Usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut

For faster navigation, this Iframe is preloading the Wikiwand page for Bola voli. {{::readMoreArticle.title}} {{bottomLinkPreText}} {{bottomLinkText}} This page is based on a Wikipedia article written by contributors (read/edit).

Text is available under the CC BY-SA 4.0 license; additional terms may apply. Images, videos and audio are available under their respective licenses. Thanks for reporting this video! Please help us solve this error by emailing us at Let us know what you've done that caused this error, what browser you're using, and whether you have any special extensions/add-ons installed.

Thank you! Beranda / PJOK Bendungan (blocking) adalah salah satu upaya untuk menahan serangan lawan, dengan harapan untuk memeroleh nilai. Blocking yang baik di samping dapat menahan serangan lawan juga sekaligus memastikan serangan lawan untuk memeroleh nilai.

Block adalah usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut teknik dasar yang penting sebagai teknik pertahahan dari serangan lawan.

Karena dari teknik blocking inilah pemain dapat membendung serangan lawannya. Langkah-Langkah agar Block Maksimal Dalam melakukan block ada beberapa langkah agar block dapat maksimal dan tidak mudah ditembus serangan lawan.

Berikut langkah-langkah yang dilakukan saat melakukan blocking. • Bergerak kearah dekat net dan berada di posisi hadapan bola yang akan dismash lawan. • Melakukan sikap siap blocking terhadap bola yang akan dismash oleh lawan. • Melakukan jumping atau loncatan dengan tolakan kedua kaki secara bersamaan, lalu menjangkau bola dengan kedua tangan untuk dihadang/dibendung.

• Mendarat dan kembali ke sikap. Jenis-Jenis Teknik Blocking Terdapat jenis-jenis teknik blocking yang bervariasi dan tidak mudah terbaca oleh lawan seperti berikut ini. Berikut ini bagaimana cara melakukan block bola open • Pemain bergerak didekat net di hadapan pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi tangan di depan dada. • Bersiap dengan menekuk lutut hingga membentuk sudut 100⁰.

• Meloncat setelah smash lawan melakukan loncatan, loncatan dilakukan dengan arah vertikal. Berikut ini cara melakukan block bola semi • Bergerak mendekati net dihadapan pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi tangan di depan atas kepala.

• Sebelum melompat, rendahkan posisi badan dengan menekuk kedua lutut hingga membentuk sudut 110⁰. • Meloncat setelah smash lawan melakukan loncatan, loncatan dengan arah vertikal dan setinggi mungkin. Berikut ini bagaimana cara melakukan block bola quick • Bergerak mendekati pemain lawan yang akan melakukan smash dengan posisi tangan diluruskan.

• Sebelum meloncat lutut ditekuk tidak terlalu dalam kira-kira membentuk sudut 135⁰. • Loncatan dilakukan secara bersamaan dengan smash lawan, loncatan dilakukan setinggi mungkin dengan arah vertikal. Blocking yang tepat adalah pada saat bola akan dipukul oleh tangan smasher kedua belah tangan blockher benar-benar mengurung bola secara rapat, sehingga bola tertahan dengan sempurna dan bola akan memantul kembali ke daerah lawan.

1.

Blocking Tunggal (perorangan) • Mengadakan langkah ke kiri dan ke kanan. • Meloncat dengan tumpuan kedua kaki. • Menggerakkan kedua lengan untuk membendung jalannya bola.

• Mendarat dengan kedua kaki secara teratur. • Prinsip sama seperti blocking tunggal hanya dilakukan secara berkawan. • Menempatkan blocking tepat pada arah datangnya bola, sehingga ruang gerak boa menjadi sempit. • Bola harus tertahan degan sempurna sehingga tidak meleset, justru bola akan memantul kembali ke daerah lawan. Kesalahan-Kesalahan Umum Melakukan Blocking Kesalahan-kesalahan umum yang bisa terjadi pada saat melakukan blocking adalah sebagai berikut: • Meloncat terlalu cepat, sehingga pada saat bola datang tangan sudah berada kembali di bawah tepi bagian atas jaring.

• Posisi siap terlalu jauh dengan jaring. • Tangan diayun ke depan sehingga menyentuh jaring • Lengan diacungkan tegak lurus ke atas segaris dengan telinga. • Tangan terlalu renggang atau jarak kedua lengan terlalu lebar • Timing yang tidak tepat. • Jari-jari dan telapak tangan tidak ditegangkan pada saat perkenaan dengan bola. Sudah Diingatkan, Mantan Manajer AC Milan Sesalkan Kepergian Donnarumma ke PSG Nasib Miris Lionel Messi, Dicemooh Fans PSG, Ditolak Penggemar Barcelona Torino Vs Inter Milan Berakhir Kontroversi, VAR Lagi-lagi Dipertanyakan 5 Potret Kehamilan Georgina Rodriguez, Ada Siluet Perutnya makin Membesar 'Didepak' dari German Open, Ratu Bulutangkis Thailand Dapat Dukungan dari Anak Marcus Gideon Selfie di Kamar Mandi, Punggung Mulus Siva Aprilia Bikin 'Merinding' Duh Gawat, Bruno Fernandes Terancam Absen Saat Man Utd vs Atletico Karena Sakit Erik Ten Hag Mantapkan Hati Gabung Manchester United 4 Alasan yang Bisa Bikin Real Madrid Menyesal Rekrut Kylian Mbappe dari PSG Sumbang Gol West Ham, Pemain Ukraina Andriy Yarmolenko Selebrasi Penuh Haru Atlet Squash Nomor 2 Dunia Geram: Jangan Cuma Ukraina, Bahas Palestina Juga Sengit, AC Milan Saingi Manchester City Dapatkan Pemain Muda Ini Lihat Foto KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pebola voli Indonesia 1 Agung Seganti melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017).

Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com - Membendung serangan lawan dalam permainan bola voli sangatlah penting. Aksi tersebut perlu teknik dasar yang kuat. Pemahaman teknik dasar membendung bahkan perlu dipahami oelh semua pemain voli kecuali libero. Usaha membendung serangan lawan berupa smash supaya tidak menghasilkan poin dinamakan teknik blok.

Sementara serangan yang harus dibendung adalah smash lawan. Baca juga: Jenis Blocking dalam Bola Voli Dengan kata lain, memukul bola dengan keras dan menukik ke bawah di area lapangan lawan merupakan gerakan adalah smash.

Mengutip Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 7 karya Paiman, S. Pd, M. Or, smash dan blok adalah suatu kontra dalam bola voli. Maksudnya adalah usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut dapat dimaknai sebagai lawan dari smash.

Jika tim A melakuan smash, tim B akan melakukan blok, begitu dengan sebaliknya. Berdasarkan jumlah pemain yang melakukan blok, terbagi menjadi tiga jenis, yakni blok secara tunggal (single block), berdua (double block), dan bertiga (tripple block).

Masih mengutip buku yang sama, berikut tahap-tahap melakukan blok dalam bola voli: Baca juga: Dasar Smash dalam Bola Voli • Berlari menghadap bola yang sedang melambung dari balik net atau area lawan. • Melakukan tolakan dengan kedua kaki bersama-sama ke atas setinggi mungkin bersamaan waktunya dengan lompatan smasher. • Menjulurkan kedua lengan ke atas setinggi mungkin sejajar di samping kepala selebar bahu.

• Saat terjadi sentuhan (impact) melakukan pengarahan bola agar pantulan mengarah ke area kosong lawan. • Mendarat dengan dua kaki bersama-sama lentur. Tempat melakukan loncatan dengan tempat pendaratan relatif sama karena loncatan fokus ke arah atas. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Baca berita berikutnya Variasi gerak spesifik apa saja yang perlu dikuasai oleh pemain basket sebutkan gerak spesifiknya dalam permainan Olhraga basket? Adalah olahraga yang bersifat beregu, terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang.

Dalam permainan ini masing-masing pemain berlomba untuk memasukkan bola ke dalam keranjang . KOMPAS.com - Salah satu cara terbaik dalam mencetak skor pada permainan bola voli adalah dengan melakukan smash oleh smasher atau spiker.

Seorang smasher harus mempunyai prinsip penyerangan yang kuat untuk mematikan lawan lewat pukulan kerasnya. Namun, smasher punya tantangan besar ketika melakukan pukulan keras atau smash, yakni adalah blok lawan. Blok adalah gerakan yang dilakukan untuk menghalau tim lawan melakukan smash dalam pertandingan voli. Baca juga: Cara Melakukan Smash Tajam dalam Bola Voli Ya, suatu usaha untuk menghalangi penyerangan lawan atau menghalangi smash yang dilakukan lawan disebut blok.

Keberhasilan blocking dalam permainan bola voli tergantung pada loncatan dan jangkauan tangan menutup bola yang sedang dipukul lawan. Dalam pertandingan nyata, blok yang sempurna jika berhasil mencetak skor untuk tim.

Biasanya, hal tersebut terjadi jika blok berhasil menghalau serangan lawan sekaligus hasil pantulan jatuh di area lawan yang kosong. Kemudian, bola pantulan tersebut tak mampu diamankan oleh pemain lawan sehingga poin untuk tim blocker.

Baca juga: Mengenal Swing Block dalam Bola Voli Ada lima tahapan dalam melakuan teknik blok atau bendungan dalam bola voli, yakni sebagai berikut: Teknik Dasar Blocking dalam Bola Voli Sikap Awal Awalan dari gerakan blok dalam permainan bola voli adalah berdiri dengan sikap tegak, bertumpu pada kedua kaki menghadap ke net. Posisi tangan ditempatkan di depan dada, sembari memperkirakan kesesuaian dengan arah bola saat melakukan blok di depan net.

Pastikan pemain yang melakukan blok berada di area depan atau 3 meter dari dekat net. Adapun garis 3 meter yang melebar dekat net fungsinya adalah batas area serang.

Baca juga: Mengapa Pemain Voli Harus Menguasai Teknik Dasar Bola Voli? Tumpuan Loncatan Selain bertumpu pada kedua kaki usahakan menggunakan ujung kaki sebagai tolakan sebelum meloncat, ketika hendak melakukan blok dalam permainan bola voli. Bagian tungkai berada dalam posisi lurus sehingga tidak menjadi beban saat meloncat, selain itu diperlukan kelincahan bagi seorang pemain dalam melakukan blok untuk mengantisipasi pergantian arah pukulan.

Loncatan Gerak putar menjadi unsur dominan saat memasuki tahapan loncatan dalam melakukan blok ketika bermain bola voli. Baca juga: Mengambil Bola Rendah dalam Bola Voli Loncatan atau tolakan maksimal bisa usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut ketika tubuh bagian atas tetap tegak, sehingga dalam melakukan gerakan blok dibutuhkan kekuatan dari otot tungkai.

Perkenaan Dalam fase perkenaan saat melakukan blok dalam permainan bola voli, tangan dihadapkan sesegera mungkin ke arah datangnya bola yang dipukul oleh penyerang lawan.

Seorang pemain yang bertugas melakukan block dapat menggerakkan pergelangan tangan secara aktif agar dapat menekan bola dari arat atas depan ke bawah secara tepat. Pendaratan Apabila seorang pemain sudah mengenai bola maka tangan segera ditarik, dan diletakkan di depan dada tanpa mengenai net.

Baca juga: Gerakan Memukul Bola Sambil Meloncat dalam Bola Voli Usai melakukan blok, tahapan pendaratan dilakukan menggunakan tumpuan dua kaki direnggangkan selebar bahu.

Posisi pendaratan yang baik menentukan konsentrasi pemain untuk melakukan gerakan selanjutnya, jika permainan masih bergulir. Kiprah Malaysia di Piala Sudirman 2021: Tebar Ancaman Lewat Skuad Muda https://www.kompas.com/badminton/read/2021/10/01/14000058/kiprah-malaysia-di-piala-sudirman-2021--tebar-ancaman-lewat-skuad-muda https://asset.kompas.com/crops/v_zRBN14R-Vs154hq8PXyzb1kGU=/271x0:981x473/195x98/data/photo/2020/06/12/5ee32633eb4a4.jpg
Dalam permainan bola volijika Anda memiliki kemampuan untuk mengantisipasi secara efektifAnda pada dasarnya memiliki kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi lebih awal dari sebagian besar pemain .Misalnya, libero yang tampaknya selalu berada di tempat yang tepat untuk menggali adalah pemain yang membaca pemukul yang usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut baik.

Pemain defensif yang sangat terampil ini akan tahu di mana bola akan terkena jauh lebih awal daripada kebanyakan pemain lain. mungkin banyak pemain yang hanya sekedar bermain tanpa mengantisipasi arah datangnya bola baik dari servis maupun bola yang datang dari pantulan blocking atau dari smasher yang akan melakukan tipuan,,sebaiknya semua pemain harus siap siaga dalam posisi masing-masing.

dan ini juga tidak lepas dari pengetahuan dalam posisi ketika bermain bola voli. Tidak semua pasing akan baik dalam menuju ke set upper untuk menjadi umpansehingga lebih baik setter adalah mengantisipasi arah datangnya bola, sehingga tosser akan lebih mudah menjangkau bola yang kemudian dijadikan umpan untuk dismash. Seorang Smasher atau pemukul perlu mengantisipasi arah bola yang diumpankan oleh pengumpan atau setter/set upper. Untuk meningkatkan keterampilan antisipasipemukul perlu menyadari dan membaca arah bola yang diumpankan dari toser atau bahkan kondisi bola yang tidak memungkinkan untuk dijadikan umpan smash.

Berlatih membaca settermemprediksi dimana bola akan diatur. Seorang yang pasing harus mengantisipasi bola yang datang dari servis Kebanyakan seorang servis memiliki kemampuan yang berbeda dan mampu mengarahkan bola ke area lapangan yang dikehendaki dan melihat kondisi pemain yang sedang down atau kurang begitu menguasai pasing.

sehingga seorang pasing harus selalu siap dalam kondisi jongkok untuk mengantisipasi segala kemungkinan bola yang datang dari servis/server.ketika anda berhasil mengantisipasi usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut datangnya bola anda akan dengan lebih leluasa mengarahkan bola ke toser untuk dijadikan umpan smash. Sebagai contoh, jika bola dihubungi kembali di belakang kepalaseorang smasher belakang kemungkinan akan naik dan memukul bola, hal ini bisa dikatikan variasi smash .Jika umpan tidak baik dan kita melihat tangan dari seorang smasher turun lengannya kemungkinan besar pola akan dipukul pelan bahkan menjadikan tipuan untuk menipu lawan.

Momentum adalah dalam segala haljadi jika tim Anda telah melakukan latihan tanpa penekanan pada antisipasijangan heran bahwa mereka tidak bisa hanya " menyalahkannya " ketika saatnya untuk bermain. Berikut ini adalah 3 cara untuk menjalankan latihan voli yang menjaga pemain dari belajar untuk mengantisipasi. Ini adalah daftar dari apa yang tidak harus dilakukan!

Jika setter Anda tidak mengantisipasi dengan baikmaka mereka tidak akan bisa mengumpan dengan baik, bahkan ketika bola dari seorang pasing tidak sampai ke toser. dari masalah itu setter/toser akan berpikir mereka tidak perlu masuk ke dalam posisi untuk mengatur karena sa mengarahkan bola ke posisi toser.

Ini adalah sebuah kesalahan. Anda harus selalu siap untuk bergerak dan mengantisipasi di mana bola akan datang ( bahkan jika anda mengira bola langsung datang kepada Anda ). Mengharapkan bola datang langsung ke Anda adalah kebalikan dari antisipasi ( pada kenyataannya Anda harus selalu mengantisipasi ).

Melakukan latihan di mana pemain tidak harus mengantisipasi di mana bola akan datang. Untuk bekerja pada antisipasi untuk melayani menerimasetelah server mengumpan bola baik pendek atau jauhke smasher dimungkinkan bola menjadi umpan yang sempurna bahkan menjadi umpan yang gagal.sehingga inilah sebabnya anda harus selalu siaga atau antisipasi segala kemungkinan.

Yakinkan smasher Anda bahwa bola harus diatur sempurna untuk mendapatkan poin anda tidak akan pernah mengira seorang smasher yang baik akan bisa mengarahkan bola kemana saja dan memukul bola ketika umpan tidak usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut.

Faktanya adalahseorang smash terbaik bisa memukul apa saja. Jangan pemukul yang terus-menerus mengeluh tentang set. Belajarlah untuk mengantisipasi setter Anda dan menyesuaikan pendekatan Anda jika diperlukan ( Pada kenyataannyaAnda harus menyesuaikan diri dengan setiap set karena bola tidak pernah pergi persis di mana Anda berharap untuk memukul ).

Blocking bola voli biasa juga disebut bendungan. Jadi yang dimaksud dengan blocking adalan suatu teknik dalam permainan bola vaoli yang dilakukan dengan tujuan untuk membendung serangan yang dilakukan pihak lawan, supaya bola tidak dapat melewati net dan kemudian tetap berada di area lapangan lawan.

Dengan demikian, blocking merupakan salah satu teknik yang penting dalam permainan bola voli dan harus mampu dikuasai dengan baik dan benar oleh setiap pemain.

Dalam melakukan blocking atau bendungan, bisa dilakukan secara sendiri ( blok tunggal), atau juga bisa dilakukan secara bersamaan dengan rekan atau teman satu tim (block ganda).

Tentunya untuk bisa melakukan blocking atau bendungan yang baik dan rapi dalam permainan bola voli, diperlukan beberapa kali latihan yang serius dan dilakukan secara konsisten. Terlebih bagi kamu yang masih tahap pemula atau baru belajar memainkan permainan bola voli.

Untuk bisa melakukan blocking dengan baik dan benar serta akurat. Ada beberapa unsur-unsur dasarnya yang harus terpenuhi atau sudah mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu seperti yang akan di ulas berikut ini. Cara Melakukan Blocking / Bendungan Dalam Permainan Bola Voli 1. Blocker memposisikan dirinya berada dekat dengan net. Selanjutnya mengadakan langkah kaki ke kanan atau ke kiri atau dengan kata lain bergerak untuk mendekati lawan yang akan melakukan spike atau smash.

2. Bersikap siap untuk melakukan blocking, yakni dengan sikap jongkok dan kemudian bersiap untuk melompatserta dengan posisi tangan didepan dada yang siap untuk digunakan atau dipakai untuk membendung atau mengeblok.

3. Selanjutya blokcer melompat ke atas dengan kedua tangan dalam posisi yang rapat dan juga lurus ke atas untuk membendung bola. 4. Kemudian mendarat dengan kedua kaki secara ditekuk.

Baca Juga: Cara Melatih Pukulan Smash Latihan teknik seperti ini bisa dilakukan dengan latihan gerakan tanpa bayangan atau juga tanpa smash yang sebenarnya. Supaya bisa melakukan blocking atau bendungan dengan sempurna memang tidaklah mudah.

Diperlukan ketepatan saat melakukan lompata dan juga kemampuan untuk membaca pola serangan yang akan di rancang oleh set-uper ( tosser dari pihak lawan). Dalam upaya membendung serangan smash dari pihak lawan yang datang, bisa juga dengan membuat cover atau menutup daerah permainan sendiri, dengan posisi pemain sesuai situasi pemain.

Atau juga bisa melakukan cover close yang artinya menutup daerah secara rapat dan dilakukan oleh seorang pemain dengan menjaga di belakang temannya yang sedang melompat untuk melakukan blocking terhadap smash lawan.

Ada beberapa cara yang bisa di terapkan untuk bertahan dari serangan smash lawan yang datang, diantaranya: 1. Bertahan terhadap datangnya smash dari posisi lawan 2 2. Bertahan terhadap datangnya smash dari posisi lawan 3 3. Bertahan terhadap datangnya smash dari posisi lawan 4 Selain itu yang perlu di perhatikan adalah tempatkan pemain di daerah tempat jurusan bola yang akan di smash.

Untuk membendung pukulan smash yang bai adalah dengan bisa menempatkan 3 pemain sebagai blocker seperti cover close. Karena sistem ini akan lebih rapat dan sulit untuk di tembus lawan.

Seperti dalam gambar di bawah ini. Pola pertahanan yang maksud bukan berarti menyerah atau pasrah, tetapi dengan aktif menjaga serangan lawan dengan bertujuan pihak lawan akan membuat kesalahan. Dalam pola bertahan permainan bola voli harus memiliki prinsip bahwa bertahan mampu untuk di gunakan menyerang kembali.

Berdasarkan hal tersebut, maka dalam latihan bola voli, sebaiknya pola bertahan maupun menyerang harus bisa seimbang. Karena jika hanya kuat bertahan, juga akan susah untuk mendulang poin yang pastinya akan terus di serang atau juga sebaiknya. Demikian ulasan terkait cara bertahan dari serangan smash dalam permainan bola voli.

Baca juga: cara servis voli yang baik Nah, demikian tadi terkait ulasan cara melakukan blocking / bendungan yang baik dan benar dalam permainan bola voli. Smoga saja artikel ini bisa memiliki manfaat bagi kita tentang permainan bola voli dan salam olahraga.

Info produk: jersey voli printing
1. Permainan bola voli yang bertugas hanya sebagai pemain bertahan saja di namakan… A. Set upper B. Libero C. Tosser D. Universaler E. Smasher 2. Usaha melakukan serangan di atas net pada permainan bola voli dinamakan… A. Servis B. Blok C. Smash D. Time out E. Defender 3. Dalam lompat tinggi gaya straddle, posisi badan di atas mistar adalah… A. Terlentang B. Terlungkup C. Duduk D. Miring ke kiri E. Miring ke kanan 4.

Untuk dapat mengangkat badan ke atas dalam lompat tinggi diperlukan… A. Ayunan lengan yang kuat B. Tolakan kaki yang kuat C. Sudut awalan yang kuat D. Lari awalan yang cepat E. Posisi badan yang tepat 5. Di bawah ini yang merupakan salah satu ciri latihan fisik adalah… A. Dilakukan dengan beban B. Dilakukan semampunya C.

Dilakukan melebihi batas kemampuan D. Banyak istirahat E. Dilakukan secara teratur dan ditambah intensitasnya 6. Gerakan latihan sit up digunakan untuk melatih otot… A. Kaki B. Tangan C. Perut D. Punggul E. Pinggul 7. Tujuan tes dan pengukuran kebugaran jasmani untuk… A. Pemanasan B. Mengetahui disiplin olahraga anak didik C.

Mengetahui tingkat kebugaran jasmani anak didik D. Mengukur kesegaran jasmani E. Menjaga kesehatan 8. Kemampuan dalam melakukan gerak-gerak olahraga dengan waktu yang sesingkat-singkatnya disebut….

A. Kelincahan B. Kekuatan C. Kecekatan D. kecepatan E. Kelenturan 9. komponen-komponen kebugaran jasmani kebugaran jasmani yang tidak berhubungan dengan keterampilan adalah… A. kelincahan B. power C. kelentukan otot D. koordinasi E. kecepat 10. Senam aerobic yang dilakikan dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat bermanfaat untuk… A. Menjaga kebugaran B. Meningkatkan kekuatan otot C. Meningkatkan daya tahan otot D. Memperindah bentuk tubuh E.

Menetralkan peredaran darah Pelajari lebih lanjut 1.

Materi tentang apakah tes kebugaran jasmani dapat meningkatkan derajat kebugaran jasmani Detil jawaban Kelas: 2 Mapel: Penjaskes Bab: Bab 2 – Latihan Dasar Kebugaran Jasmani Kode: 2.22.2 Kata Kunci: kebugaran jasmani, senam, otot Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas29339288 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas15247182 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas524954396 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas14372459 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas523338940
Hallo kawan semua, sudah lama sekali saya tidak sempat membuat postingan baru pada Volimaniak ini karena adanya kesibukan dan juga rutinitas yang tidak bisa saya tinggalkan, berhubung kali ini ada kesempatan / waktu luang saya mengajak anda semuanya untuk mempelajari lagi seluk beluk dalam Permainan Bola Voli.

Siapa sih tidak kenal dengan bola voli yang merupakan olahraga murah yang dikenal di sebagian banyak rakyat indonesia baik dari kalangan masyarakat biasa, menengah ataupun modern.

biasanya olahraga Permainan Bola Voli sendiri banyak dimainkan oleh kalangan pelajar yang mana mereka adalah satu bibit pemain bola voli penerus bangsa yang nantinya akan dicetak menjadi atlet bola voli. Memang tidak mudah seperti yang dibayangkan untuk bisa meraih itu semua, karena butuh waktu dan proses yang panjang, butuh latihan kedisiplinan, ketukunan serta kerja keras dalam latihan.

karena ketrampilan motorik harus dilatih secara terus menerus agar tidak hilang kemampuan yang ada. Ngomong-ngomong dalam permainan bola voli pastinya anda sudah mengenal apa itu Toser, Blocker, smasher, universal, servis dan passing kan, memang anda pasti sudah sering melakukannya tetapi pasti dari sebagian banyak orang tahu cara melakukannya tetapi mereka kurang tahu apa arti sebenarnya.

nah untuk itulah biar anda juga tahu materi permainan bola voli saya akan jelaskan lebih rinci apa itu P engertian Toser, Pengertian Blocker, Pengertian Smasher, Pengertian Universal, Pengertian Servis, Pengertian Passing,Pengetian Libero untuk lebih jelasnya yuk mari kita bahas bersama-sama. Pengertian Toser, Blocker, Smasher, Universal, Servis, Passing dan Libero Lengkap Dengan Tugasnya Setelah sedikit penjelasan diatas mari kita bahas satu persatu dari tiap kategori yang sudah saya sebutkan diatas; Pengertian Toser Dan Tugas Toser / Set-upper Toser adalah salah satu bagian dari 4 Teknik Dasar Bola Voli yang mana ini wajib di kuasai terlebih dahulu oleh seorang pemain bola voli, karena memang tanpa ada penguasaan pasing yang baik maka permainan tidak bisa berjalan dengan baik.

Pengertian Toser adalah seorang yang pemain bola voli yang bertugas utama sebagai pengumpan. pastinya tanpa adanya Toser yang baik maka permainan akan pincang / kurang sempurna karena ini adalah faktor utama agar bisa melakukan proses penyerangan.

Tugas Toser : • Pemberi umpan ke smasher ( bisa quick, long, medium) • Pengatur Serangan • Melakukan Blocking ( jika pemain berada pada posisi depan bisa bertugas multi sebagai blocker ) • Memukul Bola Yang tanggung ( jika ada bola tanggung dari lawan seorang toser juga bisa melakukan serangan balik dengan smash usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut ) • Mendorong bola di celah area lawan yang kosong bisa disebut juga tipuan Pengertian Blocker Dan Tugas Blocker Sebelum membahas apa itu Pengertian Blocker secara umum bisa kita cermati bahwa Pengertian block dalam permainan bola voli adalah sebuah usaha membendung serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan point.

Sedangkan Pengertian Blocker adalah Seorang pemain bola voli yang bertugas utama untuk membendung serangan lawan yang berupa smash agar bola tidak melewati net sehingga tidak menghasilkan keuntungan point bagi lawan. Sedangkan Tugas Blocker adalah sebagai berikut; • Melakukan Block agar serangan lawan tidak menghasilkan point • Melakukan smash dadakan jika bola tanggung • Menjaga tipuan lawan • -Melakukan serangan balik dengan cepat Pengertian Smasher Dan Tugas Smasher Pastinya setiap pemain bola voli mendambakan agar bisa menjadi seorang smasher yang baik dengan pukulan keras dan tajam.

tapi tidak semudah itu kawan ada beberapa faktor penting agar semua itu bisa terwujud. baik dari Jumping Bola Voli dan juga tingkat penguasaan teknik smash yang baik.

Secara umum dulu sudah saya perjelas juga dalam postingan saya mengenai Smash Bola Voli, tetapi usaha menghalangi serangan lawan pada permainan bola voli disebut lebih jelasnya akan saya bahas apa pengertian dari smasher dan juga tugasnya.

smash bola voli bisa diartikan sebagai pukulan keras yang bertujuan untuk mematahkan serangan dan menghasilkan poin. Sedangkan Pengertian Smasher adalah seorang pemain bola voli yang bertugas sebagai penyerang utama untuk mematahkan serangan lawan sehingga menghasilkan poin untuk teamnya.adapaun Tugas Smasher adalah sebagai berikut; • Mematahkan serangan lawan • Sebagai Penyerang Utama dalam permainan bola voli • Multi fungsi sekaligus sebagai blocker • Memberikan smash cepat • Menghasikan point dengan tipuan Pengertian Libero dan Tugas Libero Pengertian Libero adalah Pemain yang dianggap sebagai pemain spesialis barisan belakang.

Pemain ini hanya bermain dalam barisan belakang dan diperbolehkan mengganti pemain barisan belakang manapun tanpa batas pada saat bola mati. Libero tidak boleh melakukan servis, mengumpankan bola ke penyerang dari depan garis serangan, atau menyerang bola dari atas puncak jaring.

Adapun Tugas Libero adalah ; • Sebagi Pemain Belakang • Melakukan Passing ke Set upper / Toser • Menjaga Tipuan Lawan • Menangkal Serangan Smash Lawan untuk lebih jelasnya anda bisa simak pada postingan saya yang lalu yaitu : Ketentuan Libero Dalam Bol Voli Pengetian Universal dan Tugasnya Pasti dalam olahraga permainan ada yang dijadikan sebagai pemain universal tak lain bedanya dengan bola voli ini juga di kenal dengan universal, adapun Pengertian Universaler adalah pemain serba guna, bisa sebagai pengumpan, bisa sebagai penyerang, dan juga bisa sebagai pemain bertahan.

dan ini untuk lebih jelasnya anda bisa baca Pola Permainan Bola Voli. Adapun Tugas Pemain Universal dalam permainan bola voli adalah sebagai pemain multi fungsi yang posisinya bisa menempatkan dan mengampu tugas sesuai dengan posisi yang ada.seperti contohnya pemain berada diposisi belakang maka bisa berugas passing, jika didepan bisa sebagai smasher dan blocker.

nah biasanya pemain ini memiliki penguasaan Teknik dasar bola voli yang cukup baik sehingga bisa menempatkan posisinya dimanapun berada.

Pengertian Servis dan Pasing Nah servis dan Passing juga menjadi faktor utama dalam berjalannya permainan bola voli yang baik dalam menerapkan berbagai Formasi pola permainan seperti pola menyerang atau pola bertahan. adapun Pengertian Servis adalah : sajian pertama dalam permainan bola voli untuk mengawali permainan.

Sedangan Pengertian pasing bola voli adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola lawan. sedangkan pasing sendiri dibagi menjadi dua bagian yaitu : pasing atas / set up dan pasing bawah Nah saya rasa sudah jelas bukan mengenai Pengertian Toser, Pengertian Blocker, Pengertian Smasher, Pengertian Universal, Pengertian Libero, saya juga sudah capek juga dalam menulis panjang lebar, saya istirahat dulu deh, saya beraharap anda lebih paham dan tahu apa itu sebenarnya permainan bola voli, dan pahami semua seluk beluknya, baik dari pengetahuan dasar serta ketrampilannya, Semangat kawan anda pasti bisa.

terimakasih

Pembelajaran Penjasorkes Bola Voli Kelas XII - Pola Penyerangan dan Pertahanan




2022 charcuterie-iller.com