Hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

1. Hari Jum'at termasuk hari rayanya orang Islam. Diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai . A. Sayyidun naas C. Sayyidul istighfar B. Sayyidul ayyaam D. Sayyidul Ambiya' wal Mursalin 2. Pada hari Jum'atdalam QS. Al-Jumu'ah ayat 9 dengan tegas Allah memerintahkan kepada kita untuk melaksanakan shalat Jum'at dan meninggalkan . A. Aktifitas C. Pekerjaan B. Ibadah D. Jual beli 3. Ada empat golongan yang tidak diwajibkan mengerjakan salat Jumat, yaitu . A. budak, wanita, anak-anak, dan orang sakit B.

anak-anak, orang fakir, orang miskin, dan orang sakit C. orang fakir dan miskin, orang sakit, pekerja keras, dan ibnu sabil D. para pejabat, orang miskin, anak-anak, dan orang sakit 4. Dalil yang menunjukkan bahwa shalat Jum'ah adalah Q.S. al-Jumu'ah, surat ke ., A. 6. C. 26 B. 9. D. 62 5. Jika kita dengan alasan tertentu tidak dapat mengerjakan salat Jumat, berarti kita .

A. disunahkan mengerjakan salat Dhuhur B. dianjurkan untuk mengerjakan salat Dhuhur dua rakaat C. dianjurkan mengerjakan salat Dhuhur sendirian D. tetap diwajibkan mengerjakan salat Dhuhur​ 3 3.1.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

menganalisis makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s. at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam k … ebaikan, dan etos kerja xi makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s. at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja pengetahuan dan pemahaman disajikan q.s.

al-maidah/5:48, q.s. an-nisa/4: 59, atau q.s. at-taubah /9: 105 tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut dengan benar 4 3. orang yang menyampaikan khotbah jum'ah adalah. 4 muballig b. dai kecil c. ustad d.

khatib 4. farhan sedang melakukan perjalanan jauh. ia diberi k … eringanan untuk tidak salat jumat tetapi ia wajib. a salat zuhur b. salat jamak c. meng-qada salat d. membayar fidyah 5.jika kita bicara ketika khatib sedang berkhotbah, salat jumat yang kita lakukan akan.

a. kurang sempurna b. sia-sia c. sah d. mendapat dosa 6. perhatikan hal-hal berikut ini. 1. islam 2. balig (dewasa) 3.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

mendengarkan khotbah 4. laki-laki syarat sah untuk melaksanakan salat jumat adalah. a. 1, 2, dan 3. b. 1, 2, dan 4. c. 2, 3, dan 4. d. 1, 3, dan 4. 7.perhatikan peryataan berikut ini. 1. mengucapkan puji-pujian kepada allah 2. mengucapkan dua kalimat syahadat 3. membaca ayat al-qur'an pada salah satu dua khotbah 4. di waktu żuhur dan setelah dua khotbah. tolong di bantu ya ​ 6 3.2. menganalisis dan mengevaluasi makna q.s.

luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepa … da allah serta berbuat sesama manusia xii makna q.s. luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah serta berbuat sesama manusia penerapan disajikan kutipan salah satu ayat dari q.s.

luqman/31: 13-14 tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah atau q.s. al-baqarah/2: 83 tentang berbuat baik kepada sesama manusia, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut. 7 1. Hari Raya Umat Islam Menurut ahli bahasa, seperti Imam Nawawi Jumat berarti berkumpulnya manusia. Dalam bahasa Arab, kata Jumi’a atau Jum’ah artinya banyak atau berkumpul.

Disebutkan dalam hadits, umat Islam hari rayanya paling duluan dibanding umat lainnya. Islam hari Jumat, Yahudi hari Sabtu dan Nasrani hari Minggu. نحن الآخرون السابقون يوم القيامة، بيد أنهم أوتوا الكتاب من قبلنا، ثم هذا يومهم الذي فرض عليهم فاختلفوا فيه فهدانا الله، فالناس لنا فيه تبع: اليهود غداً، والنصارى بعد غد “Kami umat yang paling terakhir, namun paling pertama di hari kiamat dibanding ahli kitab sebelum kami.

Hari ini (Jumat) adalah yang diwajibkan kepada mereka, namun mereka berselisih sedang kami mendapat hidayah dari Allah Swt. Akhirnya (hari raya) mereka mengikuti kami, orang Yahudi besok (Sabtu) dan Nasrani lusa (Minggu)”.

(HR. Bukhari dari Abu Hurairah) 2. Hari diciptakannya Nabi Adam Nabi Adam alaihis salam diciptakan hari Jumat. Sebagaimana disebutkan dalam hadits shahih, خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة، فيه خلق آدم، وفيه أدخل الجنة، وفيه أخرج منها، ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan Nabi Adam, hari masuk dan keluar surga Nabi Adam, dan hari qiyamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat”.

(HR. Muslim dari Abu Hurairah) 3. Hari Utama Terbitnya Matahari "Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga, serta diturunkan dari surga, pada hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya." (HR.

Hurairah dan Muslim) ‎​"Sesungguhnya pada hari Jum'at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih) "Sedekah pada hari Jum'at dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya".

Hadits dari Ka'ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya".(Mauquf Shahih) Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Hari jum'at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum'at ini lebih mulia dari hari raya Idul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum'at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum'at juga Adam dimatikan, di hari jum'at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum'at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum'at." (HR.

Ahmad) Hari Jum’at adalah hari yang utama dalam sepekan. Pada hari tersebut ada kejadian-kejadian besar, di antaranya adalah terjadinya kiamat. Juga pada hari tersebut Adam diciptakan, di hari itu pula beliau dimasukkan dalam surga, juga pada hari tersebut beliau dikeluarkan dari surga.

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, إِن مِنْ أَفْضَلِ أَيامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النفْخَةُ وَفِيهِ الصعْقَةُ “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR.

Abu Daud no. 1047, An Nasai no. 1374, Ibnu Majah no. 1085 dan Ahmad 4: 8. Hadits ini shahih kata Syaikh Al Albani) Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ الساعَةُ إِلا فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum’at.

Pada hari Jum’at Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jum’at itu juga dia dikeluarkan dari Surga.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim no. 854). 5. Masuk Surga Keadaan seseorang saat tutup usia memiliki nilai tersendiri, karena balasan baik dan buruk yang akan diterimanya tergantung pada kondisinya saat tutup usia.

Sebagaimana dalam hadits yang shahih : إنمَا الأَعْمَالُ بِالخَـوَاتِيْمُ رواه البخاري وغَيْرُهُ. "Sesungguhnya amalan itu (tergantung) dengan penutupnya".

[HR Bukhari dan selainnya] Oleh sebab itulah, seorang hamba Allah yang shalih sangat merisaukannya. Mereka melakukan amal shalih tanpa putus, merendahkan diri kepada Allah agar Allah memberikan kekuatan untuk tetap istiqamah sampai meninggal. Mereka berusaha merealisasikan wasiat Allah Azza wa Jalla : "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan janganlah kalian mati melainkan dalam keadaan muslim (berserah diri)". [Ali Imran : 102] Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan sebuah hadits dalam Shahih-nya, dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Ash Radhiyallahu 'anhumadia mengatakan : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ يَقُوْلُ: إن قُلُوْبَ بَنِيْ آدَمَ كُلهَا بَيْنَ أَصْبَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ، ثُم قَالَ رَسُوْلَ اللهِ : اللهُم مُصَرفَ القُلُوْبِ صَرفْ قُلُوْبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ.

"Saya mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya kalbu-kalbu keturunan Adam berada di antara dua jari dari jari-jari Allah laksana satu hati, Allah membolak-balikannya sesuai kehendakNya,” kemudian beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam berdoa: “Ya Allah, Dzat yang membolak-balikan hati, palingkanlah hati-hati kami kepada ketaatanMu".

Itulah pentingnya kondisi tutup usia. Sementara itu, kondisi seseorang pada detik-detik terakhir kehidupannya ini, tergantung amal perbuatan pada masa lampau. Barangsiapa yang berbuat baik di saat waktu dan usianya memungkinan, maka insya Allah akhir hidupnya baik. Dan jika sebaliknya, maka sudah tentu kejelekan yang akan menimpanya. Allah tidak akan pernah menzhaliminya, meskipun sedikit. Mengingat pentingnya masalah ini dan keharusan memperhatikannya, maka dengan memohon kepada Allah, tulisan ini kami angkat untuk menjadi pengingat kita semua.

6. Dikeluarkan dari surga Dalam riwayat diceritakan bahwa Pada suatu masa Allah memanggil berkumpul semua malaikat untuk sujud kepada Adamyang mana sujud kepadanya bukanlah sujud untuk menyembah Adam tapi sujud itu adalah sujud sebagai penghormatan terhadap Adamsesuai kedudukan Adam yang akan menjadi Khalifah Tuhan di dunia.

Kemudian semua malaikat sujudkecuali iblis sendiri yang tidak mau sujudseperti yang Allah Subhanahu wa ta'ala terangkan berturut-turut dalam surat Al-A'raaf ayat 12 sampai 17 : Allah berfirman : "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis: "Saya lebih baik daripadanya : Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah" (QS.

Al A'raaf : 12) Penolakan itu disebabkan karena ia merasa lebih mulia dan lebih baik dibandingkan Nabi Adam. Selain itu ia juga merasa bahwa dirinya makhluk yang lebih dulu diciptakan, lebih lama dalam beribadah dan lebih tinggi martabatnya dibandingkan Nabi Adam yang baru diciptakan oleh Allah Subhanahu wa ta'alaKesombongan dan rasa iri hati itulah sebenarnya penyebab utama mengapa Iblis membangkang perintah Allah.

Kemudian Allah berfirman : "Allah berfirman : Turunlah kamu dari Surga itu ; karena kamu tidak hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai menyombongkan diri di dalamnyakeluarlahsesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina" hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai.

(QS. Al-A'raaf : 13) Iblis menjawab : "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". (QS. Al-A'raaf : 14) Allah berfirman : "Sesungguhnya engkau termasuk orang yang diberi tangguh (sampai hari kemudian)". (QS. Al-A'raaf : 15) Rupanya Iblis sudah menjadi nekatsetelah diberi waktu yang cukup lama sampai kiamatbukan berfikir mau bertobat atau minta ma'af atas kata-katanya yang sudah terlanjurmalah semakin mengeluarkan ancaman terhadap Adam dan keturunannya.

Iblis menjawab : "Karena Engkau telah menghukum saya tersesatsaya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus". (QS.

Al-A'raaf : 16) "Kemudian saya akan mendatangi mereka dari hadapan merekadari belakangdari samping kanan dan dari samping kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (ta'at)". (QS. Al-A'raaf : 17) Demikianlah peristiwa Iblis yang tidak mau sujud kepada Adamakhirnya ia di usir dari Syurga.

Untuk riwayat tentang Iblis sendirisilahkan lihat DI SINI dan kita lanjutkan tentang sebab Adam dan Hawa keluar dari Syurga. Tersebut di dalam Al-Qur'an bahwa setelah menjadi suami istri keduanya dipersilahkan bertempat di dalam Syurga. Meskipun keduanya boleh tinggal dan makan minum dengan sesuka hatitapi ada suatu hal yang dilarang bagi keduanyayaitu memakan buah Khuldi. Sebetulnya buah Khuldi itu adalah cuma kata-kata kiasan saja dan sesungguhnya semua buah tidak ada yang tinggal tetap kekal pada tangkainya.

Pada suatu sa'at ia musti lepas atau rontok dari tangkainya kecuali buah yang ada pada badan manusia. Itulah kata buah Khuldi dan begitulah pendapat Ulama di dalam tafsir Al-Fairuz Zabadi.

Jadi yang dilarang oleh Allah di dalam Syurga bukanlah memakan buah pohon biasa tetapi dilarang memakan buah yang "Kekal". Cobalah kita perhatikan firman Allah dalam Surat Al-A'raaf Ayat 22 : "Maka ketika keduanya hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai pohon ituterbukalah aurat (kemaluan) mereka" Maka dalam ayat ini jelas dan gamblang Allah mengatakan "DZAAQASY-SYAJARATA". Artinya merasakan batang pohon dan bukan dikatakan "DZAAQATS-TSAMARATA".

Dalam pengertian bukan buah itu dimakancuma dirasakan oleh tubuh. Jadi kesimpulannya adalah Adam dilarang bersetubuh dengan Hawa karena di syurga itu adalah bukan melahirkan anak. Tempat melahirkan adalah di dunia. Sudah jelas Tuhan jadikan manusia lelaki dan perempuan untuk melahirkan keturunan. Yang menjadi persoalan bagi Adam adalah bukan persetubuhannya akan tetapi mengapa bujukan syetan itu yang diturutnya. Padahal sebelumnya Allah telah berpesan wanti-wanti "Walaa taqrabaa hadzihisy-syajarah".

Artinya : "Jangan kamu berdua coba mendekati pohon ini". Tetapi bujukan atau ajakan syetan yang diturutinyabukan larangan Allah diperhatikan. Hanya di sini letak kesalahan nya. (Dan Allah berfirman) : "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan istrimu di syurga serta makanlah oleh mu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukaidan janganlah kamu berdua mendekati pohon inilalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang dlalim".

(QS. Al-A'raaf : 19) "Maka setan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itunampaklah bagi keduanya aurat-auratnyadan mulailah keduanya menutupi dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan menyeru mereka : Bukankah aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan aku katakan kepadamu : Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua". (QS. Al-A'raaf : 22) Allah berfirman : "Turunlah kamu sekaliansebahagian kamu menjadi musuh bagi sebahagian yang lain.

Dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan (tempat mencari kehidupan) di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan" .(QS. Al-A'raaf : 24) Memang AdamHawapara malaikat dan iblis sudah mengetahui suatu saat Adam dan Hawa akan diturunkan ke bumimengingat Adam akan diangkat menjadi khalifah di bumi.

Hanya sajamereka tidak mengetahui kapan saatnya. Hanya Allah saja yang mengetahui ! Itulah sebabnya ketika iblis diusir dari surga karena pembangkangan perintah Allah untuk bersujud kepada Adamia secara sembunyi-sembunyi menyusup ke dalam surga berusaha memperdayai Adam dan Hawa agar mendurhakai Allah.

Kerja keras iblis tidak sia-siaAdam dan Hawa terpedaya dibuatnyasehingga mereka diturunkan ke bumi. Menurut riwayat Adam diturunkan pada waktu itu dibulan Muharram tanggal 10di waktu malam gelap gulita Adam dan Hawa harus turun ke bumi termasuk juga iblis yang menggoda yang jadi biang keladinya. Dengan cucuran air mata karena sedihAdam dan Hawa terpaksa menjalani hukuman itu. Oleh Jibril Adam diturunkan di bukit Ruhun di Surandib atau pulau SailanSedangkan Siti Hawa diturunkan di Jeddah.

Mereka harus menghadapi lingkungan baru yang serba asing dan sulitjauh dari kenikmatan surga yang pernah mereka diami. Diriwayatkansejak mereka diturunkan dari surgaselama hampir seratus tahun mereka tidak bertemu. Kemudian Allah mengutus malaikat Jibril turun ke bumi memerintahkan Adam melakukan ibadah hajiyakni thawaf bersama Hawa. Setelah keduanya melakukan thawaf tujuh kalimereka menyatakan bertaubat kepada Allahdan Allah mengampuni dosa mereka.

Kemudian atas petunjuk malaikat JibrilNabi Adam melakukan perjalanan jauh ke Jeddah untuk menemui Hawa. Demikianlah Adam lalu pergi mencari Hawa dan setelah berbulan-bulan berjalanbarulah Adam bertemu dengan Hawa di padang Arafah.

Itulah sebabnya dinamakan padang Arafahartinya mengenal kembali. Adam menceritakan kepada Hawa bahwa Allahmelalui malaikat Jibril mewajibkan mereka melaksanakan Thawaf yaitu mengelilingi Hajar Aswad sebanyak tujuh kali. Dan untuk mendirikan tempat ibadahAllah memerintahkan Jibril mengambil batu hitam di surga untuk mendirikan Ka’bah.

Dengan bantuan para malaikatAdam dan Hawa membangun tempat ibadah dan masjid yang bernama Baitul Ma'mur. Setelah berdiri dengan gagahnyadi tengah masjid tersebut diletakkan "Hajarul-Aswad". Adam dan Hawa lalu Thawaf sambil mengucapartinya : "Ya Tuhan kami. Kami telah menzhalimi diri kami dan andaikata Engkau tidak mengampuni kami dan tidak mengasihi kaminiscaya kami menjadi orang yang rugi". Demikian keduanya mengucapkan kata-kata itu sambil menangis karena takut dosanya tidak diampuni.

Di ceritakan dalam riwayat itulah masjid pertama yang didirikan dizaman Adam .Tetapi pada masa Nabi Nuh a.s masjid Baitul Ma'mur tersebut kena serangan angin taufan, sehingga dipindahkan ke langit ketujuh.

Di tempat itumasjid Baitul Ma'mur dijadikan qiblat untuk ibadat para malaikat. Dan Ketika Nabi Muhammad s.a.w melakukan mi’rajbeliau sempat menjadi imam para malaikat pada waktu shalat di masjid tersebut.

Kembali kita bicarakan riwayat Nabi Adam A.SSetelah beliau kembali bertemu dengan Sitti Hawalalu hidup dalam lingkungan rumah tangga sebagai suami istri sehingga mempunyai beberapa orang.

Maka dari anak-anak cucu keturunan Adam meluas kemana-mana ,menyebar ke segala penjuru duniasehingga kini kita kenal berbagai bangsa dan suku. sebagaimana firman Allah di dalam Surat Al-Hujuraat Ayat 13 : "Hai manusiasesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki (Adam) dan seorang perempuan (Hawa) dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling paling bertakwa di antara kamu".

7. Penghapus dosa Umat Islam diberi anugerah seluas samudera. Jarak dari shalat ke shalat sehari semalam merupakan penghapus dosa. Begitu juga dari Jumat ke Jumat dan dari Ramadhan ke Ramadhan. Hal ini sanngat jelas disebutkan dalam hadits shahih berikut, الصلوات الخمس، والجمعة إلى الجمعة، ورمضان إلى رمضان مكفرات ما بينهن إذا اجتنبت الكبائر “Apabila menjauhi dosa besar, antara shalat lima waktu, dari Jumat ke Jumat dan dari ramadhan ke ramadhan adalah sebagai kafarat penghapus dosa”.

(HR. Muslim dari Abu Hurairah) 8. Terhindar Dari Siksa Kubur Disebutkan dalam hadits apabila seseorang meninggal malam Jumat atau hari Jumat amak orang tersebut akan terhindar dari fitnah siksa kubur. من مات يوم الجمعة أو ليلة الجمعة وُقي فتنة القبر “Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumatterjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash) 10.

Hari Persaksian Setidaknya dalam al Quran disebutkan tiga hari amat penting. Hari yang dijanjikan yaitu hari Qiyamat, hari yang disaksikan adalah hari Arafah dan hari persaksian adalah hari Jumat. اليوم الموعود: يوم القيامة، واليوم المشهود: يـوم عرفـة، والشاهد: يـوم الجمعة “Hari yang dijanjikan yaitu hari Qiyamat, hari yang disaksikan adalah hari Arafah dan hari persaksian adalah hari Jumat”.

(HR. Imam At Tirmidzi dari Abu Hurairah) Demikianlah Allah Swt memberi karunia keberkahan dengan memberi keutamaan-keutamaan terhadap makhluknya. Seperti diutusnya para Rasul dan Nabi, dari sekian Rasul dan Nabi ada Rasul dan Nabi pilihan yang kita kenal dengan sebutan Ulul ‘Azmi yang lima, dan dari kelima tersebut adalah Nabi Muhammad Saw yang terbaik. Juga keutamaan beberapa tempat dan waktu, seperti Mekah, Madinah dan Al Aqsho Palestina.

Keutamaan waktu, bulan Ramadhan adalah bulan yang utama, hari-hari utama dalam setahun, seperti hari nahar atau qurban dan hari arofah. Dan tentunya hari Jumat adalah hari terbaik dalam seminggu. website poker online paling jujur dan baik hati Berteknologi Standard International, RNG bersertifikat, Multi Table, NO BOT, Real Player TURNAMEN POKER SETIAP HARI!! HADIAH Rp 6.100.000 / Hari GRATIS!!! TIDAK DIPUNGUT BIAYA!!

====================================================== CUSTOMER SUPPORT 24 JAM -KLIK SINI LIVE CHAT OK [URL="ymsgr:sendIM?csSENSOR"]-KLIK SINI YM OK[/URL] -KLIK SINI EMAIL OKEH ====================================================== JOIN FANSPAGE FACEBOOK DISINI JOIN FORUM POKER FACEBOOK DISINI 31-05-2013 12:39
3 3.1.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

menganalisis makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s. at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam k … ebaikan, dan etos kerja xi makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s. at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja pengetahuan dan pemahaman disajikan q.s. al-maidah/5:48, q.s. an-nisa/4: 59, atau q.s. at-taubah /9: 105 tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut dengan benar 4 3.

orang yang menyampaikan khotbah jum'ah adalah. 4 muballig b. dai kecil c. ustad d. khatib 4. farhan sedang melakukan perjalanan jauh. ia diberi k … eringanan untuk tidak salat jumat tetapi ia wajib. a salat zuhur b. salat jamak c. meng-qada salat d. membayar fidyah 5.jika kita bicara ketika khatib sedang berkhotbah, salat jumat yang kita lakukan akan. a. kurang sempurna b. sia-sia c. sah d.

mendapat dosa 6. perhatikan hal-hal berikut ini. 1. islam 2. balig (dewasa) 3. mendengarkan khotbah 4. laki-laki syarat sah untuk melaksanakan salat jumat adalah.

a. 1, 2, dan 3. b. 1, 2, dan 4. c. 2, 3, dan 4. d.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

1, 3, dan 4. 7.perhatikan peryataan berikut ini. 1. mengucapkan puji-pujian kepada allah 2. mengucapkan dua kalimat syahadat 3. membaca ayat al-qur'an pada salah satu dua khotbah 4. di waktu żuhur dan setelah dua khotbah.

tolong di bantu ya ​ 6 3.2. menganalisis dan mengevaluasi makna q.s. luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepa … da allah serta berbuat sesama manusia xii makna q.s.

luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah serta berbuat sesama manusia penerapan disajikan kutipan salah satu ayat dari q.s.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

luqman/31: 13-14 tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah atau q.s. al-baqarah/2: 83 tentang berbuat baik kepada sesama manusia, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.

7 Jawaban: Hi Pontianak NEWS · 26 Maret 2021 9:28 5 Keistimewaan Hari Jumat yang Perlu Kamu Ketahui Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak 5 Keistimewaan Hari Jumat yang Perlu Kamu Ketahui Ilustrasi berdoa di Masjid. Foto: REUTERS/Jorge Silva Hi!Sakinah - Hari Jumat merupakan salah satu hari yang banyak keistimewaannya. Keutamaan hari Jumat juga telah disabdakan oleh Rasulullah, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

ADVERTISEMENT "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat" hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai Muslim).

Untuk itu setiap hari Jumat, umat muslim disarankan melakukan berbagai kegiatan sunah untuk hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai pahala dan menambah ketakwaan.

Adapun yang bisa dilakukan, di antaranya membaca surat Al Kahfi sebanyak 10 ayat, bersedekah, memperbanyak zikir, membaca selawat dan lain-lain. 3 3.1. menganalisis makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s.

at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam k … ebaikan, dan etos kerja xi makna q.s. al-maidah/5:48; q.s. an-nisa/4: 59; dan q.s. at-taubah /9: 105 serta hadits tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja pengetahuan dan pemahaman disajikan q.s. al-maidah/5:48, q.s. an-nisa/4: 59, atau q.s.

at-taubah /9: 105 tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut dengan benar 4 3. orang yang menyampaikan khotbah jum'ah adalah. 4 muballig b. dai kecil c.

ustad d. khatib 4. farhan sedang melakukan perjalanan jauh. ia diberi k … eringanan untuk tidak salat jumat tetapi ia wajib. a salat zuhur b. salat jamak c. meng-qada salat d. membayar fidyah 5.jika kita bicara ketika khatib sedang berkhotbah, salat jumat yang kita lakukan akan. a. kurang sempurna b. sia-sia c. sah d. mendapat dosa 6. perhatikan hal-hal berikut ini. 1. islam 2. balig (dewasa) 3. mendengarkan khotbah 4. laki-laki syarat sah untuk melaksanakan salat jumat adalah.

a. 1, 2, dan 3. b. 1, 2, dan 4. c. 2, 3, dan 4. d. 1, 3, dan 4. 7.perhatikan peryataan berikut ini. 1. mengucapkan puji-pujian kepada allah 2. mengucapkan dua kalimat syahadat 3. membaca ayat al-qur'an pada salah satu dua khotbah 4.

di waktu żuhur dan setelah dua khotbah. tolong di bantu ya ​ 6 3.2. menganalisis dan mengevaluasi makna q.s. luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepa … da allah serta berbuat sesama manusia xii makna q.s. luqman/31: 13-14 dan q.s. al-baqarah/2: 83, serta hadis tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah serta berbuat sesama manusia penerapan disajikan kutipan salah satu ayat dari q.s.

luqman/31: 13-14 tentang kewajiban beribadah dan bersyukur kepada allah atau q.s. al-baqarah/2: 83 tentang berbuat baik kepada sesama manusia, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.

7
1.Salah satu syarat wajib shalat jumat adalah mukim, artinya . a. Sedang bepergian b. sudah dewasa c. menetap, tidak dalam perjalanan d. Masih anak-anak 2. Hal-hal yang menjadikan seseorang berkewajiban untuk melakukan shalat jumat dinamakan . * a.

Syarat syah b. Syarat wajib c. Hukum d. Dalil 3. Hari Jumat termasuk hari rayanya orang Islam. Diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai .

* a. Sayyidun naas b. Sayyidul ayyaam c. Sayyidul istighfar d. Sayyidul Anbiya' wal Mursalin​ 6. Usman bin Affan sebagai kholifah menggantikan Umar bin Khottob, saat terpilih menjadi kholifah. Usman bin Affan telah berusia 70 tahun beliau menja … di kholifah selama 12 tahun, salah satu prestasi besarnya adalah perluasan wilayah.

Yaitu. a. Islam mampu menguasai Eropah b. Islam menyebar sampai ke Indonesia C. Islam merata masuk ke seluruh daratan Timuor Tengah d. Islam masuk ke Armenia yang dikuasai kekaisaran Romawi​ التـربية عنصـر هـامّ جـدّاً وفـعّال، سواء على المستـوى الفـرديّ وعلى المستـوى الجمـاعيّ، فـإن صلـح الفـرد صلـح المجـتمع، إذ إنّ المجـتمع عبـارة عن مجم … ـوعة من الأفـراد الذيـن يـرتبطون فيمـا بينـهم بعلاقـات مختلفـة وهامّـة، وللتـربية الحسنـة أهمّيّـة كبيـرة في العديـد من المجـالات نذكـر منهـا: 1.

تُسـاعد على تنشئـة جيـل حسـن الأخـلاق قـادر على التـعامل مع الإنسـان على أسـاس أنّـه إنسـان لا على أيّ أسـاس آخـر، ممّـا يرفـع ويـعلي من قيمـة المجتمـع كـكلّ، ويحسّـن صورتـه وسمعتـه أمـام المجتمعـات الأخـرى. التـربية عنصـر هـامّ جـدّاً وفـعّال، سواء على المستـوى الفـرديّ وعلى المستـوى الجمـاعيّ، فـإن صلـح الفـرد صلـح المجـتمع، إذ إنّ المجـتمع عبـارة عن مجم … ـوعة من الأفـراد الذيـن يـرتبطون فيمـا بينـهم بعلاقـات مختلفـة وهامّـة، وللتـربية الحسنـة أهمّيّـة كبيـرة في العديـد من المجـالات نذكـر منهـا: 1.

تُسـاعد على تنشئـة جيـل حسـن الأخـلاق قـادر على التـعامل مع الإنسـان على أسـاس أنّـه إنسـان لا على أيّ أسـاس آخـر، ممّـا يرفـع ويـعلي من قيمـة المجتمـع كـكلّ، ويحسّـن صورتـه وسمعتـه أمـام المجتمعـات الأخـرى. Bapak Zainudin wafat, meninggalkan harta warisan sebanyak Rp.

56.000.000. Ahli warisnya terdiri dari ibu, istri, satu anak laki laki dan dua anak per … empuan. Almarhumah memiliki hutang Rp 1.500.000,- biaya untuk perawatan Rp 4.000.000,- dan meninggalkan wasiat Rp2.500.000,-. Jadi berapa bagian yang didapat si Istri​
Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAIBP Kelas 7 ( PAT/UKK PAIBP Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 2. Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami sajikan contoh soal Penilaian Akhir Tahun atau Ulangan Akhir Semeter Genap atau kita kenal juga dengan Ulangan Kenaikan Kelas.

Kali ini kita bahas contoh soal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas VII SMP/MTs. Apapun namanya, semoga contoh soal dan jawaban atau pembahasannya berikut ini bermanfaat untuk pembaca semuanya, terutama adik-adik yang masih duduk di kelas VII.

Semoga memudahkan dalam belajar, bisa naik kelas dengan nilai memuaskan, sukses dan diberi kemudahan dalam belajar dan mengerjakan test dari sekolah masing-masing. Oh ya, ini adalah contoh soal bagian kedua (Part 2). Karena soalnya banyak, kami bagi menjadi 3 bagian (Part 1, Part 2, dan Part 3). Untuk bagian 1 dan 3 bisa Anda baca di sini: Part 1: Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAIBP Kelas 7 (PAIBP Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 1 Part 3: Contoh Soal Penilaian Akhir Tahun PAIBP Kelas 7 (PAIBP Kelas VII SMP/MTs) ~ Part 3 Jangan lupa berbagi dengan yang lainnya, karena semua yang kami sajikan gratis.

Jadi.jangan dinikmati sendiri saja. Karena sharing is caring. Berbagi menunjukkan anda peduli! 1. Al-Qur’an adalah kitab suci yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi . A. Bahan untuk dipelajari B. Kitab yang selalu dibaca C. Rujukan dalam kehidupan D. Sumber hukum bernegara Jawaban: C. Rujukan dalam kehidupan 2. Kalimat "Yaa ayyuhal ladziina aamanuu" memiliki arti . A. Wahai sekalian manusia B.

Wahai orang-orang yang beriman C. Wahai orang-orang yang beruntung D. Wahai seluruh isi alam Jawaban: B. Wahai orang-orang yang beriman 4. Di dalam ayat di atas terdapat bacaan “Al”syamsiyah sebanyak… A. 4 B. 3 C. 2 D. 1 Jawaban: C. 2 (yaitu lafal "An-Najmu" dan "Asy-Syajaru") 5.

Q.S. ar-Rahman/55:33 menjelaskan tentanng .

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

A. Kewajiban berbuat baik kepada orang tua B. Kewajiban menuntut ilmu C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt. D. Kewajiban mengerjakan salat Jawaban: B. Kewajiban menuntut ilmu 7. Pada kata آمَنُوا mengandung bacaan mad, penyebab dibaca mad adalah . A. fathah berhadapan dengan huruf ya sukun B. kasroh berhadapan denga huruf ya sukun C. dhommah berhadapan dengan huruf waw sukun D.

fathah berhadapan dengan huruf dal sukun Jawaban: C. dhommah berhadapan dengan huruf waw sukun 8. Yang membedakan manusia dengan hewan adalah karena manusia. A. Memiliki insting dan perasaan B. Dapat menikmati berbagai makanan C. Memiliki akal untuk berpikir D. Mempunyai indera yang lebih tajam Jawaban: C.

Memiliki akal untuk berpikir 9. Berikut ini adalah hikmah orang yang berilmu, kecuali. A. Akan diangkat derajatnya B.

Mampu menyelesaikan masalah C. Akan beriman dengan sempurna D. Boleh melakukan apa saja Jawaban: D. Boleh melakukan apa saja 10. Q.S. al-Mujadalah/58: 11 menjelaskan tentang.

A. Perintah berbuat baik kepada orang tua B. Derajat orang yang beriman dan berilmu C. Kewajiban menjauhi larangan-larangan Allah D. Kewajiban mengerjakan salat Jawaban: B.

Derajat orang yang beriman dan berilmu 11. Makhluk Allah Swt. yang gaib, terbuat dari nur atau cahaya, dengan wujud dan sifat-sifat tertentu adalah.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

A. Manusia B. Jin C. Malaikat D. Setan Jawaban: C. Malaikat 12. Sifat-sifat malaikat di antaranya. A. Selalu menentang perintah Allah Swt. B. Patuh dan taat kepada Allah Swt. C. Selalu makan dan minum D. Mempunyai hawa nafsu Jawaban: B. Patuh dan taat kepada Allah Swt. 13. Fenomena hancurnya alam semesta merupakan gambaran terjadinya hari kiamat.

Allah Swt. menugasi malaikat peniup sangkakala yang dapat menghancurkan alam semesta ini. Malaikat tersebut adalah. A. Jibril B. Mikail C. Israfil D. Izrail Jawaban: C. Israfil 14. Setiap perbuatan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat?

Semua itu akan dicatat oleh malaikat. A. Jibril B. Munkar dan Nakir C. Raqib dan Atid D. Malik dan Ridwan Jawaban: C. Raqib dan Atid 15.

Berikut ini yang bukan merupakan perbedaan antara malaikat dengan manusia adalah. A. Manusia memiliki hawa nafsu, sedang malaikat tidak.

B. Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat dari api. C. Malaikat selalu patuh kepada Allah Swt. sedangkan manusia tidak selalu. D. Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat dari cahaya. Jawaban: B. Manusia diciptakan dari tanah, sedangkan malaikat dari api. 16. Berikut ini adalah hikmah dari beriman kepada malaikat Allah Swt. Antara lain. A. Memberi semangat kepada orang yang beriman agar menjadi muslim sejati.

B. Kurang hati-hati dalam berbicara dan berbuat. C. Kurang bersemangat dan rajin beribadah kepada Allah Swt. D. Tidak hafal nama dan tugas para malaikat. Jawaban: A. Memberi semangat kepada orang yang beriman agar menjadi muslim sejati 17. Zaid mengerjakan soal ujian tanpa mencontek, walaupun banyak kesempatan dan tidak ada pengawas di ruangan. Sikap tersebut menunjukkan bahwa ia beriman kepada malaikat.

A. Jibril B. Mikail C. Raqib dan Atid D. Israfil Jawaban: C. Raqib dan Atid 18. Salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama. A. Berjenis ke1ammin B. Makhluk gaib C. Berkembang biak D. Memiliki nafsu Jawaban: B. Makhluk gaib 19. Sifat malaikat yang membedakannya dengan manusia adalah.

A. Memiliki nafsu B. Makan dan minum C. Kemampuan ilmunya D. Ketundukkan dan kepatuhan Jawaban: D. Ketundukkan dan kepatuhan 20. Kita harus selalu melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya agar dapat surga-Nya. Percaya akan surga juga percaya akan adanya penjaga surga. Ilustrasi tersebut menunjukkan . A. Iman kepada malaikat Ridwan B. Iman kepada malaikat Malik C. Iman kepada malaikat Malik D. Iman kepada malaikat Mikail Jawaban: A. Iman kepada malaikat Ridwan Jawaban: C 36.

Hari Jumat termasuk hari rayanya orang Islam. Diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai . A. Sayyidun naas B. Sayyidul ayyaam C. Sayyidul istighfar D. Sayyidul Ambiya' wal Mursalin Jawaban: B (Sayyidul ayyaam artinya tuannya hari-hari/penghulunya hari-hari) 37. Hukum shalat Jum'at adalah . A. Sunnah B. Wajib C. Makruh D. Fardhu kifayah Jawaban: B 38. Pada hari Jum'atdalam QS.

Al-Jumu'ah ayat 9 dengan tegas Allah memerintahkan kepada kita untuk melaksanakan Salat Jumat dan meninggalkan . A. Sekolah B. Jual beli C. Pekerjaan D. Perbuatan keji dan munkar Jawaban: B 39. Dalil yang menunjukkan bahwa Salat Jum’ah itu wajib adalah. A. Q.S. al-Jumu’ah/62: 6. B. Q.S. al-Jumu’ah/62: 7. C. Q.S. al-Jumu’ah/62: 8. D. Q.S. al-Jumu’ah/62: 9. Jawaban: D 40. Berikut ini adalah orang-orang yang dikenai kewajiban shalat Jum'at, kecuali .

A. Baligh B. Laki-laki C. Perempuan D. Orang yang tidak sedang safar/dalam perjalanan Jawaban: C 41. Orang yang menyampaikan khotbah Jum’ah disebut hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai. A. Khatib B. Ustadz C. Muballig D. Pak Kayyim Jawaban: A 42. Orang yang sedang melakukan perjalanan jauh diberi keringanan untuk tidak Salat Jumat tetapi ia wajib.

A. Salat dhuhur B. Salat jamak qashar C. Meng-qadha Shalat D. Membayar fidyah Jawaban: A 43. Jika kita bicara ketika khatib sedang berkhotbah, atau bermain-main dengan barang yang ada di samping atau di hadapan kita maka kita telah melakukan perbuatan lagha atau . A. Kurang sempurna B. Sia-sia C. Sah D. Mendapat dosa Jawaban: B 44. Perhatikan hal-hal berikut ini:. 1. Islam 2. Balig (dewasa) 3. Mendengarkan khotbah 4. Laki-laki Syarat sah untuk melaksanakan salat Jumat adalah.

A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 4 D. 1, 3, dan 4 Jawaban: B 45. Perhatikan pernyataan berikut ini. 1. Mengucapkan puji-pujian kepada Allah 2. Mengucapkan dua kalimat syahadat 3.

hari jumat termasuk hari rayanya orang islam. diantara keistimewaannya dengan disebutnya sebagai

Membaca ayat al-Qur'an pada salah satu dua khotbah 4. Di waktu dhuhur dan setelah dua khotbah. Yang merupakan rukun khotbah adalah. A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2 dan 4 C. 2, 3 dan 4 D. 1, 3 dan 4 Jawaban: A 46. Tempat yang bisa digunakan untuk melaksanakan Salat Jumat adalah. A. Rumah sakit B. Masjid C. Jalan raya D. Ruangan khusus Jawaban: B 47. Memakai pakaian putih, mencukur kumis, memakai wangi-wangian merupakan. A. Sunah salat Jumat B. Syarat sah salat Jumat C. Syarat wajib salat Jumat D.

Syarat khotbah Jumat Jawaban: A 48. Halangan yang membolehkan kita tidak melaksanakan salat Jumat diantaranya adalah berikut ini . A. Masjidnya jauh B.

Angin kencang hujan deras C. Terlalu sibuk dengan pekerjaannya D. Cuaca sangat panas sekali Jawaban: B 49. Shalat Jum'at dapat menghapus dosa-dosa kecil selama . A. Satu tahun yang lalu B.

Satu tahun yang akan datang C. Antara Jumat yang satu ke Jumat berikutnya D. Setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang Jawaban: C 50. Diantara sunnah-sunnah Rasulullah Saw yang dilakukan ketika malam atau hari Jum'at adalah . A. Baca surat Al-Baqarah sampai selesai B.

Baca ayat Kursi, Al-Ikhlas, Mua'awwidzatain 1000 kali C. Membaca surat Al-Kahfi dan Memperbanyak shalawat Nabi D. Mandi kembang tujuh rupa dari tujuh sumur Jawaban: C Demikian contoh soal dan jawaban Penilaian Akhir Tahun/UKK (Ulangan Kenaikan Kelas) atau Ulangan Akhir Semester Genap (UAS Genap) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas 7 SMP/MTs untuk bagian yang kedua.

Nantikan bagian ketiga dari Contoh soal penilaian akhir tahun PAIBP kelas 7 SMP/MTs. Semoga bermanfaat.

Misteri Dan Rahasia Hari Jumat




2022 charcuterie-iller.com