lagi bisa menyimpan koleksi aksesori dan perhiasan yang sudah menumpuk?

Yuk manfaatkan botol plastik bekas sebagai wadah yang dapat menyimpan barang kesayanganmu dengan bentuk antik dan unik. Pins hanya perlu menggunakan sebatang besi dan sekrup untuk menahan potongan botol yang sudah dilubangi di bagian tengah itu.

14. Tirai dari Limbah Plastik Mungkin kamu pernah melihat tirai dengan berbahan dasar dari plastik, tapi bagaimana dengan tirai dari potongan botol plastik bekas ini? Ya, mungkin tidak ada salahnya jika anda dapat mengkreasikan potongan botol plastik menjadi sebuah kerajinan tirai yang unik dan menarik yang tentunya tidak kalah dengan kerajinan lain. Baca juga: 5 Ide Kreatif Membuat Kerajinan dari Bambu (dapat Dijadikan Ide Bisnis) penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai.

Tempat Koran dari Limbah bambu Daripada tidak terpakai hingga akhirnya menumpuk dan disis lain dapat mengganggu pemandangan, coba lakukan simpanlah koleksi koran atau majalah di dalam rak botol plastik.

Kamu dapat menggunakan botol plastic dengan berkapasitas ukuran 1 liter yang sudah dipotong pada bagian atasnya. 16. Tas Dari Limbah Kardus Tas berasal dari kardus, mungkin benar-benar jarang anda temui. Tas dengan bahan dasar dari kardus yang berbentuk kotak, memang terlihat unik. 17. Pedang Dari Limbah Kardus Jika anda senang bermain game Minecraft, tentunya untuk yang ini mungkin sudah tidak asing bagi Pins, yakni kerajinan pedang.

Pedang merupakan alat yang biasa dipakai untuk perang. Untuk cara membuatnya tidak rumit, anda perlu membutuhkan kardus bekas saja. 18. Istana dari Limbah Kardus Bagi Pins yang masih punya anak kecil, tidak ada salahnya jika mencoba mebuatan mainan istana yang berasal dari bahan kardus. Istana tersebut tentunya sanggup menemani si kecil dalam bermain. Untuk membuatnya sangat mudah, kamu hanya perlu membutuhkan kardus yang berbentuk kotak, kemudian gambarlah pintu istana sesuai dengan keinginanmu.

Lalu tambahkanlah menara pada bagian sampingnya. Baca juga: 30+Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas yang Mudah Dibuat Serta Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi 19. Lilly Pulitzer Papercut Art dari Limbah Kertas Dekorasi tempat tinggal yang unik serta terbuat dari bahan kertas, mungkin dapat digunakan untuk mengisi waktu longgarmu.

Karena dalam sistem cara membuat kerajinan dari kertas ini, hanya perlu membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup ekstra. Kreasi kerajinan tangan dari kertas yang diberi nama dengan Lilly Pulitzer Papercut Art. Baca juga: 30+Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas yang Mudah Dibuat Serta Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi 20. Frame Foto dari Limbah Kertas Inspirasi kerajinan tangan dari kertas bekas yang berikutnya adalah frame photo. Untuk cara membuatnya anda hanya perlu menyiapkan kertas yang cukup tebal.

Untuk sisi depannya, kamu bisa menggunakan gulungan-gulungan kertas yang tentunya memiliki ukuran yang sedikit kecil seperti terlihat pada gambar di atas. Untuk ukuran, penampilan, dan gulungan kertas beserta jumlahnya silahkan anda dapat menyesuaikan dengan ukuran frame photo sesuai dengan keinginanmu. 21. Frame Untuk Cermin dari Limbah Kertas Cara membuat kerajinan tangan frame cermin penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai membutuhkan bahan yang sama seperti ketika anda membuat frame photo dari kertas bekas.

Yang membedakan keduanya yakni hanyalah ukuran framenya saja. 22. Dekorasi Pesta dari Limbah Kertas Dekorasi pesta yang unik, dengan menggunakan bahan kertas bekas sebagai bahan utamanya dalam membuat kerajinan tangan yang berupa seperti diatas. Bunga yang cantik dari kertas di buat dengan spiral dan bisa digantung di berbagai pintu atau pada dinding dekorasi pesta.

23. Pigura unik dan lucu dari Limbah Koran Bekas Pada dasarnya membuat pigura di rumah tidaklah sekedar dapat di buat dari sedotan bekas saja, melainkan dapat juga dari kertas kardus bekas.

Namun, dengan adanya kerajinan dari koran bekas yang tentunya mudah dibuat dan disisi lain dapat dijadikan sebagai pigura yang lucu dan unik.

Lewat tangan kreatifmu, anda mampu menciptakan berbagai kerajinan unik lainnya. 24. Replika Perahu Layar Dari Limbah Koran Bekas Replika barang sering sekali dapat menjadi barang hiasan yang unik dan tentuny banyak disukai oleh masyarakat, lantaran kerajinan replika mempunyai bentuk yang kecil namun begitu mirip dengan bentuk aslinya. Hingga dengan begitu tidak salah jika banyak orang yang menjadikan replika tersebut sebagai bahan koleksi.

Saat ini bisa dibayangkan, bagaimana jika barang replika itu ternyata terbuat dari koran bekas? Tentunya kerajinan dari koran bekas penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai memiliki banyak keunikan dan tentunya juga memiliki nilai seni yang tinggi.

Kerajinan Dari Limbah Organic Kata Limbah Organik berasal dari kata Limbah dan Organik. Arti dari Limbah yakni sebuah sisa atau barang yang sudah tidak terpakai atau barang yang sudah di buang dan tidak di manfaatkankan lagi.

Namun sebenarnya, tanpa kita ketahui bahwa barang tersebut masih bisa dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Sedangkan pengertian dari kata Organik yakni bahan yang terbuat dari alam atau makhluk hidup. 25. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Pelepah Pisang Banyak orang beranggapan bahwa bagian dari tanama pisang yaitu pelepah pisang yang sudah kering merupakan sampah yang tidak berguna.

Namun, anggapan itu tidak benar, ternyata pelepah pisang yang sudah kering tersebut dapat dikajikan sebagai bahan kerajinan tangan yang sangat menarik dan bentuknya unik. Apabila dijual barang tersebut harganya mahal dan dapat menambah banyak keuntungan. Tanaman pisang sangat banyak jumlahnya di negara indonesia dan hampir setiap pelosok daerah di indonesia terdapat tanaman pisang. Jadi apabila ingin mendapatkan bahan baku untuk membuat kerajinan dari pelepah pohon pisang, kamu tidak akan kesulitan.

26. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bonggol Jagung Bonggol jagung yang sudah diambil bijinya biasanya hanya digunakan sebagai tambahan bahan bakar, dan terkadang hanya dibuang menumpuk disuatu tempat dan menyebabkan pemandangan yang tidak menyenangkan.

Tidak hanya iitu apabila kehujanan akan menyabkan bau busuk yang sangat menyengat. Namun di tangan orang yang tepat boggol jagung yang tidak bernilai tersebut ternyata dapat dijadukan bahan kerajinan yang bermanfaat.

Baca juga: 9 Contoh Kerajinan Dari Tanah Liat dan Cara Membuatnya 27. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung Kerajinan tangan limbah organik kulit jagung sangat mudah pembuatanya, dengan belajar secara otodidakpun anda dapat mempraktekkannya dengan sangat mudah. Kamu hanya membutuhkan komposisi warna yang tepat dan penataan yang benar untuk membuat sebuah hiasan berbentuk bunga seperti pada gambar kerajinan tangan di atas.

28. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Putih Sisa sampah kulit bawang putih yang digunakan untuk bumbu masak ternyata sangat baik sebagai bahan baku untuk membuat kerajianan tangah berupa hiasan seperti bunga-bunga. Dengan proses pengolahan bahan baku yang baik maka akan menghasilkan bahan baku untuk pembuatan hiasan. Kulit bawang yang digunakan untuk bahan pembuatan kerajinan tangan harus benar-benar dalam kondisi kering, anda boleh memanaskan dengan panas cahaya matahari atau di oven ketika kondisi hujan.

29. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Merah Tidak hanya kulit bawang putih ternyata kulit bawah merang juga sangat bagus sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Daripada hanya dibuang sia-sia lebih baik kulit bawang merah dikumpulkan dan dijemur ditempat yang panas, dengan diolah secara benar kulit bawang merah juga dagunakan untuk kerajinan limbah organik. Sudah banyak dijual kerajinan tangan seperti ini ditoko-toko suvenir dari pada membeli kenapa anda tidak mencoba utuk membuatnya.

30. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kerang Apabila kamu berwisata di pantai maka akan menjumpai outlet-outlet yang menjual kerajinan dari kulit kerang, bentuknya sangat beragam. Seperti tempat tisu, miniatur hewan, ada juga yang dibuat sebagai selambu, bingkai foto dan masih banyak benda kerajinan lain dari kulit kerang.

31. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Kelapa Tidak hanya bahan untuk bangunan dan mebel tenyata batang tanaman kelapa juga dapat digunakan sebagai bentuk kerajinan. 32.

Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bambu Selain dipakai sebagai bahan baku untuk membuat anyaman bambu, kerajinan limbah organik ini dapat juga digunakan sebagai bahan pembuatan alat rumah tangga. Namun tanaman bambu paling banyak digunakan sebagai bahan dasar anyaman. Anyaman terbuat dari bambu dapat di buat dengan bahan yang irit namun dapat membuahkan beragam kerajinan tangan yang mempunyai banyak faedah serta nilai ekonomis yang tinggi.

33. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sisik Ikan Bahan baku sisik ikan yaitu kerajinan tangan yang inovatif dan unik dari bahan limbah organik yang layak untuk dicoba dalam meningkatkan usaha dari limbah organik. Contoh kerajinan tangan yang Inspirasi serta Inovatif dari sisik ikan ini begitu gampang dalam membuatnya.

Mudah-mudahan ada pihak pengembangan sisik ikan ini jadi Wiraswasta. Baca juga: Kerajinan dari Daur Ulang Botol Bekas Bikin Rumah Kamu Semakin Keren 34.

Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Batang Pohon Pisang Tanaman pisang adalah tanaman yang terdapat hampir di semua kepulauan Indonesia serta sampai kini cuma digunakan pada bagian buah serta daunnya saja. Tetapi apakah anda mengetahuiapakah anda tahu? Bahwa ditangan orang terampil, batang pisang ini dapat di penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai jadi beberapa produk kerajinan limbah organik yang bernilai jual tinggi serta disukai oleh pasar internasional.

Kerajinan Dari Limbah Kayu Kayu merupakan jenis bahan alami yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan tangan. Meski kayu mempunyai tekstur yang keras, namun pada kenyataanya kayu dapat dibuat menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

35. Lampu Hias dari Limbah Kayu Lampu hias dari kayu ini juga bisa dibuat sendiri dirumah, alat yang diperlukan adalah gergaji, lem, bor, paku, cat, amplas, cutter, dan palu. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan lampu hias ini adalah kayu, triplek, lampu, dan tempat lampu, Cara pembuatannya adalah sebagai berikut: • Buatlah kerangka lampu dengan 4 buah potongan triplek dengan ukuran 30×13 cm kemudian siapkan lis kerangka lampu dengan memotong 8 buah triplek dengan ukuran 14×3 cm.

• selanjutnya bikin fitting lampu dengan memotong 4 triplek dan ukuran 12×3 cm lalu potong satu triplek lagi dengan ukuran 12×12 cm khusus untuk tatakan lampu. • Setelah tahap tadi selesai selanjutnya lubangi semua triplek sesuai dengan kerangka lampu dan rapatkan semua bagiain-bagian tersebut dengan menggunakan lem.

• Setelah itu paku setiap bagiannya agar lebih kuat. • Amplas kotoran yang terdapat pada kayu hingga hilang dan tampak lebih halus. • Kemudian cat triplek sesuai dengan keinginan atau sesuai penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai tema kamarmu.

• Tahap terakhir adalah pasang lampu dan tempatnya sehingga bisa langsung digunakan. Baca juga: Yuk Kenali Macam Macam Lem untuk Kerajinan Selain Lem Aibon 36. Kalender dari Limbah Kayu Dirumah, Pins pasti memiliki bekas kayu yang tidak digunakan. Jangan bersedih, kayu bekas itu juga bisa bermanfaat kok. Dengan 4 kotak kayu berukuran 1,4 inch beserta cat, kardus, gunting, lem, dan spidol, kamu dapat membuat kalender unik. Cara membuat kalender unik dari kayu ini adalah sebagai berikut: • Cat 4 kotak yang telah disediakan berdasarkan jenis, misal warna yang berbeda untuk tanggal, hari, dan bulan.

• Selanjutnya ambil kardus dan potong dengan ukuran 6×2,4 inch untuk alas, dan ukuran 6×1 inch untuk bagian depan, dan ukuran 6×2,6 inch untuk bagian belakang, dan potong 2 dengan ukuran 6×1,4 inch untuk penyangga. Lalu lem masing-masing kardus hingga terlihat rapi. • Kemudian ambil 2 buah kardus untuk menutupi bagian penyangga kotak kalender lalu tutup bagian yang berlubang.

Lalu warnai kardusnya sesuai dengan keinginan. Tulislah angka pada kotak kalender. • Selanjutnya lem pada setiap kotak kayu yang telah Anda warnai berdasarkan dengan tanggal, hari, dan bulan sehingga nantinya akan menjadi kalender yang siap untuk dipajang.

37. Casing dari Limbah Kayu Handphone merupakan benda elektronik yang mungkin seperti hal yang wajib untuk dibawa kemanapun kamu pergi. Tentunya desain hp akan membosankan jika tanpa sebuah casing. Selain sebagai pelindung, casing yang unik juga sering dijadikan sebagai pilihan. Agar lebih cantic anda dapat pula memilih casing dari kayu yang tentunya akan dapat menambah kecantikan dan keunikan pada ponselmu.

Selain itu casing dari kayu tersebut sangat unik sehingga akan dapat menambah penampilan fashion mu. 38. Kerajinan dari Pecahan Keramik Mungkin tanpa kita ketahui bahwa pecahan keramik ternyata dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan atau hiasan. Bekas pecahan keramik dapat dijadikan sebagai barang hiasan mozaik, atau hiasan seperti pada yang lainnya.

39.

Kerajinan dari Limbah Sisik Ikan Tahukah kamu, bahwa selain pecahan keramik, ternyata sisik ikan pun dapat dimanfaatkan sebagai benda kerajinan, seperti untuk kerajinan aksesori. Sisik ikan kakap banyak sekali digunakan untuk produk kerajinan tangan yang unik, karena sisik yang dimilikinya lebih kuat, kokoh, tebal, dan besar dibanding sisik ikan mas atau mujair lianya.

Limbah sisik ikan dapat dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan aksesori seperti hal dengan anting-anting, cincin, kalung, bros, dan gelang.

Dan hasil yang didapat pun memang terlihat unik, artistik, dan menarik. 40. Kerajinan dari Limbah Kain Perca Teknik Pembuatan Kerajinan Bahan Limbah: • Teknik Membentuk • Teknik Gulung (Pilin) Cara pembentukan dengan tangan langsung.

Teknik ini biasanya bisa digunakan untuk membuat sebuah benda kerajinan yang berbahan dasar dari limbah kertas atau juga bisa limbah plastik • Teknik Lebur biasa digunakan apabila sang perajin ingin mendaur ulang kaleng, kaca, besi, d.l.l. (limbah anorganik) menjadi bentuk yang baru.

• Teknik Cetak Cara pembentukan biasanya menggunakan mesin alat bantu. Bahan limbah anorganik seperti, kaleng, kaca, besi, dan lainya. Untuk pembuatanya pertama harus dileburkan atau dilelehkan, kemudian dibentuk dan dicetak kembali. • Teknik Menganyam biasa digunakan untuk pembuatan kerajinan bisa dari berbagai bahan limbah organik maupun anorganik yang sifatnya (lunak atau lentur). Misal seperti keranjang, tikar, topi, taplak, tas, hiasan dinding, dan lainya. • Teknik Sobek biasa digunakan untuk membuat benda kerajinan yang berbahan dasar dari limbah kertas dan kain perca.

penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai Teknik Lipat digunakan untuk membuat sebuah kerajinan yang berbahan dari limbah kertas contoh seperti kerajinan : origami, anyaman, dan benda kerajinan lainnya.

• Teknik Bubur biasa digunakan untuk membuat benda kerajinan yang berbahan dasar dari limbah kertas, atau limbah kertas yang dibuat hingga menjadi bubur kertas, hal ini sebagai bahan dasar kerajinan. • Teknik Tempel digunakan dalam pembuatan kerajinan dari limbah organik maupun anorganik yang ditempelkan dengan menggunakan lem perekat.

• Teknik Menjahit merupakan teknik dalam proses menyatukan bagian- bagian kain atau bahan lainya yang sudah digunting berdasarkan pola yang dibentuk. • Teknik Memotong biasanya digunakan untuk membuat benda kerajinan dari bahan limbah organik maupun anorganik.

Proses Hasil Karya Kerajinan yang Baik dan Berkualitas • Pertama, menentukan bahan dan fungsi kerajinan. Tentukan bahan dasar serta fungsi kerajinan yang anda ingin dibuat hal ini sangatlah penting, karena bahan yang digunakanya sangat bisa berpengaruh besar terhadap fungsi dari hasil produk kerajinan dan juga sebaliknya.

• Kedua, menggali ide dari berbagai sumber. Ide dari berbagai sumber sangat diperlukan hal ini sebagai bahan referensi anda atau sebagai tolak ukur dalam proses membuat karya dan bisa dimanfaatkan, untuk menghasilkan sebuah karya kerajinan yang inovatif. • Ketiga, membuat beberapa sketsa karya dan menentukan sebuah karya terbaik. Proses pembuatan karya kerajinan juga diperlukan adanya suatu sketsa yang jelas sehingga bisa mempermudah dan mempercepat dalam proses pengerjaannya.

• Keempat, menyiapkan bahan dan alat. Alat dan Bahan harus siap dan lengkap sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud yakni disesuaikan dengan jenis, fungsi, serta model produk yang akan dibuatnya.

• Kelima, membuat karya kerajinan. Untuk pembuatan sebuah karya dapat dilakukan dengan cara mengacu pada sketsa yang sudah dibuat sebelumnya dan menggunakan alat dan bahan yang sudah disiapkan. • Keenam, mengevaluasi karya. Dengan adanya evaluasi, maka akan bisa diketahui berbagai kekurangan atau kelemahan selama masih tahap proses pembuatan kerajinan. Di sisi lain dapat pula dipergunakan untuk tolak ukur dalam melakukan perbaikan dan pembenahan hingg dapat menghasilkan karya kerajinan yang baik dan berkualitas.

Nah, itu dia pembahasan mengenai berbagai Kerajinan dari limbah yang lengkap beserta penjelasan, teknik cara membuat dan manfaatnya, semoga bermanfaat! Baca juga: • 25+Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Keren dan Mudah Dibuat [Terbaru] • 7+ Kerajinan Unik dari Upih Pinang dan Cara Membuatnya • Kerajinan Unik dari Jerami Editor: Syahya Rembulan Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome.

Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti. none
Table of Contents • Pengertian Kerajinan • Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli • Manfaat Kerajinan • 1.

Mengisi waktu luang • 2. Melatih kreatifitas • 3. Melatih kesabaran • Tujuan Kerajinan • Jenis-jenis Kerajinan • 1. Kerajinan dari bahan lunak • 2. Kerajinan dari Bahan Keras • 3. Kerajinan dari Limbah Lunak • Video yang berhubungan Saat ini, hal-hal yang menyangkut kerajinan sangat banyak diluar sana. Tidak hanya sebagai pengisi waktu luang, bahan kerajinan dapat dijadikan ladang bisnis.

Sebelum sampai situ, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu pengertian kerajinan. Pengertian Kerajinan Apa itu pengertian kerajinan? Kerajinan secara umum adalah sebuah kegiatan yang melibatkan keterampilan yang dimiliki seseorang. Selain itu, sebuah keterampilan tentu akan melibatkan seni di dalamnya. Kerajinan adalah salah satu cabang seni. Kerajinan menekankan pada sebuah keterampilan tangan yang lebih tinggi saat proses pengerjaannya.

Kerajinan juga sering dikenal dengan nama seni kriya. Jika dilihat maknanya, kata “Kr” berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti mengerjakan. Dari situlah muncul kata karya. Kata kriya juga dapat dikatakan kerja. Kriya atau kerajinan juga dianggap sebagai seni yang unik sekaligus berkualitas yang tinggi. [algolia_carousel] Sebuah kerajinan akan menghasilkan suatu barang. Barang tersebut memiliki nilai-nilai fungsi. Selain nilai fungsi, barang hasil dari kerajinan juga memiliki nilai estetika yang tinggi di dalamnya.

Hal itu yang menjadikan salah satu alasan kerajinan dijadikan pajangan. Pengertian kerajinan lain adalah barang-barang yang memiliki unsur seni di dalamnya. Pembuatan barang-barang tersebut dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan manusia. Contoh kerajinan ini pasti sering Grameds jumpai di masyarakat. Buku ini menyajikan beragam contoh hasil keterampilan kerajinan tangan aksesori gelang tangan yang terbuat dari beragam bahan dan pernak-pernik.

Merangkai aksesori gelang agar indah saat dikenakan di pergelangan tangan memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, semua bisa teratasi dengan mempelajari trik, tips, dan cara merangkai aksesori gelang yang ada di dalam buku ini. Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai mencoba, selamat berlatih, dan mari berkreatifitas tanpa batas.

Pengertian Kerajinan Menurut Para Ahli 1. Wiyadi, Dkk (1991: 915, 45) Pengertian kerajinan adalah semua kegiatan di dalam bidang industri atau pembuatan sebuah barang. Kerajinan sepenuhnya akan dikerjakan oleh seseorang yang memiliki sifat rajin, ulet, terampil dan kreatif dalam proses pencapaiannya.

Contoh dari kerajinan di antaranya adalah kerajinan kulit, kerajinan logam, kerajinan kayu, kerajinan batik dan masih banyak lagi seni kerajinan lainnya yang dimiliki oleh budaya Indonesia. 2. Kadjim (2011: 10) Kerajinan adalah sebuah usaha. Usaha tersebut dilakukan secara terus menerus. Di samping itu, usaha akan dilakukan dengan semangat ketekunan, kegigihan, kecekatan dan berdedikasi tinggi. Serta berdaya maju yang luas di dalam melakukan sebuah karya. 3. Kusnadi (1986: 11) Pengertian kerajinan menurut Kusnadi adalah kata harfiah yang dilahirkan oleh sifat rajin yang dimiliki manusia.

Dikatakan juga bahwa titik berat sebuah penghasilan atau pembuatan kerajinan bukan karena sifat rajin. Akan tetapi, karena sifat terampil dalam diri seseorang. Sifat terampil tersebut akhirnya akan menghasilkan sebuah produk kerajinan. Keterampilan sendiri dapat diperoleh dari pengalaman. Selain pengalaman, keterampilan juga dapat diperoleh dari ketekunan setelah bekerja.

Hal ini dapat meningkatkan teknik penggarapan sebuah produk. Kualitas kerja dari seseorang yang pada akhirnya akan memiliki keahlian dan kemahiran pada profesi tertentu. 4. Suprapto (1985: 16) Kerajinan adalah sesuatu yang akan menghasilkan benda seni. Benda-benda seni tersebut memiliki kualitas. Hal ini membuat seseorang dalam proses pembuatannya melakukan dengan rasa keindahan.

Selain itu, terdapat ide-ide murni yang menghasilkan produk berkualitas.

Memiliki bentuk yang indah serta menarik. Manfaat Kerajinan Sebuah kerajinan tidak dibuat tanpa alasan. Ada alasan-alasan yang mendasari kerajinan tersebut dibuat. Salah satunya adalah karena manfaatnya. Banyak sekali manfaat dari sebuah kerajinan, di antaranya adalah sebagai berikut: 1.

Mengisi waktu luang Terkadang seseorang yang tidak memiliki kegiatan akan membuat sebuah kerajinan. Kerajinan yang dibuat biasanya berasal dari bahan-bahan disekitarnya. Contohnya seperti bungkus makanan yang sudah tidak terpakai. Selain menyenangkan, kegiatan seperti ini akan mengisi waktu luang. 2. Melatih kreatifitas Dalam membuat sebuah kerajinan, memang diperlukan kreatifitas. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki kreatifitas. Kreatifitas juga tidak serta merta timbul dalam diri seseorang.

Banyak orang melakukan berbagai hal untuk menumbuhkan kreatifitasnya. Lama kelamaan, kreatifitas tersebut akan tertanam di dalam dirinya. Melalui kerajinan, seseorang dapat melatih kreatifitasnya. Tentunya harus sering-sering dilakukan dan secara rutin. 3. Melatih kesabaran Apa yang sudah dipikirkan tidak selalu menemukan cara yang mudah untuk merealisasikannya. Terkadang, ada hal-hal yang sudah dipikirkan untuk dibuat.

Akan tetapi, di dalam proses atau hasilnya menemui hambatan. Salah satu manfaat membuat kerajinan ini adalah dapat melatih kesabaran. Seseorang yang sering membuat kerajinan pasti dapat melatih kesabarannya.

Sebab, di dalam proses pembuatannya tidak selalu mudah. 4. Menghemat pengeluaran Sebuah kerajinan yang dibuat tentu memiliki nilai guna nya. Banyak orang yang membuat kerajinan untuk digunakan kembali. Contohnya seperti membuat vas bunga, membuat kotak tisu, sampai membuat tas.

Melalui hal ini, tanpa sadar kamu sudah mengurangi pengeluaran untuk membeli barang-barang tersebut. Menggunakan bahan-bahan sisa yang masih layak akan menekan pengeluaran biaya. Maka kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang-barang yang bisa dikerjakan melalui penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai kerajinan. 5. Menjadi ladang bisnis Tidak hanya menghemat pengeluaran saja.

Kerajinan juga dapat menjadi ladang bisnis. Jika kamu telaten dan ulet dalam pengerjaannya, kerajinan yang dibuat bisa kamu perjual belikan. Melalui hal itu, kamu bisa mempelajari hal-hal baru. Seperti belajar mengenai pemasaran dan manajemen. Mulailah dari hal-hal dasar yang bisa dikerjakan, setelah itu baru mengembangkan kerajinan tersebut. BACA JUGA: Menikmati Me-Time dengan Honjok, Seni Hidup Sendiri ala Korea 6. Melatih untuk mengikuti instruksi Dalam membuat sebuah kerajinan, tidak bisa semaunya sendiri.

Maksudnya, ada cara-cara yang harus dilewati. Cara-cara tersebut tentu memiliki aturan dan waktunya sendiri. Melalui kerajinan, kamu dapat melatih orang lain atau diri kamu sendiri untuk mengikuti instruksi.

Ini adalah salah satu manfaat dari kerajinan yang jarang disadari oleh seseorang. 7. Menumbuhkan rasa percaya diri Sebuah kerajinan yang dibuat tidak akan selalu berhasil dengan penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai. Terkadang, ada hambatan yang akan dilalui.

Akibatnya kerajinan tidak seperti yang diinginkan. Akan tetapi, sebenarnya membuat kerajinan memiliki manfaat dalam hal itu. Melalui kerajinan, seseorang dapat menumbuhkan rasa percaya penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai.

Hal itu karena sesuatu yang berhasil dikerjakan sampai tuntas tentu akan menimbulkan sikap kepuasan tersendiri di dalam diri orang tersebut. 8. Belajar untuk saling menghargai Manfaat ini berlaku untuk kamu yang mengerjakan kerajinan secara berkelompok. Ketika seseorang mengerjakan sebuah kerajinan, kemudian tidak berhasil maka itu bukan sebuah masalah.

Melalui hal-hal ini, kamu bisa belajar untuk saling menghargai setiap orang. Tidak hanya memiliki manfaat, sebuah kerajinan juga dibuat untuk tujuan tertentu. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari pembuatan kerajinan: • Menumbuhkan rasa semangat untuk kewirausahaan dalam menghasilkan karya. • Meningkatkan semangat daya cipta setiap orang dalam membuat sebuah karya.

• Memfasilitasi setiap orang agar dapat berekspresi dengan kreatif. Melalui pembuatan sebuah kerajinan dan teknik dalam pembuatan karya secara ekonomis, ergonomis dan teknologi. • Menciptakan sebuah pelatihan keterampilan dalam menciptakan benda atau karya, yang berbasis estetis, artistik, ekosistem dan teknologis. • Dapat memanfaatkan media atau bahan yang bahkan sudah tidak terpakai. Pemanfaatan tersebut dilakukan sebaik mungkin, sehingga dapat tercipta sebuah karya yang memiliki nilai.

• Menghasilkan sebuah karya yang dapat diapresiasi karena nilai ciptanya. • Menumbuh kembangkan jiwa dalam membuat karya. • Meningkatkan rasa semangat untuk berkreatifitas pada setiap orang • Menciptakan karya yang bisa dimanfaatkan dan digunakan oleh banyak orang.

• Menambahkan rasa kepuasan karena sesuatu yang diciptakan. Jenis-jenis Kerajinan Berikut ini adalah jenis-jenis kerajinan yang umumnya dibuat oleh seseorang: 1. Kerajinan dari bahan lunak Kerajinan berdasarkan bahan yang digunakan dapat dibagi menjadi dua jenis. yaitu bahan lunak alam dan bahan lunak buatan. a. Bahan Lunak Alam Bahan lunak alam merupakan bahan karya kerajinan yang didapat dari alam. Cara pengolahannya juga dilakukan secara alami.

Seseorang yang membuat kerajinan dari bahan lunak alam umumnya tidak dicampur atau dikombinasi lagi dengan bahan buatan. Contoh dari bahan lunak alam adalah kulit telur, tanah liat, getah nyatu, penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai clay, bubur tisu, daun-daun kering dan lain sebagainya.

b. Bahan Lunak Buatan Bahan lunak buatan merupakan bahan karya kerajinan yang sudah diolah oleh manusia. Bahan lunak buatan ini sudah melalui proses seperti menggunakan bahan kimia. Artinya, bahan-bahan lunak buatan ini sudah tercampur dengan hal lain untuk mendapat efek duplikasi dari bahan alam. Contoh dari bahan lunak buatan seperti lilin, sabun, plastic, gips, fiberglass dan lain sebagainya. 2. Kerajinan dari Bahan Keras Kerajinan berdasarkan bahan yang dipakai juga dapat dibagi menjadi dua.

Yaitu kerajinan bahan keras alami dan kerajinan bahan keras buatan. Berikut adalah penjelasannya: a. Bahan Keras Alami Kerajinan dari bahan keras alami adalah kerajinan yang memakai bahan baku dari alam. Bahan baku ini mengalami proses pengolahan, tetapi wujud bendanya tidak berubah.

Contoh bahan keras alami adalah rotan, kayu, bambu, tulang, biji-bijian, pasir, kerang, batu dan lain sebagainya. Buku ini akan mengantarkan Anda untuk mulai berkarya di bidang kerajinan kulit secara efektif. Penulis sama sekali tidak menjanjikan bahwa Anda akan mampu membuat karya kerajinan kulit yang rapi, istimewa, mahal, dan luar biasa “keren”.

semua itu tetap butuh latihan dan ketekunan b. Bahan Keras Buatan kerajinan dari bahan keras buatan berasal dari bahan yang sudah melalui proses pengolahan kembali. Bahan-bahan tersebut diolah sampai menjadi keras dan bentuknya berubah. Bahan seperti itulah yang dijadikan sebagai bahan baku kerajinan.

Contoh bahan keras buatan adalah logam, besi, kaca, kawat, semen, kaleng, timah dan lain sebagainya. 3. Kerajinan dari Limbah Lunak Limbah lunak mengacu kepada sifat lunak. Maksudnya adalah limbah yang memiliki sifat empuk, lembut serta mudah untuk dibentuk. Limbah lunak ini juga dibagi menjadi dua bentuk. yaitu limbah lunak organic dan limbah lunak anorganik. Berikut adalah penjelasannya: a. Limbah Lunak Organik Limbah lunak organic adalah bahan yang berasal dari tumbuhan.

Semua bagian pada tumbuhan yang dikategorikan sebagai limbah bisa diolah menjadi sebuah produk atau benda kerajinan. Akan tetapi, semua itu harus melalui proses pengolahan.

Tujuannya supaya bisa menjadi bahan baku yang baik. Contoh limbah lunak organic yang bisa dijadikan kerajinan seperti kulit bawang, kulit jagung, kulit kacang, biji-bijian, kulit buah, kertas, pelepah pisang dan lain sebagainya.

b. Limbah Lunak Anorganik Limbah lunak anorganik adalah limbah yang berasal dari bahan olahan. Bahan-bahan olahan tersebut seperti campuran antara zat kimiawi. Akibatnya mudah untuk dibentuk dan diolah bersama bahan sederhana, Sifat limbah lunak anorganik ini relative sulit ketika ingin diuraikan. Ada beberapa limbah yang dapat diurai dalam waktu yang lama. Ada juga limbah yang sangat sulit untuk diuraikan. Limbah lunak anorganik ini umumnya berasal dari sebuah kegiatan pertambahang, industry dan domestic dari sampah rumah tangga.

Contohnya seperti kotak kemasan, plastic kemasan, kain perca, Styrofoam, karet sintetis dan lain sebagainya. Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian kerajinan, tujuan kerajinan, manfaat kerajinan dan jenis-jenis kerajinan. Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds. Penulis: Wida Kurniasih Sumber: dari berbagai sumber BACA JUGA: Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B.

Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah. • Custom log • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda • Tersedia dalam platform Android dan IOS • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis • Laporan statistik lengkap • Aplikasi aman, praktis, dan efisien Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada mukmin yang lemah kuat dalam hal apakah yang perlu dimiliki oleh seorang mukmin?

Derajat keimanan dan ketakwaan seseorang ternyata tidak sama di hadapan Allah SWT Ahad04 Aug 2019, 23:23 WIB blog.science.gc.ca Takwa (ilustrasi). Red: Agung Sasongko REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA . Sebutkan hal apasajakah yang menurut kalian merupakan sebagai pengingkaran hak warga negara contoh kasus? Sebagai warga negara, kita memiliki hak dan kewajiban terhadap negara dan lingkungan sekitar kita.Hak adalah sesuatu yang mutlak milik kita.Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita lakukan dengan .
BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Mengetahui info dan berita mengenai berbagai hal merupakan kebutuhan setiap manusia.Kemudahan akses informasi sekarang ini memudahkan orang untuk mengetahui kabar terkini bahkan hingga ke tempat yang jauh sekalipun. Ada banyak media informasi misalnya televisi, radio, internet, majalah, buku, maupun koran. Koran merupakan salah satu media informasi yang tidak pernah hilang dalam kehidupan manusia.

Sampai saat ini koran merupakan salah satu media informasi yang cukup diminati masyarakat. Bahkan tidak sedikit orang yang berlangganan koran untuk mengetahui informasi terbaru. Namun, setelah dibaca, orang sering mengabaikan koran tersebut,bahkan membuangnya.

Jika koran itu diabaikan, maka lama-kelamaan akan menumpuk dan mengotori rumah. Biasanya, orang akan menjualnya ke tukang loak. Hal ini memang merupakan sebuah solusi praktis yang cukup baik.

Tetapi, koran-koran bekas yang awalnya hanya mengotori rumah itu dapat manusia olah menjadi barang-barang yang memiliki fungsi sehingga bisa dipakai serta mempunyai nilai seni dan nilai ekonomis yang tinggi.

Koran bekas tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan seperti kap lampu, vas bunga, tempat tisu, tempat majalah, keranjang buah, tempat pensil, baki, keranjang sampah, dompet, wadah perhiasan, wadah telepon genggam, tempat pakaian kotor, asbak, dan hiasan dinding. Bukan hanya Koran sebetulnya, tetapi juga kertas bekas.

Kertas bekas saat ini juga dapat didaur ulang. Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai ada rotan, akarpun jadi, begitulah bunyi salah satu peribahasa Indonesia yang mengandung makna dalam keadaan terpaksa, maksudnya adalah manusia harus kreatif untuk bisa memecahkan masalah yang sedang dihadapi dengan menggunakan alat atau cara-cara yang tidak biasa. Peribahasa ini tepat digunakan untuk kesenian dari kertas bekas, karena barang yang unik itu tidak hanya dibuat dengan menggunakan bahan dan teknologi yang tinggi.

tetapi manusia bisa memanfaatkan barang bekas dengan cara yang sangat sederhana. Beberapa contoh barang bekas yang ada di lingkungan sekitar, kardus bekas, kertas bekas atau koran bekas, dapat dimanfaatkan menjadi barang yang mempunyai nilai estetika. Daur ulang adalah proses tuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

Proses daur ulang harus menghasilkan barang yang mirip dengan barang aslinya dengan material yang sama, contohnya kertas bekas harus menjadi kertas dengan kualitas yang sama, atau busa polistirena bekas harus menjadi polistirena dengan kualitas yang sama. Seringkali, hal ini sulit dilakukan karena lebih mahal dibandingkan dengan proses pembuatan dengan bahan yang baru.

Jadi, daur ulang adalah proses penggunaan kembali material menjadi produk yang berbeda. Bentuk lain dari daur ulang adalah ekstraksi material berharga dari sampah, seperti emas dari prosessor komputer, timah hitam dari baterai, atau ekstraksi material yang berbahaya bagi lingkungan, seperti merkuri. Tapi bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi kertas justru merupakan tanaman yang dapat mengasilkan pendapatan, yaitu sebagai bahan dasar dalam pembuatan kertas, tentu saja setelah mengalami proses lebih lanjut.

Kertas dapat didaur ulang dengan mencampurkan kertas bekas yang telah dijadikan pulp dengan material kertas baru. Namun kertas akan selalu mengalami penurunan kualitas jika terus didaur ulang.

Hal ini menjadikan kertas harus didaur ulang dengan mencampurkannya dengan material baru, atau mendaur ulangnya menjadi bahan yang berkualitas lebih. Pemanfaatan kertas bekas diharapkan dapat mengurangi sampah yang kerap kali menimbulkan banjir, terutama di kota-kota besar.

Bukan hanya kertas bekas yang dapat dimanfaatkan tetapi kertas kardus-kardus bekas juga bias dimanfaatkan, kardus bekas mie, barang elektronik, dan lain-lain jika di belah terdiri dari tiga lapis kertas. Jika dibelah, pada bagian tengahnya bergelombang, kemudian satu lapis berikutnya dibuang.

Bagian yang bergelombang dapat dimanfaatkan sebagai pemanis kartu ucapan dan dapat dihias sesuai selera atau sesuai tema ucapan. Selain itu, kertas kardus bergelombang tersebut dapat dijadikan bingkai foto yang unik dan menarik. Yang menjadi permasalahannya saat ini adalah bagaimana membuat daur ulang kertas, sehingga manusia bisa praktek cara mendaur ulang kertas-kertas bekas itu menjadi barang-barang yang bermanfaat. Banyak pengusaha kesenian dari barang bekas ini memulai usahanya hanya karena hobi.

Misalnya, orang yang hobi menjahit, akhirnya menjual aneka tas dan dompet jahitan sendiri yang terbuat dari kain dilengkapi dengan pernak-pernik. Selain itu, produk dari kertas bekas juga tidak mengeluarkan modal besar, karena hanya memanfaatkan barang bekas.

Usaha kesenian dari barang bekas ini merupakan kategori dalam menjual keahlian, sehingga yang diperlukan kreativitas untuk merancang kesenian tersebut. Selain itu, tidak mudah menjadi pengusaha produk ini, karena harus dapat membaca situasi lingkungan eksternal. Hal ini adalah kunci pokok untuk berhasil. Kesenian dari barang bekas digolongkan dalam alternatif mencari penghasilan tambahan dengan membuka usaha sendiri.

Akan tetapi, diperlukan pengorbanan waktu, tenaga dan biaya apabila ternyata sistem yang dibangun gagal. Begitupula dengan pemanfaatan kertas bekas, berawal dari hobi dapat mengasilkan suatu kerajianan yang memiliki nilai jual. Selain kertas contoh lainnya seperti brosur-brosur dapat manusia lipat-lipat dengan menggunakan seni origami atau seni melipat kertas, dan bisa manusia jadikan hiasan dengan bentuk-bentuk yang unik-unik seperti bintang, burung angsa atau juga menjadi barang-barang bermanfaat seperti vas bunga, kotak menyimpan barang-barang kecil ataupun kotak pensil.

Koran juga dapat didaur ulang menjadi barang hiasan seperti patung-patung, pernak-pernik, miniatur becak, sepeda, gerobak, dll. Jadi sebisa mungkin buang jauh-jauh pikiran manusia untuk membuang kertas bekas begitu saja. Untuk yang satu ini manusia bisa menggunakan semua jenis kertas. Selanjutnya agar hasilnya lebih menarik, manusia dapat menggunakan cat kertas untuk mewarnai barang-barang yang sudah jadi sesuai penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai selera dan kebutuhan.

Sekarang manusia tahu apabila kertas bekas itu memiliki banyak manfaatnya. Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah menelantarkan kertas-kertas bekas, daripada dibuang sayang mendingan manusia buat menjadi barang-barang yang lebih berguna.

Lagipula tidak ada salahnya manusia membuat kerajinan tangan untuk mengisi waktu luang. Manusia bisa membuat kerajinan yang unik-unik, dan apalagi kalau hasilnya bagus manusia bisa jual barang-barang unik tadi. B. Identifikasi Masalah 1) Mengapa kertas bekas dimanfaatkan untuk dijadikan barang kerajinan? 2) Bagaimana cara mengolah kertas bekas menjadi barang kerajianan? 3) Apa keuntungan dan kerugian adanya pengolahan kertas bekas? C. Tujuan a. Menjelaskan indikator kertas bekas menjadi barang kerajinan.

b. Menjabarkan cara mengolah kertas bekas. c. Mengetahui keuntungan dan kelebihan adanya pengolahan kertas bekas BAB II PEMBAHASAN PEMANFAATAN KERTAS BEKAS MENJADI BARANG KERAJINAN Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan tablet dari tanah lempung yang dibakar.

Seiring perkembangan jalan ditemukanlah kertas sebagai bahan dasar untuk tulis menulis. Pada mulanya kertas digunakan orang utuk menulis dan mencetak. Sumber sejarah menyebutkan bahwa kertas pertama kali ditemukan di China pada sekitar 100 AD. Beberapa abad kemudian formula untuk manufaktur kertas tersebar ke Eropa melalui jalur perdagangan dan pelayaran. Dalam bahasa Inggris kertas disebut “paper” diperkirakan berasal dari kata “papyrus” yakni bahan alami (sejenis tumbuhan) yang berasal dari Mesir yang digunakan secara luas pada masa peradaban Greco Roman.

Kertas adalah bahan tipis dan rata, yang dihasilkan dengan kompresi serta yang berasal dari pulp, pulp adalah hasil pemisahan serat dari bahan berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semikimia, kimia).

Serat yang digunakan adalah serat alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kertas adalah barang, lembaran dibuat dari rumput, jerami, kayu yang bisa ditulis/untuk pembungkus. Sejalan dengan disempurnakannya proses industry kertas yang berkembang berabad-abad, penggunaan kertas terus berkembang pesat dikarenakan potensinya yang istimewa.

Kertas dapat dibuat dari beragam serat, seperti serbuk gergaji, serutan kayu, daun kering, bubuk kayu, kulit jagung, dan sebagainya. Saat ini kertas digunakan untuk tujuan dan fungsi yang tak terbatas. Namun kertas yang sudah pernah terpakai atau dengan kata lain adalah kertas bekas, sering tidak difungsikan kembali hanya dibuang dan menjadi sampah, sehingga terkadang menimbulkan keresahan tersendiri bagi para konsumen.

Kertas bekas adalah kertas yang sudah pernah terpakai. Kertas bekas merupakan hal kecil yang sering dilupakan, namun dapat menjadi masalah yang sangat besar apabila tidak ditangani secara serius.

Dalam hal ini sampah plastik dan kertas merupakan masalah utama yang sering ditemui masyarakat, hal tersebut dikarenakan plastik dan kertas merupakan benda yang paling banyak digunakan manusia dan tentunya paling banyak dibuang dan menghasilkan sampah.

Saat mendengar kata kertas bekas mungkin hal yang ada di benak manusia hanyalah benda yang tidak berguna. Namun anggapan seperti itu tidak selalu benar, kertas bekas juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi barang yang bernilai jual dan menguntungkan.

Salah satunya kertas daur ulang, kartas daur ulang merupakan produk dari bahan kertas bekas. Kertas daur ulang, seringkali dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu, namun ternyata kertas daur ulang dapat dijadikan beranekaragam kerajinan tangan.

Sebenarnya kertas daur ulang memiliki tekstur yang indah. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai. Bahan untuk membuat kertas daur ulang dapat berupa sampah koran, kardus ,dan lain-lain. Untuk membuat kertas daur ulang tidak membutuhkan proses yang rumit dan bahan yang mahal.

Biasanya kertas daur ulang seperti ini dijual ke para pengrajin untuk selanjutnya di buat menjadi barang bernilai seni. Dengan demikian maka manusia dapat menaggulangi masalah sampah yang ada di lingkungan sekitar manusia, dan dapat pengrajin memperoleh keuntungan dari hasil pemanfaatan sampah. PENGOLAHAN KERTAS BEKAS Koran atau kertas bekas bisa menjadi sumber penghasilan jika para konsumen jeli melihatnya.

Mungkin selama ini benda tersebut dibuang atau dijual ke tukang barang bekas dengan imbalan yang tidak seberapa. Nah ternyata dari kertas bekas tersebut tersimpan potensi peluang usaha membuat kertas daur ulang.

Intinya menambahkan nilai tambah pada benda tersebut agar bernilai ekonomi tinggidan dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

dengan memakai kertas daur ulang kita juga turut mendukung kampanye “go green” yang saat ini sedang gencar digalakan oleh berbagai kalangan. Apa itu “go green”? Secara harfiah artinya membuat bumi kita lebih “hijau” atau dengan kata lain menjadikan kita lebih perduli terhadap lingkungan di sekitar kita, salah satunya adalah dengan memakai produk daur ulang sehingga dapat mengurangi sampah yang dibuang ke lingkungan. Pengolahan kertas bekas dapat dijadikan bermacam-macam hasil karya, dan caranyapun bermacam-macam.

Membuat kertas daur ulang ini tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Alat dan bahannya bisa diperoleh dengan mudah dari lingkungan di sekitar kita.

Cara membuat kertas daur ulang: Penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan kertas daur ulang adalah : • Blender, fungsinya untuk menghancurkan kertas menjadi bubur kertas, atau dapat juga dimodifikasi dengan alat penghancur yang lebih besar. • Bingkai cetakan, terdiri dari 2 bingkai dengan ukuran yang sama. Salah satu bingkai dilapisi dengan kain kasa.

• Ember kotak, fungsinya sebagai tempat pencampuran bubur kertas dengan air, sekaligus sebagai wadah pencetakan. • Alas cetak, fungsinya untuk tempat pengeringan kertas daur penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai dari bingkai cetakan, sehingga bingkai cetakan dapat digunakan kembali.

Alas cetak ini bisa berupa tripleks yang dilapisi kain katun atau juga dapat berupa matras yang biasa digunakan untuk alas tidur kemping. • Sponds penghisap, fungsinya untuk menghisap air pada waktu transfer dari bingkai cetakan ke alas cetak. • Gelas penakar, fungsinya untuk menakar perbandingan antara bubur kertas dengan air. Alat ini tidak mutlak ada. • Alat press, fungsinya untuk mengepress kertas daur ulang agar serat-seratnya dapat lebih rapat. Alat ini dapat berupa dua papan kayu yang berukuran sama dengan bingkai cetak, yang keempat sudutnya diberi lubang.

Selanjutnya masing-masing lubang diberi mur dan baut penjepit untuk mempertemukan kedua sisi papan kayu tersebut. • Ember, wadah bubur kertas • Kompor dan panci, fungsinya untuk merebus berbagai macam serat dan pewarna alam • Alu dan limpang, fungsinya untuk menumbuk berbagai serat agar lebih halus.

• Sendok kayu, fungsinya untuk mengaduk berbagai campuran. • Pisau dan gunting, fungsinya untuk memotong-motong serat tumbuhan. • Saringan teh besar • Kain Lap. BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN:  Kertas bekas. Setiap jenis kertas dipilah-pilah berdasarkan jenisnya masing-masing, kertas Koran, kertas HVS, karton hingga kertas warna warni.  Pewarna alam  Kunyit, jika diparut dan diperas sarinya akan menghasilkan warna kuning.

 Kulit bawang, jika direbus akan menghasilkan warna coklat.  Pandan suji, jika ditumbuk dan diperas airnya dapat menghasilkan warna hijau pekat.  Pandan wangi, jika direbus dan ditumbuk lalu diperas airnya dapat menghasilkan warna hijau muda, sekaligus aroma wangi.

 Kesumba (bixa), jika bijinya direndam dan diremas atau direbus dapatmenghasilkan warna orange.  Serutan kayu nangka. Jika direbus akan menghasilkan warna kuning.  Sirih, jika ditumbuk dan dicampur dengan kapur akan menghasilkan warna merah kecoklatan.

 Daun pisang kering, jika dibakar, abunya dapat menghasilkan warna coklat keabu-abuan.  Rumput putrid malu (Mimosa sp) jika direbus akan menghasilkan warna lembayung.  Serat pengisi. Merupakan bahan-bahan yang dapat ditambahkan ke dalam campuran bubur kertas sehingga dihasilkan kertas yang lebih indah dan bertekstur.

Dapat berupa bunga-bungaan ataupun serat tumbuhan lainnya seperti serat daun pandan wangi, serat batang pisang.  Cara Pembuatan Kertas Daur Ulang. 1) Kertas bekas yang telah disobek-sobek sebesar perangko, direndam minimal 12 jam agar serat-seratnya menjadi lunak diresapi air. Perendaman dapat pula dibantu dengan perebusan untuk mempercepat proses peresapan air.

2) Kertas yang telah lemas direndam air / direbus, dihancurkan dengan blender. Dengan perbandingan 1 ; 4 (4 penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai air untuk 1 bagian kertas). Lama pemblenderan tidak lebih dari 1 menit, sebaiknya dilakukan 2 kali pemblenderan dengan interval 30 detik saja. 3) Bubur kertas yang diperoleh dari pemblenderan dikumpulkan dalam satu wadah. Selanjutnya dapat dilakukan pencucian untuk mengurangi kadar asamnya dengan cara menyaring bubur kertas pada kain yang agak lebar dan meletakkannya di atas ember berisi air.

Dengan demikian bubur kertas dapat dicuci sekaligus memisahkan potongan-potongan kertas yang mungkin belum hancur akibat pemblenderan. 4) Selanjutnya bubur kertas siap untuk diolah, dapat dicetak langsung maupun dilakukan pencampuran warna dan serat. 5) Masukan bubur kertas yang hanya bercampur dengan warna saja, atau bercampur dengan serat saja, atau bercampur dengan pewarna dan serat maupun bubur kertas tanpa campuran, kedalam ember kotak tempat cetakan. Perbandingan antara jumlah air dan bubur kertas tetap 4 : 1 (4 bagian air untuk 1 bagian bubur kertas).

Aduk-aduk hingga campuran air dan bubur kertas merata. 6) Masukkan bingkai cetakan, dengan posisi bingkai cetak yang memakai kain kassa berada dibawah dan bingkai kosong dibagian atas sisi kain kassa.

Masukkan hingga kedasar ember cetak, dengan hati-hati. Atur posisi bingkai cetak agar datar dan sejajar permukaan air. Kemudian angkat bingkai tersebut dengan hati-hati dalam posisi datar. Bubur kertas akan tercetak dipermukaan bingkai dengan bentuk seperti selembar kertas yang basah. Angkat bingkai penutup dengan cepat, jangan sampai airnya memerciki lembaran kertas yang masih basah tadi.

Kemudian ditiriskan dalam posisi miring sekitar 30 derajat hingga airnya tinggal sedikit. Selanjutnya kertas basah tersebut siap untuk ditransfer ke atas permukaan alas cetak untuk dikeringkan. 7) Bingkai cetak dibalik, sehingga kertas basah menghadap ke alas cetak. Letakkan bingkai cetak dengan kertas basah tersebut pada alas cetak dengan hati-hati.

Pada bagian atas bingkai cetak atau sisi sebaliknya dari kertas basah dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan spon. Selain untuk mempercepat pengeringan juga untuk mempermudah proses pemindahan kertas. Jika sudah cukup keringda bingkai cetak sudah dapat diangkat dari alas cetak, lakukan penggunaan bahan bekas sebagai bahan kerajinan dapat menambah nilai hati-hati agar kertas tersebut tidak cacat.

8) Kertas yang telah dipindahkan ke alas cetak tinggal menunggu kering saja, tetapi sebaiknya tidak dijemur dibawah matahari langsung. Dapat juga diselingi dengan pengepresan sewaktu kertas belum kering, dengan cara lapisi setiap lembar kertas dengan kain dan tumpuk sampai beberapa lapis kemudian diletakkan diantara papan pengepresan, lakukan selama kira-kira 10 menit.

Jika kertas sudah kering, pengepresan dilakukan selama 1 jam. Pencampuran Warna. 9) Bubur kertas yang telah siap diolah, dapat dicampurkan dengan bahan pewarna alam yang telah kita persiapkan sebelumnya. Caranya adalah dengan mencampurkan langsung dan diaduk hingga merata. Selanjutnya dapat dilakukan perebusan jika ingin pencampuran warna yang lebih kuat.

10) Sisa pewarna alam dapat pula dicampurkan ke dalam air diember pencetakan agar tetap membantu menimbulkan warna yang diinginkan. 11) Bubur kertas berwarna pun telah siap untuk diolah lebih lanjut, baik untuk dicetak, maupun dicampur dengan serat pengisi lainnya.Pencampuran Serat. 12) Gedebok Pisang, gedebok/batang pisang yang sudah selesai berbuah cincang seperti dadu dengan panjang sekitar 2 cm, jemur sekitar 2 jam untuk menghilangkan getah.

13) Kemudian ditumbuk dengan alu & lumping sehingga agak lunak. 14) Selanjutnya direbus selama 1 jam untuk melunakan seratnya. Kemudian tiriskan. 15) Setelah itu ditumbuk kembali hingga lebih halus. Saring dengan kain untuk dicuci dengan air, agar tinggal serat yang tersisa.

16) Serat yang tersisa dapat langsung dicampur dengan bubur kertas, atau jika dirasa kurang halus, dapat pula dibantu dengan pemblenderan.

17) Selanjutnya dicampurkan sedikit demi sedikit ke dalam bubur kertas, sambil diaduk terus menerus hingga rata. 18) Kulit Bawang direbus kulit bawang yang sudah digunting-gunting kecildengan air hingga mendidih, sisihkan dan air rebusan jangan dibuang. 19) Hancurkan kuit bawang yang telah direbus dengan menggunakan blender selama 5 – 10 detik. 20) Campurkan secara perlahan kulit bawang yang telah dihancurkan kedalam wadah bubur kertas sambil terus diaduk-aduk hingga merata, jika air rebusan agak kotor dapat dilakukan penyaringan terlebih dahulu.

21) Pandan Wangi,Rebus potongan pandan wangi (2 cm) selama kira-kira 1 jam, tiriskan. • o) Campurkan air rebusan dengan bubur kertas secepatnya, aduk-aduk hingga rata. 22) Terakhir bubur kertas diangkat dan dikeringkan Keuntungan dan Kerugian Pengolahan Kertas Bekas Keuntungan Dengan adanya pengolahan kertas-kertas bekas memiliki keuntungan-keuntungan.

Adapun keuntungan yang diperoleh adalah: 1. Suatu upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbulan dan penumpukan sampah. 2. Mencegah terjadinya penimbunan sampah kertas yang ada dilingkungan sekitar. 3. Mencegah terjadinya bencana alam. 4. Menimbulkan kreatifitas dalam memanfaatkan kertas bekas. 5. Mengurangi pengangguran. 6. Melatih kreatifitas masyarakat untuk berkarya. 7. Sumber tamabahan penghasilan masyarakat Kerugian Dalam melakukan suatu usaha, kita perlu memperhitungkan resiko kerugian agar kita mampu meminimisasi kerugian untuk kemajuan usaha yang akan kita kelola.

Seperti halnya dengan pembuatan jam dari bahan kertas daur ulang. Adapun resiko kerugian yang dapat terjadi adalah : 1. Peralatan yang ada dirumah rusak sehingga memerlukan modal untuk pembelian peralatan baru agar usaha ini tetap berjalan. 2. Barang yang dijual kurang diminati pasaran karena banyak jam yang dijual dengan bahan yang bukan terbuat dari kertas daur ulang.

3. Kurangnya antusias masyarakat untuk berkreasi menggunakan bahan baku kertas bekas. 4. Masyarakat kurang minat terhadap produk hasil kertas daur ulang. Â BAB III PENUTUP KESIMPULAN Kertas bekas adalah kertas yang sudah pernah terpakai. Kertas bekas merupakan hal kecil yang sering dilupakan, namun dapat menjadi masalah yang sangat besar apabila tidak ditangani secara serius.

Sampah kertas bekas yang awalnya hanya mengotori rumah, dapat diolah menjadi barang-barang yang memiliki fungsi sehingga bisa dipakai serta mempunyai nilai seni dan nilai ekonomis yang tinggi. Kertas-kertas bekas tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan kreatif seperti kap lampu, vas bunga, tempat tisu, tempat majalah, keranjang buah, tempat pensil, baki, keranjang sampah, dompet, wadah perhiasan, wadah telepon genggam, tempat pakaian kotor, asbak, hiasan dinding, dan lain-lain.

Kini manusia dapat menemukan solusi yang menjajikan tentang sampah kertas bekas. Jika Masyarakat dapat memanfaatkan, mengembangkan, mengaplikasikan, mengolah, dan mengelola dengan baik maka masalah sampah kertas-kertas bekas dapat teratasi. SARAN Dengan adanya makalah ini diharapkan agar manusia dapat lebih mengetahui manfaat dari sampah kertas yang berguna bagi masyarakat. Sehingga kita dapat mengembangkan karya atau seni yang ada dalam diri tiap individu. Â DAFTAR PUSTAKA Â http://nurchanifmuflichah.wordpress.com/tugas-kuliah/pemanfaatan-kertas-bekas-menjadi-barang-kerajinan/ Andri Desy.

2009. Pembuatan Gambar dari Kertas Bekas Dengan Teknik Kolase di Kelas III SD ( http://desyandri.wordpress.com/2009/02/11/pembuatan-gambar-dari-kertas-bekas-dengan-teknik kolase-di-kelas-iii-sd/) Indriani Sulistya. 2009.

Daur Ulang Kertas. (online) ( http://sulistyaindriani.wordpress.com/2009/06/02/daur-ulang-kertas/) Justitia. 2008.

Cara Mudah daur Ulang Kertas Bekas. (online) ( http://justitia.wordpress.com/2008/02/15/cara-mudah-daur-ulang-kertas-bekas/) Musa Wliwangi.2011. caramembuatkertasbekas. (online) ( http://musa-bbd-wliwangi-artikel.blogspot.com/2010/01/cara-mudah-daur-ulang-kertas-bekas.html) Tim Penyusun KBBI. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Â DOKUMENTASI PEMANFAATAN KERTAS BEKAS Â Â Cari untuk: Tulisan Terakhir • Rancangan Interface & Flowchart Untuk Aplikasi Bernuansa Psikologi • Artificial Inteligence {Expert System} • Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) #SIP • Lingkup Data CBIS #SIP • EVOLUSI CBIS #SIP Komentar Terbaru Yusuf Muhammad pada SOFTKILL Rofifah Malihah pada Light Circle Yusuf Muhammad pada Light Circle Arsip • Januari 2017 • Oktober 2016 • Januari 2016 • Desember 2015 • November 2015 • Oktober 2015 • April 2015 • Januari 2015 • November 2014 • Juli 2014 • Mei 2014 • April 2014 • Januari 2014 • Desember 2013 • Oktober 2013 Kategori • Uncategorized Meta • Daftar • Masuk • Feed entri • Feed Komentar • WordPress.com

Kemasan produk kerajinan bahan limbah lunak




2022 charcuterie-iller.com