Apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Sumber daya terbarukan adalah sumber daya alam yang biasanya memulihkan stok mereka pada tingkat yang sama atau lebih besar dari konsumsi oleh manusia. Artinya, mereka adalah mereka yang, seperti namanya, memperbaharui diri mereka sendiri, membuat mereka dapat digunakan dengan hampir tanpa risiko bahwa mereka akan berakhir dalam jangka panjang.

Pembaruan dimungkinkan jika konsumsi mereka bertanggung jawab, dalam margin yang dapat dipulihkan untuk proses regenerasi alami mereka, karena mereka bukan sumber daya yang tidak terbatas. Selain itu, konsumsi yang bertanggung jawab atas sumber daya terbarukan ini menimbulkan risiko yang jauh lebih rendah terhadap lingkungan daripada konsumsi sumber daya tak terbarukan, seperti bahan bakar fosil.

Sumber daya terbarukan dapat terdiri dari bentuk energi atau materi, yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa yang membuat hidup lebih menyenangkan. Lihat juga: Energi terbarukan Sumber daya terbarukan adalah sumber daya alam yang dapat diproduksi dan dipulihkan dengan kecepatan tinggi. Tidak seperti sumber daya tak terbarukan, tidak ada bahaya dalam energi terbarukan akan habis dalam jangka waktu tertentu, oleh karena itu, manusia dapat memanfaatkan sumber daya ini secara permanen.

Namun, jika ini terbuang, mungkin menjadi kurang. Di apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan lain, sumber daya terbarukan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Karakteristik sumber daya terbarukan Ciri-ciri utama sumber daya terbarukan adalah sebagai berikut: • Karena tingginya biaya infrastruktur yang digunakan, hanya sumber daya terbarukan yang digunakan di beberapa lokasi, karena untuk beberapa perusahaan tidak mungkin mendanai sumber daya tersebut.

• Umumnya, produksinya dipertahankan atau ditingkatkan, terlepas dari konsumsinya. • Penggunaannya adalah masalah modern dan setiap kali cara penggunaannya diperbarui. • Secara umum, sumber daya ini tidak dapat disimpan, karena produksinya bergantung pada faktor lingkungan.

• Mereka menghindari pencemaran lingkungan. Contoh sumber daya terbarukan Berikut beberapa contoh sumber daya terbarukan: • Energi angin atau angin. • Air digolongkan sebagai sumber daya terbarukan, meskipun merupakan sumber daya yang terbatas. • Energi matahari. • Jika dikembangkan dengan benar, dengan memanfaatkan reboisasi, kayu merupakan sumber daya terbarukan.

• Energi hidrolik.
Jakarta - Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berada di alam baik fisik maupun hayati yang dinilai memiliki daya guna untuk memenuhi kebutuhan manusia. Di antaranya agar tercipta kesejahteraan hidup manusia. Sumber daya alam yang terkandung di bumi banyak sekali bentuk dan jenisnya. Baik yang lokasinya berada di wilayah daratan maupun perairan.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dibedakan menjadi 3 seperti dikutip dari buku Wahana IPS oleh Tim Pena Cendekia: 1. Sumber daya alam yang tersedia di alam (sustainable resources) Sumber daya ini senantiasa ada dan tidak akan pernah habis. Hal ini terjadi karena mengalami siklus sepanjang masa, seperti matahari, udara, air laut, dan air.

2. Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah jenis sumber daya alam yang jika persediaannya habis, dalam waktu tidak terlalu lama dan relatif mudah dapat tersedia kembali melalui reproduksi atau pengembangbiakan. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah hewan, tumbuhan, dan hasil hutan. 3. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (non renewable resources) Sumber daya ini adalah sumber daya alam yang jika persediaannya habis sangat sulit bahkan tidak mungkin tersedia lagi.

Sebab membutuhkan waktu yang lama bisa ribuan bahkan jutaan tahun itupun jika kondisi lingkungan memungkinkan. Contoh sumber daya alam ini yakni minyak bumi, batubara, timah, gas alam, dan lainnya.

Baca juga: Masalah RI di Masa Depan: SDA Menipis, Manusianya Tidak Terbatas Sumber daya alam juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya: 1. Sumber daya alam nonhayati (abiotik) Sumber daya alam abiotik yaitu semua kekayaan alam yang berasal dari benda mati. Contohnya air, bahan tambang, dan batuan.

2. Sumber daya alam hayati (biotik) Sumber daya alam biotik yaitu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Contohnya tumbuhan dan hewan.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Daftar isi • Pengertian Sumber Daya Alam • Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli • 1. J. A. Katili • 2.

Soerianegara • 3. Valentine Jackson Chapman • 4. Walter Isard • 5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) • Jenis-Jenis Sumber Daya Alam • A. SDA Berdasarkan Sumbernya • 1. SDA Hayati (Biotik) • 2. SDA Non Hayati (Abiotik) • B. SDA Berdasarkan Sifatnya • 1. SDA yang Dapat Diperbaharui (Renewable) • 2.

SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui (Non Renewable) • C. SDA Berdasarkan Kegunaannya • 1. SDA Penghasil Energi • 2. SDA Penghasil Bahan Baku • Manfaat Sumber Daya Alam Pengertian Sumber Daya Alam Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam ( natural resources)?

Secara umum, pengertian sumber daya alam adalah segala sesuatu yang bersumber dari alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup manusia. Pendapat lain mengatakan definisi sumber daya alam ( SDA) adalah semua bahan atau zat seperti mineral, hutan, air, serta tanah subur yang terdapat di alam dan dapat digunakan untuk keuntungan ekonomi bagi manusia.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Alam telah menyediakan berbagai sumber kehidupan bagi manusia, seperti; makanan, minuman, dan kebutuhan lainnya. Dengan kata lain, SDA adalah kekayaan alam (biotik dan abiotik) yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup manusia.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Baca juga: Pengertian Ekosistem Sumber Daya Alam Menurut Para Ahli Agar lebih memahami apa itu SDA, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini: 1. J. A. Katili Menurut J.A. Katili (1983), pengertian sumber daya alam adalah semua unsur apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan lingkungan biofisik yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia. 2. Soerianegara Menurut Soerianegara (1977), pengertian sumber daya adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang dibutuhkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.

3. Valentine Jackson Chapman Menurut Valentine Jackson Chapman (1969), pengertian SDA adalah hasil penilaian manusia terhadap unsur-unsur lingkungan hidup yang diperlukannya, yakni persediaan total (total stock), sumber daya (resources) dan cadangan (reserve). 4. Walter Isard Menurut Walter Isard (1972), pengertian sumber daya alam adalah keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Menurut KBBI, pengertian sumber daya alam adalah potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Baca juga: Pengertian Ekologi Jenis-Jenis Sumber Daya Alam Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan sumber, sifat, dan penggunaannya.

Adapun jenis-jenis SDA adalah sebagai berikut: A. SDA Berdasarkan Sumbernya SDA biotik dan abiotik Berdasarkan sumbernya, SDA dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu biotik dan abiotik. Berikut penjelasan ringkasnya: 1. SDA Hayati (Biotik) Sumber daya alam hayati (biotik) adalah SDA yang sumbernya berasal dari mahluk hidup yang adalah di alam. Contohnya; tumbuh-tumbuhan, hewan, dan mikro organisme.

SDA yang berasal dari hewan, misalnya menghasilkan; daging, ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan SDA nabati merupakan produsen utama rantai makanan, menghasilkan; oksigen, rumput, daun-daunan, sayuran, buah-buahan, kayu, rempah-rempah, dan lain sebagainya.

2. SDA Non Hayati (Abiotik) Sumber daya alam non hayati (abiotik) adalah SDA yang sumbernya berasal dari benda mati atau unsur-unsur alam yang tidak memiliki nyawa. Contohnya; air, tanah, udara, sinar matahari, batuan, mineral, bahan tambang, dan lain sebagainya.

B. SDA Berdasarkan Sifatnya SDA yang dapat diperbaharui 1. SDA yang Dapat Diperbaharui ( Renewable) Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah SDA yang dapat dipakai berulang-ulang dan tidak akan habis karena dapat diperbaharui oleh alam terus menerus.

Meskipun begitu, penggunaan SDA ini harus dilakukan dengan bijaksana dan perlu pelestarian. Contoh SDA yang dapat diperbaharui; • Tumbuhan, sebagian besar mahluk hidup membutuhkan berbagai jenis tumbuhan sebagai bahan makanan. Meskipun tumbuhan dikonsumsi setiap hari, SDA ini dapat diproduksi terus-menerus oleh alam atau melalui budidaya pertanian. • Hewan, ada banyak SDA dari produk hewan yang bermanfaat bagi manusia.

Contohnya; daging, kulit, susu, bulu, bahkan kotorannya berguna sebagi pupuk. Berbagai jenis hewan dapat bereproduksi dengan cepat dengan cara peternakan sehingga tidak akan habis atau punah. • Air, setiap mahluk hidup di bumi membutuhkan air untuk hidup. Alam dapat menghasilkan air secara terus menerus sehingga mahluk hidup tidak kekurangan air.

• Tanah, SDA ini dibutuhkan oleh tumbuh-tumbuhan untuk hidup. Meskipun tanaman menyerap unsur hara dari tanah, kualitas dan kesuburan tanah dapat kembali seperti semula melalui proses alami ataupun melalui usaha manusia (pemupukan, pengairan, dan lainnya).

• Energi matahari, tumbuh-tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis sehingga menghasilkan energi dan makanan. Demikian juga dengan mahluk hidup lainnya, khususnya manusia yang membutuhkan energi matahari untuk menghasilkan energi terbarukan. Energi matahari merupakan salah satu sumber daya yang tidak akan habis. 2. SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui ( Non Renewable) Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah SDA yang jumlahnya terbatas sehingga akan habis/ punah jika digunakan secara terus-menerus.

Adapun yang termasuk dalam SDA jenis ini adalah produk tambang. Contoh SDA yang tidak apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan diperbaharui: • Batu Bara, batu bara merupakan hasil tambang yang dapat digunakan manusia sebagai bahan bakar. Alam menghasilkan SDA ini dari timbunan dan pembusukan sisa tumbuhan dimana prosesnya membutuhkan waktu jutaan tahun.

• Logam, sumber daya ini tidak dapat diperbaharui oleh alam dengan cepat. Beberapa jenis logan diantaranya emas, besi, aluminium, tembaga, timah, nikel, platina. Logam tersebut diperlukan untuk membuat berbagai jenis benda untuk kebutuhan manusia. • Minyak bumi, minyak bumi terbentuk dari jasad renik hewan yang tertimbun dalam waktu ribuan tahun.

Dan untuk mendapatkannya harus melalaui pengeboran sehingga manusia mendapatkan minyak mentah untuk diolah menjadi bensin, minyak tanah, solar, parafin, dan lain sebagainya. C. SDA Berdasarkan Kegunaannya SDA penghasil energi 1. SDA Penghasil Energi SDA penghasil energi adalah semua kekayaan alam yang dapat menghasilkan energi yang dibutuhkan oleh manusia. Beberapa contoh SDA yang memproduksi energi adalah: • Sinar matahari • Air sungai • Udara/ angin • Gas bumi • Ombak laut 2.

SDA Penghasil Bahan Baku SDA penghasil bahan baku adalah semua kekayaan alam yang dapat dipakai untuk menghasilkan suatu benda/ barang yang memiliki nilai jual/ guna.

Beberapa yang termasuk SDA yang memproduksi bahan baku adalah: • Hasil pertanian • Hasil hutan • Barang tambang Baca juga: Pengertian Geografi Manfaat Sumber Daya Alam Secara umum, SDA memberikan banyak manfaat bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia. Adapun beberapa manfaat SDA adalah sebagai berikut: • Sumber Bahan Makanan; Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air, hewan, dan tumbuh-tumbuhan merupakan bahan makanan/ minuman yang dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup.

Misalnya daging, sayuran, tepung, dan bahan makanan lainnya yang berasal dari alam. • Sumber Bahan Bakar dan Energi; Manusia telah menemukan cara untuk mengubah SDA menjadi energi untuk memenuhi kebutuhannya.

Misalnya energi matahari yang dapat diubah menjadi energi listrik. • Pengembangan Teknologi; Peradaban manusia di bumi selalu mengalami perubahan dengan disertai adanya teknologi dan inovasi di berbagai bidang. Dalam hal ini, proses inovasi tersebut tentu membutuhkan SDA alam secara terus menerus sehingga menghasilkan teknologi terbaru yang memudahkan manusia.

• Menjaga Keseimbangan Alam; Selain untuk menunjang kehidupan umat manusia, SDA juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Ketika SDA dieksploitasi secara besar-besaran maka akan merusak keseimbangan alam itu sendiri.

Baca juga: Arah Mata Angin Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian sumber daya alam, jenis dan contohnya, serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.
Sumber daya alam (natural resources) merupakan anugerah Tuhan yang sangat besar bagi kehidupan mahluk bumi.

Sejak bumi ini dihuni, manusia dan mahluk lainnya telah bergantung pada hal-hal yang secara bebas tersebar di atasnya untuk bertahan hidup.

Hal tersebut mencakup air, laut, tanah, batu hutan, hewan, ikan, bahan bakar, fosil dan bahan galian lain. Semuanya adalah bagian dari sumber daya alam dan menjadi dasar kehidupan manusia di bumi. Semua yang disebutkan tadi adalah alami dan mereka ada melimpah di alam. Tidak ada manusia yang menciptakan sumber daya alam itu. Semua bagian sumber daya alam tersebut terkait satu sama lain dan jika ada salah satu yang terganggu maka akan ada sumber daya alam lain yang terkena dampaknya.

Contohnya jika air disedot terus dari dalam tanah maka vegetasi, tanah dan hewan bahkan udara akan terkena dampak negatifnya.

Sumber daya alam dapat digunakan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh, manusia seara langsung tergantung pada hutan untuk makanan, biomassa, kesehatan rekreasi dan meningkatkan kenyamanan hidup. Secara tidak langsung hutan berfungsi mengontrol iklim mikro dan makro, pengendali banjir dan pengontrol oksigen. Sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan Setiap bagian rumah kamu terbuat dari bahan kayu yang berasal dari sumber daya alam.

Jendela, kaca, piring, kasur dan lainnya berasal dari hal yang berada di alam. Sumber daya alam dapat berwujud berbagai macam ada yang padat, cair atau gas. Atau juga berupa bahan organik dan non organik, logam atau non logam, terbarukan atau tidak terbarukan.

Sumber daya alam terbarukan atau renewable adalah semua hal yang secara terus-menerus tersedia atau dapat diganti atau pulih dalam waktu relatif cepat seperti tumbuhan.

Hewan juga termasuk sumber daya alam terbarukan karena dengan sedikit perawatan, mereka dapat berkembang biak secara alami.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Meski pun begitu jika kecepatan pemulihan dan eksploitasi tidak seimbang maka akan menjadi sumber daya yang tidak bisa dipulihkan. Sumber daya alam tak terbarukan adalah semua hal yang tidak dapat diganti atau dipulihakan dengan cepat setelah mereka dieksploitasi. Contohnya adalah bahan bakar fosil, mineral bahan galian. Beberapa hewan juga termasuk tidak terbarukan jika diburu secara terus menerus tanpa melihat kecepatan reproduksi mereka, contohnya Badak Jawa, dan Panda. Sumber daya alam anorganik terbagi menjadi sifat metal dan non metal.

Sumber daya alam metal atau logam adalah semua hal yang mengandugn unsur logam di dalamnya. Sifat fisiknya lebih keras, mengkilap dan dapat dilelehkan menjadi berbagai produk.

Contohnya besi, tembaga dan timah. Sementara sumber daya alam non metal adalah semua hal yang tidak mengandung logam di dalamnya.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Sifatnya lebih lunak dan tidak mengkilap. Contohnya adalah tanah liat dan batu bara. Baca juga: Air tanah freatik dan artesis itu apa?
Sumber daya terbarukan dapat digantikan oleh proses alam secepat manusia menggunakannya.

Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Sumber daya tak terbarukan yang ada dalam jumlah tetap. Mereka dapat digunakan. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara. Terbarukan atau tak terbarukan, apa bedanya?

Itu seperti meminta perbedaan antara memiliki pasokan tak berujung dan memiliki persediaan terbatas. Akankan planet ini akhirnya kehabisan minyak? Mungkin. Jadi minyak adalah sumber daya tak terbarukan. Sumber terbarukan dan tak terbarukan Sumber daya alam adalah sesuatu yang disediakan oleh alam yang membantu mendukung kehidupan.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Ketika Anda memikirkan sumber daya alam, Anda mungkin berpikir tentang mineral dan bahan bakar fosil. Namun, ekosistem dan fasilitas yang mereka berikan juga sumber daya alam. Keanekaragaman hayati merupakan sumber daya alam juga.

Sumber Daya terbarukan Sumber daya terbarukan dapat diisi ulang oleh proses alam secepat manusia menggunakannya. Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Mereka tidak terancam habis (lihat Gambar di bawah).

Logam dan mineral lainnya yang terbarukan juga. Mereka tidak hancur ketika mereka digunakan dan dapat didaur ulang.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Makhluk hidup dianggap terbarukan. Hal ini karena mereka dapat mereproduksi untuk menggantikan dirinya. Namun, mereka dapat lebih-digunakan atau disalahgunakan ke titik kepunahan. Agar benar-benar terbarukan, mereka harus digunakan secara berkelanjutan. Pemanfaatan berkelanjutan adalah penggunaan sumber daya dengan cara yang memenuhi kebutuhan masa kini dan juga mempertahankan sumber daya untuk generasi mendatang. Angin merupakan contoh sumber daya terbarukan. Turbin angin seperti ini memanfaatkan hanya sebagian kecil dari energi angin.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Sumber daya tak terbarukan Sumber daya tak terbarukan adalah sumber daya alam yang ada dalam jumlah tetap dan tidak dapat digunakan terus menerus. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara, dan gas alam.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Bensin dibuat dari minyak mentah. Minyak mentah dipompa keluar dari tanah adalah cairan hitam yang disebut minyak bumi, yang merupakan sumber daya tak terbarukan.

Bahan bakar ini terbentuk dari sisa-sisa tanaman lebih dari ratusan juta tahun. Kita menggunakan mereka jauh lebih cepat daripada pembuatan kembali mereka. Pada tingkat penggunaan saat ini, minyak bumi akan habis hanya dalam beberapa dekade dan batubara dalam waktu kurang dari 300 tahun.

Batubara adalah sumber daya terbarukan yang lain. Dalam perut bumi, terkandung minyak bumi yang terbentuk dari sisa-sisa jasad renik hewan laut yang telah mati jutaan tahun yang lampau. Sisa-sisa jasad renik ini mengalami perubahan struktur kimia, berubah menjadi minyak.

Minyak ini masih belum bisa digunakan secara langsung karena masih membutuhkan proses pengolahan lebih lanjut. Minyak bumi adalah termasuk salah satu sumber daya alam yang tak dapat diperbaharui. Artinya, untuk dapat memperolehnya lagi dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun untuk membentuknya. Ini mengapa harga minyak bumi di pasaran dunia akhir-akhir ini terus melambung. Persediaan minyak bumi semakin menipis, sedangkan tambang minyak baru masih belum ditemukan. Batu bara terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan seperti kayu, dedaunan, ranting dan akar pepohonan yang telah mati berjuta-juta tahun yang lalu, mengalami sedimentasi dan proses perubahan struktur rumus kimia penyusunnya, sehingga dari sisa-sisa tumbuhan itu mengeras dan terbentuklah batu bara.

Batu bara dapat digunakan sebagai bahan bakar kereta uap pada jaman dahulu. Juga, dapat digunakan sebagai bahan bakar penghangat rumah (berbitumen) pada rumah-rumah bangsa yang negaranya mengalami musim dingin. Batu bara sekarang lebih babyak dipakai sebagai dalam bentuk briket batu bara, yakni batu bara dalam bentuk padat yang digunakan sebagai konversi dari penggunaan minyak tanah. Penggunaan batu bara dalam skala besar biasanya digunakan dalam proyek pabrik.

Batu bara disini dipakai sebagai sumber energi untuk membangkitkan/ memanaskan uap yang digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), contohnya PLTU Paiton di Jawa Timur.

Tenaga nuklir juga dianggap sebagai sumber daya tak terbarukan karena menggunakan uranium secara cepat atau lambat akan habis. Hal ini juga menghasilkan limbah berbahaya yang sulit untuk membuangnya secara aman. Contoh apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui Mineral Logam 1) Nikel, dihasilkan di Kalimantan Barat, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

2) Emas dan perak, dihasilkan di Bengkalis (Sumatra), Bolaang Mongnodow (Sulawesi Utara), Cikotok (Jawa Barat), Logas (Riau), dan Rejang Lebong (Bengkulu).

3) Mangaan, dihasilkan di Kliripan (Yogyakarta), Tasikmalaya (Jawa Barat), Lampung, Maluku, NTB, dan Sulawesi Utara. 4) Timah, dihasilkan di Bangkinang (Riau), Dabo (Pulau Singkep), Manggar (Pulau Belitung), dan Sungai Liat (Pulau Bangka). 5) Tembaga, dihasilkan di Cikotok (Jawa Barat), Kompara (Papua), Sangkarapi (Sulawesi Selatan), dan Tirtamaya (Jawa Tengah).

6) Bijih besi, dihasilkan di Cilacap (Jawa Tengah), Cilegon (Banten), Gunung Tegak (Lampung), Lengkabana dan Longkana (Sulawesi Tengah), Pulau Sebuku dan Suwang (Kalimantan Selatan). Contoh, pengolahan bijih besi oleh P.T. Krakatau Steel, Cilegon, Jawa Barat dan pasir besi diolah oleh P.N.

Aneka Tambang, Cilacap, Jawa Tengah. 7) Bauksit, dihasilkan di Pulau Bintan (Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), dan Kalimantan Tengah. Mineral Bukan Logam 1) Gips, dihasilkan di Cirebon (Jawa Barat), NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara. 2) Marmer, dihasilkan di Besok daerah Wajak, Tulungagung (Jawa Timur), DIY, Papua, Lampung, dan Sumatra Barat.

3) Yodium, dihasilkan di Semarang (Jawa Tengah) dan Jombang (Jawa Timur). 4) Intan, dihasilkan di Kalimantan Selatan, sedangkan tempat pengasahannya di Martapura. 5) Aspal, dihasilkan di Pulau Buton (Sulawesi Tenggara) dan Permigan Wonokromo (Jawa Timur).

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

6) Fosfat, dihasilkan di Bogor, Pangandaran (Jawa Barat), Gombong, Purwokerto, Jepara, Rembang (Jawa Tengah), dan Bojonegoro (Jawa Timur). 7) Garam, dihasilkan di Pulau Madura. 8) Garam batu, dihasilkan di Kepulauan Kei. Mineral Energi 1) Batubara, dihasilkan di Bukit Asam yang berpusat di Tanjungenim (Sumatra Selatan), Kotabaru yang berpusat di Pulau Laut (Kalimantan Selatan), Sungai Berau yang berpusat di Samarinda (Kalimantan Timur), dan Umbilin yang berpusat di Sawahlunto (Sumatra Barat). 2) Gas alam, dihasilkan di Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan), Jawa Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan.

3) Minyak bumi, dihasilkan di Babo (Papua), Cepu (Jawa Tengah), delta Sungai Brantas (Jawa Timur), Dumai (Riau), Kembatin (Kalimantan Tengah), Kepulauan Natuna (Riau), Klamano (Papua), Peureulak (Jawa Barat), Plaju (Sumatra Selatan), Pulau Bunyu (Kalimantan Timur), Pulau Seram (Maluku), Sungai Gerong (Sumatra Selatan), dan Surolangun (Jambi). Mengubah Sampah menjadi berharga Para ilmuwan di Massachusetts Technology yang mengubah sampah menjadi batubara, yang dapat dengan mudah digunakan untuk memanaskan rumah dan memasak makanan di negara-negara berkembang.

Batubara ini membakar lebih bersih daripada yang dari bahan bakar fosil. Hal ini juga menyimpan sejumlah besar energi. Fungsi Sumber Daya Alam sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi Pertumbuhan ekonomi yang cepat akan banyak faktor produksi yang diperlukan untuk proses produksi.

Semakin banyak faktor produksi yang diperlukan akan mengurangi tersedianya faktor produksi.

apa yang dimaksud sumber daya alam terbarukan

Menurunnya persediaan faktor produksi modal atau tenaga kerja, relatif lebih mudah diatasi dibandingkan dengan menurunnya faktor produksi sumber daya alam, karena faktor produksi sumber daya alam harus diambil dari tempat persediaan sumber daya alam tersebut. Selain itu, proses terbentuknya sumber daya alam membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tuntutan percepatan pertumbuhan ekonomi, seperti yang terjadi di negara-negara sedang berkembang, menuntut semakin banyak pula sumber daya alam yang diambil dan semakin sedikit jumlah persediaan sumber daya alam tersebut.

Dengan demikian ada hubungan yang positif antara jumlah dan kualitas sumber daya alam dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi sebaliknya ada hubungan yang negatif antara pertumbuhan ekonomi dan persediaan sumber daya alam di dalam bumi.

Pertumbuhan ekonomi selain mengurangi persediaan sumber daya alam, mempunyai dampak negatif juga terhadap lingkungan, karena percepatan pertumbuhan ekonomi biasanya diikuti dengan peningkatan sektor industri. Dengan meningkatnya sektor industri tingkat pencemaran terhadap lingkungan akibat limbah proses produksi juga meningkat. Ringkasan Sumber daya terbarukan dapat digantikan oleh proses alam secepat manusia menggunakannya.

Contoh termasuk sinar matahari dan angin. Sumber daya tak terbarukan yang ada dalam jumlah tetap. Mereka dapat digunakan. Contohnya termasuk bahan bakar fosil seperti batu bara.

Sumber Daya Alam (Hayati dan Non Hayati)




2022 charcuterie-iller.com