Apa itu memo

Pengertian Memo, Ciri Ciri, Apa itu memo dan Contoh Lengkap – Dalam materi Bahasa Indonesia tentunya kita pernah mendengar adanya istilah surat atau pesan. Pesan atau surat ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya ialah pesan ringkas atau memo. Pesan ringkas atau memo dapat diartikan sebagai bentuk pesan atau surat yang ditujukan untuk seseorang dengan penulisan yang jelas, ringkas dan padat. Untuk itulah memo menurut penggunaannya termasuk dalam surat tidak resmi atau pribadi.

Namun adapula yang mengaitkan memo sebagai surat resmi. Lalu apa ciri ciri memo itu? Apa saja struktur memo? Apa saja fungsi memo? Bagaimana cara membuat contoh memo?

Memo yang sifatnya resmi berguna untuk menyatakan hubungan resmi antara bawahan dengan pimpinannya. Maka dari itu pengeluaran memo resmi dilakukan oleh organisasi, lembaga ataupun instansi. Kemudian adapula memo yang tidak resmi, dimana penggunaannya untuk menyatakan surat atau nota tidak resmi kepada saudara, teman maupun orang lain yang memiliki hubungan akrab. Maka dari itu pengeluaran memo tidak resmi ditujukan untuk orang yang termasuk dalam instansi, organisasi ataupun lembaga tertentu.

Pengertian memo secara singkat ialah surat yang pembuatannya ditujukan untuk kepentingan dalam organisasi atau kantor secara khusus. Pembuatan pesan ringkas ini tentunya disesuaikan dengan ciri ciri memo, struktur memo dan jenis jenis memonya.

Maka dari itu contoh memo yang dibuat apa itu memo lebih padat, langsung pada intinya dan tidak bertele tele. Lantas akapah anda tahu tujuan memo dan fungsi memo itu? Pengertian Memo, ciri ciri, jenis, dan contoh memo resmi tidak resmi Memo pada dasarnya dapat disampaikan dengan cara yang vertikal maupun horizontal.

Penyampaian memo secara horizontal dilakukan oleh pihak pihak yang mempunyai jabatan setara. Sedangkan penyampaian memo secara vertikal dilakukan oleh apa itu memo bawahan kepada atasan atau sebaliknya dengan tujuan untuk memerintah atau mengingatkan sesuatu. Memo memang berbeda dengan surat pada umumnya karena kata kata yang digunakannya cenderung sedikit dan lebih mengarah pada tujuannya sekaligus.

Akan tetapi meskipun singkat tentunya memiliki beberapa bagian atau struktur di dalamnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo, dan contoh memo lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini. • 1 Pengertian Memo, Ciri Ciri, Struktur dan Contoh Lengkap • 1.1 Struktur Memo • 1.2 Jenis Jenis Memo • 1.3 Contoh Memo Pengertian Memo, Ciri Ciri, Struktur dan Contoh Lengkap Memo dapat diartikan sebagai sebuah tulisan untuk seseorang yang disusun dengan padat, singkat dan jelas serta memiliki sifat informal.

Memo ditulis dengan cara diketik, ditulis tangan dan biasanya jumlah barisnya kurang dari 10. Memo berfungsi untuk menegaskan dan mengingatkan akan urusan atau sesuatu hal.

Apa itu memo itulah memo berisi instruksi, saran, tugas, permintaan, pemberitahuan dan pesan pesan tertentu.

Selain itu adapula tujuan memo yaitu untuk memberikan dan meminta petunjuk atau informasi dari seseorang yang lebih kompeten. Untuk itulah memo dapat bersifat resmi. Apapun bentuk memonya tentunya dibuat dengan struktur yang sama. Struktur memo inilah yang membuat contoh memo menjadi lebih baik dan langsung merujuk pada inti pembahasannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengertian memo ialah bentuk pesan atau surat yang ditujukan untuk seseorang dengan penulisan yang jelas, ringkas dan padat.

Fungsi memo dan tujuan memo telah saya jelaskan di atas. Kemudian saya akan menjelaskan tentang ciri ciri memo. Memo memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya yaitu sebagai berikut: • Penyampaian kepada maklumatnya harus terus dan jelas maksudnya.

• Pastinya harus lengkap tarikh, tanda tangan, nomor rujukan, perkara dan lain lain. • Memo dapat ditulis dengan ciri ciri penulisan surat resmi pada umumnya. • Memo memiliki catatan salinan kepada, bentuknya lebih ringkas dan tidak terlalu formal. • Tidak memiliki hubungan dengan pihak tertentu seperti yang ada pada surat resmi.

• Penulisan memo dapat berbentuk surat ataupun apa itu memo. Hal ini disesuaikan dengan format memo pada jabatan atau institut tertentu seperti dari atasan yang memberikan perintah kepada bawahan.

Struktur Memo Pernahkah kalian mendapatkan secarik kertas berisikan informasi yang bersifat mengingatkan? jika iya itulah contoh memo. Dalam konteks kehidupan nyata memo sering kali dipakai untuk berbagai kepentingan tidak hanya catatan saja.

Tapi apakah kalian pernah memperhatikan struktur bagaimana seseorang menulis memo? Setelah membahas tentang definisi memo dan ciri ciri memo di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang struktur memo. Memo memiliki beberapa struktur di dalamnya seperti: • Kepala memo yang berisi nama pengirim, nama penerima dan kop memo (untuk kategori memo resmi). • Badan memo yang berisi isi dari memo itu sendiri. • Kaki memo yang berisi nama jelas dan tanda tangan dari pembuat memonya.

Jenis Jenis Memo Ada berapa jenis memo berdasarkan buku pedoman bahasa Indonesia? Pada dasarnya hanya ada dua jenis saja. Penggolongan jenis tersebut mengacu pada lawan atau kepada siapakah memo tersebut dibuat. Sebelum membagikan contoh contoh memo, saya akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai jenis jenis memo. Adapun macam macam memo yang perlu apa itu memo ketahui yaitu sebagai berikut: • Memo bersifat resmi ialah jenis memo yang digunakan untuk menghubungkan atasan dengan bawahan sehingga bentuknya surat pernyataan resmi.

• Memo tidak resmi (bersifat pribadi) ialah memo yang penggunaannya dilakukan antar saudara, teman dan orang lain yang dianggap akrab sehingga bentuknya surat pernyataan tidak resmi atau nota. Contoh Memo Setelah menjelaskan tentang pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo dan macam macam memo di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh contoh memo yaitu sebagai berikut: Memo Internal Nomor : 02/IPPJK/V/2019 Lampiran : 1 Sifat : Penting Yth. Direktur Rumah Sakit Dari : Tim Pendidikan Keluarga dan Pasien Pale Pajang Unit/Bagian : Pendidikan Keluarga dan Pasien Tembusan : Direktur Rumah Sakit Pale Pajang Seluruh Karyawan Rumah Sakit Pale Pajang Arsip Tanggal : 12 Januari 2019 Perihal : Undangan Sosialisasi Penulisan Edukasi dan SOP Pemberian Dengan hormat, Demi membuat mutu dan kinerja tim Pendidikan Keluarga dan Pasien menjadi meningkat, maka akan dilakukan sosialisasi kepada para keluarga apa itu memo pasien tentang pemberian edukasi pada: Hari/Tanggal : Senin 22 Januari 2019 Pukul : 08.00 s/d selesai Tempat : Ruang IGD Rumah Sakit Pale Pajang Agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan lancar, maka kami sangat mengharapkan kehadiran saudara.

Demikianlah pememberitahuan ini saya sampaikan dan terima kasih atas kerjasamanya. Tim Akreditasi PJK Daniel Rohmad, Amd, Kep Ketua Pokja PJK Sekian penjelasan mengenai pengertian memo, ciri ciri memo, struktur memo, dan contoh memo lengkap. Memo dapat diartikan sebagai tulisan untuk seseorang yang disusun dengan padat, singkat dan jelas serta memiliki sifat informal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi memo di atas.

Adapun memo yang resmi digunakan untuk menjelaskan laporan resmi pemimpin kepada bawahannya (catatan yang dikeluarkan oleh lembaga, agensi atau organisasi). Sedangkan memo yang tidak resmi digunakan sebagai catatan atau pernyataan informal antara teman, saudara atau orang lain yang memiliki hubungan dekat (untuk orang-orang yang hadir atau terlibat dalam organisasi, instansi atau lembaga).

Memo adalah surat yang dibuat khusus untuk keperluan kantor atau organisasi. Memo dapat dikirim secara horizontal atau vertikal.

Penyampaian memo secara horizontal adalah transmisi kenangan kepada mereka yang berada di posisi yang sama, sedangkan penyampaina memo secara vertikal adalah presentasi apa itu memo dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya, untuk mengingat sesuatu atau memesan sesuatu. Daftar Isi : • Ciri-ciri Memo • Struktur Memo • Tujuan Memo • Fungsi Memo • Jenis-jenis Memo • 1.

Memo Resmi • 2. Memo Tidak Resmi • Bagian-bagian Memo • Langkah-langkah Menulis Memo • Contoh Memo • 1. Memo Resmi • 2. Memo Tidak Resmi • Share this: • Related posts: Ciri-ciri Memo Memo sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yang perlu anda ketahui, berikut ini adalah ciri-ciri dari memo, yaitu: • Informasi yang akan dikirim harus jelas dan relevan.

• Memberikan nomor referensi, tanggal, kasing, tanda tangan, dll. • Secara umum, fungsi-fungsi yang disertakan saat menulis surat resmi juga dapat digunakan saat menulis memo. • Berbeda dengan surat resmi karena kurang formal dan ringkas, dan memiliki catatan salinannya. • Memo juga tidak terikat pada surat resmi. • Memo dapat ditulis dalam bentuk huruf. Tergantung pada institusi apa itu memo lokasi, tentukan format pengingat, biasanya dalam bentuk perintah dari atasan kepada bawahan.

Struktur Memo Memo terdiri dari beberapa bagian atau setruktur, adapun struktur memo yaitu sebagai berikut: • Kepala Memo. Kepala memo terdiri dari kop memo “memo resmi”, nama pengirim berikut nama penerima. • Badan Memo. Badan memo terdiri dari halaman dan sisi memo. • Kaki Memo. Kaki memo terdiri dari tanda tangan dan nama lengkap dari orang yang membuat memo.

Tujuan Memo Tujuan dari memo adalah untuk meminta atau memberikan informasi atau instruksi kepada orang yang berkompeten atau orang yang berkaitan.

Tujuannya adalah untuk mengetahui dengan mudah dan jelas apa isi dan tujuan surat tersebut. Fungsi Memo Fungsi memo digunakan untuk mengingat, menyorot suatu masalah apapun didalam suatu instansi. Isi memo adalah berupa permintaan, instruksi, pemberitahuan, saran, pesan dan aktivitas tertentu.

Jenis-jenis Memo Memo dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis, berikut adalah jenis-jenis memo: 1. Memo Resmi Memo resmi digunakan sebagai pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pemimpin kepada bawahannya. Seperti surat permohonan dari bawahan ke atasan apa itu memo sebaliknya yang bersifat resmi. 2.

Memo Tidak Resmi Memo tidak resmi digunakan sebagai catatan atau apa itu memo yang tidak resmi antara teman, saudara atau orang lain yang memiliki hubungan dekat. Bagian-bagian Memo Memo terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala memo, badan memo, dan, kaki memo.

• Kepala memo berisi : nama, alamatnama penerima • Badan memo berisi : isi dari memo • Kaki memo : berisi tanggal, nama dan paraf pembuat memo. Langkah-langkah Menulis Memo Menulis memo harus sesuai dengan kriteria dan peraturan yang ada, Berikut ini adalah cara menulis memo: • Siapkan blangko kosong yang akan digunakan.

• Tulisannya dapat dilakukan dengan diketik atau dilakukan secara manual.

• Pesan yang disampaikan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat dan mudah dipahami • Berikutnya menandatangani dan memberikan nama lengkap pembuat memo itu dan dikirim kepada orang yang Anda inginkan. Contoh Memo 1. Memo Resmi Related posts: • Negara Hukum Adalah • Termometer Adalah • Senam Irama Adalah Posted in Pendidikan Tagged apa itu memo dalam akuntansi, Bagian-Bagian Memo, Ciri-Ciri Memo, Contoh Memo, contoh memo dalam bahasa apa itu memo, contoh memo kedinasan, contoh memo singkat, Fungsi Memo, fungsi memo dalam akuntansi, Jenis-Jenis Memo, Langkah-Langkah Menulis Memo, materi memo bahasa inggris kelas 10, memo, memo adalah, memo atau pesan singkat, Memo Resmi, Memo Tidak Resmi, Pengertian memo, sebutkan struktur memo, Struktur Memo, Tujuan Memo Post navigation Artikel Terbaru • Pengendalian Internal Adalah • Negara Hukum Adalah • Kompos Adalah • Prurigo Adalah • Duodenum Adalah • Tinea Cruris Adalah • Amlodipine Besylate Adalah • Pielonefritis Adalah • Brugada Syndrome Adalah • Fisura Adalah • Ketamin Adalah • Ensefalopati Adalah • Ekonomi Makro Adalah • Miconazole Adalah • Hidroponik Adalah
MENU • Home • SMP • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sosiologi • Sejarah • BAHASA • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Agama • Kewarganegaraan • Penjaskes • Seni Budaya • SMA • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Geografi • Sejarah • Sosiologi apa itu memo BAHASA • Bahasa Indonesia • Bahasa Inggris • Agama • Penjaskes • Kewarganegaraan • Seni Budaya • SMK • Strata 1 • Ilmu Hukum • Hukum • Ilmu Komputer • Teknik Informatika • Sistem Informasi • Ilmu Ekonomi • Akuntansi • Manajemen • STRATA2 • Umum • Table of Contents • Pengertian Memo • Ciri-Ciri Memo • Fungsi Memo • Tujuan Memo • Struktur Memo • Jenis-Jenis Memo • Cara Membuat Memo • Contoh Memo • Sebarkan ini: • Posting terkait: Pengertian Memo Memo merupakan salah satu bentuk surat atau catatan yang dicatat secara singkat, padat dan jelas yang diarahkan kepada seseorang.

Ciri-Ciri Memo • Sebuah apa itu memo komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal • Memiliki bagian surat yang lebih sederhana dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, terutama pada bagian isi surat.

• Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, seperti nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap karena peredarannya terbatas.

Fungsi Memo • Sebagai bentuk hubungan yang berisi masukan, imbauan serta petunjuk tentang sesuatu yang perlu dibuatkan maupun diselesaikan dengan cepat.

Tujuan Memo • Untuk dapat memohon ataupun imbauan informasi ataupun keterangan pada seseorang yang berpengalaman. Struktur Memo 1. Kepala Memo (Kop Memo) Kepala memo ini terdiri dari kop memo, nama pengirim memo dan nama penerima memo. 2. Badan Memo Badan Memo terdiri dari suatu isi catatan atau tulisan memo. 3. Kaki Memo Kaki Memo terdiri dari salah satu tanda tangan si pengirim dan nama pengirim memo.

Jenis-Jenis Memo 1. Memo Resmi Yakni salah satu jenis memo ini sifatnya resmi, dan biasanya dipakai sebagai sebuah surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya dalam sebuah perusahaan, lembaga ataupun instansi.

2. Memo Tidak Resmi atau Memo Pribadi Ialah sebuah jenis memo ini sifatnya pribadi yang biasanya dapat digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara atau orang terdekat.

Cara Membuat Memo • Saat hendak menulis memo, tulislah secara singkat dan padat, langsung mengenai hal-hal pokok yang ingin disampaikan. • Menggunakan bahasa yang sesuai dengan siapa yang akan menerimanya. • Mencantumkan nama pembuat di memo secara jelas supaya memo tersebut dapat dipertanggungjawabkan.

• Jangan lupa cantumkan juga nama penerimanya supaya memo tersebut tidak salah sasaran. Contoh Memo 1. Memo Resmi Dinas Pendidikan Lampung SMA YP Unila Lampung MEMO 14 Juni 2019 Dari : Kepala Sekolah Kepada : Seluruh Dewan Guru Dan Staff Sekolah Dimohon untuk seluruh dewan guru dan para staf untuk ikut serta mengingatkan para siswa smk muhammadiyah 2 tulungagung dalam gerakan kerapian, seperti memasukan baju, memakai sepatu hitam seragam, dan kerapian rambut, hal ini di lakukan agar para siswa menjadi terlatih dan terbiasa untuk selalu tampil rapi pada saat berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Terima kasih.

Kepala Sekolah Jumino 2. Memo Tidak Resmi Dari : Fitri Untuk : Latif Latif, baju yang aku jahitkan di tempatmu kemarin aku kembalikan. ada beberapa bagian baju yang tidak rapi dan mohon di perbaiki. bagian yang tidak rapi sudah apa itu memo tandai. aku sangat buru-buru jadi tidak bisa menemuimu secara langsung. Aku menitipkan ini pada ibumu. Tolong baju tersebut segera untuk di perbaiki, karena besok lusa baju itu akan aku pakai untuk melamar pekerjaan.

Mohon maaf sebelumnya din, sudah merepotkanmu ?? terimakasih. Tertanda, Fitri Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Memo : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Struktur, jenis & Contohnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu.

Terima Kasih. Baca Juga Artikel Lainnya : • Berita Adalah • Notulen Adalah • Rubrik Adalah • Buletin Adalah • Tajuk Rencana Posting terkait: • Kata Sandang (Artikula) • Debat Aktif • Iklan Baris Posting pada Bahasa Indonesia Ditag alasan penulisan surat dan memo, apa itu menu, apa itu nota dinas, apakah memo termasuk surat elektronik, artikel Memo, audit memorandum adalah, bagaimana cara membuat memo, Bagian bagian memo, bagian bagian memo dalam bahasa inggris, bagian memo dalam bahasa inggris, Bentuk - Bentuk Memo, berikan contoh-contoh memo, buatlah contoh memo, Cara Membuat Memo, Ciri - Ciri Memo, ciri ciri memorandum, ciri-ciri menu, contoh laporan formulir, Contoh Memo, contoh memo bahasa arab dan artinya, Contoh Memo Bahasa Inggris, contoh memo brainly, contoh memo dalam bahasa inggris, contoh memo formal, Contoh memo Internal perusahaan, Contoh Memo OSIS, contoh memo pengambilan barang, contoh memo penjualan aset perusahaan, contoh memo perusahaan dalam bahasa inggris, contoh memo resmi bahasa arab, contoh memo resmi dalam bahasa inggris, contoh memo singkat, contoh memo sosialisasi, contoh memo tidak resmi brainly, contoh memo tidak resmi dalam bahasa inggris, contoh memorandum bahasa inggris, contoh memorandum report, contoh soal memo, contoh surat dinas, contoh surat nota dinas, di bawah ini merupakan lipatan surat kecuali, format memo persetujuan, fungsi bill, fungsi bukti pencatatan, Fungsi Memo, fungsi memo brainly, fungsi memo dalam akuntansi, Fungsi memo dalam bahasa inggris, fungsi nota apa itu memo, fungsi sosial menu, generic structure memo, internal memo digunakan untuk, isi memo, jelaskan beberapa fungsi surat pengantar, jelaskan isi surat di atas, jelaskan manfaat dari formulir elektronik, jelaskan manfaat surat, jelaskan mengenai surat niaga bisnis, jelaskan pengertian faktur invoice, jelaskan perbedaan memo resmi dan tidak resmi, jelaskan tujuan apa itu memo nota, jelaskan yang dimaksud dengan surat instruksi, Jenis - Jenis Memo, jenis jenis memorandum, Jenis memo, Jenis memo dalam bahasa inggris, Karakteristik Memo, kegunaan laporan bisnis, kegunaan surat dan fungsi laporan, Kekurangan Memo, Kelebihan Memo, Macam - Macam Memo, makalah Memo, Manfaat Memo, manfaat memorandum, materi Memo, Materi Memo Bahasa Inggris, Materi Memo Bahasa Inggris Kelas 10, materi schedule, Memo, Memo adalah, memo adalah brainly, Memo adalah dalam Bahasa Inggris, memo bupati, memo dalam akuntansi, memo dalam akuntansi adalah, memo dan nota, memo dan surat, memo in english, memo internal adalah, memo is, memo pembayaran gaji, memo perintah kerja, memorandum adalah, memorandum short report, nota apa itu memo, nota dinas adalah, ok google contoh memo dalam bahasa inggris, Pengertian Memo, pengertian memo dalam akuntansi, pengertian memo dalam bahasa inggris, Pengertian Memo Menurut Para Ahli, Pengertian memo resmi, Pengertian memorandum, pengertian nota dinas, penutup surat perintah yang tepat adalah, perbedaan memo dan email, perbedaan memo resmi dan tidak resmi, persamaan surat laporan dan memo, sebutkan 5 macam fungsi surat, sebutkan fungsi memo dalam bahasa inggris, Sebutkan jenis jenis memo, sebutkan jenis-jenis memo, sebutkan kegunaan nomor surat, social function memo, structure memo, structure of memo, Struktur Memo, Struktur memo dalam bahasa inggris, struktur memo terbagi atas sebutkan, struktur menu, surat memorandum adalah, surat nota dinas, surat tidak resmi biasanya dikirim untuk, Tujuan Memo, Tujuan memo dalam bahasa inggris, tujuan menu, tujuan menu dalam bahasa inggris, tujuan penulisan daftar pustaka, tuliskan contoh dari cerita rakyat, Tuliskan contoh memo, tuliskan macam-macam surat edaran, Unsur - Unsur Memo, Unsur kebahasaan memo, unsur unsur memo Pos-pos Terbaru • Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu di Android & PC Mudah • +3299 Nama PUBG Keren 2022 : Aesthetic, Simbol, Lucu Dll • Aplikasi Film Bokeh Full Bokeh Viral No Sensor • √ Bimbingan dan Konseling : Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Asasnya Terlengkap • Solidaritas Sosial • Potensi Diri • √ BMKG : Pengertian, Fungsi, Tugas, Wewenang dan Struktur Organisasi Terlengkap • √ Multi Level Marketing (MLM) : Pengertian, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Loyalitas : Pengertian, Karakteristik, Faktor apa itu memo Indikasi Terlengkap • Peluang Usaha • √ Holding Company : Pengertian, Karakteristik, Tujuan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap • √ Solidaritas : Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Faktor yang Mempengaruhinya Terlengkap • Filogenetik Adalah • Sperma Adalah • Mollusca Adalah Memo adalah sebuah surat atau catatan yang dibuat secara singkat, padat, dan jelas dengan maksud dan tujuan tertentu kepada penerima tanpa adanya basa-basi.

Penulisan memo biasanya tidak lebih dari 10 baris, dan penulisannya bisa diketik ataupun dengan tulisan tangan. Memo ditulis untuk memberi arahan, permintaan, atau pemberitahuan, sehingga tidak memerlukan salam pembuka atau penutup seperti surat. Berdasarkan penggunaannya, memo ada yang bersifat resmi dan ada yang tidak resmi (pribadi).

Memo yang bersifat resmi biasanya digunakan sebagai surat pernyataan hubungan resmi dari pimpinan untuk bawahannya, yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi atau organisasi. Memo tidak resmi digunakan sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara, atau pihak ketiga yang terlibat dengan organisasi, lembaga, atau instansi.

• Kepala Memo – Terdiri dari kop memo (hanya untuk memo resmi), nama pengirim, serta nama penerima. • Badan Memo – Terdiri dari isi memo, yaitu apa yang ingin disampaikan kepada penerima. Pesan yang disampaikan harus jelas dan tidak berbelit-belit.

• Kaki Memo – Terdiri dari tanggal, tanda tangan, serta nama lengkap pengirim. • Memo berupa bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penjelasan mengenai suatu hal. • Memiliki bagian seperti surat, namun lebih sederhana. • Informasi yang dikirim jelas dan relevan. • Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor seperti nama kantor, nomor telepon, alamat kantor secara lengkap karena peredarannya yang terbatas.

• Memo dapat disampaikan secara horizontal (pihak yang memiliki jabatan setara) maupun vertikal (penyampaian dari atasan kepada bawahan atau sebaliknya).
MENU • Home • SMP • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • IPS • IPA • SMA • Agama • Bahasa Indonesia • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • IPA • Biologi • Fisika • Kimia • IPS • Ekonomi • Sejarah • Geografi • Sosiologi • SMK • S1 • PSIT • PPB • PTI • E-Bisnis • UKPL • Basis Data • Manajemen • Riset Operasi • Sistem Operasi • Kewarganegaraan • Pancasila • Akuntansi • Agama • Bahasa Indonesia • Matematika • S2 • Umum • (About Me) Pengertian Memo Memo ialah suatu tulisan singkat, jelas dan padat tentunya mudah dipahami yang ditujukan kepada seseorang bersifat informal biasanya penulisannya tidak lebih dari 10 “sepuluh” baris, penulisannya bisa diketik ataupun dengan tulisan tangan.

Fungsi Memo Fungsi memo yaitu di gunakan untuk mengingatkan, menegaskan tentang suatu hal maupun urusan. Adapun isi dari memo berupa permintaan, instruksi, pemberitahuan, saran, pesan dan tugas-tugas tertentu. Tujuan Memo Tujuan memo ialah untuk meminta atau memberikan informasi atau petunjuk kepada seseorang yang berkompeten. Struktur Memo Memo terdiri dari beberapa bagian “struktur” memo antara lain sebagai berikut: apa itu memo Kepala Memo Kepala memo terdiri dari: Kop memo “memo resmi”, nama pengirim dan nama penerima.

• Badan Memo Badan memo terdiri dari sisi memo. • Kaki Memo Kaki memo terdiri dari: tanda tangan dan nama jelas si pembuat memo. Ciri-Ciri Memo Memo memiliki beberapa ciri, berikut ialah apa itu memo memo yaitu: • Maklumat yang disampaikan hendaklah jelas dan terus kepada maksud. • Hendaklah lengkap dengan nomor rujukan, tarikh, perkara, tanda tangan dan dsb. • Secara umum, ciri yang ada dalam penulisan surat resmi juga boleh diaplikasikan dalam penulisan memo.

• Ia berbeda dengan surat resmi karena berbentuk tidak terlalu formal, lebih ringkas dan mempunyai catatan salinan kepada.

• Memo juga tidak terikat dengan sesuatu bentuk seperti surat resmi. • Memo boleh ditulis dalam bentuk orang dan boleh juga dalam bentuk surat. Tergantung pada institut/jabatan tersebut menentukan format memo, apa itu memo berupa perintah dari atasa kepada bawahannya. Bagian-Bagian Dari Memo • Kepala: Nama, Alamat, Lambang atau biasanya Logo Instansi.

• Badan: Isi/pesan singkat “memberikan informasi, perintah ataupun laporan”. • Kaki: tanda tangan dan nama jelas pembuat memo. Jenis-Jenis Memo Terdapat juga jenis-jenis memo diantaranya seperti: • Memo Bersifat Resmi Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. • Memo Bersifat Pribadi ( Memo Tidak Resmi ) Memo bersifat pribadi digunakan dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara atau orang lain yang memiliki hubungan akrab.

Contoh Memo MEMO INTERNAL Nomor : 01/MI-PPK/VI/2017 Lampiran : 1 Sifat : Penting Kepada Yth. : Dari : Direktur Rumah Sakit Putra Waspada Tim Pendidikan Pasien ……………………. dan Keluarga Bagian / Unit : Pendidikan Pasien dan Keluarga Tembusan : Tanggal : – Direktur Rumah Sakit Putra Waspada 11 Februari 2017 – Seluruh karyawan Rumah Sakit Putra Waspada – Arsip Perihal : UNDANGAN SOSIALISASI SOP PEMBERIAN DAN PENULISAN EDUKASI Dengan hormat, Dalam rangka meningkatkan kinerja dan mutu tim Pendidikan Pasien dan Keluarga, maka akan dilaksanakan sosialisasi mengenai Pemberian Edukasi kepada pasien dan keluarga, yang akan diselenggarakan pada : Hari / Tanggal : Senin, 20 Februari 2017 Pukul : 08.00 – Selesai Tempat : Ruang IGD Rumah Sakit Putra Waspada Maka dengan ini kami mengharapkan kehadiran saudara guna memperlancar kegiatan tersebut.

Demikian pemberitahuan ini atas perhatian dan kerjasama yang baik disampaikan Terima Kasih. Tim Akreditasi PPK Dadang Septiono, Amd, Kep Ketua Pokja PPK Cara Langkah-Langkah Menulis Memo Dan inilah langkah-langkah menulis atau membuat memo yaitu: • Siapkan blangko memo yang akan dipakai.

apa itu memo Penulisannya boleh di ketik atau dengan tulisan tangan. • Menyampaikan pesan atau instruksi dengan bahasa yang tepat singkat dan dapat dipahami. • Dan menandatangi serta menyertakan nama jelas pembuat memo, mengirim mem kepada orang yang di tuju.

Demikianlah pembahasan mengenai “Memo” Pengertian & ( Tujuan – Struktur – Ciri – Bagian – Jenis – Cara Menulis ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂 Baca Juga: • “Surat Kuasa” Pengertian & ( Fungsi – Macam – Unsur ) • “Surat Niaga” Pengertian & ( Contoh – Jenis – Fungsi ) • “Surat Dinas” Pengertian & ( Fungsi – Ciri – Syarat – Bagian ) • “Surat Edaran” Pengertian & ( Contoh – Fungsi – Macam – Bagian ) Sebarkan ini: • • • • • Posting pada Bahasa Indonesia, SMA, SMK, SMP Ditag arti memo adalah, bagian bagian memo, ciri ciri memo, contoh memo, fungsi memo, jenis jenis memo, pengertian memo beserta contohnya, pengertian memo dalam akuntansi, pengertian memo dan bagiannya, pengertian memo dan ciri-cirinya, pengertian memo dan contohnya, pengertian memo tidak resmi, struktur memo, tujuan memo Navigasi pos • Contoh Soal Psikotes • Contoh CV Lamaran Kerja • Rukun Shalat • Kunci Jawaban Brain Out • Teks Eksplanasi • Teks Eksposisi • Teks Deskripsi • Teks Prosedur • Contoh Gurindam • Contoh Kata Pengantar • Contoh Teks Negosiasi • Alat Musik Ritmis • Tabel Periodik • Niat Mandi Wajib • Teks Laporan Hasil Observasi • Contoh Makalah • Alight Motion Pro • Alat Musik Melodis • 21 Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran • 69 Contoh Teks Anekdot • Proposal • Gb WhatsApp • Contoh Daftar Riwayat Hidup • Naskah Drama • Memphisthemusical.Com
• Maklumat yang disampaikan hendaklah jelas dan terus kepada maksud • Hendaklah lengkap dengan nombor rujukan, tarikh, perkara, tanda tangan dan dsb.

• Secara umum, ciri yang ada dalam penulisan surat rasmi juga boleh di aplikasikan dalam penulisan memo. • Ia berbeda dengan surat rasmi kerana berbentuk tidak terlalu formal, lebihringkas apa itu memo mempunyai catatan salinan apa itu memo • Memo juga tidak terikat dengan sesuatu bentuk seperti surat rasmi.

• Memo boleh ditulis dalam bentuk borang dan boleh juga dalam bentuk surat.Bergantung pada institut/ jabatan tersebut menentukan format memo. Biasanya berupa perintah dari atasan kepada bawahannya Contoh Memo

Memo, Menu, Schedule, and Signs




2022 charcuterie-iller.com