Apakah yang dimaksud elakan dalam pencak silat

Keterampilan Gerak Elakan dalam Pencak Silat – Pencak silat adalah salah satu kesenian bela diri asal Indonesia. Cabang olahraga yang mengandakan pertahanan dan serangan yang ini memang sudah sering dilombakan dalam tingkat kampung, regional, nasional hingga internasional.

Salah satu kunci untuk bisa melakukan pencak silat dengan benar adalah dengan menguasai teknik-teknik dasarnya, beberapa diantara teknik dasar dalam pencak silat yang penting adalah pukulan, tendangan, dan elakan.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai elakan dan pencak silat. Baca: 5 Teknik Pukulan Dalam Olahraga Pencak Silat Elakan adalah sebuah gerakan menghindari pukulan lawan dengan mengelak, yaitu dengan memindahkan posisi tubuh dari arah pukulan atau tendangan.

Keterampilan gerak elakan dalam pencak silat terdiri dari berbagai macam, diantaranya elakan bawah, elakan atas, elakan samping, dan elakan lurus atau berputar dalam posisi kuda-kuda.

Untuk penjelasan mengenai elakan kita mulai dari elakan bawah. Daftar Isi • 1. Elakan Bawah • 2. Elakan Atas • 3.

Elakan Samping • 4. Elakan Belakang Berputar 1. Elakan Bawah Cara melakukan elakan bawah adalah sebagai berikut.

• Sikap kuda-kuda depan. • Rendahkan tubuh dengan cara lutut ditekuk tanpa memindahkan letak posisi kaki. • Sikap tangan waspada. Kesalahan: kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan bawah dalam bela diri pencak silat adalah sikap kuda-kuda depan kurang baik atau kurang kuat, tubuh kurang kuat, dan tangan tidak siap.

• Sikap kuda-kuda depan. • Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk. • Sikap tangan tetap waspada. • Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul. Kesalahan: kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan atas dalam bela diri pencak silat adalah kuda-kuda depan kurang baik, tubuh kurang terangkat, kedua kaki tidak ditekuk saat mengangkat, tangan tidak siap, dan mendarat dengan kedua kaki secara bersamaan.

3. Elakan Samping Cara melakukan elakan samping adalah sebagai berikut. • Sikap kuda-kuda tengah.

• Pindahkan berat badan ke samping kiri/kanan dengan mengubah sikap kuda-kuda tengah menjadi kuda-kuda samping. • Sikap tangan tetap waspada. Kesalahan: kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan samping dalam bela diri pencak silat adalah Sikap kuda-kuda tengah kurang baik, Berat badan tidak dipindahkan ke kiri/kanan, dan Tangan tidak siap.

4. Elakan Belakang Berputar Cara melakukan elakan elakan belakang berputar adalah sebagai berikut. • Sikap kuda-kuda depan • Posisi badan sedikit dicondongkan ke belakang.

• Sikap tangan waspada. Kesalahan: kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan belakang berputar dalam bela diri pencak silat adalah Sikap kuda-kuda depan kurang kuat, badan tidak tidak dicondongkan ke belakang, dan Tangan tidak siap. Merdeka.com - Pencak silat adalah salah satu beladiri yang berasal dari Indonesia.

Cabang beladiri yang satu ini memang sudah sering dilombakan dalam tingkat regional, nasional ataupun internasional. Salah satu kunci untuk bisa melakukan pencak silat dengan benar adalah dengan menguasai teknik-teknik dasarnya.

Elakan juga merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh orang yang mempelajari pencak silat. Elakan adalah sebuah pembelaan yang dilakukan dengan sikap kaki yang nggak berpindah tempat tumpuan atau kembali ke tempat awal. Elakan ini terdiri dari mengelakkan badan dari serangan lurus depan dan samping. Gerakan ini diawali dengan sikap kuda-kuda depan dan memindahkan berat badan ke arah belakang dengan sikap tubuh dan tangan selalu waspada.

Ada beberapa jenis elakan, yaitu: BACA JUGA: Pentingnya Kepedulian Terhadap Lingkungan, Ketahui Penerapannya Faktor Internal dan Eksternal Pelanggaran HAM, Berikut Penjelasannya 3. Elakan atas: Bertujuan untuk mengelakkan diri dari serangan di bagian bawah. Cara melakukannya yaitu dengan mengangkat kedua kaku dengan posisi tungkai ditekuk. Akhiri dengan mendarat kaki silang disusul dengan kedua kaki.

4. Elakan samping: Tujuan elakan ini adalah mengelakkan diri dari serangan lurus depan atas. Dari sikap kangkang, pindahkan badan ke samping dengan mengubah kuda-kuda awal. Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang 4 jenis elakan yang ada dalam teknik dasar pencak silat.

(mdk/iwe)
MaoliOka berbagi. Baiklah kali ini MaoliOka ingin berbagi kembali tentang pencak silat, kali ini yang ingin disampaikan adalah tentang Macam - Macam Gerakan Elakan Dalam Pencak Silat.

Silahkan simak juga pembahasan sebelumnya yaitu macam - macam gerakan tendangan dalam pencak silat. Baiklah supaya tidak terlalu panjang pembahasannya silahkan simak uraian dibawah ini.

Macam - Macam Gerakan Elakan Dalam Pencak Silat Teknik Elakan Dalam Pencak Silat – Pencak silat merupakan salah satu kesenian bela diri yang berasal dari Indonesia. Cabang olahraga yang mengandalkan pertahanan dan juga serangan ini memang sduah sering di pertandingkan atau dilombakan baik dalam tingkat kampung, regional, nasional dan bahkan hingga Internasional.

Untuk bisa menguasai pencak silat dengan baik dan benar. Salah satu kuncinya adalah dengan bisa dan mampu menguasai teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu.

Ada beberapa teknik dasar dalam pencak silat yang harus mampu di pelajari dan di kuasai dengan baik diantaranya, teknik apakah yang dimaksud elakan dalam pencak silat, teknik pukulan, teknik tendangan, teknik elakan dan teknik tangkisan.

Dan pada ulasan dan kesempatan kali ini, yang akan kita bahas terkait teknik dasar elakan dalam pencak silat. Sebelum kita lebih jauh mempelajari teknik dasar elakan dalam pencak silat. Sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu pengertian dari elakan. Yang di maksud elakan dalam pencak silat adalah sebuah gerakan untuk menghindari pukulan lawan dengan mengelak.

Dan upaya mengelak ini bisa di lakukan dengan memindahkan posisi tubuh dari arah pukulan atau tendangan yang dilakukan oleh pihak lawan bertanding. Jadi keterampilan gerak elakan dalam bela diri pencak silat sangat penting untuk dipelajari dan dikuasi dengan baik agar bisa menjadi pesilat yang kuat dan sulit untuk dikalahkan oleh lawan bertanding. Karena fungsi utama dari gerak elakan untuk menghindari serangan yang dilakukan oleh pihak lawan, baik lewat pukulan maupun tendangan.

Dan tentunya jika Anda tidak mampu menguasai gerakan elakan dengan baik dan benar, bisa jadi serangan lawan akan datang secara bertubi tubi mengenai bagian tubuh kita dan kita bisa menelan kekalahan. Untuk keterampila gerak elakan dalam pencak silat juga di bagi menjadi bebera macam, diantaranya elakan bawah, elakan atas, elakan sampnig dan elakan lurus atau berputar dalam posisi kuda-kuda.

Untuk penejelasan mengenai teknik elakan adalah sebagai berikut ini. 4 Macam Teknik Dasar Elakan Dalam Pencak Silat: 1. Elakan bawah Adapun cara untuk melakukan elakan bawah adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda depan. – Rendahkan tubuh dengan cara lutut ditekuk dengan tanpa memindahkan letak posisi kaki. – Sikap tangan waspada Kesalahan: Kesalaha yang sering dilakukan atau sering terjadi ketika melakukan gerak elakan bawah dalam beladiri pencak silat adalah, sikap kuda kuda depan kurang baik dan masih kurang kuat, tubuh kurang kuat dan posisi tangan tidak siap.

2. Elakan Atas Adapun cara untuk melakukan elakan atas adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda depan.

– Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk. – Sikap tangan tetap waspada – Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul.

Kesalahan: Kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan ketika melakukan gerak elakan atas dalam bela diri pencak silat adalah kuda-kuda depan kurang baik, tubuh kurang terangkat, kedua kaki tidak ditekuk saat mengangkat, tangan tidak sipa dan mendarat dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan.

3. Elakan Samping Cara melakukan gerakan elakan samping adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda tengah. – Pindahkan berat badan ke samping kiri atau kanan dengan mengubah posisi kuda-kuda tengan kemudian beralih menjadi kuda-kuda samping. – Sikap tangan tetap waspada.

Kesalahan: Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan samping dalam beladiri pencak silat adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, berat badan tidak dipindahkan ke kiri atau ke kanan dan juga posisi tangan tidak siap. 4. Elakan Belakang Berputar Adapun cara untuk melakukan elakan belakang berputar adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda depan.

– Posisi badan sedikit di condongkan ke belakang. – Sikap tangan waspada. Kesalahan: Kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan ketika melakukan gerak elakan belakang berputar dalam beladiri pencak silat adalah sikap kuda-kuda depan kurang kuat, badan tidak dicondongkan ke belakang dan posisi tangan tidak siap. Nah, demikian tadi terkait ulasan dan penjelasan 4 macam teknik dasar elakan dalam pencak silat yang sudah disertai dengan cara melakukan gerakannya dan juga kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan.

Semoga artikel terkait teknik dasar elakan dalam pencak silat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang masih tahap pemula atau mempelajari dan menggemari pencak silat. Di era covid 19 ini selalu rajin berolahraga, makan makanan sehat dan selalu jaga imunitas tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Sekian terima kasih dan salam olahraga. Artikel ini di tulis oleh tim jamkesehatan.com distributor alat kesehatan dr laser, demoga bermanfaat.

TEKNIK ELAKAN PENCAK SILAT




2022 charcuterie-iller.com