Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Contoh Soal 1. Pernyataan berikut yang bukan termasuk sifat gelombang elektromagnetik adalah …. a) merupakan gelombang transversal b) dapat merambat diruang hampa c) arah perambatannya tegak lurus d) dapat mengalami pembiasan e) apat mengalami polalisasi 2. Gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3×10 8 ms -1. Apabila frekuensi gelombang tersebut 20MHz, maka panajang gelombangnya adalah …. a) 5m b) 10m c) 15m d) 20m e) 25m 3.

Gelombang elektromagnetik yang mempunyai daerah frekuensi 10 4sampai 10 7Hz adalah …. a) gelombang mikro b) gelombang radio c) gelombang tampak d) sinar inframerah e) sinar gamma 4. Rentang frekuensi medium wave pada gelombang radio adalah ….

a) 30MHz – 300HHz b) 300MHz – 3GHz c) 30kHZ – 300kHz d) 300kHz – 3MHz e) 13MHz – 30MHz 5. Rentang panjang gelombang radio VHF adalah …. a) 30.000m – 3.000m b) 3.000m – 300m c) 300m – 30 m d) 3m – 0,3m e) 30m – 3m 6.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Gelombang elektromagnetik yang mempunyai frekuensi paling tinggi adalah …. a) gelombang mikro b) gelombang radio c) cahaya tampak d) sinar inframerah e) sinar gamma 7. Spektrum elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang 10 -3m sampai 10 -6m adalah ….

a) gelombang mikro b) gelombang radio c) cahaya tampak d) sinar inframerah e) sinar gamma 8. Sinar yang dapat membantu penglihatan kita adalah …. a) gelombang mikro b) gelombang radio c) cahaya tampak d) sinar inframerah e) sinar gamma 9. Spektrum warna sinar tampak yang memiliki panjang gelombang terpendek adalah ….

a) kuning b) merah c) ungu d) hijau e) biru 10. Matahari merupakan sumber utama dari ….

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

a) gelombang radio b) sinar ultraviolet c) cahaya tampak d) sinar inframerah e) sinar gamma 11. Gelombang radar adalah gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan untuk… a) mengenal unsur-unsur suatu benda b) mencari jejak suatu benda c) memasak makanan dengan cepat d) membunuh sel kanker e) mensterilkan peralatan kedokteran 12.

Kegunaan sinar x dalam kehidupan manusian diantaranya adalah… a) membunuh sel-sel kanker b) menganalisis struktur kristal c) membawa informasi alat komunikasi d) sebagai remote kontrol tv e) mendeteksi keaslian uang kertas 13.

Gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan untuk … a) membunuh sel kanker b) memeriksa cacat logam c) mencari jejak sebuah benda d) memasak makanan dengan cepat e) mensterilkan peralatan kedokteran 14.

Yang termasuk gelombang elektromagnetik adalah… a) Dapat didefraksikan tetapi tidak dapat dipolarisasikan b) Dapat dipolarisasikan tetapi tidak dapat berinterferensi c) Dapat berinterferensi dan difraksi d) Dapat dibelokkan dalam medan magnet maupun medan listrik e) Memerlukan medium dalam perambatannya 15. Yang bukan merupakan sifat gelombang elektromagnetik adalah… a) Memerlukan medium b) Tidak menyimpang dalam medan magnet c) Arah getarannya tegak lurus arah rambatan d) Dapat dipantulkan dan dibiaskan e) Dapat menunjukkan gejala polarisasi 16.

Urutan spektrum gelombang elektromagnetik mulai dari frekuensi terbesar adalah… a) Inframerah, cahaya tampak, ultraviolet, sinar X b) Sinar gamma, sinar X, ultraviolet, inframerah c) Gelombang mikro, inframerah, ultraviolet, sinar tampak d) Gelombang TV, ultraviolet, sinar gamma, sinar X e) Ultraviolet, sinar X, sinar gamma, inframerah 17. Gelombang elektromagnetik yang mempunyai daerah frekuensi (10 16 – 10 20) Hz dan digunakan untuk teknologi kedokteran adalah….

a) gelombang radio b) sinar γ c) sinar x d) sinar ultraviolet e) inframerah 18. Jenis gelombang elektromagnetik yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit adalah…. a) Inframerah b) sinar x c) sinar gamma d) ultraviolet e. cahaya tampak 19. Sinar γ merupakan gelombang elektromagnetik yang sangat berbahaya pada makhluk hidup, karena sinar γ dapat menyebabkan….

a) kanker tulang b) kebakaran hutan c) membunuh sel dan kanker d) pemanasan global e) fermentasi pada klorofil 20. Pemanfaatan gelombang elektromagnetik dalam pengobatan memiliki efek menyembuhkan dan dapat merusak. Jenis gelombang elektromagnetik yang energinya paling besar sehingga dapat merusak jaringan sel manusia adalah… a) Inframerah b) Gelombang mikro c) Sinar gamma d) Ultraviolet e) Cahaya tampak 21.

Kegunaan sinar X dalam kehidupan manusia diantarnya adalah… a) Membunuh sel-sel kanker b) Menganalisis struktur kristal c) Membawa informasi alat komunikasi d) Sebagai remote control TV e) Mendeteksi keaslian uang kertas 22.

Manakah deretan gelombang elektromagnetik berikut yang urutanya berdasarkan energi foton dari yang kecil ke yang lebih besar? a) Cahaya tampak, inframerah, ultraviolet, sinar X b) Sinar gamma, sinar X, inframerah, cahaya tampak c) Cahaya tampak, ultraviolet, sinar X, sinar gamma d) Sinar gamma, sinar X, ultraviolet, cahaya tampak e) Ultraviolet, cahaya tampak, inframerah, sinar X 23.

1. Tabel berikut menunjukkan perbedaan antara gelombang elektromagnetik dan gelombang mekanik. Pernyataan di atas yang benar adalah …. a) (1), (2), dan (3) b) (1) dan (3) c) (2) dan (4) d) (4) e) (1)(2), (3), dan (4) 24.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Sifat-sifat berikut (1) berasal dari perubahan medan listrik dan medan magnet secara periodik (2) memerlukan medium untuk merambat (3) memiliki kecepatan rambat 3 × 108 m/s di ruang hampa (4) merupakan gelombang longitudinal yang merupakan sifat-sifat gelombang elektromagnetik adalah …. a) (1), (2), dan (3) b) (1) dan (3) c) (2) dan (4) d) (4) e) (1), (2), (3), (4) 25. Urutan gelombang elektromagnetik berikut dengan frekuensi menurun adalah …. a) sinar-X, sinar inframerah, gelombang mikro, dan gelombang radio b) sinar inframerah, sinar-X, gelombang mikro, dan gelombang radio c) sinar-X, gelombang mikro, sinar inframerah, dan gelombang radio d) sinar-X, gelombang radio, sinar inframerah, dan gelombang mikro e) gelombang radio, gelombang mikro, sinar inframerah, dan sinar-X 26.

Gelombang elektromagnetik yang dapat dihasilkan oleh tumbukan antara elektron dan anode dalam tabung sinar katode adalah …. a) sinar-X b) sinar ultraviolet c) sinar gamma d) sinar inframerah e) sinar tampak 27. Spektrum gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang semakin kecil adalah …. a) sinar tampak, gelombang mikro, gelombang televisi, dan gelombang radio b) sinar tampak, gelombang televisi, gelombang mikro, dan gelombang radio c) gelombang mikro, sinar tampak, sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz televisi, dan gelombang radio d) gelombang radio, gelombang televisi, sinar tampak, dan gelombang mikro e) gelombang radio, gelombang televisi, gelombang mikro, dan sinar tampak 28.

Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan Hipotesis Maxwell adalah …. a) gelombang elektromagnetik adalah bagian dari cahaya b) gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal c) gelombang elektromagnetik adalah gelombang longitudinal d) gelombang elektromagnetik dapat dipolarisasikan e) gelombang elektromagnetik memiliki medan listrik dan medan magnet 29.

Pernyataan tentang elektromagnetik berikut ini yang benar adalah …. a) kecepatan gelombang radio sama besar dengan kecepatan cahaya di ruang hampa b) frekuensi sinar inframerah sama dengan frekuensi cahaya merah c) panjang gelombang sinar ultraviolet lebih besar daripada panjang gelombang cahaya biru d) frekuensi gelombang radar lebih besar daripada frekuensi sinar-X e) panjang gelombang cahaya kuning lebih besar daripada panjang gelombang sinar inframerah 30.

Kelompok warna cahaya berikut ini yang panjang gelombangnya makin kecil secara berurutan adalah …. a. biru-hijau-kuning-merah b) biru- kuning-hijau-merah c) merah-biru-hijau-kuning d) merah-kuning-hijau-biru e) merah-hijau-kuning-biru 31.

Pernyataan tentang gelombang elektromagnetik berikut ini yang tidak benar adalah …. a) gelombang elektromagnetik dapat dipolarisasikan b) gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal c) gelombang elektromagnetik adalah gelombang longitudinal d) gelombang elektromagnetik dapat merambat di ruang hampa e) gelombang elektromagnetik dapat didifraksikan 32.

Pernyataan tentang gelombang radio berikut ini yang tidak benar adalah …. a) merupakan gelombang transversal b) kecepatan di ruang hampa = 3 × 108 m/s c) frekuensinya lebih rendah daripada frekuensi gelombang mikro d) panjang gelombangnya lebih kecil daripada inframerah e) dipantulkan oleh lapisan ionosfer 33.

Kelompok gelombang elektromagnetik berikut ini yang frekuensinya lebih besar daripada frekuensi sinar hijau adalah …. a) gelombang radio, gelombang TV, sinar inframerah. b) sinar-X, sinar ultraviolet, sinar gamma c) sinar inframerah, sinar ultraviolet d) cahaya tampak, sinar-X, sinar gamma e) inframerah, sinar tampak, sinar ultraviolet 34.

Pernyataan tentang sinar-X yang benar adalah …. a) panjang gelombangnya lebih pendek daripada ultraviolet b) daya tembusnya sangat rendah c) frekuensinya lebih kecil daripada cahaya tampak d) tidak sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz dipolarisasikan e) tidak dapat dibiaskan 35.

Di antara nama-nama gelombang elektromagnetik berikut, yang memiliki frekuensi terkecil adalah …. a) sinar ultraviolet b) sinar gamma c) sinar ungu d) sinar-X e) sinar inframerah 36. Sinar gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi terbesar adalah …. a) sinar γ b) sinar inframerah c) sinar α d) sinar β e) sinar ultraviolet 37. Dari spektrum gelombang elektromagnetik, urutan cahaya tampak yang memiliki panjang gelombang terbesar adalah ….

a) sinar merah b) biru c) ungu d) kuning e) hijau 38. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang …. a) gelombang longitudinal b) gelombang transversal c) gelombang suara d) gelombang bunyi e) gelombang tekan 39. Kecepatan perambatan gelombang elektromagnetik bergantung pada ….

a) frekuensi gelombang b) panjang gelombang c) frekuensi dan panjang gelombang d) permitivitas dan permeabilitas medium e) semua jawaban di atas salah 40.

Gelombang elektromagnetik tidak dipengaruhi oleh medan magnetik maupun medan listrik, hal ini disebabkan gelombang elektromagnetik …. a) memiliki kecepatan tinggi b) tidak bermassa c) tidak bermuatan listrik d) tidak bermassa dan tidak bermuatan listrik e) memiliki frekuensi yang tinggi 41. Berikut ini adalah sifat gelombang elektromagnetik. (1) merambat lurus (2) merupakan medan listrik dan medan magnet (3) merupakan gelombang longitudinal (4) merupakan gelombang transversal Pernyataan yang benar adalah ….

a) (1), (2), dan (3) b) (1), (3), dan (4) c) (2), (3), dan (4) d) (1), (2), dan (4) e) (1), (2), (3), dan (4) 42. Peristiwa bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik yang arah getar dan arah rambatnya saling tegak lurus adalah …. a) refraksi b) refleksi c) polarisasi d) interferensi e) difraksi 43. Urutan gelombang elektromagnetik mulai dari frekuensi kecil ke frekuensi yang besar adalah….

a) sinar γ,sinar ungu, infra merah, ultra ungu b) sinar γ,ultra ungu, infra merah, sinar x c) infra merah, ultra ungu, sinar x, sinar γ d) sinar x, sinar γ, ultra ungu, infra merah e) infra merah, sinar γ, sinar x, ultra ungu Soal Esayy • Sebuah pemancar radio bekerja pada daerah frekuensi 600 kHz dan 90 MHz. Berapa panjang gelombang siaran yang diterima pesawat radio?

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

• Sebuah gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 × 10 8 m/s. Jika panjang gelombangnya 30 m, maka tentukan frekuensi gelombang tersebut? • Melalui antena sebuah radar pesawat terbang, dipancarkan pulsa gelombang radar. Pulsa gelombang yang pertama dipancarkan, diterima kembali oleh antena pesawat setelah 2 × 10 -4 Berapa jarak objek dari pesawat? • Sebuah pemancar radio bekerja pada daerah frekuensi 600 kHz dan 900 kHz.

Berapa panjang gelombang siaran yang diterima pesawat radio? • Sebuah pemancar radio bekerja pada gelombang 1,5 m.

Jika cepat rambat gelombang radio 3.108 m/s, pada frekuensi berapakah stasion radio tersebut bekerja? • Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, tentukan panjang gelombangnya! • Gelombang elektromagnetik dalam suatu medium memiliki kelajuan 2,8 x 10 8 m/s.Jika permitivitas medium 12,76 x 10 –7 wb/Am, tentukanlah permeabilitas medium tersebut. • Sebuah gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 x 10 8 m/s.

Jika panjang gelombangnya 30 m, maka tentukan frekuensi gelombang tersebut? • Gelombang elektromagnetik memiliki panjang gelombang 750 nm. • Berapakah frekuensinya? • Apakah sebutan atau nama gelombang elektromagnetik ini? • Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya selama satu tahun.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Berapa km jarak 1 tahun cahaya? • Tentukanlah kecepatan gelombang elektromagnetik pada bahan yang permitivitasnya 2 × 10–12 C2/Nm2 dan permeabilitas bahan 8 × 10–6 Ns2/C2. • Gelombang elektromagnetik dipancarkan oleh suatu pemancar dengan frekuensi 30 Mhz, berapakah panjang gelombang yang dipancarkan?

• Jelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal. • Sebutkan sifat-sifat dari gelombang elektromagnetik. • Mengapa sinar-X tidak dapat dibelokkan oleh medan listrik maupun medan magnet? • Sebutkan dan urutkan jenis-jenis spektrum gelombang elektromagnetik dari sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz terendah ke frekuensi tertinggi.

• Sebutkan dan urutkan berdasarkan panjang gelombang (dari yang terpendek hingga terpanjang) dari jenisjenis cahaya tampak. • Sebutkan dan jelaskan manfaat dari gelombang mikro dalam kehidupan sehari-hari.

Itulah tadi jawaban dari sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340, semoga membantu. Kemudian, Buk Guru sangat menyarankan siswa sekalian untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia adalah sebagai berikut kecuali dengan penjelasan jawaban dan pembahasan yang lengkap.

Kategori SMP Navigasi Tulisan Postingan Baru • klasifikasi desa berdasarkan kegiatan pokok atau kegiatan yang menonjol yaitu • bahan nabati adalah • pokok teori atom thomson dititikberatkan pada • how many persons is the cake for • gas hasil pembakaran sempurna senyawa hidrokarbon adalah • salah satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode • Perkebunan teh dan kopi banyak ditemukan di daerah dataran?

• Contoh cara untuk melestarikan kebudayaan nasional? • Yang dimaksud dengan seni pantomim adalah? • Mengapa pipa pada termometer raksa dibuat sangat sempit (pipa kapiler)?
Diket : Jumlah getaran n = 960 waktu getar t = dua menit = 120 sekon a) periode getaran T = t /n T = 120 / 960 sekon T = 0,125 sekon b) frekuensi getaran f = n/t f = 960 / 120 f = 8 Hz 12.

Periode suatu getaran adalah 1/2 detik. Tentukan: a) frekuensi getaran b) jumlah getaran dalam 5 menit penyelesaian Diket : T = 1/2 sekon t = 5 menit = 5 x 60 = 300 sekon a) frekuensi getaran f = 1/T f = 1/(0,5) f = 2 Hz b) jumlah getaran dalam 5 menit = 300 sekon n = t x f n = 300 x 4 n = 1200 getaran 13. Frekuensi suatu getaran adalah 5 Hz. Tentukan: a) periode getaran b) banyak getaran yang terjadi dalam 2 menit penyelesaian Diket : a) T = 1/f T = 1/5 T = 0,2 sekon b) n = t x f n = 120 x 5 n = 600 getaran 14.

Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, tentukan panjang gelombangnya! penyelesaian Diket : ν = 340 m/s f = 50 Hz λ = . λ = ν / f λ = 340 / 50 λ = 6,8 meter 15. Periode suatu gelombang adalah 0,02 s dengan panjang gelombang sebesar 25 meter.

Hitunglah cepat rambat gelombangnya! penyelesaian Diket : Periode T = 0,02 s Panjang gelombang λ = 25 m Cepat rambat ν =. λ = T ν ν = λ / T ν = 25 / 0,02 ν = 1250 m/s 25. Irfan berdiri di tepi jalan. dari kejauhan datang sebuah mobil ambulans bergerak mendekati Irfan. 20 m/s. jika frekuensi sirine yg di panarkan mobil ambulan 8.640 Hz dan kecepatan gelombang bunyi di udara 340 m/s, tentukan frekuensi sirine yang didengarkan Irfan pada saat a.

mobil ambilan mendekati Irfan b. mobil ambulan menjauhi Irfan Penyelesaian 26. Suatu gas ideal memiliki tekanan 7,4 x 10⁵ N/m²dan rapat massanya 1,5 kg/m³. jika di ketahui tetapan Laplace untuk gas tersebut adalah 1,4. Tentukan kecepatan perambatan gelombang bunyi dalam gas tersebut penyelesaian dietahui ρ= 7,4 x 10⁵ N/m² p= 1,5 kg/m³ γ y =1,4 Jawab v =√ P/p =√ (1,4) (7,4 x 10^5 Nm2)/(1,4 kg/m3 =860,23 m/s 27.

Gelombang pada permukaan air merambat dengan kecepatan 4 m/s. Jika jarak antara 3 bukit gelombang yang berturutan adalah 32 m, tentukan a. Panjang gelombangnya b. frekuensi gelombang tersebut penyelesaian: diketahui v = 4m/s 5 bukit = 32 m 4 λ = 32m ditanyakan a.

λ? b. f ? jawab a.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

λ= 32/4 = 8 m b. f = v/λ = 4/8 = 1/2 Hz 28. Titik O merupakan sumber bunyi yang bergetar terus menerus sehingga menghasilkan gelombang berjalan dari O ke P dengan kecepatan merambat 80 m/s, amplitudo 14 cm, dan frekuensi 20 Hz. Titik Q berada 9 m dari O. jika titik O telah bergetar 16 kali, hitunglah: a.

Simpangan di Q jika titik O memulai gerakannya ke bawah b. fase di Q Penyelesaian Diketahui: A = 14 cm f = 20 Hz v = 80 m/s x = 9 Σ getaran = 16 Ditanyakan: a. y = .? b. ф = .?

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Jawab: a. simpangan di Q periode getaran (T) = 1/f ν = 340 m/s λ = 5 m f = . Hz Hubungan panjang gelombang, cepat rambat dan frekuensi gelombang: f = ν / λ f = 340 / 5 f = 68 Hz 30. Sebuah kapal mengukur kedalaman suatu perairan laut dengan menggunakan perangkat suara. Bunyi ditembakkan ke dasar perairan dan 5 detik kemudian bunyi pantul tiba kembali di kapal.

Jika cepat rambat bunyi di dalam air adalah 1500 m/s, tentukan kedalaman perairan tersebut! penyelesaian Menentukan jarak dua tempat (kedalaman) dengan pantulan bunyi: S = (ν x t) / 2 S = (1500 x 5) / 2 S = 3750 meter 31.

Saat cuaca mendung seorang anak mendengar bunyi guntur 1,5 detik setelah terlihat kilat. Jika cepat rambat bunyi di udara adalah 320 m/s, tentukan jarak sumber petir dari anak tersebut! penyelesaian Mencari frekuensi terlebih dahulu: f = ν / λ f = 330 / 1,5 f = 220 Hz Bunyi dengan frekuensi antara 20 hingga 20000 Hz tergolong audiosonikbisa didengar oleh manusia.

Selengkapnya : infrasonik : frekuensi bunyi lebih kecil dari 20 Hz ultrasonik : frekuensi bunyi lebih besar dari 20000 Hz 35.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Gelombang bunyi dari suatu sumber memiliki cepat rambat 340 m/s. Jika frekuensi gelombang bunyi adalah 500 Hz, tentukan panjang gelombangnya! penyelesaian ν = 340 m/ s f = 500 Hz λ = . Hubungan panjang gelombang, cepat rambat sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz frekuensi gelombang: λ = ν / f λ = 340 / 500 λ = 0,68 m 36.

Senar I dan senar II memiliki panjang yang sama. Jika luas penampang senar I adalah tiga kali luas penampang senar II, tentukan : a) perbandingan frekuensi senar I dan senar II, anggap senar memiliki tegangan yang sama b) frekuensi senar II jika frekuensi senar I adalah 500 Hz penyelesaian a) f 1 / f 2 = A 2 / A 1 f 1 / f 2 = A 2 / 3A 2 f 1 : f 2 = 1: 3 b) f 1 : f 2 = 1: 3 f 2 = 3 x f1 f 2 = 3 x 500 f 2 = 1500 Hz 37. Resonansi pertama sebuah tabung kolom udara terjadi saat panjang tabung 15 cm.

Tentukan: a) panjang gelombang bunyi b) panjang kolom udara saat terjadi resonansi kedua c) panjang kolom udara saat terjadi resonasi ketiga d) panjang kolom udara saat terjadi resonansi keempat e) frekuensi bunyi, jika cepat rambat bunyi adalah 340 m/s penyelesaian a) panjang gelombang bunyi Resonansi pertama → L = ( 1/ 4) x λ 15 = ( 1/ 4) x λ λ = 4 x 15 λ = 60 cm b) panjang kolom udara saat terjadi resonansi kedua Resonansi kedua → L = ( 3/ 4) x λ L = ( 3/ 4) x 60 cm L = 45 cm c) panjang kolom udara saat terjadi resonasi ketiga Resonansi ketiga → L = (5/4) x λ L = ( 5/ 4) x 60 cm L = 75 cm d) panjang kolom udara saat terjadi resonansi keempat Resonansi keempat → L = ( 7/ 4) x λ L = ( 7/ 4) x 60 cm L = 105 cm e) frekuensi bunyi, jika cepat rambat bunyi adalah 339 m/s λ = 60 cm = 0,6 meter ν = 339 m/s f = .Hz f = ν / λ f = 339 / 0,6 f = 565 Hz 40.

Seorang tukang ketik mengetik begitu kencang menyebabkan, tingkat suara rata-rata adalah 60 dB. Berapakah tingkatan decibel bila 3 orang tukang ketik yang gaduh bekerja?

Pembahasan Diketahui : TI1 : 60 dB n : 3 Ditanyakan : TI3 ? Jawab : TIn = TI1 + 10 log n TI3 = 60 + 10 log 3 TI3 = 60 + 4,8 TI3 = 64,8 dB 41. Cahaya monokromatik melewati dua celah sempit yang sejajar. Jarak antara kedua celah adalah 0,6 mm. Jarak antara layar dengan kedua celah adalah 60 cm. Pola interferensi yang terjadi pada layar adalah berupa garis terang dan gelap yang dipisahkan oleh jarak yang sama. Jika jarak dua garis terang berdekatan adalah 0,2 mm, tentukan panjang gelombang cahaya yang digunakan.

42. Getaran gempa merambat dengan kecepatan 75 km/ s dengan frekuensi 30 Hz. Tentukan panjang gelombang getaran gempa tersebut! Pembahasan : λ= v/f = 75/30 = 2,5 km = 0,25 x 10⁴ 43.

Apa yang di maksud dengan taraf intensitas. Jawab perbandingan logaritma antara intensitas bunyi dengan intensitas ambang pendengaran 44. Jelaskan yang anda ketahui tentang infrasonik, audiosonik dan ultra sonik! Jawab: -infrasonik yaitu suara yang jangkauan frekuensinya <20 Hz -Audiosonik yaitu suara yang jangkauan frekuensinya antara 20-20.000 Hz -Ultrasonik yaitu suara yang jangkauan frekuensinya >20.000 Hz 45.

Jangkrik berjarak 4 m dari pendeteksi memiliki TI = 80 dB. Tetukan intensitas bunyi jangkrik, jika ada 1000 jangkrik, dan taraf intensitas jika seekor tawonnya berjarak 40 m (I0 = 10^-12 watt/m2) Penyelesaian Diketahui r1 = 4 m r2 = 40 m TI = 80 dB n = 1000 Ditanyakan TI2=?

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Jawab TI2 = TI1 + 10 log n = 80 + 10 log 1000 = 80-10.3 = 110 dB TI2 = TI - 20 log r2/r1 = 110-20 Log 40/4 = 110 -20. 1 = 90 dB 46. apa nama bahan yang dapat menyerap secara selektif. Jawab sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz Polaroid 47.

Dua buah garputala masing-masing frekuensinya 175 Hz dan 179 Hz, di bunyikan bersamaan. Hitunglah jumlah layangan yang terjadi. Penyelesaian Diketahui f1 = 175 Hz f2 = 179 Hz Ditanyakan Jumlah layangan Jawab Jumlah layangan per detik = f2-f1 = 179-175 = 4 48.

Sebuah sumber bunyi yang bergetar dengan daya 10 W. Sumber bunyi itu berbentuk titik dan memancarkan energi getaran dalam bentuk gelombang ke segala arah sama rata. Hitung taraf intensitas bunyi pada jarak 10 m dari sumber bunyi tersebut! Penyelesaian Diketahui P = 10 W R = 10 m Ditanyakan TI= .? Jawab: Karena sumber bunyi memancar ke segala arah, pancarannya berupa bola.

sehinggal, luas permukaan bola adalah A = 4πR² A = 4.π.(10)² A = 400π m ² ³³ maka 49. Sebuah cahaya merah datang tegak lurus pada kisi yang mempunyai 4000 garis setiap cm.

bila spektrum orde ke 3 membentuk sudut 400 terhadap garis normal kisi. Tentukan panjang gelombang cahaya merah tersebut. Penyelesaian Diketahui : d = 1/N = 1/4000 cm = 2,5. 10ˉpangkat -6 m Ditanyakan λ? Jawab: d sin θ= n. λ λ= d/N. sin θ = 2,5. 10 pangkat -6. sin 40˚/ 3 m = 0,54. 10 pangkat -6 m = 5.400 Å 50. Sebutkan gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensinya dari terkecil hingga terbesar! Jawab -Gelombang Radio -Gelombang TV -Radar -Sinar Inframerah -Sinar tampak -Sinar UV -Sinar X -Sinar gamma PG 1.

Seseorang bergerak dengan kecepatan 10 m/s mendekati sumber bunyi yang diam, frekuensi sumber bunyi 680 Hz. Setelah sampai di sumber bunyi orang tersebut menjauhi sumber bunyidengan kecepatan yang sama. Jika kecepatan bunyi diudara 340 m/s, maka perbandingan keduafrekuensi yang didengar ketika bergerak mendekati sumber dengan saat menjauhi sumberadalah ….

3. Dua pendengar X1dan X2 bergerak terhadap sumber bunyi s yang diam (lihat gambar). Kecepatan kedua pendengar sama yaitu 50 m/s. Kecepatan bunyi di udara 350 m/s dan frekuensi yang dihasilkan oleh sumber bunyi 1.000 Hz. Perbandingan frekuensi yang didengar X1 terhadap X2 adalah …. A. 1 : 2 B. 2 : 1 C. 2 : 3 D. 3 : 2 E. 4 : 3 4. Sebuah sumber bunyi yang diam didekati oleh pengamat X1 dan dijauhi oleh pengamat X2.

Kedua pengamat memiliki kecepatan yang sama yaitu 20 m/s. Sumber bunyi mengeluarkan frekuensi 850 Hz. Jika kecepatan bunyi diudara 340 m/s, perbandingan frekuensi yang didengar X1 dan X2 adalah …. A. 2 : 1 B. 4 : 3 C. 5 : 4 D. 8 : 7 E. 9 : 8 5. Sebuah sumber bunyi bergerak ke arah dua pendengar dengan kecepatan 50 m/s.

Kecepatan bunyi di udara 350 m/s dan frekuensi sumber bunyi 360 m/s. Jika satu pendengar diam dan yang lain bergerak menjauhi sumber bunyi dengan kecepatan yang sama dengan sumber bunyi, perbandingan frekuensi bunyi yang didengar oleh pendengar diam dan bergerak adalah ….

A. 1 : 2 B. 2 : 1 C. 3 : 4 D. 4 : 3 E. 7 : 6 6. Seorang anak berdiri di pinggir jalan. Dari arah utara datang mobil ambulans dengan kecepatan 288 km/jam dan membunyikan sirene 680 Hz.

Jika kecepatan bunyi di udara adalah 340 m/s, maka perbandingan frekuensi bunyi yang didengar anak saat mobil ambulans mendekat dan menjauh adalah …. A. 13 : 21 B. 15 : 16 C. 16 : 15 D. 18 : 17 E. 21 : 13 12.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

Gelombang longitudinal merambat. a. hanya dalam medium padat saja b. hanya dalam medium cair atau gas saja c. hanya dalam medium padat atau cair saja d. dalam medium padat, cair, ataupun gas e. dari segala macam medium di permukaan bumi Jawaban : (e) 13. Garpu tala X dan Y, bila dibunyikan bersama akan menghasilkan 300 layangan per menit.

18. sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 72 km/jam, mendekati stasiun sambil membunyikan peluit yang berfrekuensi 960 Hz. Kecepatan bunyi di dara 340 m/s. Bunyi yang di dengar oleh orang di stasiun berfrekuensi. a. 1.040 Hz b. 1.020 Hz c.

sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz

1.000 Hz d. 980 Hz e. 940 Hz Penyelesaian Diketahui Vs = 72 m/jam = 72.000/3600 = 20 m/s fs = 960 Hz V = 340 m/s Vp = 0 Ditanyakan fp = ? Jawab karena sumber mendekati pendengar maka (-) • 12 SMA • Peluang Wajib • Kekongruen dan Kesebangunan • Statistika Inferensia • Dimensi Tiga • Statistika Wajib • Limit Fungsi Trigonometri • Turunan Fungsi Trigonometri • 11 SMA • Barisan • Limit Fungsi • Turunan • Integral • Persamaan Lingkaran dan Irisan Dua Lingkaran • Integral Tentu • Integral Parsial • Induksi Matematika • Program Linear • Matriks • Transformasi • Fungsi Trigonometri • Persamaan Trigonometri • Irisan Kerucut • Polinomial • 10 SMA • Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz • Trigonometri • Skalar dan vektor serta operasi aljabar vektor • Logika Matematika • Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Wajib • Pertidaksamaan Rasional Dan Irasional Satu Variabel • Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel • Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel • Sistem Persamaan Linier Dua Variabel • Sistem Pertidaksamaan Linier Dua Variabel • Grafik, Persamaan, Dan Pertidaksamaan Eksponen Dan Logaritma • 9 SMP • Transformasi Geometri • Kesebangunan dan Kongruensi • Bangun Ruang Sisi Lengkung • Bilangan Berpangkat Dan Bentuk Akar • Persamaan Kuadrat • Fungsi Kuadrat • 8 SMP • Teorema Phytagoras • Lingkaran • Garis Singgung Lingkaran • Bangun Ruang Sisi Datar • Peluang • Pola Bilangan Dan Barisan Bilangan • Koordinat Cartesius • Relasi Dan Fungsi • Persamaan Garis Lurus • Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) • 7 SMP • Perbandingan • Aritmetika Sosial (Aplikasi Aljabar) • Sudut dan Garis Sejajar • Segi Empat • Segitiga • Statistika • Bilangan Bulat Dan Pecahan • Himpunan • Operasi Dan Faktorisasi Bentuk Aljabar • Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel • 6 SD • Bangun Ruang • Statistika 6 • Sistem Koordinat • Bilangan Bulat • Lingkaran • 5 SD • Bangun Ruang • Pengumpulan dan Penyajian Data • Operasi Bilangan Pecahan • Kecepatan Dan Debit • Skala • Perpangkatan Dan Akar • 4 SD • Aproksimasi / Pembulatan • Bangun Datar • Statistika • Pengukuran Sudut sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 ms jika frekuensi gelombang 50 hz Bilangan Romawi • Pecahan • KPK Dan FPB • 12 SMA • Teori Relativitas Khusus • Konsep dan Fenomena Kuantum • Teknologi Digital • Inti Atom • Sumber-Sumber Energi • Rangkaian Arus Searah • Listrik Statis (Elektrostatika) • Medan Magnet • Induksi Elektromagnetik • Rangkaian Arus Bolak Balik • Radiasi Elektromagnetik • 11 SMA • Hukum Termodinamika • Ciri-Ciri Gelombang Mekanik • Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner • Gelombang Bunyi • Gelombang Cahaya • Alat-Alat Optik • Gejala Pemanasan Global • Alternatif Solusi • Keseimbangan Dan Dinamika Rotasi • Elastisitas Dan Hukum Hooke • Fluida Statik • Fluida Dinamik • Suhu, Kalor Dan Perpindahan Kalor • Teori Kinetik Gas • 10 SMA • Hukum Newton • Hukum Newton Tentang Gravitasi • Usaha (Kerja) Dan Energi • Momentum dan Impuls • Getaran Harmonis • Hakikat Fisika Dan Prosedur Ilmiah • Pengukuran • Vektor • Gerak Lurus • Gerak Parabola • Gerak Melingkar • 9 SMP • Kelistrikan, Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi • Produk Teknologi • Sifat Bahan • Kelistrikan Dan Teknologi Listrik Di Lingkungan • 8 SMP • Tekanan • Cahaya • Getaran dan Gelombang • Gerak Dan Gaya • Pesawat Sederhana • 7 SMP • Tata Surya • Objek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Pengamatannya • Zat Dan Karakteristiknya • Suhu Dan Kalor • Energi • Fisika Geografi • 12 SMA • Struktur, Tata Nama, Sifat, Isomer, Identifikasi, dan Kegunaan Senyawa • Benzena dan Turunannya • Struktur, Tata Nama, Sifat, Penggunaan, dan Penggolongan Makromolekul • Sifat Koligatif Larutan • Reaksi Redoks Dan Sel Elektrokimia • Kimia Unsur • 11 SMA • Asam dan Basa • Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam • Larutan Penyangga • Titrasi • Kesetimbangan Larutan (Ksp) • Sistem Koloid • Kimia Terapan • Senyawa Hidrokarbon • Minyak Bumi • Termokimia • Laju Reaksi • Kesetimbangan Kimia Dan Pergeseran Kesetimbangan • 10 SMA • Larutan Elektrolit dan Larutan Non-Elektrolit • Reaksi Reduksi dan Oksidasi serta Tata Nama Senyawa • Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri • Metode Ilmiah, Hakikat Ilmu Kimia, Keselamatan Dan Keamanan Kimia Di Laboratorium, Serta Peran Kimia Dalam Kehidupan • Struktur Atom Dan Tabel Periodik • Ikatan Kimia, Bentuk Molekul, Dan Interaksi Antarmolekul
Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340m/s jika frekuensi gelombang adalah 50hz panjang gelombang dari gelombang tersebut adalah?

jawabanmu Diketahui : v = 340m/s f = 50 Hz Ditanya : L = ? Jawab : L = V ÷ f L = (340m/s) ÷ (50Hz) L = 6,8 m L = panjang gelombang ( m ) v = Cepat rambat ( m/s ) f = Frekuensi ( Hz ) Recent Posts • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas29339288 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas15247182 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas524954396 • https://myhomeworkhelpers-id.com/seni/tugas14372459 • https://myhomeworkhelpers-id.com/b-indonesia/tugas523338940
Contoh Soal Getaran Dan Gelombang Smp 2 Idschool from idschool.net 26+ Contoh Soal Hitungan Gelombang.

Titik tertinggi gelombang · rapatan: Pelajari juga contoh soal dan pembahasannya disini. Jika frekuensi gelombang adalah 50 hz, tentukan panjang gelombangnya! Rumus menghitung cepat rambat gelombang yaitu v = v = λ.f atau v = λ/t. Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Rumus cepat rambat gelombang adalah v = λ x f atau v = λ / t, dimana v adalah cepat rambat gelombang, λ panjang gelombang f frekuensi dan t. Hitunglah frekuensi sinar dengan panjang gelombang sebesar 74 nm!

Rumus kecepatan gelombang adalah panjang gelombang dibagi periode gelombang. Terdapat sebuah gambar gelombang transversal pada tali yang diamati oleh seorang siswa. Sebuah pegas (slinky) digetarkan sehingga menghasilkan gelombang longitudinal dengan jarak dua rapatan terdekat = 40 cm.

Rumus Menghitung Besaran Gelombang Dan Contoh Soalnya Anto Tunggal Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Cara Menghitungya Rumus Panjang Gelombang Dan Contoh Soal Beserta Jawabannya Contoh Soal Dan Rumus Gelombang Dalam Ilmu Fisika Gelombang Stasioner Gelombang Berdiri Contoh Soal Un Un Fisika Sma Gelombang Transversal Youtube Gelombang Berjalan Pengertian Sifat Rumus Dan Contoh Soal Gelombang Transversal Cepat Rambat Panjang Gelombang Frekuensi Periode Soal Dan Jawaban Un Fisika Smp Mts Un Fisika Smp Contoh Soal Dan Penyelesaian Gelombang Mekanik Kelas 11 Autominilab Rangkuman Contoh Soal Gelombang Pembahasan Jawaban 5 Contoh Soal Gelombang Stasioner Rumus Jawabannya Pdf Gelombang Mekanik Gelombang Pada Tali Kawat Ppt Download Soal Essay Dan Pembahasan Materi Gelombang Smp Rumus Cepat Rambat Gelombang Dan Contoh Soalnya Kumpulan Soal Bunyi Getaran Gelombang Pdf Materi Gelombang Dan Contoh Soal Fisika Kelas Xi Latiseducation Contoh Soal Dan Rumus Gelombang Dalam Ilmu Fisika Contoh Soal Dan Rumus Gelombang Dalam Ilmu Fisika Frekuensi Dan Kecepatan Gelombang Dari Gambar Bocoran Un Smp Ipa 2016 Pak Anang T2 Drill 002 No12 Youtube Rumus Menghitung Besaran Gelombang Dan Contoh Soalnya Anto Tunggal 5 Contoh Soal Gelombang Stasioner Rumus Jawabannya Pdf Rumus Frekuensi Gelombang Elektromagnetik Contoh Soal

Sebuah gelombang merambat dengan kecepatan 340 m/s. Jika frekuensi gelombang adalah 50 Hz, panj...




2022 charcuterie-iller.com