Sketsa tata ruang kantor

sketsa tata ruang kantor

Untuk kamu yang bekerja di. Dapat diciptakan tata ruang gabungan ini. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. See more ideas about office floor plan, sketsa tata ruang kantor plans. Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah efektifitas bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan. Kelebihan Dan Kekurangan 4 Jenis Tata Ruang Kantor Anugerah Dino from 3.bp.blogspot.com Gambar ruang kantor diatas termasuk.

Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah efektifitas bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan. Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup.

Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. See more ideas about office floor plan, floor plans. Menyusun denah konsep tata ruang kantor.

Gambar ruang kantor diatas termasuk. Google has many special features to help you find exactly what youre looking for. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam.

Denah ruang kantor perusahaan, denah ruang kantor terbuka, denah tata ruang kantor, denah kantor, mendesain tata ruang kantor, sketsa tata. Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah efektifitas bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya.

Dapat diciptakan tata ruang gabungan ini. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Desain rumah 2 lantai yang akan kami. Untuk kamu yang bekerja di. Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Untuk kamu yang bekerja di. Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah sketsa tata ruang kantor bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan.

Denah ruang kantor perusahaan, denah ruang kantor terbuka, denah tata ruang kantor, denah kantor, mendesain tata ruang kantor, sketsa tata. Desain Tata Letak Ruang Puskesmas Pdf from imgv2-1-f.scribdassets.com Denah ruang kantor perusahaan, denah ruang kantor terbuka, denah tata ruang kantor, denah kantor, mendesain tata ruang kantor, sketsa tata.

Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. See more ideas about office floor plan, floor plans. Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan.

Misalkan, denah lantai kantor tempat semua karyawan di departemen akun anda dikelompokkan ke dalam satu area atau lantai bergantung pada ruang. Menyusun denah konsep tata ruang kantor. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup.

Google has many special features to help you find exactly what youre looking for. Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas.

sketsa tata ruang kantor

Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Dapat diciptakan tata ruang gabungan ini. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa pengertian tata ruang. Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Misalkan, denah lantai kantor tempat semua karyawan di departemen akun anda dikelompokkan ke dalam satu area atau lantai bergantung pada ruang. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam.

Menyusun denah konsep tata ruang kantor. Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah efektifitas bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan.

sketsa tata ruang kantor

See more ideas about office floor plan, floor plans. Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Desain rumah 2 lantai yang akan kami. Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Lalu apa pengertian tata ruang.

21 Idea Sketsa Ruang Kantor Direktur Terbaik Pinterest Blog Sejasa from lh6.googleusercontent.com See more ideas about office floor plan, floor plans.

Memahami tata ruang kantor yang bisa menambah efektifitas bekerja · 4 jenis ruang kantor yang bisa diterapkan. Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Lalu apa pengertian tata ruang. Dapat diciptakan tata ruang gabungan ini. Untuk kamu yang bekerja di. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis sketsa tata ruang kantor ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut.

Misalkan, denah lantai kantor tempat semua karyawan di departemen akun anda dikelompokkan ke dalam satu area atau lantai bergantung pada ruang. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Gambar ruang kantor diatas termasuk. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup.

Menyusun denah konsep tata ruang kantor. See more ideas about office floor plan, floor plans. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya.

Buatlah keterangan dari sketsa gambar ruang kantor di atas. Denah ruang kantor perusahaan, denah ruang kantor terbuka, denah tata ruang kantor, denah kantor, mendesain tata ruang kantor, sketsa tata. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Lalu apa pengertian tata ruang. Google has many special features to help you find exactly what youre looking for. Sketsa Tata Ruang Kantor / Tata Ruang Kerja Kantor Office Layout Mira Tania Amalia - Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. Lalu apa pengertian tata ruang. Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya sketsa ruang kantor.

Dapat diciptakan tata ruang gabungan ini. Source: lh4.googleusercontent.com Untuk kamu yang bekerja di. Menyusun denah konsep tata ruang kantor. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut. Source: 1.bp.blogspot.com See more ideas about office floor plan, floor plans. Penataan layout tata ruang untuk kantor yang baik akan menunjukkan profesionalitas dari perusahaan tersebut.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Source: fk.unimal.ac.id Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Inilah pembahasan selengkapnya mengenai sketsa tata sketsa tata ruang kantor kantor terbuka dan tertutup.

Gambar ruang kantor diatas termasuk. Source: imgv2-1-f.scribdassets.com Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya. Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam. Menyusun letak meja kursi pegawai dan perabot lainnya. Source: webblogkkn.unsyiah.ac.id Misalkan, denah lantai kantor tempat semua karyawan di departemen akun anda dikelompokkan ke dalam satu area atau lantai bergantung pada ruang.

Desain rumah 2 lantai yang akan kami. Lalu apa pengertian tata ruang. Source: dagan.desa.id Gambar ruang kantor diatas termasuk. Source: architectaria.com Admin blog menata rapi 2019 juga mengumpulkan. Source: d3p0bla3numw14.cloudfront.net Google has many special features to help you find exactly what youre looking for. Source: cdn.slidesharecdn.com Gambar ruang kantor diatas termasuk. Source: dizeen.id Desain rumah sketsa tata ruang kantor lantai yang akan kami.

Tata ruang kantor tertutup merupakan salah satu jenis tata ruang yang bisa diterapkan pada kantormu guna menciptakan kenyamanan dalam bekerja. Ciri yang paling umum dari tata ruang kantor tertutup adalah adanya sekat dan batasan sehingga antara satu divisi dengan divisi lain seakan berada pada ruangan berbeda karena sekat pembatas. Dengan terbatasnya pandangan antara satu karyawan dengan lainnya, maka karyawan bisa lebih fokus dalam bekerja sehingga produktivitasnya pun meningkat.

Namun konsep ini sempat ditentang banyak orang selama beberapa tahun terakhir. Tetapi saat ini masih tetap saja digunakan karena ada saja orang yang ingin punya ruang privat sendiri dan tak ingin pekerjaannya diganggu orang lain. Mau tahu lebih lanjut tentang tata ruang kantor tertutup? Yuk sama-sama kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini. Pengertian Tata Ruang Kantor Tertutup Tata ruang kantor tertutup adalah penataan ruang kerja yang dibuat secara tertutup dimana satu divisi dengan divisi lainnya dipisahkan oleh sekat, pembatas, atau tembok khusus yang bertujuan menghalangi pandangan.

Ini membuat ruang kerja lebih mirip kamar-kamar privat untuk menjalankan berbagai aktivitas pekerjaan. Bentuknya bisa berupa ruang kantor tertutup penuh sampai langit-langit, ada yang cuma dibatasi sekat separuh badan, dan ada juga yang dibatasi sekat setinggi manusia. Bagi ruang kerja yang tak punya pintu, sekat pembatas ini berfungsi membatasi pandangan mata antar karyawan sehingga bisa lebih fokus bekerja. Gambar Tata Ruang Kantor Tertutup Berikut ini adalah beberapa contoh gambar dan sketsa tata ruang kantor tertutup yang menarik untuk diaplikasikan pada kantormu.

• Tata ruang kantor berkamar Untuk ruang kantor yang punya satu ruangan besar namun ingin menerapkan konsep tata ruang tertutup, bisa mencoba desain semacam ini untuk diaplikasikan ke kantormu. Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor Tertutup • Kelebihan tata ruang kantor tertutup Contoh keuntungan tata ruang kantor tertutup adalah sebagai berikut: • Privasi karyawan terjaga Keuntungan terbesar dari penerapan konsep tata ruang kantor tertutup adalah terjaganya privasi karyawan.

Ini membuat karyawan jadi punya tempat dan area kerjanya sendiri dimana mereka bisa berpikir dan bekerja tanpa ada gangguan dari luar. Selain itu, karyawan juga bisa menerima telepon, mengerjakan proyek, dan tugas penting lainnya yang bersifat rahasia tanpa diketahui banyak orang kantoran.

• Terbebas dari berbagai gangguan Berada dalam satu ruangan tertutup tentunya akan membebaskanmu dari berbagai gangguan karyawan lain. Ini jelas akan semakin meningkatkan fokus dan produktivitasmu dalam bekerja. • Meningkatkan kreativitas Untuk menciptakan karya kreatif tentu butuh lingkungan yang damai dan tenang. Terkhusus untuk karyawan yang bekerja di departemen kreatif butuh lingkungan kerja yang hening dan tenang agar mereka bisa fokus bekerja demi menciptakan hasil terbaik.

• Hierarki yang lebih jelas Urutan jabatan atau yang disebut hierarki di kantor akan terbaca dengan jelas jika kantor didesain dengan tata ruang tertutup. Biasanya semakin tinggi posisi seseorang maka akan semakin bagus dan khusus ruangan orang tersebut.

• Persaingan yang lebih sehat Adanya ruangan kerja yang sketsa tata ruang kantor bagus dan sketsa tata ruang kantor membuat tiap karyawan terus bersaing dengan sehat untuk mendapatkan posisi dan jabatan tertinggi agar bisa memiliki ruangan tersebut.

• Tak banyak bergosip Penerapan bentuk tata ruang tertutup akan memperkecil kemungkinan untuk bergosip antar karyawan. Hal ini karena kemungkinan untuk bertemu dan tatap muka sangat kecil sehingga mereka akan lebih disibukkan dengan pekerjaan.

sketsa tata ruang kantor

• Sehat untuk karyawan Desain semacam ini dapat memberi jaminan kesehatan lebih baik bagi karyawan. Sebab ruangan tertutup akan melindungi karyawan apabila ada rekan kerjanya yang menderita penyakit menular seperti flu. • Meningkatkan konsentrasi Konsentrasi karyawan tentunya semakin meningkat seiring dengan fokusnya jika bekerja dalam ruangan tertutup karena terhindarkan dari berbagai gangguan.

• Meningkatnya produktivitas Berada dalam ruangannya sendiri membuat karyawan bisa bekerja dengan pikiran yang lebih bebas dan tenang sehingga akan membuat produktivitasnya meningkat karena konsentrasi yang terjaga. • Meningkatnya pemasukan perusahaan Karena produktivitas meningkat, maka otomatis keuntungan perusahaan meningkat. Jika sudah begini tentu saja gaji mereka akan naik juga dan kemungkinan akan ada fasilitas kerja yang lebih baik lagi untuk karyawan.

sketsa tata ruang kantor

• Mengurangi kebisingan Polusi udara dan suara akan lebih terminimalisir karena karyawan berada pada ruangannya masing-masing. Sebab mereka akan berkomunikasi di areanya sendiri tanpa ada gangguan dari orang lain. • Lebih aman bagi karyawan Setiap karyawan akan merasa lebih aman dengan privasinya karena berada dalam ruangan tertutup atau cubicle pemisah. • Tiap karyawan bekerja dengan gayanya sendiri Berada dalam ruangan sketsa tata ruang kantor tentu membuat karyawan bisa bekerja dengan gayanya sendiri dan bebas mengatur apa yang mereka suka dan tidak.

Penataan ini mendorong karyawan untuk lebih bisa berkonsentrasi pada pekerjaannya dan memberikan hasil optimal. • Lingkungan yang lebih sehat di kantor Karena kurangnya gosip dan interaksi antar karyawan, maka lingkungan kantor pun jadi terkesan formal dan tepat untuk bekerja.

sketsa tata ruang kantor

• Kekurangan tata ruang kantor tertutup • Sulit mengawasi karyawan Kekurangan tersendiri dari konsep tata ruang tertutup adalah pemilik perusahaan dan manajer jadi harus berpindah-pindah dari satu ruangan ke ruangan lain untuk mengawasi karyawan.

Ini jelas adalah pemborosan waktu. • Kurangnya komunikasi antar karyawan Posisi ruangan yang tertutup membuat komunikasi antar karyawan jadi minim dan cuma komunikasi jika ada perlu saja. Jadi akan ada kesenjangan komunikasi antar karyawan. • Membutuhkan lebih banyak biaya Banyaknya ruangan yang digunakan tentu saja akan membutuhkan banyak infrastruktur dibandingkan pada tata ruang kantor terbuka khususnya dalam biaya pembangunan.

Kebutuhan akan bahan baku kayu, bata, peralatan, dan fasilitas lainnya juga lebih banyak dibutuhkan.

sketsa tata ruang kantor

• Memungkinkan turunnya produktivitas karyawan Adanya ruang privasi untuk karyawan tak jarang disalahgunakan oleh mereka mengingat tak adanya pengawasan ketat dari atasan atau manajer.

Ini bisa menyebabkan turunnya produktivitas yang bisa berimbas pada ruginya perusahaan. • Butuh lebih banyak ruangan Penggunaan ruang kerja untuk seluruh karyawan secara terpisah jelas akan memengaruhi jumlah karyawan yang dipekerjakan. Dibandingkan tata ruang terbuka, jenis ini hanya memungkinkan perusahaan mempekerjakan sedikit karyawan karena keterbatasan ruangan yang ada.

• Karyawan bisa saja berperilaku negatif Penerapan konsep ini kadang disalahgunakan oleh karyawan dengan berperilaku negatif. Misalnya menggunakan fasilitas kantor untuk kebutuhan pribadi atau bahkan bermesraan di kantor. Tentu saja ini akan mengganggu lingkungan kerja kantor dan karyawan lainnya.

• Kemungkinan mengabaikan arus kerja atau SOP Konsep tata ruang kerja tertutup mengharuskan para karyawannya untuk berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain untuk bisa berkomunikasi menyelesaikan tugas tertentu.

Apabila sudah terburu-buru, tak jarang mereka akan mengabaikan arus kerja atau SOP yang berlaku sehingga dapat mengganggu alur kerja yang ada. • Kemungkinan informasi tak tersebar dengan baik Karena tiap karyawan berada pada ruangannya sendiri, maka kemungkinan ada saja informasi yang belum atau tidak diterima oleh beberapa karyawan.

• Kurangnya solidaritas antara karyawan Mengingat minimnya komunikasi antar karyawan, maka tak ada pula lah sketsa tata ruang kantor dekat dan solidaritas diantara mereka. Ini adalah kelemahan yang kemungkinan memperlambat perkembangan kinerja perusahaan. • Kemalasan tingkat karyawan meningkat Karena kebebasan karyawan pada ruangannya, maka kemungkinan ada saja rasa malas yang timbul karena kurangnya pengawasan secara langsung.

Aspek negatif ini jelas akan sangat berpengaruh pada produktivitas karyawan. • Tak adanya faktor emosional diantara karyawan Sebagai makhluk sosial, sudah semestinya jika manusia butuh dukungan moral agar bisa mencapai tujuannya. Ada kecenderungan manusia untuk bergantung pada orang lain dalam kasus tertentu. Seiring berjalannya waktu, hal tersebut perlahan memudar karena kurangnya komunikasi antar karyawan.

Baca Juga: • Tata ruang kantor • Tata ruang kantor terbuka FAQ Tata Ruang Kantor tertutup Kerugian tata ruang kantor berkamar yaitu Komunikasi jadi terhambat, biaya yang digunakan lebih besar, butuh banyak ruang kantor, dan penggunaan ruangan jadi kurang fleksibel. Tata ruang kantor gabungan adalah Perpaduan antara tata ruang kantor tertutup dan terbuka Apa saja yang menjadi kerugian sketsa tata ruang kantor tata ruang kantor tertutup?

Komunikasi yang agak terhambat karena adanya sekat pemisah, terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, dan kesulitan dalam hal pengawasan kinerja karyawan. Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup? Tata ruang kantor terbuka adalah penataan ruang kantor dimana satu meja ditempati oleh lebih dari satu karyawan.

Sedangkan tata ruang kantor tertutup, satu meja hanya untuk satu karyawan saja dan ruangannya pun dibatasi oleh sekat. Apa yang dimaksud dengan tata ruang tertutup? Adalah penataan ruang kantor dimana tiap karyawan ditempatkan dalam satu ruang tertutup. Apa kelebihan dari tata ruang kantor semi tertutup?

Terjaganya privasi kerja karyawan sehingga ia bisa lebih fokus bekerja. Tata ruang kantor di mana setiap unit kerja dalam kantor mempunyai ruangan sendiri yang dipisahkan oleh dinding disebut tata ruang kantor?

Tata ruang kantor tertutup atau berkamar Sebutkan keuntungan dan kerugian tata ruang kantor berkamar? Untuk keuntungannya, privasi lebih terjaga, tingkat kefokusan meningkat, dan terhindar dari lingkungan yang terlalu berisik. Sedangkan kerugiannya adalah butuh lebih banyak biaya dan komunikasi jadi kurang efektif.
Sketsa tata ruang kantor yang nyaman akan kami jelaskan dan contohkan pada kesempatan ini, sebelumnya kita membahas tata ruang kantor dulu, apa sih tata ruang kantor itu ?

menurut wikipedia Tata ruang merupakan suatu perencanaan untuk menata suatu tempat atau ruang, sedangkan Tata ruang kantoradalah suatu kegiatan untuk perencanakan atau mendesain ruangan kantor sehingga nyaman untuk di tinggali saat bekerja. Sebelum artikel ini di buat, kami juga membahas tentang penjelasan pengertian interior kantor dan contohnya. dan juga pembahasan mengenai 5 prinsip tata ruang kantor. jika kalian pengin tau lebih dalam ilmu tentang menata ruangan kantor, kalian bisa membuka artikel kami itu.

setelah itu barulah kita membahas tentang contoh sketsa tata ruang kantor : SKETSA TATA RUANG KANTOR Penataan Ruangan Kantor Kecil : sketsa tata ruang sketsa tata ruang kantor kecil sketsa tata ruang kantor kecil sketsa tata ruang kantor kecil Berikut 5 tips untuk penataan kantor : 1. Pertimbangkan untuk membuat Area Hijau di Kantor.

beruntung bermukim di kota padang rumput yang lebih kecil dengan tidak sedikit ruang hijau. Selama bulan-bulan yang hangat, kami menyelinap terbit kantor ke suatu taman yang sepi, lokasi seorang gopher besar bergaul dengan kami andai kami memberinya santap siang dari kami. Aku memanggilnya Gopher sesudah karakter dengan nama yang sama di Love Boat. Saat-saat tersebut sepi dan manis, dan ketika aku pulang ke kantor, kegelisahan pagi hari sudah hilang.

Baca Juga Desain Front Office Minimalis Yang Terlihat Simpel & Elegan sketsa tata ruang kantor kecil sketsa tata ruang kantor kecil sketsa tata ruang kantor kecil 2. Buat sinyal guna memberi tahu orang beda bahwa kita berkonsentrasi. Sinyal dapat menjadi sesuatu yang simpel seperti menggunakan satu set headphone untuk mengindikasikan bahwa kita tidak hendak diganggu, atau, laksana pada satu pekerjaan, memberi tanda di unsur atas komputer kita yang berbunyi “Busy Right Now.

“Headphone ialah pilihan yang lebih baik, sebab tanda-tanda laksana itu dapat membuat kita diberi label sebagai yang mengherankan jika masing-masing orang tidak mengadopsi sistem Anda. Ambillah dari kami.

Aku yang aneh. sketsa tata ruang kantor sketsa tata ruang kantor 3. Ciptakan rasa ruang individu di dalam area individu Anda. Kantor kami memberi kami dinding bilik yang rendah, jadi kami memasang gantungan baju di samping meja kami. Jubah gantung membuat kerahasiaan sketsa tata ruang kantor yang lumayan untuk menilai ruang di mana kami dapat bekerja tanpa terganggu dan tanpa terlihat laksana sedang memasang dinding guna menjauhkan teman kerja kami.

Sebenarnya kami sedang membina dinding guna menjauhkan teman kerja kami, tapi minimal tidak terlihat laksana itu. Baca Juga Lampu Tidur Unik Dijamin Anti Maintream gambar tata ruang kantor gambar tata ruang kantor contoh tata ruang kantor gambar penataan ruang kantor 4. Perhatikan jam berapa hari dan hari sketsa tata ruang kantor seminggu seringkali lebih sepi di kantor, dan pakai waktu tersebut untuk kegiatan yang lebih susah atau bahkan downtime guna Anda sendiri.

Setelah sejumlah minggu atau bulan di kantor, kita akan menyaksikan pola kegiatan yang dapat Anda kerjakan untuk Anda. Tandai masa-masa yang lebih tenang di kalender Anda sampai-sampai Anda dapat mendapatkan hasil maksimal dari ruang bernapas yang berharga ini. Jadwalkan mereka sebagai waktumu untuk menuntaskan pekerjaan yang lebih susah atau melulu untuk menciptakan kebahagiaan di meja kerja sedangkan tidak terdapat yang melihat.

Kami mempelajari trik ini dari seorang perempuan yang terkadang kami berbagi kegiatan di kantor lain. Aku mampir ke mejanya tanpa pengumuman pada sebuah hari, dan dia terbit dari suatu tempat di sisi beda dengan selimut kecil dan bantal. Ternyata Rabu sore ialah saat seluruh orang di kantornya menghadiri pertemuan, dan dia memungut waktu guna berbaring dan bermeditasi. Dia merasa lebih bahagia dan produktif. Dia menyebutnya ” Costanza Hour “, yang membuatnya menjadi di antara orang terpintar yang pernah kami kenal.

gambar penataan ruang kantor 5. Pesan ruang pertemuan kecil secara semi reguler, tapi tidak boleh mengundang orang lain. Tip ini ialah favorit kami. Suatu hari terpikir oleh kami bahwa tidak ada ketentuan yang menuliskan bahwa ruang pertemuan hanya dapat dipesan guna kelompok, jadi kami memesan kamar guna dua jam dan bekerja sendiri tanpa interupsi.

Mereka ialah dua jam sangat membahagiakan dari kehidupan kantorku yang terbuka. Baca Juga Desain Kamar Tidur Sederhana Warna Biru yang Elegan kami merasa brilian rekan kerja akan berpendapat bahwa ruang pertemuan yang terjadwal menuntut privasi, dan kita akan dapat bekerja tanpa mengobrol, tersentuh, atau dilecehkan sekitar ini.

Ini laksana mempunyai kantor yang tepat untuk sedangkan waktu, melulu kantor di mana tidak terdapat yang bakal mengetuk pintu, dan Anda dapat mematikan telepon Anda.

(kami pikir kami membutuhkan salah satu ruangan ini di lokasi tinggal sekarang. Sekian artikel kami tentang contoh dari penataan ruang kantor semoga bermanfaat. Kategori • Alat-Alat Proyek Bangunan (1) • Arsitek Dunia (1) • Arsitek Indonesia (1) • Arsitektur (31) • Arsitektur Bandara (1) • Arsitektur Cafe (2) • Arsitektur Hotel (1) • Arsitektur Kantor (2) • Arsitektur Masjid (1) • Arsitektur Restoran (1) • Cara Menggambar (11) • Contoh Gambar dan Sketsa (13) • Dapur (7) • Dekorasi Rumah (4) • Eksterior (7) • FEATURED (11) • Furniture (3) • Ilmu Arsitektur (51) • INSPIRASI (10) • Interior (33) • interior kantor (4) • Interior Klasik (2) • Interior Minimalis (8) • Interior Modern (5) • Kamar Mandi (4) • Kamar Tidur (6) • Kantor (2) • Kerajinan & Seni (41) • Kitchen set (2) • Landscape (2) • Latest (9) • Meja & Kursi (1) • News (16) • Profile Arsitek (2) • Rak Display (1) • Ruang Anak (1) • Ruang Keluarga (3) • Ruang Tamu (3) • Tempat Tidur (1) • Tipe 21 (1) • Tutorial & Cara (9) • Uncategorized (6) Dizeen.id adalah sebuah website yang memberikan beragam informasi tentang Arsitektur, baik Ilmu tentang arsitektur, teknik sipil, interior, eksterior maupun Landscape.

dan juga banyak memberikan Referensi Desain rumah dan perabotannya yang ideal tentunya nyaman untuk di tinggali. Website ini di dirikan pada 18 Agustus 2017 dan di kelola oleh Aditya W. (Mahasiswa Desain Interior Universitas Sebelas Maret) Khusus artikel kali ini, kita akan fokus membahas tata ruang kantor terbuka. Mulai dari pengertian, gambar, sketsa, serta kelebihan dan kekurangannya. Untuk kamu yang bekerja di perusahaan startup atau rintisan, pastinya sudah sangat familiar dengan tata ruang kantor satu ini.

Kebanyakan perusahaan startup mengaplikasikan bentuk tata ruang kantor terbuka karena terkesan lebih dinamis dan santai. Desain ruang kantor semacam ini diharapkan juga bisa mengikis stigma kaku yang selama ini melekat pada ruang kerja. Inilah alasan mengapa tata ruang kantor terbuka seringkali dianggap cukup efektif dalam mendongkrak kinerja karyawan.

Tertarik ingin mengubah tampilan kantormu menjadi ruang kerja terbuka? Yuk simak ulasan mengenai tata ruang kantor tersebut berikut ini. Pengertian Tata Ruang Kantor Terbuka Tata ruang kantor terbuka dapat disebut juga tata ruang kantor yang menggunakan sebuah ruangan besar untuk bekerja dan ditempati beberapa orang pegawai tanpa adanya sekat atau pembatas ruang. Dalam penerapannya, ruang kantor terbuka jelas memungkinkan komunikasi yang lebih lancar antar pegawai sehingga mendorong para pegawai untuk lebih kreatif dan komunikatif.

Ruang kantor dengan konsep terbuka bisa kamu temui pada beberapa perusahaan startup atau agensi desain. Contoh perusahaan besar yang menggunakan konsep ini adalah Twitter, Shopee, Xiaomi, Facebook, Google, dan masih banyak lagi. Ciri-Ciri Ruang Kantor Terbuka Ciri yang paling umum dari ruang kantor terbuka adalah tidak adanya pemisah antar karyawan dan semua divisi ditempatkan dalam satu ruangan.

Selain itu, desain interiornya lebih terkesan kasual dan nyaman dengan perabotan yang sifatnya informal. Baik itu kursi santai sejenis sofa, bean bag, hingga permainan yang bisa kamu temukan di area umum. Gambar Tata Ruang Kantor Terbuka Agar semakin memahaminya, kamu perlu tahu juga seperti apa gambar dan sketsa tata ruang kantor terbuka. Berikut ini adalah macam-macamnya: • Ruang kantor terbuka dengan ruang meeting kaca Jenis ruang kantor terbuka ini adalah yang terbaik diantara semua desain dalam hal privasi.

Hanya saja mungkin akan meninggalkan kesan sesak bagi penggunanya. Maka dari itu, sebaiknya gunakan kaca sketsa tata ruang kantor sebagai sekatnya jika tak suka dengan desain di atas. • Model setengah partisi ruang kantor terbuka Tata ruang kantor seperti ini cocok untuk kantor ukuran kecil yang menginginkan lingkungan tenang dimana partisi tak dibutuhkan.

Sangat baik diterapkan jika ingin ruang kantor dengan nuansa besar, terbuka, dan tenang. Kelebihan dan Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka • Kelebihan Tata Ruang Kantor Terbuka Beberapa contoh keuntungan menggunakan tata ruang kantor terbuka adalah sebagai berikut: • Lebih ekonomis Ruangan luas yang ada bisa lebih dimaksimalkan karena tak perlu lagi ada penggunaan cubicle yang memisahkan meja karyawan dan memakan lebih banyak ruang.

Secara langsung ini lebih ekonomis karena menghemat budget dan bisa menampung lebih banyak orang di ruang yang terbatas. • Terjaganya produktivitas Suatu penelitian menunjukkan bahwa produktivitas karyawan yang bekerja pada tata ruang kantor memiliki sedikit hambatan dalam prosesnya dibandingkan yang tertutup.

Bahkan berkurangnya luas ruangan untuk tiap karyawan tak mengganggu kinerja mereka. • Terjalinnya komunikasi yang efektif Tak adanya dinding antar karyawan jelas memiliki dampak yang sangat positif dalam hal komunikasi. Interaksi akan terjalin lebih dengan cara yang lebih sketsa tata ruang kantor sebab semua orang ada dalam satu tempat sehingga waktu untuk komunikasi pun tak banyak terbuang. • Pertukaran ide yang mudah Mudahnya komunikasi antar karyawan tentu saja mengakibatkan pertukaran ide jadi lebih mudah.

Jarak antar karyawan yang berdekatan membuat mereka lebih cepat dan mudah saling bertukar pikiran sekaligus meningkatkan produktivitas. • Mempermudah pengawasan Desain tata ruang kantor terbuka sangat memudahkan manajer dan supervisor dalam mengawasi dan membimbing karyawannya dengan lebih efisien. Hal ini karena semua karyawan berada dalam satu ruang yang sama dan saling berdekatan.

Manajer dan supervisor tak perlu lagi berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lain cuma untuk mengawasi serta meminta feedback dari karyawan. Mudah dan cepatnya pengawasan tentu saja akan membantu mempercepat penyelesaian masalah yang terjadi.

• Karyawan dan atasan semakin akrab Kelebihan tata ruang kantor bentuk terbuka yang lain adalah karyawan dan atasan semakin akrab karena berada dalam satu ruangan. Kondisi ini secara tidak langsung akan menciptakan lingkungan kerja yang positif karena antara karyawan dan atasan bisa saling berbagi masalah maupun solusi satu sama lain. Semakin akrabnya karyawan dan atasan tentu saja akan membawa pengaruh baik bagi produktivitas kerja antara keduanya. sketsa tata ruang kantor Lebih mudah dan cepat dalam penyelesaian proyek Apabila semua karyawan berada dalam satu tempat, manajer akan lebih mudah melacak perkembangan setiap anggota tim yang terlibat dan sejauh mana jalannya progres proyek.

Informasi dan masukan pun bisa lebih mudah tersalurkan satu sama lain karena semuanya berada pada satu ruangan. • Menghemat biaya dan fasilitas Jika semuanya berada dalam satu ruangan, ini jelas akan mengurangi penggunaan AC dan lampu serta menghemat biaya listrik yang dikeluarkan. Pemasangan AC secara sentral bisa mengurangi anggaran biaya dibandingkan memasang AC pada tiap ruangan jika seandainya menggunakan tata ruang tertutup.

• Memudahkan dalam perubahan interior Pada keadaan tertentu kadang dilakukan perubahan interior untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman atau apabila ada penambahan maupun pengurangan karyawan. Nah, bentuk tata letak ruang kantor yang terbuka sangat memudahkan HRD dalam menambah atau mengurangi meja dan kursi.

• Kekurangan Tata Ruang Kantor Terbuka Jika disuruh sebutkan kerugian tata ruang kantor terbuka, jawabannya yaitu sebagai berikut: • Berisik Bergabungnya semua orang dalam satu tempat yang sama tanpa pembatas tentu akan sering menimbulkan suara berisik.

Sebab akan ada saja suara orang kantoran mengobrol, mengangkat telepon, suara printer, gesekan kursi, dan lain sebagainya. • Terganggunya konsentrasi Bagi karyawan introvert dan pekerjaannya butuh konsentrasi tinggi sangat tidak dianjurkan untuk disatukan dalam konsep tata ruang terbuka.

Sebab akan mengakibatkan terganggunya konsentrasi karena suara berisik dan melihat banyak orang hilir mudik. Hal ini karena secara tidak langsung dapat menurunkan tingkat produktivitasnya, sehingga sangat dianjurkan untuk menempatkannya dalam ruangan tersendiri.

• Kurangnya keamanan Kekurangan tersendiri dari tata ruang terbuka yaitu kurangnya keamanan. Semua karyawan dalam satu ruangan wajib menjaga tugas dan barang mereka di meja masing-masing.

• Tidak adanya privasi karyawan Desain ruang kantor yang terbuka sangat tidak memungkinkan terjadinya percakapan pribadi yang sifatnya rahasia. Sehingga apabila ada hal yang sifatnya privasi, karyawan perlu keluar ruangan untuk mencari tempat dan alasan untuk keluar semisal ke kamar mandi atau menerima telepon. • Rawannya penyebaran penyakit Penyebaran flu dan beberapa penyakit menular lainnya sangat rawan jika berada dalam kantor yang menerapkan konsep ruang terbuka.

Ini karena sama sekali tak ada pembatas antara karyawan satu dengan lainnya. Jadi apabila ada satu karyawan yang sakit, kemungkinan besar karyawan lainnya juga akan ikut tertular. • Rawan terjadi perdebatan Banyak orang dalam satu ruangan berarti banyak pula pendapat. Mungkin ada yang tak setuju dengan pengaturan lampu, temperatur AC, pemilihan pewangi ruangan, dan sejenisnya.

Hal ini cukup sering terjadi karena semuanya berada dalam satu ruang yang sama. Selain itu, ada juga hierarki antara senior dan junior yang kian menciptakan perasaan negatif serta membuat produktivitas menurun. FAQ Tata Ruang Kantor Terbuka Perusahaan apa yang menggunakan tata ruang kantor terbuka?

Saat ini yang paling terkenal yaitu Google, Facebook, Shopee, dan Xiaomi.

sketsa tata ruang kantor

Apa saja Keuntungan tata ruang kantor terbuka? Komunikasi lebih efektif, hemat biaya, mempermudah pengawasan, dan karyawan bisa semakin akrab dengan atasan maupun sesama karyawan.

Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor jelaskan tentang tata ruang terbuka dan tata ruang gabungan? Tata ruang kantor terbuka adalah bentuk penataan ruang dimana semua karyawan bisa saling berkomunikasi tanpa dibatasi dengan sekat penghalang. Sedangkan tata ruang gabungan ialah perpaduan antara tata ruang tertutup dan terbuka. Apa yang membedakan antara tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup? Tata ruang kantor terbuka biasanya hanya ada satu meja yang digunakan lebih dari satu karyawan.

Sedangkan tata ruang kantor tertutup satu meja satu karyawan. Ruang kantor dimana semua kegiatan karyawan dilakukan bersama sama dalam suatu ruangan tanpa dipisahkan oleh tembok penyekat kayu yaitu ruang kantor?

Tata ruang kantor terbuka Sebutkan apa yang dimaksud tata ruang kantor terbuka dan sebutkan keuntungan dan kerugiannya? Tata ruang kantor terbuka adalah penataan ruang kantor dimana semua karyawan ditempatkan dalam satu ruangan tanpa adanya sekat berupa kayu atau tembok. Keuntungannya yaitu hemat biaya, sedangkan kerugiannya berisik. Kesulitan apa saja yang mungkin dialami suatu kantor jika tidak menerapkan tata ruang kantor yang baik?

Terjadi kegaduhan dan berujung pada tidak produktifnya kinerja karyawan. Apa yang dimaksud dengan tata ruang terbuka?

Tata ruang terbuka ialah penataan ruangan yang memberikan kesan terbuka tanpa dibatasi oleh sekat tembok atau kayu. Apa yang dimaksud dengan tata ruang kantor terbuka brainly? Tata ruang kantor yang terkesan terbuka tanpa ada sekat yang membatasi. Apa pendapat brydone tentang tata ruang kantor terbuka? Merupakan ruangan kerja yang luas dan ditempati banyak karyawan tanpa dipisahkan oleh sekat permanen.

Apa kelemahan tata ruang terbuka? Lebih berisik, sulit diawasi, dan komunikasi yang kurang efektif. Tata ruang kantor di mana sketsa tata ruang kantor unit kerja dalam kantor mempunyai ruangan sendiri yang dipisahkan oleh dinding sketsa tata ruang kantor tata ruang kantor?

Tata ruang kantor tertutup atau berkamar. Manfaat apa yang akan kita dapatkan apabila layout kantor sangat efektif? Lebih optimal dalam penggunaan ruangan, karyawan nyaman bekerja, efisiensi arus kerja, dan memberikan kesan positif terhadap tamu.
Tentunya suatu perusahaan sangat penting memastikan desain dan konsep dari ruang kantor terbuka vs tertutup ini.

Yang sering kita tahu adalah ruang kantor terbuka ini memberikan keleluasaan lebih bagi para karyawan untuk berinteraksi. Merancang Tata Ruang Kantor Terbuka Perhatikan 5 Faktor Ini Rumah123com Berikut informasi sepenuhnya tentang sketsa tata ruang kantor terbuka dan tertutup. Tata ruang kantor terbuka.

sketsa tata ruang kantor

Tata ruang kantor terbuka dapat disebut juga sketsa tata ruang kantor ruang kantor yang menggunakan sebuah ruangan besar untuk bekerja dan ditempati beberapa orang pegawai tanpa adanya sekat atau pembatas ruang. Penelitian menunjukkan bahwa tata ruang terbuka sketsa tata ruang kantor kemampuan karyawan untuk fokus dan berkonsentrasi pada pekerjaan. Menurut quible (2001) terdapat sebagian hal yang perlu diperhatikan di dalam pemakaian rancangan tata ruang terbuka ini, yakni sebagai berikut.

Tata ruang kantor terbuka sangat bagus untuk mendorong komunikasi antara staf, untuk menciptakan hierarki yang lebih merata dan untuk meningkatkan keterbukaan. Tata ruang terbuka memungkinkan komunikasi antar pegawai menjadi lebih lancar, sehingga mendorong para pegawai lebih komunikatif dan kreatif.

Gambar tata ruang kantor terbuka efektif dan efisien. Mengutip jurnal berjudul analisa tata. Kantor bertata ruang terbuka 'membungkam hubungan antarkaryawan'.

Dalam upaya untuk menghilangkan stigma kaku, open office sudah di adaptasi oleh banyak perusahaan. Ruang kantor terbuka dapat menekan pengeluaran perusahaan sedangkan ruang kantor tertutup bisa memicu semangat kerja karyawan. Fleksibel dalam penggunaan seluruh ruangan serta memerlukan biaya tinggi. Tata ruang kantor adalahpengaturan perabotan, mesin, serta sebaginya didalam ruangan yang ada.

Tata ruang kantor terbuka biasanya dalam satu kantor bisa diisi oleh banyak orang sekaligus yang terbagi dalam beberapa divisi tanpa batas/sekat yang terlalu jelas. Sejak salah satu perusahaan startup terkemuka memperkenalkan konsep ruang kantor terbuka yang mereka gunakan, konsep ini kini menjadi tren dan digunakan oleh banyak perusahaan.

Dalam penerapannya, ruang kantor terbuka jelas memungkinkan komunikasi yang lebih lancar antar pegawai sehingga mendorong para pegawai untuk lebih kreatif. Tata ruang kantor terbuka bisa membuat komunikasi antara anggota tim lebih lancar, namun di sisi lain rentan penularan penyakit. Kantor dengan susunan tempat duduk terbuka juga dinilai kurang baik untuk kesehatan mental. Tata ruang kantor terbuka atau tertutup akan sangat mempengaruhi kualitas kinerja para karyawan.

Kecuali industri seperti firma hukum yang lebih suka privasi, sudah bukan jamannya lagi dimana. Dengan ruangan yang terbuka tentu saja membantu komunikasi antar karyawan lebih optimal.

Pada dasarnya, macam tata ruang kantor yang dikenal ada empat macam. Mudah melakukan komunikasi antar pegawai. Tata ruang kantor yang baik anugerah dino. Tata ruang kantor terbuka atau open office layout yang sedang populer saat ini memberikan revolusi besar dalam desain ruang kantor. Sedangkan tata ruang kantor tertutup seringkali antara pegawai satu dengan yang lainnya dipisahkan oleh pembatas, bisa berupa pembatas sketsel, tembok, atau yang lainnya.

Konsep tata ruang kantor berpanorama. Terdapat beberapa pakar yang mendefinisikan tata ruang kantor antara lain, laksana berikut: (1) tata ruang kantor berkamar (cubicle type offices), (2) tata ruang kantor terbuka (open plan offices), (3) tata ruang kantor berhias atau berpanaroma atau bertaman (land scaped offices), dan (4) tata ruang kantor gabungan.

Sebutan tata ruang kantor berasal dari bahasa inggris, merupakan office layout ataupun sering diucap pula layout saja. Bahkan tata ruang sketsa tata ruang kantor terbuka bisa mendorong sistem kreatif yang diinginkan dari karyawan bisa mengembangkan kreatifitasnya. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor diantaranya, sebagai berikut : Macam tata ruang kantor tersebut meliputi : Keuntungan tata ruang kantor terbuka adalah sebagai berikut: Tata ruang kantor adalah pengaturan perabotan, mesin, dan sebaginya didalam ruangan yang tersedia.

Ruang Kantor Terbuka Vs Tertutup Manfaat Dan Solusinya – Jojonomic Aplikasi Hris Human Capital Expense Management Ruang Kantor Terbuka – Ciri-ciri Untung-rugi Dan Contoh Sketsa Tata Ruang Kantor – Nurul Afni Jalan Jalan Kenali 5 Bentuk Tata Ruang Kantor Dari Plus Minus Hingga Manfaatnya Rumah123com 4 Jenis Tata Ruang Kantor Terbuka Mana Yang Lebih Cocok Untuk Anda – Rupacita Ruang Kantor Terbuka – Ciri-ciri Untung-rugi Dan Contoh Sketsa Pro Dan Kontra Dari Tata Ruang Kantor Terbuka – Rupacita Keuntungan Dan Kerugian Tata Ruang Kantor Terbuka Open Plan Offices – Porosilmucom Keuntungan Dan Kerugian Tata Ruang Kantor Terbuka Open Plan Offices Rak Toko Display Gondola Minimarket Indomaret Alfamart – Rak Besi Siku Gudang – Rak Minimalis Modern 6 Model Tata Ruang Kantor Terbuka Yang Aesthetic Blog Qhomemart Bentuk Tata Ruang Kantor – Ujiansmacom Tata Ruang Kantor Office Layout Jenis-jenis Tata Ruang Kantor Jenis-jenis Tata Ruang Kantor Contact Center Training Consulting Perbedaan Ruang Kantor Terbuka Dan Tertutup Sutomo Tower – Sewa Ruang Kantor Medan Tata Ruang Kantor – Arti Jenis Asas Tujuan Dan Manfaat Tata Ruang Kantor Terbuka Vs Tertutup Mana Yang Lebih Baik Apa Itu Tata Ruang Kantor Gabungan Mixed Office – Archify Indonesia Ruang Kantor Terbuka – Ciri-ciri Untung-rugi Dan Contoh Sketsa
• A.

Pedoman letak Kantor sebagai tempat diselenggarakannya pekerjaan tata usaha didalamnya terdapat pegawai, perabot kantor, mesin kantor, dan alat-alat kantor.

Karena kantor berfungsi sebagai tempat diselenggarakannya aktifitas kantor, maka penataan yang dilakukan harus diperhatikan untuk kelancaran proses aktifitas kantor yang dilakukan. Pengaturan perabor kantor, alat-alat, dan mesin kantor hendaknya tepat dalam mengambil tempat yang berhubungan dengan prosedur kerja dan penggunakan perlengkapan kantor yang tersedia. Sedangkan pengaturan tempat kerja atau ruangan harus disesuaikan dengan suasana kerja, segi pengawasan, dan human relation antar pegawai maupun dengan piimpinan kantor.

Namun di Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM) tidak menggunakan tata cara penyusunan tata letak ruang kantor, hal tersebut terjadi karena kedala yang dihadapi oleh sekolah yaitu tentang kurangnya lahan sekolah untuk membangun ruangan yang dibutuhkan oleh sekolah ini.

Seharusnya pedoman tata ruang kantor yang benar dalam penyusunan ruangan di sekolah yaitu harus berdekatan antara ruang kepala sekolah, ruang TU, dan ruang guru, hal tersebut dapat menunjang proses aktifitas kantor yang akan dilakukan. Untuk pengaturan tata ruang tata usaha di sekolah ini belum memenuhi syarat atau standar yang telah ditentukan, hal tersebut dapat tejadi karena kurangnya ruangan yang direalisasikan dari UM.

Dengan pengaturan tata ruang tata usaha yang belum benar maka akan terjadi kerancuan dalam melakukan aktifitas kantor, sebagai contoh dampak yang akan terjadi jika tidak ditata sesuai dengan pedoman tata letak yaitu kalau ada rapat yang akan diselenggarakan di sekolah ini maka tidak disampaikan secara lisan namun disampaikan dari mulut ke mulut, selanjutnya pegawai maupun staf sekolah tidak akan semua dapat mengikuti rapat tersebut karena ada beberapa guru bidang studi yang sudah meninggalkan sekolah karena jam mengajar mereka telah habis.

Sebagai langkah awal dalam merencanakan ruang kantor adalah perlu diketahui hubungan satuan yang melaksanakan tata usaha itu dengan satuan-satuan yang lainnya dan memperhatikan sifat pekerjaan.

Hal itu perlu dilakukan dalam menetukan letak dan susunan yang tepat bagi satuan tersebut. Beberapa pedoman yang harus diperhatikan dalam menetukan letak, yakni: • Satuan-satuan yang tugas pekerjaannya khusus melayani publik hendaknya diletakkan di tempat yang mudah didatangi oleh publik. Namun di sekolah ini ruang tata usahanya agak jauh dari jangkauan publik.

Seharusnya ruang tata usaha letaknya lebih dekat dan mudah diakses oleh publik. • Satuan-satuan pekerjaan yang pekerjaannya berhubungan erat satu sama lain hendaknya dikelompokkan pada satu tempat. Namun ruangan yang memeliki satuan kerja yang erat tidak sesuai dengan pedoman yang ditentukan, karena ruangannya terpisah, seharusnya ruangan tersebut jadi satu sehingga dapat memudahkan koordinasi antar pegawai-pegawai lainnya.

• Satuan pusat yang mengerjakan semua kerja ketatausahaan dari organisasi tersebut hendaknya diberi tempat di tengah sehingga satuan-satuan lainnya dapat mudah menghubungi. Di sekolah ini sudah memenuhi pedoman yang telah ditetapkan. • Satuan kerja yang bersifat gaduh hendaknya dijauhkan dari satuan lain. Di sekolah ini sudah memenuhi pedoman yang telah ditetapkan. • B. ASAS TATA RUANG KANTOR • Asas Jarak Terpendek Proses tata ruang yang baik memungkinkan penyelesaian sesuatu pekerjaan kantor menempuh jarak sependek-pendeknya.

Yakni dua titik yang dihubungkan dengan garis lurusdalam hal ini titik diartikan meja tugas pegawai dan titik yang satunya meja tugas pegawai lainya. Pada SD LAB UM dapat disimpulkan, untuk letak masing-masing staf sudah baik, yakni bagian depan ditempati oleh staf bendahara yang bertugas mencatat, merekap keuangan siswa, membuat laporan keuangan siswa, membuat daftar gaji guru sketsa tata ruang kantor pegawai, mengerjakan tugas lain yang diberi oleh atasan dan kepala sekolah.

Staf persuratan/arsip bertugas menerima surat masuk, mengagendakan surat masuk dan keluar, mengarsipkan surat masuk dan keluar. Pada posisi tengah ditempati oleh staf urusan kesiswaan dan perlengkapan yang bertanggung jawab terhadap buku induk siswa, administrasi kesiswaan, perlengkapan dan barang sekolah. Pada posisi belakang ditempati oleh kepala tata usaha yang bertangggung jawab terhadap semua kegiatan keadministrasian sekolah dan melaporkan kegiatan keadministrasian sekolah kepada kepala sekolah.

Berdasarkan acuan asas jarak terpendek dan kondisi yang ada pada SD LAB UM, kami rasa untuk koordinasi antar staf sudah cukup baik, namun ada kendala yang membuat ruang gerak yang terlalu sempit. • Asas Rangkaian Kerja Tata ruang kantor yang baik menempatkan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan.

Proses pekerjaan harus harus bergerak majudan bukan bergerak mundur atau menyilang.

sketsa tata ruang kantor

Pada SD LAB UM, rangkaian kerja yang diterapkan kurang baik, karena anatara ruang tata usaha dan ruang kepala sekolah berjauhan, sehingga komunikasi antara para staf tata usaha dengan kepala sekolah kurang efktif. • Asas Segenap Ruangan Tata ruang kantor yang baik mempergunakan semaksimal mungkin ruangan yang ada, sehingga tidak ada ruangan yang dibiarkan tidak terpakai.

Di sekolah ini tidak ada ruangan yang tidak memiliki fungsi, karena sekolah ini kekurangan ruangan maka semua ruangan yang telah ditetapkan fungsinya telah terpakai. Hendaknya di sekolah ini memiliki cukup ruang untuk akftifitas kantor sehingga dapat memperlancar pekerjaan kantor.

• Asas Perubahan Susunan Tempat Kerja Penyusunan tata ruang kantor yang baik memungkinkan diadakannya perubahan dengan mudah atau disusun kembali tanpa banyak menelan biaya, waktu, dan proses pekerjaan yang sedang berjalan. Jadi tata ruang sketsa tata ruang kantor bersifat fleksibel dan tidak bersifat permanen. Namun di sekolah ini bersifat permanen, penyusunan tata ruang tata usaha sketsa tata ruang kantor pernah dirubah penyusunannya, hal tersebut terjadi karena kurangnya ruangan yang ada di sekolah ini.

• C. JENIS TATA RUANG Jenis tata ruang yang digunakan di SD LAB UM adalah jenis tata ruang terbuka, yang didalamnya terdapat beberapa seksi/bagian yang bekerjasama tanpa dibatasi sekat, dikarenakan luas kantor yang terbatas jenis tata ruang terbuka cocok digunakan pada ruangan yang lahanya terbatas dan cukup dibatasi dengan perabot kantor (almari, meja kerja), tetapi pada tata ruang terbuka yang dimiliki oleh SD LAB UM juga memiliki kekurangan yakni kebisingan umum disebabkan pergerakan umum atau gangguan tamu.

D. TEKNIK TATA LETAK Teknik tata ruang yang dapat kelompok deskripsikan dari SD LAB UM, tidak ada teknik khusus yang digunakan dalam tata ruang di SD LAB UM, jadi dapat disimpulkan bahwa teknik tata letak dalam menyusun kantor di SD LAB UM dapat dikategorikan kurang, hal ini terindikasi dari kendala-kendala yang ada, di SD LAB UM belum ada kantor umum yang memfasilitasi para tenaga pendidik hanya terdapat kantor untuk ruang tenaga administrasi saja dengan ukuran 2,7m x 8m dan ruang khusus kepala sekolah dengan ukuran 8m x 7m maka dari itu kelompok tidak mendapatkan informasi tentang teknik tata ruang dalam menyusun ruangan kantor yang sesuai dengan teori yang kelompok ketahui dari perkuliahan manajemen perkantoran, apabila kami sesuaikan dengan teori di tempat kami mengadakan observasi, meja kerja yang semestinya disusun menurut garis lurus dan menghadap ke arah yang sama, masih belum kami dapatkan, bagian yang bekerja sama letaknya harus berdekatan, bagian pelaksanaan yang penting harus berdekatan dengan kamar pimpinan, dan di SD LAB UM sendiri untuk ruang kepala sekolah ada sendiri dengan jarak yang cukup jauh dengan kantor tenaga administrasi sekolah, bagian yang melayani masyarakat banyak ( public) ditempatkan di depan, untuk bagian yang melayani masyarakat seperti halnya tenaga administrasi sekolah menurut kelompok masih kurang efektif apabila merujuk pada teori karena letak ruangan tenaga administrasi yang merupakan bagian utama yang langsung berhadapan dengan kepentingan umum tempatnya terlalu menjorok ke dalam, ruang rapat harus diletakkan di bagian gedung yang bersusunan tenang, sedangkan di SD LAB UM belum ada ruang khusus untuk rapat sehingga dalam penyelenggaraan rapat meminjam tempat kelas-kelas yang digunakan sketsa tata ruang kantor kegiatan belajar mengajar, harus terdapat ruangan arsip untuk mengumpulkan arsip dari semua bagian untuk ruangan arsip di SD LAB UM masih belum ada ruang arsip khusus sehingga penempatan untuk arsip-arsip masi dikumpulkan menjadi satu dengan ruang tenaga administrasi, teknik-teknik dalam menyusun kantor yang kami ketahui dari mata perkuliahan manajemen perkantoran masih belum ada dan belum dapat diterapkan secara optimal, sehingga para pegawai tidak dapat bekerja secara efektif dan efisien, hal tersebut terjadi karena kendalanya, di SD LAB UM masih belum ada kantor khusus untuk para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai standar, dan hingga saat ini, di SD LAB UM masi menggunakan kantor yang tersedia saja, E.

FAKTOR PENDUKUNG EFISIENSI Faktor pendukung dalam tata ruang kantor yang juga perlu untuk diperhatikan yang dapat mempengaruhi efisiensi dalam pekerjaan perkantoran adalah cahaya, penerangan, warna, udara, suara/musik, dekorasi, dan kebersihan. Cahaya penerangan Ruang kantor yang dapat kelompok amati di SD LAB UM hanya ruang kantor tenaga administrasi dan ruang kepala sekolah, dan cahaya yang ada apabila disesuaikan dengan teori cahaya yang digunakan adalah cahaya setengah langsung cahaya yang dipancarkan sumber penerangan arahnya tidak langsung kebidang yang diterangi dan sebagian dipancarkan ke yang lain.

Hal ini berarti bahwa 60% hingga 90% cahaya diarahkan kebidang kerja dan selebihnya diarahkan ke langit-langit, dan menurut pendapat personalia di kantor SD LAB UM pencahayaan yang sudah cukup menerangi dan cukup mendukung dalam keterlaksaan dan proses kegiatan di kantor tersebut walaupun ruang kantor yang tersedia belum memenuhi standart yang ada. Warna Warna mempercantik kantor dan memperbaiki kondisi di mana pekerjaan kantor itu dilakukan.

sketsa tata ruang kantor

Warna bersama cahaya adalah faktor yang memeprtinggi efisiensi. Melalui warna yang tepat pada dinding ruangan dan alat-alat kantor, maka kegembiraan dan ketenangan kerja terpelihara, serta mencegah kesilaun yang mungkin cahaya yang berlebihan.

sketsa tata ruang kantor

Warna yang serasi akan menimbulkan keindahan, kegairahan, dan kenikmatan dalam melaksanakan pekerjaan kantor. Warna merah, kuning, dan oranye dianggap sebagai warna panas yang dapat menimbulkan efek psikologis untuk merangsang perasaan hangat dan gembira. Sebaliknya warna sejuk seperti biru, violet, sketsa tata ruang kantor hijau tua menimbulkan pengaruh ketenangan atau ketentraman yang dapat mengurangi ketegangan otot tubuh dan tekanan darah.

Sehingga warna memiliki sifat yang memberikan keindahan, arti psikologis, dan sekaligus juga arti ekonomis. Untuk Indonesia sebaiknya digunakan warna redup seperti biru, hijau, abu-abu. Namun pada kantor SD LAB UM tidak sketsa tata ruang kantor warna yang mempercantik atau memperbaiki keadaan kantor, karena ruang yang digunakan untuk kantor masi terbatas. Udara Untuk udara pada ruang kantor SD LAB UM, dapat dikatan mempunyai udara dengan sirkulasi udara yang berkelanjutan namun kondisi ruangan yang sempit mempengaruhi terhadap sirkulasi udara yang berkelnjutan sehingga keadaan udara di kantor SD LAB UM dapat dikategorikan kurang.

Suara dan Musik Kantor yang gaduh jarang disebut sebagai kantor yang efisien, karena tidak menyenangkan dan menimbulkan kekacauan. Bunyi gaduh, ribut, bising, dan ramai akan mengganggu konsentrasi kerja pegawai. Pengaruh suara gaduh dalam waktu yang relatif singkat belum terasa, akan tetapi setelah jangka waktu tertentu orang akan menjadi sangat lelah dan lekas marah.

Untuk menghindari kebisingan, satuan tugas yang seperti mesin atau alat gaduh diletakkan pada tempat khusus dan diberi peredam suara dengan karton tebal berlobang pada dinding/lantai, serta memberi lapisan karet busa tipis di bawah mesin ketik. Untuk kantor di SD LAB UM, karena ruang kantor yang sempit mempengaruhi terhadap timbulnya bunyi bising dan ramai yang cukup mengganggu terhadap kefektifan pekerjaan masing-masing karyawan atau staf.

Dekorasi. SD LAB UM belum terdapat dekorasi sesuai standart yang menciptakan suasana ruang kerja perkantoran melalui pemasangan gorden yang menarik dalam ruangan. Dekorasi melalui pemasangan gorden, lantai dengan hamparan permadanidinding yang dihiasi dengan lukisan-lukisan yang indah, dan pohon-pohon hias dan bunga-bungaan hanya terdapat pada ruang khusus kepala sekolah dan belum terdapat pada ruang tenaga administrasi sekolah, dan untuk gambar yang berkaitan dengan fungsi dan tugas kantor belum ada, jadi dapat kelompok simpulkan bahwa untuk dekorasi yang dapat mendukung terciptanya suasana nyaman dan indah dalam ruang kantor di SD LAB UM masih kurang.

Kebersihan Untuk kebersihan di lingkungan SD LAB UM khususnya di ruang kantor yang kami amati yaitu ruang kantor tenaga administrasi dan ruang kantor khusus kepala sekolah sudah baik, karena di SD LAB UM terdapat petugaskebersihan khusus yang menangani kebersihan di lingkungan sekolah SD LAB UM khususnya ruang kantor yang menjadi objek observasi. F. LINGKUNGAN FISIK Lembaga pendidikan hendaknya memperhatikan lingkungan fisik dalam kantor.

Kenyamanan dan keamanan dalam bekerja dapat menghemat pengeluaran dan tenaga, sebab pegawai menjadi lebih energik dan sehat, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi pikiran mereka untuk menciptakan ide/gagasan inovasi baru untuk kemajuan lembaga. Namun yang terjadi di SD Laboratorium UM masih jauh dari kenyamanan dikarenakan • UKS masih belum menggunakan tenaga ahli yang khusus bekerja untuk menangani siswa-siswa yang sakit, akan tetapi masih menggunakan jasa guru olahraga untuk merangkap sebagai tenaga UKS, sketsa tata ruang kantor kotak obat sudah cukup baik.

• Tempat air minum (dispenser) terdapat hanya pada ruang kepala sekolah saja sehingga dirasa masih kurang.

sketsa tata ruang kantor

• Dapur masih belum tersedia dikarenakan keterbatasan ruang • Tempat pakaian basah juga masih belum tersedia • Lantai atau gang yang terdapat disana juga tidak terlalu licin sehingga masih baik digunakan untuk murid setingkat SD • Sebagian tangga yang ada sudah diberi pegangan tetapi masih ada tangga yang tidak diberi pegangan dan bagian terbuka telah diberi pagar • Mesin berbahaya sebagian sudah diberi pelindung tetapi juga masih ada yang membahayakan murid sehingga dirasa kurang mendapat perhatian • Alarm dan pemadam kebakaran masih dirasa kurang • Telepon dirasa sudah cukup, terdapat di ruang TU, dan kepala sekolah • Pintu darurat untuk keadaan bahaya tidak ada, semestinya minimal ada 2 pintu darurat yang harus dimiliki oleh sekolah Sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan fisik yang ada di SD Laboratorium UM dirasa cukup akan tetapi sketsa tata ruang kantor sangat perlu dilakukan pembenahan dan pemenuhan standar-standar yang ada.

BAB III MANAJEMEN KEARSIPAN • A. Asas Penyimpanan Arsip Arsip merupakan salah satu unsur yang sangat menunjang dalam pengambilan keputusan, maka arsip harus selalu tersedia ketika diperlukan, kecepatan penemuan kembali sangat diutamakan.

Penemuan kembali akan dimudahkan dengan penyimpanan arsip yang relatif dekat dengan penggunaan informasi. Terdapat tiga penyimpanan arsip kantor, yakni penyimpanan terpusat (sentralisasi), penyimpanan desentralisasi, dan kombinasi kedua asas. Di SD Laboratorium UM asas yang digunakan dalam penyimpanan arsip adalah asas sentralisasi (terpusat). Menurut Zulkarnain dan Sumarsono (2011: 110) “Asas sentralisasi merupakan penyelenggaraan dan penyimpanan arsip dalam satu lokasi di suatu kantor”.

Hal ini memang sesuai dengan fakta yang terdapat di SD Laboratorium UM, hanya saja tidak terdapat ruang khusus untuk penyimpanan arsip. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan sehingga SD Laboratorium UM memilih asas sentralisasi yaitu supaya jalurnya satu tempat, pencariannya mudah, dan lebih fokus. Setiap asas yang digunakan memiliki kelebihan serta kerugian masing-masing. Menurut SD Laboratorium UM manfaat/kelebihan dari penggunaan asas sentralisasi pada penyimpanan arsipnya yaitu bisa satu tempat, sehingga menghemat waktu karena pencariannya lebih mudah.

Sedangkan kerugian dari penggunaan asas sentralisasi itu sendiri menurut SD Laboratorium UM tidak ada. Tetapi tempat atau ruangan untuk menyimpan arsip masih kurang serta petugas khusus untuk mengurus arsip juga belum ada, sehingga saat ini bidang kearsipannya masih di bantu oleh bagian surat menyurat.

Rencananya akan segera diadakan petugas khusus arsip untuk mengelola arsip dengan benar, efektif, dan efisien. • B. Sistem Penyimpanan Arsip 10 Sistem penyimpanan arsip atau Filing System adalah kegiatan mengatur dan menyusun arsip dalam suatu tatanan yang sistematis dan logis, menyimpan serta merawat arsip untuk digunakan secara aman dan ekonomis (Sedarmaryanti, 2003).

Tujuan dari penataan arsip atau berkas menurut Zulkarnain dan Sumarsono (2011: 113) adalah: • Agar arsip dapat disimpan dan diketemukan kembali dengan cepat dan tepat. • Menunjang terlaksananya penyusutan arsip dengan berdaya guna dan berhasil guna.

Senada dengan pernyataan di atas, tujuan dari penataan arsip di SD Laboratorium UM yaitu supaya data bisa dicari dengan lebih mudah. Seperti halnya data-data arsip yang terpusat pada satu tempat, yakni di ruang Tata Usaha. Sedangkan sistem penyimpanan arsip yang digunakan adalah sistem masalah/perihal/subjek yang merupakan salah satu sistem sketsa tata ruang kantor berkas berdasarkan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan organisasi yang menggunakan sitem ini (Sedarmayanti, 2003).

Masalah-masalah tersebut dikelompokkan menjadi sketsa tata ruang kantor subjek yang disusun dalam satu daftar yang disebut daftar indeks. Penyimpanan arsip di SD Laboratorium UM sesuai dengan kode surat. Misalnya: surat untuk Tata Usaha menggunakan kode TU, dan surat untuk Kemahasiswaan menggunakan kode KM. dengan sistem penyimpanan seperti itu akan lebih memudahkan petugas SD Laboratorium UM dalam mencari arsip.

• C. Prosedur Filling Filling yaitu langkah atau usaha mengolah kumpulan warkat atau naskah yang mengandung informasi atau nilai sejarah berdasarkan suatu sistem tertentu.

Sedangkan warkat ialah setiap catatan tertulis, bergambar, dan terekam yang berisi keterangan tentang suatu hal atau peristiwa yang dibuat untuk membantu ingatan seseorang/ instansi/ sketsa tata ruang kantor. Warkat terdiri atas 2 macam yaitu warkat dinamis dan statis. Menurut hasil penelitian yang kami lakukan di SD Laboratorium UM yang termasuk warkat dinamis diantaranya yaitu SK (Surat Keputusan), akta yayasan, akta pendirian, surat-surat sekolah, sedangkan yang termasuk dalam warkat statis menurut teori adalah warkat yang sudah tidak digunakan lagi untuk penyelenggaraan tugas sehari-hari, namun menurut sekolah saat ini warkat statis belum ada, karena arsip alumni-alumni termasuk dalam warkat dinamis dengan alasan masih digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Kegiatan prosedur filling di sekolah tersebut untuk saat ini belum ada bagian khusus yang menangani tentang kearsipan, sehingga masih dikerjakan oleh bagian surat menyurat dan proses kegiatannya kurang memenuhi standart, akan tetapi KTS (Kartu Tunjuk silang) di sekolah tersebut masih belum ada.

Namun dengan keadaan kegiatan prosedur filling seperti itu sekolah sudah memperoleh data dengan mudah dan cepat, namun hambatan yang dialami dalam kegiatan prosedur filling di sekolah tersebut adalah kegiatan masih dilakukan oleh bagian surat menyurat belum ada bagian khusus untuk kearsipan dan kunci arsip masih dibawa oleh orang yang bersangkutan di bagian surat menyurat belum ada satu orang yang bertanggung jawab atas kearsipan di sekolah.

Di SD Lebaoratorium UM yang berwenang menentukan suatu warkat menjadi arsip statis belum ada bagian khusus yang menangani hal tersebut sehingga yang berwewenang adalah Kepala Sekolah, bagian surat menyurat atau pegawai Tata Usaha. Antara teori dengan kenyataan yang ada di lapangan bahwa kegiatan prosedur filling di sekolah tersebut masih kurang memenuhi standart karena proses kegiatan yang dilakukan belum ada penanggung jawab yang khusus menangani tentang kearsipan.

• D. Peralatan Penyimpanan Arsip Pada sebuah file atau dokumen perlu dicatat, diberkaskan, disimpan, dan ditemubalikan untuk keperluan kedinasan. Kegiatan tersebut tentunya memerlukan perlengkapan dan peralatan penyimpaan beserta prosedur pengolahannya.

Pada sekolah yang kami lakukan penelitian peralatan penyimpanan arsip masih jadi satu sketsa tata ruang kantor ruang Tata Usaha yang ukurannya kecil, karena sekolah tidak memiliki ruangan khusus untuk kearsipan maka ruang tata usaha ditambah dengan kearsipan sehingga ruangan terkesan sempit.

Pada arsip jenis dinamis sekolah menyimpannya dengan menggunkan map plastik, map gantung, maupun CD sesuai kebutuhan dan menurut sekolah faktor yang patut dipertimbangkan sebelum membeli peralatan penyimpanan arsip relatif standart seperti kesetaraan peralatan, efisiensi, kualitas, dan nilai ekonomis peralatan yang berorientasi jangka panjang. Sekolah masih menggunakan peralatan penyimpanan arsip manual yaitu dengan filling cabinet.

Dengan menggunakan jenis penyimpanan filling cabinet menurut sekolah kelebihannya adalah mudah dalam pencatatan dan mencari data, namun kekurangannya yaitu ribet karena masih sistem manual. Pertimbangan keputusan menggunakan peralatan penyimpanan arsip yaitu agar data lebih mudah dicari. Antara teori dengan fakta atau keadaan nyata dilapangan bahwa peralatan penyimpanan arsip di SD Laboraturium UM belum sesuai dan masih minim fasilitas dan pengadaan di sekolah tersebut.

Maka perlu diadakan penanganan untuk menindaklanjutin tentang peralatan penyimpanan arsip. • E. Personil Kearsipan Personil kearsipan merupakan orang-orang yang bertanggung jawab untuk mengelola bagian kearsipan disuatu lembaga/organisasi.

Di SD Laboratorium UM bagian kearsipan yang urgen ini masih belum ada. Pengelolaan arsip ditangani oleh staff Administrasi Sekolah bagian tata persuratan.

Akan tetapi menurut Zulkarnain (2011:124) “Sehubungan dengan rumitnya mekanisme proses dan prosedur administrasi kearsipan yang terus berubah sesuai dengan kehidupan masyarakat maupun tata pemerintahan, maka penataan, pemeliharaan sampai dengan penyusutan arsip memerlukan tenaga terampil dan penuh dedikasi untuk mengelola arsip”. Oleh karena hal tersebut SD Laboratorium UM dirasa kurang baik, karena pengelola bagian arsip sangat diperlukan untuk menjaga dokumen-dokumen penting serta prevasi suatu lembaga yaitu SD Laboratorium UM.

Mengingat arsip menurut Qosim (2010) merupakan “Dokumen yang digunakan sebagai alat dan sekaligus sebagai bukti terselenggaranya suatu aktifitas lembaga ataupun organisasi”. Peran dengan tugas pengelola arsip dan surat menyurat di SD Laboratorium UM yaitu membuat sketsa tata ruang kantor, kebutuhan agenda, dan menyimpan arsip. Sehingga personil bagian kearsipan di SD ini dirasa kurang mencukupi. Pegawai bagian tata persuratan yang berperan rangkap sebagai pengelola arsip akan kesulitan menangani keduanya, apalagi bagian kearsipan belum dikuasai secara mendalam karena bukan bidangnya.

Sedangkan peran pengelola arsip menurut Zulkarnain (2011: 124) diantaranya: • Menjadikan informasi yang terekam akan tersedia ketika diperlukan oleh pihak yang berwenang atau berkepentingan. • Melindungi informasi yang berharga tersebut dari kerusakan, pemalsuan atau penyalahgunaan, serta pencurian. Sehingga dapat terlihat pengelolaan bagian ini kurang berperan sebagaimana mestinya. Arsip memiliki peranan sebagai sumber informasi dan sumber dokumentasi.

Sebagai sumber informasi, arsip dapat membantu meningkatkan petugas yang lupa mengenai sesuatu masalah. Sebagai sumber dokumentasi, arsip dapat digunakan oleh pimpinan organisasi untuk membuat ataupun mengambil keputusan secara tepat mengenai masalah yang sedang dihadapi. Tentunya keberadaan pegawai arsip ini yang diperlukan menyangkut perannya yang begitu penting.

Untuk menjadi pengelola arsip di SD Laboratorium UM yang menjadi prasyaratnya yaitu dapat melaksanakan semua sistem administrasi sekolah, cakap dalam pembuatan surat menyurat, dan biasanya untuk surat menyurat drafnya sudah ada, petugas hanya tinggal mengganti sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan menurut pegawai pengelola arsip perlu ditunjang beberapa faktor seperti “Pemahaman tentang manajemen organisasi dan administrasi kearsipan dan latar belakang pendidikan sesuai dengan resiko atau tanggung jawab kerja, serta memilki sikap dan perilaku sesuai, yakni: kejujuran menyimpan rahasia organisasi; cerdas berdaya ingatan tinggi; teliti tekun dan cekatan; serta kreatif dan disiplin dalammenciptakan kerapian di ruang arsip” (Zulkarnain, 2011:124).

Adapun usaha dalam meningkatkan staff pengelola administrasi SD Laboratorium UM yaitu dengan mengikut sertakan pegawai dalam pelatihan mengenai tata persuratan dan kearsipan.

Meskipun dalam kenyataannya pelatihan tesebut sangatlah jarang karena arsiparis masih dianggap belum begitu diperhitungkan, dan cukup dengan staff administrasi sekolah saja. • F. Arsip Elektronik Ada beberapa wujud dari arsip, yaitu salah satunya arsip elektronik yang lebih praktis.

Menurut Zulkarnain (2011:125) “Arsip elektronik atau arsip digital merupakan arsip yang telah mengalami perubahan bentuk fisik dari lembaran kertas menjadi lembaran elektronik disebut alih media”.

Begitupun di dalam SD Laboratorium UM yang juga memilki arsip elektronik. Bentuk arsip tersebut berupa dokumen-dokumen sketsa tata ruang kantor surat-surat dalam bentuk digital dan foto-foto sebagai hasil dokumentasi suatu kegiatan atau program. Pengelolaan arsip elektronik di SD Laboratorium UM yaitu setelah data digital diperoleh maka langsung diproses. Media penyimpanan yang digunakan biasanya menggunakan CD. Data-data yang diterima langsung disimpan, dimasukkan disesuaikan dengan waktu dokumen tersebut dibuat.

Sedangkan menurut Zulkarnain (2011:125) “Arsip elektronik atau arsip digital merupakan arsip yang telah mengalami perubahan bentuk fisik dari lembaran kertas menjadi lembaran elektronik disebut alih media. Proses alih media menggunakan perangkat komputer yang dibantu dengan peralatan scanner kecepatan tinggi. Hasil alih media arsip disimpan dalam bentuk file-file yang secara fisik direkam dalam media elektronik seperti hard disk, CD, DVD dsb”. Di SD Laboratorium UM dalam bagian kearsipan khususnya elektronik dirasa cukup akan tetapi dalam pengelolaanya dibutuhkan manajemen yang lebih tertata dalam pengelompokan dan pengelolaannya karena media penyimpanannya kurang dapat dituju secara langsung.

Dan juga kendala belum ada pengelolanya secara khusus. Usaha dalam melindungi arsip elektronik oleh pengelola kearsipan di SD Laboratorium yaitu dengan menyimpan media penyimpanannya yang berbentuk CD dengan sebaik mungkinditempatkan ditempat yang bersih supaya tidak lembab.

Manfaat dari penggunaan arsip elektronik ini karena dalam penggunaan tempatnya lebih praktis, dengan CD akan lebih mengirit tempat dan biaya. Sedangkan keuntungan Arsip Elektronik menurut Daryono (2011) Dalam penyimpanan arsip secara elektronik akan diperoleh beberapa keuntungan serta efisiensi, bila dibandingkan dengan sistem penyimpanan arsip secara konvensional.

Adapun keuntungan dari penyimpanan arsip elektronik adalah: • Penghematan investasi berupa ruang kearsipan Semakin berkembangnya sebuah arsip, maka akan memerlukan ruang penyimpanan yang semakin besar juga. Hal ini dapat diatasi atau diefisienkan dengan cara sistem penyimpanan arsip dengan pengalihan media arsip konvensional kedalam media arsip elektronik. • Penghematan investasi berupa kertas, tinta cetak ( printer & fotocopy) Keunggulan utama dari sistem berbasis elektronik sketsa tata ruang kantor penyebarannya yang bersifat elektronik, tidak lagi memerlukan kertas dan tinta, dan cukup dengan mengkopi pada disk atau media lainnya, walaupun pada saat tertentu kertas tetap masih dibutuhkan.

• Efisiensi waktu akses Metode pengarsipan konvesional akan sangat sulit menemukan sebuah arsip yang terdapat dalam ruang kearsipan, hal ini dipengaruhi oleh sistem penempatan yang berpindah-pindah, arsip sering dipinjam, dan biasanya tidak dikembalikan pada tempatnya, serta penyimpanan yang tidak sketsa tata ruang kantor, berbeda dengan arsip elektronik, sistem penyimpanan yang terstruktur memudahkan temu kembali arsip semudah menginput kode arsip, sama halnya apabila kita melakukan pencarian sebuah dokumen di komputer.

• Pengematan SDM Dalam sistem arsip konvensional tentunya banyak melibatkan petugas kearsipan untuk mengelola dan melayani kebutuhan arsip, dan hal ini belum menjamin kecepatan dan ketepatan dalam sistem pencarian arsip. Berbeda dengan arsip elektronik, tentu saja dapat dilakukan penekanan kebutuhan SDM, selain itu sistem temu kembali informasi tidak harus melibatkan Sketsa tata ruang kantor yang banyak, namun akses informasi dapat dilakukan dengan cepat.

• Memperkecil kemungkinan kehancuran data Dengan arsip elektronik akan memudahkan melakukan Back-up data, sehingga kita akan mempunyai cadangan terhadap arsip-arsip penting yang dimiliki. Hal ini untuk mencegah kehancuran arsip yang disebabkan oleh bencana seperti banjir dan kebakaran.

• G. Proses Pemusnahan Arsip Pemusnahan arsip adalah kegiatan menghancurkan atau memindahkan fisik dan informasi arsip melalui cara-cara tertentu, sehingga fisik dan informasinya tidak dapat dikenali lagi. Pemusnahan arsip dapat dilakukan untuk arsip yang tidak mempunyai nilai kegunaan lagi atau arsip tersebut telah melampaui jangka waktu penyimpanan. Kegiatan ini membutuhkan kesungguhan dan ketelitian yang tinggi sehingga tidak terjadi kesalahan sekecil apapun, serta juga memiliki resiko hukum yang sangat tinggi, karena arsip yang sudah terlanjur dimusnahkan tidak dapat diciptakan atau diadakan lagi.

Tujuan dilakukannya pemusnahan arsip adalah untuk menjaga kontinuitas pengelolaan arsip dan menjaga keseimbangan daur hidup arsip, sejak diciptakan kemudian dikelola dan akhirnya dimusnahkan. Setelah kami melakukan observasi di SD Laboratorium UM, pihak sekolah menjelaskan bahwa proses pemusnahan arsip telah dilakukan namun hanya secara umum saja, dalam hal ini proses pemusnahannya belum mengacu pada prosedur, metode, dan langkah-langkah yang mengacu pada teori pemusnahan arsip.

Kendala utamanya adalah karena di sekolah ini belum ada tenaga khusus yang menangani tentang kearsipan. Berkaitan dengan pemusnahan arsip pihak sekolah hanya menyeleksi jika terdapat arsip yang tidak mempunyai nilai guna maka akan dimusnahkan.

Tetapi tidak pernah menyiapkan prosedur guna menetapkan metode pemusnahan yang paling sesuai untuk diterapkan di sekolah. Selain itu belum terdapat adanya berita acara berkaitan dengan proses pemusnahan arsip. Pemusnahan arsip dilakukan dengan cara yang sangat sederhana yakni jika ada arsip yang dirasa tidak ada lagi nilai guna maka akan dimusnahkan, dan diserahkan kepada pihak yang membutuhkan kertas-kertas yang sudah tidak terpakai lagi oleh sekolah tersebut.

Tugas OTK SANPRAS XI-4 OTKP (Sketsa Desain Tata Ruang Kantor)




2022 charcuterie-iller.com