Hari anti korupsi 2021

hari anti korupsi 2021

Jakarta - Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 diperingati setiap tanggal 9 Desember. Peringatan ini dibuat untuk menyoroti hak dan tanggung jawab pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi, hingga publik dalam menanggulangi korupsi.

Diperingatinya Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 berangkat dari fenomena sosial, politik dan ekonomi yang mempengaruhi negara di dunia. Selain merusak demokrasi, korupsi memperlambat pembangunan ekonomi dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintah. Di sisi lain, korupsi pun menyerang lembaga-lembaga demokrasi dengan mendistorsi proses pemilu, memutarbalikkan supremasi hukum, serta menciptakan birokrasi suap.

Ironisnya, korupsi juga menghambat pembangunan ekonomi. Inilah sebab Hari anti korupsi 2021 Anti Korupsi Sedunia masih diperingati. Baca juga: Hari Armada Republik Indonesia 5 Desember, Ini Sejarahnya Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Begini Awal Mula Sejarahnya Melansir situs United Nations, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia mempunyai perjalanan yang cukup panjang. Tanggal 31 Oktober 2003 lalu, Majelis Umum mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menentang korupsi.

hari anti korupsi 2021

Majelis Umum juga meminta Sekretaris Jendal menunjuk kantor PBB sebagai sekretariat konferensi sekaligus kantor yang menanggulangi narkoba dan kejahatan (Nations Office on Drugs and Crime). Majelis Umum PBB juga menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya.

Untuk diketahui, Hari Anti Korupsi Sedunia mulai ditetapkan sejak Desember 2005. Baca juga: Hari Besar Bulan Desember, Ini Daftarnya Hari Anti Korupsi Sedunia 2021: Kampanye-Tema yang Hari anti korupsi 2021 Kampanye Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 berlangsung selama enam minggu.

Kampanye ini dimulai pada awal November, bertujuan untuk menyoroti peran pemangku kepentingan dan individu dalam mencegah sekaligus melawan korupsi. Tahun ini Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 mengusung tema "Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi". Setiap minggunya, kampanye tahun ini fokus pada salah satu topik permasalahan. Adapun topik permasalahan yang dibahas pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 yakni: • Pendidikan dan pemuda • Olahraga • Gender • Sektor swasta • COVID-19 • Kerjasama internasional Kampanye Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 bertujuan untuk berbagi praktek, memberi contoh pencegahan serta pemberantasan korupsi di seluruh dunia.

Dalam pelaksanaannya, hal ini dilakukan melalui penguatan kerja sama internasional melawan korupsi, menangani keterkaitan dengan bentuk kejahatan lain, memungkinkan pemulihan dan pengembalian aset yang dirampas, mengembangkan solusi inovatif, memajukan pencegahan melalui pendidikan, memanfaatkan keterlibatan pemuda, serta mobilisasi sekutu dalam masyarakat sipil, akademisi dan sektor swasta.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 juga dikenal sebagai UNGASS. Informasinya dapat disimak di halaman berikutnya. Bisnis.com, Jakarta - Hari Antikorupsi sedunia diperingati setiap tanggal 9 Desember 2021. Berikut sejarah Hari Antikorupsi Sedunia hingga topik pada tahun ini. Korupsi merupakan suatu fenomena sosial, politik dan ekonomi yang kompleks dan mempengaruhi semua negara.

Bukan itu saja, korupsi dinilai merusak institusi demokrasi, memperlambat pembangunan ekonomi dan berkontribusi pada ketidakstabilan pemerintahan. Dilansir dari situs United Nations (UN), korupsi menyerang fondasi lembaga-lembaga demokrasi dengan mendistorsi proses pemilu, memutarbalikkan supremasi hukum dan menciptakan rawa-rawa birokrasi yang satu-satunya alasan keberadaannya adalah suap.

Pembangunan ekonomi terhambat karena aktivitas korupsi yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Baca Juga : Daftar 10 Negara dengan Tingkat Korupsi Tertinggi di Dunia UN PBB menetapkan Hari Anti Korupsi Melalui resolusi 58/4 sejak tanggal 31 Oktober 2003.

Majelis Umum menggelar Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Menentang Korupsi dan meminta agar Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat untuk Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi.

Kendati demikian, adanya hari Anti-Korupsi Internasional 2021 berupaya untuk menyoroti hak dan tanggung jawab semua orang, termasuk Negara, pejabat pemerintah, pegawai negeri, aparat penegak hukum, perwakilan media, sektor swasta, hari anti korupsi 2021 sipil, akademisi, publik dan pemuda dalam menanggulangi korupsi.

Mulai dari pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, media dan warga di seluruh dunia turut bergabung untuk memerangi kejahatan ini. Dengan menggalakkan sebuah kampanye yang berlaku selama enam minggu dan mulai berjalan sejak awal November.

hari anti korupsi 2021

Gerakan antikorupsi mengusung tema “Hak Anda, peran Anda: mengatakan tidak untuk korupsi”. Berikut topik Hari Antikorupsi Sedunia pada tahun ini: 1.

hari anti korupsi 2021

Pendidikan dan pemuda 2. Olahraga 3. Jenis kelamin 4. Sektor swasta 5. Covid-19 6. Kerjasama internasional Kampanye ini bertujuan untuk berbagi praktik yang baik dan contoh pencegahan dan pemberantasan korupsi di seluruh dunia melalui penguatan kerjasama internasional melawan korupsi, enangani keterkaitan dengan bentuk kejahatan lain, serta memungkinkan pemulihan dan pengembalian aset yang dicuri.

Aktivasi kegiatan juga diharapkan bisa mengembangkan solusi inovatif, memajukan pencegahan melalui pendidikan, memanfaatkan keterlibatan pemuda, serta memobilisasi sekutu dalam masyarakat sipil, akademisi, dan sektor swasta. Terpopuler • Segera Cair! Cara Cek Penerima BLT Gaji Rp1 Juta 2022 • Update Perang Rusia vs Ukraina: Rusia Luncurkan Serangan, 100 Tentara Tewas • Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-77: Pasukan Rusia Dipaksa Mundur • Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari Ke-77: Rusia Terus Serang Odesa, Zelensky Ungkap Ukraina Berhasil Ambil Alih Kharkiv • Pertempuran Pulau Ular: 5 Lusin Tentara Ukraina Tewas, 30 Drone Hari anti korupsi 2021 /> Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa dan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

hari anti korupsi 2021

Sebagai upaya menumbuhkan kesadaran publik dan peran serta masyarakat telah ditetapkan bahwa tanggal 9 Desember merupakan Hari Anti Korupsi Sedunia. Sehubungan dengan hal tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyelenggarakan Peringatan Hari anti korupsi 2021 Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) dengan mengusung tema "Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi".

Adapun Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 dapat dilihat di sini. Untuk melakukan Konsultasi, dimohon mengisi form terlebih dahulu. Setelah terisi, mohon Form Klinik Konsultasi dikirimkan melalui : Email : inspektorat@jogjakota.go.id Subjek : Klinik Konsultasi Form dapat diunduh di FORM KLINIK KONSULTASI Statistik Pengunjung • Hari Ini • Kemarin • Bulan Ini • Tahun Ini • Total Pengunjung Lokasi Kantor KOMPAS.com - Hari ini, 9 Desember 2021, diperingati sebagai Hari Antikorupsi Sedunia atau Hari Antikorupsi Internasional.

Peringatan ini merupakan peringatan rutin tahunan setiap 9 Desember. Korupsi merupakan 'penyakit kronis' yang jaringan sosial, politik, dan ekonomi semua negara, tak terkecuali Indonesia. Melansir laman resmi PBB, dengan semakin maraknya korupsi di dunia, Majelis Umum pada 31 Oktober 2003 mengadopsi Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Melawan Korupsi.

hari anti korupsi 2021

Dalam sidang itu, Majelis Umum juga meminta Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat untuk Konferensi Negara-Negara Pihak Konfensi. Majelis juga menetapkan 9 Desember sebagai Hari Antikorupsi Internasional, untuk meningkatkan kesadaran korupsi dan peran Konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Konvensi ini mulai berlaku pada bulan Desember 2005.

Baca juga: Pagi Ini, Jokowi-Maruf Dijadwalkan Hadiri Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK Pemerintah, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, media dan warga di seluruh dunia bergabung untuk memerangi kejahatan ini. Kantor PBB untuk Pembangunan (UNDP) dan UNODC berada di garis terdepan dalam upaya ini.

PBB menandai Hari Antikorupsi sebagai hari internasional untuk mendidik publik bahwa isu ini menjadi perhatian penting. Tema Hari Antikorupsi Tahun ini, Hari Antikorupsi Sedunia mengusung tema "Your Right, Your Role: Say No to Corruption" atau "Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak untuk Korupsi". Sementara itu, tema Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di Indonesia mengusung tema "Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi". Twibbon yang bisa digunakan untuk merayakan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 dapat diunduh di sini.

Baca juga: Jelang Hakordia, Pegiat Antikorupsi Gelar Aksi Teatrikal di Gedung KPK Melansir laman resmi UNODC, Hari Antikorupsi Sedunia 2021 berupaya untuk menyoroti hak dan tanggung jawab semua orang, termasuk negara dan pejabat pemerintah dalam menanggulangi korupsi. Namun, bukan hanya negara-negara yang perlu bersatu dan menghadapi masalah global ini dengan tanggung jawab bersama.

Setiap orang, baik tua maupun muda memiliki peran untuk mencegah dan melawan korupsi untuk meningkatkan ketahan dan integritas masyarakat. Konvensi PBB Melawan Korupsi menekankan tanggung jawab pemerintah untuk menerapkan perlindungan pelapordan memastikan bahwa orang-orang yang angkat bicara dilindungi dari ancaman balas dendam.

Pada peringatan kali ini, UNDP menyoroti korupsi di masa pandemi Covid-19 yang mengganggu respons kolektif seluruh lapisan masyarakat.

Hari anti korupsi 2021 juga: Hari anti korupsi 2021 Dini BMKG dan Ancaman Bencana di Akhir Tahun Menurut UNDP, korupsi bahkan menghalangi satu negara untuk memastikan bahwa setiap warga memiliki akses vaksin Cocid-19, sehingga menyebabkan ribuan nyawa melayang. Setiap tahunnya, PBB menggelontorkan dana sebesar 2,6 triliun dollar AS untuk membantu negara-negara dalam mengatasi penyebab utama korupsi.

Berita Terkait [HOAKS] KPK Rekrut Napi Kasus Korupsi di Atas Rp 1 Miliar Jadi Penyuluh Antikorupsi Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, KPK, dan Musuh Bersama. Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2020: Sejarah, Tema, dan Link Download Logo Jelang Hari Antikorupsi Sedunia 2020: Korupsi Masih Jadi Ancaman di Masa Pandemi Covid-19 Mengapa Ada Hari Antikorupsi Sedunia?

hari anti korupsi 2021

Berita Terkait [HOAKS] KPK Rekrut Napi Kasus Korupsi di Atas Rp 1 Miliar Jadi Penyuluh Antikorupsi Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, KPK, dan Musuh Bersama. Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2020: Sejarah, Tema, dan Link Download Logo Jelang Hari Antikorupsi Sedunia 2020: Korupsi Masih Jadi Ancaman di Masa Pandemi Covid-19 Mengapa Ada Hari Antikorupsi Sedunia?

UPDATE Corona 9 Desember: Australia Temukan Garis Keturunan Baru Varian Omicron https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/09/083200565/update-corona-9-desember-australia-temukan-garis-keturunan-baru-varian https://asset.kompas.com/crops/Cgbq1Gp9NK3kWmWyUyzk7QNmpRU=/125x63:875x563/195x98/data/photo/2021/01/01/5fef393177153.jpg
Jakarta - Hari Anti Korupsi Seduniadiperingati secara global pada tanggal 9 Desember untuk meningkatkan kesadaran tentang korupsi dan cara-cara memerangi penyakit global ini.

hari anti korupsi 2021

Peringatan ini berusaha untuk menyoroti peran setiap bagian masyarakat, organisasi non pemerintah, pemerintah, perwakilan media, sektor swasta, masyarakat sipil, akademisi hingga penegak hukum. Berangkat dari fenomena sosial, politik, dan ekonomi yang mempengaruhi banyak negara di dunia, korupsi juga memperlambat pembangunan ekonomi dan menjadikan pemerintah tidak stabil. Menurut PBB, korupsi telah menjadi fenomena global. Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini telah melewati proses yang cukup panjang.

Sejarahnya dimulai dari PBB yang menyadari akibat dari kerugian korupsi sehingga hal ini dipandang perlu dirumuskan instrumen hukum internasional terkait pemberantasan anti korupsi yang lebih efektif di tingkat global.

Dilansir dalam First Post, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) hari anti korupsi 2021 United Nations Convention Against Corruption pada 31 Oktober 2003. Konvensi ini mulai berlaku pada tahun 2005 dan merupakan satu-satunya instrumen anti korupsi universal yang mengikat secara hukum, dengan mayoritas negara menjadi pihak dalam konvensi.

Baca juga: Tanamkan Sejak Dini, Siswa SMP di Kudus Ikuti Lomba Poster Anti Korupsi Setelah 40 hari setelahnya, PBB menyetujui Perjanjian Anti Korupsi yang ditandatangani di Merida, Meksiko pada 9 Desember 2003.

Nah, dari penandatanganan perjanjian tersebut kemudian ditetapkanlah sebagai Hari Antikorupsi pada 9 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang korupsi dan peran hari anti korupsi 2021 dalam memerangi dan mencegahnya.

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 Tahun ini tema yang diangkat pada Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 adalah "Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak Pada Korupsi".

Dalam enam minggu, kampanye tahun ini memfokuskan pada beberapa topik yakni: 1. Pendidikan dan pemuda 2. Olahraga 3. Gender 4.

hari anti korupsi 2021

Sektor Swasta 5. COVID-19 6. Kerja sama internasional Kampanye ini memiliki tujuan untuk berbagi praktik dan memberikan contoh bagaimana mencegah dan memberantas korupsi, tidak hanya di Asia tetapi juga seluruh dunia. Selamat Hari Antikorupsi Sedunia!
Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) pada 9 Desember 2021.

Acara ini akan digelar di lima wilayah dan akan dibuka oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Lima wilayah tersebut adalah Kendari, Banjarmasin, Pekanbaru, NTT, dan Jakarta. "Jadi nanti pembukaan oleh Bapak Presiden, penutupan oleh Bapak Wakil Presiden dengan Kementerian terkait, termasuk Kapolri dan Jaksa Agung, ada sekitar 14 kementerian hadir," ujar Pelaksana Tugas Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan Wibisono dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: KPK Gelar 7 Kali Operasi Tangkap Tangan dalam 11 Bulan, Ini Daftarnya! Plt Deputi Koordonasi dan Supervisi KPK Yudhiawan saat Konferensi pers Hakordia 2021.

hari anti korupsi 2021

(dok. Humas KPK) Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2021 ini akan mengusung tema 'Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi'. Tema ini dipilih berdasarkan hasil rapat yang dilakukan internal KPK. "Melalui tema ini, KPK ingin hari anti korupsi 2021 seluruh kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hakordia tahun 2021 yang dilaksanakan sejak 11 November 2021," jelas Yudhiawan.

Plt Deputi Koordonasi dan Supervisi KPK Yudhiawan saat Konferensi pers Hakordia 2021. (dok. Humas KPK) Yudhiawan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Hakordia adalah untuk memberikan bentuk dukungan dan perkembangan atas peran serta pemberantasan korupsi yang sudah dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha termasuk masyarakat sipil.

Selain itu, KPK ingin memperkuat sinergi dengan pihak lainnya. "Kami ingin memperkuat sinergi dan kolaborasi antara kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor usaha dan organisasi masyarakat dalam melakukan upaya pemberantasan korupsi," jelasnya.

Konferensi pers Hakordia 2021 (dok. Humas KPK) Berikut adalah rincian kegiatan Hakordia 2021 di wilayah di Indonesia: • Kendari (1 Desember 2021) Acara: Seminar dengan tema tentang 'Transformasi Perizinan Berbasis Risiko Dalam Perizinan Tambang' • Banjarmasin (2 Desember 2021) Acara: Seminar bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan topik 'Penguatan Transparansi dan Akuntabilitas Pengadaan Barang dan Jasa' • Pekanbaru (6 Desember 2021) Acara: Rapat Koordinasi Aparat Penegak Hukum dan akan dihadiri oleh Pimpinan KPK, Menteri Hukum dan HAM, Kepala BPKP, Kabareskrim, dan Jampidsus • NTT (7 Desember 2021) Acara: KPK bekerjasama dengan PLN akan menyelenggarakan kegiatan Seminar Sertifikasi dan Penyelamatan Aset BUMN dan Daerah, serta Launching Modul JAGA PPJ • Jakarta (9 Desember 2021) Acara: Acara puncak di Gedung Merah Putih KPK mengundang Presiden Jokowi dan jajarannya Baca Juga: KPK hari anti korupsi 2021 Dilibatkan Dalam Formula E, Kenapa?

Berita Terpopuler • Raffi Datangi Polda Metro Terkait Dugaan Pencatutan Nama Medina Zein • Orgasme Klitoris dan Vaginal, Apa Perbedaan Keduanya? • 9 Potret Diah Permatasari dan Putra Sulung Lulusan Militer Amerika • 10 Potret Gemas Chloe, Anak Asmirandah, waktu Liburan ke Bali • [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 Indonesia • 10 Potret Arfito Hutagalung yang Disebut Kekasih Baru Naysilla Mirdad • [LINIMASA-10] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia • Daftar 5 Pejabat Sementara yang Bakal Isi Jabatan Gubernur • 9 Potret Terbaru Lenna Tan yang Semakin Memikat di Umur 41 Tahun

Webinar Hari Anti Korupsi & Launching Program 4 No's




2022 charcuterie-iller.com