Minyak wangi cair tercium harum saat tertumpah di lantai hal ini menunjukkan terjadi perubahan wujud dari cair menjadi

Contoh Latihan Soal Materi Kalor dan Kunci Jawabannya Amongguru.com. Kalor adalah suatu bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah. dari benda bersuhu tinggi menuju suhu yang lebih rendah karena bersinggungan. Kalor juga dapat berpindah dari suhu rendah ke suhu yang tinggi apabila dibantu dengan alat, yaitu mesin pendingin. Apabila dua benda dengan suhu yang berbeda disentuhkan, maka benda yang mendapatkan suhu tinggi akan mengalami penurunan.

Sebaliknya, benda yang bersuhu rendah akan mengalami kenaikan suhu. Pada akhirnya suhu dari kedua benda akan sama. Kalor masih berhubungan dengan suhu, karena untuk mengukur perubahan suhu ditentukan oleh energi panas.

Akan tetapi, antara kalor dan suhu memiliki perbedaan. Artikel pendukung materi IPA tentang kalor dapat di baca pada link berikut. • Kalor sebagai Bentuk Energi dan Contoh Perhitungannya • Jenis-Jenis Perpindahan Kalor dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari • Contoh Pemanfaatan Sifat Kalor Dalam Kehidupan Sehari-hari Untuk membantu dalam memahami konsep kalor, maka berikut ini kami bagikan contoh latihan soal materi kalor dan kunci jawabannya.

Latihan soal ini berbentuk pilihan ganda berjumlah 15 butir soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban. Soal nomor 1 Kalor secara alamiah dapat berpindah dari benda bersuhu …. A. rendah ke tinggi B. tetap C. tinggi ke rendah D. tidak tentu Kunci jawaban : C Soal nomor 2 Banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu suatu benda tergantung pada faktor-faktor berikut, kecuali ….

A. massa zat B. jenis zat C. lama pemanasan D. massa jenis zat Kunci jawaban : D Soal nomor 3 Satuan kalor dalam SI adalah …. A. kalori B. kilokalori C. joule D.

watt Kunci jawaban : C Soal nomor 4 1 kalori setara dengan …. A. 0,24 joule B. 4,2 joule C. 420 joule D. 4.200 joule Kunci jawaban : B Soal nomor 5 Banyaknya kalor yang dibutuhkan oleh 1 kg zat sehingga suhunya naik 1°C disebut …. A. kapasitas kalor B. satu kalori C. satu kilo kalori D. kalor jenis Kunci jawaban : D Soal nomor 6 Suhu air 20°C dengan massa 10 kg dipanaskan sehingga suhunya menjadi 40°C.

Apabila diketahui kalor jenis air 1 kkal/kg°C, maka kalor yang diperlukan sebesar …. A. 2 kkal B. 20 kkal C. 200 kkal D. 800 kkal Kunci jawaban : C Soal nomor 7 Besi bermassa 10 kg dinaikkan suhunya dari 2°C menjadi 12°C, ternyata kalor yang dibutuhkan sebesar 11 kkal.

Kalor jenis besi tersebut sebesar …. A. 0,11 kkal/kg°C B. 1,1 kkal/kg°C C. 110 kkal/kg°C D. 1.100 kkal/kg°C Kunci jawaban : A Soal nomor 8 Perubahan wujud zat padat menjadi cair disebut …. A. membeku B. mencair C. menguap D. mengembun Kunci jawaban : B Soal nomor 9 Minyak wangi cair tercium harus saat tertumpah di air. Hal ini menunjukkan terjadi perubahan wujud dari zat cair menjadi …. A. padat B. gas C. es D. embun Kunci jawaban : B Soal nomor 10 Ketika tangan kita ditetesi dengan spiritus, maka tangan terasa dingin.

Hal ini menunjukkan adanya perubahan wujud, yaitu …. A. mencair, memerlukan kalor B. membeku, melepaskan kalor C. menguap, memerlukan kalor D. menguap, melepaskan kalor Kunci jawaban : C Soal nomor 11 Perpindahan kalor melalui zat tanpa disertai perpindahan partikel-partikelnya disebut …. A. konveksi B. isolator C.

konduksi D. radiasi Kunci jawaban : C Soal nomor 12 Benda yang memiliki daya hantar kalor baik disebut …. A. isolator B. transistor C. konduktor D. radiator Kunci jawaban : C Soal nomor 13 Contoh dari perpindahan kalor secara konveksi adalah …. A. terjadinya angin darat dan angin laut B.

panas api unggun sampai ke badan C. seterika listrik menjadi panas setelah dialiri arus listrik D. jemuran menjadi kering di jemur di bawah sinar matahari Kunci jawaban : A Soal nomor 14 Alat yang digunakan untuk menyelidiki sifat radiasi berbagai permukaan benda disebut ….

A. termos B. termoskop differensial C. termometer D. termostat Kunci jawaban : B Soal nomor 15 Dinding termos dilapisi dengan perak yang bertujuan untuk mencegah perpindahan kalor secara …. A. konduksi B. konveksi C. radiasi D. koneksi Kunci jawaban : C C ontoh latihan soal Kalor tersebut selengkapnya dapat di unduh di sini. Baca juga : • Soal IPA Kalor Jenjang SMP MTs Kurikulum 2013 dan Pembahasannya • Latihan Soal Kalor IPA SMP MTs dan Kunci Jawabannya • Contoh Soal Kalor IPA SMP MTs dan Kunci Jawabannya Demikian c ontoh latihan soal materi Kalor dan kunci jawabannya.

Semoga bermanfaat. none
Kalor adalah bentuk energi yang secara alamiah dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Kalor dapat membuat suatu benda berubah wujud dan/atau berubah suhu.

Perubahan wujud benda adalah peristiwa perubahan bentuk suatu benda menjadi bentuk benda lain yang berbeda. Perubahan wujud benda ini biasanya terjadi akibat adanya sebuah aksi atau tindakan terhadap benda tersebut, seperti pemanasan, pendinginan dan pengembunan. Salah satu contoh perubahan wujud dalah menguap. Menguap merupakan peristiwa saat benda cair berubah wujud menjadi gas. Contoh peristiwa menguap adalah proses penguapan pada air yang dimasak atau minyak wangi cair yang tercium harum saat tertumpah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Jawaban A. padat menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. gas menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban C. es menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan. Jawaban D. embun menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan. Jawaban E. Semua jawaban benar menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah B. gas Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.
1. Bagian sel tumbuhan yang hidup sebagai tempat fotosintesis sel adalah.a.

mitokondriab. badan golgic. sitoplasmad. kloroplas2. bakteri saprofit mer … upakan organisme yang dapat mengubah senyawa organik menjadi senyawa anorganik. kedudukan bakteri tersebut sebagai komponen.a. produsenb konsumenc.

dekomposerd. predator3. interaksi berikut yang termasuk contoh simbiosis komensalisme adalah .a. tali putri dengan tanaman inangnyab. pohon anggrek dengan pohon inangnyac.

burung gagak pada punggung sapid. bunga bangkai dengan pohon inangnya4. faktor alam yang menyebabkan ekosistem terganggu adalah.a. pembukaan hutanb. gunung meletusc. pembuatan irigasid.

penembangan hutan secara liar5. Berikut yang termasuk upaya mengatasi pencemaran udara adalah.a. membersihkan limbah lewat sumur-sumur pengolahan sebelum dibuang ke lingkunganb. uji emisic. proses daur ulangd. penggunaan pestisida dan pupuk buatan sesuai dosis aturan6.

di suatu padang rumput hidup sekelompok kambing dan harimau. jika predatornya sangat aktif, maka setelah terjadi jumlah rumput berkurang, maka akan terjadi.a. penurunan populasi kambing dan harimaub.

penurunan populasi harimau dan peningkatan populasi kambingc. peningkatan populasi rumput dan penurunan populasi harimaud. peningkatan populasi rumput dan harimau7. Rantai makanan yang terjadi pada ekosistem rawa adalah.a. fitoplankton - ikan - pausb.

teratai - ulat - sapic. eceng gondok - ikan - burungd.

ikan teri - ikan bawal - hiu8. Rantai makanan: Ganggang hijau - ikan mujair - ikan lele - ular - elang. ikan mujair dan ular berperan sebagai.a. konsumen I dan Konsumen Vb. konsumen II dan Konsumen IVc. Konsumen II dan konsumen Vd. konsumen I dan Konsumen IVbantu jawab kakk!!​
Salam sejahtera Hal ini menunjukkan wujud dari zat cair menjadi zat gas Pembahasan : Wujud zat adalah bentuk objek yang berbeda yang dikandung oleh materinya, Wujud zat ada 3 yaitu, • Padat = Semua zat saling terikat dan kuat, sehingga saat dilemparkan bentuk akan sama • Air = Semua zat tidak saling terikat, namun jika dilihat tetap nyata, bentuknya selalu mengikuti wadah • Gas = Semua zat tidak terikat, bergerak bebas, tidak dapat jelas terlihat mata telanjang, dan selalu merambat ke semua wadah Selain dari ketiga wujud zat, ada yang namanya perubahan wujud zat.

Kita hanya akan membahas soal saja lebih dalam. pembahasan soal : Pernyataan mengatakan minyak wangi tertumpah = sehingga jelas minyak wangi berbentuk zat cair, lalu minya wangi yang tumpah akan tercium ke segala tempat, = sehingga jelas setelahnya zat tersebut merambat ke segala tempat, tidak dapat dilihat namun tercium Sehingga terbukti kalau air menjadi gas, karena terjadi proses penguapan dan air berubah wujud menjadi gas.

pelajari lebih Lanjut : Soal lebih dalam perubahan zat : brainly.co.id/tugas/21888718 Jelaskan dengan lengkap perubahan wujud zat brainly.co.id/tugas/12584989 Menelusuri perubahan zat pada gambar : brainly.co.id/tugas/21244911 Detail jawaban : Mapel ; IPA - Fisika Kelas ; 4 Bab : Perubahan zat dan perubahan wujud zat 5 Kode soal : 6 Kata Kunci : Zat cair, zat Padat, ZAt gas, minya wangi, zat cair ke zat gas kode kategorisasi : 4.6.5

Kalor Part 1: Menaikkan Suhu dan Mengubah Wujud




2022 charcuterie-iller.com