Hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Pertanyaan Hipotesis teori ksatria diperkuat dengan cerita Panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh . A. C.C. Berg B. N.J Krom C. J.L. Moens D. Van Leur E. Majumdar Hai Rahmat S, Kakak bantu jawab ya. Jawaban yang paling tepat ialah A.

C.C Berg. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut. Dalam sejarah Indonesia, wilayah Nusantara masa lampau didatangi oleh berbagai pengaruh yang datang dan kemudian berkembang pada kehidupan masyarat Nusantara.

Salah satunya ialah berkembangnya pengaruh Hindu-Buddha di Nusantara.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Pengaruh tersebut berlangsung berabad-abad lamanya, hingga pada akhirnya pengaruh Islam masuk. Adapun proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha ke Nusantara ialah berdasarkan salah satu teori yakni Teori Ksatria. Dimana teori ini dikemukakan oleh C.C Berg yang menyatakan bahwa para prajurit yang kabur dari wilayah peperangan di India lalu pergi dan melakukan penaklukan wilayah di Nusantara dan kemudian menyebarkan agama Hindu-Buddha. Kelemahan dari teori ini ialah para prajurit tidak bisa membaca kitab Weda dan tidak ada bukti kolonialisasi di Nusantara.

Semoga membantu ya 😊 Pasca perang dunia ke II, Dunia memasuki tahapan baru yaitu perang dingin atau Cold war yang terjadi diantara Blok Barat (Amerika Serikat) dan Blok Timur (Uni Soviet). Salah satu ancaman terbesarnya adalah adanya Proxy war yang melibatkan negara negara berkembang yang didukung kedua belah negara tersebut.

Jelaskan pendapat anda mengenai pendapat ini!

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Pada tahun 1517 adalah tahun bersejarah dalam sejarah dunia karena pada tahun ini Marthin Luther secara resmi menyerukan reformasi dalam tubuh gereja.Pernyataan dibawah ini yang tepat terkait dengan awal mula reformasi adalah… A.Gereja Katholik enggan melakukan reformasi internal sebelum Luther B.Ide reformasi gereja pertama kali di prakarsai oleh Marthin Luther C.Dipicu oleh ketidaksepakatan tentang beberapa doktrin gereja D.Marthin Luther sendiri hanya ingin memperbaharui gereja E.Mendapat dukungan dari banyak Negara kekaisaran Jerman Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India.

Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh …. A. C.C Berg B. N.J Korm C. J.L Moens D. Van Leur E. Majumdar Pembahasan: Ada tiga ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai proses penyebaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha dilakukan oleh golongan ksatria, yaitu sebagai berikut: 1) C.C Berg C.C.

Berg mengemukakan bahwa golongan yang turut menyebarkan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia adalah para petualang yang sebagian besar berasal dari golongan Ksatria. Para Ksatria ini ada yang terlibat konflik dalam masalah perebutan kekuasaan di Indonesia. Bantuan yang diberikan oleh para Ksatria ini sedikit banyak membantu kemenangan bagi salah satu kelompok atau suku yang bertikai. Sebagai hadiah atas kemenangan itu, ada di antara mereka yang dinikahkan dengan salah seorang putri dari kepala suku yang dibantunya.

Dari perkawinannya ini memudahkan bagi para Kesatrian untuk menyebarkan tradisi Hindu Buddha kepada keluarga yang dinikahinya tadi. Berkembanglah tradisi Hindu-Buddha dalam masyarakat Indonesia. 2) Mookerji Dia mengatakan bahwa golongan Ksatria (tentara) dari India yang membawa pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha ke Indonesia. Para Ksatria ini kemudian membangun koloni-koloni yang akhirnya berkembang menjadi sebuah kerajaan.

Para koloni ini kemudian mengadakan hubungan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan di India dan mendatangkan para seniman yang berasal dari India untuk membangun candi-candi di Indonesia.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

3) J.L Moens Dia mencoba menghubungkan proses terbentuknya kerajaan-kerajaan di Indonesia pada awal abad ke-5 dengan situasi yang terjadi di India pada abad yang sama.

Perlu diketahui bahwa sekitar abad ke-5, banyak kerajaan-kerajaan di India Selatan yang mengalami kehancuran. Ada di antara para keluarga kerajaan tersebut, yaitu para Ksatrianya yang melarikan diri ke Indonesia.

Mereka ini selanjutnya mendirikan kerajaan di kepulauan Nusantara. Jadi: Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh ….

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

A. C.C Berg • • Katagori • Ayo Kerja • Barisan6 • IPS Terpadu • Kumpulan Soal • Masa Awal Kemerdekaan • Masa Demokrasi Liberal • Masa Demokrasi Terpimpin • Masa Hindu-Budha • Masa Islam • Masa Kolonial Barat • Masa Orde Baru • Masa Pendudukan Jepang • Masa Pergerakan Nasional • Masa Pra-Aksara • Masa Reformasi • Materi Daring Sejarah • Pakar Kejombloan • PembaTIK 2021 • Pemberontakan di Indonesia • Pendidikan • Perjuangan Bangsa Indonesia • Sejarah Dunia • Sejarah Indonesia • Soal EHB BKS Sejarah Peminatan • Soal IPS Terpadu • Soal OSN IPS • Soal PAS Sejarah • Soal PAT Sejarah • Soal Sejarah SMA • Soal Tes Wawasan Kebangsaan • Soal USBN IPS • Soal USBN Sejarah • soal UTBK Sejarah • Toeri-Teori • Uncategorized • Pos-pos Terbaru • Kisi Tes Potensi Akademi Pretest PPG 2022 Matapelajaran Sejarah • Sebelum keluarnya Undang Undang Agraria tahun 1870 • Peran Marthen Indey • Kontribusi Indonesia dalam OKI • Tokoh yang memprakarsai Gerakan Non Blok • Negara Pelopor ASEAN • Tokoh pendiri Dinasti Isyana • Fungsi peninggalan Megalitikum • Saluran persebaran Islam di Indonesia • Dasar Teori Persia • Faktor pendorong adanya penjelajahan samudera • Bentuk pelaksanaan politik etis • Ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 • Akhir dari Demokrasi Liberal • Tokoh Indonesia yang berjasa ikut mendirikan ASEAN • Pasal terkait jabatan presiden • Prinsip Gerakan Non Blok • Latar belakang pembentukan Romusa • Hasil Konferensi Meja Bundar • Kerajaan Islam di Pulau Sumatera • Isi Kapitulasi Kalijati • 3 Peserta Peraih Suara Terbesar Pemilu 1971 • Penyelesaian masalah Timor Timur • Asal usul nenek moyang Indonesia • Memilih Sumber • Partai yang tergabung dalam PDI • Provinsi Baru di Sulawesi Pasca Reformasi • Negara yang hadir dalam Konferensi Asia di New Delhi • Pengaruh Portugis dalam Bidang Kesenian • Gerakan bawah tanah masa pendudukan Jepang
KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu wilayah yang mendapat pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha sejak sekitar abad ke-4 atau ke-5.

Salah satu buktinya adalah adanya kerajaan bercorak Hindu-Buddha di Indonesia pada awal Masehi, seperti Kerajaan Kutai, Tarumanegara, Mataram Kuno, dan Sriwijaya. Ada banyak teori yang menjelaskan terkait masuknya agama Hindu-Buddha ke Indonesia, salah satunya adalah Teori Ksatria. Masuknya agama Hindu disebarkan oleh para prajurit India yang kalah perang merupakan salah satu isi Teori Ksatria.

Berikut ini penjelasan mengenai Teori Ksatria berikut kelebihan dan kelemahannya. Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Teori Brahmana Tokoh Teori Ksatria Teori Ksatria dicetuskan oleh ilmuwan bernama Cornelis Christian Berg atau C.C.

Berg. Menurutnya, agama Hindu di Indonesia disebarkan oleh golongan ksatria atau golongan prajurit yang dulunya memegang kekuasaan di wilayah India. Di dalam agama Hindu, ksatria merupakan kasta kedua yang kedudukannya di bawah kasta Brahmana.

Menurut para ahli, persebaran Hindu di Indonesia terjadi akibat pergolakan politik yang terjadi di India yang menyebabkan runtuhnya kerajaan-kerajaan di India. Penguasa yang kalah kemudian melarikan diri ke berbagai wilayah, salah satu tujuan pelariannya adalah Indonesia. Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Teori Waisya Hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia tiba di Indonesia, golongan ksatria mendirikan sebuah komunitas kecil yang kemudian berkembang menjadi kerajaan atau pemerintahan baru.

Dari situlah, mereka kemudian menyebarkan pengaruh dan budaya Hindu kepada masyarakat setempat. Kelebihan Teori Ksatria Teori Ksatria didukung oleh para ahli, yang menjelaskan bahwa pada sekitar abad ke-4 hingga abad ke-5, banyak para ksatria yang melarikan diri karena pergolakan politik di India.

Para ksatria yang melarikan diri kemudian mendiami wilayah Indonesia, mendirikan perkumpulan atau komunitasnya sendiri hingga berkembang menjadi sebuah kerajaan.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Teori Mekkah Di samping itu, ada beberapa poin yang menjelaskan terkait kelebihan dari Teori Ksatria. Hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para ksatria India.

Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh C.C. Berg. Menurut C.C. Berg, kepala suku di wilayah Indonesia banyak yang menjanjikan hadiah yang besar apabila para ksatria asal India mampu menyelesaikan masalah kekuasaan antarsuku.

Selain itu, ilmuwan L. Moens berpendapat bahwa para golongan ksatria dari India kebanyakan berasal dari keluarga kerajaan. Karena pergolakan politik, mereka kemudian melarikan diri hingga ke Indonesia dan mendirikan sebuah pemerintahan baru yang masih melakukan hubungan dengan India.

Kelemahan Teori Ksatria Di samping kelebihan dari Teori Ksatria, ada juga kekurangan atau kelemahannya. Kelemahannya adalah, kastra Ksatria tidak dapat berbahasa Sansekerta, yang menjadi induk bahasa bagi kitab suci agama Hindu. Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Teori Gujarat Selain itu, kurangnya fakta yang membuktikan bahwa para ksatria dari India menaklukkan wilayah di Indonesia dengan mendirikan sebuah pemerintahan baru. Pasalnya, tidak ada bukti tertulis yang membuktikan bahwa para ksatria dari India melakukan kolonialisasi di Indonesia.

Referensi: • Wahyuni. (2018). Agama dan Pembentukan Struktur Sosial: Pertautan Agama, Budaya, dan Tradisi Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group. Hipotesis ksatria diperkuat dg cerita panji yg berkembang dlm masyarakat indonesia yg memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah daerah indonesia oleh para kstria india pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yg dikembangkan oleh A.

Cc Berg B. Jl moens C. Majumdar D. Nj korm E. Van leur Hipotesis ksatria yang diperkuat dengan adanya cerita hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia yang sedang berkembang dalam masyarakat indonesia, yang kemudian memperlihatkan adanya sebuah proses penaklukan daerah-daerah indonesia oleh para kstria india. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yg dikembangkan oleh Cc CC Berg (A). Pembahasan Teori Ksatria secara umum menganggap bahwa yang menyebarkan ajaran Hindu di Nusantara adalah dari golongan bangsawan atau ksatria yang datang di Indonesia.

Salah satu pendukung dari Teori Ksatria adalah dari CC. Berg, yang menyatakan bahwa hipotesis ksatria yang diperkuat dengan adanya cerita panji yang sedang berkembang dalam masyarakat indonesia, yang kemudian memperlihatkan adanya sebuah proses penaklukan daerah-daerah indonesia oleh para kstria india. Teori ksatria disetujui oleh beberapa para ahli, beberapa di antaranya adalah: • Rajesh Chandra Majumdar • C.C. Berg, Mookerji • J.L. Moens • Frederik David Kan Bosch (F.D.K Bosch) Pelajari lebih lanjut Materi tentang teori Ksatria brainly.co.id/tugas/21024314 Materi tentang teori Brahmana brainly.co.id/tugas/18172517 Materi tentang teori Waisya brainly.co.id/tugas/1378889 ======================== Detil Jawaban Kode : 11.3.1 Kelas : 11 SMA Mapel : Sejarah Bab : Kerajaan Hindu Buddha #AyoBelajar
Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India.

Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh? • C.C Berg • J.L Moens • Majumdar • N.J Korm • Van Leur Jawaban: A. C.C Berg Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah indonesia oleh para ksatria india.

pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh c.c berg. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Contoh perubahan pada pemerintahan setelah datangnya kebudayaan Hindu Budha adalah?

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap. Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh? • C.C Berg • J.L Moens • Majumdar • N.J Korm • Van Leur Jawaban: A. C.C Berg Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia yang memperlihatkan adanya hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia penaklukan daerah-daerah indonesia oleh para ksatria india.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh c.c berg. Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu Contoh perubahan pada pemerintahan setelah datangnya kebudayaan Hindu Budha adalah?

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.
3. Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India.

Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh… A. C.C Berg B. N.J Korm C. J.L Moens D. Van Leur E. Majundar 4. Kekuatan hipotesis Brahmana dalam proses masuknya agama Hindu Buddha ke Indonesia terlihat dari: A. Banyaknya prasasti yang menggunakan huruf Pallawa B. Berkembangnya sistem kerajaan di Indonesia C. Banyaknya bangunan candi yang memiliki seni arsitektur tinggi D.

Berkembangnya bahasa Sanskerta E. Berkembangnya upacara-upacara keagamaan 5. Teori arus balik yang dikemukakan oleh F.D.K Bosch mengemukakan bahwa proses masuknya pengaruh budaya India ke Indonesia terjadi karena peran aktif yang dilakukan oleh…. A. Golongan Ksatria B. Golongan Brahmana C. Golongan Waisya D. Golongan Sudra E. Bangsa Indonesia 6. Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari….

A. Relief yang dilukiskan pada candi B. Arca atau patung yang terdapat di candi C. Bentuk stupa D. Bentuk candi yang berupa punden berundak E. Hiasan yang terdapat pada candi 7. Di bawah ini merupakan bukti-bukti yang menunjukkan perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, kecuali… A. Catatan perjalanan Fa-Hien B.

Catatan perjalanan I-Tsing C. Prasasti Nalanda D. Pembangunan Sriwijaya Asrama oleh Raja Airlangga E. Kerja hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia antara Hui-Ning dan Jnanabadra 9. Peradaban Hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, karena: A.

Adanya hubungan ras antara Indonesia denga India B. Adanya usaha-usaha bangsa Indonesia untuk mengembangkan tingkat peradabannya C.

Adanya persamaan antara peradaban Hindu dengan peradaban asli Indonesia D. Dasar-dasar peradaban Hindu sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia E. Adanya jalinan perdagangan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya 11. Sejak permulaan abad 1 Mtelah terjalin hubungan antara Indonesia dengan India, hal itu disebabkan .

A. terjadinya perubahan jalur lalu lintas perdagangan antara India dengan Cina dari semula menggunakan jalur Darat menjadi menggunakan jalur laut B. letak Indonesia di tengah jalur lalu lintas perdagangan India dengan Cina C.

kerajaan kerajaan besar India memperuas wilayah kekuasaannya sampai ke Indonesia D. Indonesia adalah wilayah tujuan dagang pedagang pedagan India E. adanya kesamaan minat di bidang perdagangan 12.

Sumber sejarah yang dapat memberi petunjuk bahwa kebudayaan Hindu – Budha besar kemungkinan telah masuk ke Indonesia sekitar abad ke 1 – 2 Masehi adalah. A. arca Budha di Sempaga dan Bukit Siguntang B.

perkembangan kerajaan Samudera Pasai C. perkembangan kerajaan Kutai D. catatan Marcopolo E. prasasti kutai 13.

Bangsa Indonesia tidak menerima begitu saja pengaruh budaya India.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Hal itu tampak dari bukti bukti berikut ini, kecuali …. A. tergambarnya suasana alam Indonesia dalam relief candi Borobudur B. masuknya cerita local dalam lakon pewayangan C. adanya stupa sebagai ciri candi Budha D. sistem aturan kasta tidak berkembang dalam kehidupan masyarakat Hindu Indonesia E.

digunakannya pola punden berundak undak dalam bangunan candi 14. Terjadinya akulturasi antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India adalah karena kebudayaan India yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja oleh bangsa Indonesia, hal ini disebabkan. A. masyarakat Indonesia telah memiliki dasar dasar kebudayaan yang cukup tinggi sebelum masuknya budaya India B.

masyarakat Indonesia memilki kepercayaan diri yang besar untuk tidak menerima begitu saja budaya India yang masuk C. perkembangan budaya di Indonesia sudah lebih dulu dibanding perkembangan budaya di India D. masyarakat Indonesia tidak berminat untuk meniru budaya dari India E.

budaya yang masuk dari India terlalu sulit untuk ditiru oleh bangsa Indonesia. 15. Salah satu factor yang menyebabkan kebudayaan Hindu Budha yang masuk ke Indonesia tidak diterima begitu saja oleh masyarakat Indonesia adalah adanya Local Genius, yaitu Kecakapan suatu bangsa untuk….

A. mengambil alih kebudayaan asing sehingga menjadi bagian dari kebudayaan sendiri. B. memilih kebudayaan asing yang sesuai dengan kepribadian bangsa C. mengembangkan kebudayaan asing sehingga menjadi berbeda bentuknya D. menyerap pengaruh asing dan memanfaatkannya demi mencapai kemajuan E. menerima unsur unsur budaya asing dan mengolahnya sesuai dengan kepribadian A. meniru bentuk stupa dari India B. meniru bentuk punden berundak-undak dari India C. gabungan bentuk stupa dan punden berundak-undak dari India D.

gabungan bentuk stupa dari India dengan punden berundak-undak dari Indonesia E. seni bangun Indonesia dengan India melebur dalam bentuk Candi sehingga unsur seni bangun aslinya tidak kelihatan lagi 18. Perhatikan kondisi berikut: 1. mengenal sistim huruf 2. memilki kepandaian mengecor logam 3.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

menguasai tekhnik bercocok tanam padi 4. perkembangan sistem pemerintahan Kerajaan 5. perkembangna ajaran Hindu – Budha Yang merupakan pengaruh masuknya budaya India bagi perkembangan budaya di Indonesia adalah pada nomor. A. 1,3 dan 4 B. 1,3 dan 5 C. 1,4 dan 5 D. 1,2 dan 3 E. 3,4 dan 5 19. Seni pertunjukan wayang adalah salah satu unsur budaya asli Indonesia yang setelah masuknya budaya Hindu–Budha terjadi akulturasi.

Wujud akulturasi budaya Indonesia dengan budaya Hindu – Budha dalam seni Pertunjukan wayang terdapat pada . A. peralatannya B. dalangnya C. tempat pagelarannya D. cerita dan tokohnya E. waktu pertunjukannya 20. Terdapat beberapa pengaruh budaya India terhadap perkembangan masyarakat Indonesia, salah satu pengaruh terbesar dari proses interaksi bangsa Indonesia dengan budaya India adalah sejak saat itu bangsa Indonesia masuk ke dalam jaman sejarah.

Hal tersebut disebabkan berkembangnya unsur budaya India yaitu…. A. memiliki kepercayaan terhadap Dewa B. mengembangkan system pemerintahan kerajaan C. memiliki kepandaian dalam arsitektur D. memiliki kepandaian menulis E. berkembangnya konsep Dewa Raja 21. Keterangan yang dapat dikemukakan untuk mendukung kesimpulan bahwa corak kebudayaan yang berkembang di Kerajaan Kutai adalah Hindu diantaranya .

A. Upacara selamatan diadakan diatas sebidang tanah Wavrakesywara B. Penggunaan nama Warman pada nama nama raja Kerajaan Kutai. C. Raja Pertama Kerajaan Kutai adalah Kudungga D. Pendiri Dinasti Kerajaan Kutai adalah Aswawarman E. Kerajaan Kutai mulai mendapat pengaruh budaya Hindu pada masa pemerintahan Aswawarman 22. Dalam salah satu Yupa pada prasasti Kutai tertera keterangan tentang silsilah raja raja kerajaan Kutai.

Berdasarkan keterangan tersebut maka dapat disimpulkan pendiri dinasti kerajaan Kutai adalah. A. Kudungga B. Mulawarman C. Aswawarman D. Purnawarman E. Adityawarman 23.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Keterangan yang kita dapatkan dari prasasti Tugu yang memberi petunjuk bahwa kerajaan Tarumanegara besar kemungkinan pusat kerajaan Tarumanegara di Bekasi adalah. A. Penggalian saluran Candrabhaga dan Gomati atas perintah Raja Purnawarman B. Pekerjaan dimulai pada hari yang baik bulan Phalguna dan diselesaikan pada bulan Caitra C.

Selamatan atas penggalian saluran dilakukan oleh para Brahmana disertai 1000 ekor sapi yang dihadiahkan D. Sungai itu mengalir di tengah tengah tanah kediaman yang mulia Sang Pendeta nenek- da ( Sang Purnawarman ) E.

Pengggalian kali Chandrabaga dilakukan buat mengalirkannya ke laut setelah sungai ini sampai di Istana kerajaan yang termashur 24. Sriwijaya berhasil menguasai perdagangan nasional dan internasional sehingga meningkatkan kehidupan social ekonomi negaranya.Faktor yang mendorong pernyataan ini adalah … A.

Letaknya yang strategis di jalur perdagangan India dan Cina B. Sriwijaya sangat aktif melakukan aktifitas perdagangan C.

Sriwijaya merupakan Negara Maritim terbesar di Nusantara D. Sriwijaya berhasil menguasai Selat Malaka yang merupakan urat nadi perdagangan di Asia Tenggara 25. Kerajaan Mataram Kuno terdapat dua dinasti yaitu dinasti sanjaya yang beragama Hindu dan dinasti syailendra yang beragama Budha. Banyak peninggalan dari kerajaan tersebut yang hingga saat ini masih sangat penting untuk kita tiru yaitu .

A. toleransi yang kuat antar umat beragama B. pembangunan candi-candi yang megah C. pembuatan prasasti-prasasti kerajaan D. penyusunan daftar raja-raja Mataram E. kerja sama raja dengan para biksu 27.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Mpu Bharada membagi Kerajaan Medang Kamulan menjadi dua yaitu Kediri dan Jenggala atas perintah Raja Airlangga. Alasan pembagian kerajaan ini adalah …. A. Memisahkan antara pemeluk agama Hindu dengan Budha agar tidak saling berseteru B. Menghindari terjadinya perang saudara diantara sesama putera putera Airlangga C. Penolakan puteri mahkota Sri Sanggramawijaya atas tahta kerajaan Kediri D. Meningkatkan kemakmuran dan perdagangan rakyat di dua kerajaan E. Meningkatkan pertahanan militer Kediri untuk menghadapi serangan balik dari Sriwijaya 29.

Perhatikan peristiwa peristiwa berikut ini : 1) Setelah meminta pengampunan kepada Jayakatwang Raden Wijaya diberikan tanah perdikan di daerah hutan Tarik 2) Raden Wijaya mendirikan dinasti dan kerajaan Majapahit 3) Jayakatwang menyerang Singasari dan membunuh Kertanegara 4) Bangsa Mongol menyerang kerajaan Kediri dan menggulingkan Jayakatwang 5) Raden Wijaya menghancurkan balatentara Mongol.

Kronologi yang tepat berdasarkan peristiwa tersebut ditunjukan oleh nomor. A. 2), 1), 3), 4), dan 5) B. 2), 3), 1), 4), dan 5) C. 3), 1), 4), 5), dan 2) D. 3), 4), hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia, 2), dan 5) E. 3), 4), 5), 1), dan 2) 30. Faktor internal yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Singasari adalah .

A. Serangan Jayakatwang bekerjasama dengan Aria Wiraraja B. Serangan bangsa Mongol dibawah pimpinan Kubilai Khan C. Pemberontakan kaum Brahmana dibantu oleh Ken Arok D. Pemberontakan para pengwal kerajaan bekerjasam dengan orang dalam istana E. Keberhasilan Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit 32. Faktor yang mendorong proses Islamisasi berjalan dengan baik di kalangan masyarakat adalah: a. Pendekatan budaya yang dilakukan dalam penyebaran agama Islam b. Aliran sufisme yang melembaga c.

Pembawanya adalah pedagang d. Islam tidak mengenal penggolongan masyarakat e. Keramahan dari para pendakwahnya 33. Di bawah ini adalah beberapa metode dakwahyang disampaikan para wali di Jawa sehingga mudah diterima masyarakat, kecuali: a.

Menggunakan pendekatan kebudayaan b.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Berperan sebagai pemimpin menaklukan daerah lain c. Tidak menentang budaya masyarakat yang ada d. Melalui media kesenian e. Melalui perkawinan 35. Bangunan masjid yang merupakan hasil akulturasi memiliki cari-ciri: a. Beratap kubah b. Memiliki Menara untuk azan c.

hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia

Terbuat dari kayu d. Beratap tumpang e. Menjadi satu dengan komplek makam 36. Berikut ini merupakan beberapa faktor yang mempercepat proses penyebaran agama Islam di Indonesia, kecuali: a. Syarat untuk masuk Islam sangat mudah b. Upacara keagamaan dalam Islam lebih sederhana c. Semua manusia mempunyai kedudukan sama d. Penyebaran Islam dilakukan melalui cara yang damai e. Penyebaran Islam dilakukan melalui cara kekerasan 37. Kerajaan Samudra Pasai menjadi pusat perdagangan karena: a.

Penghasil komoditas perdagangan yang penting b. Letaknya strategis di dekat Selat Malaka c. Banyak disinggahi pedagang dari Asia dan Eropa d. Runtuhnya Kerajaan Malaka ke tangan Portugis e. Memiliki hubungan yang baik dengan kerajaan di Arab 39. Hoessein Djajadiningrat mengemukakan pendapat bahwa agama Islam yang masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Persia.

Hal ini didasarkan pada adanya bukti: a. Kesamaan nisan di Sumatra Utara dan Gresik b. Tradisi perdagangan yang telah berlangsung lama c. Adanya aliran Syi’ah di Indonesia d.

Ajaran Islam yang berintikan mazhab Syafi’i e. Di Sumatra Barat adanya peringatan 1 syuro 43. Tujuan pemerintahan Sultan Agung dari Kerajaan Mataram adalah …. A. Ingin terus menguasai Mataram B. Ingin menjadi Raja selamanya C.

Ingin mempertahankan seluruh tanah jawa dan mengusir orang-orang Belanda D. Ingin menjalin dan dapat bekerjasama dengan pihak-pihak Belanda E. Ingin mempertahankan Mataram sebagai Kerajaan terbesar di tanah Jawa 44. Kerajaan Mataram Islam merupakan salah satu kerajaan Islam terbesar di Pulau Jawa. Puncak kejayaan kerajaan tersebut terjadi pada masa Sultan Agung. Akan tetapi setelah Sultan Agung wafat, kekuasaan Mataram semakin lama semakin surut.

Kekuasaan Kerajaan Mataram semakin surut ketika masa Amangkurat I karena …… A. Wilayah Kerajaan Mataram semakin sempit karena adanya perjanjian Giyanti dan Salatiga B. Mataram terus diserang oleh Portugis C. Wilayah perdagangan Mataram di monopoli Portugis D. Belanda membunuh Amangkurat II E. Amangkurat I telah dipengaruhi dan bergantung kepada VOC 46. Karya sastra melayu berbentuk prosa yang mengandung nilai untuk membangkitkan semangat hidup manusia dikenal dengan nama ….

A. Epik B. Suluk C. Primbon D. Babad E. Hikayat 47. Banyaknya peniggalan sejarah islam yang masih memasukkan unsur Hindu dan lokal membuktikan bahwa ….

A. Tidak adanya arsitek Islam yang menonjol B. Dakwah islam yang dilakukan dengan damai C. Kuatnya pengaruh Hindu sehingga sulit dihilangkan D. Ulama islam hanya meniru bangunan yang ada E. Masyarakat tidak mau memakai sesuatu yang berbau arab 48. Dalam diplomasi dengan berbagai kekuatan besar di dunia, Kerajaan Aceh termasuk kerajaan modern yang paling maju dalam berdiplomasi, hal ini dibuktikan dengan …. A. kemauan Aceh berada di bawah perlindungan Perancis B.

usaha Aceh menjalin kerjasama dan diplomasi dengan kekaisaran Turki Usmani C. Aceh menjadi pusat kekuasaan Islam di Nusantara D. Aceh menjalin kerjasama dengan Amerika Serikat E.

para diplomat Aceh sempat menjadi tamu kehormatan di Istana Presiden AS 49. Setelah Raden Fatah wafat, beliau kemudian digantikan oleh putranya yang bernama Pati Unus.

Beliau memiliki julukan Pangeran Sabrang Lor karena . A. melakukan penyerangan ke seberang lautan (Malaka) B. menyebarkan agama islam di Pulau Jawa C. mengalahkan Portugis di Sunda Kelapa D. menguasai tanah kalimantan E. mendirikan Masjid Agung Demak. 50. Perhatikan data berikut! 1. Merupakan kerajaan yang menjadi penghubung antara jalur perdagangan India dan Cina 2. Melakukan kerja sama politik dengan Cina untuk membendung pengaruh kerajaan Siam 3.

Menjadi pusat penyebaran agama dan kebudayaan Islam ke wilayah Nusantara 4. Menjadi penghubung antara jalur perdagangan Indonesia Barat dan Timur 5. Pada abad ke-16 menjadi penghasil beras terbesar di nusantara Berdasarkan data-data di atas yang menggambarkan kebesaran kerajaan Demak adalah .

A. 1, 2 dan 3 B. 1, 2 dan 4 C. 2, 3 dan 4 D. 2, 3 dan 5 E. 3, 4 hipotesis ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam masyarakat indonesia 5 Kunci Jawaban • Juli 2021 21 • Juni 2021 30 • Mei 2021 29 • April 2021 32 • Maret 2021 8 • Februari 2021 1 • Januari 2021 193 • Desember 2020 614 • November 2020 616 • Oktober 2020 213 • Agustus 2020 14 • Juli 2020 1 • Juni 2020 145 • Mei 2020 73 • April 2020 3 • Maret 2020 192 • Februari 2020 64 • Januari 2020 45 • Desember 2019 8 • November 2019 23 • Oktober 2019 70 • September 2019 58 • Agustus 2019 18 • Juli 2019 29 • Juni 2019 16 • Mei 2019 6 Tampilkan selengkapnya Tampilkan lebih sedikit

JIKA KITA DIAM, INDONESIA AKAN JADI SEPERTI AFGHANISTAN




2022 charcuterie-iller.com