Apa itu tanaman porang dan manfaatnya

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

• #RAMADAN • #COVID-19 • Community • Pregnancy • Getting Pregnant • First Trimester ( 1 - 13 weeks ) • Second Trimester ( 14 - 27 weeks ) • Third Apa itu tanaman porang dan manfaatnya ( 28 - 41 weeks ) • Birth • Baby • 0-6 months • 7-12 months • Kid • 1-3 years old • 4-5 years old • Big Kid • 6-9 years old • 10-12 years old • Life • Relationship • Health and Lifestyle • Home and Living • Fashion and Beauty •  Dulu hanya dilihat sebagai tumbuhan liar, kini banyak para petani di sejumlah daerah mulai kembali membudidayakan tanaman porang.

Hal ini lantaran porang punya nilai jual yang terus meningkat di pasar ekspor. Apalagi budidaya porang juga terbilang mudah dan murah, apalagi tanaman ini bisa tumbuh di berbagai kondisi tanah. Porang adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang pun dapat diolah menjadi tepung konjak atau tepung glucomannan yang merupakan bahan baku mi shirataki.

Mi bening ini memang terkenal di beberapa negara Asia untuk dikonsumsi sebagai salah satu menu diet. Nah bagi Mama yang hobi berkebun, ketahui dulu fakta-fakta tanaman porang yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. Disimak ya Ma! litbang.pertanian.go.id Tanaman porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0-700 mdpl. Namun untuk mendapatkan hasil panen terbaik, siapkan tanah yang gembur dan subur serta tidak tergenang air. Pastikan juga keasaman tanah berada pada pH 6-7.

Lokasi terbaik untuk budidaya porang, yakni di bawah naungan pepohonan jati, mahono dan sono. Porang termasuk tanaman yang paling baik ditanam ketika musim hujan, yaitu sekitar bulan November sampai Desember. Perlu Mama ketahui juga bahwa bibit porang berasal dari potongan umbi batang, maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang bisa ditanam secara langsung.

Instagram.com/petaniporangindonesia Dibandingkan produk pertanian ekspor lainnya, cara menanam porang terbilang tidak sulit. Pertama masukkan bibit porang ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Setelah itu, berikan pupuk dasar seperti kompos dan sejenisnya sebelum umbi porang ditanam. Pastikan letak bakal tunas porang harus menghadap ke bagian atas. Jarak tanam antara satu bibit dan bibit lain, yakni 1x1 meter.

Ini dilakukan untuk memberi ruang tumbuh yang optimal. Setelah selesai, tutup kembali lubang tanam yang sudah berisi bibit porang dengan tanah setebal kurang lebih 3 cm. Agar hasil panen memuaskan, tanaman porang bisa distimulasi dengan melakukan penyiangan dan pemupukan. Dalam jangka waktu 2 tahun setelah di tanam, porang sudah bisa dipanen. IDN Times/Nofika Dian Nugroho Bagian dari tanaman porang yang memiliki nilai khasiat tinggi adalah umbinya.

Umbi porang memiliki kandungan glucomannan dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk apa itu tanaman porang dan manfaatnya tubuh. Mengutip dari Badan Litbang Kementrian Pertanian, tanaman porang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin dan serat pangan. Karbohidrat merupakan komponen penting pada umbi porang yang terdiri dari unsur pati, glukomannan, serat kasar serta gula reduksi. litbang.pertanian.go.id Kandungan glukomannan dalam umbi porang dimanfaatkan dalam industri pangan antara lain sebagai bahan baku pembuatan beras konnyaku dan mi shirataki.

Selain itu, porang juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran berbagai produk kue, roti, es krim, permen, jeli, selai serta bahan pengental pada produk sirup dan sari buah. Selain dalam industri kimia dan farmasi, glukomannan dimanfaatkan sebagai bahan pengisi dan pengikat tablet, bahan pelapis (coating dan edible film), bahan perekat (lem, cat tembok), pelapis kedap air, penguat tenunan dalam industri tekstil, media pertumbuhan mikrobia serta bahan pembuatan kertas yang tipis, lemas dan tahan air.

Di bidang kecantikan, glukomannan bisa berguna sebagai bahan baku pembuatan masker wajah, butiran pembersih wajah, spons pembersih wajah dan minuman jelly kecantikan. IDN Times/Nofika Dian Nugroho Porang kaya akan segudang manfaat, tanaman ini memiliki harga jual tinggi di pasar ekspor. Hal ini bermula dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengekspor porang sebanyak 60 ton atau setara Rp 1,2 milyar ke negeri Tiongkok.

Selain Tiongkok, ada beberapa negara peminat porang di antaranya mulai dari Jepang, Vietnam, Thailand, Hongkong, Malaysia, Korea Selatan, New Zealand, Italia dan Pakistan.

Tercatat ekspor porang pada tahun 2020 sebanyak 32.000 ton dengan nilai mencapai Rp 1,42 Triliun.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Jika dibandingkan tahun 2019 angka tersebut telah meningkat sebesar 160 persen. Melihat peluang ini, banyak petani yang mulai membudidayakan tanaman porang.

Nah Ma, itulah beberapa fakta dari tanaman porang. Bagaimana, apakah Mama tertarik jadi petani porang? Baca juga: • 7 Tanaman Obat Ini Bisa Dibudidayakan di Rumah • 5 Cara Budidaya Stroberi di Pekarangan Rumah • 5 Cara Menanam Tanaman yang Bisa Dimakan di Dalam Rumah tirto.id - Porang adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang dikenal juga dengan nama iles-iles.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Manfaat tanaman porang salah satunya untuk bahan baku tepung. Tanaman porang tengah populer dibicarakan masyarakat, lantaran kisah sukses petaninya. Petani porang di desa Kepel, Jawa Timur, berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor porang.

Manfaat Tanaman Porang Manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan "jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang. Umbi porang banyak mengandung glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air biasa digunakan sebagai aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental, bahkan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang, demikian dilansir laman resmi Kementerian Pertanian.

Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl.

Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain.

Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. Pertanian.go.id menulis, t anaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan, karena punya peluang yang cukup besar untuk diekspor. Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya.

Umbi porang saat ini masih banyak yang berasal dari hutan dan belum banyak dibudidayakan. Ada beberapa sentra pengolahan tepung porang saat ini, seperti di daerah Pasuruan, Madiun, Wonogiri, Bandung serta Maros. Infografik Umbi Porang. twitter/Kementerian Pertanian RI Budidaya Tanaman Porang Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berkomitmen untuk mengembangkan budi daya tanaman porang yang selama ini dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah Kabupaten Nganjuk dan sekitarnya.

"Tanaman Porang ini tidak banyak diketahui orang manfaatnya tapi sebenarnya merupakan komoditas unggulan Jawa Timur karena hampir seratus persen diekspor," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat apa itu tanaman porang dan manfaatnya dan bertemu dengan pembudidaya porang di wilayah hutan Desa Bendoasri, Kecamatan Rejoso, Nganjuk, sebagaimana dikutip Antara.

Di wilayah hutan tersebut budidaya porang dikelola oleh LMDH Artomoro dan Trimulyo di lahan seluas lebih dari 500 hektar.

Ketua LMDH Artomoro Rianto saat dikonfirmasi bahkan mengaku tidak tahu kalau hasil budi dayanya yang perhektar bisa menghasilkan apa itu tanaman porang dan manfaatnya 15 ton porang selama ini menjadi komoditas ekspor. Gubernur Khofifah berjanji akan menggandeng tim ahli dari Universitas Brawijaya, Malang, untuk melakukan penelitian demi meningkatkan produktifitas budidaya porang.

"Saya ingin Universitas Brawijaya menurunkan tim untuk melakukan kajian khusus untuk meningkatkan budidaya porang sehingga berbagai permasalahan yang selama ini dilami petani bisa diatasi dengan baik," ujarnya.

Mantan Menteri Sosial ini juga mengingatkan agar jangan sampai bibit tanaman porang bisa sampai lepas ke luar negeri. "Jangan sampai bibitnya ditanam di luar negeri dan malah negara lain yang berhasil mengembangkan budidaya porang," tuturnya.

Baca juga: Deretan Tanaman yang Dapat Bersihkan Udara Dalam Rumah Budidaya tanaman Porang juga dilakukan oleh masyarakat di sela-sela hutan jati yang diwenangi Perum Perhutani Unit II Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Madiun, Jawa Timur (Jatim). Pengakuan itu disampaikan Suyatno, Ketua Masyarakat Pengelola Sumberdaya Hutan (MPSDH) Wono Lestari yang masuk dalam Resor Pemangku Hutan (RPH) Panggung, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dagangan, Kabupaten Madiun, Kamis, saat kunjungan lapangan sejumlah wartawan yang difasilitasi "The Global Forest and Trade Work" (GFTN) WWF Indonesia.

Dalam pertemuan di tengah hutan yang masuk dalam KPH Madiun itu, mewakili 80 lebih petani di sekitar hutan jati yang membudidayakan tanaman Porang, ia menjelaskan bahwa dengan kerja sama dalam bentuk program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat), kini warga di sekitar hutan mulai merasakan peningkatan kesejahteraan.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

MPSDH Wono Lestari, katanya, mendapat hak pengelolaan seluas 112 hektare (ha) lahan disela-sela hutan jati di KPH Madiun, yang dimanfaatkan untuk menanam Porang, yang mempunyai nilai ekonomi cukup tinggi. Harga Tanaman Porang "Harga Porang bisa mencapai Rp2.500 untuk satu umbi dengan apa itu tanaman porang dan manfaatnya 4 kilogram," katanya dan menambahkan bahwa dalam hitungan normal 100 pohon Porang bisa menghasilkan Rp1 juta.

Untuk luasan 1 hektare, kata dia, bisa ditanam sebanyak 6.000 bibit, sehingga bisa menghasilkan 24 ton/hektare, yakni dengan penghitungan 6.000 dikalikan 4 kilogram. "Dengan demikian, maka dalam hitungan kasar, jika satu hektare bisa menghasilkan 24 ton, dan dikalikan dengan harga Rp2.500/kilogram, kurang lebih bisa menghasilkan Rp60 juta," katanya.
JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman porang kembali menarik perhatian setelah beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo melarang ekspor porang dalam bentuk umbi.

Tanaman porang pernah jadi perbincangan pada 2019 setelah sejumlah petani meraup pendapatan yang cukup besar dari bertanam porang. Terbaru, melalui akun Instagramnya, @jokowi, Presiden Jokowi kembali menekankan bahwa tanaman porang akan menjadi komoditas ekspor andalan Indonesia. Baca juga: 5 Fakta soal Tanaman Porang A post shared by Joko Widodo (@jokowi) Apa itu tanaman porang dan apa manfaatnya hingga berdaya jual tinggi?

Tahukah Anda, porang sudah dikenal sejak lama. Bahkan, pada masa penjajahan Jepang, masyarakat di sekitar hutan dipaksa untuk mendapatkan porang sebagai bahan pangan dan industri mereka.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Seperti dilansir dari website Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi, tanaman porang merupakan tanaman anggota family Aracacea yang secara umum dikenal dengan nama bunga bangkai karena baunya yang tidak sedap. Di beberapa daerah, porang dikenal dengan nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya iles-iles, iles kuning acung atau acoan. Sepintas, tanaman porang mirip dengan suweg (Amorphophallus Campanulatus), iles-iles putih (Amorphophallus Spp), dan walur (Amorphophallus variabilis).

Apa ciri-ciri porang? Berikut morfologinya: • Daun lebar, ujung daun runcing dan berwarna hijau muda • Kulit batangnya halus, berwarna belang-belang hijau dan putih • Pada permukaan umbi tidak ada bintil Umbi berserat halus dan berwarna kekuningan • Pada setiap pertemuan cabang dan ketiak daun terdapat bubil/katak • Umbi tak dapat dikonsumsi dan harus melalui proses.

Saat dihubungi Kompas.com, 14 April 2021, peneliti Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ina Erlinawati mengatakan, porang masih satu keluarga dengan bunga bangkai. Berita Terkait Cara Menanam Porang Tanpa Modal, Potensi Untung Puluhan Juta Rupiah Apa Itu Porang yang Harganya Mahal dan Dilarang Diekspor dalam Bentuk Umbi? Jokowi Larang Ekspor Bentuk Umbi, Ini Alasan Porang Diburu Orang 6 Apa itu tanaman porang dan manfaatnya Harga Tanaman Porang Mahal Menurut Pakar IPB 7 Tips Kunci Menanam Porang Berita Terkait Cara Menanam Porang Tanpa Modal, Potensi Untung Puluhan Juta Rupiah Apa Itu Porang yang Harganya Mahal dan Dilarang Diekspor dalam Bentuk Umbi?

Jokowi Larang Ekspor Bentuk Umbi, Ini Alasan Porang Diburu Orang 6 Alasan Harga Tanaman Porang Mahal Menurut Pakar IPB 7 Tips Kunci Menanam Porang Jalur Ganjil Genap Bandung dan Jakarta yang Berlaku hingga 23 Agustus https://www.kompas.com/tren/read/2021/08/20/105519865/jalur-ganjil-genap-bandung-dan-jakarta-yang-berlaku-hingga-23-agustus https://asset.kompas.com/crops/kFISGnHNFyxiiTyAlhzrHpgFAZQ=/0x0:999x666/195x98/data/photo/2021/08/15/611932c0acaa4.jpg tirto.id - Apa itu porang?

Porang adalah tanaman yang masuk dalam jenis umbi-umbian. Tanaman porang sempat viral karena kisah sukses salah satu petani porang di desa Kepel, Jawa Timur. Petani porang tersebut berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor porang. Melansir laman resmi Kementerian Pertanian, tanaman porang yang juga dikenal dengan nama iles-iles adalah tanaman umbi-umbian dan masuk spesies Amorphophallus Muelleri Blume.

Porang mengandung banyak glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami yang larut dalam air dan biasa digunakan menjadi aditif makanan sebagai emulsifier dan pengental.

Porang bahkan dapat digunakan jadi bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan pembuatan komponen pesawat terbang. Porang Tanaman untuk Apa itu tanaman porang dan manfaatnya Selain beragam manfaat tersebut, porang juga memiliki manfaat lain seperti, • Banyak digunakan untuk bahan baku tepung.

• Digunakan untuk pembuatan kosmetik. • Bisa digunakan sebagai penjernih air. • Digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

• Digunakan sebagai bahan pembuatan komponen pesawat terbang. • Selain itu juga untuk pembuatan lem dan " jelly" yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang. Porang adalah tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60%. Porang dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain.

Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. Karena memiliki beragam manfaat Pertanian.go.id menulis, tanaman porang memiliki nilai strategis untuk dikembangkan serta memiliki daya jual untuk diekspor. Catatan Badan Karantina Pertanian menyebutkan, ekspor porang pada 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai apa itu tanaman porang dan manfaatnya yang mencapai Rp11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia dan lain sebagainya.
Advertisements Tanaman Porang dan Manfaatnya – Kita mungkin banyak yang sudah dan banyak yang belum tahu juga mengenai tanaman porang yang satu ini.

Porang sering juga disebut dengan iles-iles yang merupakan tanaman penghasil umbi dari keluarga Araceae dan genus Amorphophallus. Tanaman jenis biasanya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Inilah yang menjadikan tanaman porang ini dicari oleh masyarakat.

Pengobatan dengan herbal memang dikenal lebih efisien dan praktis serta manfaat yang tinggi. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, tentu menjadikan harga tanaman ini dibanderol cukup mahal. Maka dari itu sering dijadikan ladang bisnis para investor dari Jepang dan China. Para petani juga dapat menanam tanaman ini di lahan yang luas.

Akan tetapi budidaya tanaman Porang ini harus memperhatikan kondisi iklim. Tanaman Porang dapat tumbuh di areal tropis baik di dataran rendah serta mudah hidup di antara tegakan pohon hutan seperti mahoni, jati, sono. Jenis tanaman ini terumasuk tanaman semak karena memiliki tinggi 100-150 cm dengan umbi yang ada didalam tanah.

Advertisements Berbicara mengenai tanaman Porang dan manfaatnya, disini kami akan membahasnya lebih lengkap.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Selain itu cara menaman, harga dan perbedaan dengan suweg juga akan kami kupas. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam yang telah kami siapkan berikut ini. Daftar Isi Artikel • Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Manusia • • Apa Itu Tanaman Porang • Manfaat Tanaman Porang • Cara Menanam Porang • Harga Porang Saat Ini • Perbedaan Tanaman Porang dan Suweg Apa Itu Tanaman Porang dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Manusia Apa Itu Tanaman Porang Apa itu tanaman Porang.

Tanaman Porang adalah sebuah tanaman yang masuk dalam ketegori tanaman umbi-umbian.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Tanaman ini banyak dibicarakan oleh masyarakan karena kisah sukses salah satu petani porang di desa Kepel, Jawa Timur. Petani Porang tersebut berhasil menjadi miliader karena bisnis ekspor Porang tersebut. Tanaman Porang juga mengandung banyak glucomannan berbentuk tepung. Glucomanannan ini juga merupakan serat alami yang larut dalam air dan biasa digunakan menjadi bahan aditif makanan sebagain emusifier serta pengental.

Menariknya lagi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan dan komponen pesawat terbang.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Manfaat Tanaman Porang Selain diatas, ada juga manfaat lain yang dimiliki oleh tanaman Porang ini. Apa saja manfaatnya simak dibawah ini. • Glukomanan sangat aman untuk dikonsumsi karena rendah kolesterol, ia juga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga sangat cocok bagi anda yang tengah menjalani program diet.

• Tepunya Porang memiliki kadar glikemik yang sangat rendah dan aman apa itu tanaman porang dan manfaatnya penderita Diabetes • Glukomanan juga berguna untuk dijadikan kapsul obat-obatan • Porang juga bermanfaat untuk dijadikan bahan kosmetik • Selain itu juga untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negeri Jepang.

Lalu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut. • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.

• Mengandung vitamin A dan B lebih tinggi dari kentang. • Kandungan karbohidratnya lebih dari 80 persen. Porang sendiri merupakan tanaman yang toleran dengan naungan hingga 60% dan dapat apa itu tanaman porang dan manfaatnya pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 sampai 700 mdpl.

Bahkan dengan melihat sifat tanaman tersebut, Porang sangat memungkinkan dibudidaya di lahan hutan dibawah naungan tegakan tanaman lain. Cara Menanam Porang Perlu kalian ketahui disini bahwa tanaman Porang ini paling baik ditanam ketika musim penghujan, yakni sekitar bulan November-Desember. Untuk tahap penanamannya adalah sebagai berikut. • Bibit yang telah dipilih dimasukkan satu per satu ke dalam lubang tanam dengan letak bakal tunas menghadap ke atas • Untuk setiap lubang tanam diisi 1 bibit porang dengan jarak tanam 1 m x 1 m • Tutup lubang tanam dengan tanah setebal 3 cm Penanam Porang juga harus kita perhatikan mengenai teknik pengembangbiakan, persiapan lahan, cara pemupukan dan pemeliharaanya.

Harga Porang Saat Ini Untuk soal harga, harga tanaman Porang ini memiliki harga Rp 10.000 hingga Rp 13.000 per kilogram. Jika sudah dikeringkan menjadi chip Porang harganya mencapai Rp 55.000 sampai Rp 65.000 per kilogram. Sedangkan untuk tepung Porang ini harganya mencapai Ro 200.000 sampai Rp 300.00 per kilogram. Kemudian tepung yang hanya mengandung glukomannan Porang kabarnya dihargai hingga Rp 1,2 juta per kilonya. Perbedaan Tanaman Porang dan Suweg Perbedaan Porang dan Suweg ini terdapat pada buahnya.

Dimana Porang memiliki katak (buah yang tumbuh diantara batang dan tanamannya), sedangkan suweg tidak memilikinya. Kemudian umbi Porang berwarna kuning, sedangkan suweg putih. Katak Porang sendiri memiliki nilai jual yang tinggi, dimana dapat mencapai Rp 170.000 per kilogram. Hal ini karena katak tidak banyak diproduksi dan bisa dijadikan sebagai bibit tanaman Porang. Nah itulah beberapa pembahasa mengenai tanaman Porang dan Manfaatnya serta harga jual dari tanaman Porang itu sendiri.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Jangan lupa baca juga tips budidaya tanaman Hias di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai tanaman Porang dan manfaatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambawah wawasan buat kalian semua.
Porang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang merupakan spesies Amorphophallus muelleri. Porang juga di sebut sebagai iles-iles. Manfaat dari tanaman porang salah satunya yaitu untuk bahan baku tepung.

Kandungan porang dan Manfaat porang ini sudah cukup banyak digunakan sebagai bahan baku sebuah tepung, bahan untuk kosmetiksebagai penjernih air, selain itu juga bisa untuk pembuatan lem dan juga sebuah jelly yang dari beberapa tahun terakhir ini cukup kerap sekali diekspor ke Jepang.

Umbi porang banyak sekali mengandung glucomannan berbentuk seperti tepung. Glucomannan merupakan suatu serat alami yang bisa larut dalam air biasa digunakan juga sebagai aditif makanan juga sebagai emulsifier dan pengental, bahkan bisa digunakan sebagai bahan dari pembuatan lem yang ramah lingkungan serta pembuatan komponen dari pesawat terbang, demikianlah yang dilansir web resmi Kementerian Pertanian.

apa itu tanaman porang dan manfaatnya

Porang merupakan tanaman yang cukup toleran yaitu dengan naungan hingga 60%. Porang bisa tumbuh di jenis tanah apa saja dengan ketinggian 0 sampai 700 mdpl. Bahkan, sifat dari tanaman tersebut juga dapat memungkinkan untuk dibudidayakan di lahan hutan yang ada di bawah naungan tegakan tanaman lain.

Untuk bibitnya sendiri biasa digunakan dari potongan-potongan umbi batang maupun umbinya yang telah mempinyai titik tumbuh ataupun umbi katak (bubil) yang juga ditanam secara langsung. tanaman porang ini memiliki nilai yang cukup strategis untuk dikembangkan, karena mempunyai peluang yang lumayan besar untuk diekspor.

Catatan dari Badan Karantina Pertanian telaah menyebutkan, bahwa ekspor dari porang pada tahun 2018 telah tercatat sebanyak 254 ton, dengan jumlah ekspor yang telah mencapai Rp 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, dan lain negara lainnya.

Umbi porang saat ini kebanyakan masih beasal dari hutan dan masih belum banyak yang membudidayakan. Tetapi Ada beberapa sentra yang mengolah tepung porang pada saat ini, seperti yang terdapat di daerah Pasuruan, wonogiri, madiun, bandung serta Maros. Budidaya Tanaman Porang Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah berkomitmen dalam mengembangkan pembudidayaan tanaman porang yang selama ini telah dikelola oleh Lembaga Masyarakat di Desa Hutan (LMDH) “Tanaman Porang ini tidak begitu banyak diketahui oleh orang apa saja manfaatnya tapi yang sebenarnya yaitu komoditas unggulan Jawa Timur karena hampir dari seratus persen telah diekspor,” penjelasan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur sekarang pada saat mengunjungi dan bertemu langsung dengan seorang pembudidaya porang di daerah hutan Desa Bendoasri, Kecamatan Rejoso, Nganjuk, sebagaimana yang telah dikutip Antara.

Di wilayah hutan tersebut terdapat budidaya porang yang dikelola oleh LMDH Artomoro dan oleh Trimulyo di lahan yang luasnya lebih dari 500 hektar. Ketua LMDH Artomoro Rianto pada saat dikonfirmasikan bahkan mengaku kalau tidak tahu jika hasil budi dayanya yang perhektar tersebut dapat menghasilkan sekitar 15 ton porang selama ini dan menjadi komoditas ekspor.

Harga Tanaman Porang “Harga Porang bisa saja mencapai hingga Rp2.500 teruntuk satu umbi yang kisaran beratnya sekitar 4 kilogram,” katanya serta menambahkan kalau apa itu tanaman porang dan manfaatnya sebuah perhitungan normal dari 100 pohon Porang dapat menghasilkan hingga Rp1 juta. Untuk yang luasnya 1 hektare, kata dia, dapat ditanam hingga 6.000 bibit, sehingga dapat menghasilkan sejumlah 24 ton/hektare, yakni dengan sebuah penghitungan 6.000 yang kemudian dikalikan 4 kilogram.

“Dengan demikian, jadi dalam suatu hitungan kasar, jika 1 hektare dapat menghasilkan 24 ton, dan bisa dikalikan dengan hitungan Rp2.500/kilogram, kurang lebih akan dapat menghasilkan sekitar Rp60 juta,” katanya.

stop untuk tanam Porang kalau ngak pingin rugi




2022 charcuterie-iller.com