Berikan contoh kewajiban di sekolah

3 menit Kewajiban anak di sekolah adalah peraturan dan hal-hal yang harus dilakukan oleh setiap siswa yang diberlakukan tak hanya untuk kebaikan sekolah, tetapi juga siswanya. Lalu, apa saja daftar kewajiban tersebut? Sama halnya seperti hak dan kewajiban anak di rumah, di sekolah anak-anak juga memiliki hak dan kewajiban yang wajib untuk dipatuhi.

Seorang siswa harus menaati sejumlah kewajiban yang berlaku selama di sekolah. Selain sebagai langkah untuk menjaga ketertiban, hal ini juga dapat memberikan pelajaran dan membantu anak untuk memahami arti dari tanggung jawab sejak dini. Mau tahu apa saja kewajiban anak selama di sekolah? Langsung saja simak contoh daftar kewajibannya berikut ini! 11 Contoh Kewajiban Anak di Sekolah 1.

Menaati Peraturan & Tata Tertib Setiap sekolah memiliki peraturan dan kebijakan yang berbeda-beda. Sebagai siswa, setiap anak wajib menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku. Siswa juga harus menjaga sikap dan ketertiban selama proses pembelajaran di sekolah. 2. Menghargai & Menghormati Siswa dilarang melakukan hal-hal buruk yang dapat mencemarkan nama sekolah.

4. Menjaga Gedung & Fasilitas di Sekolah Setiap sekolah umumnya memiliki sejumlah fasilitas penunjang pembelajaran bagi para siswanya.

Para siswa diwajibkan untuk turut serta menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas umum milik sekolah. 5. Mengenakan Seragam Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kalau siswa wajib menaati peraturan sekolah, salah satunya penggunaan seragam atau ketentuan dari warna sepatu.

Siswa wajib menggunakan seragam serta atribut sekolah sesuai ketentuan yang berlaku. 6. Mengikuti Kegiatan Belajar Siswa wajib mengikuti seluruh kegiatan belajar mengajar dari jam pertama hingga jam terakhir. Selain itu, siswa juga wajib mengikuti semua kegiatan sekolah sesuai dengan ketetapan yang berlaku, kecuali jika terjadi hal-hal yang tidak diduga saat proses belajar berlangsung.

7. Membayar Administrasi Sekolah Setiap siswa juga berikan contoh kewajiban di sekolah membayar administrasi sekolah sesuai dengan jumlah yang ditentukan. Karena siswa belum memiliki penghasilan, kewajiban ini harus dipenuhi oleh orang tua atau wali dari siswa. 8.

Bersikap Baik, Sopan, dan Santun Siswa juga harus menjunjung tinggi nilai sopan, santun, salam, senyum, dan sapa di lingkungan sekolah. Selain itu, siswa juga diharuskan mewujudkan serta memelihara keamanan, ketertiban, keindahan dan keasrian lingkungan di sekolah.

9. Datang Tepat Waktu Siswa wajib hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan. Jika berhalangan masuk sekolah, baik itu dari orang tua, wali maupun dari instansi seperti rumah sakit atau kepolisian wajib memberikan surat izin tidak masuk sekolah atau keterangan kepada pihak sekolah. 10. Tidak Meninggalkan Kelas Siswa tidak diperkenankan meninggalkan kelas tanpa seizin wali kelas, guru kelas berikan contoh kewajiban di sekolah guru piket.

Siswa dapat meninggalkan area sekolah segera sesudah semua proses belajar sekolah yang diikutinya berakhir. 11. Mengikuti Upacara & Kegiatan Sekolah sumber: liputan6.com Sekolah biasanya menggelar upacara atau kegiatan khusus yang dilakukan secara rutin setiap minggu atau pada acara-acara tertentu. Siswa harus mengikuti setiap upacara dan kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah. *** Demikian sejumlah contoh daftar kewajiban anak di sekolah.

Semoga informasi dapat bermanfaat untuk Sahabat 99, ya! Simak juga artikel menarik lainnya di Berita 99.co Indonesia. Sedang mencari hunian masa kini yang modern dan nyaman di Kota Karawang? Kunjungi 99.co/id dan temukan beragam pilihan perumahan seperti di Galuh Mas Karawang. Bobo.id - Apakah teman-teman sudah tahu apa saja contoh hak dan kewajiban di sekolah?Sebagai seorang anak dan juga siswa kita memiliki hak dan tanggung jawab di sekolah.

Hak merupakan hal yang harus kita dapatkan, tapi harus diiringi dengan melakukan kewajiban. Yap, kita bisa mendapatkan hak apabila berikan contoh kewajiban di sekolah sudah melaksanakan hal yang menjadi kewajiban kita. Baca Juga: Contoh Hak dan Kewajiban Terhadap Penggunaan Energi Listrik, Minyak Bumi, dan Air Berikut ini adalah hak dan kewajiban di sekolah menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, Pasal 16 dan Pasal 17: Hak Siswa: 1.

Mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya; 2. Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya; 3. Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan; ARTIKEL TERKAIT β€’ Cari Jawaban Soal Kelas 6 Tema 8 Subtema 3: Apa Saja Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia?

β€’ Berikan contoh kewajiban di sekolah Pelaksanaan Hak dan Kewajiban Warga Negara, Materi Kelas 4 SD Tema 9 Subtema 2 β€’ Contoh-Contoh Hak dan Kewajiban terhadap Lingkungan dan Sumber Energi, Materi Kelas 4 Tema 9 β€’ Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 2, Mengapa Kita Perlu Melaksanakan Hak dan Kewajiban secara Seimbang?
Merencanakan dan mendorong para murid untuk melakukan berbagai kegiatan belajar di dalam mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang seharusnya.

Caranya adalah dengan mengajar seluruh murid dengan adil, baik, dan akurat serta menjelaskan keterkaitan teori yang diajarkan dengan hal yang terjadi di lapangan. Setiap murid tentu mempunyai hak dan kewajiban di sekolah yang harus dipahami. Dengan mengetahui hak dan kewajiban tersebut, maka setiap murid akan memiliki perilaku yang sesuai sebagai seorang pelajar.

Ada beberapa contoh kewajiban di sekolah yang perlu dipahami murid dan tentu saja dilaksanakan dengan penuh kesadaran.
KOMPAS.com - Hak merupakan sesuatu yang dapat dimiliki. Sedangkan kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Siswa, meskipun belum dewasa, tetap memiliki hak dan kewajiban. Salah satu contoh hak sebagai siswa adalah mendapatkan bimbingan yang baik dari guru.

Sedangkan contoh kewajiban sebagai siswa adalah menghormati guru. Selain contoh tersebut, masih ada beberapa chak dan kewajiban di sekolah. Berikut adalah penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): Hak sebagai siswa di sekolah Hak sebagai siswa di sekolah berarti siswa berhak mendapatkan serta menuntut haknya.

Hak siswa di sekolah adalah: β€’ Berhak memperoleh ilmu pengetahuan Hal ini juga termasuk mendapatkan serta menggunakan fasilitas serta layanan pendidikan. β€’ Berhak mendapatkan untuk mengembangkan diri Siswa juga mendapatkan hak untuk bisa mengembangkan diri.

Maksudnya adalah siswa berhak mencari, menemukan serta mengembangkan bakat yang dimiliki. β€’ Berhak mendapatkan teman Dalam lingkungan pendidikan, seorang siswa berhak mendapatkan teman tanpa membeda-bedakan satu sama lain.

β€’ Berhak mendapatkan perlindungan Siswa berhak mendapat perlindungan dalam area sekolah agar proses pembelajaran terasa aman serta nyaman untuk siswa. β€’ Berhak mendapatkan perlakuan yang sama dari guru dan staf pendidik Artinya siswa berhak mendapatkan perlakuan serta perhatian yang adil, tanpa membedakan latar belakangnya.

Baca juga: Jenis Organisasi di Lingkungan Sekolah Kewajiban sebagai siswa di sekolah Kewajiban sebagai siswa di sekolah berarti siswa harus dan wajib melakukan tugasnya. Kewajiban siswa di sekolah adalah: β€’ Wajib menghormati guru dan staf pendidik Artinya siswa harus berperilaku serta berkata yang baik kepada guru serta staf pendidik. Selain itu, siswa juga harus menghormati teman, kakak kelas, dan adik kelas. β€’ Wajib menjaga kebersihan serta ketertiban di sekolah Siswa wajib menjaga agar lingkungan sekolah tetap bersih, dengan membuang sampah pada tempatnya dan hal lainnya.

β€’ Wajib menaati peraturan yang berlaku di area sekolah Agar keamanan serta ketertiban di area sekolah tetap terjaga, siswa wajib menaati peraturan yang berlaku.

β€’ Wajib mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat pada waktunya Kewajiban sebagai siswa di bidang pendidikan adalah mengerjakan serta mengumpulkan tugas tepat pada waktunya. Selain agar untuk mendapatkan nilai yang baik, hal ini juga melatih siswa untuk disiplin.

β€’ Wajib menolong teman, guru atau staf pendidik Tolong menolong tentunya juga menjadi kewajiban bagi siswa di sekolah. Selain itu, hal ini juga dapat menumbuhkan sikap saling menghormati dan menghargai. β€’ Wajib memenuhi standar pendidikan Siswa wajib mencapai standar nilai yang telah ditetapkan.

Jika tidak memenuhi ini, siswa terancam tinggal kelas atau bahkan dikembalikan ke orangtua. Berita Terkait STOVIA, Sekolah Kedokteran yang Melahirkan Tokoh Pergerakan Nasional Dampak Positif Pembangunan Sekolah di Masa Politik Etis bagi Indonesia Sikap Jujur yang Dapat Dilakukan di Rumah dan Sekolah, Jawaban Soal TVRI 21 Agustus Sampai di Sekolah dengan Waktu yang Sama, Jawaban Soal TVRI Contoh Teks Eksemplum tentang Pendidikan dan Lingkungan Sekolah Berita Terkait STOVIA, Sekolah Kedokteran yang Melahirkan Tokoh Pergerakan Nasional Dampak Positif Pembangunan Sekolah di Masa Politik Etis bagi Indonesia Sikap Jujur yang Dapat Dilakukan di Rumah dan Sekolah, Jawaban Soal TVRI 21 Agustus Sampai di Sekolah dengan Waktu yang Sama, Jawaban Soal TVRI Contoh Teks Eksemplum tentang Pendidikan dan Lingkungan Sekolah
πŸ”Š Baca & Dengarkan!

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu! Berikut Ini 20 Hak Dan Kewajiban Bagi Seorang Siswa Di Sekolah : 1. Hak Untuk Belajar. Salah satu kegiatan siswa di sekolah adalah belajar, yang mana sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus didapatkan dari sekolah.

Pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru dapat menjadi bekal untuk siswa dalam meraih masa depan yang lebih baik, tidak hanya itu saja para siswa juga berhak untuk mengikuti kegiatan yang lainnya seperti ekstrakurikuler, ujian UN, ujian harian dan sejenisnya.

2. Berhak Untuk Memakai Fasilitas Yang Ada Di Sekolah. Fasilitas yang sudah diberikan atau disediakan oleh sekolah berhak digunakan oleh para siswanya sebagai pelengkap kegiatan belajar yaitu berupa ruang kelas, perpustakaan, wc, mushola, ruang peaktek, dan kelengkapan olahraga. Dengan memiliki fasilitas yang lengkap para siswa dapat mengembangkan kemampuannya dengan baik. 3. Berhak Untuk Mendapatkan Bantuan Beasiswa. Bagi siswa yang masih tergolong tidak mampu atau pun siswa yang berprestasi memiliki hak untuk mendapatkan beasiswa dari sekolah, siswa yang perekonomiannya di bawah rata-rata dapat mengajukan atau merekomendasikan untuk mendapatkan bantuan beasiswa untuk meringankan biaya sekolah dan mengurangi angka siswa yang putus sekolah.

Dan siswa yang berprestasi karena sudah memenangkan lomba baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional atau internasional berhak mendapatkan beasiswa, hal ini dikarenakan sudah mengangkat nama baik sekolah tersebut. 4. Berhak untuk ikut berorganisasi. Organisasi yang sudah ada di sekolah dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mengembangkan diri, menyalurkan kreativitas dan menambah wawasan. Bapak / ibu guru juga perlu memberikan pengawasan terhadap para siswa untuk menjalankan organisasi tersebut dengan sebaik-baiknya, banyak sekali organisasi yang ada di sekolah yang dapat siswa ikuti seperti Pramuka, English Club.

5. Berhak Tidak Berangkat Sekolah Apabila Ada Kepentingan Mendadak. Setiap manusia pasti memiliki kepentingan dan keperluan yang harus dijalankan atau dilaksanakan sehingga harus membatalkan beberapa kepentingan yang lain. Seorang siswa juga berhak untuk meminta izin apabila ada sesuatu yang lebih penting, misalkan menghadiri pernikahan saudaranya atau berikan contoh kewajiban di sekolah satu saudara ada yang meninggal dunia.

Namun apa pun alasannya guru juga berhak meminta keterangan mengapa tidak berangkat ke sekolah, oleh sebab itu siswa dianjurkan untuk mengirim surat izin. 6.

Berhak Untuk Mengikuti Perlombaan Salah satu yang dapat membuat siswa bangga adalah dapat ikut berikan contoh kewajiban di sekolah dan mengikuti perlombaan dalam bidang pendidikan, kesenian atau olahraga. Dalam hal ini siswa juga berhak mengajukan diri untuk mendaftar agar dapat ikut serta dalam perlombaan.

7. Berhak Mendapatkan Toleransi. Toleransi dapat diartikan sebagai β€œkesempatan atau memaafkan”, misalkan saat siswa berangkat menuju sekolah tidak disangka terjadi sesuatu yang tak diinginkan seperti terjadi kecelakaan ringan dan hujan sehingga membuatnya terlambat datang ke sekolah. Oleh sebab itu siswa berhak mendapatkan toleransi dari guru. 8. Berhak Mendapatkan Perlakuan Yang Sama Di Sekolah.

Guru adalah pengganti orang tua saat berada si sekolah, sehingga guru wajib memperlakukan seluruh siswanya dengan adil. Jika ada siswa yang bersalah maka wajib mendapatkan hukuman, sama seperti yang lainnya jika bersalah maka wajib diberikan sanksi.

9. Berhak Izin Pulang Bila Tiba-Tiba Sakit Saat Di Sekolah. Semua siswa tentu menginginkan selalu sehat, hal itu dapat terjadi apabila antibody siswa dapat selalu terjaga dengan baik. Jika ada siswa yang tiba-tiba sakit, pingsan atau terjatuh saat beraktifitas di sekolah sehingga tidak memungkinkan untuk bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Maka siswa dapat mengajukan izin untuk pulang. 10. Berhak Memberikan Saran.

Semua siswa tentu memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat serta saran mengenai sesuatu yang ada di sekolah, namun harus menggunakan cara-cara yang lebih sopan supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan dari pihak sekolah. Bermusyawarah dapat dengan mudah menemukan titik terang dari permasalahan tersebut. Berikut adalah kewajiban siswa : 11.

Siswa Wajib Menjaga Nama Baik Sekolah. Menjaga nama baik di dalam atau di luar sekolah adalah hal utama yang perlu siswa dan guru jaga, karena sebagai perwujudan terhadap kualitas dari sekolah tersebut.

Sekolah yang memiliki kualitas bagus dapat dilihat dari jumlah siswanya serta perilaku dan prestasi sekolahnya. Jika para siswa memiliki karakter yang baik maka akan menjadi sesuatu yang baik pula buat sekolah tersebut. 12. Siswa Wajib Taat Pada Peraturan Yang Ada Di Sekolah. Peraturan yang sudah diterapkan atau dibuat oleh sekolah wajib ditaati oleh semua siswa tanpa terkecuali, hal ini diharapkan supaya segala sesuatu yang ada di sekolah dapat berjalan dengan baik.

Dengan adanya peraturan tersebut dapat mencegah perilaku siswa bertindak semaunya. 13. Siswa Wajib Menghormati Kepala Sekolah, Guru, Dan Siswa Yang Lain. Sebagai warga sekolah siswa wajib menghormati kepala sekolah, guru maupun siswa yang lain, misalkan saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran siswa wajib menghormati dan menghargai apa yang sedang dijelaskan di depan kelas, menghormati kepala sekolah saat menyampaikan pesan-pesan saat upacara. Perilaku ini supaya terjadi keharmonisasian di lingkungan sekolah.

14. Bertanggung Jawab Pada Pemeliharaan Sekolah. 15. Wajib Memberikan Keterangan Saat Tidak Berangkat Sekolah. 16. Berpenampilan Rapi. 17. Mengikuti Upacara Bendera. 18. Menjaga Sikap Saat Proses Belajar Berlangsung. 19. Wajib Ikut Kegiatan Belajar. 20. Wajib Mengerjakan Tugas Yang Sudah Berikan contoh kewajiban di sekolah Oleh Guru. BACA JUGA : SD6 - IPS 1A - Perkembangan Provinsi di Indonesia Berikut ini adalah beberapa Hak dan Kewajiban Anak di Rumah : β€’ Setiap anak berhak untuk dicintai.

β€’ Anak berhak mendapat pendidikan yang baik.

β€’ Anak harus mendapat cukup perhatian. β€’ Anak berhak untuk didengarkan. β€’ Anak berhak untuk diterima sebagai individu yang berbeda. β€’ Anak Anda berhak mendapat kepercayaan. β€’ Setiap anak berhak mendapat pujian. Kewajiban anak di rumah : β€’ Anak wajib berbakti pada orang tua.

β€’ Anak harus berkata-kata baik pada orang tua. β€’ Anak harus berterima kasih pada orang tua. β€’ Meminta izin dan restu dari orang tua adalah hal wajib.

β€’ Anak wajib mendoakan orang tua. Hak sebagai Warga Masyarakat : Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan. Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang yang berkedudukan sebagai warga masyarakat.

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut : β€’ Mendapatkan perlindungan hukum. β€’ Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

β€’ Menikmati lingkungan bersih. β€’ Hidup tenang dan damai. β€’ Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama. β€’ Berpendapat dan berorganisasi. β€’ Mengembangkan kebudayaan daerah. Kewajiban sebagai Warga Masyarakat : Kewajiban berarti sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jadi, kewajiban warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh rasa tanggung jawab.

Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut : β€’ Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat. β€’ Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat. β€’ Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT, RW, atau desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti, gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat. β€’ Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.

β€’ Membantu tetangga yang terkena musibah. β€’ Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Apa saja yang memengaruhi hak kita? Ketika di sekolah maka yang mempengaruhi hak kita di sekolah adalah adanya kewajiban yang harus kita lakukan di sekolah; juga harus menghormati hak-hak warga sekolah lainnya, sehingga hak dan kewajiban kita disekolah bisa berjalan sering sejalan secara harmonis.

Demikian juga di masyarakat; hak kewajiban warga masyarakat mempengaruhi hak dan kewajiban kita dimasyrakat.

Hak dan Kewajiban di Rumah di pengaruhi oleh hak dan kewajiban warga rumah; harus saling menghormati juga. Setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, me- nyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan terdekat kita.

Navigasi pos β€’ SD3 – Ramling – Penggunaan Lahan Di Desa β€’ Buku Tematik – Kelas 5 – Tema 2 – Udara Bersih bagi Kesehatan β€’ SD4.7.1 – SD Kelas 4 Tema 7 – Indahnya Keragaman di Negeriku – Sub Tema 1-3 β€’ Berikan contoh kewajiban di sekolah Energi β€’ BSE 2013 – Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Mahkluk Hidup Revisi 2018 Pos-pos Terbaru β€’ Bikin MP3 β€’ SMP8 Agama Katolik : Bab V Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus β€’ Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 : Unsur-unsur Berita β€’ Gangguan pada Sistem Ekskresi Manusia dan Upaya untuk Mencegah atau Menanggulanginya β€’ Sistem Ekskresi Manusia – SMP8 β€’ 20 Hak Dan Kewajiban Bagi Seorang Siswa Di Sekolah β€’ SD Kelas 5 – IPA – SISTEM PEREDARAN DARAH PADA HEWAN DAN MANUSIA – RANGKUMAN β€’ Indonesia dan Globalisasi Dunia β€’ Baca Artikel Disini !

β€’ PKN SMP 8 – Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara – Sistem Pemerintahan Kategori β€’ inibudi.org (5) β€’ ktsp (5) β€’ Literasi (1) β€’ MIPA & SOSBUD (88) β€’ MIPA (42) β€’ ipa (42) β€’ SOSBUD (47) β€’ Agama Katolik (4) β€’ antropologi (1) β€’ Bahasa Indonesia (15) β€’ ips (14) β€’ Katekese Baptis (1) β€’ PKn (5) β€’ PPKn (5) β€’ sosiologi (2) β€’ Ramling (9) β€’ SD (414) β€’ SD1 (11) β€’ SD1-BSE (6) β€’ SD2 (12) β€’ SD2-BSE (8) β€’ SD3 (57) β€’ SD3 – Tema5 (20) β€’ SD3-Agama Katolik (9) β€’ SD3-BSE (1) β€’ SD3-PJOK (2) β€’ SD3-Ramling (6) β€’ SD3-Tema6.1 (3) β€’ SD3-Tema7 (4) β€’ SD3-Tema8 (11) β€’ SD4 (139) β€’ SD4 Agama Katolik (15) β€’ SD4 Bahasa Indonesia (2) β€’ SD4 IPS (2) β€’ SD4 Jawa (1) β€’ SD4 PJOK (5) β€’ SD4 Ramling (2) β€’ SD4 Tema 1 (6) β€’ SD4 Tema 2 (6) β€’ SD4 Tema 3 (3) β€’ SD4 Tema 4 (3) β€’ SD4 Tema 5 (3) β€’ SD4 Tema 6 (18) β€’ SD4 Tema 7 (18) β€’ SD4 Tema 8 (20) β€’ SD4 Tema 9 (25) β€’ SD4-BSE (1) β€’ SD4-Tema1 (2) β€’ SD5 (125) β€’ SD5 Agama Katolik (4) β€’ SD5 Bahasa Indonesia (7) β€’ SD5 IPA (16) β€’ SD5 IPS (6) β€’ SD5 Ramling (1) β€’ SD5 Tema 1 (8) β€’ SD5 Tema 2 (7) β€’ SD5 Tema 3 (7) β€’ SD5 Tema 4 (8) β€’ SD5 Tema 5 (10) β€’ SD5 Tema 6 (23) β€’ SD5 Tema 7 (21) β€’ SD5 Tema 8 (10) β€’ SD5 Tema 9 (7) β€’ SD5 Tema1 (11) β€’ SD5-BSE (9) β€’ SD6 (84) β€’ SD6 IPA (1) β€’ SD6 IPS (4) β€’ SD6 PKN (1) β€’ SD6 Tema 1 (30) β€’ SD6 Tema 2 (5) β€’ SD6 Tema 3 (6) β€’ SD6 Tema 4 (1) β€’ SD6 Tema 5 (1) β€’ SD6 Tema 6 (4) β€’ SD6-BSE (11) β€’ sejarah (1) β€’ SMA (15) β€’ SMA10 (5) β€’ SMA11 (6) β€’ SMA12 (11) β€’ SMA12 Sejarah (2) β€’ SMK (4) β€’ SMK10 (2) β€’ SMK11 (2) β€’ SMK12 (3) β€’ SMP (14) β€’ SMP7 (4) β€’ SMP8 (11) β€’ SMP9 (4) β€’ Tak Berkategori (54) β€’ UAS-BN (19) β€’ UMUM (2) Meta β€’ Masuk β€’ Feed entri β€’ Feed komentar β€’ WordPress.org Favorite !

Bahasa Indonesia ipa ips MIPA MIPA & Berikan contoh kewajiban di sekolah Ramling SD SD1 SD2 SD2-BSE SD3 SD3 - Tema5 SD3-Agama Katolik SD3-Ramling SD3-Tema8 SD4 SD4 Agama Katolik SD4 Tema 6 SD4 Tema 7 SD4 Tema 8 SD4 Tema 9 SD5 SD5 Bahasa Indonesia SD5 IPA SD5 Tema 1 SD5 Tema1 SD5 Tema 2 SD5 Tema 3 SD5 Tema 4 SD5 Tema 5 SD5 Tema 6 SD5 Tema 7 SD5 Tema 8 SD5 Tema 9 SD5-BSE SD6 SD6 Tema 1 SD6-BSE SMA SMA12 SMP SMP8 SOSBUD Tak Berkategori UAS-BN Random Posts β€’ SD3.Tema8-1-2.Bumi Bagian Dari Alam Semesta – Pembelajaran 2 β€’ SD4.7.3.6 – SD Kelas 4 Tema 7 – Indahnya Persatuan dan Kesatuan dalam Keragaman.

Sub Tema 3 – Pembelajaran 6 β€’ IPS – Pengetahuan Sosial – SD Kelas 5 – Tema 1,2,3,4,5 – Kurikulum 2013 Rev 2017 β€’ SD6 IPA – Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia β€’ SMP8 Berikan contoh kewajiban di sekolah Katolik : Bab V Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus Random Posts

Ustadz Ucu Najmudin M.Pd




2022 charcuterie-iller.com