Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

Melanjutkan tulisan Contoh Soal PG Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya ~ K13 bagian ke-5 (soal nomor 61-75), bagian keenam berisikan materi penjaskes tentang "Senam Ketangkasan", dimana penjaskes bagian ke-6 merupakan materi setelah siswa melaksanakan pekan ulangan penilaian tengah semester (PAS) satu Penjaskes Kurikulum 2013.

Berikut, contoh soal PG Penjas Orkes kelas 10 semester ganjil dengan jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari soal nomor 76 sampai dengan 90. 76. Menurut Federation International Gymnastique (FIG), senam SKJ termasuk dalam jenis senam. a. aerobik b. militer c. artistik d.

umum e. ritmik Jawaban: e 77. Senam lantai adalah bagian dari senam. a. aerobik b. militer c. artistik d. akrobatik e. umum Jawaban: c 78. Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. a. 10 x 12 meter b. 12 x 12 meter c. 12 x 15 meter d. 10 x 15 meter e. 15 x 15 meter Jawaban: b 79. Berikut ini yang termasuk senam lantai adalah.

a. aerobik b. SKJ c. senam hamil d. loncat indah e. guling ke depan Jawaban: e 80. Gerakan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua sikap awalan, yaitu. a. jongkok dan duduk b. jongkok dan berdiri c. duduk dan berdiri d. telentang dan jongkok e.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

telentang dan berdiri Jawaban: b 81. Dalam bahasa Yunani, senam dinamakan. a. menyehatkan badan b. membugarkan tubuh c. melatih diri d. membentuk tubuh e. melatih olahraga Jawaban: c 82. Pada awal Modern Olympic Games, senam belum terlalu dianggap sebagai suatu cabang olahraga melainkan dianggap sebagai. a. seni b. hiburan c. aktivitas d. kejuaraan e. kekuatan Jawaban: a 83. Kata senam dalam bahasa Inggrisnya adalah. a. gymnazein b. gymnasium c. gymnastique d. gymnastics e.

gymnastiek Jawaban: d 84. Federasi senam seluruh dunia adalah. a. FA b. FIFA c. IFVB d. AFF e. FIG Jawaban: e 85. Senam yang merupakan pengembangan dari senam akrobatik adalah senam.

a. aerobik b. si buyung c. artistik d. akrobatik e. ritmik Jawaban: a 86. Bagian badan yang menyentuh matras lebih dulu saat melakukan guling ke depan adalah. a. tengkuk b. kepala c. dahi d. bahu e. lengan Jawaban: a 87. Neckspring adalah istilah untuk gerakan. a. guling depan b. guling belakang c. sikap lilin d. sikap kayang e. guling lenting Jawaban: e 88. Berikut ini yang tidak termasuk keslaahan saat melakukan guling ke depan adalah.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

a. kedua tangan bertumpu tidak tepat b. tumpuan kedua tangan atau salah satu tangan kurang kuat c. bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan dibengkokkan d. saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak ikut menolak e. saat akan melakukan guling bagian tubuh yang menyentuh matras adalah tengkuk Jawaban: e 89. Gerakan menggulingkan badan ke belakang disebut. a. forward roll b. back roll c. neckspring d. hand stand e. kopstand Jawaban: b 90. Penempatan tangan terlalu jauh ke belakang sehingga tidak terjadi tolakan adalah kesalahan yang biasanya terjadi saat melakukan gerakan.

a.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

guling ke depan b. sikap kayang c. guling ke samping d. guling lenting e. guling ke belakang Jawaban: e Lanjut ke soal nomor 91-105 => Contoh Soal Penjas Kelas X Semester 1 Beserta Jawabannya ~ K13 (PG Part-7) 130+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Hai adik adik yang baik, bagaimana kabarnya? pada kesempatan yang baik ini kakak ingin share 130 soal Penjaskes. Soal ini lumanya banyak ya, ya betul karena pembahasan penjaskes kali ini lumanyan kakak masukan secara keseluruhan dan kakak juga menyediakan kunci jawabannya sehingga bisa dijadikan sebagai bahan latihan untuk adik adik.

Oiya Menurut Bucher, (1979). Mengemukakan pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses pendidikan secara keseluruhan, adalah proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. meningkatkan kemampuan organik, neuromuskuler, interperatif, sosial, dan emosional. 130+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru Ateng (1993) Mengemukakan; pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.

Siedentop (1991), Seorang pakar pendidikan jasmani dari Amerika Serikat, mengatakan bahwa dewasa ini pendidikan jasmani dapat diterima secara luas sebagai model “pendidikan melalui aktivitas jasmani”, yang berkembang sebagai akibat dari merebaknya telaahan pendidikan gerak pada akhir abad ke-20 ini dan menekankan pada kebugaran jasmani, penguasaan keterampilan, pengetahuan, dan perkembangan sosial. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa: "pendidikan jasmani adalah pendidikan dari, tentang, dan melalui aktivitas jasmani".

Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA 130+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru - Bagi sahabat rumpunnews dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA ini, adik adik bisa menguduh materi ini di rumpunnews dalam bentuk file doc.

Berikut ini adalah rincian Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA Semester 1. SELAMAT MENGUNDUH YAA. Berikut rumpunnews memberikan Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA PETUNJUK UMUM 1. Tulis namamu di sudut kanan atas 2. Bacalah setiap soal dengan teliti. 3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah. 4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas. A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Orang yang berjasa mengembangkan sepak bola di Indonesia sekaligus menjadi ketua PSSI yang pertama adalah. Jawaban: Ir. Soeratin 2. Induk organisasi tertinggi sepak bola dunia adalah. Jawaban: FIFA 3. Menendang bola dengan perkenaan bola pada kaki bagian tengah-tengah adalah cara menendang bola menggunakan. Jawaban: kaki bagian dalam 4.

Instep foot adalah istilah yang digunakan untuk teknik menendang bola menunggakan. Jawaban: punggung kaki 5. Menahan bola yang menyusur tanah dengan menggunakan kaki bagian dalam, badan dicondongkan ke arah. Jawaban: datangnya bola 6. Tembakan yang dilakukanke gawang lawan bertujuan untuk. Jawaban: mencetak gol atau angka 7. Titik penalti dari garis gawang berjarak. Jawaban: 11 m 8. Negara yang berhasil menjadi juara dalam Piala Dunia 2014 adalah. Jawaban: Jerman 9.

Lama pertandingan dalam sepak bola adalah. Jawaban: 2x45 menit 10. Menembak ke arah gawang biasanya menggunakan. Jawaban: punggung kaki 11. Tentukan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan sepak bola!

Jawaban: Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan sepak bola, yaitu: a. Nilai kerja sama b. Nilai sportivitas c. Nilai disiplin d. Nilai kesehatan 12. Tuliskan teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola! Jawaban: teknik-teknik dasar dalam permainan sepak bola meliputi teknik menendang bola, teknik menahan bola, teknik menggiring bola, teknik gerak tipu, teknik menyundul bola, teknik lemaparan ke dalam, dan teknik menjaga gawang.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

13. Jelaskan teknik menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam! Jawaban: a. Posisi badan menghaap sasaran dibelakang bola b. Kedua tangan dibentangkan di samping badang untuk menjaga keseimbangan c. Kaki tumpuan ditempatkan di samping bola, lutut agak ditekuk.

d. Kaki untuk menendang (kaki tendang) ditarik ke belakang dengan posisi lutut berputar ke arah keluar lalu diayunkan ke depan seingga mengenai bola tepat pada tengah-tengah bola. Bagian kaki yang menyentuh bola adalah tengah-tengah kaki bagian dalam.

e. Setelah menendang kaki tetap mengayun ke depan mengikuti arah bola. 14. Jelaskan teknik menahan bola menggunakan kaki bagian luar! Jawaban: a. Pandangan mata pada arah datangnya bola b. Berat badan pada kaki tumpu. Badan dicondongkan ke arah datangnya bola. c. Kaki penahan diangkat di depan kaki tumpu.

Lutut agak ditekuk dan bagian luar sepatu menghadap ke tanah. d. Bola ditahan antara kaki bagian luar dan tanah. 15. Jelaskan teknik menahan bola menggunakan punggung kaki! Jawaban: a. Pandangan mata ke arah datangnya bola b. Kedua tangan di samping badan c. Saat bola datang, kaki penahan diangkat dengan lutut agak ditekuk. Perkenaan bola pada punggung kaki penahan dan kaki penahan ditarik ke bawah mengikuti arah bola.

d. kaki tumpu sedikit ditekuk.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

16. Tempat pitcher melakukan lemparan disebut. Jawaban: pitcher plate 17. Panjang stick softball panjangnya tidak boleh lebih dari. Jawaban: 87 cm 18.

Jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis diletakkan di atas bola, sedangkan kelingking dan jempol menyangga di bawah bola. Hal ini adalah cara memegang bola dengan teknik. Jawaban: fhree finger 19. Softball diciptkan oleh George Hancock pada tahun.

Jawaban: 1887 20. Apabila ada pukulan kedua langsung ditangkap oleh catcher maka dinyatakan. Jawaban: out/mati 21. Di Indonesia, permainan softball mirip dengan permainan. Jawaban: kasti 22. Peralatan softball yang berfungsi melindungi kepala disebut. Jawaban: helm 23. Hak memukul dalam permainan softball sebanyak. Jawaban: tiga kali 24. Organisasi softball seluruh Indonesia adalah PERBASASI yang merupakan singaktan dari. Jawaban: Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia 25.

Dalam permainan softball melempar bola dapat dibedakan menjadi tiga jenis lemparan, yaitu. Jawaban: lemparan mendatar, lambung, dan menyusur tanah 26. Jelaskan yang kamu ketahui mengenai permainan softball! Jawaban: softball adalah olahraga permainan yang menggunakan bola kecil dan dimainkan secara beregu. Softball diciptkan oleh seseorang berkebangsaan Amerika Serikat yang bernama George Hancock pada tahun 1887 di Chicago.

Pada saat itu, softball dikenal dalam bentuk permainan dalam ruangan atau di tempat tertutup, tetapi pada tahun 1930 H. Piscer dan M.J.

Panley mengubahnya menjadi permainan di lapangan terbuka 27. Sebutakn teknik-teknik dasar dalam permainan softball! Jawaban: Teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang pemain softball, terdiri atas: a. Teknik dasar memegang bola b.

Teknik dasar melempar bola c. Teknik dasar memukul bola d. Teknik dasar menangkap bola 28. Jelaskan macam-macam cara memegang bola dalam permainan softball! Jawaban: a. Pegangan empat jari (four finger grip) Cara memegang bola dengan empat jari adalah memegang bola dengan menempatkan keempat jari tangan pada sekeliling bola sedemikian rupa.

b. Pegangan tiga (three finger grip) Cara memegang bola dengan tiga luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. adalah memegang bola dengan meletakkan tiga jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas bola.

Adapun jari kelingking dan ibu jari menyangga pada bagian bawah bola. c. Pegangan dua jari (two finger grip) Cara memegang bola dengan jari, yaitu menempatkan jari tengah dan telunjuk pada bagian atas bola, tiga jari lainnya menyangga pada bagian bawah bola.

29. Jelaskan yang dimaksud dengan teknik pukulan bunt! Jawaban: pukulan bunt adalah teknik pukulan yang dilakukan tanpa mengayunkan lengan (bola hanya disentuh perlahan) 30. Jelaskan cara melempar bola dalam permainan softball! Jawaban: a. Bola dipegang dengan satu tangan yang terkuat b. Tariklah tangan yang memegang bola ke belakang c. Berat badan bertumpu pada kaki belakang d.

Ayunkan tangan yang memegang bola sejajar dengan bahu dan dada e. Setelah bola lepas langkahkan kaki belakang ke depan. 31. Ukuran bak lompatan jauh berjarak.

a. 8 meter b. 9 meter c. 10 meter d. 11 meter 3. 12 meter Jawaban: b 32. Teknik dalam lompat jauh setelah melakukan awalan adalah. a. melayang b. menolak c. mendarat d. melenting e. melangkah Jawaban: b 33. Rangakaian gerakan lompat jau adalah. a. berlari secepatnya, menolak, dan mendarat b. berlari secepatnya, mendarat, menolak, dan melayang c. berlari secepatnya, menolak, lari, dan melayang d. berlari secepatnya, menolak, melayang di udara, dan mendarat e.

berlari secepatnya dan mendarat Jawaban: d 34. Lebar lintasan awalan pada lompat jauh adalah. a. 1,22 meter b.

2,22 meter c. 2,75 meter d. 3,22 meter e. 4,22 meter Jawaban: c 35. Untuk kejuaraan-kejuaraan atletik resmi tingkat internasional, peraturan yang berlaku adalah peraturan yang dikeluarkan oleh. a. IOS b. IBF c. IAAF d.

FASI e. FIFA Jawaban: c 36. Pada waktu melayang di uara yang perlu diperhatikan adalah. a. menjaga kelenturan b. menjaga keseimbangan c. menjaga gerak kaki d. menjaga konsentrasi e. menjaga letak kaki Jawaban: b 37. Posisi kedua tangan pada saat mendarat dalam lompat jauh adalah. a. diluruksan ke belakang b. diayun ke samping c. diayun ke belakang d. diayun ke atas e. diayun dan diluruskan ke depan Jawaban: e 38.

Gerakan yang ada pada lompat jauh merupakan perpaduan antara. a. kecepatan dan kekuatan b. konsentrasi dan keseimbangan c. kelentukan dan kelincahan d.

daya tahan dan ketepatan e. keterampilan dan daya juang Jawaban: a 39. Gaya lompat jauh dapat diketahui pada waktu. a. persiapan b. awalan c. tolakan d. melayang di uara e. mendarat di bak pasir Jawaban: d 40. Faktor utama pemberi kontribusi terhadap lompat jauh adalah.

a. kelenturan tubuh b. daya tahan c. efisiensi gerak lari d. power pada saat mulai lelah e. keindahan Jawaban: a 41. Hal-hal yang perlu dihindari dalam lompat jauh adalah. a. memperpendek atau memperpanjang langkah terakhir sebelum bertolak b. menguasai gerak langkah dan ayunan c. mencapai jangkauan gerak yang baik d. memelihara kecepatan sampai saat menolak e. mencapai jangkauan gerak yang benar Jawaban: a 42. Cara mendarat yang benar pada lompat jauh adalah. a. kaki duluruskan b.

kaki dilipat ke belakang c. kaki dilipat ke depan d. lutut ditekuk e. kaki diluruskan ke belakang Jawaban: c 43. Mendarat yang baik dalam lompat jauh dilakukan dengan. a. tangan menopang berat badan b. mendarat dengan satu kaki c. mendarat dengan kedua kaki, lutut ditekuk, berat badan dibawa ke depan d. mendarat dengan menjatuhkan badan ke depan e. mendarat menggunakan betis Jawaban: c 44. Gerakan yang benar saat melakukan awalan lompat jauh ketika akan bertumpu adalah.

a. tidak mengubah kecepatan dan langkah b. mengubah kecepatan tapi mengubah langkah c. tidak mengubah kecepatan tapi mengubah langkah d. mengubah kecepatan tidak mengubah langkah e. memperlambat kecepatan Jawaban: a 45. Suatu aktivitas gerakan yang dilakukan di dalam lompatan untuk mencapai lompatan yang sejauh-jauhnya, disebut dengan. a. lompat jauh b. lompat jangkit c. lompat tinggi d. lompat harimau e. lompat tiga Jawaban: a 46. Induk organisasi pencak silat di Indonesia bernama. a. PERSILAT b.

IPSI c. PERSIBA d. PERBASI e. PERBASASI Jawaban: b 47. Sikap dasar khusus pada pencak silat pelu dilatih karena bertindak sebagai dasar. a. kekuatan b. keseimbangan c. kelincahan d. kelentukan e. kewaspadaan Jawaban: b 48. Berikut ini aspek atau unsur dalam pencak silat, kecuali. a. unsur olahraga b. unsur kesenian c. unsur beladiri d. unsur kekuatan e. unsur kerohanian Jawaban: d 49. Seorang yang pandai dan berilmu silat tinggi sering disebut. a. suhu b. pendekar c. jawara d. pelatih e.

pembina Jawaban: b 50. Tujuan dari belajar pencak silat adalah. a. menunjukkan kekuatan b. menjatuhkan lawan c. membela diri d. melatih kekuatan e. menjaga persatuan Jawaban: c 51.

Seni Beladiri murni hasil budaya bangsa Indonesia adalah. a. karate b. pencak silat c. kempo d. judo e. wushu Jawaban: b 52. Sikap dasar yang dilakukan untuk memulai latihan dalam pencak silat disebut. a. sikap jongkok b. sikap pemula c. sikap tegak d. sikap salam e. sikap hormat Jawaban: c 53. Gerak dasar beladiri yang terikat pada aturan dan digunakan dalam belajar, latihan, dan pertunjukan, merupakan definisi dari.

a. pencak b. silat c. karate d. beladiri e. seni Jawaban: a 54. Pada latihan dasar kuda-kuda, yang perlu diperhatikan adalah. a. tumpuan kaki b. pandangan c. sikap tangan d.

sikap badan e. semua benar Jawaban: e 55. Berikut ini yang tidak termasuk aspek beladiri dalam pencak silat adalah. a. gagah b. ulet c. tidak sombong d.

jujur e. disiplin Jawaban: a 56. Pada umumnya, sikap khusus dalam pencak silat adalah. a. berdiri tegak dua kaki b. berdiri tegak satu kaki c. berdiri dengan tangan d. bertumpu dengan kepala e. bertumpu dengan pundak Jawaban: a 57. Suatu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang itu mempertahankan diri disebut.

a. seni beladiri b. pencak silat c. seni berkelahi d. seni musik e. seni perang Jawaban: luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. 58.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

Sikap berdiri dengan membuka kaki, kedua tangan ditekuk disamping pinggang disebut sikap. a. berdiri tegak b. berdiri kangkang c. kuda-kuda d. serangan e. elakan Jawaban: b 59. Posisi kaki sebagai dasar tumpuan untuk melakukan sikap dan gerakan bela serang disebut sikap. a. kuda-kuda b. berdiri tegak c. serangan d. elakan e. berdiri kangkang Jawaban: a 60.

Berikut ini yang termasuk pukulan bawah adalah. a. bandul b. sanggah c. sodok d. tebak e. tinju Jawaban: a 61. Kesanggupan tubuh untuk menjalankan pekerjaan yang dibebankan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan sehingga masih mempunyai cadangan tenaga untuk menjalankan tugas berikutnya disebut.

a. kesehatan jasmani b. kebugaran jasmani c. kekuatan fisik d. ketahanan fisik e. wight training Jawaban: b 62. Latihan kekuatan otot punggung dilakukan dengan gerakan. a. kaki diangkat ke atas dan dada menyentuh lantai b. dada diangkat dan kaki menyentuh lantai c. kedua tangan dan kaki diangkat ke atas d. akkai dan tangan diangkat, sedangkan dada menyentuh lantai e. tangan dan kaki menyentuh lantai Jawaban: c 63. Kemampuan tubuh untuk mempertahankan sikap tubuh yang tepat pada saat melakukan gerakan disebut latihan.

a. kelenturan b. kekuatan c. keseimbangan d. agilitas e. pamer Jawaban: a 64. Suatu latihan untuk mengukur kekuatan dan daya tahan otot lengan dan bahu contohnya. a. lari b. push up c. pull up d. squat jump e. back up Jawaban: b 65. Untuk menjaga kebugaran jasmani dilakukan dengan. a. olahraga secara teratur b. menjaga kebersihan c. menjaga keindahan d. menjaga kesegaran e. menjaga kekutan Jawaban: a 66. Manfaat olahraga secara teratur adalah untuk.

a. menyembuhkan penyakit b. meningkatkan kesehatan c. menghilangkan rasa malas d. membesarkan tulang e. membuat rasa nyaman Jawaban: b 67. Kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya disebut. a. kecepatan b. kelincahan c. kekuatan d. daya ledak e. daya gerak Jawaban: a 68. Lari menuruni bukit (down hill) merupakan salah satu latihan kecepatan untuk melatih. a. kecepatan frekuensi gerak tangan b. kecepatan frekuensi gerak kaki c. kecepatan frekunesi gerak badan d.

kekuatan otot e. keseimbangan Jawaban: b 69. Latihan push up bertujuan untuk menguatkan. a. otot pinggul b. otot tungkai c. otot perut d. otot lengan e. otot leher Jawaban: d 70. Gerakan latihan otot lengan dilakukan dengan. a. menggerakkan badan ke atas b. menggerakan badan ke bawah c. menggerakan badan ke samping d. menaikkan dan menurunkan badan e. merebahkan badan ke lantai Jawaban: d 71.

High pull merupakan bentuk latihan mendorong beban. a. ke atas b. ke samping c. ke bawah d. ke depan e. ke luar Jawaban: a 72. Berikut ini yang tidak termasuk komponen kebugaran jasmani adalah. a. kekuatan b. keseimbangan c.

daya tahan d. kekompakan e. kecepatan Jawaban: d 73. Berikut ini yang bukan termasuk manfaat kebugaran jasmani adalah. a. daya tahan dan stamina tubuh meningkat b. kemampuan sirkulasi jantung meningkat c. semangat hidup tinggi d. kualitas kondisi fisik meningkat e. produktivitas kerja menurun Jawaban: e 74. Salah satu bentuk latihan untuk melatih kekuatan otot lengan adalah.

a. sit up b. squat thrust c. push up d. back up e. squat jump Jawaban: c 75. Latihan yang berguna untuk menguatkan otot perut adalah. a. sit up b. squat thurst c.

push up d. back luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. e. squat jump Jawaban: a 76. Menurut Federation International Gymnastique (FIG), senam SKJ termasuk dalam jenis senam.

a. aerobik b. militer c. artistik d. umum e. ritmik Jawaban: e 77. Senam lantai adalah bagian dari senam. a. aerobik b. militer c. artistik d. akrobatik e. umum Jawaban: c 78. Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. a. 10 x 12 meter b. 12 x 12 meter c. 12 x 15 meter d.

10 x 15 meter e. 15 x 15 meter Jawaban: b 79. Berikut ini yang termasuk senam lantai adalah. a. aerobik b. SKJ c. senam hamil d. loncat indah e. guling ke depan Jawaban: e 80. Gerakan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua sikap awalan, yaitu. a. jongkok dan duduk b.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

jongkok dan berdiri c. duduk dan berdiri d. telentang dan jongkok e. telentang dan berdiri Jawaban: b 81. Dalam bahasa Yunani, senam dinamakan. a. menyehatkan badan b. membugarkan tubuh c. melatih diri d. membentuk tubuh e. melatih olahraga Jawaban: c 82. Pada awal Modern Olympic Games, senam belum terlalu dianggap sebagai suatu cabang olahraga melainkan dianggap sebagai.

a. seni b. hiburan c. aktivitas d. kejuaraan e. kekuatan Jawaban: a 83. Kata senam dalam bahasa Inggrisnya adalah. a. gymnazein b. gymnasium c. gymnastique d. gymnastics e.

gymnastiek Jawaban: d 84. Federasi senam seluruh dunia adalah. a. FA b. FIFA c. IFVB d. AFF e. FIG Jawaban: e 85. Senam yang merupakan pengembangan dari senam akrobatik adalah senam. a. aerobik b. si buyung c. artistik d. akrobatik e. ritmik Jawaban: a 86. Bagian badan yang menyentuh matras lebih dulu saat melakukan guling ke depan adalah. a. tengkuk b.

kepala c. dahi d. bahu e. lengan Jawaban: a 87. Neckspring adalah istilah untuk gerakan. a. guling depan b. guling belakang c. sikap lilin d. sikap kayang e. guling lenting Jawaban: e 88. Berikut ini yang tidak termasuk keslaahan saat melakukan guling ke depan adalah. a. kedua tangan bertumpu tidak tepat b. tumpuan kedua tangan atau salah satu tangan kurang kuat c. bahu tidak diletakkan di atas matras saat tangan luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

d. saat gerakan berguling ke depan, kedua tangan tidak ikut menolak e. saat akan melakukan guling bagian tubuh yang menyentuh matras adalah tengkuk Jawaban: e 89. Gerakan menggulingkan badan ke belakang disebut.

a. forward roll b. back roll c. neckspring d. hand stand e. kopstand Jawaban: b 90. Penempatan tangan terlalu jauh ke belakang sehingga tidak terjadi tolakan adalah kesalahan yang biasanya terjadi saat melakukan gerakan.

a. guling ke depan b. sikap kayang c. guling ke samping d. guling lenting e. guling ke belakang Jawaban: e 91. Senam ritmik disebut juga. a. senam aerobik b. senam irama c. senam militer d. senam SKJ e. senam iringan Jawaban: b 92. Gerakan senam irama diiringi irama musik yang dilakukan secara. a. serempak b. massal c. bebas d. berirama e. konsisten Jawaban: d 93. Berikut ini alat yang digunakan dalam senam irama, kecuali. a. tali b. bola c. topi d. simpai e. gada Jawaban: c 94. Senaam irama yang mengutamakan penyampaian suatu rangkaian cerita dengan gerak yang diiringi dengan musik merupakan senam ritmik aliran.

a. seni sandiwara b. seni musik c. seni tari d. seni lukis e. seni gerak Jawaban: a 95. Senam irama yang berasal atau beraliran seni tari dipelopori oleh. a. Delsartes b. Rudolf van Laban c. Jacques Dalcrose d. William C. Morgan e. Herodicus Jawaban: b 96. Tujuan melakukan peregangan sebelum melakukan senam irama adalah. a. melemaskan otot dan sendi b.

menguatkan tulang c. keseimbangan gerakan d. meningkatkan percaya diri e. kesegaran jasmani Jawaban: a 97. Berikut ini yang dituntut selaras dengan irama dalam senam irama adalah, kecuali. a. kepala b. lengan c. togok d. kaki e. bahu Jawaban: e 98. Kerja gerak aktif dan pasif, baik secara umum serta khusus dalam mempersiapkan keadaan dan psikis tubuh secara optimal sebelum latihan atau pertandingan disebut.

a. warming up b. morning up c. sport massage d. wind sprint e. death point Jawaban: a 99. Sikap badan ketika akan melakukan langkah ke depan adalah. a. berdiri tegak b. berdiri istirahat c. berdiri kangkang d. bebas e. semua jawaban salah Jawaban: a 100. Istilah lain dari langkah ke depan dalam senam irama disebut.

a. loop pas b.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

balance pass c. bijtrek pass d. galop pass e. kruis pass Jawaban: d 101. Tekanan yang harus diberikan dalam senam ritmik adalah. a. kekuatan tubuh b. koordinasi gerak c. kelenturan tubuh d. ketetapan gerak e. kecepatan gerak Jawaban: c 102. Fungsi musik dalam senam irama adalah untuk. a. menambah semangat gerakan b. memvariasikan gerakan c. memvariasikan langkah d. menambah gaya e. menguatkan otot-otot tubuh Jawaban: a 103. Berikut ini yang merupakan penilaian dalam unsur gerakan senam ritmik adalah.

a. irama b. kekuatan tubuh c. kontinuitas gerakan d. berat tubuh e. kecepatan Jawaban: c 104. Aktivitas ritmik merupakan bagian dari cabang olahraga. a. permainan b. senam c. atletik d. beladiri e. rekreasi Jawaban: b 105. Senam irama akan bermanfaat, apabila dilakukan dengan.

a. sistematis b. gembira c. teratur d. efektif e. suka-suka Jawaban: c 106. Pengambilan napas pada renang gaya bebas adalah. a. saat kepala menoleh ke samping dan sebagian wajah di atas permukaan air b. saat kepala menghadap ke bawah c. saat melakukan lecutan kaki pertama d. saat awal gerakan tangan e. saat kepala didongakkan ke atas permukaan air Jawaban: a 107. Berikut ini yang bukan manfaat berlatih renang adalah.

a. kesenangan b. bergengsi c. kesehatan d. relaksasi e. tantangan Jawaban: b 108. Cara pengambilan napas yang baik dan biasa dilakukan para perenang gaya bebas adalah dengan. a. satu arah b. dua arah c. bergantian arah d. tiga arah e. semua salah Jawaban: a 109. Agar dapat berenang, keterampilan yang pertama kali dilatih adalah. a. meluncur b. mengapung c. mengambil napas di dalam air d.

mengayun kedua tungkai e. mengayun kedua lengan Jawaban: b 110. Teknik ayunan kaki yang digunakan dalam gaya bebas, sumbu gerakannya terdapat pada. a. pangkal kaki b. ujung kaki c. pangkal lengan d.

ujung pinggang e. pangkal paha Jawaban: e 111. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya kecelakaan air, kecuali. a. tidak bisa berenang b. shock terhadap air/ketakutan berlebihan akan tenggelam meskipun kedalaman 1 meter c. tidak melakukan pemanasan sebelum berenang d. kelelahan otot sebelum berenang e. ketenangan Jawaban: e 112. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan di air adalah. a. berlatih di kolam dangkal b. berlatih di kolam dalam c.

memakai baju renang d. tidak makan di kolam renang e. mandi sebelum berenang Jawaban: a 113. Berikut ini yang bukan termasuk teknik dasar yang harus dikuasai untuk meminimalkan kecelakaan di air adalah teknik. a. mengapung b. berendam c. meluncur d. pernapasan e. menggerakkan kaki dan tangan Jawaban: b 114. Gaya berenang yang dianggap paling mudah dilakukan dan dgiunakan untuk menolong korban kecelakaan di air adalah.

a. gaya bebas b. gaya katak c. gaya magnet d. gaya kupu-kupu e. luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. punggung Jawaban: a 115. Mandi pada air pancuran yang tersedia sebelum masuk ke kolam renang dimaksudkan untuk. a. memastikan bahwa tubuh dapat menyesuaikan dengan suhu air b. menaati peraturan yang berlaku c. menjaga kesegaran sebelum berenang d. menambah kemampuan berenang e.

menjaga kebugaran tubuh Jawaban: a 116. Tahap pertama sebelum berolahraga di dalam air adalah berlatih. a. pernapasan b. tenaga dalam c. polo air d. yoga e. renang Jawaban: e 117. Berikut ini yang tidak termasuk teknik gerakan renang gaya bebas adalah. a. ayunan kaki b. koordinasi gerakan c. ayunan lengan d. gerakan terjun e. pengambilan napas Jawaban: d 118.

Sebelum renang, sebaiknya melakukan pemanasan berupa peregangan otot-otot dengan tujuan. a. memanaskan tubuh b. mencegah terjadinya kejang otot c. mencapai kecepatan yang optimal d. melemaskan kaki e. meningkatkan kelincahan Jawaban: b 119. Berikut ini yang tidak termasuk latihan renang gaya bebas adalah gerakan. a. tangan b. kaki c. lanjutan d.

mengambil napas e. koordinasi gerakan Jawaban: c 120. Teknik gerakan tungkai pada renang gaya bebas adalah. a. kedua tungkai bergerak bersamaan searah b. kedua lutut selalu ditekuk c. kedua tungkai bergerak berlawanan arah d. kedua tungkai selalu lurus e. kedua kaki rapat Jawaban: c 121. Pergaulan bebas atau seks bebas dalam negara maju disebut dengan istilah. a. free line b. free day c. free se* d. free man e. free girl Jawaban: c 122.

Proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu atau individu dengan kelompok disebut dengan. a. perkenalan b. pergaulan c. percakapan d. politik e. sosialisasi Jawaban: b 123. pergaulan yang membawa pengaruh positif bagi perkembangan kepribadian seseorang disebut. a. pergaulan masa kini b. pergaulan tradisional c.

pergaulan sehat d. pergaulan tidak sehat e. pergaulan kuat Jawaban: c 124. Berikut ini yang bukan kegiatan dari konsep pergaulan sehat adalah. a. belajar kelompok b. kegiatan olahraga c. kegiatan pencinta alam d.

kegiatan keagamaan e. kegiatan membolos sekolah Jawaban: e 125. Pergaulan bebas disebut juga dengan. a. pergaulan modern b. pergaulan tradisional c. pergaulan sehat d. pergaulan tidak sehat e. pergaulan masa kini Jawaban: d 126.

Pendidikan pergaulan sehat yang diberikan kepada remaja dapat dilakukan dengan cara. a. ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, dan film b. diskusi kelompok, penyuluhan, debat, dan drama c. debat, tanya jawab, drama, diskusi dan kelompok d. ceramah, diskusi kelompok, adu argumene, dan drama e. adu argumen, diskusi kelompok, film, dan tanya jawab Jawaban: a 127. Menurut Aristoteles, manusia merupakan makhluk sosial (zoon-politicon) yang artinya.

a. tidak lepas dari kebersamaan dengan manusia lain b. bisa hidup sendiri c. manusia yang berpolitik d. bisa memenuhi kebutuhannya sendiri e.

tidak memerlukan orang lain Jawaban: a 128. Cara menghindari pergaulan bebas dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu. a. kaidah agama dan pendidikan sekolah b.

pendidikan sekolah dan kaidah sosial c. pendidikan dalam keluarga dan kaidah sosial d. kaidah agama dan pendidikan dalam keluarga e. kaidah agama dan kaidah sosial Jawaban: d 129. Diantara cara pencegahan pergaulan bebas yang dilakukan keluarga, kecuali. a. menjauhkan anak dari hal-hal yang mengarah pada pergaulan bebas b. memberikan informasi tentang bahaya pergaulan bebas secara bertahap c.

menanamkan etika cara memelihara diri dari hal-hal negatif d. mengajarkan anak cara berpacaran e. mengajarkan kaidah keagaamn sedini mungkin Jawaban: d 130. Orang yang paling cocok untuk memberikan pelajaran pergaulan sehat bagi remaja adalah. a. orang tua b. saudara c. teman d. kakak e. dokter Jawaban: a Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 130+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik.

Selamat belajar!! Baca juga yang sejenis • 35+ Contoh Soal UTS Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • 35+ Contoh Soal UTS Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • 135+ Contoh Soal Essay Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • 45+ Contoh Soal UAS Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • 130+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • 100+ Contoh Soal Penjaskes Kelas 10 SMA/MA dan Kunci Jawabnya Terbaru • contoh soal essay penjas kelas 10 • soal uts penjaskes kelas 10 semester 2 • soal uas penjaskes kelas 10 semester 1 • soal penjas kelas 10 semester 1 beserta jawabannya • contoh soal essay penjaskes kelas 10 beserta jawabannya • contoh soal penjaskes kelas 10 semester 2 beserta jawabannya • soal penjas kelas 10 semester 2 dan kunci jawaban • soal soal essay penjas kelas 10 pdf 2018,2019,2020,2021,2022
Teknik Senam Lantai Tanpa Alat pada umumnya aktivitas senam lantai yang dilakukan dilantai beralas matras, senam lantai tanpa alat pada kejuaraan senam lantai menggunakan lantai ukuran 12X12 M² dan area 1 meter sebagai keamanan, dalam melaksanakan senam lantai tanpa alat terdiri dari bermacam gerakan.

Senam lantai juga dinamakan dengan latihan bebas, kenapa demikian? karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak menggunakan suatu peralatan yang khusus, apabila pesenam membawa(melengkapi) alat senam berupa pita, bola atau alat lainnya itu hanya sebagai alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan Apa itu Senam Lantai?

Senam Lantai merupakan salah satu dari rumpun senam, yang dilakukan dilantai dengan alas matras, yang unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, meloncat, melompat, berputar di udara, meloncat ke depan, meloncat ke belakang, menumpu dengan tangan dan lainsebagainya. Senam secara umum menurut Oxford Dictionaries adalah latihan mengembangkan/menampilkan kelincahan fisik dan koordinasi. Olahrga senam modern pada umumnya melibatkan latihan pada bar yang tidak rata, lantai, balok kesimbangan, dan vaulting horse (untuk perempuan), dan horisontal bar paralel, lantai, cicncin, dan pommel horse (untuk laki-laki) Pada Senam Lantai gerakan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan dengan cara lambat serta sikap statis kurang lebihnya dua detik, Gerakan salto pada senam Lantai harus dilakukan setinggi bahu, pesenam tidak boleh menggunakan alat ataupun suatu benda Luas Lantai Dalam Kejuaraan Senam lantai Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah 12 meter x 12 meter dengan tambahan 1 meter disetiap sisinya, yang berfungsi untuk pengaman.

Dalam kejuaraan senam lantai pada umumnya penilaian didasrkan pada tingkat kesulitan, persyaratan khusus, nilai bonus, penampilan atau pelaksanaan, dan nilai maksimal Senam lantai dikelompokkan menjadi dua bagian, diantaranya yaitu Senam Lantai Tanpa Alat dan Senam Lantai menggunakan Alat Gerakan Teknik Senam Lantai Tanpa Alat Senam lantai tanpa alat merupakan salah satu bagian dari rumpun senam yang banyak di sukai, senam lantai atau senam bebas ini dilakukan biasanya diatas matras atau permadani, senam ini juga disebut dengan senam bebas karena gerakan dalam senam ini tidak menggunakan alat.

Rangkaian Gerakan Pada senam Lantai Tanpa Alat rangkaian latihan gerakan pada senam lantai diantaranya yaitu : 1. Forward Roll ( Berguling Kedepan) Guling ke depan ini merupakan gerakan berguling kedepan dapat dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara • Di awali dengan posisi jongkok→ Kedua kaki dirapatkan→kedua telapak tangan sejajar bahu • Kemudian letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu • Selanjutnya tekuk siku ke samping→masukkan kepala diantara kedua tangan→sentuhkan tengkuk ke matras • berikutnya lipatkan kedua lutut→tarik dagu dan lutut ke dada→tangan merangkul lutut • Gerakan terakhir yaitu jongkok dengan kedua kaki rapat 2.

Back Forward ( Berguling Belakang) Berguling Belakang yaitu bentuk gerakan mengguling yang dimulai dari pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang paling akhir yaitu kedua kaki Gerakan teknik senam lantai tanpa alat untuk melakukan gerakan guling kebelakang dapat dilakukan dengan cara • Sikap posisi pertama jongkok → kedua kaki dirapatkan→tekuk kedua siku tangan menghadap ke atas di luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

telinga→dagu dan lutut tarik ke dada • Kemudian gulingkan tubuh ke belakang sampai bahu menyentuh matras→lutut dan dagu tetap mendekat dada dan telapak tangan didekat telinga • Selanjutnya Bahu menyentuh matras→kedua telapak tangan menyentuh matras→gerakkan kaki untuk dijatuhkan ke belakang kepala→jatuhkan ujung kaki ke belakang kepala • Kemudian dorong lengan ke atas→kedua kaki dilipat sampai ujung kaki sehingga dapat mendarat di atas matras→kemudian kembali pada posisi jongkok dengan lengan lurus ke depan 3.

Neck Spring (Guling Lenting) Guling Lenting yaitu merupakan bentuk gerakan tubuh melenting ke depan atas yang dimulai dari dahi kemudian dilanjutkan melenting ke atas, kepala, bahu, pinggang, pinggul dan kedua tungkai serta kedua lengan ikut melenting ke atas juga, smapai pada kedua kaki mendarat secara bersamaan Teknik Gerakan senam tanpa alat (guling lenting) dapat dilakukan dengan cara • Pertama dengan posisi berdiri tegak dengan tangan lurus ke atas →jongkok/ bungkukkan badan→letakkan kedua telapak tangan pada matras • Selanjutnya tekuk kedua siku kesamping→masukkan kepala diantara dua tangan dengan posisi kedua telapak tangan dan letak dahi segaris lurus • Kemudian lemparkan kaki kanan ke atas depan→disusul oleh lenting tungkai kaki kiri, pinggul dan tubuh mengikuti lentingan ke atas →kedua lengan lurus ke atas depan→kedua kaki posisi rapat dan mendarat di matras secara bersamaan→ kemudian kembali pada posisi awal(semula) 4.

Hanstand (Berdiri Dengan Kedua Tangan) Gerakan berdiri dengan Kedua tangan pada senam lantai tanpa alat adalah bentuk sikap berdidi dengan tumpuan kedua belah telapak (tapak) tangan Teknik Senam lantai tanpa alat dalam melakukan gerakan Berdiri dengan kedua tangan dapat dilakukan dengan cara • Posisi pertama berdiri tegak dengan salah satu kaki berada didepan dan kedua tangan posisi lurus ke atas dengan telapak tangan terbuka→ letakkan kedua telapak tangan bertumpu di matras • Selanjutnya bungkukkan badan ke depan, posisi kedua tangan tetap lurus→kemudian ayunkan kaki ke belakang atas dan di ikuti oleh kaki yang satunya dan rapatkan (posisi kedua kaki rapat), sehingga membentuk garis vertikal antara lengan, badan dan kedua kaki lurus ke atas • Bertahan pada posisi tersebut dalam beberapa saat dengan cara menjaga keseimbangan tubuh • Ayunkan kaki kanan dalam keadaan lurus ke atas, sehingga kaki yang kiri juga ikut terangkat ke atas, bertahan pada posisi tersebut dalam beberapa saat dengan menjaga keseimbangan tubuh • Kemudia kembali ke posisi semula yaitu berdiri tegak, kedua tangan lurus ke samping badan dan pandangan tetap ke depan 5.

Headstand (Berdiri Dengan Kepala) Berdiri dengan kepala pada teknik senam lantai tanpa alat adalah Gerakan yang dilakukan dengan bentuk sikap berdiri pada kepala dengan tumpuan kepala dan kedua tangan (posisi kepala ada dibawah) Gerakan senam lantai tanpa alat untuk melakukan teknik gerakan headstan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : • Posisi berdiri tegak dengan kedua kaki rapat, dan kedua tangan lurus rapat disamping badan • Kemudian bungkukkan badan ke depan, → letakkan kedua telapak tangan pada matras • Selanjutnya letakkan juga dahi pada matras diantara kedua tangan, letakkan kedua tangan dan dahi membentuk segitiga sama sisi • Kemudian angkat pinggul ke atas posisi badan tegak lurus pada matras • Luruskan kaki ke atas bertahan dalam beberapa saat dan jaga keseimbangan Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Senam Lantai Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan senam lantai, luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

senam lantai tanpa alat maupun senam lantai dengan menggunakan alat, diantaranya yaitu • Melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas senam • Mulailah gerakan senam mulai dari gerakan yang mudah dan dilanjutkan kepada gerakan yang lebih sulit • Tatap konsentrasi penuh pada saat melakukan gerakan pada senam laintai ini, baik senam lantai menggunakan alatau ataupun melakukan teknik senam lantai tanpa alat • Mematuhi ketentuan teknik gerakan senam maupun instruksi dari guru olahraga (pembimbing) • Gunkanlah pakaian senam yang sesuai agar lebih nyaman saat melakukan gerakan • Gunakan matras saat melakukan senam lantai (senam lantai tanpa alat/senam lantai dengan menggunakan alat) • Sebelum melakukan senam lantai pastikan matras dan keadaan sekitarnya aman untuk melakukan senam lantai • Letakkan matras di atas lantai dengan baik sesuai ketentuan dalam melaksanakan senam lantai • Letakkan Matras diatas lantai atau tanah yang posisinya datar/rata serta jauh dari bahaya • letakkan matras yang akan digunakan untuk senam lantai jauh dari dinding atau benda lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya benturan • Dalam melakukan senam lantai perlu adanya pengawasan atau pelatih yang sudah ahli dibidangnya • Lakukan pendinginan setelah selesai senam lantai Manfaat Senam Lantai Senam lantai tanpa alat atau menggunakan alat menuntuk pesenam untuk berfikir dan mengembangkan ketrampilannya, dengan demikian pesenam lantai harus dapat berfikir kreatif untuk mencegah terjadinya salah gerak, dengan begitu mental pesenam juga akan berkenbang 1.

Manfaat senam lantai secara mental dan sosial • Menambah kemampuan gerak tubuh semakin lincah • Senam lantai dapat memperkuat otot lengan, kaki,paha,pinggang, perut dan juga dada • Senam lantai dapat menambah kekuatan fisik • Melatih keseimbangan • Senam lantai dapat membakar lemak • Melatih lompatan • Dengan melakukan senam lantai sirkulai darah akan lebih lancar • Senam lantai dapat meningkatkan keuatan jantung • Senam lantai dapat menurunkan luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

badan • Melatih kefokusan • Senam lantai dapat meluruskan tubuh yang bungkuk • Senam lantai adalah suatu aktivitas untuk mengembangkan kemampuan fisik dan kemampuan gerak pesenam, dengan kegiatan senam lantai peserta dapat mengembangkan daya tahan otot, kelincahan,kekuatan, kelentukan, keseimbangan serta koor dinasi • Dengan adanya program senam lantai dapat menyumbang perbendaharaan dan penyaan gerak bagi yang melakukan senam • Dasar-dasar gerakan pada senam lantai sangat baik untuk mengembangkan pelurusan tubuh, ketrampilan gerakan senam dan kesadaran tubuh Macam-macam Gerakan Senam Lantai 1.

Guling ke Depan Guling kedepan pada senam lantai ini terdiri dari bermacam gerakan diantaranya yaitu • Guling kedepan kaki ditekuk • Guling kedepan kaki lurus • Guling depan guling depan split • Guling depan guling lenting • Guling depan guling lenting 2. Guling kebelakang Guling kebelakang pada senam lantai terdiri dari beberapa macam gerakan diantaranya • Guling belakang kaki ditekuk • Guling belakang kaki lurus akhiran • Guling belakang kaki lurus awalan • Guling belakang stut • Guling belakang split 3.

Lompat Harimau (tiger sprong) 4. Meroda, Lompat 5. Round off 6. Head stand • Headstand roll • Headstand lenting 7. Handstand • Handstand guling depan • Handstand guling belakang 8. Stut • Stut awalan kaki ditekuk • Stut awalan kaki lurus 9. Kayang 10. Lenting tangan/handstand overslag 11. Lenting tangan ke belakang atau dinamakan dengan flik flak 12. Keseimbangan lutut bergulung/squat roll 13. Lompat kangkang 14. Berdiri dengan kepala 15. Kayang/Brug 16. Sikap lilin 17. Salto ke depan/summer vault 18.

Salto ke belakang/back summer vault 19. Guling lenting/roll keep Demikian Teknik Senam Lantai Tanpa Alat dan Macam-macam Gerakan Senam Lantai, kamu lebih suka melakukan senam lantai dengan alat atau lebih suka senam lantai tanpa alat? saya tunggu jawanmu dikolom komentar Alasan pemilihan bahan dari busa karet atau spons untuk matras senam lantau karena bahan tersebut cenderung elastis dan tidak cepat lembek sehingga terjaga kekenyalannya.

Sebagai bagian dari gerakan senam lantai, lompat jongkok. Maman surachman 2016 Pola gerak dominan dalam senam. Alas yang digunakan untuk senam lantai. 10 alat olahraga terbaik untuk kegiatan olahraga di rumah Rangkaian senam lantai adalah rangkaian gerak senam dari beberapa elemen atau unsur gerak lantai yang digabung menjadi suatu rangkaian gerak yang tidak terputus.

Jadi, bisa dibilang senam lantai ini sangat cocok untuk kita lakukan di kala kita harus banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi.

Lantai yang dipakai untuk senam ketangkasan merupakan bukan lantai biasa tetapi sudah menjadi standar yang berlaku. Namun demikian, luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam adalah 12 x 12 meter dengan sisi tambahan satu meter.

Alas yang digunakan untuk senam lantai adalah asked by wiki @ 01/08/2021 in penjaskes viewed by 30 persons 1.alas yang digunakan untuk senam lantai adalah a.pasirb.kasurc.matrasd.rumput2.berikut ini yang menjadi tumpuan saat melakukan handstand adalah a. Pada materi ini yang kita bahas adalah senam lantai. Karenanya dalam pelatihan senam lantai dibutuhkan matras yang sengaja dilebihkan dari matras yang digunakan untuk latihan.

Matras digunakan sebagai alas untuk melakukan gerakan senam lantai. Olahraga ini juga disebut dengan latihan bebas, karena gerakan senam lantai dilakukan tanpa menggunakan peralatan khusus. Palang sejajar alat ini digunakan untuk melakukan gerakan ayunan dan gerakan melepaskan diri dari alat yang membutuhkan kekuatan serta keseimbangan yang terlatih.

Alat atau peralatan yang digunakan dalam olahraga senam mempunyai. Bentuk modern dari senam ialah : Bisa juga dengan mengelap matras setiap selesai digunakan. Kita bisa mengetahui apa itu senam lantai dari kosa kata yang membentuknya, yakni senam dan lantai.

Alat dan fasilitas senam ketangkasan ini sendiri sangat mendukung bagaimana kualitas dari permainan para atlet putra atau putri senam ketangkasan tersebut, jikalau alat dan fasilitas tersedia dengan baik, maka akan membuat para atlet menjadi lebih bersemangat dan bisa menampilkan permainan yang berkualitas untuk para penonton yang menyaksikan. Adapun alas untuk senam lantai dilapisi matras. Perlengkapan yang digunakan dalam senam lantai ~ senam lantai merupakan salah satu olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh untuk melakukan gerakannya, pada umumnya terdapat dua jenis senam lantai yaitu senam lantai menggunakan alat dan senam lantai tanpa menggunakan alat.

Ketika mendapat pertanyaan tersebut sebagian siswa pasti akan tertegun karena tak tau jawabannya. Ukuran dari lantai senam ketangkasan sekitar 12 meter x 12 meter. Senam lantai tanpa alat terdiri atas gerakan head stand dan gerakan berguling.

Jenis senam satu ini memerlukan suatu media sebagai alat bantu bagi sang atlet. Ini untuk menghindari jamur dan bakteri. Lantai yang tidak licin yang digunakan untuk senam ketangkasan agar kamu tidaj cidera saat melakukan senam. Peralatan pada senam lantai umumnya hanya digunakan untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan, pelemasan, kekuatan. Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Nah, berikut ini adalah beberapa peralatan senam lantai yang bisa kita gunakan untuk olahraga di rumah. Dalam senam lantai, ujung telapak kaki menjadi bagian tubuh yang pertama kali. Adapun beberapa alat yang biasa digunakan da;am senam lantai antara lain sebagai berikut : Senam lantai adalah aktivitas gerak yang mengandalkan anggota tubuh yang di lakukan di matras.

Senam lantai tanpa alat adakah di antara kalian yang tahu gerakan senam lantai tanpa alat? Sehingga senam ini seringkali dengan menggunakan alat berupa ring, palang, dan peralatan lainnya, baik sebagai arti olahraga kompetitif atau untuk meningkatkan latihan kekuatan, kelincahan, koordinasi, dan kondisi fisik.akan tetapi senam juga bisa dilakukan tanpa menggunakan alat.

Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Latihan ini berguna untuk melatih keseimbangan. Senam lantai yang kerap menjadi pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga merupakan bagian dari senam artistik. Senam lantai atau floor exercise atau disebut pula gymnastics merupakan bagian atau jenis dari senam.

Adapun, lantai yang digunakan dalam senam lantai berukuran 12 x 12 meter dalam ruangan berukuran 14 x 14 meter. Head stand head stand dikenal juga dengan nama kop stand atau berdiri dengan kepala. Senam lantai dengan alat dinilai berdasarkan ketangkasannya dalam menggunakan alat bantu tersebut.

Salah satu alat utama dalam senam lantai adalah matras. Senam adalah pelaksanaan latihan fisik yang tersusun secara sistematis. Senam lantai adalah senam yang dilakukan di lantai menggunakan alas berupa matras.

Pada nomor artistrik putri alat yang digunakan adalah lantai untuk senam lantai atau floor exercise meja lompat atau vaulting palang bertingkat atau uneven bars dan balok keseimbangan atau balance beam. Sebutkan alat yang digunakan dalam senam artistik kategori putra dan putri. Sebagai wujud latihan fisik yang dibuat secara sistematis, senam lantai atau floor exercise memadukan berbagai gerakan terencana untuk mencapai tujuan tertentu. Alat yang harus kalian gunakan pun berbeda untuk kategor putra maupun putri.

Artinya pengertian senam lantai adalah senam yang dilakukan di atas lantai, biasanya menggunakan alas bernama mantras atau permadani. Mengingat banyaknya gerakan senam lantai yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan lantai, pilihlah matras dengan kualitas yang baik agar nyaman untuk digunakan. Pada aktivitas senam lantai, ada gerakan senam lantai tanpa alat dan ada pula gerakan senam lantai menggunakan alat. Matras senam lantai mempunyai karakteristik tersendiri.

Bahan yang biasanya digunakan adalah busa karet atau spons dengan ukuran 1,20 x 2 meter atau 1,20 x 3 meter. Jenis Lantai Untuk Garasi / Untuk melakukan ini, di area Senam Lantai adalah Kegiatan Olahraga yang Menggunakan Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya Berapa Ukuran Matras Yang Digunakan Dalam Senam Lantai
• العربية • Български • Català • Čeština • Dansk • Deutsch • English • Español • Euskara • فارسی • Suomi • Français • Galego • עברית • Italiano • 日本語 • 한국어 • Македонски • Nederlands • Norsk bokmål • Português • Română • Русский • Srpskohrvatski / српскохрватски • Slovenščina • Српски / srpski • Svenska • தமிழ் • Türkçe • Українська • 中文 • 粵語 Salah satu pose dalam Senam lantai Senam lantai ( bahasa Inggris: floor exercise) adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai dengan menggunakan alas berupa matras.

Matras berfungsi sebagai alat bantu utama yang untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atlet yang sering bersentuhan dengan lantai. [1] Ukuran lantai yang digunakan dalam senam lantai adalah 12 x 12 meter dalam ruangan yang berukuran 14 x 14 meter. Lantai harus dilapisi dengan karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter. [2] Senam lantai banyak menggunakan gerakan berguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau untuk melompat ke depan atau belakang.

[1] Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mana senam ini dapat mengendalikan aktivitas seluruh anggota badan. Senam lantai ini merujuk pada gerak yang dikerjakan dengan cara kombinasi terpadu dan kemudian menjelma dari setiap bagian anggota tubuh. [3] Daftar isi • 1 Jenis • 1.1 Senam Tanpa Alat • 1.2 Senam dengan Alat • 2 Teknik • 3 Manfaat • 4 Referensi • 5 Daftar pustaka • 6 Pranala luar Jenis [ sunting - sunting sumber ] Senam Tanpa Alat [ sunting - sunting sumber ] Senam lantai merupakan salah satu bagian dari rumpun senam dan salah satu jenis cabang olahraga yang digemari saat ini.

Senam ini memiliki gerakan-gerakan yang dilakukan diatas lantai menggunakan matras. Senam lantai ini biasa juga di sebut dengan senam bebas karena ketika melakukan gerakan-gerakan senam tidak menggunakan alat. [4] Senam dengan Alat [ sunting - sunting sumber ] Rangkaian senam lantai merupakan rangkaian yang menggabungkan beberapa elemen atau unsur gerak lantai sehingga terjadi rangkaian gerak yang tidak terputus. senam artistik merupakan senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik, yang mana hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan efek-efek artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan beberapa alat [5] Luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

[ sunting - sunting sumber ] • Sikap lilin merupakan sikap dimana posisi awalnya yaitu dengan sikap tidur terlentang. Selanjutnya dengan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat) kedua kaki tersebut.

Pada gerakan ini, pinggang ditopang oleh kedua tangan, lalu posisi pundak tetap menempel pada lantai. [2] Sikap lilin harus bertumpu pada punggung bagian atas serta siku dan tangan yang menahan pinggul. Sikap ini memiliki tujuan agar melatih keseimbangan dan ketenangan. [6] • Tahap permulaan Pada tahap ini dilakukan dengan bantuan teman yang bertugas menopang pinggul agar tidak terjatuh.

• Tahap kedua teman bertugas memegangi kedua kaki bagian alas. Hal ini dilakukan agar kedua kaki dapat lurus dan rapat. • Tahap ketiga (penutup) dilakukan tanpa bantuan teman. Artinya latihan ini dilakukan sendiri dan merupakan ulangan dari tahap pertama dan tahap kedua. [2] • Berguling Depan ( forward roll) adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dan tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. [7] Pertama, jongkok lalu rapatkan kaki, letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan.

Lalu berguling ke depan dan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering untuk menuju posisi jongkok. [8] • Berguling Belakang ( back forward) adalah bentuk gerakan mengguling yang dimulai dan pinggul, pinggang bagian belakang, punggung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir kedua kaki. [7] Gerakan ini diawali dengan jongkok dan kedua tangan di depan serta kaki sedikit rapat. Kepala ditundukkan kemudian kaki menolak ke belakang. Saat panggul mengenai matras, lipat kedua tangan ke samping telinga dan telapak tangan menghadap bagian atas untuk siap menolak.

Kaki segera diayunkan ke belakang melewati kepala dengan dibantu kedua tangan menolak kuat serta kedua kaki dilipat sampai ujung kaki dapat mendarat di matras dalam posisi jongkok. [8] • Berdiri dengan Kedua Tangan ( handstand) adalah bentuk sikap berdiri dengan tumpuan kedua belah tapak tangan.

[7] Gerakan dimulai dengan sikap berdiri. Letakkan kedua telapak tangan di atas matras. Tarik kaki ke belakang ke bagian atas dengan gerakan mengayun, mulai dengan kaki kanan kemudian diikuti dengan kaki kiri (atau dapat juga sebaliknya) dan pertahankan gerakan tersebut selama beberapa detik.

[9] • Guling Lenting ( neck spring) adalah bentuk gerakan tubuh melenting ke depan atas yang dimulai dari dahi dilanjutkan melenting ke atas. Kepala, bahu, pinggang, pinggul, dan kedua tungkai serta kedua lengan ikut melenting ke atas sampai pada kedua kaki mendarat secara bersama-sama. [7] • Kayang merupakan sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki akan bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Manfaat dari melakukan kayang ini adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur terutama pada bagian bahu. [6] • Loncat harimau dimulai dengan sikap awal berjongkok dengan telapak tangan menumpu kuat di atas matras. Setelah itu, angkat pinggul ke atas dan lakukan setelah berguling ke depan sampai pundak menyentuh ke matras.

Di sisi lain, biarkan tungkai tetap lurus dan letakkan pundak serta tangan ke atas matras. Setelah itu, gerakkan kaki ke atas dan ke depan sehingga posisi tubuh dan kaki di dalam posisi melayang. Lalu, lenting tangan dengan kuat sehingga kembali ke posisi mendarat. Selanjutnya berdiri dengan kaki sejajar, lalu loncat dan melayang ke depan untuk bisa melakukan loncatan harimau.

Tumpukan telapakn tangan ke matras, lalu lipat lengan dan masukkan kepala ke dua lengan sampai pundak bisa menyentuh tanah Lanjutkan gerakan ini dengan berguling ke depan.

Gerakan akhir dari sikap ini adalah bertumpu dan jongkok. [10] Manfaat [ sunting - sunting sumber ] • Kemampuan gerak tubuh makin lincah. • Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut, luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. dada. • Menambah kekuatan fisik.

• Menjaga keseimbangan. • Melatih lompatan. • Meluruskan tubuh yang bungkuk. • Melatih fokus. • Membakar lemak. • Sirkulasi aliran darah lebih lancar. • Meningkatkan kekuatan jantung.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

• Menurunkan berat badan. [11] • Pengertian senam lantai. [12] Referensi [ sunting - sunting sumber ] • ^ a b Nugroho, Faozan Tri (2020-11-03). "Pengertian Senam Lantai, Ketahui Sejarah dan Manfaatnya bagi Kesehatan". bola.com. Diakses tanggal 2021-01-13.

• ^ a b c Andriyani, Fis (2012-01-02). Dr. Olahraga Menjelaskan Senam Lantai. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero). hlm. 8–9. ISBN 978-979-690-877-6. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ Yulidar (2019). "Meningkatan Prestasi Dan Motivasi Dalam Melakukan Senam Lantai Dengan Menggunakan Permainan".

Jurnal Dedikasi Pendidikan. 3 (2): 137. • ^ Adi 2018, hlm. 12. • ^ Adi 2018, hlm. 13. • ^ a b Widyananda, Rakha Fakhreza (29 April 2020). "6 Macam-Macam Senam Lantai dan Cara Melakukannya dengan Benar Semua Halaman". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-13. • ^ a b c d Adi, Sapto; Fathoni, Abi Fajar (2019-10-30). KAJIAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING SENAM LANTAI. Malang: Wineka Media. hlm. 17. ISBN 978-602-5973-56-7.

Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) • ^ a b Arungbudoyo, Wikanto (2021-01-12).

"Macam-Macam Senam Lantai dan Gerakannya, Apa Saja? : Okezone Sports". sports.okezone.com. Diakses tanggal 2021-01-13. • ^ Rahayu, Mutia Isni (2020-10-11). "Senam Lantai: Pengertian, Sejarah, Gerakan, Manfaat - DokterSehat". Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan - DokterSehat. Diakses tanggal 2021-01-13.

luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah....

• ^ Ratna, Dewi (16 Juni 2016). "Coba rangkaian loncat harimau & guling lenting, yuk!". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-13. • ^ Windayanda, Rakha Fakhreza (04 Desember 2020).

"Senam Lantai adalah Kegiatan Olahraga yang Dilakukan di Lantai, Ketahui Manfaatnya Semua Halaman". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-13. Periksa nilai tanggal di: -date= ( bantuan) • ^ webmaster, webmaster (04 Desember 2020).

"Spengertian macam-macam gerakan senam lantai". nusantarapost.com. Diakses tanggal 2021-01-13. Periksa nilai tanggal di: -date= ( bantuan) Daftar pustaka [ sunting - sunting sumber ] Adi, Sapto (208). Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (PDF). Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Parameter -url-status= yang tidak diketahui akan diabaikan ( bantuan) Pranala luar [ sunting - sunting sumber ] Wikimedia Commons memiliki media mengenai Floor (gymnastics).

• The 2006 Code of Points Diarsipkan 2008-09-15 di Wayback Machine. • WAG apparatus description at the FIG website Diarsipkan 2008-06-22 di Wayback Machine.

• MAG apparatus description at the FIG website Diarsipkan 2007-03-10 di Wayback Machine. • US Gym Net's glossary of floor skills • US Gym Net's glossary of hops, jumps and leaps • FM Online - Floor Instructions Diarsipkan 2007-08-20 di Wayback Machine. Kategori tersembunyi: • Halaman dengan luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah. yang menggunakan parameter yang tidak didukung • CS1 sumber berbahasa Inggris (en) • Galat CS1: tanggal • Pranala kategori Commons ada di Wikidata • Templat webarchive tautan wayback • Semua artikel rintisan • Rintisan bertopik olahraga luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

Semua artikel rintisan Maret 2022 • Halaman ini terakhir diubah pada 8 Maret 2022, pukul 02.38. • Teks tersedia di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa; ketentuan tambahan mungkin berlaku. Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

• Kebijakan privasi • Tentang Wikipedia • Penyangkalan • Tampilan seluler • Pengembang • Statistik • Pernyataan kuki • •
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGAveryl Baline Mattahati (13), saat berlatih secara daring melalui aplikasi di rumahnya di Lengkong Gudang Timur, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (26/5/2020).

Di tengah Pandemi Covid-19, atlet Averyl Baline Mattahati yang tergabung dengan Gavrila Gymnastics Club Jakarta tetap berlatih secara daring untuk menjaga kebugaran tubuh. KOMPAS.com - Senam lantai atau juga disebut floor exercise adalah jenis olahraga yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh. Senam lantai adalah bagian dari senam artisik. Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan. Oleh karena itu, senam lantai juga disebut sebagai olahraga dasar.

Namun, berbeda dengan senam artistik yang merupakan jenis olahraga prestasi dan dilombakan pada Olimpiade, senam lantai atau gimnastik memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Senam lantai pun menjadi materi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan bagi anak sekolah, baik di sekolah dasar, menengah maupun atas. Baca juga: Kejuaraan Dunia Senam: Sejarah dan Nomor Cabor Pengertian Senam Lantai Dikutip dari laman Skola KOMPAS.com, Senam lantai adalah kegiatan olahraga yang cara gerakan dan bentuk latihannya dilakukan di lantai sesuai dengan namanya. Biasanya senam lantai dilakukan menggunakan alas berupa matras.

Matras dalam senam lantai berfungsi sebagai alat bantu utama untuk mengurangi risiko terjadinya cedera. Sebab, gerakan dalam senam lantai akan banyak bersentuhan dengan lantai semisal gerakan berguling, melompat, serta meloncat. Adapun, lantai yang digunakan dalam senam lantai berukuran 12 x 12 meter dalam ruangan berukuran 14 x 14 meter. Lantai yang digunakan dilapisi karpet kenyal setebal kira-kira 0,045 meter. Baca juga: Pola Gerak Dominan dalam Senam Namun demikian, luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam adalah 12 x 12 meter dengan sisi tambahan satu meter.

Pada dasarnya, senam lantai dilakukan tanpa alat. Namun, jenis senam ini bisa saja menggunakan alat dengan tujuan untuk menambah ketangkasan, kelemasan, kekuatan dan keseimbangan. Jenis Senam Lantai Pada dasarnya, senam lantai terdiri dari gerakan akrobatik dan tumbling baik yang menggunakan alat maupun tidak.

Berikut adalah gerak dasar senam lantai, yakni: Baca juga: Gerak Langkah Rapat dalam Senam Irama Senam tanpa alat Senam lantai tanpa luas lantai yang digunakan dalam kejuaraan senam lantai adalah.

dilalukan di atas lantai menggunakan matras. Senam lantai ini biasa juga di sebut dengan senam bebas karena ketika melakukan gerakan-gerakan senam tidak menggunakan alat. Contoh senam tanpa alat adalah sebagai berikut: • Sikap lilin. • Guling depan. • Guling belakang. • Guling lenting. • Handstand dan headstand. • Kayang. Senam dengan alat Senam ini dilakukan dengan menggabungkan beberapa unsur gerak sehingga terjadi rangkaian gerak yang tidak terputus. Gerakan-gerakan dalam senam ini juga dilakukan dengan menggunakan beberapa alat untuk mendapatkan efek artistik.

Baca juga: 3 Pelopor Aliran Senam Irama Contoh senam lantai menggunakan alat adalah sebagai berikut: • Loncat harimau • Lompat kangkang • Lompat jongkok. Ragam gerakan senam lantai Sikap lilin Gerakan sikap lilin diawali dengan posisi tidur terlentang dilanjutkan dengan mengangkat kedua kaki lurus ke atas (rapat).

Pada gerakan ini, pinggang ditopang oleh kedua tangan, lalu posisi pundak tetap menempel di lantai. Pada gerakan sikap lilin ini, kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki.

Kemudian kelenturan otot pinggang, punggung dan leher berfungsi memudahkan kedua tangan menopang pinggang.

Baca juga: Ragam, Elemen Gerak, dan Sejarah Awal Senam Irama di Olimpiade Handstand Gerakan handstand adalah berdiri dengan kedua tangan. Gerakan dimulai dengan sikap berdiri, lalu meletakkan kedua telapak tangan di atas matras.

Gerakan selanjutnya adalah menarik kaki ke belakang ke bagian atas dengan gerakan mengayun, mulai dengan kaki kanan kemudian diikuti dengan kaki kiri atau sebaliknya, kemudian gerakan tersebut dipertahankan selama beberapa detik. Berguling ke depan ( forward roll) Gerakan senam ini adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dan tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang.

Baca juga: Tujuan Senam Ritmik Diiringi Musik Cara melakukannya diawali dengan sikap jongkok lalu rapatkan kaki. Kemudian letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan.

Lalu dilanjutkan dengan berguling ke depan dan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering untuk menuju posisi jongkok. Berguling ke belakang ( back roll) Guling ke belakang merupakan kelompok dari senam lantai yang bergerak ke belakang (dinamis).

Gerakan guling belakang adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan ke belakang dengan bentuk membulat seperti roda. Gerakan tersebut dilakukan dengan posisi badan ketika berguling adalah membulat.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan teknik yang cukup signifikan antara guling depan dengan guling belakang.

Perbedaannya adalah posisi tubuh. Guling depan mengharuskan pesenam menghadap ke arah matras. Sedangkan guling belakang, posisi tubuhnya membelakangi matras. kemdikbud Ilustrasi gerakan guling ke belakang pada senam lantai Baca juga: Teknik Dasar Renang Gaya Bebas untuk Pemula Guling lenting ( neck spring) Gerakan guling lenting merupakan gerakan tubuh ke atas dan depan yang dilakukan dengan melempar kedua kaki dan tolakan kedua tangan.

Ketika melakukan gerakan guling lenting, tumpuan tubuh berada di bagian tengkuk serta kepala. Kayang Kayang merupakan gerakan senam lantai yang dilakukan dengan cara posisi kedua tangan dan kaki bertumpu ke matras dengan posisi terbalik, lalu meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Manfaat kayang adalah untuk melatih kelenturan tubuh terutama di bagian bahu. kemdikbud Ilustrasi gerak sikap kayang dalam senam lantai Loncat harimau Baca juga: Gerakan Berdiri Terbalik dengan Kedua Tangan dalam Senam Lantai Secara teoritis teknik senam lantai loncat harimau ini tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan.

Sehingga dalam teknik ini perlu adanya penguasaan gerakan roll depan supaya tidak terjadi cidera dan mempermudah dalam latihan teknik loncat harimau. Loncat harimau dimulai dengan sikap jongkok dengan telapak tangan menumpu kuat ke matras. Selanjutnya, pandangan ke atas bersamaan dengan gerakan loncatan. Saat kedua telapak tangan menyentuh matras, secara cepat kedua siku ditekuk dan kepala dimasukkan di antara kedua tangan.

Gerakan ini diteruskan dengan gerak menggelinding, yang diawali dari pundak, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang. Gerakan loncat harimau diakhiri dengan kembali ke sikap jongkok lalu berdiri.

Bila belum mampu melakukan semua gerakan, hendaknya didampingi oleh guru atau ahlinya. Baca juga: 3 Teknik Dasar Servis Bulu Tangkis, Termasuk Flick Service ala Kevin Sanjaya Manfaat senam lantai Gerakan-gerakan dalam senam lantai memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat dari senam lantai. 1. Melatih kelincahan tubuh 2. Memperkuat otot lengan, kaki, paha, pinggang, perut, dan dada 3.

Melatih lompatan, keseimbangan, dan kekuatan fisik 4. Meluruskan tubuh yang bungkuk 5. Membakar lemak dalam tubuh 6. Melatih fokus 7. Meningkatkan kekuatan jantung dan melancarkan sirkulasi aliran darah 8.

Membantu menurunkan berat badan Berita Terkait Sejarah Bulu Tangkis Indonesia di All England, Koleksi 48 Gelar Aturan Berhijab di Bola Voli Profil Rudy Hartono, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Merajai All England 4 Pesepak Bola Dunia Bergelar Sarjana Sejarah Nama San Siro dan Giuseppe Meazza, Stadion Kandang AC Milan dan Inter Milan Berita Terkait Sejarah Bulu Tangkis Indonesia di All England, Koleksi 48 Gelar Aturan Berhijab di Bola Voli Profil Rudy Hartono, Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Merajai All England 4 Pesepak Bola Dunia Bergelar Sarjana Sejarah Nama San Siro dan Giuseppe Meazza, Stadion Kandang AC Milan dan Inter Milan Tanding Lawan Arema FC, Madura United Jajal Eks Pilar Tim U20 Brasil https://bola.kompas.com/read/2021/03/16/09000048/tanding-lawan-arema-fc-madura-united-jajal-eks-pilar-tim-u20-brasil https://asset.kompas.com/crops/-aE2XmPxF6fut5xoSEJXaYRabmI=/0x0:4320x2880/195x98/data/photo/2021/03/16/604ff665c4157.jpg

PJOK KELAS 2 SENAM LANTAI TANPA ALAT




2022 charcuterie-iller.com